Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Kalau sebelumnya saya membahas pengertian film thriller dan memberikan list favorit saya, kali ini giliran film detektif. Batasan 2 genre ini memang terkadang kurang jelas, sehingga 1 film seringkali disebut sebagai film thriller sekaligus film detektif.

Berikut 40 Film Detektif Terbaik versi saya, yang sebisa mungkin sudah saya bedakan dengan list sebelumnya:

40. Film Detektif “Who Framed Roger Rabit” (1988)

Who Framed Roger Rabbit

Pada tahun 1940an, manusia dan tokoh kartun hidup berdampingan di Los Angeles. Tokoh kartun yang terkenal pada saat itu adalah Roger Rabbit (voice : Charles Fleischer).

Hidup Roger sangat indah sebelum ia tahu bahwa istrinya, Jessica (voice : Kathleen Turner/ Betsy Brantley), memiliki kedekatan dengan Mr. Maroon (Alan Tilvern). Keadaan menjadi lebih buruk ketika ia kemudian dituduh membunuh Mr. Maroon.

Roger kemudian meminta bantuan detektif manusia bernama Eddie Valiant (Bob Hoskins), yang sesungguhnya memiliki dendam kepada beberapa tokoh kartun.

Di luar kehendaknya, Eddie membantu membersihkan nama Roger meski ia harus melakukan perjalanan ke seluruh Los Angeles, hingga memasukin dunia kartun.

Awards                 : Academy Awards (Best Editing/ Sound Effects/ Visual Effects/ Special Achievement), BAFTA Awards (Best Special Effects), Annie Awards (Best Individual : Technical Achievement), serta 19 penghargaan dan 21 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Robert Zemeckis

39. Film Detektif “Dirty Harry” (1971)

Dirty Harry

Pada tahun 1971, San Fransisco diteror oleh munculnya penjahat yang menjuluki dirinya Scorpio (Andrew Robinson). Ia menembaki orang-orang tak berdosa dan dengan sengaja meninggalkan catatan di lokasi kejadian.

Seorang detektif, Harry Callahan (Clint Eastwood), ditugaskan menangani kasus tersebut bersama dengan rekan barunya, Chico Gonzales (Reni Santoni). Ia dijuluki Dirty Harry karena reputasinya selama ini.

Dipancing dengan hinaan yang memancing emosi, Scorpio harus menghadapi polisi dengan attitude kotor.

Awards                 : 1 penghargaan di National Film Preservation Board – USA untuk kategori National Film Registry dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Don Siegel

38. Film Detektif “Twin Peaks: Fire Walk With Me” (1992)

Twin Peaks

Film ini dibuat berdasarkan serial televisi yang sangat popular saat itu, Twin Peaks. Di kemudian hari, serial ini juga banyak mengilhami film-film misteri/ thriller/ detektif lainnya seperti The X-Files.

Penyelidikan atas pembunuhan Laura Palmer (Sheryl Lee)  mengalami jalan buntu. Hari-hari terakhirnya dilewatkan bersama dengan 2 kekasihnya secara bergantian : Bobby Briggs (Dana Ashbrook) yang pemarah, dan James Hurley (James Marshall) yang pendiam.

Kecanduannya terhadap narkoba dan hubungannya yang aneh dengan ayahnya yang tak kalah aneh, Leland (Ray Wise), makin memperumit kasus yang ada.

Kalau di serial televisi, detektif yang menangani kasus ini adalah Agen Cooper (Kyle MacLachlan). Namun di film ini dimunculkan 2 peran baru : Chester Desmont (Chris Isaak) dan Sam Stanley (Kiefer Sutherland).

Awards                 : 20/20 Awards (Best Original Score), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Music), Brit Awards (Best Soundtrack), Film Independent Spirit Awards (Best Original Score), serta 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Lynch

37. Film Detektif “The Big Lebowski” (1998)

The Big Lebowski

Dua orang yang bernama sama, Jeffrey Lebowski, dipertemukan ketika istri salah satu dari mereka berhutang kepada seorang fotografer porno.

Suami wanita itu adalah seorang veteran perang cacat yang berhasil menjadi multimiliuner, biasa disebut sebagai The Big (David Huddleston). Sementara seorang lainnya adalah pengangguran pecandu ganja dan alcohol yang dijuluki The Dude (Jeff Bridges).

Preman yang disewa oleh si fotografer salah sasaran. Bukannya mengincar sang miliuner, ia justru berhadapan dengan The Dude.

Awards                 : Association of Polish Filmmakers Critics Awards (Best Foreign Film), Awards Circuit Community Awards (Best Supporting Actor), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), serta 2 penghargaan dan 17 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Joel Coen, Ethan Coen

36. Film Detektif “Manhunter” (1986)

Manhunter

Will Graham (William Petersen) menghabiskan masa pensiunnya yang tenang bersama dengan istri dan anaknya di sebuah rumah di tepi pantai. Namun ketenangannya terusik ketika mantan atasannya di FBI, Jack Crawford (Dennis Farina), menghubunginya.

Crawford meminta bantuan Graham untuk menyelidiki Peri Gigi, sebutan untuk pembunuh yang telah menewaskan beberapa keluarga secara acak saat bulan purnama, dan meninggalkan tanda berupa bekas gigitan.

Dengan izin istrinya, Crawford harus kembali berhadapan dengan Dr. Hanibal Lecter (Brian Cox), mencoba memahami pikiran si pembunuh, sebelum purnama kembali datang

Awards : 1 penghargaan di Cognac Festival du Film Policier dan 1 nominasi di Edgar Allan Poe Awards untuk kategori Best Motion Picture

Sutradara            : Michael Mann

35. Film Detektif “Kiss Kiss Bang Bang” (2005)

Kiss Kiss Bang Bang

Ketika sedang melarikan diri dari polisi dalam aksi perampokan yang gagal, Larry Lockhart (Robert Downey Jr.) tanpa sengaja terlibat dalam sebuah audisi untuk peran detektif di suatu film. Ia kemudian diundang untuk menghadiri sebuah pesta.

Di sana ia bertemu dengan Gay Perry (Val Kilmer) yang menyarankannya untuk melakukan penyelidikan dalam rangka memperdalam perannya, juga dengan Harmony Faith Lane (Michelle Monaghan), aktris cantik yang ternyata merupakan teman masa kecilnya.

Harry dan Perry kemudian justru terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan yang sangat rumit.

Awards                 : Empire Awards – UK (Best Thriller), Phoenix Film Critics Society Awards (Best Overlooked Film), Satellite Awards (Best Supporting Actor), serta 2 penghargaan dan 16 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Shane Black

34. Film Detektif “The Killer” (1989)

The Killer

Ah Jong (Chow Yun Fat) berniat untuk berhenti dari pekerjaan lamanya sebagai pembunuh bayaran. Ia ingin menghabiskan waktunya untuk merawat Jennie (Sally Yeh), penyanyi cantik yang menjadi buta karena aksi Jeffrey sebelumnya.

Yang menjadi permasalahan adalah mantan atasan Jeffrey menolak untuk membayar pekerjaannya sebelumnya. Sementara ia membutuhkan uang itu sebagai modal untuk membuat restoran bagi Jennie.

Li Ying yang sadar bahwa Ah Yong bukan lagi seorang pembunuh kemudian membantunya.

Awards                 : Hong Kong Film Awards (Best Director, Best Editing), dan 6 nominasi di berbagai  ajang penghargaan

Sutradara            : John Woo

33. Film Detektif “Out of Sight” (1998)

Out of Sight

Jack Foley (George Clooney) melarikan diri dari penjara dengan bantuan temannya, Buddy Brag (Ving Rhames). Karena panik, mereka membawa saksi mata yang ada, US Marshal Karen Sisco (Jennifer Lopez).

Dalam aksi penipuan mereka yang terakhir, mereka melibatkan Sisco. Namun ternyata Sisco justru melibatkan perasaannya terhadap salah satu dari mereka.

Akankah Sisco tetap bersikap sebagai agen yang baik, atau ia mengubah pikirannya?

Awards                 : ALMA Awards (Best Actress), Boston Society of Film Critics Awards (Best Film, Best Screenplay), Edgar Allan Poe Awards (Best Music), Writers Guild of America – USA (Best Screenplay), serta 8 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steven Soderbergh

32. Film Detektif “The Untouchables” (1987)

The Untouchables

Penjahat terbesar di Chicago, Al Caponeobert De Niro), berhasil menundukkan kota tersebut dan membangun bisnis minuman kerasnya. Ia membayar sejumlah polisi untuk bekerja diam-diam kepadanya.

Agen Eliot Ness (Kevin Costner) yang diminta untuk menjatuhkannya selalu gagal karena mau tak mau ia harus berhadapan dengan para pengkhianat di departemennya.

Ia kemudian bekerja sama dengan Jimmy Malone (Sean Connery), polisi keturunan Irlandia Amerika, serta sejumlah pengacara yang bersih dengan satu tekad, membawa Capone ke pengadilan.

Awards                 : Academy Awards (Best Supporting Actor), Golden Globes (Best Supporting Actor), BAFTA Awards (Best Score), Blue Ribbon Awards (Best Foreign Language Film), serta 7 penghargaan dan 15 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Brian De Palma

31. Film Detektif “Out of The Past” (1947)

Out of The Past

Selama 3 tahun terakhir, Jeff Bailey (Robert Mitchum) hidup dengan tenang, menjalankan usaha pompa bensinnya. Seebelumnya ia adalah detektif swasta.

Terakhir kali, ia disewa oleh seorang gangster, Whit Sterling (Kirk Douglas), untuk menemukan Kathie Moffat (Jane Greer), perempuan yang telah menembaknya serta membawa lari uang senilai 40 ribu dolar.

Bailey yang justru jatuh cinta pada Kathy kemudian membawanya lari.

Ketik anak buah Sterling mengetahui keberaannya, mereka memberikan tugas terakhir sebagai penebusan dosa. Tanpa sadar, Bailey masuk ke dalam perangkap mereka.

Awards                 : 1 penghargaan di National Film Preservation Board – USA untuk kategori National Film Registry

Sutradara            : Jacques Tourneur

30. Film Detektif “Humanite” (1999)

Humanite

Ketika seorang gadis kecil diperkosa dan dibunuh secara sadis di pinggiran Prancis yang tenang, Pharaon De Winter (Emmanuel Schotte), detektif setempat, diminta menanganinya.

Sejak kehilangan seluruh anggota keluarganya dalam berbagai kecelakaan, Pharaon tidak mampu merasakan emosi. Ia mengeksplore kasus ini dengan cara yang luar biasa.

Kasus ini ternyata lebih banyak memunculkan pertanyaan, ketimbang jawaban.

Awards                 : Cannes Film Festival (Best Actor/ Actress/ Director), dan 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Bruno Dumont

29. Film Detektif “Farewell, My Lovely” (1975)

Farewell My Lovely

Phillip Marlowe (Robert Mitchum) berupaya menemukan Velma Valento, seorang penari sekaligus kekasih dari Moose Malloy (Jack O’Halloran), mantan narapidana.

Begitu Marlowe menangani kasus ini, ia masuk ke dalam konspirasi yang berusaha menempatkannya dalam situasi yang sangat berbahaya, penuh dengan jejak membingungkan yang menyesatkan.

Film ini merupakan film kedua yang diadaptasi dari novel karya Raymond Chandler.

Awards                 : 1 penghargaan di National Board of Review – USA untuk kategori Best Top Ten Films, serta 2 nominasi di Academy Awards dan Edgar Allan Poe Awards

Sutradara            : Dick Richards

28. Film Detektif “Zodiac” (2007)

Zodiac

Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) adalah seorang kartunis yang bekerja untuk Chronicle. Obsesinya pada Zodiac, sebutan untuk pembunuh berantai yang saat itu meneror kota, mendekatkannya pada Paul Avery (Robert Downey Jr.), jurnalis yang berusaha mengungkap kasus itu.

Kebiasaan minum-minum Avery menjadikannya kehilangan focus. Graysmith pun mulai bekerjasama dengan David Toschi (Mark Ruffalo), detektif yang selalu gagal menangani kasus ini.

Obsesi Graysmith ini membawanya semakin jauh dari keluarga, dan semakin dekat pada bahaya.

Awards                 : Dublin Film Critics Circle Awards (Best Director), Il Festival Nazionale del Doppiaggio Voci nell’Ombra (Best Male Voice), International Film Music Critics Awards (Best Original Score), dan 67 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Fincher

27. Film Detektif “M” (1931)

M

Hans Beckert (Peter Lorre) adalah pembunuh tidak dikenal di Jerman. Dalam aksinya membunuh gadis-gadis, ia selalu menyiulkan melodi ‘In The Hall of The Mountain King’ karya Edvard Grieg.

Upaya polisi untuk menemukannya selalu gagal, sehingga organisasi criminal yang ada mengambil tindakan sendiri.

Mereka bekerja sama dengan pengemis di seluruh kota untuk membentuk jaringan mata-mata dan saling mengirimkan informasi. Ketika akhirnya Hans berhasil ditangkap, mereka pun menjalankan pengadilan versi mereka sendiri.

Awards                 : National Board of Review – USA (Top Foreign Film) dan Online Film & Television Association (Best Motion Picture)

Sutradara            : Fritz Lang

26. Film Detektif “The Long Goodbye” (1973)

The Long Goodbye

Sehari setelah Phillip Marlowe (Elliot Gould) membantu temannya, Terry Lenox (Jim Bouton), menyeberang ke Mexico, istri Terry ditemukan mati. Phillip dijadikan tersangka dan ditahan oleh polisi.

Namun ketika Terry juga ditemukan meninggal di Mexico, ia dibebaskan. Polisi beranggapan bahwa Terry bunuh diri, namun Phillip tidak mempercayainya.

Phillip kemudian disewa oleh Eileen Wade (Nina van Pallandt), istri seorang penulis kaya, untuk menemukan suaminya. Keluarga Wade bertetangga dengan keluarga Lennox.

Pada saat yang sama ia juga disewa oleh seorang bos mafia untuk menemukan uangnya yang hilang ketika sedang dibawa oleh Terry. Apakah semua hal ini berhubungan?

Awards                 : 1 penghargaan di National Society of Film Critics Awards – USA (Best Cinematography) dan 1 nominasi di San Sebastian International Film Festival (Best Film)

Sutradara            : Robert Altman

25. Film Detektif “The French Connection” (1971)

The French Connection

Alain Chanier (Fernando Rey) adalah seorang pengusaha dari Marseilles sekaligus raja narkoba. Ia akan menjual heroin murni senilai 32 juta dolar kepada Salvatore Boca (Tony Lo Bianco) di New York.

Boca ternyata diikuti oleh dua orang detektif yang menyamar, James ‘Popeye’ Doyle (Gene Hackman) dan Buddy ‘Cloudy’ Russo (Roy Scheider).

Investigasi mereka menjadi berbahaya, dipenuhi pembajakan kereta dan pengejaran mobil yang ugal-ugalan, serta pertikaian antara polisi dan mafia.

Awards                 : Academy Awards (Best Picture/ Actor/ Director/ Screenplay/ Editing), Golden Globes (Best Motion Picture/ Director/ Actor), BAFTA Awards (Best Film Editing, Best Actor), serta 13 penghargaan dan 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : William Friedkin

24. Film Detektif “Le Cercle Rouge” (1970)

Le Cercle Rouge

Vogel (Gian Maria Volonte) melarikan diri dari pengawasan polisi Mattei (Bourvill) dan bersembunyi di bagasi mobil Corey (Alain Delon), yang kebetulan baru keluar dari penjara pada hari itu.

Mereka berdua lalu merencanakan perampokan besar di sebuah took perhiasan dengan mengajak mantan polisi Jansen (Yves Montand).

Usaha ini menjadi rumit ketika Vogel kembali dikejar oleh Mattei, dan Corey dikejar oleh Rico (Andre Ekyan), bos mafia yang pernah dirampoknya.

Sutradara            : Jean-Pierre Meville

23. Film Detektif “The Private Life of Sherlock Holmes” (1970)

The Private Life of Sherlock Holmes

Gabrielle Valladon (Genevieve Page) dibawa ke apartemen Sherlock Holmes (Robert Stephens) dalam kondisi amnesia ringan. Wanita muda ini ditemukan oleh supir taksi di tepi sungai.

Dengan kemampuannya, Sherlock berhasil menyimpulkan bahwa ia adalah orang Belgia yang baru saja tiba di Inggris dengan menggunakan kapal, untuk mencari suaminya.

Ketika Sherlock, Watson (Colin Blakely), dan Gabrielle berusaha menyelidiki kasus ini, Mycroft (Christopher Lee) mengingatkannya untuk menjauh. Bahkan saudaranya ini memberikan beberapa informasi tak terduga terkait keamanan negara mereka.

Awards                 : 3 nominasi untuk berbagai kategori di Edgar Allan Poe Awards, International Film Music Critics Awards, dan Writers Guild of America – USA

Sutradara            : Billy Wilder

22. Film Detektif “The Maltese Falcon” (1941)

The Maltese Falcon

‘Spade and Archer’ adalah nama sebuah kantor detektif swasta milik Sam Spade (Humphrey Bogart) dan Miles Archer (Jerome Cowan). Meski berpartner, Sam tidak terlalu menyukai Miles.

Ketika Spade didekati oleh Miss Wonderly, keadaan tiba-tiba menjadi berubah. Miles mati. Demikian juga Floyd Thursby (Jacob Dance).

Orang-orang yang terkait Miss Wonderly mati satu persatu, dan mereka memiliki tujuan yang sama, memperebutkan Maltese Falcon.

Awards                 : National Board of Review (Best Actress, Best Actor), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), serta 1 penghargaan dan 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John Huston

21. Film Detektif “The Thin Man” (1934)

The Thin Man

Ketika ayahnya menjadi tersangka utama dalam suatu kasus pembunuhan, Dorothy Winant (Maurent O’Sullivan) berusaha mendekati detektif amatir Nick Charles (William Powell). Ia bahkan berusaha meyakinkan Nick bahwa ia sendirilah pembunuhnya.

Nick mulanya enggan terlibat, sampai ia melihat sendiri bahwa polisi telah melakukan kesalahan. Iapun mengundang semua orang yang diduga terlibat untuk duduk dan makan malam bersama.

Bisakah ia menemukan tersangkanya?

Awards                 : National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), National Board of Review (Best Top Ten Films), serta 1 penghargaan dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : W.S. Van Dyke

20. Film Detektif “The Da Vinci Code” (2006)

The Da Vinci Code

Profesor Langdon (Tom Hanks) sedang berada di Paris untuk suatu urusan ketika ia dipanggil untuk membantu memecahkan suatu kasus pembunuhan. Di sana ia bertemu dengan Sophie Neveu (Audrey Taotou) yang kemudian banyak membantunya.

Pembunuhan yang terjadi di Louvre dan petunjuk yang ditinggalkan dalam lukisan Da Vinci mengarah pada penemuan misteri agama yang selama ini dilindungi, karena dikhawatirkan akan mengguncang keimanan.

Awards                 : ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Films), International Film Music Critics Awards (Best Original Score), Jupiter Awards (Best International Actress), serta 8 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ron Howard

19. Film Detektif “Brick” (2005)

Brick

Brendan (Joseph Gordon-Levitt) menemukan mantan pacarnya, Emily (Emilie De Ravin), meninggal dalam sebuah terowongan. Sebelumnya Emily sempat menghubunginya dan menyatakan bahwa ia dalam bahaya.

Ia memutuskan untuk menyembunyikan tubuh Emily dan memulai penyeledikannya. Perlahan setelah motif terungkap, ia pun merencanakan tindakan balas dendam.

Awards                 : Austin Film Critics Association (Best First Film), Central Ohio Film Critics Association (Best Original Screenplay, Best Overlooked Film), Cognac Festival du Film Policier (‘New Blood’ Award), serta 8 penghargaan dan 23 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Rian Johnson

18. Film Detektif “Hunting Season” (2010)

Hunting Season

Polisi veteran Ferman (Sener Sen) dan rekannya Idris (Cem Yilmas) bekerjasama dengan Hasan (Okan Yalabik) untuk mengungkap pembunuhan seorang wanita muda. Kasusnya cukup rumit karena melibatkan beberapa tersangka sekaligus :

Keluarganya yang konservatif yang mungkin membunuhnya demi kehormatan, kekasihnya yang juga pengedar narkoba, serta miliarder tua yang menjadikannya istri kedua.

Sutradara            : Yavuz Turgul

17. Film Detektif “Lucky Number Slevin” (2006)

Lucky Number Slevin

Slevin Kelevra (Josh Hartnett) yang baru tiba di New York menginap di apartemen temannya, Nick Fisher (Sam Jaeger). Namun ia mengalami masalah ketika ia keliru dianggap sebagai Nick yang berhutang kepada dua penjahat sekaligus.

Boss (Morgan Freeman) meminta ia membunuh putra Rabbi (Ben Kingsley), sebagai balasan atas pembunuhan terhadap putranya dahulu. Sementara detektif Brikowski (Stanley Tucci) terus menekannya dalam usahanya mengejar Boss dan Rabby.

Awards                 : Jupiter Awards (Best DVD Release), Milano International Film Festival Awards (Best Film/ Actor/ Editing/ Director), dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul McGuigan

16. Film Detektif “Marshland” (2014)

Marshland

Juan Robles (Javier Gutierrez) dan Pedro Suarez (Raul Alevaro), dua detektif dengan kepribadian yang bertolak belakang, harus mengesampingkan perbedaannya ketika ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai terhadap gadis-gadis.

Apakah mereka mampu mengungkap terror ini?

Awards                 : Cinema Writers Circle Awards – Spain (Best Film/ Director/ Actor/Cinematography/ Editing/ Original Screenplay/ New Actress/ Score), serta 39 penghargaan dan 41 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alberto Rodriguez

15. Film Detektif “Training Day” (2001)

Training Day

Jake Hoyd (Ethan Hawke) baru saja diterima sebagai detektif kepolisian. Selama 24 jam, dia diwajibkan mengikuti pelatihan dari seorang polisi veteran bernama Alonzo Harris (Denzel Washington).

Yang menjadi permasalahan adalah : Harris dikenal memiliki reputasi buruk karena sering memperlakukan korban seenaknya, menyiksa tersangka, menangani barang bukti sembarangan, serta melepaskan tembakan secara serampangan.

Awards                 : Academy Awards (Best Actor), AFI Awards – USA (Best Male Actor), ALMA Awards (Best Make-Up), Black Reel Awards (Best Actor/ Director/ Film Poster/ Film), serta 11 penghargaan dan 23 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Antoine Fuqua

14. Film Detektif “Fracture” (2007)

Fracture

Awalnya Ted Crawford (Anthony Hopkins) mengaku telah membunuh istrinya yang tidak setia. Ia membuat pengakuan tertulis. Namun belakangan ia menyangkalnya dan memilih untuk membela diri di pengadilan.

Willy Beachum (Ryan Gosling) adalah jaksa muda yang ditugaskan untuk kasus ini. Ia sebenarnya akan bergabung dengan sebuah firma besar. Namun karena ingin mempertahankan rekornya di pengadilan, ia bertahan untuk menyelesaikan kasus Crawford tersebut.

Awards                 : 1 penghargaan di ajang SOCAN Awards (Domestic Feature Film Award), dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gregory Hoblit

13. Film Detektif “The Imposter” (2012)

The Imposter

Film ini adalah film documenter dari Nicholas Barclay yang berusia 13 tahun ketika ia menghilang di San Antonio – Texas. Tiga setengah tahun kemudian, ia ditemukan di Spanyol, setelah sebelumnya mengalami penyiksaan.

Keluarganya membawanya pulang dengan bahagia. Pemuda ini diyakini adalah Nicholas, sehingga mereka bahkan tidak menyadari bahwa ada beberapa perbedaan antara Nicholas kecil dan pemuda yang satu ini.

Ketika seorang investigator mulai mengajukan pertanyaan, misteri mulai terungkap..

Awards                 : BAFTA Awards (Outstanding Debut by A British Director), Austin Film Critics Association (Best Documentary), British Independent Film Awards (Best Documentary, Best Director), serta 8 penghargaan dan 30 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Bart Layton

12. Film Detektif “Sherlock Holmes” (2009)

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) dan John Watson (Jude Law) menangkap seorang pengikut ilmu hitam sekaligus pembunuh berantai, Lord Henry Blackwood (Mark Strong). Blackwood terbukti telah membunuh lima wanita.

Blackwood kemudian dihukum gantung, kematiannya telah dipastikan sendiri oleh Watson. Namun secara misterius, ia kembali dari dunia kematian.

Inspektur Lestrade (Eddie Marsan) dari Scotland Yard meminta bantuan Holmes untuk memecahkan kasus tersebut.

Awards                 : Golden Globes (Best Actor), ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Films), BMI Film & TV Awards (Best Music), serta 7 penghargaan dan 27 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Guy Ritchie

11. Film Detektif “Primal Fear” (1996)

Primal Fear

Aaron (Edward Norton) adalah anak jalanan yang dipungut oleh Uskup Agung Rushman (Stanley Anderson). Namun kemudian, ia didakwa melakukan pembunuhan yang mengerikan terhadap Rushman.

Martin Vail (Richard Gere), pengacara Chicago yang hebat, membela Aaron secara sukarela. Ia yakin bahwa pemuda pemalu yang gagap itu tidak bersalah, meski bukti-bukti menunjukkan sebaliknya.

Dalam pemeriksaan, terungkap sisi lain dari diri Aaron yang mengerikan.

Awards                 : Golden Globes (Best Supporting Actor), ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Movie), Boston Societi of Film Critics Awards (Best Supporting Actor), serta 7 penghargaan dan 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gregory Hoblit

10. Film Detektif “The Girl With The Dragon Tatoo” (2011)

The Girl With The Dragon Tatoo

Film yang diangkat dari novel karya Stieg Larsson ini berkisah tentang Mikael Blomkvist (Daniel Craig), seorang jurnalis yang berusaha mengungkap hilangnya keturunan keluarga kaya 40 tahun yang lalu.

Ia dibantu seorang hacker bergaya punk yang bernama Lisbeth Salander (Rooney Mara). Upaya mereka ini justru menyingkap konspirasi besar, yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Awards                 : Academy Awards (Best Editing), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Horror/ Thriller Film), AFI Awards – USA (Movie of The Year), serta 25 penghargaan dan 90 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Fincher

9. Film Detektif “The Secret in Their Eyes” (2009)

The Secret in Their Eyes

Setelah hamper 25 tahun, kasus perkosaan dan pembunuhan mengerikan yang menimpa Liliana Coloto (Carla Quevedo) masih belum terpecahkan. Kasus ini terus membayangi Benjamin Esposito (Ricardo Darin), pensiunan penyelidik criminal.

Benjamin akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah buku berdasarkan kisah tersebut, dengan dibantu oleh Irene Menendez Hastings (Soledad Villamil), jaksa cantik mantan koleganya. Mereka berdua berusaha menyusun puzzle yang ada.

Namun ketika kebenaran mulai terungkap, siapkah mereka menerima kebenaran itu?

Awards                 : Academy Awards (Best Foreign Language Film), Academy of Motion Picture Arts and Sciences of Argentina (Best Actor/ Actress/Art Direction/ Cinematography/ Director/ Editing/dst), serta 45 penghargaan dan 40 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Juan Jose Campanella

8. Film Detektif “L.A. Confidential” (1997)

LA Confidential

Di Los Angeles pada tahun 1950an, tiga polisi muda dengan kepribadian yang berbeda berusaha mengejar kebenaran dengan caranya masing-masing :

Ed Exley (Guy Pearce), anak emas kepolisian yang bersedia melakukan apapun untuk maju. Bud White (Russell Crowe), yang selalu emosional dan siap melanggar aturan untuk mencari keadilan.

Jack Vincennes (Kevin Spacey), yang selalu mengejar ketenaran dan keuntungan, sampai nurani mengajaknya bergabung dengan Ed dan Bud.

Awards                 : Academy Awards (Best Supporting Actress, Best Screenplay), Golden Globes (Best Supporting Actress), BAFTA Awards (Best Editing, Best Sound), serta 83 penghargaan dan 83 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Curtis Hanson

7. Film Detektif “Gone Baby Gone” (2007)

Gone Baby Gone

Amanda Cready (Madeline O’Brien) yang berusia 4 tahun menghilang dari rumahnya. Ketika polisi tidak juga membuat kemajuan, bibinya, Beatrice (Amy Madigan) menyewa 2 detektif untuk menemukannya.

Patick Kenzie (Casey Affleck) dan Angie Gennaro (Michelle Monaghan) menyatakan bahwa mereka tidak terbiasa dengan kasus sejenis. Namun keluarga tetap yakin bahwa mereka mampu.

Ketika kasus ini berkembang, Kenzie dan Gennaro harus berhadapan dengan geng, pengedar narkoba, juga komplotan pedofilia.

Awards                 : Alliance of Women Film Journalist (Best Supporting Actress), Austin Film Critics Association (Best First Film), Awards Circuit Community Awards (Best Supporting Actress), serta 31 penghargaan dan 29 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ben Affleck

6. Film Detektif “Fargo” (1996)

Fargo

Film ini diangkat dari kisah nyata Jerry Lundegaard (William H. Macy), seorang salesman mobil di Minneapolis yang menyewa 2 orang untuk menculik istrinya. Mertuanya adalah orang kaya, dan ia sedang mengalami kesulitan keuangan.

Namun segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, 3 orang jatuh sebagai korban. Marge Gunderson (Frances McDormand), sheriff yang sedang hamil tua, turun langsung untuk menangani kasus tersebut. Dan ia sangat intuitif serta banyak akal…

Awards                 : Academy Awards (Best Actress, Best Screenplay), BAFTA Awards (Best Director), Screen Actor Guild Awards (Best Female Actor), serta 79 penghargaan dan 57 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Joel Coen, Ethan Coen

5. Film Detektif “Changeling’ (2008)

Changeling

Ketika Christine Collins (Angelina Jolie) pulang terlambat dari pekerjaannya, anaknya, Walter (Gattlin Griffith), yang berusia 9 tahun menghilang dari rumah mereka. Polisi bekerja dengan lambat untuk mengungkap kasus tersebut.

Setelah Pastor Gustav Briegleb (John Malkovich) menyebutnya sebagai ketidakmampuan Kepolisian New York untuk mengatasi permasalahan, Walter segera ditemukan. Pertemuan ibu dan anak ini disaksikan sejumlah wartawan.

Namun Christine segera menyadari, bahwa anak tersebut bukanlah anaknya. Ketika ia memberanikan diri untuk menyuarakan kebenaran, ia justru ditangkap dan ditahan dalam bangsal kejiwaan.

Awards                 : AARP Movie for Grownups Awards (Best Screenwriter), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Actress), serta 11 penghargaan dan 50 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Clint Eastwood

4. Film Detektif “Memories of Murder” (2003)

Memories of Murder

Pada tahun 1986, terjadi pembunuhan dua orang wanita di sebuah distrik di Korea Selatan. Upaya detektif Park Doo-man (Song Kang-ho) dan Cho Yong-koo (Kim Roe-ha) mengungkap kasus ini terhambat karena penanganan TKP yang serampangan.

Mereka menangkap tersangkanya, namun tidak kunjung mendapat pengakuan. Meski mereka telah melakukan semua hal yang buruk terhadap tersangka tersebut.

Ketika kepala kepolisian membawa detektif Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung) dari Seoul, metode mereka mengalami kemajuan. Namun korban ketiga segera ditemukan kembali..

Awards                 : Busan Film Critics Association (Best Director, Best Screenplay), Chunsa Film Art Awards (Best Director), Director’s Cut Awards (Best Director/ Production of The Year/ Actor/ New Actor), serta 19 penghargaan dan 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Bon Joon-ho

3. Film Detektif “Prisoners” (2013)

Prisoners

Keller Dover (Hugh Jackman) mengalami ujian ketika putrinya, Anna (Erin Gerasimovich), dan temannya, Joy (Kyla-Drew), menghilang. Satu-satunya petunjuk adalah mobil RV bobrok yang diparkir di depan rumah mereka sebelumnya.

Detektif Loki (Jake Gyllenhaal) yang memimpin penyelidikan menangkap supir mereka, Alex Jones (Paul Dano), namun segera melepaskannya karena tidak ada bukti yang memberatkan.

Dover yang panik akhirnya memutuskan untuk menangani pencarian sendiri.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Make-Up), Hollywood Film Awards (Best Supporting Actor), serta 8 penghargaan dan 36 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Denis Villeneuve

2. Film Detektif “Laura” (1944)

Laura

Ketika eksekutif periklanan terkenal, Laura Hunt (Gene Tierney), ditemukan terbunuh di rumahnya, detektif Mark McPherson (Dana Andrews) ditugaskan untuk memimpin penyelidikan.

Mark mewawancari teman-teman Laura untuk menemukan pelakunya, termasuk jurnalis sombong Waldo Lydecker (Clifton Webb) dan playboy terkenal Shelby Carpenter (Vincent Price). Keduanya sama-sama mencintai Laura.

Saat Mark melanjutkan investigasinya dengan membaca surat-surat dan diary Laura, ia pun jatuh cinta..

Awards                 : Academy Awards (Best Cinematography), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), Online Film & Television Association (Best Motion Picture), dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Otto Preminger

1. Film Detektif “Vertigo” (1958)

Vertigo

James ‘Scottie’ Ferguson (James Stewart) pensiun dari pekerjaannya sebagai penyelidik swasta setelah seorang polisi mati dalam usaha menyelamatkannya jatuh dari sebuah gedung. Ia menderita vertigo, yang memicu rasa takut akan ketinggian.

Gavin Elster (Tom Helmore), teman lamanya, mendatangi dan meminta bantuan Scottie untuk mengawasi Madeleine (Kim Novak), istrinya. Gavin beranggapan bahwa Madeleine kerasukan roh, dan sangat mungkin melakukan hal-hal yang berbahaya.

Film ini hanya sempat ditayangkan sebentar sebelum kemudian menghilang dari bioskop, namun sampai hari dianggap sebagai karya Alfred Hitchcock yang terbaik.

Awards                 : National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), San Sebastian International Film Festival (Best Director, Best Actor), San Jordi Awards (Best Cinematography), serta 5 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfred Hitchcock

Jangan kaget kalau list saya dipenuhi film-film lama. Produksi lama dari genre ini untuk saya pribadi terasa jauh lebih menarik daripada adik-adiknya.

Saya bahkan pernah cuti 2 hari hanya untuk menonton seluruh episode dari serial Twin Peaks versi televisi. Bulan depannya kembali cuti untuk menonton film-film Poirot edisi lama. Haha!

Kalau anda belum pernah menyaksikan versi-versi klasik ini, oh please luangkan waktu anda. Selain terhibur dengan filmnya, anda juga dijamin akan terhibur dengan acting, music, editing, dan kawa-kawannya yang sungguh extra ordinary.

Percayalah.

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.