Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Backup & Restore Chat WhatsApp Menggunakan Google Drive

Banyak chat dan file foto, video yang tersimpan di hp penggunanya, WhatsApp sudah menyediakan fitur backup WhatApp menggunakan local backup dan Google drive yang bisa dilakukan degan mudah.

Di awal kemunculanya aplikasi WhatsApp hanya bisa backup data by lokal saja namun untuk menunjang kebutuhan yang semakin besar dan WhatsApp sangat menghargai data penggunanya pasti sangat penting akhirnya WhatsApp bekerjasama dengan Google.

Google adalah yang menciptakan Android dan Google adalah mesin pencari paling populer dan Google juga sebagai pemilik Gmail, Google memiliki cloud storage yang diberi nama Google Drive.

Google Drive versi free memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 15GB sehingga sangat cukup sekali jika hanya digunakan untuk membackup pesan, foto, video chat dari WhatsApp sekaligus melakukan restore chat WA.

Kemudahan dalam penggunaan, kecepatan yang baik, kapasitas penyimpanan yang besar dan dukungan server Google yang baik menjadikan keputusan WhatsApp sangat tepat menggandeng Google sebagai mitra.

Sobat juga bisa dengan mudah melihat file backup WA yang berbentuk file zip di Google Drive, hanya saja sobat tidak bisa mengekstrak file tersebut untuk alasan keamanan pemilik data.

Cara Backup Chat Foto, Video Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive

Sekali mendayung maka dua tiga pulau akan terlampaui, sepertinya kata pepatah tersebut sangat mewakili cara local backup dan google drive diatas.

Baiklah akan admin jelaskan agar kalian bisa backup chat foto & video WhatsApp untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan:

1. Jalankan > aplikasi WhatsApp lalu pilih titik tiga dipojok kanan atas.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 1

2. Pilih opsi > Chat.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 2

3. Pilih > Cadangkan Chat.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 3

4. Pada > Setelan Google Drive, ada 4 hal yang harus kita tentukan terlebih dahulu sebelum lanjut ke proses pencadangan data WhatsApp.

Pilih opsi > Cadangkan Ke Google Drive.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 4

5. Pilih opsi > Hanya ketika saya mengetuk “cadangkan”, hal ini kita lakukan karena ini baru untuk pertama kalinya proses pencadangan data dilakukan.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 5

6. Pada > Akun.

pilih akun email yang sobat gunakan. Jika ternyata belum ada akun yang dikaitkan maka sobat bisa pilih > Tambah Akun lalu ketikan email yang pastinya bisa digunakan.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 6

7. Pada > Cadangkan melalui.

Admin sarankan untuk menggunakan > Wifi atau Seluler agar lebih mudah dalam melakukan proses pencadangaan data WhatsApp.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 7

8. Jika semua konfigurasi sudah dilakukan silahkan pilih opsi > CADANGKAN.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 8

9. Berikut ini penampakan dari proses pencadangan data WhatsApp

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 9

Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai dilakukan, koneksi internet sangat berpengaruh cepat lamanya proses backup.

Demikian langkah-langkah yang perlu sobat lakukan untuk membackup data WhatsApp ke local dan ke google drive.

Mungkin Ada yang Bertanya, Om Soak Kok Tidak Ada Proses Membuat Local Backup?

Begini penjelasanya, ketika langkah no 8 diatas dilakukan maka akan terjadi proses backup data ke local terlebih dahulu (ke internal storage) baru setelah itu proses backup ke google drive dilakukan.

Makanya di awal sudah admin jelaskan sekali mendayung maka dua tiga pulau terlapaui hehe.

Alasan Kenapa Kalian Harus Melakukan Backup Chat Video, Foto di WhatsApp

Ada beragam alasan kenapa harus melakukan backup chat di WA, bukannya WA aman bahkan data sudah di enkripsi end to end.

Benar, namun ini bisa jadi alasan untuk melakukan backup WA:

1. Untuk melindungi data dari orang yang mungkin sedang hack WA kita

2. Saat kalian sedang memindahkan Akun WA ke HP baru (Maka kita perlu melakukan backup) Tutorial >> Cara Mengganti Nomor WA yang Benar

3. Ketika kalian memutuskan untuk menutup atau menghapus akun WA selamanya.

Setidaknya ada tiga alasan yang ada dikepala kami untuk dituangkan dalam tulisan, bisa jadi masih ada alasan lain.

Cara Restore Backup Chat WhatsApp Tanpa Takut Kehilangan Data

Tahap awal yang perlu di perhatikan untuk melakukan proses ini adalah memastikan memang benar jika ada file yang sudah di backup sebelumnya baik ke local maupun ke google drive:

1. Hapus aplikasi WhatsApp lalu instal kembali aplikasi WhatsApp dari google play store. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu pilih opsi > SETUJU DAN LANJUTKAN.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 10 A

2. Masukan > nomor kontak yang digunakan ketika pertama kali membuat akun WhatsApp.

Lalu pilih > Lanjut.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 11 A

3. Masukan > 6 digit kode verifikasi yang dikirim melalui pesan SMS.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 12 A

Jika lebih dari satu menit belum mandapatkan SMS kode verifikasi, maka silahkan pilih Kirim ulang SMS dan jika belum menerima SMS kode verifikasi juga.

Langkah terakhir pilih opsi Panggil Saya, saat ada panggilan masuk segera di angkat lalu tulis kode verifikasi yang diberitahukan melalui suara telp.

4. Pilih opsi > PULIHKAN.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 13 A

Ini adalah bukti bahwa proses backup local storage berhasil di lakukan karena ada keterangan

“Pulihkan pesan dan media Anda dari penyimpanan internal telepon Anda” dan ditambahkan info bahwa “Jika tidak Anda tidak memulihkan sekarang, Anda tidak akan dapat memulihkanya nanti”.

Jika pada proses ini tidak ditemukan backup WhatsApp di internal storage maka akan di cari pada google drive dan jika ketemu maka proses pemulihan data bisa dilanjutkan.

Namun jika baik di internal storage dan di cloud storage google drive tidak ditemukan backup WhatsApp maka langkah nomor 4 ini akan di lewati begitu saja.

5. Tunggu beberapa saat hingga proses memulihkan data selesai.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 14 A

Kecepatan proses memulihkan data tergantung pada besarnya data yang di restore dan kecepatan koneksi internet yang digunakan. Pastikan koneksi internet sobat cepat dan lancar sehingga sebesar apapun data yang dipulihkan tetap akan cepat prosesnya.

6. Pilih opsi Lanjut.

Cara Backup Whatsapp Menggunakan Local Backup Dan Google Drive 15 A

Sampai pada langkah ini MAKA proses memulihkan data yang dibackup sudah selesai, gampang sekali bukan caranya.

Jika nanti misanya ada pesan atau chat yang terhapus dan bingung cara mengembalikan chat WA yang terhapus, bisa baca panduan dibawah ini.

[BACA: Cara Restore Mengembalikan Chat WhatsApp yang Telah terhapus]

Namun sebenernya admin belum pernah mengalami backup an corrupt dan tidak bisa restore 100%, wajarnya 100% data yang di cadangkan, dapat direstore 100% juga.

Tips Backup WhatsApp Menggunakan Loacl Backup dan Google Drive

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan juga agar tidak ada miss saat melakukan backup chat dan restore data.

1. Tidak ada batasan besaran data yang akan di backup, tapi melihat besarnya kapasitas google drive yang mencapai 15GB sepertinya kceil sekali kemungkinan jika ada yang melakukan backup hingga bergiga giga.

2. WhatsApp secara otomatis membuat backup local storage pada setiap pukul 02.00 dini hari.

3. Proses backup data WhatsApp untuk pertama kali, biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.

4. Jika sobat termasuk orang yang ingin semua data aman dan tidak ada yang hilang maka admin sarankan untuk memilih tipe waktu backup pilih yang harian saja.

5. Setiap sobat melakukan pencadangan maka google drive akan selalu membuat file baru dan file yang lama akan tertimpa begitu saja. Tidak ada cara untuk mengembalikan file backup lama yang telah tertimpa.

6. File backup yang tersimpan di google drive tidak di lindungi oleh enkripsi end-to-end, tapi sobat tidak perlu khawatir karena masih dalam tingkat sekurity yang tinggi.

Pahami dengan baik beberapa tips di atas agar sobat tidak mengalami kegagalan saat proses backup maupun me restore data chat, foto dan video yang di backup.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

Share This Post
Kategori:
WhatsApp

Comments are closed.