insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Korea Romantis

Materi Yang Dibahas

Hobby saya menonton film, apapun genrenya, termasuk film romantis. Namun saya butuh perjuangan khusus untuk menonton film ini. Bukan karena tidak suka, namun lebih kepada sukarnya menemukan partner yang tepat untuk menontonnya.

Maklum, lingkungan pergaulan saya sebagian besar pria. Yang mana sungguhlah amat gengsi bagi mereka menonton genre ini.

Film romantis sendiri adalah film yang memasukkan unsur-unsur percintaan di dalam kisahnya. Biasanya menyisipkan permasalahan semacam keuangan, kondisi fisik, diskriminasi, dan teman-temannya. Tujuannya tentu satu : menunjukkan seberapa besar kekuatan cinta itu sendiri.

Genre ini dalam perkembangannya tidak melulu berisi kisah percintaan ala Cinderella. Banyak unsur yang mulai dimasukkan seperti komedi, tragedy, action, bahkan horror. Buat saya ini menarik, karena memberi peluang bagi saya untuk menyeret siapapun untuk menemani.

Berikut 40 Film Korea Romantis versi saya:

40. Film Korea Romantis “My Tutor Friend” (2003)

My Tutor FriendChoi Su-wan (Kim Ha-neul) dan Kim Ji-hoon (Kwon Sang-woo) sama-sama berusia 21 tahun, lahir pada bulan Maret 1982. Su-wan adalah mahasiswi semester 2, dan Ji-hoon masih kelas 3 SMA.

Setelah ayahnya kehilangan pekerjaan, Su-wan mulai mengajar sebagai guru private bagi Ji-hoon, playboy sekaligus petarung di sekolahnya.

Hubungan Ji-hoon dengan orang tuanya buruk karena ia pernah dikirim ke USA pada usia muda. Jika nilainya tidak mencukupi, ia diancam akan dikirim kembali ke sana. Berhasilkan Soo-wan membantu Ji-hoon?

Sutradara            : Kim Kyeong-hyeong

39. Film Korea Romantis “Pained” (2011)

PainedSetelah kehilangan keluarganya, Nam-soon (Kwong Sang-woo) tidak bisa lagi merasakan rasa sakit, baik fisik maupun emosional.

Ia kemudian bertemu dengan Dong-hyeon (Jung Ryeo-won) yang menyebut dirinya sendiri vampire karena mengidap hemophilia. Saat hubungan mereka semakin dekat, kepekekaan Nam-soon kembali muncul. Semua rasa sakit dan penderitaan yang ia rasakan, mundul kembali ke permukaan.

Sutradara            : Kwak Kyung-taek

38. Film Korea Romantis “…ing” (2003)

ingFilm ini mengisahkan hubungan yang luar biasa antara Min-a (Im Soo-jung), gadis pemalu yang menyendiri karena penyakit parah dan cacat tangan, dengan ibunya, Mi-suk (Lee Mi-sook).

Min-ah kemudian juga berteman dengan Young-jae (Kim Rae-won), fotografer periang yang baru pindah ke kompleks apartemen mereka.

Sutradara            : Lee Eon-hie

37. Film Korea Romantis “A Millionaire First Love” (2006)

A Millionaire First LoveKang Jae-kyung (Hyun Bin) akan mewarisi kekayaan kakeknya ketika ia berusia 19 tahun, dengan syarat harus menyelesaikan sekolahnya di SMA Boram, sekolah di sebuah desa. Kepindahannya menimbulkan banyak permasalahan di tempat baru.

Perkenalannya dengan Choi Eun-hwan (Lee Yeon-hee) mengubah segalanya. Eun-hwan yang cantik, berbeda, dan memiliki rahasia, berhasil membuatnya jatuh cinta. Dan mendekatkannya kepada teman-temannya.

Sutradara            : Kim Tae-gyun

36. Film Korea Romantis “Windstruck” (2004)

Windstruck

Yeo Kyung-jin (Jun Ji-hyun), seorang polisi wanita, bertemu tanpa sengaja dengan Ko Myung-woo (Jang Hyuk) dalam sebuah kejahatan. Ia menemukan bahwa Myung-woo adalah lelaki yang baik dan bertanggung jawab.

Myung-woo membantunya ketika ia terlibat dalam perang senjata dari kelompok pengedar narkoba. Kedekatan mereka kemudian membuat Myung-woo jatuh cinta.

Myung-woo kembali membantunya saat ia terlibat dalam pengejaran penjahat terkenal, tanpa sadar bahwa apa yang terjadi di hari itu bisa mengubah hubungan mereka selamanya.

Sutradara            : Kwak Jae-young

35. Film Korea Romantis “More Than Blue” (2009)

More Than Blue

Kay (Kwon Sang-woo) dan Cream (Lee Bo-young), anak yatim piatu yang berteman sejak SMA. Kay ditinggalkan oleh ibunya setelah kematian anaknya, sementara Cream kehilangan keluarganya dalam kecelakaan yang mengerikan.

Kay didiagnosa menderita kanker ganas. Ia menyembunyikan perasaannya pada Cream, dan justru mendesak Cream untuk mencari pasangan yang tepat, karena ia tahu bahwa Cream memiliki ketakutan akan kesendirian.

Cream kemudian menjalin hubungan dan memutuskan menikahi seorang dokter kaya, Cha Ju-hwan (Lee Beom-soo). Meski sedih, Kay tahu bahwa Cream telah menemukan pasangannya. Di malam menjelang pernikahan mereka berdua, Kay memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya.

Sutradara            : Won Tae-yon

34. Film Korea Romantis “Il Mare” (2000)

Il Mare

Ketika Eun-joo (Jun Ji-hyun) pindah dari rumahnya, Il Mare, ia meninggalkan surat untuk sang pemilik baru agar meneruskan surat-surat untuknya ke alamat barunya. Surat itu ditinggalkan di kotak surat, tertanda tahun 1999.

Di tahun 1997, pemilik pertama Il Mare, Han Sung-hyun (Lee jeong-jae), menemukan surat tersebut dan menganggapnya lelucon. Ia pun meninggalkan surat balasan di tempat yang sama, mengingatkan kesalahan waktu yang tertulis.

Keduanya akhirnya menyadari bahwa mereka terpisah dimensi waktu, namun entah bagaimana bisa berkomunikasi melalui kotak surat di Il Mare.

Sutradara            : Lee Hyun-seung

33. Film Korea Romantis “Sad Movie” (2005)

Sad Movie

Film ini menunjukkan 4 kisah yang berbeda :

Lee Jin-wu (Jung Woo-sung) adalah petugas kebakaran yang menjalin hubungan dengan Ahn Su-jeong (Im Soo-jung), seorang penerjemah tunarungu di stasiun TV. Ia sudah membeli cincin dan bersiap-siap melamar Soo-jung, ketika muncul sebuah pertanyaan penting.

Choi Suk-hyun (Son Tae-young) menyampaikan kepada pacarnya yang pengangguran, Jung Ha-seok (Cha Tae-hyun), bahwa ia membutuhkan pria dengan pekerjaan yang baik. Ha-seok pergi dan menemukan pekerjaan baru : membantu pasangan lain yang baru saja putus.

Yeom Ju-young (Yum Jung-ah) terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu bersama Hee-chan, putranya yang masih kecil. Ketika ia terkena penyakit dan harus beristirahat di tempat tidur, komunikasinya dengan putranya justru semakin membaik.

Ahn Su-eun (Shin Min-a) adalah gadis tuli yang bekerja di dalam sebuah boneka karakter di taman hiburan. Di sana ia bertemu dengan seorang seniman muda. Ketika perasaan mereka berkembang, ia tetap tidak berani untuk membuka kostum yang menutupi bekas lukanya.

Sutradara            : Kwon Jong-kwan

32. Film Korea Romantis “Mood of The Day” (2016)

Mood of The Day

Bae Soo-jung (Moon Chae-won) telah menjalin hubungan dengan kekasihnya selama 10 tahun, namun hubungan mereka selalu bermasalah.

Saat ia memulai perjalanan bisnisnya dengan kereta, ia duduk di samping Kim Jae-hyun (Yoo Yeon-seok), playboy yang tertarik kepadanya dan mencoba segala cara untuk menarik perhatiannya. Mereka berbagi perjalanan bersama menuju Busan, membuka hati untuk saling mengenal satu sama lain.

Sutradara            : Jang Jong-kyu

31. Film Korea Romantis “Hello, Schoolgirl” (2008)

Hello Schoolgirl

Kim Yeon-wu (Yu Ji-tae), pegawai berusia 30 tahun, jatuh cinta pada Han Su-yeon (Lee Yeon-hee), pelajar berusia 18 tahun yang tinggal bersama ibunya di apartemen yang sama.

Kang-sook (Kang-in), pegawai baru berusia 22 tahun, jatuh cinta pada Gweon Ha-gyeong (Chae Jung-an), wanita pemurung berusia 29 tahun yang terus mencari cintanya yang hilang.

Akankah kedua hubungan ini berakhir bahagia?

Sutradara            : Ryu Jang-ha

30. Film Korea Romantis “My Little Bride” (2004)

My Little Bride

Satu-satunya hal yang diinginkan sang kakek (Kim In-mun) adalah menyaksikan pernikahan cucunya, Seo Bo-eun (Moon Geun-young). Ia bahkan berpura-pura sakit parah untuk mewujudkan keinginannya.

Akhirnya ia menjodohkannya dengan Park Sang-min (Kim Rae-won) , cucu dari temannya. Pernikahan ini bersifat rahasia. Bo-eun dan Sang-min tinggal terpisah dan berusaha menjalani kehidupan mereka secara normal. Namun segala sesuatunya berkembang menjadi lebih rumit dari yang mereka bayangkan.

Sutradara            : Kim Ho-joon

29. Film Korea Romantis “Love Phobia” (2006)

Love Phobia

Cha Jo-kang (Cho Seung-woo) pertama kali bertemu dengan A-ri (Kang Hye-jung) ketika masih kecil, saat gadis itu mengenakan jas kuning cerah kesayangannya. A-ri memberitahu semua orang bahwa ia adalah alien, dan akan membahayakan siapapun yang ia sentuh.

Jo-kang percaya pada apapun yang dikatakan A-ri, dan bersedia melakukan apapun untuknya. Suatu hari, mereka berteduh bersama di bawah jas kuning. Jo-kang kemudian terkena penyakit campak, dan A-ri menghilang.

Sutradara            : Kang Ji-eun

28. Film Korea Romantis “Always” (2011)

Always

Pensiun dari dunia tinju, Cheol-min (So Ji-sub) bekerja sebagai petugas parkir. Suatu malam ketika ia sedang bertugas, datang seorang wanita muda, Han Jung-hwa (Han Hyo-joo) dan menawarinya sesuatu.

Ia baru menyadari bahwa wanita itu buta. Dan wanita itu keliru mengenalinya sebagai petugas parkir yang bekerja sebelumnya. Berawal dari sini, kehidupan mereka berubah selamanya.

Sutradara            : Song Il-gon

27. Film Korea Romantis “He Meets The Love” (2008)

He Meets The Love

Bosan dengan hubungannya bersama Mi-yeon ( Han Ji-hye) yang sudah berjalan cukup lama, Jun-seo (Lee Chun-hee) memutuskan untuk mendaftar menjadi sukarelawan sebuah proyek penelitian di Antartika.

Ketika Mi-yeon mengunjunginya, ia melarikan diri dan menemukan suatu fakta yang sulit diterima : Mi-yeon mengalami kecelakaan dan mengalami koma, sehari sebelum mereka bertemu.

Menyadari cinta Mi-yeon yang luar biasa, ia kemudian melakukan napak tilas, menelusuri jejak-jejak kehidupan Mi-yeon.

Sutradara            : Park Dae-yeong

26. Film Korea Romantis “Man In Love” (2014)

Man In Love

Tae-il (Hwang Jeong-min) adalah seorang penagih utang yang bekerja untuk rentenir di kawasan Gunsan. Ia tinggal bersama kakaknya, Yeong-il (Kwak Do-won), dan menjalankan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh.

Suatu hari, ia bertemu dengan Ho-jeong (Han Hye-jin), seorang perawat yang terlilit hutang karena harus membiayai pengobatan ayahnya. Ho-jung terpaksa menandatangani kontrak untuk menjual organ tubuhnya sebagai pelunasan hutang.

Terus-menerus memikirkan Ho-jung, ia kemudian meminta Ho-jung berkencan dengannya. Setiap kali berkencan, hutang Ho-jung dianggap berkurang. Hubungan ini kemudian berkembang menjadi serius.

Sayang ketika memutuskan untuk meninggalkan geng dan menjalani hidup yang lebih baik, ia divonis menderita penyakit kanker.

Awards                 : nominasi di ajang Skip City International D-Cinema Festival

Sutradara            : Han Dong-wook

25. Film Korea Romantis “Marriage is A Crazy Thing” (2002)

Marriage is A Crazy Thing

Adik dan teman-teman Jun-young (Kam Woo-sung) sudah menikah, namun ia sendiri belum tertarik untuk menjalani hubungan yang serius.

Yeon-hee (Uhm Jung-hwa) mulai putus asa menemukan jodohnya di usia 30 tahun. Ia tidak butuh cinta, hanya mencari pasangan yang memiliki status ekonomi dan social yang cocok.

Dipertemukan dalam sebuah kencan buta, mereka mulai menjalani hubungan yang tidak biasa : Yeon-hee masih mengharapkan suami sesuai kriterianya, sementara Jun-young tetap berusaha menghindari komitmen.

Awards                 : Baek Sang Art Awards (Best Actress)

Sutradara            : Ha Yoo

24. Film Korea Romantis “Love Forecast” (2015)

Love Forecast

Di balik penampilannya yang menakjubkan sebagai reporter, Hyun-woo (Moon Chae-won) adalah seorang peminum berat, terjebak dalam hubungan cinta yang rumit.

Ia mencintai Dong-jin (Lee Seo-jin), seorang produser yang sudah menikah. Di sisi lain ada Hyo-bong (Jung Joon-young), fotografer muda yang mencintainya sejak pertama kali bertemu. Kerumitan masih ditambah dengan hadirnya Jun-su (Lee Seung-gi), teman masa kecilnya yang memendam rasa.

Tiga hubungan, dengan tiga pria yang berbeda. Kemana hubungan ini akan berlanjut?

Award                   : Korean Film Actor’s Association Awards dan Max Movie Awards – SK untuk kategori Best New Actor

Sutradara            : Park Jin-pyo

23. Film Korea Romantis “Ditto” (2000)

Ditto

Suatu malam, Yoon Su-eun (Kim Ha-neul) berkenalan dengan Ji-in (Yu Ji-tae) melalui radio amatir. Mengetahui bahwa keduanya berkuliah di tempat yang sama, mereka lalu membuat janji untuk bertemu.

Pada waktu yang ditentukan, keduanya tidak bertemu. Mereka saling menuduh satu sama lain, bahwa mereka datang di tempat yang dijanjikan, tapi yang lainnya tidak.

Lebih lanjut terungkap bahwa Su-eun adalah mahasiswa yang hidup di tahun 1979, sementara Ji-in hidup di tahun 2000. Dan mereka berkomunikasi melalui radio amatir tanpa sambungan listrik.

Awards                 : Blue Dragon Awards (Best Supporting Actress), BCFA (Best New Actor, Best New Actress)

Sutradara            : Kim jeong-kwon

22. Film Korea Romantis “The Beauty Inside” (2015)

The Beauty Inside

Setiap hari Woo-jin (Park Seo-joon) terbangun dalam tubuh yang berbeda. Laki-laki, perempuan, tua, muda, bahkan sebagai orang asing. Jiwa yang sama, dalam raga yang berbeda.

Satu hal yang tetap sama : cintanya pada Yi-soo (Han Hyo-joo), satu-satunya orang yang tahu rahasianya, dan tetap mencintainya. Apapun keadaannya.

Setiap kali, setiap hari, Woo-jin harus mencari cara untuk bersatu kembali dengan Yi-soo.

Award                   : Blue Dragon Awards (Best Editing), Grand Bell Awards (Best New Director), Korean Film Actor’s Association Awards (Top Star), dan 13 nominasi dalam berbagai ajang penghargaan lainnya.

Sutradara            : Baek Jong-yeol

21. Film Korea Romantis “Two Faces of My Girlfriend” (2007)

Two Faces of My Girlfriend

Goo-chang (Bong Tae-gyu) adalah mahasiswa tahun ketujuh yang selalu gagal dalam hidupnya. Kegagalannya dalam melamar pekerjaan membuat ia harus hidup dengan mengandalkan kakaknya. Yang lebih parah lagi, di usia 30 tahun ia belum pernah berpacaran.

Suatu hari ia menemukan dompet, dan mengembalikan kepada pemiliknya, An (Jung Rye-won)i, seorang gadis manis, polos, dan pemalu. Mereka kemudian mulai berkencan.

Saat hubungan mulai berjalan serius, ia baru menyadari bahwa Ani memiliki kepribadian ganda, dengan kepribadian lain yang sangat berlawanan : pemabuk dan agresif. Akankah ia bisa menerimanya?

Awards                 : Blue Dragon Awards untuk kategori Best New Actress

Sutradara            : Lee Seok-hoon

20. Film Korea Romantis “Seducing Mr Perfect” (2006)

Seducing Mr Perfect

Kim Min-joon (Uhm Jung-hwa) yang baru saja putus tanpa sengaja menabrakkan mobilnya ke Robin Heiden (daniel Henney), pengusaha Amerika yang kebetulan adalah bos barunya.

Heiden yang mengambil alih perusahaan menunjukkan bahwa ia membenci Min-joon. Min-joon pun nekad merayunya, membuatnya menyesali perbuatannya. Akankah Min-joon berhasil?

Awards                 : 3 nominasi di Grand Bell Awards – SK untuk kategori Best New Actor, Best New Director, dan Best Art Direction

Sutradara            : Kim Sang-woo

19. Film Korea Romantis “Lover’s Concerto” (2002)

Lovers ConcertoLee Ji-hwan (Cha Tae-hyun) bekerja paruh waktu di sebuah kafe, memiliki hobi fotografi. Ia bertemu dan tertarik dengan Su-in (Son Ye-jin) yang cantik,  yang kemudian mengenalkannya kepada Kyeong-hee (Lee Eun-ju), sahabatnya yang tomboy.

Su-in yang manja selalu bergantung pada Kyeong-hee yang periang. Mereka bertiga menikmati persahabatan tersebut, sampai kedua gadis itu menyadari cintanya pada Ji-hwan, dan Ji-hwan berbalik mulai menyukai Kyeong-hee.

Awards                 : Korean Association of Film Critics Awards untuk kategori Best New Actress

Sutradara            : Han Lee

18. Film Korea Romantis “My Girl and I” (2005)

My Girl and IKim Su-ho (Cha Tae-hyun) adalah pelajar SMA yang sederhana, sementara Bae Su-eun (Song Hye-kyo) adalah pelajar cantik dan cerdas dari sekolah yang sama.

Entah kenapa, Su-eun mencintai Su-ho. Ia bahkan menyelamatkan Su-ho ketika tenggelam di laut, meski Su-ho tidak pernah tahu siapa yang menolongnya.

Hubungan mereka berlanjut, hingga terjadi sesuatu yang mengerikan.

Awards                 : nominasi Best New Actress di ajang Grand Bell Awards – SK

Sutradara            : Jeon Yun-su

17. Film Korea Romantis “Christmas in August” (1998)

Christmas in AugustJung-won (Han Suk-kyu) adalah seorang fotografer yang memiliki studio sendiri. Meski ia divonis sakit parah, ia menerima dan tetap menjalani hari-harinya seperti biasa.

Di tengah rutinitasnya setiap hari, ia bertemu Da-rim (Shim Eun-ha). Da-rim adalah seorang pengawas parkir yang selalu datang untuk mencetak foto dari mobil-mobil yang diparkir secara illegal. Da-rim yang selalu ceria berhasil memikat hatinya.

Namun akankah ia bisa bertahan? Akankah ia mengungkapkan perasaannya?

Awards                 : Blue Dragon Awards (Best Film), Korean Association of Film Critics Awards (Best Film, Best Actress, Best Director, Best Cinematography), Vancouver International Film Festival (Dragons and Tigers Award), serta 4 penghargaan dan 3 nominasi di ajang lainnya

Sutradara            : Hur Jin-ho

16. Film Korea Romantis “Daisy” (2006)

DaisyFilm ini mengangkat kisah cinta segitiga antara Hye-young (Jun Ji-hyun), seorang pelukis jalanan di Amsterdam sekaligus penjaga toko barang antik milik kakeknya, dengan dua pria yang berbeda latar belakang.

Jeong-woo ( Lee Sung-jae) adalah seorang polisi Interpol yang menyembunyikan identitasnya. Sementara Park Yi ( Jung Woo-sung) adalah pembunuh bayaran yang hanya bisa mengawasinya dari kejauhan.

Hanya masalah waktu sebelum keduanya berpapasan dalam misinya masing-masing.

Awards                 : Verona Love Screen Film Festival (Audience Award, Young Jury Award), dan 4 nominasi di ajang lainnya

Sutradara            : Lau Wai-keung

15. Film Korea Romantis “Innocent Steps” (2005)

Innocent StepsSetelah rehat dari kecelakaan yang disengaja oleh Jung Hyun-soo (Yoon Chan), rivalnya, Na Young-sae (Park Geon-hyeong) kembali ke dunia tari. Ia juga membuka kembali studionya.

Ma Sang-doo (Park Won-sang), manajernya, membawa Jang Chae-rin (Moon Geun-young) untuk dilatih olehnya. Young-sae kemudian menemukan bahwa Chae-rin yang disebut memiliki bakat, ternyata tidak memiliki pengetahuan apapun tentang tari.

Dengan hanya tiga bulan menjelang kejuaraan nasional, Young-sae berusaha menunjukkan kemampuan Chae-rin ke dunia.

Awards                 : Grand Bell Awards – SK (Popularity Award) dan nominasi Best Actress di ajang yang sama

Sutradara            : Park Young-hoon

14. Film Korea Romantis “Temptation of Wolves” (2004)

Temptation of WolvesSetelah kematian ayahnya, Jung Han-kyeong (Lee Chung-ah) dan ibunya memutuskan untuk pindah ke Seoul dan meneruskan sekolahnya di SMA Kang Shin. Ternyata kehidupan di Seoul tidak semudah yang ia bayangkan.

Ban Hae-won (Jo Han-sun), pelajar terpopuler di sekolahnya, jatuh cinta pada tingkah lakunya yang polos dan menggemaskan. Demikian juga Jung Tae-sung (Gang Dong-won), dedengkot sekolah Sung Kwon.

Tae-sung memilih mundur dari persaingan tersebut, hingga Han-kyeong dan Han-sun mengetahui rahasia apa yang disembunyikannya.

Awards                 : Grand Bell Awards – SK (Best New Actress) dan Korean Association of Film Critics Awards (Best New Actor)

Sutradara            : Kim Tae-gyun

13. Film Korea Romantis “Addicted” (2002)

AddictedHo-jin (Eol Lee) dan Dae-jin (Lee Byung-hun) adalah kakak beradik yang tersisa dari keluarga mereka. Setelah Ho-jin menikahi Eun-su (Lee Mi-yeon), mereka bertiga hidup bersama menjalani hari-hari yang menyenangkan.

Satu ketika, Ho-jin dan Da-jin mengalami kecelakaan pada saat yang bersamaan, di tempat yang berbeda. Keduanya mengalami koma. Eun-soo terus merawat mereka.

Dae-jin terbangun dari komanya setahun kemudian, bersikeras bahwa ia adalah Da-jin. Eun-soo yang mulanya tidak percaya, mulai membuka hati ketika ia melihat cara bicara, selera, dan perilakunya memang persis suaminya.

Namun bagaimana mereka menyikapi pandangan negatif dari orang-orang di sekitar mereka?

Awards                 : Grand Bell Awards – SK untuk kategori Best Actress, dan 1 nominasi Blue Dragon Awards untuk kategori Best Actor

Sutradara            : Park Young-hoon

12. Film Korea Romantis “Someone Special” (2004)

Someone SpecialDong Chi-sung (Jung Jae-young) adalah pemain baseball professional yang banyak menjalin hubungan asmara, namun belum pernah merasakan cinta pertama. Ia divonis menderita penyakit parah.

Usai mabuk bersama temannya di bar, ia terbangun di rumah Han Yi-yeon (Lee Na-young), bartender wanita yang pernah diabaikannya. Perjalanan cinta merekapun dimulai.

Awards                 : Blue Dragon Awards (Best Actress), BCFA (Best Screenplay, Best Actor), Women in Film Korea Festival (Actress Award)

Sutradara            : Jin Jang

11. Film Korea Romantis “200 Pounds Beauty” (2006)

200 Pounds BeautyMeski memiliki suara dan kepribadian yang luar biasa, Kang Hanna (Kim Ah-jung) tidak pernah bisa menjadi penyanyi. Ia hanya bisa menjadi penyanyi bayangan untuk Ammy (Ji Seo-yoon). Semua karena ukuran tubuhnya yang terlalu besar.

Suatu hari Hanna menerima undangan pesta ulang tahun dari Sang-jun (Joo Jin-mo), produser Ammy yang diam-diam ia cintai. Sang-jun juga mengirimkan sebuah gaun berwarna merah, dengan model yang mewah dan terbuka.

Meski terpaksa, Hanna hadir dengan gaun tersebut. Namun Ammy yang kecil mungil muncul dengan gaun yang serupa. Hanna yang mengalami trauma emosional kemudian menghilang selama setahun.

Hanna kembali sebagai Jenny yang cantik…

Awards                 : Grand Bell Awards – SK (Best Actress, Best Cinematography, Best Music, Popularity Award), Women in Film Korea Awards (Technical Award), dan 11 nominasi di ajang-ajang lainnya

Sutradara            : Kim Yong-hwa

10. Film Korea Romantis “Oasis” (2002)

OasisHong Jong-du (Sol Kyung-gu) yang baru saja keluar dari penjara karena pembunuhan, adalah pemuda yang memiliki kekurangan dalam perilaku sosialnya. Ia sering gelisah, tersedu, dan tertawa tanpa sebab.

Ia kemudian bertemu dengan Gong-ju (Moon So-ri), perempuan muda pengidap cerebral palsy. Sama-sama disia-siakan oleh keluarga masing-masing, persahabatan mereka pun berkembang.

Awards                 : Blue Dragon Awards (Best New Actress), BCFA (Best Screenplay, Best Actor), Korean Association of Film Critics Award (Best Film, Best Actor, Best Actress), serta 14 penghargaan dan 2 nominasi di ajang-ajang lainnya

Sutradara            : Lee Chang-dong

9. Film Korea Romantis “Failan” (2001)

FailanSetelah kematian kedua orangtuanya, Failan (Cecilia Cheung) memutuskan untuk pindah ke Korea, mencari kerabatnya yang tersisa. Namun sampai disana, ia mendapati bahwa mereka telah pindah ke Kanada.

Failan akhirnya terpaksa mencari jodoh melalui biro perjodohan, agar ia bisa tetap tinggal di Korea. Ia dijodohkan dengan Kang-jae (Choi Min-sik), gangster tua yang ketinggalan zaman dan tidak lagi ditakuti.

Failan selalu menuliskan penderitaan dan kerinduannya dalam surat-suratnya untuk Kang-jae, namun ia tidak pernah memiliki keberanian untuk mengirimkannya.

Suatu saat, Kang-jae menerima tugas yang berat dari pimpinannya. Bagaimanapun ia membutuhkan  uang itu. Namun di sisi lain, ia masih berharap bisa bertemu dengan istri yang tak pernah dijumpainya.

Awards                 : BCFA (Best Actor), Grand Bell Awards – SK (Best Director), Korean Association of Film Critics Awards (Best Actor), serta 6 penghargaan di ajang-ajang lainnya

Sutradara            : Song Hae-sung

8. Film Korea Romantis “The Classic” (2003)

The ClassicJu-hie (Son Ye-jin) menjalin hubungan dengan Oh Joon-haa (Cho seung-woo), namun justru dijodohkan dengan Tae-su (lee Ki-woo), sahabat Joon-haa. Diam-diam Tae-su justru membantu mereka, bahkan berniat bunuh diri ketika akan dinikahkan dengan Ju-hie.

Joon-haa kemudian memutuskan untuk ikut berperang di Vietnam. Disana dia mengalami Ju-hie akhirnya menikah dengan Tae-su.

Ji-hae menemukan diary Ju-hie, ibunya, dan membaca kisah itu. Kisah itu ia ceritakan kepada pria yang ia cintai, Sang Min  (Jo In-sung), yang ternyata memiliki kisah yang sama.

Awards                 : Huabiao Film Awards (Outstanding Translated Foreign Film), dan nominasi Best Asian Film di ajang Hong Kong Film Awards

Sutradara            : Kwak Jae-young

7. Film Korea Romantis “Maundy Thursday” (2006)
Maundy Thursday

Moon Yu-jeong (Lee Na-young), gadis dari keluarga kaya yang membenci ibunya. Ia tidak pernah merasa bahagia sejak mengalami pelecehan seksual oleh sepupunya, dan sudah tiga kali mencoba bunuh diri.

Jung Yun-soo (Kang Dong-won), terpidana mati yang sejak kecil ditinggalkan orangtuanya sehingga terpaksa hidup di jalanan bersama adiknya. Ia masuk ke dalam dunia kriminal dan terlibat dalam pembunuhan.

Mereka dipertemukan, terhubung, dan mulai menyadari perasaannya masing-masing saat waktu yang mereka miliki sudah semakin singkat.

Awards                 : 2 nominasi di Blue Dragon Awards untuk kategori Best Actress dan Best Music

Sutradara            : Song Hae-sung

6. Film Korea Romantis “Architecture 101” (2012)

Architecture 101Lee Seung-min (Lee Je-hoon) menerima kunjungan seorang klien wanita di kantor arsitekturnya. Klien tersebut memintanya untuk mendesain ulang rumahnya di Pulau Jeju.

Seung-min kemudian mengenali klien tersebut sebagai Seo-yeon (Bae Suzy), mantan kekasih sekaligus cinta pertamanya. Ia pun menolak permintaan itu.

Seo-yeon bersikeras, bahkan menghadap atasan Seung-min. Seung-min tidak punya pilihan lain selain menjalankan tugas itu, memunculkan kembali kenangan-kenangan lama mereka dalam situasi yang berbeda.

Awards                 : Baek Sang Art Awards (Best New Actress), Blue Dragon Awards (Best New Actor, Pupular Star), Buil Film Awards (Best Screenplay), KOFRA Film Awards (Best New Actor), Korean Association of FCI (Best Music), dan 7 nominasi di ajang lainnya

Sutradara            : Lee Yong-joo

5. Film Korea Romantis “Once in A Summer” (2006)

Once in A Summer

Musim panas 1969, Yoon Suk-young (Lee Byung-hun) bekerja sebagai sukarelawan di pertanian Sunaeri. Ia sering menghabiskan waktunya sendirian, hingga bertemu dengan pustakawan desa, Suh Jung-in (Soo Ae).

Suk-young tertarik kepada Jung-in, anak yatim cerdas yang suka bekerja keras. Demikian juga sebaliknya. Namun mereka terpaksa berpisah.

Sekian waktu berlalu, Suk-young yang telah menjadi professor mengikuti acara televisi yang mempertemukan kembali orang-orang dari masa lalu mereka. Ketika dia menelusuri Sunaeri, orang-orang menolak untuk memberikan informasi tentang Jung-in.

Awards                 : Chunsa Film Art Awards (Best Film)

Sutradara            : Jo Geun-shik

4. Film Korea Romantis “My Sassy Girl” (2001)

My Sassy Girl

Film ini berkisah tentang pertemuan Kyun-woo (Cha Tae-hyun) dengan seorang gadis (Jun Ji-hyun) yang tidak pernah disebutkan namanya, mabuk dan nyaris pingsan di kereta. Sebelum pingsan, ia sempat mengucapkan kata sayang.

Penumpang lain beranggapan bahwa mereka adalah sepasang kekasih, dan memaksa Kyun-woo untuk bertanggung jawab. Kyun-woo terpaksa menggendong si gadis ke sebuah motel untuk beristirahat.

Hubungan mereka berkembang dengan dibumbui banyak kisah lucu, dimana si gadis selalu memaksa Kyun-woo untuk menuruti keinginannya, tanpa peduli apapun kondisinya.

Awards                 : Blue Dragon Awards (Best New Actor), Fantasia Film Festival (Most Popular Film), Grand Bell Awards – SK (Best Actress, Best Screenplay), Hochi Film Awards (Best Foreign Language Film), Hong Kong Film Awards (Best Asian Film), dan 1 nominasi di ajang lainnya

Sutradara            : Kwak Jae-young

3. Film Korea Romantis “A Werewolf Boy” (2012)

A Werewolf Boy

Pada tahun 1965, Soon-yi (Park Bo-young) bersama ibu dan kakaknya pindah ke sebuah lembah terpencil untuk memulihkan kondisinya setelah terkena penyakit paru-paru. Mereka hidup dengan belas kasihan tuan tanah mereka yang sombong, Ji-tae (Yoo Yeon-seok), putra mantan rekan bisnis ayahnya.

Suatu hari, mereka menemukan seorang anak lelaki liar: tidak dapat membaca dan menulis, berperilaku seperti binatang buas, dan memiliki golongan darah yang tidak bisa diidentifikasikan. Ibu Sun-yi mengadopsi dan memberinya nama Chul-soo (Song Joong-ki).

Ketika mereka berdua semakin dekat, Ji-tae mulai membuat masalah. Naluri binatang Chul-soo muncul kembali untuk melindungi orang yang ia sayangi. Wargapun mulai memburunya. Untuk melindunginya, Sun-yi pergi dengan janji bahwa suatu saat ia akan kembali.

47 tahun kemudian. Sun-yi kembali bersama dengan cucunya. Akankah ia bertemu Chul-soo kembali?

Awards                 : Baek Sang Art Awards (Best New Director), Buil Film Awards (Best Supporting Actress), Grand Bell Awards – SK (Best Supporting Actress), KOFRA Film Awards (Discovery Awards), dan 7 nominasi di ajang-ajang lainnya

Sutradara            : Jo Sung-hee

2. Film Korea Romantis “3-Iron” (2004)

3 iron

Tae-suk (Jae Hee), gelandangan tunawisma, memasuki sebuah rumah dan tinggal diam-diam sementara pemiliknya pergi. Sebagai ucapan terima kasih, ia melakukan perbaikan-perbaikan kecil yang dibutuhkan.

Ternyata nyonya rumah, Sun-hwa (Lee Seung-yeon), mengawasinya. Melihat memar di wajah Sun-hwa, Tae-suk curiga bahwa ia telah dianiaya oleh Min-kyu (Kwok Hyuk-ho), suaminya sendiri.

Akankah Tae-suk berhasil menyelamatkan Sun-hwa, tanpa membuka keberadaannya di rumah itu?

Awards                 : Venice Film Festival (FIPRESCI Prize, SIGNIS Award, Silver Lion), Italian Online Movie Awards (Best Picture),  Korean Association of Film Critics Awards (Best Screenplay), serta 8 penghargaan dan 9 nominasi di ajang  lainnya

Sutradara            : Kim Ki-duk

01. Film Korea Romantis “A Moment to Remember” (2004)

A Moment To Remember

Meski berbeda status social, Kim Su-jin (Son Ye-jin) dan dan Choi  Chul-soo (Jung Woo-sung) menjalani pernikahannya dengan bahagia. Chul-soo sibuk merancang rumah impian mereka, sementara Chul-soo mulai belajar menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Waktu berjalan, Su-jin mulai sering lupa. Ia bahkan lupa mematikan kompor, yang nyaris memicu kebakaran. Mereka pun mulai mencari bantuan medis.

Su-jin didiagnosa terkena penyakit Alzheimer.

Awards : Golden Rooster Awards (Best International Actress) dan Grand Bell Awards – SK (Best Screenplay)

Sutradara            : John H. Lee

Untuk saya, Korea memang juaranya film romantis. Kombinasi pemainnya yang oh-wow dijamin good looking dan alur cerita yang pas, bahkan seringkali sulit ditebak, belum bisa ditandingi oleh negara manapun.

Oleh karena itu, membuat 40 list bukan hal yang sulit. Kalaupun dipaksa membuat lebih banyak, katakan 2x lipatnya, saya yakin saya masih bisa. List pribadi saya masih jauh lebih panjang. Haha!

Ohya, sedikit pengakuan jujur. Saya memaksakan My Sassy Girl ke deretan jawaranya Film Korea Romantis. Dari berbagai sisi, memang masih ada beberapa film dengan kualitas di atasnya. Namun film ini untuk saya cukup memorable.

Saya menontonnya ketika awal kuliah (okay disini terlihat seberapa uzur usia saya), dan ini merupakan film korea dari genre romantis pertama yang saya tonton. Tentu di luar drama seri yang saat itu mulai booming di televisi, seperti Full House dan kawan-kawannya ya.

Sejak itu saya (yang terkadang diragukan kewanitaannya) menyerah dan mengaku jatuh cinta, lalu mulai mendedikasikan sebagian hidup saya untuk berburu dan dan menonton film-film Korea romantis.

Akhir kata, izinkan saya memberikan sedikit petuah bagi para pria di luar sana: silahkan damping pasangan anda untuk menonton salah satu film dari list di atas. Singkirkan gengsi anda. Saya jamin, nilai anda akan bertambah di mata mereka.

 

Category:
Film