insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

25+ Rekomendasi Film Animasi Khusus Anak

Selain orang dewasa, ada banyak produser film yang memproduksi film untuk anak-anak. Salah satu jenis film yang banyak diproduksi adalah fim animasi anak-anak.

Film animasi khusus anak merupakan jenis film animasi yang cerita, tokoh, dan pesan moralnya bermanfaat bagi anak-anak. Mengajak anak menonton film animasi khusus anak bisa memberikan hiburan dan pelajaran tersendiri.

Kamu dapat mengajak anak-anak menonton 25 film animasi khusus anak berikut ini di waktu libur mereka.

25. Film Animasi Khusus Anak “The Incredibles” (2004)

the incredibles

The Incredibles menceritakan tentang keluarga superhero, Incredible. Mr. Incredible (Craig T. Nelson) dan Mrs. Incredible (Holly Hunter) sudah memutuskan untuk berhenti hidup seperti superhero. Mereka menjalani kehidupan seperti manusia pada umumnya.

Suatu hari, Mr. Incredible kembali mendapatkan tugas sebagai superhero. Ia pun menerima tugas ini tanpa memberitahu istri dan anaknya. Namun, Mr. Incredible dijebak oleh musuh lamanya yang ingin melakukan balas dendam.

Mrs. Incredible dan anak-anaknya tentu tidak tinggal diam melihat hal ini. Mereka segera menyusun rencana untuk menyelamatkan Mr. Incredible.

24. Film Animasi Khusus Anak “Brave” (2012)

brave

Brave merupakan film yang mengambil latar di sebuah kerajaan di Skotlandia. Putri Merida merupakan anak dari Raja Fergus dari Klan DunBroch.

Dianggap sudah dewasa, Raja Fergus dan Ratu Elinor meminta Merida untuk menikahi salah satu putra sulung dari tiga klan yang akan datang ke kerajaan.

Merida tentu tidak setuju dengan hal ini. Ia pun pergi ke penyihir dan mendapatkan sepotong kue. Merida memberikan kue ini kepada ibunya, Ratu Elinor. Segera setelah memakan kue ini Ratu Elinor berubah menjadi beruang raksasa.

Raja Fergus sangat membenci beruang. Oleh karena itu, Merida berusaha untuk menyembunyikan sang ibu. Ratu Elinor dan Merida kemudian mencari sang penyihir untuk mengembalikan wujud sang ibu. Namun, sang penyihir ternyata sudah pergi.

Merida harus memecahkan teka-teki yang diberikan oleh sang penyihir untuk mengembalikan ibunya menjadi seorang manusia kembali.

23. Film Animasi Khusus Anak “The Croods” (2013)

croods

Keluarga Crood terdiri dari ayah bernama Grug (Nicolas Cage), Eep (Emma Stone), Ugga (Catherine Keener), Thunk (Clark Duke), Gran (Cloris Leachman), dan Sandy (Randy Tom). Mereka tinggal di sebuah gua dan tidak pernah pergi ke dunia luar.

Dunia luar dan hal baru merupakan hal terlarang bagi keluarga Crood. Suatu hari, sang anak perempuan Eep merasa penasaran dengan dunia luar mengikuti sumber cahaya dari mulut gua. Ia bertemu dengan Guy (Ryan Reynolds).

Aksi yang dilakukan Eep tentu membuat sang ayah marah. Namun, suatu hari terjadi gempa yang menghancurkan gua tempat tinggal keluarga Crood.

Mereka harus menemukan gua baru sebagai tempat tinggal. Mereka pun terpaksa menyusuri dunia luar dan mencari gua baru. Dengan bantuan Guy mereka menghilangkan persepsi tentang dunia luar dan hal baru yang sebenarnya tidak semenakutkan seperti yang selama ini mereka ketahui.

22. Film Animasi Khusus Anak “The Book of Life” (2014)

book of life

The Book of Life mengisahkan perjalanan hidup Manolo (Diego Luna). Manolo merupakan seorang pemuda yang menjadi matador dengan gitar dan dua buah pedang. Ia dihadapkan pada pilihan antara memenuhi keinginan hatinya atau harapan keluarganya.

Dalam kebingungan ini, Manolo bertemu dengan Maria (Zoe Saldana). Seketika Manolo langsung menyukai Maria. Namun, Manolo belum sempat mengungkapkan isi hatinya. Ia tiba-tiba hilang kesadaran karena digigit oleh seekor ular.

Ketika sadar, Manolo mendapati dirinya sudah berada di alam arwah. Manolo harus melakukan petualangan seru dengan melewati tiga dunia. Ia juga harus menghadapi ketakutan terbesarnya dalam menentukan pilihan dan cintanya.

21. Film Animasi Khusus Anak “Monsters University” (2013)

moster university

Michael Wazowski atau Mike (Billy Crystal s) memiliki mimpi untuk menjadi scarer (penakut-nakuti). Ia ingin memasuki dunia manusia dan menakuti manusia dengan kemampuannya.

Demi mewujudkan mimpinya ini, Mike masuk ke Monster University. Di sini Mike mengambil jurusan scaring yang khusus mengajarkan cara menakuti manusia.

Di kampus, Mike bertemu dengan Randy (Steve Buscemi) yang pemalu dan ingin menjadi mahasiswa populer. Ia juga bertemu dengan Sulley, monster biru yang sangat arogan namun suka berkelakar.

Mike berteman dengan Sulley (John Goodman) meskipun dalam beberapa keadaan ia dan Sulley kerap bertengkar. Di Monster University, Mike melewati berbagai hal untuk menjadi seorang scarer sejati.

Ia juga berhadapan dengan berbagai masalah yang menguji persahabatannya dengan Sulley.

20. Film Animasi Khusus Anak “Finding Dory” (2016)

finding dory

Jika kamu sudah menonton Finding Nemo, maka kamu akan menemukan karakter Dory yang merupakan ikan regal biru yang memiliki sifat pelupa. Di Finding Dory, dikisahkan Dory (Ellen DeGeneres) terpisah dari orang tuanya.

Dory yang sudah tumbuh dewasa ingin kembali mencari kedua orang tuanya. Dory yang kini tinggal bersama dengan Marlin (Albert Brooks) dan Nemo (Hayden Rolence) berusaha melakukan berbagai cara untuk menemukan orang tuanya.

Meskipun awalnya keberatan, Marlin dan Nemo tetap membantu Dory mencari kedua orang tuanya. Namun, masalah utamanya tentu ingatan Dory yang kadang datang dan kadang pergi. Mereka harus menjelajah ke berbagai tempat untuk menemukan orang tua Dory.

Ingatan Dory yang mudah hilang juga membuat Nemo dan Marlin kehilangan Dory dalam perjalanan. Mereka harus menemukan Dory agar bisa membantunya menemukan kedua orang tuanya.

19. Film Animasi Khusus Anak “Doraemon Stand By Me” (2014)

doraemon stand by me

Bagi anak-anak di Indonesia, Doraemon menjadi salah satu karakter animasi yang paling melekat. Di Film Stand By Me ini dikisahkan awal pertemuan hingga perpisahan antara Doraemon dan Nobita.

Suatu hari, Sewashi (Sachi Matsumoto) datang menemui Nobita (Megumi Ōhara) dengan membawa robot kucing bernama Doraemon (Wasabi Mizuta).

Sewashi merupakan generasi keempat Nobita yang hidup di abad ke-22. Ia mendatangi Nobita karena Nobita dewasa memiliki banyak hutang.

Hutang ini harus dibayar hingga ke generasi Sewashi. Untuk mengubah masa depan dari hutang ini, Sewashi mengirimkan Doraemon untuk membuat hidup Nobita menjadi bahagia. Awalnya, Doraemon tentu menolak untuk melakukan hal ini.

Namun, Sewashi memasang program yang membuat Doraemon tidak bisa meninggalkan Nobita kecuali dia sudah membuat Nobita bahagia. Dengan berbagai gadget rahasianya, Doraemon akan berusaha untuk membuat Nobita kecil menjadi bahagia.

18. Film Animasi Khusus Anak “Frozen” (2013)

frozen

Frozen merupakan salah satu film animasi paling sukses di kalangan anak-anak. Film ini menceritakan tentang Putri Elsa (Idina Menzel) dan Putri Ana (Kristen Bell) di negeri es, Arendelle.

Elsa memiliki kemampuan sihir es yang bisa membuat beku benda-benda. Hal ini membuat Elsa takut dan mengurung diri di kamarnya. Ia diisolasi dari dunia luar agar tidak menyebabkan kekacauan.

Suatu hari, setelah Raja dan Ratu meninggal, Anna meminta izin kepada Elsa untuk menikahi Pangeran Hans (Santino Fontana). Namun, Elsa menolak memberikan restu karena Anna baru pertama kali bertemu Pangeran Hans. Mereka berdua pun bertengkar.

Elsa secara tidak sengaja mengeluarkan sihirnya dan membekukan seluruh kerajaan Arendelle. Setelah kejadian ini Elsa kabur ke Gunung Utara. Anna berusaha menemukan Elsa untuk mengembalikan Arendelle seperti semula.

Berhasilkan Anna menemukan Elsa? Bagaimana Elsa bisa mengatasi ketakutannya terhadap sihir es yang dimilikinya?

17. Film Animasi Khusus Anak “Moana” (2016)

moana

Moana (Auli’i Cravalho) merupakan seorang putri dari Kepala Tui (Temuera Morrison) yang tinggal di pulau Motonui. Moana sangat menyukai lautan. Namun, sesuai mitos yang beredar di pulau tersebut, Moana tidak bisa berlayar melewati karang yang sudah ditentukan.

Jika ia nekad melakukan hal tersebut, maka hal buruk akan terjadi. Akan tetapi, sang nenek, Tala (Rachel House) sangat mendukung keinginan Moana untuk menjelajah lautan. Ia menceritakan tentang nenek moyang Pulau Motonui yang merupakan penjelajah lautan.

Sayangnya, tidak lama kemudian Tala meninggal dunia. Ia memberikan batu keramat yang merupakan jantung Te Fiti, dewi kehidupan di Pulau Mononui.

Tala berpesan pada Moana untuk mencari Maui (Dwayne Johnson), manusia setengah dewa yang akan mengembalikan jantung tersebut ke Lalotai.

Tentu perjalanan ini tidak mudah bagi Moana. Ia akan bertemu dengan berbagai rintangan sebelum akhirnya berhasil mencapai Lalotai.

16. Film Animasi Khusus Anak “Wreck-it Ralph” (2012)

wreck it ralph

Wreck-it Ralph (John C. Reilly) merupakan karakter penjahat di game bernama Fix-it Felix Jr. Suatu hari, Ralph berkata ia sudah bosan menjadi penjahat. Namun, tokoh penjahat lainnya menasihati Ralph agar tetap memerankan karakternya tersebut.

Kemudian, sebuah pesta di suatu apartemen membuat Ralph cemburu dengan Felix (Jack McBrayer). Felix yang menjadi karakter utama game tersebut mendapatkan medali kehormatan yang diinginkan Ralph.

Kecemburuan ini membuat Ralph meninggalkan game Fix-it Felix Jr. dan pindah ke game lainnya. Ralph berpindah-pindah game hingga akhirnya ia masuk ke game Sugar Rush.

Di game Sugar Rush, Ralph bertemu dengan Vanellope (Sarah Silverman), karakter game yang cacat. Vanellope sangat ingin menjadi pembalap, namun mendapat larangan keras dari King Candy (Alan Tudyk) sang penguasa game.

Keberadaan Ralph di game tersebut berhasil mengungkap rahasia yang membuat Vanellope cacat. Ia juga berhasil membongkar siapa King Candy sebenarnya.

15. Film Animasi Khusus Anak “Kung Fu Panda” (2008)

kung fu panda

Di Valley of Peace, tanah fiksi di dataran China kuno terdapat seekor panda bernama Po (Jack Black). Ia merupakan penggemar berat dari Furious Five yang terdiri dari Monkey (Jackie Chan), Tigress (Angelina Jolie), Viper (Lucy Liu), Mantis (Seth Rogen), dan Crane (David Cross).

Furious Five merupakan grup kung fu yang dilatih oleh Master Shifu (Dustin Hoffman). Po yang ingin belajar kung fu harus membantu pekerjaan sang ayah, Ping (James Hong). Impiannya untuk menjadi master kung fu sulit untuk diwujudkan.

Suatu hari, secara tidak sengaja, Po masuk ke arena pertandingan Furious Five. Master Oogway (Randall Duk Kim) memilih Po untuk ikut seleksi dan pelatihan dalam misi mengalahkan Tai Lung (Ian McShane) yang akan membalas dendam di Valley of Peace.

Mampukah Po bersaing dengan Furious Five untuk memenangkan kesempatan mengalahkan Tai Lung?

14. Film Animasi Khusus Anak “Despicable Me” (2010)

despicable me

Despicable Me mengisahkan tentang Gru (Steve Carell) yang merupakan seorang penjahat super. Gru sangat tidak menyukai anak-anak. Ia juga berambisi untuk mengalahkan penjahat lainnya, bernama Vector (Jason Segel).

Vector berhasil mencuri piramida Giza yang membuat kehebohan di dunia. Demi menyaingi Vector, Gru berusaha untuk mencuri bulan. Gru dan Vector akhirnya harus bersaing untuk mendapatkan mesin yang bisa mengubah ukuran benda menjadi kecil.

Dalam persaingan dan perjalanannya ini, Gru dibantu oleh para minions. Gru juga bertemu dengan tiga anak panti asuhan, yaitu Agnes (Elsie Fisher), Edith (Dana Gaier), dan Margo (Miranda Cosgrove). Ketiga anak ini berhasil mengubah image Gru dari penjahat menjadi seseorang yang baik hati.

Pada akhirnya, perjuangan Gru untuk mencuri bulan berhasil dilakukan. Namun, bulan ini kemudian dicuri kembali oleh Vector. Sialnya, saat ada di tangan Vector bulan membesar dan membuat Vector terdampar di bulan.

13. Film Animasi Khusus Anak “The Lego” (2014)

the lego

The Lego Movie mengisahkan tentang petualangan Emmet (Chris Pratt) dalam menyelamatkan dunia. Emmet merupakan sebuah miniatur lego yang memiliki kemampuan yang luar biasa.

Suatu hari, Emmet bertemu dengan Lucy atau Wyldstyle (Elizabeth Banks). Kepada Lucy Emmet mengaku memiliki kekuatan luar biasa. Pengakuan yang dilakuakn oleh Emmet ini membawanya bertemu dengan suatu perkumpulan.

Perkumpulan ini diketuai oleh Vitruvius (Morgan Freeman). Dari semua anggota di perkumpulan ini, Emmet terpilih untuk melawan kelompok tiran yang kejam. Ia bersama Batman (Will Arnett) dan beberapa pahlawan super pun memulai petualangan untuk menjalankan misi yang diberikan tersebut.

12. Film Animasi Khusus Anak “Big Hero 6” (2014)

big hero 6

Hiro Hamada (Ryan Potter) merupakan bocah berusia 14 tahun yang ahli dan sangat menyukai dunia robotik. Hal ini membuat kakaknya, Tadashi (Daniel Henney) membawa Hiro ke universitas tempatnya belajar, yaitu San-Fransokyo Institute of Technology (SFIT).

Hiro kemudian membuat Microbots yang langsung menarik Professor Callaghan (James Cromwell), ketua di universitas tersebut. Namun, kebakaran terjadi di universitas SFIT membuat Tadashi meninggal dunia.

Kematian kakaknya membuat Hiro menjadi pendiam dan mengurung diri. Suatu hari, Hiro secara tidak sengaja mengaktifkan robot Baymax (Scott Adsit).

Ia dan Baymax kemudian menemukan kenyataan bahwa ada seseorang yang menggandakan Microbots buatannya. Ia adalah Yokai yang sengaja menggandakan Microbost untuk kepentingan pribadinya.

Hiro dan teman-temannya, yaitu Go Go Tamago (Jamie Chung), Fred (T.J. Miller), Wasabi (Damon Wayans, Jr.), dan Honey Lemon (Génesis Rodríguez) berusaha untuk melawan Yokai.

Mereka menyusun robot baru yang mampu mengalahkan Microbots yang sudah dikendalikan oleh Yokai.

11. Film Animasi Khusus Anak “Battle of Surabaya” (2015)

battle of surabaya

Battle of Sursbaya menjadi film animasi ciptaan Indonesia yang berhasil menarik perhatian publik. Film ini menceritakan tentang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Seorang anak kecil bernama Musa (Ian Syahbani) dipercaya menjadi kurir surat. Ia ditugaskan mengirimkan kode rahasia dari Rasio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan oleh tokoh perjuangan, Bung Tomo.

Tugas yang dijalankan oleh Musa tidaklah mudah. Ia harus menerima kenyataan harus kehilangan harta dan orang-orang yang ia sayangi.

Ada pesan semangat, persatuan, perdamaian, dan cinta tanah air yang coba disampaikan melalui film ini. Selain Ian Syahbani, pengisi suara di film ini juga ada Maudy Ayunda dan Reza Rahadian.

10. Film Animasi Khusus Anak “Kiki’s Delivery Service” (1989)

kikis delivery service

Meskipun termasuk film animasi lawas, Kiki’s Delivery Service tetap layak untuk ditonton. Film ini berisikan banyak pesan tentang peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa.

Kiki merupakan seorang penyihir cilik yang kini sudah berusia 13 tahun. Sesuai dengan tradisi di desanya, Kiki harus pergi ke kota untuk memperdalam ilmu sihirnya.

Namun, tinggal sendiri di kota bukanlah sesuatu yang mudah. Kiki yang sudah terbiasa hidup dengan orang tuanya harus mulai terbiasa melakukan semuanya sendiri. Ia juga harus menemukan jati dirinya sendiri.

Kiki harus melewati berbagai halangan dan rintangan saat tinggal di kota. Kiki harus bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Di film ini, kamu bisa melihat betapa sensitif dan kompleksnya proses peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Hayao Miyazaki yang membuat film ini menggambarkan tahap demi tahap perubahan di dalam hidup Kiki dengan sangat jelas.

9. Film Animasi Khusus Anak “Ratatouille” (2007)

ratatouille

Ratatouille mengisahkan tentang Remy, seekor tikus yang ingin menjadi juru masak terkenal. Namun, ia yang termasuk binatang pengerat tentu hampir mustahil bisa menjadi juru masak.

Nasib membuat Remy harus tinggal di gorong-gorong di kota Paris. Ternyata gorong-gorong tempat mereka tinggal berada persis di bawah sebuah restoran dengan juru masak terkenal, yaitu Auguste Gusteau.

Dengan segala upaya Remy berusaha untuk menjadi juru masak di restoran ini. Impiannya mulai terwujud dengan hadirnya seorang tukang sampah bernama Linguini yang baru bekerja di restoran tersebut.

Karakter di film Ratatouille diperankan oleh Patton Oswalt, Lou Romano, Peter Sohn, Brat Garret, dan berbagai pemeran lainnya.

8. Film Animasi Khusus Anak “Zootopia” (2016)

zootopia

Judy Hopps (Ginnifer Goodwin) merupakan seorang kelinci yang bercita-cita bekerja di departemen kepolisian di kota Zootopia. Setelah menjalani beberapa rangkaian tes, ia diterima di Zootopia Police Department atau ZPD.

Namun, Ketua Bogo (Idris Elba) meragukan potensi Judy dan mengirim Judy ke bagian parkir kendaraan.

Di pekerjaan barunya ini Judy bertemu dengan banyak hewan-hewan lainnya. Suatu hari, Judy bertemu dengan Mrs. Otterton (Octavia Spencer) yang meminta pihak kepolisian mencari suaminya yang menghilang.

Judy secara sukarela membantu Mrs. Otterton. Kepala Bogo sangat kesal dengan tindakan Judy ini. Lalu, asisten walikota, Dawn Bellwether (Jenny Slate) datang dan memuji kinerja Judy. Ia mengatakan bahwa Judy bisa mengambil kasus yang menimpa Mrs. Otterton.

Kepala Bogo pun memberikan Judy waktu dua hari untuk menemukan Emmit Otterton, suami Mrs. Otterton yang menghilang. Jika dalam batas waktu tersebut Judy tidak berhasil menyelesaikan kasus ini, Judy harus mengundurkan diri dari pekerjaannya di ZPD.

7. Film Animasi Khusus Anak “Inside Out” (2015)

inside out

Bagi kamu yang menyukai film bertemakan psikologis, film ini sangat cocok untuk kamu tulis. Inside Out menggambarkan bagaimana masing-masing keadaan psikologis mempengaruhi kepribadian seseorang.

Seorang gadis kecil berusia 11 tahun bernama Riley (Kaitlyn Dias) merasa tidak bahagia karena harus pindah rumah ke tempat yang tidak diinginkannya. Di dalam otak Riley, ada lima manifestasi emosi yang mempengaruhi hari-hari Riley.

Kelima jenis emosi ini adalah perasaan riang, yaitu Joy (Amy Poehler). Kedua, ada emosi kesedihan, yaitu Sadness (Phyllis Smith). Ketiga, ada emosi ketakutan, yaitu Fear (Bill Hader).

Keempat, ada emosi yang menunjukan kemarahan, yaitu Anger (Lewis Black). Terakhir, ada emosi yang menunjukan jijik atau tidak suka, yaitu Disgust (Mindy Kaling).

Film ini sebenarnya termasuk film yang berat untuk dicerna oleh anak-anak. Namun, dengan penjelasan yang baik film ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mengenalkan emosi kepada anak-anak.

6. Film Animasi Khusus Anak “Finding Nemo” (2003)

finding nemo

Nemo (Alexander Gould) merupakan ikan badut kecil yang sangat penasaran dengan lautan lepas. Hal ini membuat Marlin (Albert Brooks), ayah Nemo selalu memperingatkan Nemo akan bahaya lautan lepas.

Suatu hari, Nemo menyelinap keluar dari rombongan sekolahnya. Ia menuju lautan lepas yang selalu menarik perhatiannya. Sialnya, ia tertangkap oleh seorang perenang yang menjaring ikan di sekitar sana.

Nemo pun dibawa ke Sidney di rumah seorang dokter gigi. Nemo hidup bersama dengan ikan-ikan lainnya di dalam sebuah akuarium. Di sisi lain, Marlin berusaha untuk menemukan Nemo.

Di perjalanan, Marlin bertemu dengan Dory (Ellen DeGeneres) yang membantunya mencari tempat Nemo berada. Dengan usaha dan segala upaya, Marlin dan Dory sampai di lautan Sidney.

Rumah sang dokter gigi yang memelihara Nemo tepat berada di tepi lautan tersebut. Ikan-ikan yang ada di akuarium pun membantu Nemo untuk keluar dari sana sehingga Nemo bisa bertemu dengan ayahnya.

5. Film Animasi Khusus Anak “My Neighbor Totoro” (1988)

my neighbor totoro

My Neighbor Totoro adalah film animasi dari Jepang. Film ini juga sudah banyak diproduksi ulang dengan pengisi suara dari berbagai negara. Film ini seru untuk ditonton oleh anak-anak karena konflik yang dihadirkan sangat sederhana.

Namun, konflik-konflik sederhana inilah yang menjadikan film ini menjadi menarik. Awal cerita dimulai ketiak Satsuki Kasukabe dan sang adik, Mei Kasukabe pindah ke desa kecil. Mereka harus mengikuti sang ayah yang bekerja sebagai arkeolog.

Di sebelah rumah mereka ada sebuah pohon keramat. Di pohon ini terdapat dewa gunung bernama Totoro. Warga di desa mengatakan bahwa mereka yang bisa melihat Totoro ialah orang-orang yang telah diberkati oleh alam.

Sepanjang film, kamu bisa melihat bagaimana Totoro mengajak Satsuki dan Mei untuk berpetualang. Tanpa ekspektasi dan logika yang tinggi untuk kamu agar bisa menikmati film ini.

Untuk versi Jepang, pengisi suara Satsuki adalah Noriko Hidaka dan Mei diisi oleh Chika Sakamoto. Sedangkan untuk versi Disney, suara Satsuki diisi oleh Dakota Fanning dan pengisi suara Mei adalah sang adik, yaitu Elle Fanning.

4. Film Animasi Khusus Anak “Wall-E” (2008)

wall e

Wall-E mengisahkan tentang robot yang diperintahkan untuk membersihkan sampah di bumi. Sampah elektronik di bumi menumpuk karena aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Manusia kemudian diungsikan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat. Bertahun-tahun robot Wall-E membersihkan sampah di bumi. Hingga pada akhirnya hanya satu robot Wall-E (Ben Burtt) yang tersisa.

Lama hidup di bumi, robot terakhir ini menjadi memiliki perasaan seperti manusia dan rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika menemukan sebuah bibit, robot Wall-E menanamnya di dalam sebuah sepatu.

Suatu hari, robot EVE (Elissa Knight) datang ke bumi. Ia merupakan robot perempuan yang dikirimkan untuk mendeteksi keberadaan tumbuhan di bumi. Pertemuan pertama dengan EVE membuat robot Wall-E langsung menyukainya.

Namun, EVE otomatis menjadi tidak aktif ketika ia menemukan tumbuhan dan menyimpan bibit tumbuhan yang ditanam robot Wall-E.

Robot Wall-E berusaha untuk menyelamatkan EVE dengan ikut menyusup ke pesawat yang menjemput EVE. Apakah yang akan dilakukan Wall-E untuk menyelamatkan EVE? Apakah manusia bisa kembali ke bumi dengan penemuan tumbuhan yang dilakukan oleh EVE?

3. Film Animasi Khusus Anak “Toy Story 3” (2010)

toy story 3

Di Toy Story 3, Andy sang pemilik mainan sudah berusia 17 tahun. Ia sudah tidak membutuhkan mainanya lagi. Hal ini membuat Woody (Tom Hanks), Buzz (Tim Allen), Barbie (Jodi Benson) dan mainan lainnya terpaksa mencari pemilik baru.

Mainan-mainan Andy dibawa ke Sunnyside, sebuah taman bermain anak-anak. Di Sunnyside mereka bertemu dengan boneka beruang bernama Lotso (Ned Beatty).

Woody tetap mencoba meyakinkan mainan lainnya untuk kembali ke rumah Andy. Namun, mainan lainnya percaya mereka akan bahagia di Sunnyside. Woody akhirnya pergi meninggalkan teman-temannya.

Buzz, Barbie dan teman-teman Woody yang tetap bertahan diletakkan di kelas yang berisikan anak-anak nakal. Ketika melihat bahwa Lotso dan teman-temannya mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan mereka, Barbie dan mainan lainnya berencana untuk kabur.

Namun, usaha mereka ini selalu digagalkan oleh Lotso dan mainan lainnya yang jahat. Woody yang mengetahui cerita ini kembali ke Sunnyside untuk membantu teman-temannya keluar dari tempat tersebut.

2. Film Animasi Khusus Anak “Up” (2009)

up

Carl Fridricksen (Edward Asner) menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama Ellie (Elie Docter). Mereka melakukan petualangan, bermain, dan bermimpi bersama.

Hingga Ellie menjadi istri Carl dan mereka hidup bersama. Namun, Ellie harus meninggalkan Carl karena penyakit yang dideritanya. Carl yang kini sudah tua dan hidup sendiri harus menghadapi kenyataan rumahnya yang akan digusur.

Proyek pembangunan di sekitar rumahnya menawarkan kepada Carl untuk menjual rumahnya. Namun, banyaknya kenangan di rumah tersebut membuat Carl menolak tawaran ini.

Suatu kejadian membuat Carl terpaksa diseret ke pengadilan. Ia kalah di pengadilan dan harus merelakan rumahnya. Ia juga akan dijemput untuk tinggal di panti jompo.

Hal ini membuat Carl sangat sedih. Lalu, secara tidak sengaja ia menemukan buku petualangan Ellie. Carl menyadari apa hal yang harus ia lakukan. Carl akhirnya memasang ribuan balon untuk menerbangkan rumahnya.

Ia ingin mendatangi Paradise Fall, tempat yang dulu ingin ia datangi bersama Ellie. Secara tidak sengaja, Russell (Jordan Nagai) ikut dalam perjalanan ini. Russell adalah anak pramuka yang sangat bersemangat dan bersedia melakukan apapun untuk membantu Carl.

Dimulailah perjalanan Carl dan Russell beserta rumah Carl menuju Amerika Selatan. Mereka bersiap untuk mencari keberadaan Paradise Fall.

1. Film Animasi Khusus Anak “Coco” (2017)

coco

Coco merupakan salah satu animasi yang diproduksi oleh Studio Animasi Pixar dan dirilis oleh Disney. Film ini mengisahkan perjalanan Miguel (Anthony Gonzalez) yang ingin menjadi musisi ternama.

Di keluarga Miguel, musik sudah dilarang karena sang nenek Imelda Rivera tidak menyukai hal ini. Imelda melarang musik di dalam rumahnya karena pengalaman buruk ditinggalkan sang suami yang merupakan musisi.

Sedangkan, ibu Miguel, yaitu Coco (Ana Ofelia Murguía) mendukung keinginan anaknya ini. Kini, Miguel tinggal bersama dengan sang ibu yang sudah tua. Ia perlahan mulai mewujudkan mimpinya menjadi seorang musisi.

Perjalanannya untuk menjadi seorang musisi membuat Miguel bertemu dengan orang penting dan mengalami peristiwa tak terduga. Ia juga berhasil mengungkap rahasia tersembunyi di balik karir idolanya, Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt).

Berkat perjuangan Miguel, rahasia antara Ernesto dan Hector (Gael García Bernal) diketahui oleh dunia. Hal ini mengubah sejarah dunia musik yang selama ini telah mengalami kekeliruan.

 

Nah, itulah 25 film animasi khusus anak terbaik di dunia yang pernah diproduksi. Kamu dapat mengajak sepupu, keponakan, anak, atau adikmu untuk menonton film ini bersama-sama.

Dengan menonton film bersama, kamu dapat menyampaikan pesan moral yang ada di film tersebut. Selain itu, beberapa jenis film di atas membutuhkan pemahaman lebih bagi anak-anak. Selamat menonton!

Category:
Film