Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Film Kolosal Terbaik

Selama ini, ada beberapa pendapat yang berbeda tentang film kolosal. Ada yang berpendapat bahwa film kolosal adalah film yang melibatkan orang dalam jumlah besar dalam pembuatannya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa film kolosal juga harus berlatar belakang sejarah.

Bagi saya sendiri, film kolosal memang melibatkan banyak orang dan harus berlatar belakang sejarah, namun tidak harus berpatokan bahwa sejarah tersebut benar-benar terjadi. Atau dengan kata lain : fiksi dan non-fiksi tidak menjadi masalah, selama sesuai dengan kondisi dan kurun waktu terjadinya.

Based on pemahaman ini, saya tentu tidak memasukkan Avenger dan teman-temannya sebagai film kolosal. Mungkin saja – mungkin – apa yang diceritakan dalam film-film tersebut bisa saja terjadi. Tapi entah kapan dan entah apa iya.

Berikut 40 film kolosal terbaik sepanjang masa versi saya :

44. Film Kolosal “ The Wind that Shakes The Barley” (2006)

The Wind that Shakes The Barley

Sementara Teddy (Padraic Delaney) memimpin gerilya untuk perjuangan kemerdekaan, saudaranya, Damien (Gillian Murphy), memilih untuk melanjutkan profesinya sebagai dokter di rumah sakit setempat.

Namun ketika ia menyaksikan kekejaman yang dilakukan oleh Black & Tans, ia kemudian bergabung dengan kelompok Teddy. Mereka berjuang bersama, sampai timbul konflik yang menghentikan gencatan senjata, memicu perang saudara dan perpecahan antar saudara.

Film ini masuk ke dalam beberapa nominasi di beberapa ajang penghargaan, dan berhasil meraih penghargaan di Cannes Film Festival dan European Film Award.

Sutradara        : Ken Loach

43. Film Kolosal “Rescue Dawn” (2006)

Rescue Dawn

Setelah pesawat baling-balingnya jatuh pada tahun 1945, Dieter Dengler (Christian Bale) ditawan oleh Vietcong dan dikirim ke sebuah kamp. Ia bertemu dengan 5 tahanan lainnya, di bawah pengawasan penjaga yang sakit mental.

Dieter dan Duane (Steve Zahn) merencanakan pelarian yang selalu ditentang oleh Gene (Jeremy Davis). Setelah pemboman Amerika dan mereka kehabisan bahan makanan, rencana ini dijalankan. Mereka kemudian baru menyadari bahwa penjara yang sesungguhnya adalah hutan yang mengelilinginya.

Film ini memenangkan penghargaan di San Diego Film Critics Society Awards pada tahun 2007.

Sutradara        : Werner Herzog

42. Film Kolosal “Full Metal Jacket” (1987)

Full Metal Jacket

Diawali dengan kisah perekrutan prajurit muda, Joker (Matthew Modine) dan Pyle (Vincent D’Onofrio) oleh Kapten Hartman (R. Lee Ermey). Mereka kemudian dilatih keras di kamp pelatihan USMC.

Selanjutnya setting berpindah ke Perang Vietnam, dimana Joker dan Rafterman (Adam Baldwin) harus menghadapi banyak ancaman penyergapan, jebakan, dan serangan penembak jitu Vietkong dalam perjalanan mereka merebut kota.

Sutradara        : Stanley Kubrick

41. Film Kolosal “Robin Hood” (2010)

Robin Hood

Setelah kematian Raja Arthur, Robin Longstride bersama dengan teman-temannya kembali ke Inggris. Namun dalam perjalanannya, mereka menemukan adanya pengkhianatan yang mulai dilakukan oleh Godfrey (Mark Strong).

Ketika pasukan ekspedisi Prancis yang didukung oleh Godfrey mulai menyerang Inggris, Robin memimpin pasukan Inggris melawan mereka. Raja John yang merasa terintimidasi oleh reputasi Robin kemudian menyatakan bahwa Robin dan teman-temannya adalah penjahat yang harus diburu ke seluruh negeri.

Sutradara        : Ridley Scott

40. Film Kolosal “Fetih 1453” (2012)

Fetih 1453

Selama 1500 tahun, kekaisaran Romawi berkembang dengan sangat pesat. Setiap serangan ke Bizantium selalu gagal karena adanya tembok besar yang melindungi kota tersebut.

Fatih Mehmet (Devrin Evin) yang baru saja dilantik untuk menggantikan ayahnya di kekaisaran Ottoman bersumpah akan berhasil melakukan penyerangan tersebut.

2 tahun kemudian pada malam 1 April 1453, ketika warga Konstantinopel sedang merayakan Paskah di jalanan, Fatih memimpin ribuan pasukan menuju gerbang kota. Tepat sebelum pagi menjelang, lahirlah kekaisaran baru.

Sutradara        : Farouk Aksoy

39. Film Kolosal “Noah” (2014)

Noah

Film ini sempat dilarang tayang di beberapa Negara. Bercerita tentang Noah (Russel Crowe) yang mendapatkan penglihatan bahwa akan terjadi banjir besar yang menghancurkan dunia. Ia kemudian membuat bahtera besar untuk melindungi keluarganya dan setiap hewan yang ada.

Dalam prosesnya, Noah dibantu oleh para Watchers, kaum malaikat yang diabaikan karena keinginan mereka untuk membantu manusia. Usaha ini kemudian sampai ke telinga Tubal Cain (Ray Winstone) yang membawa pasukannya untuk mengambil alih bahtera, dengan cara apapun.

Sutradara        : Darren Aronofsky

38. Film Kolosal “300” (2006)

300

Pada tahun 680, Raja Persia, Xerxes (Rodrigo Santoto), mengirimkan pasukannya secara besar-besaran untuk menyerang Yunani. Raja Spartan, Leonidas (Gerard Butler), membentuk pasukan kecil yang ia pimpin sendiri. Pasukan ini hanya berjumlah 300 orang.

Perjuangan pasukan kecil ini kemudian menginspirasi seluruh Yunani untuk bangkit melawan Persia.

Sutradara        : Zack Snyder

37. Film Kolosal “Lawrence of Arabia” (1962)

Lawrence of Arabia

Diawali dengan kisah kecelakaan motor yang menewaskan T.E. Lawrence (Peter O’Toole) di usianya yang ke-46, film ini mengulas kisah balik kehidupannya yang penuh petualangan.

Pada tahun 1916, ia sebagai perwira muda intelijen ditugaskan untuk menyelidiki pemberontakan Arab melawan Turki selama Perang Dunia I.

Selama 2 tahun ia membantu Arab dalam melakukan serangan gurun terhadap Turki, hingga akhirnya ia menuju utara untuk membantu Inggris dalam menghancurkan kekaisaran Ottoman.

Film ini berhasil memenangkan 7 penghargaan dalam 35th Academy Awards, , 6 penghargaan dalam 20th Golden Globe Awards, dan masih banyak ajang penghargaan lainnya.

Sutradara        : David Lean

36. Film Kolosal “The Thin Red Line” (1998)

The Thin Red Line

Film ini diangkat dari novel semi-otobiografi James Jones, sebagi kelanjutan dari buku sebelumnya From Here to Eternity.

Mengisahkan tentang Private Witt (James Caviezel), seorang pembelot yang ditangkap oleh seniornya, Welsh (Sean Penn) dan kembali ditugaskan di pertempuran Guadalcanal.

Pertempuran yang terjadi kemudian membentuk ikatan yang kuat antara Witt dan rekan-rekannya, menyadarkan bahwa yang terpenting dalam perang bukan lagi soal menang dan kalah, namun bagaimana bertahan hidup dan saling menjaga.

Film ini masuk ke dalam 7 nominasi Academy Awards, dan memenangkan 1 penghargaan di Berlin International Film Festival.

Sutradara        : Terrence Malick

35. Film Kolosal “ Beasts of No Nation” (2015)

Beasts of No Nation

Ketika perang mulai merambah ke kotanya dan membunuh ayah serta kakaknya, Agu (Abraham Attah) kemudian terpisah dari ibu dan adik-adiknya.  Agu melarikan diri ke hutan dan bertemu dengan tentara pemberontak yang dipimpin oleh Komandan.

Tanpa disadari, Agu terlibat dalam kondisi yang rumit. Ia melihat dan melakukan banyak hal yang tidak ia pahami.

Film ini masuk ke dalam berbagai nominasi ajang penghargaan.

Sutradara        : Cary Joji Fukunaga

34. Film Kolosal “Das Boot” (1981)

Das Boot

Oktober 1941, Letnan Henrich Lehmann-Willenbrok (Jurgen Prochnow) merespon permintaan Letnan Werner (Herbert Gronemeyer) untuk membantunya dalam misi kapal selam di Samudra Atlantik. Mereka meninggalkan pelabuhan La Rochelle.

Menjelang Natal, ketika kru berencana pulang kembali ke rumah masing-masing, Henrich mendapat perintah untuk menyeberangi Selat Gibraltar, menuju Italia. Pertanyaannya, apakah mereka akan mampu mengelabui Angkatan Laut Inggris?

Film ini masuk ke dalam 6 nominasi Academy Awards. Sampai hari ini, film ini masih tercatat sebagai salah satu film Jerman terbaik.

Sutradara        : Wolfgang Petersen

33. Film Kolosal “Ran” (1985)

Ran

Hidetora Ichimonji (Tatsuya Nakadai) memutuskan untuk beristirahat dan menyerahkan kekuasannya kepada ketiga anaknya : Taro (Akira Terao), Jiro (Jinpachi Nezu), dan Saburo (Daisuke Ryu).

Ia mengabaikan peringatan Saburo tentang kedua anaknya yang lain. Menurutnya, Taro dan Jiro selalu menyambut kedatangannya dengan sangat baik.

Peringatan Saburo ternyata benar. Taro dan Jiro kemudian bersekongkol untuk merebut segalanya dari ayahnya. Bahkan gelarnya.

Film ini merupakan film Jepang yang menghabiskan biaya terbesar pada masanya, dan berhasil memenangkan Academy Awards untuk kategori Best Costume Design.

Sutradara        : Akira Kuroshawa

32. Film Kolosal “Kingdom of Heaven” (2005)

Kingdom Of Heaven

Balian (Orlando Bloom) kehilangan istrinya (Nathalie Cox) yang bunuh diri setelah anak mereka meninggal. Kemunculan ayahnya, Godfrey (Liam Neeson), dan terjadinya peristiwa yang tidak menyenangkan mendorong ia untuk bergabung dalam perang salib.

Berjuang di negeri asing, mengalami cinta terlarang, hingga mendapatkan gelar bangsawan, Balian tetap menjalankan kewajibannya dalam melindungi Yerusalem.

Film ini memenangkan beberapa penghargaan, di antaranya Hollywood Film Awards tahun 2005 untuk kategori Composer of The Year dan Satellite Awards di tahun yang sama untuk kategori Outstanding Original Score.

Sutradara        : Ridley Scott

31. Film Kolosal “Empire of The Sun” (1987)

Empire of The Sun

Diangkat dari novel otobiografi J.G. Ballard, film ini mengisahkan kehidupan James Graham (Christian Bale) yang terpisah dari orangtuanya saat invasi Jepang ke Shanghai pada 8 Desember 1941.

Ia ditangkap dan dibawa ke camp Shoo Cow. Dengan kepribadiannya yang berbeda, ia terus menyemangati orang-orang di sekitarnya. Semua ia lakukan di tengah usahanya untuk terus bertahan dari penyakit dan kelaparan, serta usahanya untuk membenahi kehidupannya kembali.

Film ini memenangkan 2 penghargaan di National Board of Review Motion Picture, serta masuk ke dalam beberapa kategori nominasi dalam 60th Academy Award. Christian Bale sendiri mendapat penghargaan khusus Juvenile Actor.

Sutradara        : Steven Spielberg

30. Film Kolosal “The Hurt Locker” (2008)

The Hurt Locker

SFC William James (Jeremy Renner) adalah petugas penjinak bom yang dikirim untuk menggantikan Sersan Matt Thompson (Guy Pearce), yang terbunuh dalam tugasnya. Dia ditugaskan di Irak.

James mencintai pekerjaannya, namun terkadang ia terlalu berani mengambil resiko. Sebulan menjelang kepulangan mereka, rekan-rekannya termasuk Sanborn (Anthony Mackie) dan Eldridge (Brian Geraghty) terpaksa mengambil resiko atas tindakan James.

Film ini memenangkan 6 kategori dalam 82nd Academy Award, dan dinominasikan serta memenangkan beberapa penghargan di ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Kathryn Bigelow

29. Film Kolosal “Black Book” (2006)

Black Book

Ketika persembunyian Rachel (Carice van Houten) dibom oleh pasukan sekutu, ia bergabung dengan sekelompok orang Yahudi yang akan diselundupkan dengan kapal menuju wilayah Belanda Selatan, melewati Biensbosch.

Namun di tengah jalan, kapal mereka disergap oleh kapal patrol. Hanya Rachel yang mampu menyelamatkan diri. Ia diselamatkan oleh kelompok perlawanan yang dipimpin oleh Gerben Kuipers (Derek de Lint).

Ketika putra Kuipers ditangkap, Rachel merayu Ludwig Muntze (Sebastian Koch) untuk membebaskannya. Di situlah ia tahu bahwa serangan di Biesbosch bukan suatu kebetulan.

Film ini masuk ke dalam nominasi berbagai ajang penghargaan, dan disebut sebagai fim Belanda terbaik yang pernah dibuat.

Sutradara        : Paul Verhoeven

28. Film Kolosal “Waltz with Bashir” (2008)

Waltz with Bashir

Suatu malam, Ari (Ari Folman) mendengarkan cerita seorang teman tentang mimpinya yang terjadi berulang kali : dikejar 26 anjing ganas. Selalu dengan jumlah yang sama. Mereka menghubungkan ini dengan Perang Lebanon di awal 1980an.

Ari yang tidak bisa mengingat kehidupannya pada masa itu, mencari informasi ke kawan-kawan lamanya. Usaha untuk menggali kembali ingatannya tersebut membawanya ke kehidupan yang mengerikan.

Film ini memenangkan Golden Globe Award untuk kategori Best Foreign Language Film, NSFC Award untuk kategori Best Film, Cesar Award untuk kategori Best Foreign Film, dan IDA Award untuk kategori Feature Documentary.

Sutradara        : Ari Folman

27. Film Kolosal “Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down

Pada tanggal 3 Oktober 1993, sekitar 100 prajurit AS di bawah kepemimpinan Kapten Mike Steele diterjukan di Mogadishu untuk menangkap panglima perang Somalia.

Misi ini memicu terjadinya baku tembak antara AS dengan ratusan warga bersenjata, menjatuhkan 2 helikopter Black Hawk.

Film ini memenangkan 2 penghargaan di 74th Academy Awards untuk kategori Best Film Editing dan Best Sound Mixing.

Sutradara        : Ridley Scott

26. Film Kolosal “Pearl Harbour” (2001)

Pearl Harbour

Rafe (Ben Affleck) dan Dany (Josh Hartnett) adalah pilot yang bersahabat sejak kecil. Pada saat Perang Dunia II pecah, mereka bersama-sama bergabung ke dalam Korps Udara. Rafe kemudian bertemu dan menjalin hubungan dengan Evelyn (Kate Beckinsale), seorang perawat.

Rafe mendapat kesempatan untuk bergabung bersama British Air Corp, dan dilaporkan mati tertembak. Dany dan Evelyn yang sama-sama berduka kemudian menjadi dekat.

Ternyata Rafe belum meninggal. Saat kembali dan menemukan bahwa mereka berdua menjalin hubungan, dia sangat marah. Namun pada saat dia akan membuat perhitungan, Pearl Harbour diserang. Rafe dan Dany ditugaskan bersama, dengan ketegangan yang masih ada.

Film ini mendapatkan 4 nominasi di Academy Awards, dan berhasil memenangkan kategori Best Sound Editing.

Sutradara        : Michael Bay

25. Film Kolosal “Downfall” (2004)

Downfall

Pada bulan April 1945, Jerman berada di ambang kekalahan ketika tentara Soviet mulai mengepung dari sisi barat dan selatan. Namun Adolf Hitler (Bruno Ganz) menyatakan keyakinannya bahwa Jerman akan menang, dan memerintahkan anak buahnya untuk berjuang sampai detik terakhir.

Downfall mengeksplore hari-hari terakhir Hitler dan kondisi pasukannya. Heinrich Himmler (Ulrich Noetten) dan Hermann Goring (Mathias Gnadiger) mulai membelot dan menyelamatkan diri masing-masing, sementara Joseph Goebbels (Ulrich Matthes) berjanji untuk mati bersama Hitler.

Film ini masuk ke dalam nominasi 77th Academy Award sebagai Best Foreign Language Film, dan memenangkan BBC Four World Cinema Competition di tahun 2005.

Sutradara        : Oliver Hirschbiegel

24. Film Kolosal “Gone with The Wind” (1939)

Gone With The Wind

Scarlett O’Hara (Vivien Leigh), gadis tercantik di daerahnya ini mencintai Ashley Wilkes (Leslie Howard). Namun Ashley memilih untuk menikahi sepupu Scarlett, Melanie (Olivia de Havilland). Kemarahan kemudian membuatnya menikahi orang yang salah.

Perang membuat Scarlett kehilangan segalanya, termasuk perkebunannya di Tara. Scarlett kemudian melakukan berbagai cara untuk tetap bisa bertahan hidup, termasuk menipu, merebut tunangan kakaknya, menikah beberapa kali untuk kepentingan finansial, hingga kesadarannya datang terlambat.

Film ini memenangkan 8 kategori dalam 12th Academy Award, memecahkan rekor pencapaian pada masa tersebut.

Sutradara        : Victor Fleming

23. Film Kolosal “Mongol: The Rise of Gengis Khan” (2007)

Mongol

Bercerita tentang Gengis Khan yang memiliki nama kecil Temudjin (Tadanobu Asano). Pada usia 9 tahun dia dibawa oleh sang ayah untuk memilih jodohnya. Dia bertemu Borte (Khulan Culuun) dan berjanji menikahinya 5 tahun kemudian. Dalam perjalanan pulang, ayah Temudjin diracun hingga mati.

Temudjin merasakan kelaparan, penghinaan, dan perbudakan sepanjang masa kecilnya. Dengan bantuan Borte, ia mampu bertahan, dan berhasil menjadi salah satu penakluk terbesar yang pernah dikenal dunia.

Film ini masuk ke dalam nominasi Best Foreign Language Film pada 80th Academy Awards, dan banyak memenangkan penghargaan di ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Sergei Bodrov

22. Film Kolosal “Spartacus” (1960)

Spartacus

Thracian Spartacus (Kirk Douglas), seorang budak yang dilatih sebagai gladiator, memimpin para budak lainnya untuk melakukan pemberontakan. Dengan jumlah pendukung yang semakin lama semakin besar, mereka menuju Italia Selatan menyeberang dan kembali ke rumah masing-masing.

Pemberontakan tersebut kemudian menjadi senjata bagi dua senator yang saling bersaing, Gracchus (Charles Laughton) dan Crassus (Sir Laurence Olivier). Ketika mereka berusaha memanipulasi pemberontakan demi kepentingannya, Spartacus dan pendukungnya terus berjuang untuk kebebasannya.

Film ini memenangkan 4 penghargaan di Academy Awards, dan 1 di Golden Globe Awards.

Sutradara        : Stanley Kubrick

21. Film Kolosal “The Ten Commandments” (2006)

The Ten Commandments

Terancam adanya nubuat kelahiran seorang anak yang akan menjadi pangeran Mesir, Firaun (Julius D’Silva) kemudian memerintahkan pembunuhan atas semua bayi laki-laki yang baru dilahirkan. Namun Moses (Dougray Scott) berhasil diselamatkan.

Ia bahkan diangkat dan dibesarkan sebagai anak dari keluarga kerajaan. Musa besar tanpa ingatan apapun tentang keluarganya.

Setelah menemukan kebenaran kisah hidupnya, Moses yang juga mendapatkan pesan dari Tuhan memulai perjuangannya untuk mewujudkan takdirnya sebagai pemimpin sekaligus membebaskan bangsa Ibrani dari perbudakan.

Sutradara        : Robert Dornhelm

20. Film Kolosal “Apocalypse Now” (1979)

Apocalypse Now

Mengambil plot Perang Vietnam, Kapten Benjamin Willard (Martin Sheen) ditugaskan untuk melakukan perjalanan menyusuri Sungai Nyun dan membunuh Kolonel Kurtz (Marlon Brando). Kurtz mengalami gangguan jiwa dan memimpin pasukannya untuk melakukan penyerangan ke wilayah musuh.

Ketika Willard dan pasukannya memasuki wilayah hutan yang tidak terjamah, Willard menyadari bahwa kengerian bukan satu-satunya hal yang merusak Kurtz, namun juga kekerasan dan kegelapan yang menjadi sifat utama manusia.

Film ini memenangkan 2 kategori dalam 52nd Academy Awards, 1 kategori dalam 1979 Cannes Film Festival, serta beberapa penghargaan dalam ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Francis Coppola

19. Film Kolosal “Saving Private Ryan” (1998)

Saving Private Ryan

Usai invasi Benteng Eropa pada 6 Juni 1944, Kapten Miller (Tom Hanks) memimpin pasukannya untuk menemukan prajurit James Francis Ryan (Matt Damon). Penyelamatan Ryan dilakukan setelah mendapat kabar bahwa saudaranya meninggal. Misi ini membawa mereka melewati wilayah Nazi.

Film ini tidak hanya berfokus pada kisah perang yang berdarah-darah, namun juga mengangkat realitas kehidupan keluarga yang hancur dan terpisah karena perang.

Film ini masuk ke dalam 11 nominasi dan memenangkan 5 kategori dalam 71st Academy Awards.

Sutradara        : Steven Spielberg

18. Film Kolosal “Curse of The Golden Flower” (2006)

Curse of The Golden Flower

Pada akhir kejayaan Dinasti Tang, Kaisar (Chow Yun Fat) dan putra keduanya Pangeran Jai (Jay Chou) mendapat sambutan dingin dari Permaisuri (Gong Li) saat pulang dari medan perang. Permaisuri selama ini menjalin hubungan gelap dengan anak tirinya, Putera Mahkota Wan (Liu Ye).

Kaisar memiliki meminta Dokter Istana (Ni Dahong) untuk membuat obat yang bisa membuat Permaisuri gila. Namun Dokter memiliki permasalahan sendiri, putrinya yang bernama Chan (Li Man) berencana akan menikah diam-diam dengan Putera Mahkota.

Di tengah segala permasalahan yang ada, putra bungsu mereka Pangeran Yu (Qin Junjie) berusaha untuk terus menjaga kedamaian dalam keluarga mereka.

Film ini memenangkan Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film pada tahun 2006, dan memenangkan beberapa penghargaan di 26th Hong Kong Film Awards.

Sutradara        : Zhang Yimou

17. Film Kolosal “Agora” (2009)

Agora

Hypatia (Rachel Weisz) adalah pengajar ilmu astronomi, matematika, dan filosofi yang dicintai oleh muridnya sendiri, Orestes, dan budaknya, Davus. Pada saat itu, lembaga pendidikan terancam akan dihancurkan oleh kekuatan kota sekuler yang dipimpin oleh Ammonius dan Cyril.

20 tahun kemudian, Cyril memimpin penganut Kristen untuk mengusik kedamaian kota, dimulai dengan memperlakukan kaum Yahudi sebagai musuh mereka. Hypotia yang menyatakan dirinya tidak memiliki iman, tetap teguh pada prinsip persaudaraan bagi semua manusia.

Film ini mendapatkan penghargaan di Goya Awards (Spanyol) dan Hamptons International Film Festival.

Sutradara        : Alejandro Amenabar

16. Film Kolosal “The Patriot” (2000)

The Patriot

Benjamin Martin (Mel Gibson) masih dihantui masa lalunya saat menjadi tentara. Pada saat Revolusi Amerika dimulai, ia memilih untuk tetap tinggal dan menjaga keluarganya.

Namun ketika salah satu anaknya dibunuh dan anak  lainnya, Gabriel (Heath Ledger), mendaftar untuk menjadi tentara untuk Amerika, ia terpaksa menjalani kehidupan lamanya untuk melindungi Gabriel dan keluarganya dari tirani Inggris.

Film ini masuk ke dalam 3 nominasi Academy Awards untuk kategori Best Sound, Best Cinematography, dan Best Original Score.

Sutradara        : Rolland Emmerich

15. Film Kolosal “The Passion of The Christ” (2004)

The Passion of The Christ

Film ini menggambarkan 12 jam terakhir dalam kehidupan Yesus (Jim Caviezel). Dimulai dari penangkapannya di Getsemani akibat pengkhianatan Yudas Iskariot (Luca Lionello), persidangan di bawah pimpinan Pontius Pilatus (Hristo Sophov), serta siksaan dan hinaan yang diterimanya.

Setelah putusan hukuman diberikan, Yesus memikul salibnya menuju Golgota, disertai pukulan-pukulan yang mengerikan. Sepanjang waktu ini, banyak ditampilkan masa lalu Yesus ketika menghabiskan waktu bersama ibu dan murid-muridnya saat memberikan ajaranNya.

Film ini masuk ke dalam 3 nominasi Academy Awards, dan memenangkan banyak penghargaan dari ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Mel Gibson

14. Film Kolosal “Red Cliff” (2008)

Red Cliff

Pada tahun 208, Perdana Menteri Cao Cao (Zhang Fengyi) mempengaruhi Kaisar Han untuk menyerang Kerajaan Liu Bei (Yong You) dan Sun Quan (Chen Chang). Perang besar ini dipimpin langsung oleh Cao Cao, diawali dari Liu Bei.

Zhuge Liang (Takeshi Kaneshiro), penasehat perang Liu Bei, menghadap Sun Quan untuk mengajak mereka berjuang bersama melawan Cao Cao. Zhou Yu (Tony Leung), raja muda Sun Quan, menyetujui usulan tersebut. Pertempuran besar terjadi antara kedua kerajaan melawan Cao Cao.

Berakhir di Tebing Merah, pihak yang unggul dalam pengetahuan dan strategilah yang memenangkan pertempuran ini.

Sutradara        : John Woo

13. Film Kolosal “Troy” (2004)

Troy

Paris (Orlando Bloom) mempengaruhi Ratu Sparta, Helen (Diane Kruger), untuk meninggalkan suaminya, Menelaus. Menelaus yang tidak terima kemudian meminta bantuan saudaranya, Agamemnon (Brian Cox), untuk merebut kembali istrinya yang dibawa ke Trojan.

Trojan dibawah kepemimpinan Hector (Eric Bana) mampu mengimbangi serangan Yunani. Namun keterlibatan Achilles (Brad Pitt) dan strateginya yang tidak terduga pada akhirnya berhasil membawa Yunani merebut kemenangan.

Film ini memenangkan ASCAP Film and Television Music Awards pada tahun 2005 untuk kategori Top Box Office Film.

Sutradara        : Wolfgang Petersen

12. Film Kolosal “Master and Commander: The Far Side of The World” (2003)

Master and Commander

Setelah menaklukkan sebagian besar Eropa, pasukan Napoleon mulai melihat Inggris sebagai target berikutnya. Kapten Jack Aubrey (Russel Crowe) dan awak kapalnya, HMS Surprise, berusaha menghalangi setiap kapal armada Perancis yang bermaksud menyerang di Samudera Pasifik.

Dalam usahanya ini, HMS Surprise akhirnya menuju wilayah laut yang lebih jauh

Film ini masuk ke dalam 10 nominasi 76th Academy Awards, memenangkan 2 kategori yaitu Best Cinematography dan Best Sound Editing. Dikalahkan oleh The Lord of The Rings : The Return of The King dalam semua kategori lainnya.

Sutradara        : Peter Weir

11. Film Kolosal “The Last Samurai” (2003)

The Last Samurai

Kapten Nathan Algren (Tom Cruise) disewa oleh Kaisar Jepang (Sichinosuke Nakamura) untuk melatih tentaranya dalam seni perang modern. Kaisar bermaksud menyingkirkan Pasukan Samurai, melakukan westernisasi, serta menerapkan kebijakan baru yang lebih modern.

Berlawanan dengan apa yang diinginkan Kaisar, Algren justru  sangat terkesan dan terpengaruh oleh prinsip Samurai.

Film ini masuk ke dalam 4 nominasi Academy Awards dan 3 nominasi Golden Globe Awards, serta memenangkan beberapa penghargaan dari ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Edward Zwick

10. Film Kolosal “Apocalypto” (2006)

Apocalypto

Ketenangan suku Maya terganggu oleh serangan brutal dari orang-orang yang memburu budak dan korban bagi para dewa. Jaguar Paw (Rudy Youngblood) kemudian menyembunyikan istri dan anak-anaknya di dalam sebuah lubang.

Paw tertangkap saat ia sedang berjuang bersama rakyatnya, namun ia terus bertahan hidup dan menyelamatkan keluarganya.

Film ini masuk ke dalam 3 nominasi Academy Awards dan memenangkan beberapa penghargaan di ajang-ajang lainnya. Mel Gibson sendiri mendapatkan Trustee Awards dari organisasi First Americans in the Arts.

Sutradara        : Mel Gibson

09. Film Kolosal “The Last Emperor” (1987)

The Last Emperor

Film ini mengisahkan secara detail tentang kehidupan Pu-Yi (Richard Vuu, Tsou Tijger, John Lone), kaisar terakhir Tiongkok, yang dinobatkan pada usia 3 tahun. Masa kecilnya dipenuhi kemewahan, terjebak dari dunia luar, dan dikelilingi situasi politik yang rumit.

Saat Revolusi Cina berlangsung, dunia Pu-Yi berubah. Sempat ditahan di Kota Terlarang, Pu-Yi akhirnya meninggal sebagai tukang kebun di Kebun Raya Peking.

Film ini memenangkan 9 kategori dalam 60th Academy Awards, 4 kategori dalam 45th Golden Globe Awards, dan masih banyak penghargaan dari ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Bernardo Bertolucci

08. Film Kolosal “Letters from Iwo Jima” (2006)

Letters from Iwo Jima

Menjelang akhir Perang Dunia II, Amerika bermaksud mengambil alih Jepang melalui Iwo Jima, sebuah pulau yang dipenuhi bebatuan dan gunung berapi. Pasukan Jepang di Iwo Jima sendiri dipimpin oleh Tadamichi Kuribayashi (Ken Watanabe) yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di Amerika.

Tokoh lain dalam film ini adalah Saigo (Kazunari Ninomiya), tukang roti miskin yang selama ini harus bertahan hidup dari tekanan rezim Jepang itu sendiri. Ketika invasi Amerika dimulai, Kuribayashi dan Saigo menunjukkan keberanian dan kekuatannya untuk membela kehormatan mereka.

Film ini memenangkan 10 penghargaan dari 10 ajang yang berbeda, termasuk Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Sutradara        : Clint Eastwood

07. Film Kolosal “Ben-Hur” (1959)

Ben Hur

Pangeran Judah Ben-Hur (Charlton Heston), berteman dengan Messala (Stephen Boyd) sejak kecil. Pada saat dewasa dan Messala telah sukses menjadi gubernur, hubungan mereka mulai merenggang karena adanya perbedaan politik.

Karena permasalahan sepele, Messala menjatuhkan Ben-Hur serta memenjarakan ibu dan saudara perempuannya. Ben-Hur bersumpah untuk kembali dan membalaskan dendamnya.

Film ini memenangkan 11 kategori dalam Academy Awards dan 3 kategori dalam Golden Globe Awards. Sampai saat ini, Ben-Hur masih disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Sutradara        : William Wyler

06. Film Kolosal “The Fortress” (2017)

The Fortress

Pada saat Dinasti Qing menyerang Joseon, Raja Injo (Park Hae-il) dan pengikut-pengikutnya bersembunyi di Namhansanseong. Mereka terisolasi dari dunia luar.

Choi Myung-kil (Lee Byung-hun) dan dan Kim Sang-hun (Kim Yun-seok) sebagai pengikut setianya kemudian memiliki pendapat yang berbeda atas situasi yang ada. Antara bernegosiasi untuk masuk dan bergabung dengan Dinasti Qing, atau terus berjuang mempertahankan kedaulatan mereka.

Film ini memenangkan 5 kategori dalam 37th Korea Association of Film Critics Awards.

Sutradara        : Hwang Dong-hyuk

05. Film Kolosal “The Lord of The Rings: The Return of The King” (2003)

The Return of The King

Ketika penguasa gelap Sauron mengalihkan perhatiannya ke Minas Tirith, Aragorn (Viggo Mortensen) dihadapkan pada keraguan akan takdirnya sendiri. Dia bersama Legolas (Orlando Bloom) dan Gimli (John Rhys-Davies) mencari bantuan Dead Army untuk memenangkan pertempuran Dunia Tengah.

Sementara pertempuran tersebut berlangsung, Frodo (Elijah Wood) dan Sam (Sean Astin) yang dipimpin oleh Gollum melanjutkan perjalanannya menuju Gunung Doom untuk menghancurkan cincin.

Film ini masuk 11 nominasi dalam 76th Academy Awards, dan memenangkan semua kategori tersebut.

Sutradara        : Peter Jackson

04. Film Kolosal “Braveheart” (1995)

Braveheart

William Walace (Mel Gibson, James Robinson) yang kehilangan ayah dan saudaranya dalam perjuangan pembebasan Skotlandia, memulai perjuangannya sendiri bersama-sama dengan Robert The Bruce (Angus McFadyen).

Ia kemudian memimpin pemberontakan melawan penguasa Inggris yang kejam, Edward The Longshank (Patrick McGoohan), yang ingin menguasai mahkota Skotlandia untuk dirinya sendiri.

Film ini memenangkan 5 kategori dalam 68th Academy Awards dan 1 kategori dalam 53rd Golden Globe Awards.

Sutradara        : Mel Gibson

03. Film Kolosal “Tae Guk Ki: The Brotherhood of War” (2004)

Tae Guk Ki

Film ini diawali dengan adanya temuan kerangka oleh sekelompok arkeolog Korea yang kemudian diidentifikasi sebagai Lee Jin-seok. Namun Lee Jin-seok masih hidup di masa tuanya, sementara adiknya Lee Jin-seok menghilang pada masa perang.

Alur film kembali ke masa perang, dimana kakak beradik Jin-seok (Won Bin) dan Jin-tae (Jang Dong-gun) terpaksa bergabung dalam perang. Jin-seok tidak lagi mampu mengenali saudaranya yang berubah karena pikirannya teracuni oleh situasi perang.

Film ini memenangkan beberapa penghargaan dalam Grand Bell Awards, Blue Dragon Film Awards, dan Asia Pasific Film Festival.

Sutradara        : Kang Je-gyu

02. Film Kolosal “Gladiator” (2000)

Gladiator

Maximus (Russel Crowe) adalah Jenderal Romawi yang sangat dicintai rakyatnya, hingga Kaisar Marcus Aurelius (Richard Harris) menunjuknya sebagai pewaris tahta. Putra mahkota, Commodus (Joaquin Phoenix), merasa tidak terima dan memerintahkan Maximus dan keluarganya dihukum mati.

Kehilangan semangat hidup, Maximus akhirnya masuk ke dalam permainan Gladiator yang mengharuskannya bermain sampai mati. Satu yang mampu membuat ia bertahan : menjadi pemenang sehingga ia bisa berhadapan langsung dengan Commodus dan membalaskan dendamnya.

Film ini sukses memenangkan 5 kategori dalam 73rd Academy Awards, 4 kategori dalam BAFTA Awards, 2 kategori dalam 58th Golden Globe Awards, serta masih banyak penghargaan dari ajang-ajang lainnya.

Sutradara        : Ridley Scott

01. Film Kolosal “Schindler List” (1993)

Schindler List

Oskar Schinder (Liam Neeson) adalah pengusaha yang mengambil keuntungan dari Perang Dunia II. Ia kemudian bergabung dengan Nazi karena alasan politis. Ia juga mempekerjakan orang Yahudi untuk alasan yang sama.

Ketika SS mulai melakukan pembantaian Ghetto, ia mengatur agar para pekerja Yahudinya terlindungi, dengan alasan agar pabriknya tetap dapat beroperasi. Namun kemudian ia menyadari, bahwa semua hal yang ia lakukan, semua yang ia miliki, dapat menyelamatkan nyawa yang tidak bersalah.

Film ini memenangkan 7 penghargaan dalam Academy Awards, serta memenangkan 82 penghargaan dan masuk ke dalam 49 nominasi dalam berbagai ajang lainnya.

Sutradara        : Steven Spielberg

 

Beberapa film lama yang saya rekomendasikan, adalah film-film yang menurut saya merupakan cikal bakal berkembangnya film kolosal saat ini. Memang masih ada kekurangan dari berbagai sisi, namun ide membuat film secara besar-besaran di tahun tersebut menurut saya merupakan terobosan yang luar biasa.

Kalau dilihat-lihat lagi, ada beberapa nama yang secara konsisten muncul dalam daftar saya : Mel Gibson (tentunya), Russel Crowe, Ridley Scott, Stanley Kubrick, Steven Spielberg, Christian Bale, dan Wolfgang Petersen.

Disadari atau tidak, tampaknya mereka adalah orang-orang terbaik untuk genre film ini. Baik sebagai sutradara, maupun sebagai pemeran.

Versi saya dan versi anda tentu berbeda, karena semua kembali ke rasa dan selera. Kalau ini versi saya, maka apa sajakah 30 film kolosal terbaik versi anda?

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.