Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Seberapa Ukuran Foto Postingan Instagram Agar Terlihat Eye Catching?

Bingung ukuran foto postingan Instagram? Ketika ingin memposting foto ke Instagram atau pun video, biasanya akan lebih mudah menggunakan aplikasi di smartphone. Ini karena Instagram memang secara khusus ditujukan untuk perangkat smartphone karena sudah disesuaikan dengan ukuran untuk posting di Instagram.

Jadi semua fiturnya akan terasa lebih maksimal saat kamu memakai smartphone, dibanding jika menggunakan desktop, tapi adakalanya, pengguna ingin mengedit gambar atau foto terlebih dahulu di menggunakan software di PC atau Laptop agar lebih bagus.

Masalahnya ketika mengupload foto ke Instagram, pasti ukuran foto tersebut harus disesuaikan dalam bentuk persegi. Jadi beberapa bagian akan terpotong sehingga mengurangi keindahan foto seutuhnya.

Apapun perangkat yang digunakan untuk mengupload, foto atau video unggahan pasti harus memenuhi ukuran dasar dari Instagram. Agar tampilannya tak berubah dan tetap seperti asli tanpa potongan sedikit pun.

Demi menyuguhkan unggahan foto yang menawan, kamu harus memastikan foto tersebut memiliki ukuran yang sesuai tandar Instagram. Kualitas  foto tak hanya ada pada nilai estetikanya saja tetapi resolusi pikselnya juga berpengaruh.

Semakin besar ukuran piksel foto maka akan semakin baik kualitasnya jika diupload di Instagram. Tetapi, ukuran foto postingan Instagram itu seberapa ‘sih? Penasaran, simak ulasan berikut selengkapnya.

Bentuk Baru Mode Postingan di Instagram

Hingga saat ini Instagram hanya membolehkan para penggunanya untuk memposting foto dalam bentuk persegi saja. Dengan kata lain foto yang kamu posting harus disesuaikan dalam bentuk kotak yang setiap sisinya berukuran sama panjangnya sebelum kamu menguploadnya di Instagram.

Tetapi di tahun 2018 ini, kamu tak perlu takut foto postingan yang keren harus dihilangkan sebagian. Karena sekarang kamu juga dapat memposting foto dengan berbagai ukuran dan bentuk, baik itu vertikal atau pun horizontal dan vertikal.

Ukuran Foto Postingan Instagram

Ukuran foto atau video asli yang kamu posting tidak akan sama lagi ketika ditampilkan di Instagram. Platform yang satu ini akan mengubah ukuran semua konten yang kamu posting ke ukuran standarnya.

Yang jadi masalah jika file yang kamu posting ternyata jauh lebih kecil dari ukuran yang seharusnya digunakan, maka siap-siap saja jika postingan tersebut akan terlihat buruk dan kurang disukai.

Berikut beberapa ukuran standar untuk postingan di Instagram yang bisa kamu jadikan patokan saat membuat foto atau video, antara lain.

1. Foto Profil Instagram

Perlu kamu tahu bahwa mengunggah foto profil Instagram sangat penting. Karena foto profil sama seperti identitas agar pengguna yang lain bisa mengenali bahwa itu kamu. Untuk itu buatlah foto profil yang mencerminkan karakter kamu.
Ukuran Foto Profil Instagram 1Foto profil yang akan ditampilkan dalam akun Instagram biasanya menggunakan ukuran 110 X 110 piksel dengan rasio aspek 1: 1. Yang berarti bahwa foto profil kamu akan berbentuk persegi dengan tampilan membulat.

Sebetulnya, kamu pun juga dapat menggunakan foto yang jauh lebih besar dari ukuran tersebut. Tetapi sebelumnya pastikan untuk mengubah ukurannya ke rasio aspek 1:1, jika kamu tak mau foto profilmu hilang sebagian

2. Foto Instagram

Ukuran postingan foto Instagram yang ingin kamu unggah bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya berbentuk persegi saja, kamu pun bisa mengunggah foto dengan format landscape sekalipun.

Untuk foto yang formatnya persegi, ukurannya tak boleh lebih dari 1080 x 1080 piksel dengan aspek rasio 1: 1.
Ukuran Foto Instagram 1Dan untuk ukuran postingan foto Instagram dengan format landscape kamu bisa menggunakan ukuran 1080 X 600 piksel dengan aspek rasio yang disarankan ialah 16:9.
Ukuran Foto Instagram 2Tapi kamu juga bisa mengunggah dengan ukuran besar asalkan aspek rasionya tetap 16:9, sebab tak akan merusak kualitasnya. Berbeda jika ukurannya jauh dibawah ukuran standar.

Untuk ukuran foto postingan Instagram dengan format potret, setidaknya harus memiliki aspek rasio 5: 4 dengan ukuran maksimum hingga 1080 X 1350 piksel. Sementara ukuran paling kecil ialah 480 X 600 piksel.
Ukuran Foto Instagram 3Jadi kamu bisa menyesuaikan ukurannya sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan untuk mengedit foto yan inggin kamu posting di Instagram.

3. Video Instagram

Untuk video yang akan kamu posting pun, kamu juga harus memperhatikan ukurannya agar video tak pecah ketika sudah terposting.
Ukuran Video InstagramFormat video pun juga tak boleh dilupakan, agar video yang kamu unggah tak terdistorsi. Gunakan aspek rasio 16:9 dengan ukuran minimum 600 x 336,5 piksel dan maksimal 1200 x 673 piksel. Jadi video kamu akan tetap aman tak akan terpotong selama kamu mematuhi ukuran tersebut.

4. Instagram Story

Konten singkat ini telah menjadi begitu populer selama beberapa waktu terakhir dan diperhitungkan bakal terus tumbuh. Mengetahui ukuran untuk postingan yang akan kamu unggah ke Instagram story sangatlah penting.
Ukuran Instagram StoryAgar konten yang kamu posting di Instagram story tidak pecah apalagi terpotong, ‘kan gak asyik jadinya. Yang paling ideal untuk ukuran postingan foto Instagram story ialah 1080 X 1920 dengan aspek rasio 16: 9, begitu pun juga untuk ukuran video untuk story.

Sehingga story yang kamu ungahan tetap bagus dan tak akan terpotong atau bahkan diperbesar agar ukurannya pas.

Penutup

Instagram merupakan salah satu jejaring sosial terbesar dan paling populer sampai saat ini. Melalui platform yang satu ini kamu bisa mengenalkan dan mempromosikan apapun ke khalayak ramai. Sehingga memposting foto atau video berkualitas menjadi sebuah keharusan.

Ukuran foto postingan Instagram memang hanya bersifat teknis. Tetapi masalah teknis inilah yang bisa menentukan setiap postingan foto akan sukses mendapatkan likes dan komen ataukah tidak. Jadi jangan pernah sepelekan hal kecil.

Share This Post
Kategori:
Instagram

Comments are closed.