Berapa Kapasitas Maksimum Grup WhatsApp

Berapakah jumlah maksimal kapasitas dari Grup WhatsApp? Tentu kamu pasti pernah bertanya-tanya tentang hal ini sebelum membuat grup WA.

WhatsApp dimanfaatkan masyarakat sebagai media untuk berkomunikasi satu sama lain atau bahkan untuk wadah komunikasi sebuah grup.

— GAK TAHU H2 NYA DITULIS APA —

Maksimum Kapasitas Grup WhatsApp

Aplikasi WhatsApp yang merupakan aplikasi berbagi pesan milik Facebook ini membatasi kapasitas peserta dalam sebuah grup sebanyak 256 orang.

Jumlah tersebut belum mendapatkan pembaruan lagi sejak 2016, yang dimana sebelumnya anggota grup WhatsApp dibatasi untuk 100 orang saja.

Aplikasi WhatsApp seringkali disandingkan dengan Telegram dan Line, karena sama-sama merupakan aplikasi messenger yang dapat mengirim pesan.

Namun ketiga aplikasi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, khususnya untuk jumlah maksimal anggota grup.

Lebih Banyak Mana Antara Kapasitas Grup WhatsApp Dan Grup Telegram?

Untuk kapasitas maksimal anggota grup Telegram, aplikasi berbagi pesan ini memiliki anggota maksimal hingga 200.000 orang.

Bahkan Telegram juga memiliki fitur Channel yang dapat menyiarkan pesan ke banyak orang. Channel ini memiliki jumlah anggota yang tidak terbatas.

Maka kesimpulannya kapasitas grup Telegram lebih banyak daripada grup WhatsApp.

Lebih Banyak Mana Antara Kapasitas Grup WhatsApp Dan Grup Line?

Untuk aplikasi berbagi pesan Line memiliki jumlah kapasitas grup sebanyak 5000 orang.

Untuk aplikasi Line ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Telegram Channel yaitu Line Square yang dapat menampung jumlah anggota yang tidak terbatas.

Maka kesimpulannya kapasitas grup Line lebih banyak daripada grup WhatsApp.

Mengapa Anggota Grup WhatsApp Terbatas Hanya Sampai 256 Orang Saja?

Belum ada keterangan resmi mengapa jumlah anggota grup WhatsApp hanya terbatas pada 256 orang saja.

Padahal aplikasi berbagi pesan ini bisa dibilang yang paling populer dikalangan masyarakat dibandingkan dua teman aplikasi lainnnya di urusan berbagi pesan (Line dan Telegram).

Dari penelusuran mimin di internet, terbatasnya jumlah anggota grup WhatsApp ini kemungkinan disebabkan adanya pembatasan server dan platform.

Hal ini juga yang menjadikan alasan bagi aplikasi berbagi pesan WhatsApp untuk melihat bagaimana pengguna dan bisnis memanfaatkannya.

Secara bertahap Facebook sebagai induk atau pengelola aplikasi berbagi pesan WhatsApp akan meningkatkan kapasitas jumlah anggota pada grup.

Selain itu, alasan lain pembatasan anggota grup ini juga untuk meminimalisir penyebaran pesan – pesan spam dan hoaks.

Pasalnya banyaknya jumlah anggota grup, tentunya akan membuat penyebaran pesan spam dan hoaks juga semakin cepat dan massive.

Tentunya pembatasan ini tidak semata-mata untuk alasan tersebut saja. Facebook juga ingin menghasilkan uang dan memonetisasi dari aplikasi WhatsApp ini.

Artinya jika saat ini jumlah anggota grup hanya terbatas 256 orang saja.

Facebook nantinya akan mengenakan biaya bagi penggunanya yang ingin membuat sebuah grup dengan jumlah peserta lebih dari batas yang ditentukan

Itulah tadi artikel tentang kapasitas grup WhatsApp yang telah mimin jabarkan.

Semoga artikel ini dapat menjadi jawaban kamu yang bertanya – tanya berapa maksimal anggota yang bisa ditampung oleh suatu grup WhatsApp.

Terimakasih sudah membaca artikel ini!

Klik 2x Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button