Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Menyimpan File Foto, Video & Dokumen WhatsApp Otomatis

Untuk menyimpang foto WhatsApp secara otomatis ataupun harus di download terlebih dahulu, sudah ada pengaturannya di WA, kami akan pandu bahkan untuk video, audio & dokumen juga bisa, karena ada beberapa orang yang men-setting agar foto, video tidak terdownload secara otomatis pada pesan chat pribadi ataupun Grup WhatsApp.

Dalam ber-sosial media sudah bisa dipastikan berkirim file foto, video, audio & dokumen menjadi hal yang biasa dilakukan dan sangat lumrah, sama seperti pada Facebook, Instagram, Line, BBM & Twitter, hanya kadang durasi video dan ukuran foto seperti di WhatsApp sangat dibatasi atau di limit.

Dengan fitur WhatsApp kita bisa langsung masuk ke mode kamera untuk mengambil foto dan langsung mengirim foto tersebut ke lawan sosial media kita ataupun dengan mengambil dari foto atau video yang ada dari galeri HP kita untuk kita share yang mungkin saja bisa viral, serta bisa di atur agar foto yang diterima bisa muncul, tanpa harus mendownload foto tersebut secara manual.

Jika foto yang sobat terima hanya satu atau dua saja sih hal yang mudah untuk mendownloadnya bukan, tapi bagaimana ceritanya jika sobat menerima lebih dari 20 foto? Hmmm..

Sepertinya akan sangat merepotkan jika harus di download satu per satu, tapi juga akan jadi masalah jika koneksi internet atau wifi sedang tidak bagus, tentu mengatur agar gambar tidak download otomatis bisa juga jadi pilihan bijak.

Namun bagi sebagian orang menerima foto yang tidak di inginkan menjadi sebuah masalah besar, ditambah lagi dengan kondisi paket data yang terbatas, koneksi internet yang lelet (walau foto yang dikirim melalui WA sudah di kompres ketika proses pengiriman berlangsung) dan kapasitas memori yang terbatas.

Kalo sudah begini maka hp sobat menjadi lemot dan emosi jadi memuncak sampai ke ubun-ubun. Pada akhirnya mau tidak mau sobat harus menghapus semua foto yang di download tersebut agar hp sobat tidak penuh memorinya, atau harus dipindah dengan bluetooth ke laptop atau juga di upload ke Google Drive pada pengguna Android atau Icloud pada pengguna Iphone / Ipad.

Cara Menyimpan Foto WhatsApp Otomatis Ke Galeri

Jika kalian ingin menyimpan foto otomatis di WhatsApp pada saat chat dengan teman atau pada pesan grup, kami sudah buatkan tutorialnya agar bisa mendownload otomatis foto yang dikirimkan tersebut, bisa simak cara-caranya, juga cara menyimpan foto digaleri dan bukan digaleri.

Pada dasarnya setiap media file foto yang kita download dari WhatsApp baik itu pesan pribadi maupun dari grup akan dimasukan ke folder WhatsApp pada folder Media – WhatsApp Image. Foto yang di download tersebut belum masuk ke Galeri, berikut caranya agar foto yang di download bisa tampil di galeri:

1. Jalankan aplikasi WA lalu pilih Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 1

2. Pilih opsi Setelan.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 2

3. Pilih opsi Chatting.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 3

4. Pada opsi Tampilkan media di galeri berikan tanda ceklis.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 4 1

Mudah sekali bukan langkah-langkah yang perlu sobat lakukan karena menu konfigurasi sudah tersedia di WhatsApp jadi kita hanya perlu mengaktifkanya saja.

Membuat Otomatis Foto Ter-Download Di WhatsApp

WhatsApp memberikan kebebasan kepada penggunanya jika ingin mendownload secara otomatis setiap media yang diterima termasuk file foto, video, audio dan dokumen baik dari perseorangan maupun dari grup WA. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu pilih Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 1

2. Pilih opsi Setelan.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 2

3.  Pilih opsi Penggunaan data dan penyimpanan.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 5

4. Pilih opsi Saat menggunakan data seluler.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 6

5. Beri tanda ceklis pada Foto  lalu pilih OKE.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 7

Noted: Pada tahap ini kalian bisa mencentang untuk audio, video dan dokumen juga secara bersamaan, jika menghendaki setiap file yang masuk pada chat kita otomatis terdownload, namun ada beberapa orang yang enggan secara otomatis mendownload file tersebut dengan alasan keamanan, seperti ada yang usil mengirim foto, video atau audio yang seram 😀

6. Kembali pada Penggunaan data dan Penyimpanan pilih opsi Saat tersambung ke Wi-Fi.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 8

7. Beri tanda ceklis pada Foto lalu pilih OKE.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 9

Jika sobat ingin media lainya seperti Audio, Video dan Dokumen bisa di download otomatis maka sobat hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas dan berikan tanda ceklis pada media yang di inginkan.

Cara Menyembunyikan File Foto, Video WhatsApp Agar Tidak Tersimpan Di Galeri

Nah buat kalian yang tidak ingin file foto, video, audio dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan kedalam galeri HP, sobat memerlukan aplikasi file manager, bisa menggunakan bawaan hp jika sudah ada, dengan trik ini sebenarnya file foto, video akan tersimpan dan bersifat rahasia artinya tidak akan muncul digaleri HP, Nah lhooo 😀

Bagi sobat yang belum memilikinya bisa langsung instal aplikasi file manager dari google play store dan untuk tutorial kali ini admin menggunakan file manager buatan xiaomi.

1. Jalankan aplikasi File manager.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 10

2. Masuk ke Penyimpanan internal.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 11

 

3. Masuk ke folder WhatsApp.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 12

 

4. Masuk ke folder Media.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 13

 

5. Masuk ke folder WhatsApp images.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 14

 

6. Pilih Garis setrip tiga di pojok kiri atas.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 15

 

7. Pilih opsi Buat folder baru.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 16

 

8. Berinama .nomedia lalu pilih Oke.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis 17

Dalam membuat folder .nomedia, fungsi titik disitulah yang membuat folder yang kita buat menjadi berfungsi seperti yang di harapkan.

Ketika sobat Oke maka di dalam folder WA images akan tercipta folder baru bernama .nomedia, folder ini tidak akan bisa lihat karena status dari folder tersebut adalah hidden dan di dalam folder Private serta Sent di dalamnya akan ada file baru .nomedia, file tersebut juga di hidden oleh sistem.

Ketika sobat menggunakan WA dan mendownload foto dari percakapan pribadi ataupun grup, file foto tersebut tidak akan di tampilkan pada galeri sobat, dengan demikian apa yang sobat download menjadi rahasia yang hanya sobat saja bisa melihatnya.

Berikut ini daftar pertanyaan yang mungkin saja akan ada di dalam benak kalian, nah berhubung admin orang baik, jadi akan kami kupas tuntas dibawah ini dengan trik diatas ini.

Apakah File Foto, Video WhatsApp Tidak Muncul Di Galeri?

Foto yang sudah sobat download tetap berada pada folder WhatsApp images dengan posisi file biasanya berada di paling bawah, hanya saja tidak bisa di lihat langsung dari galeri.

Bagaimana Jika Kita Ingin Melihat File Tersebut Kembali di Galeri HP?

Berbeda dengan pertanyaan diatas, langkah ini dilakukan jika kalian sudah bosan dan tidak ingin menyembunyikan file foto, video dan audio WhatsApp di HP kalian.

  • Buka kembali File Manager
  • Masuk hingga ke folder WA images lalu pilih garis tiga di pojok kiri atas
  • Pilih setelan >> lalu pilih tampilkan berkas tersembunyi.
  • Selanjutnya sobat hapus folder .nomedia
  • Masuk ke folder Private dan Sent lalu hapus juga file .nomedia.
  • Langkah selanjutnya sobat bisa clear ram atau restar hp sobat dan download file foto, video lainya pada WA lalu buka galeri, maka semua file foto WhatsApp sobat akan muncul kembali.

Bagaimana Jika WA di HP Kami Tidak Bisa Menampilkan Berkas Tersembunyi?

Jika file manager pada hp sobat tidak memiliki fitur untuk menampilkan berkas tersembunyi, maka sobat bisa melakukanya menggunakan laptop dengan memberikan akses untuk bisa menampilkan file hidden.

Oke, bagiamana tutorial kali ini? semoga puas ya dan tidak membuat bingung dalam prakteknya. Untuk teman-teman soakers, jika ingin melalukan hal yang aneh-aneh pada WhatsApp, selalu utamakan Backup WA ya, Kami Sudah buatkan panduannya, silahkan cek link ini jika belum tau, Cara Backup dan Restore WhatsApp Secara Mudah & Aman.

Diharapkan cara ini bisa mengatasi masalah soaker terutama yang  bingung cara download file secara otomatis di WhatsApp baik file foto, video, audio dan dokumen, dan buat kalian yang mungkin ingin mencoba cara menyembunyikan file WhatsAp dari Galeri HP.

Silahkan share link ini agar teman ataupun sanak saudara kamu yang belum tahu Cara Menyimpan Foto Whatsapp Otomatis bisa ikut mempelajarinya dan dalam rangka membantu sesama.

Share This Post
Kategori:
WhatsApp

Comments are closed.