insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Rekomendasi Film Korea Tersedih

Materi Yang Dibahas

Korea saat ini menjadi salah satu industri perfilman yang cukup terpandang di dunia. Menghasilkan berbagai macam genre film dan drama membuat aktor dan aktrisnya terkenal bahkan hingga di Indonesia.

Termasuk film melankolis yang membuat emosi penontonnya naik turun.

Tak hanya film romantis, film yang menguras air mata juga banyak dibuat dengan latar belakang hubungan keluarga, seperti antara anak dan orang tua, hubungan persaudaraan hingga cucu dan neneknya.

Nah, untuk teman-teman yang menyukai jenis film ini, berikut ini adalah daftar ranking 30 film Korea tersedih menurut kami yang layak untuk ditonton. Jangan lupa siapkan tisu ya!

30. Film Korea Tersedih “One Day” (2017)

One Day

Gang Soo (Kim Nam-Gil) adalah pria yang bekerja di sebuah perusahaan asuransi, tugasnya adalah sebagai pemeriksa asuransi. Hidupnya berubah 180 derajat ketika istrinya meninggal yang mana membuat Gang Soo menjadi depresi berat.

Akhirnya Gang Soo mulai mau bekerja lagi, dia bertugas untuk memeriksa asuransi atas nama Mi So (Chin Woo-Hee) yang sedang koma di rumah sakit.

Tiba di sana, ada wanita yang menyambutnya dan memperkenalkan diri sebagai Mi So, ternyata dia adalah roh yang hanya bisa dilihat oleh Gang Soo.

Mi Soo adalah wanita yang memiliki masa lalu yang kelam, karena Gang Soo adalah satu-satunya orang yang dapat melihat Mi So, Miso memiliki permintaan pada Gang Soo yang tenyata cukup berat.

Dapatkah Gang Soo memenuhi permintaan Mi So? Bagaimana akhir cerita mereka berdua? Film yang diproduksi oleh Opus Pictures dan CGV Arthouse ini berhasil masuk ke jajaran box office dan mendapatkan lebih dari 1.5 juta dolar.

29. Film Korea Tersedih “The Preparation” (2017)

The Preparation

Film yang di buat di Gyeonggi, Korea Selatan, ini menceritakan tentang seorang ibu, Ae Soon (Ko Du-Shim) yang menderita kanker stadium akhir dan anaknya, In Kyoo (Kim Sung-Kyun) berusia 30 tahun yang mengalami gangguan mental.

Film ini berjudul The Preparation karena menceritakan bagaimana peran sang Ibu yang mempersiapkan anaknya untuk dapat bertahan hidup sendiri jika dia tiada nantinya.

Film ini berhasil membuat penonton mengharu biru, menunjukkan bahwa peran Ibu memang sangat luar biasa.

Disutradarai oleh Cho Young-Jun, The Preparation berhasil masuk ke jajaran box office dan mendapatkan lebih dari  774 ribu dolar.

28. Film Korea Tersedih “Way Back Home” (2013)

Way Back Home

Jeong Yeon (Jeon Do-Yeon) adalah wanita mapan, karir bagus dan memiliki suami, Jong Bae (Go- Soo) dan anak perempuan sangat mencintainya. Kehidupannya sangat nikmat hingga suatu saat masalah besar menerpanya.

Sahabat Jong Bae bunuh diri karena terlilit utang yang sangat besar dan Jong Bae adalah penjamin dari hutang-hutang tersebut. Hal ini membuat Jong Bae dan Jong Yeon kehilangan segalanya.

Agar keluarganya bisa bertahan hidup, Jeong Yeon setuju untuk menjadi pengantar barang. Jeong Yeon akan mengantarkan permata dari Paris ke Seoul, namun ternyata barang yang diantarnya bukanlah permata.

Kokain ada dalam tas yang dibawa Jong Yeon, hal ini membuat Jeong Yeon ditangkap oleh pihak bandara. Apakah yang terjadi pada Jeong Yeon dan Jong Bae selanjutnya?

27. Film Korea Tersedih “Address Unknown” (2001)

Address Unknown

Address Unknown adalah film keluaran tahun 2001 yang disutradarai oleh Kim Ki Duk. Film Address Unknown ini adalah film yang berdasarkah kisah nyata sang sutradara dan orang-orang yang dikenalnya.

Bercerita tentang Eun Ok (Ban Min-Young), Ji Hum (Young Min-Kim) dan Chang Guk (Dong Kun-Yang) yang tinggal di sebuah desa, yang mana di desa tersebut terdapat pangkalan militer Amerika.

Mereka bertiga hidupnya sangat tidak stabil, Chang Guk harus tinggal di bus bekas milik Amerika bersama ibunya. Setiap hari ibunya mengajari Chang Guk Bahasa Inggris dan mengirimi surat ke ayahnya yang ada di Amerika agar Chang Guk bisa hidup disana nantinya.

Namun, surat-surat itu pun selalu kembali dengan tulisan “Address Unknown”

26. Film Korea Tersedih “The Most Beautiful Goodbye” (2011)

The Most Beautiful Goodbye

The Most beautiful Goodbye menceritakan In Hee (Bae Jong-Ok), seorang istri dan ibu dari keluarga yang tidak peduli dan terlalu sibuk berurusan dengan kehidupannya masing-masing.

Suaminya, Cheol (Kim Kap-Soo) adalah seorang dokter yang merasa frustasi setelah kecelakaan medis. Anak perempuannya hanya peduli pada drama percintaannya dan anak laki-lakinya hanya tertarik dengan kebebasannya setelah masuk ujian perguruan tinggi.

Suatu saat ketika melakukan check up reguler di rumah sakit Cheol, kanker ditemukan di tubuh In Hee. Cheol tidak sanggup untuk memberitahu hal ini padanya, dan akhirnya sikap keluarga pada In Hee pun berubah.

Mereka perlahan belajar tentang bagaimana melepas kepergian sang Ibu dan bagaimana sang Ibu pergi tanpa membebani anak-anaknya.

25. Film Korea Tersedih “My Girl and I” (2005)

My Girl and I

Diperankan oleh Cha Tae-Hyun dan Song Hye-Kyo, My Girl and I adalah film daur ulang dari film jepang Crying Out Love, in The Center of The World yang diadaptasi dari novel karya Kyoichi Katayama berjudul Socrates in Love.

Sepasang muda belia yang sedang jatuh cinta, Kim Su-Ho (Cha Tae-Hyun) dan Bae Su-Eun (Song Hye-Gyo) menjalani hubungan yang hangat dan tanpa konflik. Namun segalanya berubah ketika Bae Su-Eun sakit dan tidak memiliki banyak waktu lagi.

Su Ho rela berjuang untuk memenuhi keinginan-keinginan terakhir Bae Su Eun. Ia rela melakukan apa saja demi wanita yang dicintainya.

24. Film Korea Tersedih “Salut D’Amor” (2015)

Salut dAmor

Salah satu film tersedih bergenre drama romantis selanjutnya adalah Salut D’Amor.

Kim Sung-Chil (Park Geun-Hyung) adalah kakek yang menderita dementia. Ia melupakan keluarganya dan bekerja di sebuah swalayan sehari-harinya. Ia kemudian bertemu dengan Im Geum Nim (Youn Yuh-Jung) perempuan tua pemilik toko bunga. Sung Chil pun jatuh cinta.

Karena Sung Chil sngat polos dan tidak mempunyai banyak pengalaman ketika jatuh cinta, Sung Chil dibantu para tetangganya agar bisa meluluhkan hati Sung Nim. Namun, putri Geung Nim tidak menyetujui hubungan mereka.

Geum Nim tiba-tiba jatuh sakit dan ingatan Sung Chil pun mulai terbentuk. Apakah yang diingat Sung Chil? Apa ada hubungannya dengan Geum Nim ?

Disutradarai oleh Kang Je-Gyu dan diproduseri oleh Jeon Pil-Do dan Im Sang- Jin, Salut D’Amor berhasil masuk ke jajaran box ofiice dan memapu mendapatkan lebih dari 7 juta dolar.

23. Film Korea Tersedih “Hyung/My Annoying Brother” (2016)

My Annoying Brother

Doo Young (Do Kyung-So) adalah seorang atlet judo, tetapi dia mengalami cidera saat bertanding sehingga dia harus kehilangan penglihatannya. Kakak Doo Young, Doo Sik (Cho Jeung-Seok) adalah pidana kasus penipuan, dia meminta keringanan dengan pura-pura merawat sang adik.

Kedua saudara ini sering sekali bertengkar. Doo Young kesal terhadap kakaknya yang meninggalkan rumah sejak orang tuanya meninggal. Sang kakak juga bersikap acuh tak acuh terhadap adiknya.

Soo Hyun (Park Shin-Hye) adalah guru judo Doo Young yang selalu menyemangati agar Doo young mau bermain judo lagi di paralimpiade.

Seiring berjalannya waktu, sikap Doo Shik yang dulunya acuh tak acuh mulai mengalami perubahan. Bisakah Doo Young kembali bermain? Akankah Doo Sik merekatkan hubungannya kembali dengan sang adik?

22. Film Korea Tersedih “A Millionaire’s First Love” (2006)

A Millionaires First Love

Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, Hyun Bin dan Lee Yeon-Hee, A Millionaire’s First Love berhasil membuat para penonton ikut mengharu biru.

Kang Jae-Kyung (Hyun Bin) adalah anak yang kaya raya, suka berfoya-foya dan manja. Agar dapat mewarisi kekayaan orang tuanya yang banyak, Kang Jae-Kyung wajib untuk memenuhi persyaratan orang tuanya.

Jae Kyung harus pindah sekolah ke sebuah daerah dan persyaratan itulah yang membuat Kang Jae-Kyung bertemu dengan Choi Eun-Hwan (Lee Yeon-Hee).

Pada awalnya mereka sering bertengkar, Jae Kyung juga rela melakukan apa saja agar dia bisa dikeluarkan dari sekolah, namun yang terjadi malah orang-orang di sekitarnya memperlakukan dia dengan baik malah mengajaknya makan malam.

Perlahan-lahan Jae Kyung mulai mau menerima keadaan, dia pun mulai jatuh cinta pada Eun Hwan. Namun ternyata hidup Eun Hwan tidak lama lagi. Jae Kyung sangat terpukul, dia rela memberikan apa saja untu Eun Hwan, gadis yang sangat dicintainya.

21. Film Korea Tersedih “Hearty Paws” (2006)

Hearty Paws

Film menyedihkan ini berbeda dengan film yang lain, bukan tentang roman, tetapi tentang kesetiaan seekor anjing terhadap majikannya. Chan Yi (Yoo Seung-Ho) dan So Yi (Kim Hyang-Ki) adalah kakak beradik.

Mereka harus rela tinggal dengan bibinya karena Ibunya menelantarkan kedua saudara ini sejak ayahnya meninggal dunia. Ketika adiknya berulang tahun, Chan Yi mencuri anak anjing karena tidak mempunyai uang untuk membeli kado.

Anjing inilah yang menamani keseharian mereka. Suatu saat bibi mereka harus pindah, karena urusan pekerjaan bibinya tidak dapat membawa mereka berdua.

Bibinya pun memberikan alamat ibu pada Chan Yi dan So Yi di Busan. Dapatkah Chan Yi dan Son Yi menemui ibunya yang ada di Busan? Apakah mereka berdua bisa selamat?

20. Film Korea Tersedih “Sunflower” (2006)

Sunflower

Tae Sik (Kim Rae-Won) berasal dari keluarga yang serba kekurangan, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya Tae Sik harus rela melakukan apa saja, hingga terjerumus ke dunia gangster.

Dunia kriminal tersebut membuat Tae Sik dipenjara. Selama dia ditahan, dia berjanji untuk meninggalkan dunia kriminal dan mulai memperbaiki kehidupannya. Tetapi ternyata, setelah dia pulang ke kampung halamannya, sikap orang-orang berubah padanya.

Disutradarai oleh Seok Bom Kang dan ditulis oleh Min Ho-Song, sunflower sukses merebut perhatian viewer karena ceritanya yang apik dan mengharukan.

19. Film Korea Tersedih “Be With You” (2018)

Be With You

Film Korea Be With You merupakan salah satu film daur ulang dari film Jepang yang dirilis di tahun 2004 dengan judul Ima, Ai ni Yukimasu. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel yang berjudul sama karangan Takuji Ichikawa.

Kisah berawal dari meninggalnya istri Woo-Jin (So Ji-Sub) yang bernama Soo-Ah (Son Ye-Jin). Woo-Jin yang berduka masih harus bertahan untuk mengurus putra mereka satu-satunya, Ji-Ho (Kim Ji-Hwan), meskipun Woo-Jin sendiri dalam keadaan yang tidak sehat.

Ji-Ho yang berumur 7 tahun tidak pernah putus asa meskipun ditinggal ibunya, karena ia yakin bahwa ibunya akan kembali pada saat musim hujan seperti janjinya sebelum meninggal.

Semangat Ji-Ho tidak sia-sia karena memang ibunya yang hilang secara mengejutkan kembali.

Meskipun Soo-Ah mengalami hilang ingatan saat kembali pada keluarganya, Woo-Jin dengan sabar menceritakan kembali bagaimana mereka dulu bertemu saat bersekolah hingga akhirnya berkencan, menikah dan hidup bersama.

Akan tetapi kembalinya Soo-Ah di tengah keluarga bukan untuk selamanya karena ternyata ada sesuatu yang mengharuskan ia pergi. Sebelum pergi, Soo-Ah meninggalkan catatan di buku hariannya tentang misteri mengapa dia kembali dan harus pergi lagi.

18. Film Korea Tersedih “Hello Ghost” (2010)

Hello Ghost

Hello Ghost menceritakan tentang seorang pemuda yang berkali-kali mencoba untuk bunuh diri, namun selalu gagal. Diperankan oleh Cha Tae-Hyun (Sang Man) dan Kang Ye-Won (Jung Yun Soo).

Walaupun bergenre komedi, namun ending dari Hello Ghost sangat mengharukan. Sang Man adalah seorang laki-laki yang tidak memiliki kerabat, dia tinggal di panti asuhan dan tak ada satupun orang yang mau mengadopsinya.

Sang Man mencoba bunuh diri lagi, kali ini dia menceburkan diri ke sungai. Namun beruntung dia berhasil diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit. Di rumah sakit dia bertemu seorang suster bernama Ye Wo.

Tiba-tiba di Rumah sakit, munculah  4 hantu yang mengikutinya kemanapun Sang Man pergi. Para hantu meminta Sang Man untuk melakukan sesuatu agar mereka bisa pergi dengan tenang. Ternyata dibalik permintaan hantu-hantu tersebut, terungkaplah masa lalu Sang Man.

Masa lalu tersebut membuat Sang Man berhenti untuk mencoba bunuh diri. Apakah masa lalu Sang Man sebenarnya?

17. Film Korea Tersedih “More Than Blue” (2009)

More Than Blue

Diperankan oleh Kwon Sang-Woo (K), Lee Bo-Young (Cream) dan Lee Beom-Su (Cha Joo Hwan), More Than Blue berhasil membuat siapa yang menontonnya ikut sedih oleh kisah K dan Cream. K dan Cream bertemu pertama kali di sekolah.

K  adalah orang yang terbiasa dengan kesendirian karena ayahnya meninggal ketika K masih kecil, begitu juga dengan Cream yang ditinggal keluarganya dalam kecelakaan.

K adalah seseorang yang sangat mencintai Cream, walaupun cream adalah wanita yang suka bergonta-ganti pacar. Hal ini karena cream takut untuk hidup sendiri akibat trauma pada masa lalu.

Namun ada satu hal yang tidak diketahui oleh Cream, bahwa hidup K tidak akan lama lagi. K pun memutuskan untuk mencari pendamping bagi Cream agar tidak kesepian. Film bergenre drama ini disutradarai dan ditulis oleh Tae Yeon Woon dan dirilis pada tanggal 12 maret 2009.

16. Film Korea Tersedih “Crossing” (2008)

Crossing

Crossing adalah salah satu film yang berhasil membuat viewer mengharu biru karena ceritanya yang apik dan mengharukan.

Disutradarai oleh Kim Tae-Kyun dan diproduseri oleh Patrick D Choi, crossing berhasil mewakili Korea Selatan di Academy Awards ke 81 kategori film berbahasa asing terbaik. Pembuatan film crossing ini dimulai pada tanggal 2 juli 2007 dan dirilis pada tanggal 26 Juni 2018.

Bercerita tentang Kim Yong-Soo (Cha In-Pyo) seorang pria dari Korea Utara yang melakukan perjalanan meninggalkan negaranya secara illegal untuk menyembuhkan istrinya (Seo Young-Hwa) yang sedang sakit TBC. Istri Yong Soo akhirnya meninggal.

Anak Yong-Soo, Kim Joon (Sin Myeong-Cheol) menyusul ayahnya ke China dan berharap bisa bertemu untuk berjuang bersama agar bisa berkumpul kembali . Namun ternyata perjuangan Kim Joon tidak mudah, dia harus tertangkap dan ditahan.

Akankah Kim Joon berhasil bertemu dengan ayahnya dan kembali ke rumah?

15. Film Korea Tersedih “Maundy Thursday” (2006)

Maundy Thursday

Film Korea tersedih selanjutnya adalah Maundy Thursday yang dirilis pada tahun 2006. Berkisah tentang seorang wanita dan laki-laki dengan latar belakang berbeda, Maundy Thursday adalah film korea tersedih berikutnya yang disarankan untuk ditonton.

Yu Jeong (Lee Na-Young) sering untuk mencoba bunuh diri sejak umur 15 tahun. Dia diperkosa oleh kakak sepupunya dan Ibunya sendiri acuh dan tidak membela. Bagi Yu Jeong hidupnya tak lagi berarti.

Yun soo (Gang Dong-Woon) adalah terpidana mati atas kasus pembunuhan. Sejak kecil Yun Soo berjuang untuk mempertahankan hidup sendiri, Ibunya juga tidak peduli kepadanya. Bagi Yunsoo, kebahagiaan tak pernah berpihak padanya.

Satu-satunya orang yang dekat dengan Yu Jeong adalah tantenya, suster Monica. Suatu saat suster Monica mengajaknya untuk melakukan pelayanan di penjara, di sanalah Yu Jeong bertemu dengan Yun Soo.

Latar belakang yang berbeda tidak membuat Yu Jeong dan Yun Soo membenci satu sama lain. Mereka berdua sama-sama mengalami kesedihan dan kesendirian yang mendalam dan mulai dihadapkan oleh perasaan sayang. Akankan Yu Jeong dan Yun Soo bisa saling bersama ?

14. Film Korea Tersedih “Failan” (2001)

Failan

Ditulis dan disutradarai oleh Song Hae-Sung, film ini merupakan salah satu film romantis dengan tokoh utama yang berbeda negara. Seperti halnya Be With You, Failan diadaptasi dari novel Jepang yang berjudul Love Letter karya Jiro Asada.

Mengisahkan tentang gadis dari Cina yang bernama Failan (Cecilia Cheung) yang memutuskan untuk berimigrasi ke Korea sesaat setelah ibunya meninggal.

Singkat cerita Failan akhirnya dibantu oleh mafia untuk tinggal di Korea dengan membuatkan akta nikah bersama pria yang tidak dikenalnya. Melalui agen mak comblang, Failan berhasil dijodohkan dengan Kang-Jae (Choi Min-Sik), pria tua dan mantan gangster.

Film drama romantis yang kental dengan sentuhan gangster dan kriminalitas ini sangat menyentuh karena bertemunya dua orang yang sama-sama asing dapat membantu mereka untuk memaknai hidup, bahwa setiap individu ada di dunia ini untuk membawa manfaatnya masing-masing.

13. Film Korea Tersedih “Battle Ground 625” (2005)

Welcome to Dongmakgol

Dirilis 4 Agustus 20015 di Korea, film ini memiliki judul asli “Welcome to Dongmakgol”. Film ini menceritakan kehidupan Korea pada masa Perang Korea di tahun 1950an. Kisah diawali dari terdamparnya pilot Amerika Serikat, Neil Smith (Steve Taschler) di Dongmakgol.

Merupakan daerah perbatasan Korea Utara dan Selatan, Dongmakgol adalah daerah terpencil dengan penduduk yang damai, jauh dari teknologi, kebisingan politik dan polusi, sampai-sampai mereka tidak sadar jika Perang Korea telah terjadi.

Smith akhirnya ditolong dan dibawah ke Dongmakgol. Tak hanya itu, tiga orang tentara Korea Utara yang kabur, Rhee Soo-Hwa (Jan Jae-Yeong), Cha You –Hee (Lim Ha-Ryong) dan Seo Taik-Gi) juga dibawa masuk desa oleh Yeo-Il (Kang Hye-Jeong), gadis dengan keterbelakangan mental.

Suasana semakin memanas ketika dua orang tentara Korea Selatan, Pyo Hyun-Chul (Shin Ha-Kyun) dan Moon Sang-Sang (Seo Jae-Kyung) juga dibawa masuk ke Dongmakgol. Akhirnya cerita yang penuh ragam, ketegangan, canda tawa dan haru melimpah ruah di film ini.

12. Film Korea Tersedih “My Sassy Girl” (2001)

My Sassy Girl

Film sedih yang memiliki bumbu komedi ini menceritakan tentang Gyeon-Woo (Cha Tae-Hyun) seorang mahasiswa teknik yang hidupnya standar biasa saja. Gejolak dimulai ketika ia bertemu dengan seorang gadis mabuk (Jun Ji-Hyun) di kereta api.

Pada akhirnya dengan melewati segala ketidaksengajaan dan kekonyolan mereka berdua akhirnya dekat dan memiliki hubungan romantis.

Menggunakan alur cerita maju mundur membuat film ini semakin menarik dan membuat emosi naik turun dengan kejutan-kejutan plot di dalamnya.

11. Film Korea Tersedih “Poetry” (2010)

Poetry

Film bergenre drama ini menyuguhkan bumbu tragedi di dalamnya. Mengisahkan tentang Yang Mi-Ja (Yun Jung-Hee), seorang wanita berusia lanjut yang tinggal bersama cucu lelakinya yang memasuki usia remaja bernama Jong-Wook (Lee David).

Mi-Ja bekerja sebagai perawat di rumah jompo untuk pasien yang terkena stroke. Sedangkan dia sendiri tengah mengalami pikun yang merupakan awal dari penyakit alzheimer yang kelak menderanya.

Masalah dimulai ketika Jong-Wook terlibat dalam masalah kriminal terkait dengan bunuh dirinya seorang siswa perempuan bernama Agnes. Mi-Ja yang serba kekurangan diajak orang tua anak lain untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan uang.

Mengambil judul Poetry, film ini juga menampilkan Mi-Ja –yang juga seorang anggota klub pembuat puisi di usia tuanya– terinspirasi untuk membuat puisi tentang Agnes.

Hati nurani, kemunafikan dan gap antar generasi adalah warna kehidupan sehari-hari yang membuat film ini layak ditonton.

10. Film Korea Tersedih “Ode to My Father” (2014)

Ode to My Father

Salah satu film keluarga yang mengharukan dan layak ditonton ini menceritakan kisah tentang seorang anak lelaki yang berusaha keras untuk memenuhi janjinya kepada Ayah dan menunggu dengan setia untuk bertemu dengan ayahnya kembali.

Adalah Yoon Deok-So (Hwang Jung-Min), seorang anak lelaki yang harus tinggal bersama ibu dan adik-adiknya di toko bibinya. Ayahnya (Jung Jin-Young), sempat berkata untuk menjaga ibu dan adik-adiknya menggantikan peran ayah hingga ayahnya kembali tinggal bersama di toko.

Berbekal ingatan itu, Deok-So akhirnya berjuang mati-matian untuk menghidupi keluarganya. Mulai dari bekerja sebagai penambang di Jerman hingga pergi ke daerah perang Vietnam untuk mendapat bayaran yang tinggi sebagai biaya pernikahan adik perempuannya.

Hingga ia berhasil, Deok-So rela tidak menjual toko yang dibeli dari bibinya untuk menunggu ayahnya kembali dan hidup bersama lagi.

9. Film Korea Tersedih “Always” (2011)

Always

Dibintangi oleh aktor drama dengan nama besar di Korea, So Ji-Sub dan Han Hyo-Jo, film yang disutradairai oleh Song Il-Gon ini berhasil menjadi box office perfilman Korea dengan pendapatan hingga 6.2 juta dollar.

Adalah seorang mantan petinju ilegal, Jang Cheol-Min (So Ji-Sub) yang beralih profesi menjadi penunggu parkiran menggantikan seorang kakek tua.

Kisah dimulai ketika Ha Jung-Hwa (Han Hyo-Jo) memasuki bilik tukang parkir dan duduk di sebelah Cheol-Min sambil memberi makanan. Jung-Hwa ternyata setiap hari pergi ke bilik tersebut untuk menonton drama favoritnya bersama sang kakek.

Jung-Hwa yang kaget karena ternyata kakek sudah tidak bekerja lagi di tempat tersebut dan digantikan dengan Cheol-Min akhirnya men-mpunyai kedekatan romantis dengan Cheol-Min.

Cheol-Min akhirnya berusaha keras agar Jung-Hwa bisa dioperasi hingga ia dengan sembunyi-sembunyi menjadi petinju illegal di Thailand. Pengorbanan tak sampai di situ, Cheol-Min pun akhirnya mengalami kecelakaan dan kemudian menghilang tanpa jejak.

8. Film Korea Tersedih “The Classic” (2003)

The Classic

Menggunakan alur cerita mundur, film ini kembali ke kisah masa lalu ibu Ji-Hae (Son Ye-Jin) yang bernama Joo-Hee. Joo-Hee memiliki kekasih yang bernama Joon-Ha (Cho Seung-Woo).

Hanya saja orang tua Joo-Hee sudah menjodohkannya dengan Tae-Su (Lee Ki-Woo), sahabat karib Joon-Ha. Mengetahui bahwa sahabatnya menyukai Joo-Hee, Tae-Su berinisiatif untuk membantu komunikasi mereka berdua karena Joo-Hee dilarang bertemu dengan Joon-Ha.

Bahkan Tae-Su mencoba bunuh diri agar Joo-Hee bisa bersatu dengan sahabatnya, tapi gagal. Joon-Ha yang merasa bersalah pada Tae-Su memutuskan untuk pergi berperang dan cerita yang mengharukan dimulai saat kepulangan Joon-Ha dari perang Vietnam.

Ji-Hae yang telah mengetahui cerita masa lalu ibunya ternyata juga memiliki cerita sendiri dengan seorang pria bernama Sang-Min (Jo In-Sung). Ternyata pertemuan mereka berdua memiliki kaitan sejarah masa lalu dengan orang yang sama.

7. Film Korea Tersedih “Oasis” (2002)

Oasis

Berbeda dengan film drama romantis pada umumnya, Oasis menceritakan tentang kisah dua orang dengan keterbatasan sosial yang dimiliki dan akhirnya bertemu untuk melengkapi satu sama lain.

Adalah Hong Jong-Du (Song Kyul-Gu) seorang narapidana yang baru dibebaskan akibat tuduhan tabrak lari. Ia mengalami penolakan, tak hanya dari masyarakat tapi juga keluarganya sendiri. Mencoba berbaur dengan meniru orang-orang di sekitarnya, tapi malah menjadi aneh.

Di sisi lain, Gong-Ju (Moon Soo-Ri), seorang gadis yang menderita cerebral palcy, hidup sendiri dan berdiam diri, sementara kakanya tinggal di apartemen nyaman dengan keluarganya.

Kebersamaa antara Jong-Du dan Gong-Ju memang jauh dari gemerlap dan sempurna namun kisah mereka adalah nyata dari dunia kalangan bawah yang keras dan pahit. Namun yang membuat film ini menarik adalah ingatan yang akan bertahan lama setelah kita menontonnya.

6. Film Korea Tersedih “Wedding Dress” (2010)

 

Wedding Dress 1

Menceritakan tentang Go-Eun (Song Yoon-Ah), seorang single parent yang harus mengasuh seorang putrinya sendirian setelah ditinggal mati oleh suaminya. Kesibukan Go-Eun sebagai seorang perancang busana membuatnya memiliki sedikit waktu untuk anaknya.

Terbiasa sendiri, So-Ra (Kim Hyang-Gi), putri Go-Eun yang mandiri kurang pandai bergaul dan mudah jijik dengan hal kecil. Kisah yang mengharukan dimulai saat Go-Eun divonis penyakit kanker ganas dan berusaha menutupinya dari putrid kecilnya.

Mengetahui bahwa sang Ibu sakit, So-Ra kecil berusaha berubah, berteman dengan banyak kawan dan melindungi ibu tercintanya. Sebelum meninggalkan putrinya, sang Ibu berusaha menyiapkan gaun pengantin yang cantik untuk dipakai putrinya kelak.

Film yang disutradarai oleh Kwon Hyung-Jin ini sungguh berhasil menguras emosi dan air mata pemirsa!

5. Film Korea Tersedih “Tae Guk Gi:The Sisterhood of War” (2004)

Taegukgi

Salah satu film Korea tersedih yang memiliki latar waktu di jaman perjuangan Korea merupakan film yang menceritakan tentang keluarga dan persaudaraan.

Adalah Lee Jin-Tae (Jang Dong-Gun) dan Lee Jin-Seok (Won Bin), kakak beradik yang dipaksa untuk ikut berperang pada tahun 1950an.

Akibat itu, Jin-Tae jadi berambisi untuk mendapat penghargaan dalam perang untuk dapat memulangkan adiknya Jin-Seok. Sampai akhirnya Jin-Tae mendapat kabar bahwa adiknya telah meninggal di penjara komunis.

Mendengar hal itu, Jin-Tae akhirnya bergabung dengan komunis karena merasa tidak ada gunanya lagi ia membela Korea Selatan. Tapi ternyata, Jin-Seok belum meninggal dan membuat mereka berdua bertemu lagi dalam pertempuran.

4. Film Korea Tersedih “A Moment to Remember” (2004)

A Moment to Remember

Salah satu film lawas dengan genre romantis yang mengharukan  ini menceritakan tentang pasangan kekasih Kim Su-Jin (Son Ye-Jin) dan Choi Chul-Soo (Jung Woo-Sung).

Su-Jin adalah anak orang berada yang jatuh cinta pada tukang kayu Chul-Soo setelah Su-Jin mengalami patah hati.

Memutuskan menikah dan hidup bersama, banyak masalah yang menghadang mereka, mulai dari keluarga dan ekonomi. Meskipun begitu Su-Jin berjanji untuk membuatkan rumah yang besar untuk keluarga kecilnya.

Puncak dari cobaan adalah ketika Su-Jin didiagnosa menderita Alzheimer yang dapat menghapus memorinya sedikit demi sedikit hingga dapat melupakan semua kenangan yang dimiliki.

Saat paling mengharukan adalah momen ketika Su-Jin mengingat Chul-Soo sekali saja ketika ia sudah lupa sama sekali akan kenangannya bersama suaminya itu.

Selain itu Chul-Soo yang setiap hari menemui Su-Jin untuk mengingatkan kenangan mereka berdua juga tak kalah mengharukan.

3. Film Korea Tersedih “Miracle in Cell No.7” (2013)

Miracle in Cell No 7

Kisah cinta ayah dan anak ini diawali dari dipenjarakannya Lee Yong-Goo (Ryoo Seung-Ryong) –seorang ayah dengan keterbelakangan mental– karena tuduhan pembunuhan dan kekerasan seksual pada anak Komisaris Polisi yang berusia 6 tahun.

Padahal ia tidak pernah melakukannya. Akhirnya Yong-Goo dimasukkan ke dalam penjara dan dipaksa mengakui perbuatannya karena dia diiming-imingi untuk dapat bertemu dengan anaknya lagi, Ye-Sung (Kal So-Won).

Rekan satu sel yang semula tidak menyukai Yong-Goo akhirnya menaruh simpati padanya, termasuk Kepala Sipir.

Akhirnya teman satu sel Yong-Goo melakukan berbagai cara agar Ye-Sung kecil dapat tinggal di penjara bersama ayahnya. Singkat cerita, Yong-Goo akhirnya dihukum mati atas kejahatan yang tidak pernah ia lakukan.

Beberapa tahun kemudian, Ye-Sung dewasa (Park Shin-Hye) yang telah menjadi pengacara dan dibesarkan oleh Kepala Sipir mengajukan banding untuk membersihkan nama ayahnya di pengadilan, ditemani oleh rekan-rekan mantan narapidana, rekan ayahnya dulu.

2. Film Korea Tersedih “The Way Home” (2002)

The Way Home

Film yang dipersembahkan untuk seluruh nenek di dunia ini menceritakan tentang dititipkannya Sang-Woo (Yu Seung-Ho) yang masih kecil pada neneknya (Kim Eul-Boon).

Ibu Sang-Woo harus menitipkannya karena ia harus mencari pekerjaan baru setelah bercerai dan tokonya bangkrut.

Berada di daerah pelosok tanpa listrik yang jauh dari perkotaan dan kemewahan, membuat Sang-Woo merasa hidupnya berat. Selain itu ia juga sering mengolok dan merusuhi neneknya yang sudah tua renta. Tapi neneknya tetap sabar menghadapi Sang Woo.

Kisah pertengkaran sehari-hari Sang-Woo dan nenek membuat emosi naik turun. Meskipun begitu Sang-Woo akhirnya luluh dan diam-diam selalu membantu dan memperhatikan neneknya.

Hari perpisahan yang telah tiba membuat Sang-Woo mempersiapkan segala kebutuhan nenek hingga membuat banyak kartu pos bergambar “aku sakit” dan “aku rindu padamu” agar neneknya bisa mengirimkan kepadanya nanti, untuk Sang-Woo segera mengunjungi nenek.

Di dalam bis yang melaju, Sang-Woo melambai pada nenek sambil menangis dan meminta maaf. Wah, hanya menulis sinopsisnya saja sudah membuat terharu, apalagi menontonnya ya?!

1. Film Korea Tersedih “Hope” (2013)

Hope

Menempati urutan teratas untuk film Korea tersedih, Hope menceritakan tentang seorang gadis kecil yang selalu ceria meskipun orang tuanya sibuk bekerja namun telah mengalami pelecehan seksual hingga mengharuskan ia masuk rumah sakit karena harus menggunakan anus buatan.

Adalah So-Won (Lee-Re) yang harus berjuang menghadapi masa pasca trauma atas kejadian yang telah menimpanya. Trauma yang dideritanya membuatnya tidak ingin bertemu dengan semua lelaki, termasuk ayahnya sendiri Im Dong-Hoon (Sol Kyung-Gu).

Perjuangan yang harus dihadapi Dong-Hoon adalah untuk bisa kembali dekat dengan anaknya dan juga agar lellaki yang telah melakukan kejahatan pada anaknya dapat dihukum secara setimpal.

Mendapat banguan dari Song Jung-Sook (Kim Hae-Sook), seorang psikiatris, Dong-Hoon dan istrinya Kim Mi-Hee (Umh Ji-Won) berusaha mengembalikan keceriaan So-Woon.

Itulah tadi 30 daftar film Korea tersedih yang dapat menguras air mata dan membuat emosi kita terjun bebas di setiap plot cerita. Terlebih jika jalan cerita film tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari, bikin tambah mellow ya?

Menonton film sedih bukan berarti kita harus melankolis setelah menontonnya. Tapi kita perlu mengambil hikmah dan pelajaran untuk tetap kuat dan berjuang dalam hidup. Bukan begitu sobat film?

Category:
Film