50+ Rekomendasi Anime School Terbaik

Anime bertemakan school tak terhitung ada berapa jumlahnya. Faktanya, kamu akan menemukan banyak sekali judul anime yang menggunakan premis kehidupan muda mudi sekolahan di berbagai forum, sobat.

Bukan tanpa sebab, hal ini membuktikan kalau anime yang mengilustrasikan sekolah beserta tetek-bengeknya masih menjadi senjata ampuh untuk menarik banyak penonton.

Mulai dari anime school dengan unsur slice of life ringan yang mengalir layaknya kehidupan sekolah pada umumnya, hingga anime school yang memadukan banyak unsur lain di dalamnya seperti: fantasi, komedi, horor, harem, dan lain-lain, sobat akan menemukan itu semua di berbagai judul anime school.

Buat sobat yang suka anime betipe seperti ini, kamu berada di tempat yang tepat karena kami akan merangkum berbagai judul anime school terbaik yang pastinya layak banget untuk kamu simak.

Rekomendasi yang kami berikan ini terlepas dari skor yang ada di My Anime List. Silakan simak baik-baik, ya!

50. Anime School “Gakusen Toshi Asterisk”

Gakusen Toshi Asterisk

Gakusen Toshi Asterisk

Di urutan pertama, mari kita awali dengan Gakusen Toshi Asterisk yang memadukan tema fantasi dan school. Meski kurang dibicaran tapi kami rekomendasiin kamu untuk nonton ini, sobat. Seperti apa sinopsisnya? Ini dia.

Jatuhnya meteor telah menghancurkan banyak kota di bumi. Kini setelah bertahun-tahun berlalu, umat manusia diberkahi kekuatan sihir khusus dengan keterampilan unik.

Gakusen Toshi Asterisk akan membawamu menyelami kehidupan para pelajar di akademi khusus penyihir.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6/10

49. Anime School “Medaka Box”

Medaka Box

Medaka Box

Jika Gakusen Toshi Asterisk tidak memfokuskan diri pada salah satu tokoh yang paling menonjol, kamu bisa coba menyimak Gakusen Toshi Asterisk yang kali menggunakan tokoh utama wanita dalam bercerita.

Sama-sama membawa tema school yang dipadukan dengan fantasi, Gakusen Toshi Asterisk mengisahkan tentang Medaka Kurokami, seorang siswa paling pindah dan kaya di sekolahnya yang kali ini berkesempatan untuk menjadi ketua OSIS.

Medaka yang kini berstatus sebagai ketua OSIS dengan suka rela akan membantu siapa pun yang memerlukan bantuannya. Sebuah penggambaran tokoh wanita yang baik bisa kamu saksikan lewat anime ini.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6/10

48. Anime School “Prince of Tennis (Tennis no Ouji-sama)”

H2 prince of tennis

Prince of Tennis

Kedua judul diatas memang menampilkan kehidupan sekolah dengan bumbu fantasi yang pastinya jauh dari kata kenyataan. Tidak suka tema seperti itu? Tenang, sobat akan menemukan sajian anime school dengan unsur sport lewat Prince of Tennis (Tennis no Ouji-sama).

Prince of Tennis (Tennis no Ouji-sama) yang bertemakan olahraga tenis ini mengisahkan tentang seorang master dalam permainan tenis yang baru saja masuk ke sekolah barunya dan di sekolah baru yang terkenal sebagai pencetak pemain-pemain tenis handal ini, ia siap untuk mengokohkan kemampuannya.

Jumlah episode: 178 (Season 1)

Skor kami: 6,1/10

47. Anime School “Ramen Daisuki Koizumi-san”

H2 Ramen Daisuki Koizumi san 1

Ramen Daisuki Koizumi-san

Meski tak terlalu mengekspos kehidupan anak sekolahan, Ramen Daisuki Koizumi-san punya sajian unik dan asyik buat kamu yang ingin menonton anime bertemakan makanan, sobat.

Dengan menggunakan tokoh yang tak terlalu banyak, Ramen Daisuki Koizumi-san fokus pada objetifikasi makanan yang ada di dalam animenya. Ya, sesuai judulnya, Ramen Daisuki Koizumi-san secara keseluruhan menceritakan tentang ramen.

Disini kamu akan diajak gadis-gadis SMA berkeliling Jepang untuk menyantap berbagai macam sajian ramen. Menonton anime ini bisa dipastikan kamu bakal auto lapar, sobat.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,1/10

46. Anime School “Sanrio Danshi”

H2 Sanrio Danshi

Sanrio Danshi

Apa jadinya jika para cowok-cowok SMA di anime ini punya ketertarikan kuat akan figur Hello Kitty dan kawan-kawan? Terdengar konyol dan aneh tapi itulah Sanrio Danshi yang kali ini membawa premis unik seperti itu.

Sanrio Danshi mengisahkan tentang sekelompok pemuda yang mana mereka ini mesti perawakan dan tingkah lakunya macho, tapi suka sekali dengan para karakter Sanrio yang notabene identik dengan perempuan.

Lewat Sanrio Danshi kamu akan menyelami kekonyolan pemuda-pemuda tersebut.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,2/10

45. Anime School “Kimi to Boku”

Kimi to Boku

Kimi to Boku

Masih sama menampilkan segerombolan bocah-bocah SMA, Kimi to Boku tampil lebih realistis dibanding Sanrio Danshi, sobat. Disini kamu akan menemukan ikatan pertemanan yang kuat akan tokoh-tokoh di dalamnya. Berikut sinopsis singkatnya.

Kimi to Boku mengisahkan tentang persahabatan Shun, Kaname, dan si kembar Yuuki dan Yuuta yang mana mereka ini sudah berteman sejak kecil. Meski sudah berteman sejak lama, nyatanya hubungan diantara mereka tak selalu mulus.

Penuh intrik konyol ala kehidupan remaja dan sekolahnya, Kimi to Boku adalah salah satu anime school terbaik yang bisa kamu saksikan, sobat.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,2/10

44. Anime School “Baka to Test to Shoukanjuu”

Baka to Test to Shoukanjuu

Baka to Test to Shoukanjuu

Anime school yang murni menjadikan sekolah sebagai fokus utama cerita bisa kamu saksikan lewat Baka to Test to Shoukanjuu yang punya premis unik dan rasa-rasanya cukup relevan dengan dunia pendidikan saat ini.

Baka to Test to Shoukanjuu akan membawa kamu ke sebuah akademi bernama Fumizuki yang mana di akademi ini fasilitas yang diberikan untuk mereka yang pintar dan mereka yang malas akan dipisahkan.

Kemudian kamu akan bertemu tokoh bernama Yoshii yang baru dipindahkan ke kelas paling buncit, kelas F.

Penuh dengan petualangan konyol para siswa kelas F yang ingin berduel dengan siswa kelas A, Baka to Test to Shoukanjuu adalah salah satu anime school terbaik yang mampu mengilustrasikan kehidupan sekolah dengan cerdik.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,3/10

43. Anime School “Lovely Complex”

lovely complex

Lovely Complex

Dengan pendekatan romansa ala muda mudi SMA yang baru merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya, Lovely Complex siap untuk bikin kamu baper sekaligus membuatmu bernostalgia ke masa-masa sekolah dahulu.

Dengan berlandaskan premis hubungan percintaan beda tinggi tubuh, apa yang akan kamu dapat lewat Lovely Complex adalah sajian romance unik antar dua karakternya yang konyol dan romantis di penghujung ceritanya.

Meski sudah cukup jadul, anime ini masuk layak banget untuk ditonton, kok.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 6,3/10

42. Anime School “Kimi ni Todoke”

H2 Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Selain Lovely Complex, indahnya percintaan semasa SMA bisa juga kamu saksikan lewat Kimi ni Todoke, sobat. Meski klise, tapi siapa sih yang gak akan suka dengan eksekusi romance yang anime ini bawa? Berikut sinopsis singkatnya.

Kimi ni Todoke mengisahkan tentang seorang pemuda paling keren di sekolah yang jatuh cinta pada teman sekelasnya yang cenderung asosial karena perawakan dirinya yang kerap disama-samakan dengan hantu Sadako.

Berawal dari obrolan ringan, kisah keduanya pun berlanjut hingga menumbung benih-benih cinta yang semakin kuat. Kimi ni Todoke adalah salah satu anime school berbalut romance yang terbaik di genrenya.

Jumlah episode: 25 (Season 1)

Skor kami: 6,3/10

41. Anime School “Nodame Cantabile”

Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Dengan memasukkan unsur musik ke dalamnya, Nodame Cantabile yang diangkat dari seri manga terkenal adalah salah satu anime school yang patut kamu simak. Nodame Cantabile hadir dengan cerita yang lebih dewasa, sobat.

Nodame Cantabile menceritakan tentang persahatan Chiaki dan Nodame yang sama-sama punya bakat dan hasrat besar akan piano. Keduanya bercita-cita untuk menjadi pianis handal lewat sekolah yang berfokus akan musik.

Nodame Cantabile adalah sebuah sajian melankolis yang mana hal ini didukung oleh unsur permainan piano di dalamnya. Sobat yang suka anime dengan tipe yang agak serius, menonton Nodame Cantabile adalah pilihan yang tepat.

Jumlah episode: 23 (Season 1)

Skor kami: 6,4/10

40. Anime School “Boys Over Flowers”

Boys Over Flowers

Boys Over Flowers

Di urutan selanjutnya ada anime school yang sudah sangat melekat di ingatan para penggemar anime dan penggemar drama korea. Ya, siapa lagi kalau bukan Boys Over Flowers.

Dengan tema cerita ala reverse harem, Boys Over Flowers yang sudah diangkat menjadi drama korea ini mengisahkan tentang seorang gadis miskin punya bekesempatan untuk bersekolah di sekolah yang isinya orang-orang elit.

Sang gadis kemudian terlibat insiden dengan siswa-siswa tampan dan kaya yang tergabung dalam sebuah grup bernama F4. Boys Over Flowers adalah salah satu anime school yang punya sisi romance kuat. Pastikan kamu gak melewatkan anime yang satu ini, ya!

Jumlah episode: 51

Skor kami: 6,4/10

39. Anime School “Kaichou wa Maid-sama”

H2 Kaichou wa Maid sama

Kaichou wa Maid-sama

Masih sama-sama menggunakan tema school dan romance, Kaichou wa Maid-sama adalah satu dari sekian banyak anime school yang cocok banget ditonton untuk kamu yang merindukan masa-masa sekolah.

Kaichou wa Maid-sama mengisahkan tentang seorang gadis sekaligus ketua OSIS di sekolahnya yang menjunjung tinggi nilai perempuan dan kerap memandang rendah para laki-laki di sekolah tersebut suatu hari seorang siswa paling tanpan di sekolah sedikit demi sedikit mengubah cara pandangnya tersebut.

Penuh dengan adegan romansa ala shoujo, Kaichou wa Maid-sama mampu mengeksekusi semangat juang seorang wanita untuk menyuarakan suara para sesamanya.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 6,5/10

38. Anime School “Sakamoto Desu Ga?”

H2 Sakamoto Desu ga

Sakamoto Desu ga?

Mari lupakan sejenak beberapa judul anime school berpremis kisah cinta muda-mudi SMA lewat kehadiran Sakamoto Desu Ga? yang kali ini punya amunisi komedi membuncah. Seperti apa ulasan dari anime yang punya tokoh sentral unik ini?

Sakamoto Desu Ga? mengisahkan tentang sang tokoh utama dari anime ini sendiri bernama Sakamoto yang punya segala kelebihan melekat di dirinya. Pintar, tampan, dan cool adalah apa yang ada di sosok Sakamoto ini.

Tentu hal ini lah yang memikat para gadis seantaro sekolah. Tak perlu menggunakan banyak elemen elemen lain, Sakamoto Desu Ga? murni komedi dan pastinya school yang bisa banget kamu jadikan hiburan dikala galau melanda.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,5/10

37. Anime School “Ao Haru Ride”

IMG 20190111 195109 1

Ao Haru Ride

Di antara sekian banyak anime school dengan tema romance yang tampil klise, mungkin hanya Ao Haru Ride saja lah yang hadir dengan konsep cerita kuat. Visual dan soundtracknya adalah nilai tambah dari anime yang tayang 2014 lalu ini, lho.

Ao Haru Ride menceritakan tentang Futaba, gadis SMA yang harus menggunakan topeng agar bisa berteman dengan teman-teman di sekolahnya. Kedatangan sang pangeran cinta dari masa lalunya ke sekolahnya mengubah sudut pandang dari si Futaba ini.

Sedikit menggunakan tema gelap, Ao Haru Ride adalah perjalanan dua sejoli untuk menemukan arti dibalik kebersamaan mereka. Sobat gak perlu khawatir karena Ao Haru Ride jauh dari kesan anime school bertemakan romance yang cheesy.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,6/10

36. Anime School “Toradora”

H2 Toradora

Toradora

Tayang sudah cukup lama, nyatanya Toradora masih jadi primadona di genre anime school. Tak mengherankan sebab Toradora punya cara mengembangan karakter yang mampu dieksekusi dengan baik.

Secara garis besar, Toradora mengisahkan tentang dua sejoli yang punya perawakan saling bertentangan satu sama lain.

Taiga si gadis yang punya perangai keras yang mana hal ini disebabkan oleh kurangnya kasih sayang orang tuanya dan Ryuuji, si pria yang punya sikap bak ibu rumah tangga.

Bagaimana keduanya mampu menyatukan hati mereka mengingat baik Ryuuji maupun Taiga punya pujaan hati masing-masing? Silakan kamu saksikan sendiri, sobat.

Jumlah episode: 25

Skor kami:6,6/10

35. Anime School “Prison School “

prison school

Prison School

Buat kamu yang gak suka anime school yang menyajikan romance dan ingin menonton anime dengan komedi tiada batas, kamu bisa coba saksikan Prison School yang punya konten sedikit dewasa nih, sobat.

Mengisahkan tentang sekelompok pemuda binal yang kini bersekolah di sekolah yang keseluruhan isinya adalah perempuan alias sekolah khusus perempuan.

Menjadi minoritas tentu tak mudah sehingga membuat sekelompok pemuda tersebut merencanakan suatu aksi kotor.

Jika kamu menyangka Prison School adalah anime dark, kamu salah besar karena nyatanya Prison School menyajikan amunisi komedi eksplisit yang mengundang gelak tawa sobat sekalian.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,7/10

34. Anime School “Saiki Kusuo No Psy Nan”

H2 Saiki Kusou no Psi nan

Saiki Kusou no Psi nan

Hampir mirip dengan Sakamoto Desu Ga?, kamu akan diajak untuk menyaksikan tokoh utama yang kelewat luar biasa lewat Sakamoto Desu Ga?. Mustahil memang tapi siapa sih yang nolak kalau disajikan anime dengan komedi membuncah seperti Saiki Kusuo No Psy Nan ini.

Saiki Kusuo No Psy Nan yang identik dengan para shounen ini mengisahkan sang tokoh utama dengan rambut berwana pink beserta tanduk uniknya bernama Saiki yang punya kemampuan psiskis.

Kemampuan psikis ini bisa mengendalikan apa pun yang ada di sekelilingnya. Melihat karakter Saiki dan orang-orang di sekelilingnya pasti akan membuat kamu geleng-geleng kepala, sobat.

Dengan bersetting school berbalut komedi tanpa ampun, Saiki Kusuo No Psy Nan adalah nomor wajib anime school terbaik yang harus kamu tonton.

Jumlah episode: 12 (Season 1)

Skor kami: 6,7/10

33. Anime School “Tonari no Kaibutsu-kun”

tonari no kaibutsu kun

Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun adalah anime school berbalut romance yang cocok banget kamu tonton kalau sobat sekalian tidak begitu suka dengan anime school romance yang terlalu memborbadir kamu dengan adegan romansanya.

Secara garis besar Tonari no Kaibutsu-kun mengisahkan tentang seorang gadis yang sangat mempedulikan nilainya dan tak pernah sekali pun ingin berinteraksi dengan teman sekelasnya apalagi berurusan dengan cinta.

Sampai suatu saat teman sekelasnya yang onar membuatnya mulai membuka hati.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,8/10

32. Anime School “Nijiiro Days”

H2 Nijiiro Days

Nijiiro Days

Lupakan kisah percintaan anak sekolahan yang rumit karena lewat Nijiiro Days kamu bisa menyaksikan para muda mudi yang sedang dimabuk asmara namun dengan porsi yang pas, tak terkesan berlebihan.

Meski durasinya singkat sekali, Nijiiro Days tetap dapat dinikmati, kok. Nijiiro Days mengisahkan tentang sekelompok siswa SMA yang sudah berteman sejak awal kali bersekolah di SMA tersebut.

Satu insiden di hari natal membuat salah satu diantaranya menemukan cinta baru yang tak lain dan tak bukan adalah salah satu siswi agak asosial di sekolah tersebut.

Tak hanya berfokus pada kisah cinta salah satunya, sobat akan diajak menyaksikan perjalanan cinta sekelompok siswa alias tokoh-tokoh utama di Nijiiro Days. Menarik sekali untuk disimak, sobat.

Jumlah episode: 24 episode

Skor kami 6,8/10

31. Anime School “Ore Monogatari”

Ore Monogatari

Ore Monogatari

Hadir dengan premis ala si cantik dan si buruk rupa, Ore Monogatari adalah salah satu sajian anime school bertemakan romance terbaik yang patut sobat tonton karena adanya pesan penting yang dibawa oleh anime ini. Seperti apa kah ulasannya? Ini dia.

Ore Monogatari menceritakan tentang Takeo Gouda, pria bertubuh besar yang kerap dijauhi dan disegani orang.

Hal ini membuatnya menjadi dikucilkan dan sulit menemukan pujaan hati sampai suatu hari hidupnya tak akan pernah sama lagi ketika ia menyematkan seorang gadis bernama Yamato.

Selain membawa pesan untuk tidak mencintai seseorang dari fisiknya saja, Ore Monogatari mengilustrasikan kehidupan anak sekolah dengan cukup balik pula. Kamu yang ingin bernostalgia ke masa-masa sekolah, silakan saksikan salah satu anime school terbaik ini.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 6,9/10

30. Anime School “Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!”

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai

Anime school yang satu ini bisa dibilang punya pondasi cerita yang kuat karena dengan memasukkan unsur psikologi di dalamnya. Dengan premis yang tak bisa, butuh waktu ekstra buat kamu untuk masuk ke dalam cerita Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai! mengisahkan tentang seorang gadi sma bernama Rikka yang punya sindrom aneh yang membuatnya terus berkhayal akan hal yang mustahil seolah-olah ia benar-benar merasakan itu.

Teman sekolahnya, Yuuta yang merupakan mantan penderita sindrom ini kemudian membantunya.

Dengan tema psikologi dan romance, Chuunibyou Demo Koi ga Shitai! menyajikan cerita yang tak biasa dimana kamu akan dibawa untuk menyaksikan keadaan psikis sang tokoh utama.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,9/10

29. Anime School “Sukitte Ii Na Yo”

sukitte ii na yo

Sukitte Ii Na Yo

Jika sobat mencari anime school dengan romance yang benar-benar kentara, kami rekomendasiin kamu untuk menonton Sukitte Ii Na Yo yang meski klise namun punya eksekusi cerita yang menarik.

Secara garis besar Sukitte Ii Na Yo mengisahkan tentang pertemuan siswa paling tampan dan siswi yang kelewat asosial dalam sebuah insiden yang pada akhirnya menumbuhkan rasa cinta diantara keduanya.

Kamu akan menemukan kisah percintaan yang tulus lewat Sukitte Ii Na Yo. Meski terkesan cheesy di beberapa part, Sukitte Ii Na Yo mampu mengemas romance dan school menjadi satu kesatuan yang apik.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7/10

28. Anime School “3D Kanojo: Real Friend”

3d kanojo

3D Kanojo: Real Friend

Walau menurut kami dari visualnya terlihat biasa saja, 3D Kanojo: Real Friend menyajikan kisah percintaan anak sekolah yang lumayan oke untuk kamu simak. Kali ini 3D Kanojo: Real Friend premis tentang kisah cinta otaku.

Mengisahkan tentang seorang siswa asosial yang tak pernah percaya pada gadis-gadis di sekelilingnya dan lebih menyukai gadis virtual alias gadis 2 dimensi lewat karakter game atau pun manga yang ia sukai.

Sampai suatu hari ia dipertemukan dengan seorang siswa cantik yang secara agresif ingin menjadi pacarnya.

Dengan konsep cerita unik, anime yang baru saja menelurkan season lanjutannya ini patut untuk kamu simak terlebih jika kamu menyukai penggambaran tokoh utama yang seorang otaku.

Jumlah episode: 12 (Season 1)

Skor kami: 7/10

27. Anime School “Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta”

H2 Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta

Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta

Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta tampil lebih ringan ketimbang 3D Kanojo: Real Friend, sobat. Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta menyajikan kisah percintaan anak SMA berbalut pengejaran akan impian yang pastinya akan membuat kamu terinspirasi lewat tokoh-tokohnya.

Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta mengisahkan tentang kisah percintaan dua sejoli bernama Miou dan Haruki yang sama-sama punya bakat melukis dan fotografi. Di tahun terakhir kehidupan mereka di SMA, keduanya dihadapkan pada pilihan sulit.

Penuh romansa berbalut pengejaran impian masa depan, Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta adalah anime school bertemakan romance sehat yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Visualnya yang menarik adalah poin tambahan dari anime ini.

Jumlah episode: 6

Skor kami: 7,1/10

26. Anime School “Nichijou”

H2 Nichijou

Nichijou

Bosan dengan tema school berbalut romance, sobat bisa coba saksikan Nichijou yang kali ini menampilkan kisah persahatan gadis-gadis unik bin konyol yang pastinya akan membuat sobat sekalian geleng-geleng kepala. Seperti apa sinopsis singkatnya.

Nichijou mengisahkan tentang Yuuko, Mio, dan Mai yang merupakan gadis SMA yang kerap melakukan hal-hal konyol yang membuat hari-hari di sekolah mereka jauh dari kesan biasa.

Menonton Nichijou kamu akan disuguhkan sajian penuh humor lewat tema slice of life dan komedi yang dibawanya.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,1/10

25. Anime School “Sound! Euphonium”

Sound Euphonium

Sound Euphonium

Pastikan kamu gak melewatkan sajian anime school yang diciptakan oleh Kyoto Animation, studio anime favorit kami lewat Sound! Euphonium yang kali menampilkan gadis-gadis SMA dengan permainan musiknya yang apik.

Sound! Euphonium mengisahkan tentang pertemuan para gadis yang punya hasrat dan bakat besar akan permainan saksofon dimana mereka ini kemudian bergabung dengan klub saksofon.

Cerita akan membawa kamu untuk berkenalan dengan sosok Kumiko yang kerap dihantui masa lalunya.

Dengan semangat juang para wanita, Sound! Euphonium adalah sajian anime school yang sangat menghibur buat kamu yang menyukai konsep cerita dengan hampir keseluruhan tokoh wanita di dalamnya.

Jumlah episode: 13 (Season 1)

Skor kami: 7,2/10

24. Anime School “Tada-kun wa Koi wo Shinai”

H2 Tada kun wa Koi wo Shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai

Kalau sobat mencari anime school yang ceritanya kalem, sobat bisa coba saksikan Tada-kun wa Koi wo Shinai yang menghadirkan kisah romansa natural dan jauh dari kesan cheesy.

Mengisahkan tentang pertemuan Tada, remaja yang tidak pernah sekali pun jatuh cinta dan Teresa, gadis bule yang kebetulan sedang berada di Jepang untuk bersekolah disini.

Teresa yang ternyata adalah putri kerajaan kemudian jatuh cinta dengan Tanda. Mampu kah Tada membalas perasaanya?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,2/10

23. Anime School “Clannad”

H2 Clannad

Clannad

Bukan anime school bertemakan romance yang ecek-ecek, Clannad menghadirkan kompleksitas hubungan percintaan anak SMA yang hadir bak FTV, sobat. Tak heran jika anime ini punya jumlah episode yang lumayan banyak.

Secara garis besar, Clannad mengisahkan tentang seorang pemuda yang tingkah laku onar yang kemudian dipertemukan dengan seorang gadis cantik yang mana kami yakin kamu sudah bisa menebak selanjutkan akan seperti apa ceritanya.

Jumlah episode: 23

Skor kami: 7,3/10

22. Anime School “Handa-kun”

H2 Handa kun

Handa-kun

Handa-kun adalah rilisan lain dari alias prekuel dari anime slice of life terkenal, Barakamon. Buat kamu yang sudah pernah menonton Barakamon, tentu sudah tak asing lagi dengan tokoh Handa di anime ini.

Mundur ke beberapa tahun sebelum Handa-sensei menjelma menjadi kaligrafer handal, kamu akan diajak untuk melihat kehidupan semasa SMA-nya dulu, sobat.

Tokoh Handa di anime ini digambarkan sebagai siswa yang asosial dan punya ketakutan besar untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekolahnya.

Dengan bumbu komedi yang membuncah, meski dirilis oleh studio yang berbeda dengan Barakamon, Handa-kun tak kalah asyik kok untuk kamu simak.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,4/10

21. Anime School “Yamada-kun to 7-nin no Majo”

H2 Yamadakun to 7 nin no majo

Yamada-kun To 7 Nin No Majo

Dengan tema school berbalut fantasi dan sedikit harem, Yamada-kun to 7-nin no Majo adalah salah satu anime school yang punya banyak asupan fanservice di dalamnya. Kamu yang suka dengan fanservice, wajib memasukkan anime ini ke dalam list, sobat.

Secara garis besar Yamada-kun to 7-nin no Majo mengisahkan tentang suatu sihir aneh dimana para tokoh di dalamnya bisa bertukar tubuh hanya dengan berciuman. Nah disini lah letak fanservicenya, sobat.

Selain itu, lewat jajaran para gadis-gadis cantik di dalam Yamada-kun to 7-nin no Majo, kamu bisan menemukan banyak fanservice lainnya. Sebuah sajian yang sangat menghibur.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,4/10

20. Anime School “Ao No Exorcist”

Ao No Exorcist

Ao No Exorcist

Berpadu dengan tema gelap, Ao No Exorcist mengeksekusi tema school secara mendalam lewat premis yang dalam, sobat. Kamu gak akan menemukan kehidupan sekolah yang normal lewat Ao No Exorcist ini.

Mengisahkan tentang Rin, seorang bocah biasa yang tak menyangka bahwa dirinya adalah anak dari setan. Kematian ayah angkatnya yang juga merupakan exorcist membuka mata Rin akan jati dirinya yang sebenarnya.

Dengan premis kehidupan para calon exorcist, Ao No Exorcist adalah sajian apik yang punya ending super gila. Kamu harus banget memasukkan Ao No Exorcist ke dalam listmu, sobat.

Jumlah episode: 25 (Season 1)

Skor kami: 7,4/10

19. Anime School “Masamune-kun no Revenge”

H2 Masamune kun no revenge 1

Masamune-kun No Revenge

Meski tema school hanya dijadikan filler saja, Masamune-kun no Revenge punya premis unik tentang efek bully terhadap seseorang yang tentunya mampu diilustrasikan dengan baik lewat anime yang cukup sering diperbicangkan di forum pecinta anime ini.

Masamune-kun no Revenge menceritakan tentang Masamune yang dulu kerap jadi korban bully karena tubuhnya yang gemuk.

Berangkat dari kisah masa lalu yang kelam dimana ia juga dihina oleh gadis yang disukainya, kini Masamune yang sudah berubah 180 derajat siap membalaskan dendamnya pada Aki.

Penuh adegan kocak yang menjurus ke romansa, Masamune-kun no Revenge adalah kisah unik pembalasan dendam yang lambat laun berubah menjadi kisah cinta.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,5/10

18. Anime School “Hyouka”

H2 Hyouka

Hyouka

Satu lagi anime school keluaran Kyoto Animation, Hyouka menghadirkan tema school yang berpadu dengan misteri. Bak cerita ala Detective Conan, Hyouka adalah salah satu anime school yang paling banyak dibicarakan.

Siapa lagi kalau bukan tokoh utamanya, Oreki yang digambarkan punya sifat pemalas namun sangat cerdik. Keseluruhan dari Hyouka adalah mengisahkan perjalanan Oreki dan teman-temannya untuk memecahkan misteri di sekolah mereka.

Jangan lewatkan penampilan Chitanda, sobat.

Jumlah episode: 22

Skor kami: 7,6/10

17. Anime School “Mob Psycho 100”

Mob Psycho 100

Mob Psycho 100

Kerap dikaitkan dengan One Punch Man, Mob Psycho 100 menyuguhkan kamu anime school bertema overpowered yang dibalut dengan komedi.

Menonton Mob Psycho 100 adalah sebuah keharusan karena mustahil rasanya kamu akan menemukan anime se-absurd ini kalau buka lewat Mob Psycho 100.

Mengisahkan tentang Mob, bocah yang punya kemampuan psikis untuk mengendalikan apa saja di sekitarnya. Sayangnya si Mob ini cenderung polos dan bodoh sehingga kerap dimanfaatkan oleh guru spiritualnya, Reigen untuk bekerja untuknya.

Dengan animasi yang terbilang unik, Mob Psycho 100 punya berbagai elemen yang saling melengkapi satu sama lain. Penggambaran sekolah di dalam animenya rasa-rasanya sangat menyenangkan, sobat.

Jumlah episode: 12 (Season 1)

Skor kami: 7,7/10

16. Anime School “Ookami Shoujo to Kuro Ouji”

ookami shoujo kuro opuji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Kembali lagi anime school bertemakan romance, kali ini datang dari Ookami Shoujo to Kuro Ouji, anime shoujo romance yang juga merupakan favorit kami. Kami sangat merekomendasikan sobat sekalian untuk menonton anime ini.

Mengisahkan tentang kontrak aneh antara si gadis yang butuh pacar bohongan dan si pria yang ingin menjadikan seseorang sebagai budaknya.

Dengan kontrak yang mengikat ini, muncul lah perasaan di antara keduanya. Siapa ya yang akan menyatakan cintanya terlebih dahulu. Dengan intensitas romance yang gak pasaran, Ookami Shoujo to Kuro Ouji adalah nomor anime school yang wajib kamu tonton.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,8/10

15. Anime School “Gakuen Babysitter”

Gakuen Babysitter

Gakuen Babysitter

Jika anime school identik dengan kehidupan remaja, maka lewat Gakuen Babysitter kamu akan diajak menyaksikan keceriaan para balita yang tergabung dalam sebuah klub babysitter.

Terbilang berani karena menggunakan premis seperti ini, Gakuen Babysitter layak sekali untuk sobat tonton.

Mengisahkan tentang Ryucihi dan adiknya yang masih berusia dua tahun bernama Kotaro yang mana kini mereka adalah yatim piatu sepeninggal orang tua mereka dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Dirawat oleh sang nenek, kini mereka menjadi anggota klub babysitter di sekolah yang dimiki neneknya tersebut.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,9/10

14. Anime School “Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai”

H2 Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Punya konsep cerita psikologi yang berpadu dengan setting sekolahan, Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai adalah nomor baru dari anime school terbaik yang baru saja tamat beberapa waktu yang lalu. Pastikan kamu membaca sinopsisnya, ya!

Paruh awal Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai mengisahkan tentang Mai, aktris remaja terkenal yang sedang mengalami sindrom pubertas dimana dirinya tidak bisa dilihat oleh siapa pun termasuk teman-teman di sekolahnya.

Bersama Sakuta, Mai kemudian mencoba untuk menyembuhkan sindrom aneh ini. Tak sampai disitu, ternyata tak hanya Mai saja yang mengalami sindrom ini.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8/10

13. Anime School “K-On!!”

K On

K On

Tema school dan musik masih jadi primadona rupanya sebagai premis dari anime school. Kali ini datang dari K-On!! yang juga merupakan anime produksi Kyoto Animation.

Keseluruhan ceritanya mengisahkan tentang petualangan klub musik di sebuah sekolah bernama Sakura High. Dengan menggunakan tokoh wanita dalam bercerita, K-On!! pastinya menyajikan cerita school yang manis dan sedikit sentimental.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 8,1/10

12. Anime School “Silver Spoon”

H2 Silver Spoon

Silver Spoon

Sobat membutuhkan anime school yang murni berisi tentang sekolah sekaligus bisa memberikan kamu banyak pelajaran hidup? Silakan luangkan waktu sobat untuk menyaksikan Silver Spoon yang punya setting tempat unik dalam bercerita.

Mengisahkan tentang perjalanan sang tokoh utama bernama Hachiken yang memutuskan untuk melanjutkan studinya ke sebuah akademi khusus peternakan.

Selanjutnya sobat akan diajak untuk mencari tahu bagaimana kah sekolah peternakan dan seisi-isinya. Sungguh menarik untuk disimak.

Jumlah episode: 11 (Season 1)

Skor kami: 8,2/10

11. Anime School “Ouran Koukou Host Club”

H2 Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club

Sebagai salah satu anime school yang tayang belasan tahun silam, Ouran Koukou Host Club punya amunisin school, reverse harem, dan komedi yang masih oke untuk disimak.

Tak heran jika banyak yang menamai Ouran Koukou Host Club sebagai maestro dalam anime bergenre school.

Ouran Koukou Host Club menceritakan tentang sebuah host club yang diisi oleh jajaran pria tampan kelas kakap di sebuah sekolah super elit. Adalah salah satu gadis yang secara tak sengaja memecahkan guci mahal milik klub tersebut.

Untuk mengganti rugi, kini ia harus bekerja sebagain host club juga dengan menyamar sebagai pria. Menonton Ouran Koukou Host Club kamu akan disuguhkan tingkah laku konyol tokoh-tokoh di dalamnya, sobat.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 8,3/10

10. Anime School “Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge”

H2 Tanaka kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Menonton Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge itu artinya kamu harus siap-siap untuk ikutan malas seperti sang tokoh utamanya. Siapa lagi kalau bukan Tanaka, si pemalas!

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Tanaka yang hidup bak manusia tanpa jiwa saking kemalasan yang dimilikinya.

Beruntungnya, tak ada seorang pun yang membenci si Tanaka ini. Sebuah sajian yang sangat unik meskipun dieksekusi dengan cara ringan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,4/10

9. Anime School “ReLife”

H2 ReLife

ReLife

Pastikan kamu menonton anime school berjudul ReLife karena ReLife punya banyak nilai moral yang terkandung di dalamnya. Rasanya pantas menamai ReLife sebagai anime school terbaik dengan eksekusi cerita yang mendidik.

Lewat ReLife kamu akan diajak untuk menyelami kehidupan seorang karyawan yang baru saja di PHK bernama Kaizaka.

Diberikan kesempatan untuk mengulang kembali masa-masa SMA yang bertujuan untuk mengubah masa depannya, kemudian cerita akan menggiring kamu ke kehidupannya saat SMA.

Sarat akan nilai-nilai positif, ReLife yang diangkat dari seri webtoon ini cocok sekali untuk kamu yang butuh tontonan anime school dengan konsep kuat.

Jumlah episode: 13 (Season 1)

Skor kami: 8,5/10

8. Anime School “Kokoro Connect”

H2 Kokoro Connect

Kokoro Connect

Menggunakan premis kegiatan klub di suatu sekolah yang rasanya pasti relevan sekali, Kokoro Connect menyuguhkan kamu sajian yang manis lewat hubungan antar tokohnya.

Kokoro Connect mengisahkan tentang sebuah klub sejaran dan budaya yang dibentuk oleh Himeko, Iori, Taichi, Yoshifumi, dan Yui. Semuanya berjalan normal pada awalnya sampai suatu ketika salah dua dari kelimanya bertukar tubuh.

Dengan sedikit bumbu fantasi sebagai filler, kamu akan mendapatkan sajian anime school yang menarik banget untuk disimak lewat Kokoro Connect. Seluruh karakternya lucu, lho.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,6/10

7. Anime School “Karakai Jouzu no Takagi-san”

H2 Karakai Jouzu no Takagi san

Karakai Jouzu no Takagi-san

Tak perlu banyak memasukkan elemen ke dalamnya, Karakai Jouzu no Takagi-san mampu memikat walau hanya menampilan dua tokoh sentral di dalamnya.

Karakai Jouzu no Takagi-san menceritakan tentang Nishikata dan Takagi yang duduk kerap terlibat dalam aksi penjahilan satu sama lain karena posisi tempat duduk mereka di kelas yang bersebelahan. Malangnya, Nishikata selalu kalah dari Takagi yang sukses membuatnya geram bin malu.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,7/10

6. Anime School “Gekkan Shoujo Nozaki-kun”

H2 Gekkan Shoujo Nozaki kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gak perlu berlama-lama untuk gak jatuh cinta pada Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Apa lagi kalau bukan premis tentang school dan manga yang dibawanya. Dengan visual yang ciamik, Gekkan Shoujo Nozaki-kun bisa langsung jadi favorit kamu, sobat.

Paruh awal ceritanya kamu akan diajak melihat aksi Chio menyatakan perasaan pada Nozaki, teman sekelas yang ternyata secara diam-diam adalah mangaka terkenal. Salah paham, Nozaki malah menjadikan Chio sebagai asistennya alih-alih menerima perasaannya.

Tak sampai disitu, sobat. Kamu akan diajak untuk melihat tokoh-tokoh lainnya yang berkaitan dengan si Nozaki ini. Pastikan kamu menonton ini, ya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,8/10

5. Anime School “Kaguya-sama: Love Is War”

Kaguya sama Love Is War

Kaguya-sama: Love Is War

Kaguya-sama: Love Is War adalah anime school yang selain baru saja rilis, namun juga menjadi salah satu anime school yang paling sering dibicarakan saat ini. Lantas seperti apa sinopsisnya?

Kaguya-sama: Love Is War menceritakan tentang dua orang terpintar dan terkaya di sekolahnya bernama Shirogane dan Kaguya.

Tergabung sebagai anggota OSIS, keduanya yang diam-diam menyimpan perasaan satu sama lain muai berduel untuk menentukan siapa yang akan menyatakan perasaannya duluan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9/10

4. Anime School “Shigatsu wa Kimi no Uso”

H2 Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

Berbicara anime school, tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Shigatsu wa Kimi no Uso yang terkenal akan endingnya yang bikin banjir air mata ini ke dalam list. Persiapkan banyak tissue, ya!

Mengisahkan tentang mantan pianis yang harus mengubur mimpinya akibat trauma setelah sepeninggal ibunya hingga suatu hari gadis cantik dengan kemampuan memainkan biola yang handal hadir di kehidupannya.

Kemudian cerita akan menggiring kamu ke lika liku kehidupan sekolah keduanya.

Jumlah episode: 22

Skor kami: 9,2/10

3. Anime School “Orange”

H2 Orange

Orange

Dengan tema gelap dan agak suram, Orange membawa pesan penting akan bahaya membiarkan orang yang depresi berat sendirian.

Banyak hal berharga bisa kamu dapatkan lewat anime yang kental akan nilai persahabatan lewat Orange ini. Sama seperti judul diatas, siapkan tissue kamu, sobat.

Orange mengisahkan tentang perjalanan sekumpulan anak SMA yang saling bersahabat untuk menyelamatkan hidup salah seorang diantara mereka, Kakeru. Hal ini dilakukan untuk mengubah masa depan yang mana mereka akan kehilangan si Kakeru ini.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 9,3/10

2. Anime School “Boku No Hero Academia”

Boku No Hero Academia

Boku No Hero Academia

Dengan konsep zero to hero, kamu bisa saksikan bagaimana jalan berliku untuk menjadin superhero lewat anime yang punya penggemar membludak ini. Siapa lagi kalau bukan Boku No Hero Academia.

Boku No Hero Academia mengisahkan tentang dunia yang saat ini dipenuhi dengan manusia-manusia yang diberkahi kekuatan unik.

Adalah Midoriya, salah satu dari bocah yang tidak diberkahi kekuatan tersebut hingga suatu hari pahlawan kebenaran mewarisinya kekuatan super hebat miliknya kepada Midoriya.

Jumlah episode: 13 (Season 1)

Skor kami: 9,4/10

1. Anime School “Ansatsu Kyoushitsu”

Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu

Di urutan pertama sobat bisa menyaksikan Ansatsu Kyoushitsu yang merupakan anime school terbaik yang punya elemen lengkap sebagai anime bertemakan kehidupan sekolah.

Ansatsu Kyoushitsu mengisahkan tentang bumi yang sedang diambang kehancuran akibat serangan monster yang kemudian menjelma sebagai guru bernama Koro sensei. Kemudian cerita akan menunjukkan upaya para anak didik dari Koro sensei ini untuk membunuhnya demi keselamatan bumi.

Dengan ending menohok dan mengharu biru, Ansatsu Kyoushitsu sangat layak untuk sobat tonton karena pondasi ceritanya yang kuat serta nilai-nilai kehidupan dari seorang guru yang bisa sobat sekalian ambil.

Jumlah episode: 22 (Season 1)

Skor kami: 9,6/10

Itu dia sobat 50+ Rekomendasi Anime School Terbaik yang sudah kami rangkum dan sajikan untuk sobat sekalian sedang mencari anime bertemakan kehidupan sekolah yang pastinya terbaik karena sudah kami ulas sebelumnya. Kamu juga bisa bernostalgian lewat jajaran judul-judul anime di atas.

Beberapa judul di atas selain menghibur, juga sarat akan pesan sosial penting yang bisa sobat terapkan di kehidupan sehari-hari sobat. Jika dirasa artikel ini memberi bermanfaat. jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman terdekat sobat, ya!