Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Menguatkan Sinyal Wifi

Di kantor ada Wifi, di mall ada Wifi, di hotel ada Wifi, di tempat fasilitas umum ada Wifi, di bus ada Wifi, di kereta ada Wifi, di cafe ada Wifi, di rumah sakit ada Wifi, di pasar ada Wifi, di rumah juga ada Wifi.

Dimana-mana ada Wifi, masalahnya bagaimana cara menguatkan sinyal Wifi agar dimanapun posisi kita tetap dapat sinyal Wifi, bahkan sinyal Wifi juga bisa langsung dari HP yang kita gunakan.

Yang sangat disayangkan hingga saat ini jangkauan dari sinyal Wifi masih terbatas, dengan perangkat di harga paling murah saja jangkauan sinyalnya hanya sejauh 15 – 20 meter itu dengan kondisi sudah terhalang tembok, bangunan atau pohon.

Untuk kondisi lost alias tanpa halangan jangkauanya bisa mencapai 100 meter namun untuk saat ini kondisi lost hanya ada di lapangan sepak bola, hutan, sawah, laut dll wkwkwk dan siapa juga yang mau memasang Wifi di lokasi tersebut jika tidak orang yang berkepentingan.

Umumnya sinyal Wifi berada dilokasi perkotaan yang padat dengan bangunan permanen, sehingga kemampuan untuk menyebarkan sinyal Wifi menjadi sangatlah terbatas pada area sekitar rumah saja dan itu juga sudah dengan kondisi sinyal yang hanya 1, 2 atau 3 bar saja.

Kondisi sinyal yang buruk juga berdampak pada kecepatan yang kita terima baik untuk download maupun upload serta browsing dan chating menjadi sangat sulit hingga pada akhirnya sama sekali tidak ada yang bisa kita akses karena buruknya sinyal Wifi.

Sinyal yang buruk selain berdampak ke gadget yang digunakan juga berefek kepengguna itu sendiri, bayangkan saja ketika akan memesan tiket pesawat atau kereta karena sinyal yang buruk maka tidak bisa mendapatkan tiket.

Beberapa Alat Penguat Sinyal Wifi

Secara fungsi alat penguat sinyal terbagi menjadi dua macam yaitu pertama alat penguat sinyal wifi yang bisa menerima dan menyebarkanya kembali dengan jangkauan yang lebih luas, nah alat ini di sebut repeater atau rang extender.

Kedua adalah alat yang berupa antena jadi difungsikan untuk menguatkan sinyal di sisi penerima. Jadi jika sobat sudah tahu dengan jenis alat yang sobat butuhkan maka sobat bisa memilih produk yang tepat dan bermanfaat seperti yang sobat harapkan.

1. TP-Link TL-WA850RE

Produk buatan TP-Link sudah di kenal luas dan sangat konsisten dalam membuat produk unggulan, TL-WA850RE sebuah produk yang masuk dalam kategori repeater atau rang extender. Produk yang berasal dari negara china ini sudah menjadi banyak pilihan bagi setiap penggiat jaringan.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 1

Fugsi dasar dari produk ini adalah untuk memperkuat sinyal Wifi utama dan meneruskanya kembali dengan kekuatan sinyal yang lebih baik sehingga menghilangkan zona mati di posisi tertentu.

Bentuk dari produk ini sangat sederhana tinggal colok saja ke stop kontak, ada juga led indikator dari fungsi-fungsi yang sedang berjalan. Produk ini tidak memiliki antena yang bentuknya fisik secara kasat mata, walaupun demikian produk ini tetap power full karena menggunakan antena internal yang bagus.

Untuk melakukan konfigurasi bisa dilakukan dengan menggunakan wifi maupun kabel lan, yup produk ini juga memiliki port RJ45 untuk lebih memaksimalkan fungsinya dan bisa dihubungan langsung ke komputer yang tidak memiliki perangkat wifi include.

Secara hardware dan software alat ini mampu bekerja pada kecepatan 300Mbps sehingga proses internet dan transfer data sudah pasti akan lancar dan tanpa kendala dan dengan kecepatan seperti itu sangat ideal jika digunakan untuk video streaming, audio streaming dan game online.

2. Totolink EX200

Mungkin sobat jarang mendengar perangkat jaringan dengan nama Totolink tetapi produk ini terkenal bagus dan laris manis di indonesia. Produk yang berasal dari negara korea ini menjadi pilihan utama yang bisa dan mampu bersaing dengan produk sejenis di rentan harga yang berbeda.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 2

Totolink EX200 digunakan untuk memperluas jangkauan dari sinyal wifi utama, sehingga di area manapun sobat berada akan tetap mendapatkan sinyal wifi dan tentunya aktiftas sobat tetap akan bisa berjalan dengan baik.

Secara fisik terlihat sangat tegas bentuknya yang mengkotak dan terlihat kokoh. Bentuknya memang sangat berbeda dengan TP-Link TL-WA850RE, dimana Totolink EX200 memiliki antena External yang tentunya secara teori lebih bagus dari produk sejenis yang hanya menggunakan antena internal.

Adanya lubang pada posisi kanan dan kiri produk ini membuat sirkulasi udara bisa berjalan keluar masuk dengan bebas dan seharusny produk ini akan tetap bekerja maksimal dalam kurun waktu yang jauh lebih lama.

Tidak ketinggalan adanya port RJ45 yang bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi perangkat ataupun untuk di sambungkan ke komputer.

Dari segi kecepatan juga sudah bagus sama dengan produk lainya yaitu bisa berlari dengan kecepatan 300Mbps ketika berada dalam wifi mode N sehingga untuk straming video, audio, game online dan sharing file dapat dipastikan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

3. Antena Induksi

Media untuk bisa mendapatkan sinyal sangatlah banyak dan jika sobat berada di lokasi yang kurang bagus tetapi tetap ingin bisa berselancar internet maka sobat perlu menambah kekuatan dalam menangkap sinyal. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan antena.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 3

Faktanya kemampuan menangkap sinyal dari perangkat gadget tidak se power full alat khusus yang memasng digunakan untuk jaringan secara luas. Maka dari itu dengan menggunakan antena induksi akan memperkuat perangkat wifi di gadget dan pada akhirnya sobat akan mendapatkan sinyal yang baik.

Berbeda dengan dua alat sebelumnya, antena ini perlu dipasang di luar rumah karena targetnya biasanya berada di jarak lebih dari 100 meter sehingga akan lebih efektif menggunakan antena. Tidak memerlukan listrik ketika menggunakan antena dan cukup di tempelkan saja kepada gadget yang sobat gunakan.

4. Antena Mifi

Mifi merupakan alat yang cara kerjanya sama dengan modem usb hanya sa mifi menggunakan bateray yang bisa di gonta ganti dan di cas. Bisa dibilang lebih portabel karena perbedaan sumber daya yang digunakan.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 4

Perangkat jaringan yang hanya menggunakan atena internal bisa dibilang kurang mampu dalam menyebarkan sinyal atau bisa dibilang jangkauanya pendek sehingga akan menyulitkan bagi gadget yang akan menerima sinyal tersebut.

Langkah kongkrit untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memasang antena external pada perangkat mifi sehingga jangkauan sinyal akan jauh lebih luas dan bisa mencapai ke lokasi yang sebelumnya menjadi zona mati.

Beberapa Alat Penangkap Sinyal

Perangkat wifi yang terpasang pada gadget seperti hp, tablet dan laptop sejauh ini berfungsi dengan baik sesuai dengan peruntukanya. Tetapi memiliki daya tangkap sinyal yang pendek sehingga sobat harus berada dalam posisi yang bagus agar mendapatkan sinyal yang bagus pula.

Untuk sobat yang hanya menggunakan hp atau tablet dalam memenuhi kegiatan sehari-hari tentunya tidak cocok menggunakan alat penangkap sinyal wifi yang akan Admin jabarkan ini.

Karena alat ini memang hanya di peruntukan untuk laptop atau komputer. Jadi untuk pengguna hp dan tablet lebih baik menggunakan alat penguat sinyal.

1. Wifi Adapter Leguang

Di lihat dari namanya seperti berasal dari china ya atau korea, tapi buat apa mempersoalkan hal tersebut asal peformanya joss itu sudah lebih dari cukup terlepas dari nama serta merek.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 5

Dari bentuknya saja sudah bisa di tebak jika alat ini di fungsikan untuk outdoor, ketika sobat berada di dalam ruangan apalagi dengan dinding yang tebal sudah dapat dipastikan kekuatan sinyal yang di dapat akan lemah.

Maka dari itu di perlukan alat penangkap sinyal yang bisa di taro di luar bangunan.

Alat ini bisa bertahan dengan baik dari panas matahari, hujan dan petir. Wifi adapter leguang bisa berjalan pada kecepatan maksimal 150Mbps dan mampu menjangkau sinyal wifi yang jaraknya cukup jauh sekitar 200 meter.

2. TP-Link TL-WN722N

Produk buatan TP-Link sangat banyak jenisnya sehingga bisa membantu setiap permasalahan sobat dalam urusan jaringan. Kecil namun kuat dalam menangkap sinyal wifi kurang lebih itu kata-kata yang cocok untuk antena TP-Link TL-WN722N.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 7

Alat ini sangat cocok bagi sobat yang memiliki komputer atau laptop tetapi memiliki permasalahan dengan menangkap sinyal wifi, antena yang digunakan mempunyai dBi yang besar yaitu 4 dBi sehingga lebih joss dua kali lipat dalam menangkap sinyal wifi.

Walaupun ukuranya kecil tetapi sudah mendukung kecepatan wifi di 150Mbps, tentunya denga kemampuan seperti itu sudah sangat cocok ketika digunakan untuk stream video, audio dan game online.

Dalam kotak pembelian juga sudah plus kabel extend sehingga sobat bisa dengan leluasa menaruh alat ini di posisi yang berbeda.

3. TP-Link TL-ANT2405C

Ketika antena bawaan dirasa masih kurang mumpuni dalam menangkap sinyal wifi di luar sana maka sobat tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan antena pengganti seri TL-ANT2405C semua permasalahan itu bisa di atasi.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi 6

Tentunya sobat harus memilik perangkan yang kompetibel dengan antena ini, contoh saja antena ini sangat cocok jika digunakan untuk mengganti antena bawaan TP-Link TL-WN722N sehingga akan lebih mampu menangkap sinyal wifi dengan lokasi yang lebih jauh lagi.

Antena TL-ANT2405C juga sangat cocok di taro pada posisi outdoor, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat. Ukuranya yang kecil dan warna yang tidak mencolok juga membuatnya bisa berkamuflase ketika di taro di outdoor dan sobat tidak perlu khawatir antena ini akan hilang begitu saja.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk cara menguatkan sinyal wifi, pahami juga info tambahan dari Admin agar sobat semakin paham atas semua penjelasan yang telah Admin berikan.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

Share This Post
Kategori:
Trik Internet

Comments are closed.