insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Membuat Logo Di Photoshop

Logo dalam sebuah bisnis merupakan sebuah brand yang sobat sematkan dalam produk kalian, banyak pakar marketing bisnis yang menekankan pentingnya sebuah brand image dari perusahaan, salah satu brand dalam perusahaan yang paling menonjol adalah logo perusahaan.

Setelah itu ciri khas produk barang yang dijual kepada market, logo biasanya memiliki alur garis yang tegas, melengkung dan bahkan absurd. paduan warna, style huruf font tidak bisa sembarangan, biasanya semua dipikirkan dengan panjang.

Contoh saya logo dari brand sepatu terkenal seperti adidas, puma serta brand tas baju dan tas eropa yang harganya cukup mahal, logo memang bagian dari brand, namun brand tidak hanya dalam bentuk logo.

Jadi kalian ingin mencoba membuat logo menggunakan software Photoshop CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6, CC tidak perlu khawatir, kami akan tuntuk sobat untuk menuju jalan yang benar serta mindset dasar sebelum menentukan model dan warna dasar pada sebuah logo yang akan dibuat.

Ada beberapa kasus logo pada sebuah perusahaan berubah, istilah kerennya Re-brading. Tentunya bukan pilihan mudah mengganti sebuah logo yang sudah menjadi icon selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.

Mindset Dasar Sebelum Mendesain Logo “Brand Bisnis”

Penting sekali untuk memahami konsep dari sebuah logo yang akan disematkan pada bisnis produk sobat, biasanya sebuah brand mobil seperti Ferari mengambil icon kuda, sebagai makna elegan, kekuatan dan kecepatan

1. Pahami Karakter Produk Atau Jasa Yang Akan Dijual Dipasar

Jika produk yang sobat pasarkan adalah minuman kemasan, maka tidak akan cocok menyematkan icon seekor domba, kenali bisnis sobat maka akan lebih mudah menentukan garis besar haluan icon logo

2. Ketahui Dengan Baik Siapa Target Market Bisnis Kalian

Jika produk sobat adalah popok bayi maka tidak akan relevan jika harus membuat logo dengan dasar sepeda, tapi apakah boleh? boleh saja karena itu bisnis obat, tapi apakah relevan? kalo kami, jelas tidak relevan

3. Logo Bagus Itu Membekas Dibenak

Tidak bisa dipungkiri logo yang baik itu memiliki karakter kuat, desain yang menawan, unik dan tidak harus terstruktur karena seni memang absurd. Namun tetap perlu diperhatikan kembali ke tujuan dan konsep dasar dari logo yang akan dibuat.

4. Menggunakan Software Desain

Logo dapat dibuat tanpa menggunakan software. Namun, dengan perkembangan jaman, Software pembuat logo dapat mempermudah proses sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat.

Anda bisa menggunakan Software untuk mendesain seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya.

5. Logo Tidak Boleh Plagiat

Poin pokok dari mindset dalam membuat sebuah karya desain adalah tidak boleh plagiat, salah satunya adalah gugatan dipengadilan dalam negeri atau internasional jika memang logo yang sobat copy berasal dari negara lain.

Alih-alih bisnis sedang berkembang, produk sudah banyak diminati masyarakat namun terkena kendala hukum plagiat.

Cara Membuat Logo Mendunia, Keren Dan Diterima Customer

Pemilihan logo sebaiknya yang simpel karena orang lebih mudah mengingatnya dibanding logo dengan bentuk yang rumit. Berikut tips untuk membuat sebuah logo minimalis yang mudah diingat.

1. Menggunakan Bentuk Squiggle

Tips Membuat Logo Simpel Dan Efektif 4

Bentuk Squiggle adalah variasi bentuk garis menjadi berkelok-kelok sehingga dapat menciptakan sebuah logo. Dalam logo, biasanya squiggle hanya ditujukan pelengkap. Anda dapat menambahkan nama perusahaan di samping, atas, bawah, ataupun diantara Squiggle.

2. Pilih Desain Simpel Namun Berkarakter

Tips Membuat Logo Simpel Dan Efektif 3Perlu dicatat bahwa sebisa mungkin desain logo tidak dibuat terlalu rumit. Hal tersebut bertujuan agar logo lebih mudah diingat,. Maka dari itu, hindari penggunaan motif, hiasan, atau simbol yang aneh-aneh.

Cara agar kita tahu suatu logo termasuk simpel atau tidak, cobalah gambar logo tersebut pada kertas. Semakin sedikit waktu yang Anda perlukan menunjukkan logo tersebut sudah efektif.

4. Menggunakan Paduan Sedikit Warna

Tips Membuat Logo Simpel Dan Efektif 2

Warna yang digunakan dalam pembuatan sebuah logo dapat mempengaruhi tingkat efektivitas suatu desain. Gunakanlah dua warna saja yang dapat menciptakan warna yang kontras, misalkan warna hitam dan putih seperti logo Adidas, putih dan oranye seperti Shopee, atau hitam dan hijau seperti Gojek.

Tips Membuat Logo Simpel Dan Efektif 5Logo memiliki dua macam desain, yaitu logogram (logo yang menggunakan simbol) dan logotype (logo yang menggunakan tulisan). Logogram adalah sebuah logo yang hanya menunjukkan suatu bentuk, namun dapat menunjukkan visi, misi, dan identitas perusahaan.

Di sisi lan, logotype merupakan logo dengan menggunakan teks, contohnya logo Amazon. Penggunaan logotype relatif lebih mudah diingat karena telah mengandung nama produk yang dibawanya.

5. Menggunakan Bentuk Geometris

Tips Membuat Logo Simpel Dan Efektif 1Penggunaan logo berbentuk geometris gampang menyita perhatian. Usahakan bentuk geometris mengandung makna penting dibaliknya yang berkorelasi dengan tujuan Anda.

Contohnya yaitu bentuk lingkaran, bentuknya yang tidak memiliki awalah ataupun ujung menggambarkan keharmonisan dan tidak terbatas. Sedangkan bentuk kotak dapat menggambarkan keseimbangan dan kesetaraan.

Bentuk lain yaitu segitiga, memiliki makna yang menggambarkan kestabilan.

Setelah memahami makna dan tujuan logo, prinsip, dan contoh-contoh logo yang sukses, sekarang saatnya mulai pada proses desain. Proses yang dilakukan dalam pembuatan logo tiap orang berbeda-beda.

Dengan banyaknya latihan dan pengalaman dapat mempengaruhi proses desain yang sesuai dengan selera Anda. Namun, proses umum dalam mendesain logo yaitu:

  • Merancang desain secara singkat
  • Melakukan esearch dan brainstorming
  • Membuat sketsa awal logo
  • Membuat prototipe dan konsep logo
  • Lakukan review apakah sudah sesuai atau belum
  • Apabila perlu, lakukan perbaikan (revisi) dan finishing
  • Logo siap digunakan

Ada baiknya perlu sobat lakukan dan di rencanakan poin diatas, mengingat beberapa hal yang bisa jadi menjadi cukup rumit jika disepelekan dalam mendesain dan membuat sebuah brand logo.

Menggunakan Jasa Desainer Vs Membuat Logo Sendiri?

Berikut ini kelebihan dak kekurangan ketika sobat membuat logo dengan menggunakan jasa desainer ataupun membuat sendiri

Kekurangan Menggunakan Jasa Desainer

1. Biaya Mahal.

2. Pengerjaan Bisa Lama (Tergantung dari tingat expertise dan keinginanan anda).

3. Ketika kontrak kerja berjalan maka setiap ada revisi + penambahan atau perubahan tektur, garis dan elemen biasanya dikenakan biaya.

Kelebihan Menggunakan Jasa Desainer

1. Serahkan kepada ahlinya bisa membuat anda hemat waktu.

2. Anda bisa memikirkan launching produk + teknik pemasaran agar produk perusahaan diterima pasar.

Kekurangan Membuat Logo Sendiri

1. Hasil alakadarnya sesuai kemampuan namun adakala diluar ekspektasi.

2. Banyak job yang harusnya bisa di delegasikan, akhirnya diambil sendiri.

3. Boros waktu tidak efisien bahkan tidak efektif.

Kelebihan Membuat Logo Sendiri

1. Biaya bisa ditekan, bahkan bisa sangat murah.

2. Ada kepuasaan sendiri didalam hati.

Saran kami, jangan buang waktu sobat untuk hanya membuat logo, logo memang penting, namun jauh lebih penting pengembangan produk yang semakin memanjakan customer dan pengoptimalan dari segi marketing untuk memperlebar market dan mitra bisnis.

Tutorial Cara Membuat Logo Di Photoshop

Kalian bisa menggunakan photohop versi CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6, CC jadi silahkan disesuaikan saja untuk versi Adobe Photoshop yang sobat gunakan, jika sudak mari simak tutorial cara membuat logo di Photoshop:

1. Buka aplikasi Photoshop, buat halaman kerja baru dengan klik File > New, atau bisa juga Tekan CTRL + N.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 1

2. Beri nama dan sesuaikan setting dengan logo yang akan dibuat, pada contoh menggunakan ukuran 500 x 500 pixels.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 2

3. Halaman baru yang dibuat seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 3

4. Bentuk logo yang akan dibuat adalah lingkaran, maka digunakan Ellipse Tool untuk membuatnya.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 4

5. Buatlah lingkaran dengan besar yang diinginkan, warna lingkaran bisa disesuaikan dengan 2 cara, pertama sebelum membuat lingkaran, pastikan kotak di toolbar sebelah kiri sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 5

6. Maka hasilnya menjadi seperti ini.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 6

7. Cara kedua yaitu dengan cara double klik kotak kecil disamping Layer ”Eclipse 1”.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 7

8. Akan muncul box seperti gambar dibawah > pilih warna yang diinginkan > klik OK.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 8

9. Setelah itu kami akan membuat efek Stroke (garis di luar lingkaran) dengan cara double klik pada Layer Eclipse Tool, maka akan muncul box Layer Style.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 9

10. Maka hasilnya tampak seperti di bawah ini.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 10
11. Selanjutnya buat Teks yang berisi inisial atau nama logo yang akan dibuat dengan menggunakan Horizontal Type Tool.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 11
12. Sesuaikan Size, Font, dan Warna agar menjadi logo yang menarik

Cara Membuat Logo Di Photoshop 12

13. Jika Anda menginginkan background logo yang unik, background bisa diganti dengan membuka box Layer Style seperti sebelumnya di atas. Pilih Pattern Overlay > klik salah satu pattern > Klik OK.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 13

14. Setelah itu selesai sudah semua proses membuat logo dengan Photoshop. Efek yang kita gunakan dapat terihat di sebelah kanan, di bawah Layer Eclipse 1.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 14
15. Lakukan penyimpanan dengan klik “Save As…” , pilih format yang umum digunakan dalam gambar, yaitu .jpeg atau .png. Logo yang berhasil dibuat, terlihat seperti dibawah ini.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 15

Nah diatas pekerjaan membuat photoshop, walau pada prakteknya kami hanya membutuhkan waktu 2jam saja untuk membuat sebuah logo sederhana, mungkin diluar sana banyak expert desainer yang bisa membuat logo hanya dalam hitungan menit.

Semua tergantung dari tujuan pembuatan desain logo dan brand untuk produk ataupun perusahaan kalian, jika sudah ditentukan maka untuk langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah.

Semoga tutorial untuk membuat logo dengan software Photoshop dapat memudahkan sobat yang memang sedang membutuhkan cara membuat logo dengan mudah bahkan pemula sekalipun, enjoy.. jangan lupa share ya artikel ini 🙂

Category:
Photoshop