Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

4+ Penyebab & Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Dan Tidak Muncul

Apa yang menjadi penyebab kontak WhatsApp hilang dan tidak muncul? Bagaimana cara mengatasinya jika kebetulan soakers mengalaminya?

Masalah kontak WhatsApp hilang mungkin hanya karena belum tahu cara melihat daftar kontak atau karena setelah menambahkan daftar kontak masih juga tidak muncul bahkan setelah diperbaharui.

Yang perlu diperhatikan sebagai pengguna adalah apakah kita sudah melakukan kegiatan sesuai aturan yang telah dibuat atau adanya kelalaian karena ketidaktahuan.

Penyebab Kontak WhatsApp Hilang dan Tidak Muncul

Sebenarnya sangat kecil sekali kemungkinan kontak WhatsApp hilang dan tidak muncul.

Tapi kami akan mencoba menguraikan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Faktanya ada beberapa pengguna WhatsApp yang mengalami masalah dengan daftar kontak yang mereka miliki.

Apakah ada kaitanya fitur Cara Blokir Kontak di WhatsApp atau ada permasalahan software seperti adanya bug yang mengganggu.

Bisa juga masalah kontak muncul karena kesalahan dari pengguna yang tidak mengerti tentang konsep penerapan menyimpan kontak telepon.

Misalnya seperti pada tutorial Cara Melihat Kontak WhatsApp mungkin sebagian pengguna WA kebingungan untuk melihat daftar kontak WhatsApp.

Jika terjadinya hilang atau tidak munculnya kontak WhatsApp terjadi tiba-tiba, maka ada banyak sekali pertanyaan yang perlu di ajukan beserta dengan jawabannya.

Mari kita bahas satu per satu penyebab kontak WhatsApp hilang.

1. Menghapus Kontak Telepon (Phonebook)

Banyak dari para pengguna HP yang melakukan kesalahan ini tanpa di sadari, mereka yakin hanya menghapus kontak telepon biasa saja.

Kebanyakan orang nomor telepon yang digunakan untuk keseharian ber SMS dan Telepon juga digunakan sebagai nomor kontak WhatsApp.

Walaupun ada juga orang yang membedakan kedua hal di atas, satu nomor untuk SMS dan telepon dan nomor kedua sebagai nomor kontak WhatsApp.

Nomor kontak utama inilah yang biasanya hanya diketahui oleh orang terdekat atau orang terpercaya.

2. Merubah Daftar Kontak Yang Boleh Ditampilkan

Pada umunya pengguna smartphone memiliki setidaknya dua kartu SIM, beberapa akun email (Gmail, Yahoo, Hotmail, Outlook dan Yandex Mail) serta akun dari vendor smartphone.

Contohnya jika sobat memiliki HP xiaomi pasti akan memilik Akun Mi begitu juga dengan merek HP lainnya.

Tentunya dengan penyebutan yang berbeda pula dan akun dari aplikasi lainya seperti Telegram, Line dll.

Kesalahan dalam menampilkan daftar kontak inilah yang menjadi masalah utama yang perlu di selesaikan.

3. Pemilik Akun WhatsApp Menghapus Akun Miliknya

Kemungkinan seseorang menghapus akun WhatsApp memang sangat kecil sekali.

Tapi ketika hal ini dilakukan maka bisa sangat dipastikan nomor kontak WhatsApp orang lain yang disimpan akan hilang dalam daftar kontak WhatsApp.

Bisa juga karena mereka sudah tidak memperpanjang nomor WA tersebut dan mengganti dengan nomor baru dengan beragam alasan.

4. Merubah Settingan di WhatsApp

Bisa juga sobat tanpa sengaja merubah setingan WhatsApp sehingga tidak diperbolehkan oleh sistem untuk membaca daftar kontak telepon.

Walaupun dalam daftar kontak HP, kita memang bisa memilih ingin menampilkan kontak SIM1, SIM 2 ataupun kontak yang ada di Phonebook.

Seandainya ada yang dipilih salah satu, itu pada dasarnya tidak akan berpengaruh pada kinerja WhatsApp untuk menampilkan daftar kontak yang ada.

Karena jika sekali sync antara Gmail, SIM dan phonebook, maka daftar kontak akan selalu tampil.

Kecuali nomor itu dihapus dari sumber penyimpanannya.

5. Mengganti Nomor WhatsApp

Jika pemilik akun WhatsApp mengganti nomor kontak sebelumnya dengan kontak baru maka jika sobat menyimpan kontak sebelumnya sudah tidak bisa digunakan lagi untuk mengirim pesan WhatsApp.

Ketika seseorang mengganti nomor kontak WhatsApp ada kemungkinan bahwa orang tersebut tidak memberikan informasi kepada semua orang jika sudah mengganti nomor akun WhatsApp, misal melalui broadcast ataupun dengan update story WhatsApp.

Lain cerita jika sobat berada dalam satu grup maka akan ada notifikasi bahwa si A telah mengganti nomor sekian menjadi nomor sekian.

6. Blokir Kontak WhatsApp

Dalam kondisi blokir kontak WA sebenarnya nomor WhatsApp tidak hilang, hanya saja kita tidak bisa melihat foto profil, status story dan ketika kita mengirim pesanpun maka hanya akan centang satu saja.

Bisa jadi dan yang paling sering adalah, blokir kontak.

Nah itulah 6 hal yang perlu sobat perhatikan.

Ingat-ingat kembali apakah sobat pernah melakukan salah satu dari permasalahan diatas yang mengakibatkan kontak WhatsApp hilang.

Alih-alih kontak WA yang hilang ternyata memang soakers masih bingung melihat daftar kontak yang ada.

Namun jika sehabis menambahkan kontak baru namun tidak muncul juga, silahkan klik disini >> Cara Menampilkan Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Cara paling mudah menyelesaikan hilang dan tidak munculnya kontak WhatsApp adalah dengan melihat kembali lima penyebab di atas.

Membedakan Kontak WhatsApp Dan Bukan Kontak WhatsApp

Caranya sobat bisa membukan kontak telepon lalu pilih salah satu daftar kontak yang sobat miliki.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 1

Ketika dalam sebuah kontak yang sobat miliki ada satu nomor telp dan tulisan WhatsApp beserta logonya maka sudah bisa sangat dipastikan jika kontak tersebut digunakan sebagai nomor kontak WhatsApp.

Jadi lebih berhati-hati lagi jika ingin menghapus nomor kontak telp.

Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul Dengan Mengatur Daftar Kontak Yang Ditampilkan

Sistem operasi Android dan sistem operasi lainya memiliki pengaturan dimana pengguna HP bisa menentukan nomor kontak mana yang ingin ditampilkan dari berbagai media penyimpanan kontak yang dimiliki.

Untuk cara mengatur daftar kontak yang ditampilkan di WhatsApp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi > Kontak Telp lalu pilih Titik tiga dipojok kanan atas.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 2

2. Pilih opsi > Setelan.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 3

3. Pilih opsi > Atur Daftar Kontak.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 4

4. Menentukan daftar > Kontak Yang Ditampilkan.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 5

Pada posisi ini jika sobat memilih kontak dari WhatsApp saja maka ya hanya kotak tersebut yang ditampilkan.

Dan jika sobat memilih Semua kontak maka baik itu kontak yang ada pada Akun Mi, Kartu kontak, WhatsApp dan Google akan di tampilkan.

Kebetulan karena admin menyimpan semua kontak pada Google maka, disini admin hanya memilih Google saja.

Sesuaikan dengan yang sobat miliki.

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul Dengan Memperbaharui Kontak WhatsApp

Cara melakukannya cukup mudah karena fitur ini sudah terintegrasi di aplikasi WhatsApp.

Untuk cara memperbaharui kontak WhatsApp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Jalankan > aplikasi WhatsApp lalu pilih icon Kontak di pojok kanan bawah.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 6

2. Pilih > Titik tiga di pojok kanan atas

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 7

3. Pilih opsi > Perbaharui.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 8

Jika ada kontak WhatApp yang belum tersinkron karena ada permasalahan yang tidak kita ketahui penyebabnya maka cara ini perlu dilakukan.

Dan jika memang ada kontak baru maka akan otomatis ditambahkan ke dalam kontak WhatsApp.

Memberikan Izin Aplikasi WhatsApp Untuk Membaca Daftar Kontak Telp

Untuk cara memberikan izin aplikasi WhatsApp supaya bisa membaca daftar Kontak Telp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Masuk ke > Setelan HP, lalu pilih opsi > Aplikasi Terinstal.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 9

2. Cari aplikasi > WhatsApp lalu pilih aplikasi tersebut.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 10

3. Pilih opsi > Perizinan Apl.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 11

4. Berikan izin agar WhatsApp boleh membaca kontak telp > Geser ke kanan tombol yang diberi kotak.

Penyebab Kontak Whatsapp Hilang Dan Tidak Muncul 12

Aplikasi WhatsApp bisa berjalan dengan baik jika diberikan akses untuk membaca daftar kontak telp, kenapa?

Karena WhatsApp mengenali penggunanya hanya melalui kontak telp yang ada pada HP penggunanya.

Jika di HP sobat tidak daftar kontak yang menggunakan WhatsApp maka sobat tidak bisa berkirim pesan ke pada siapa pun.

Tips Kontak WhatsApp Hilang Dan Tidak Muncul

Jika mungkin masih ada yang belum jelas dan masih belum juga bisa memunculkan kontak yang hilang, baca tips ini:

1. Ketika sobat memiliki nomor kontak telp seseorang dan orang tersebut mempunyai dua nomor kontak yang sobat simpan dalam satu nama

Maka bisa jadi sobat akan kebingungan sebenarnya nomor kontak WhatsApp nya yang mana begitu bukan?

Cara mengetahuinya mudah sekali, sobat hanya perlu pilih saja tulisan WhatsApp maka akan ditampilkan nomor mana yang sebenarnya digunakan sebagai nomor WhatsApp

Bahkan sobat bisa langsung melakukan chat, panggilan suara dan panggilan video dari kontak WhatsApp.

2. Jika seseorang dalam daftar kontak sobat ada tampilan lain seperti tulisan dan logo Telegram, Line dll

Maka nomor kontak tersebut selain digunakan menjadi nomor akun WhatsApp juga dijadikan sebagai nomor akun untuk aplikasi lainya.

3. Admin sarankan untuk menyimpan semua daftar kontak pada Google.

Karena lebih aman dan sobat juga bisa mengecek untuk menambah maupun merubah kontak tersebut nantinya melalui laptop dan komputer.

Sobat hanya cukup login saja ke email gmail yang sobat miliki.

4. Ketika sobat memiliki teman ataupun saudara yang tinggal di luar negeri, pastikan sobat menyimpan kontak mereka beserta dengan kode internasional masing-masing negara.

Jika tidak dilakukan demikian maka kemungkinan kontak tersebut tidak akan dikenali sebagai kontak WhatsApp.

Itulah tadi beberapa penyebab kontak WhatsApp hilang dan tidak muncul beserta solusinya masing-masing.

Pahami dengan baik beberapa tips di atas agar sobat tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp dengan baik dan tentunya tidak kehilangan kontak WhatsApp lagi di lain waktu.

Semoga tutorial Penyebab & Solusi Kontak WhatsApp Hilang Dan Tidak Muncul ini dapat membantu kalian semua.

Silahkan juga share artikel ini ke media sosial yang kalian punya. Semoga berhasil!

Share This Post
Kategori:
WhatsApp

Comments are closed.