insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Alat Penguat, Penangkap Sinyal Wifi & Modem

Apakah ada alat penguat sinyal Wifi untuk menangkap sinyal WIfi dan Modem? Sebenarnya cukup banyak dari sobat yang mencari alat penguat serta penangkap sinyal Wifi dan Modem, termasuk admin dulu.

Jika melihat masa lalu sekitar tahun 2013 ke bawah hanya kota-kota besar saja yang memiliki jaringan internet yang kuat, cepat dan stabil. Jika kita sedikit saja bergeser ke luar dari daerah perkotaan maka sulit untuk melakukan browsing dari HP.

Lola (loading lama) dan DC (disconect) adalah istilah yang sering digunakan ketika internet tiba-tiba menjadi lelet seperti siput. Jumlah BTS yang sedikit serta tidak merata menjadi faktor utama, sementara di daerah pelosok jauh lebih menyedihkan.

Bagaimana dengan kondisi jumlah BTS di daerah tempat sobat tinggal? Banyak BTS yang sudah di bangun? Atau hanya ada 1, 2 BTS saja? BTS sendiri ibarat hotspot hanya saja dengan skala prioritas nasional, sedikitnya jumlah BTS akan mengakibatkan adanya blank spot.

Dan seandainya tidak blank spot, sinyalnya lemah dan hanya dapat sinyal 2G saja sehingga hanya bisa digunakan berkirim pesan serta telepon. Saat ini masih lebih banyak sinyal 3G ketimbang 4G dan parahnya lagi dapat sinyal 4G tapi kecepatanya seperti siput.

Alat pemancar jaringan yang terpasang di BTS memang memiliki kemampuan daya pancar yang luas sekali tetapi alat penangkap sinyal pada HP, Modem serta Laptop yang sobat gunakan sama sekali tidak memiliki kemampuan daya tangkap yang bagus karena adanya keterbatasanan dari komponen yang digunakan dan hal ini wajar.

Alat Penguat & Penangkap Sinyal Wifi

Berbeda dengan BTS yang memiliki alat dengan daya pancar yang luas, alat jaringan AP (accest point) yang digunakan untuk membuat hotspot hanya bisa memancarkan sinyal dengan daya serta jangkauan yang jauh lebih terbatas.

Dengan banyak penghalang di aera pemasangan hotspot, kemungkinan besar hanya dapat memancarkan sinyal dengan jangkauan maksimal 20 meter dan ketika dalam kondisi yang lost atau tanpa penghalang bisa mencapai jarak 100 meter.

Jika memiliki banyak hotpsot tentunya sudah pasti semua area bisa tercover dengan sinyal hotspot yang sobat buat, sehingga sobat bisa ber internet dimanapun sobat berada dan ini juga yang akan terjadi jika sudah banyak BTS 4G di setiap daerah dan menjangkau hingga ke daerah yang plosok sekalipun.

Bagi sobat yang membuat hotspot di rumah ataupun ingin nebeng hotspot miliki tetangga atau berlangganan internet dari RT/RW Net maka bisa menggunakan salah satu dari alat yang Admin sebutkan dibawah ini.

Range Extender Totolink EX200

Alat wajib yang harus sobat gunakan untuk bisa menguatkan sinyal dari alat utama agar bisa di tangkap langsung dengan bagus, jenis ataupun kemampuan yang harus dimiliki dari alat tersebut bernama range extender. Jadi gampangnya alat tersebut di gunakan untuk menguatkan sinyal dan menyebarkanya lagi.

Dengan begitu maka sinyal wifi bisa mencapai titik-titik tertentu dan sudah pasti untuk menghilangkan adanya blank spot.

Salah satu alat jaringan yang memiliki kemampuan range extender adalah totolink ex200 dan masih ada banyak lagi alat sejenis sebut saja tp-link tl-wa850re, xiaomi wifi extender, linksys re6400 ac1200, Huawei WS331C dll.

Beberapa alat yang Admin sebutkan di atas memang difungsikan khusus sebagai range extender sehingga memiliki mobilitas yang tinggi dan mudah dalam konfigurasi. Alat ini tinggal sobat colokan saja ke stop kontak tanpa harus mengulur kabel adaptor.

Alat Penguat Penangkap Sinyal Wifi Modem 1

Langkah-langkah konfigurasinya juga sangat mudah dan berikut ini adalah tahapan yang harus sobat lakukan.

  1. Pasang Range Extender Totolink EX200 ke stop kontak dan tunggu beberapa saat hingga totolink dalam mode stanbay.
  2. Buka laptop ataupun hp sobat dan konekan ke Totolink EX200, nama wifi defaultnya adalah Totolink EX200.
  3. Buka browser milik sobat, konfigurasi ini bisa dilakukan melalui laptop atau hp dan caranya juga sama ya sobat. Pada url browser ketikan ip address default dari Totolink EX200 yaitu 168.0.254 lalu tekan enter.
  4. Setelah berhasil masuk dan tampilan untuk melakukan konfigurasi telah muncul, sobat bisa langsung klik menu Extender Setting.
  5. Sobat akan melihat daftar dari nama AP (accest point) yang berhasil di scan, pastikan sobat memilih AP yang memang sobat kenali ya dan dalam artian adalah AP milik sobat, tetangga atau free hotspot. Konek ke AP yang ingin sobat gunakan.
  6. Setelah berhasil terkoneksi, lanjut dengan memasukan Password dari AP yang akan sobat gunakan lalu pilih Connect.
  7. ATAU jika sobat mau menggunakan nama SSID dan Password berbeda dari AP utama juga bisa, caranya setelah memasukan Password AP yang akan digunakan langsung sobat pilih opsi Modify My SSID dan selanjutnya sobat hanya perlu memasukan nama SSID dan Password yang akan sobat gunakan lalu pilih opsi Conect.
  8. Range Extender Totolink EX200 akan melakukan konfigurasi yang telah sobat lakukan dan akan reset. Disini sobat hanya perlu menunggu saja hingga sinyal Wifi yang sobat buat tampil dalam daftar WIFI. Jika sudah maka sobat tinggal konek saja dan memasukan password yang sobat buat.
  9. Selamat sobat sudah memiliki Wifi dengan nama dan password yang sobat buat tadi dan sobat sudah bisa ber Internet.

Bagaimana Cara Memilih Range Extender Yang Bagus?

Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan diantaranya adalah pastikan memilih produk yang sudah terkenal kualitasnya, pastikan menggunakan antena external karena daya tangkapnya akan jauh lebih bagus dan lebih baik jika memiliki lubang ventilasi agar panas bisa keluar dengan cepat.

Posisi Terbaik Memasang Range Extender Dimana?

Yang paling terpenting adalah kondisi sinyal yang sobat dapatkan harus good atau normal, jika mendapatkan sinyal bad maka sobat harus memindahkan Totolink EX200 ke posisi yang lebih baik. Pastikan saja saat menscan bisa mendapatkan 2 atau 3 bar sinyal dari AP utama.

Penangkap Sinyal WIFI TP-Link TL-WN722N

Keterbatasan jangkauan dalam menyebarkan sinyal Wifi di sisi AP bisa di akali dari sisi penerima, dimana si penerima menggunakan alat penguat agar bisa mendapatkan sinyal yang jauh lebih baik.

Ketika sobat menangkap sinyal hanya dengan menggunakan wifi yang ada pada hp atau laptop maka sudah dapat dipastikan kemampuanya terbatas.

Untuk HP tentunya jika ingin menggunakan hotspot harus dekat dengan titik hotspot agar sinyal yang di dapat bisa bagus dan ini tidak bisa di akali dengan menambah alat di sisi HP.

Namun bagi sobat yang menggunakan Laptop ataupun Komputer bisa menggunakan alat Wifi TP-Link TL-WN722N yang berbentuk USB plus Antena.

Alat ini sangat ampuh menangkap sinyal Wifi, jika hanya menggunakan alat Wifi bawaan Laptop hanya bisa mendapatkan sinyal 1 bar saja maka menggunakan Wifi TP-Link bisa mendapatkan 3 bar sinyal.

Dengan kualitas sinyal yang baik maka akses internet yang di dapat juga akan menjadi lebih baik.

Alat Penguat Penangkap Sinyal Wifi Modem 3

Produk sejenis sangat banyak tentunta dengan kemampuan dan harga yang berbeda sebut saja ada TP-Link WN725N, Xiaomi Mini USB Wireless, Linksys WUSB6300, Dlink DWA-123 dll. Saran Admin untuk mendapatkan sinyal Wifi yang bagus pastikan sobat soakers memilih produk yang memiliki antena external.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa sobat soakers lakukan untuk bisa menggunan alat USB Wifi.

  1. Pasang USB Wifi pada port usb di laptop atau komputer.
  2. Masukan CD Driver USB Wifi atau sobat bisa mendownload driver terbaru di situs resmi dari USB Wifi yang sobat gunakan. Buka DVD Rom lalu sobat double klik saja dan pilih opsi Run Autorun.Exe lalu pilih opsi Yes.
  3. Pilih seri USB Wifi yang digunakan dalam hal ini TP-Link WN722N lalu pilih opsi Instal Driver & Utility.
  4. Pilih opsi Next.
  5. Ada 2 buah pilihan, pilihan satu Instal Driver Only dan pilihan kedua Instal Driver Configuration Utility…. sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Disini Admin mencontohkan memilih Instal Driver Only. Lalu pilih opsi Instal Next, Next lagi dan pilih Instal (tunggu hingga proses instal driver selesai).
  6. Setelah selesai instal driver pilih opsi Finish.
  7. Sekarang sobat tinggal menggunakanya seperti menggunakan Wifi pada laptop.

Tips Memilih USB Wifi!

Perhatikan baik-baik beberapa hal berikut ini, pertama gunakan Brand yang sudah terkenal dengan produk-produknya.

Kedua pilih USB Wifi yang memiliki antena external, dengan adanya antena external bisa di pastikan daya tangkapnya akan lebih luas dan lebih bagus dari pada USB Wifi tanpa antena external. Ketiga pilih USB Wifi yang sudah menggunakan standar IEEE 802.11 N.

Apa Kelebihan USB Wifi Yang Memiliki Antena External?

USB Wifi tipe ini memiliki kelebihan antena bawaan bisa diganti dengan antena lainya yang memiliki db atau gaint yang lebih besar atau menggantinya dengan antena yang memiliki kabel sehingga posisi menaruh USB Wifi bisa lebih fleksibel. Pada akhirnya memiliki daya tangkap sinya Wifi yang melebihi ekspetasi.

Alat Penguat & Penangkap Sinyal Modem

Penggunaan modem bisa dibilang sudah menjadi pilihan utama bagi sobat soakers yang memiliki laptop ataupun komputer. Banyaknya ISP kelas wahit hingga kelas rt/rw net nampaknya tidak bisa menggeser penggunaan modem sebagai cara utama untuk berinternet apalagi saat ini sudah ada modem plus wifi.

Alasan utama penjualan modem tetap laris manis karena lebih mobile alias bisa dibawa kemana-mana dan yang kedua menggunakan paket internet yang bebas sesuai ke inginan penggunanya. Ketiga bisa juga berfungsi sebagai flasdisk jika kita pasangkan microsd.

Selain itu modem juga sudah berevolusi, ada modem yang sudah plus wifi dan bisa digunakan langsung dengan mencolokanya ke power bank, charger, laptop atau komputer sebagai sumber daya modem, tidak perlu instal aplikasi dan bisa dikonfigurasi langsung melalui wifi.

Modem juga sudah berevolusi menjadi Mifi dimana perangkat ini sangat praktis dan mobile dalam penggunaanya, selain memiliki fungsi dasar sebagai modem, perangkat ini sudah memiliki wifi yang difungsikan sebagai hotspot.

Ada slot antena yang bisa digunakan untuk memperbagus daya tangkap sinyal GSM sehingga koneksi internet yang di dapat akan tetap stabil dan yang paling penting sudah include bateray sebagai sumber daya utama.

Antena Penguat Sinyal Modem Induksi

Kelemanan paling besar dari perangkat modem adalah daya tangkap yang lemah. Lemah disini jika sobat berada di daerah yang kualitas sinyalnya buruk, ya iyalah om Admin dimana-mana kalo sinyal GSM buruk sudah pasti kita dapatnya juga buruk mau menggunakan hp juga hasilnya akan sama saja.

Wkwkwk yup itu memang betul tetapi bedanya modem digunakan sebagai media utama untuk mengakses internet, jika menggunakan hp sudah bagus maka lebih baik membuat hotspot saja bukan kenapa harus beli modem lagi…. jadi sesuaikan dengan kebutuhan sobat soakers ya.

Nah untuk memperkuat daya tangkap sinyal GSM caranya mudah kok seperti memasang antena tv hanya saja yang akan digunakan ini antena khusu untuk modem.

Alat Penguat Penangkap Sinyal Wifi Modem 2

Antena jenis ini sedang laris manis di pasaran efek harganya yang murah tapi memiliki kualitas yang bagus sehingga akes internet menjadi lancar dan juga karena BTS operator masih belum bisa menggapai semua pelangganya dengan kualitas sinyal yang diharapkan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus sobat lakukan agar bisa memperkuat daya tangkap modem.

  1. Rakit antena dengan baik dan benar sesuai petunjuk pemasangan.
  2. Pasang menggunakan besi atau bambu, untuk tingginya menyesuaikan. Jika kondisi di daerah sobat lost tidak ada pepohonan yang tinggi maka cukup pasan dengan ketinggian 5 – 7 meter dari atap rumah. Jika memasang dari bawah maka setidaknya pasang dengan ketinggan 13 meter.
  3. Jika menggunakan induksi berjenis tempel maka tempelkan saja ke modem dan ikat dengan karet atau pengkat sejenisnya.
  4. Jika modem yang sobat gunakan memiliki konektor antena maka gunakan induksi yang tipe colok dan sesuaikan dengan model yang digunakan. Dalam prakteknya induksi tipe colok jauh lebih baik dari pada induksi tempel.
  5. Sobat konekan modem ke jaringan GSM yang digunakan dan sobat sudah bisa internetan dengan kualitas sinyal lebih baik dan bagus.

Bagaimana sobat soakers mudah sekali ya cara-cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan sinyal wifi dan modem yang berkualitas. Intinya adalah pada jenis alat yang sobat gunakan dan pastikan menggunakan alat yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Nah itulah alat penguat & penangkap sinyal wifi & modem, pahami juga info tambahan dari Admin agar sobat semakin paham atas semua penjelasan yang telah Admin berikan.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

Category:
Trik Internet
Tags: