Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Luar Angkasa Terbaik

Anda penggemar film-film yang berkisah tentang penjelasakan luar angkasa ataupun petualangan antariksa? Anda suka menonton seri-seri Star Wars? Kalau iya, ada baiknya memperluas tontonan anda ke film-film sejenis dari tahun-tahun lama.

Beberapa film mungkin akan membuat anda kehilangan minat karena minimnya teknologi yang digunakan saat itu. Namun jangan salah, beberapa film sudah di-remake kembali. So despite segala kekurangannya, berarti film itu dianggap punya banyak keunggulan juga donk ya.

Berikut 40 Film Luar Angkasa/ Antariksa Terbaik versi saya, yang seperti selera saya biasanya, tentunya banyak memasukkan film-film lama :

 

40. Film Luar Angkasa “Spaceballs” (1987)

Spaceballs

Ketika Raja Roland (Dick Van Patten) dari planet Druidia berusaha untuk menikahkan putrinya, Vespa (Daphne Zuniga), dengan Pangeran Valium (Jim J. Bullock), Vespa diculik oleh para makhluk jahat, Spaceballs.

Spaceball meminta Roland tebusan yang luar biasa: semua udara Druidia. Raja memutuskan untuk menawarkan sejumlah besar uang kepada bajingan luar angkasa, Lone Starr (Bill Pullman), untuk menyelamatkan Vespa.

Film ini pernah disebut sebagai salah satu film terburuk saat itu. Tapi untuk saya, film ini justru mengawali lahirnya selipan-selipan komedi dalam film-film luar angkasa saat ini.

Sutradara            : Mel Brooks

 

39. Film Luar Angkasa “First Men In The Moon” (1964)

First Men In The Moon

Ketika dunia sedang merayakan peristiwa mendaratnya pesawat ruang angkasa mendarat di bulan untuk pertama kalinya, para astronot ini justru terkejut ketika menemukan bendera Inggris kuno dan sebuah dokumen.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa bulan telah dikuasai oleh Ratu Victoria. Ini tentu saja membuktikan bahwa para astronot tersebut bukanlah orang yang pertama mendarat di bulan.

Di Bumi, sebuah tim investigasi berhasil menemukan kru Victoria yang terakhir, Arnold Bedford (Edward Judd) yang sudah lanjut usia.

Arnold kemudian menceritakan kepada mereka tentang bagaimana dia dan pacarnya, Katherine Callender (Martha Hyer), bertemu dengan seorang penemu, Joseph Cavor (Lionel Jeffries), pada tahun 1899.

Sutradara            : Nathan Juran

 

38. Film Luar Angkasa “The Space Beetwen Us” (2017)

The Space Between Us

Gardner Elliot (Asa Butterfield) adalah seorang pemuda 16 tahun yang merupakan orang pertama yang lahir di Mars. Karena kesepian, ia lalu menjalin hubungan online dengan seorang gadis yang tinggal di Colorado bernama Tulsa (Britt Robertson ).

Gardner akhirnya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Bumi untuk bertemu Tulsa dan mencari tahu siapa ayahnya. Namun ia justru harus menerima kenyataan bahwa tubuhnya mungkin tidak dapat beradaptasi dengan gravitasi bumi.

Awards                 : 4 nominasi di ajang London Critics Circle Film Awards dan Teen Choice Awards

Sutradara            : Peter Chelsom

 

37. Film Luar Angkasa “October Sky” (1999)

October Sky

Homer Hickam (Jake Gyllenhaal) adalah siswa sekolah menengah yang besar di sebuah kota pertambangan. Sebagian besar dari anak muda di sana mengikuti jejak ayah mereka untuk bekerja di tambang batu bara.

Namun Homer adalah anak yang cerdas. Dan dengan dorongan gurunya, Miss Riley (Laura Dern), ia berharap bisa memiliki kehidupan yang lebih baik. Hal ini kemudian menimbulkan konflik dengan ayahnya yang merasa bahwa bekerja untuk perusahaan pertambangan adalah profesi yang terhormat.

Ketika Soviet meluncurkan Sputnik, Homers bermimpi meluncurkan roket ke ruang angkasa sehingga ia dan teman-temannya mulai membuat roket kecil dari bahan apa pun yang mereka miliki.

Awards                 : Broadcast Film Critics Association Awards (Best Family Film), Humanitas Prize (Feature Film Category), American Cinema Foundation, USA (Feature Film), serta 1 penghargaan dan 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Joe Johnston

 

36. Film Luar Angkasa “Enemy Mine” (1985)

Enemy Mine

Digambarkan di masa depan, terjadi perperangan antara manusia melawan Dracs, ras reptil dari planet Draco. Keduanya sama-sama  memperebutkan kendali atas semesta.

Selama pertempuran ruang angkasa yang terjadi, pilot ruang angkasa Willis Davidge (Dennis Quaid ) menabrak Fryine IV, sebuah planet vulkanik. Di sana ia menemukan Drac bernama Jeriba Shigan (Louis Gossett Jr.) yang juga jatuh di planet ini.

Pilihan mereka hanya ada 2 : menyelesaikan misi mereka dengan bertempur hingga mati, atau mengesampingkan perbedaan dan kebencian mereka satu sama lain untuk bertahan hidup di planet ini.

Awards                 : 2 penghargaan di Avoriaz Fantastic Film Festival (Antennae II Award, C.S.T. Award) dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Wolfgang Petersen

 

35. Film Luar Angkasa “Battle For Terra” (2007)

Battle For Terra

Ketika Bumi mulai punah, manusia membentuk koloni di Venus dan Mars. Ketika koloni-koloni di Venus dan Mars memberontak dan menyebabkan kehancuran ketiga planet tersebut, satu-satunya harapan hanya Planet Terra.

Planet Terra dihuni oleh para Terrians, makhluk luar angkasa yang lembut yang tidak menyukai kekerasan dan sangat menghargai alam. Namun manusia justru mengembangkan mesin yang akan membuat Terra layak huni bagi mereka, namun beracun bagi Terrians.

Hanya persahabatan antara pilot manusia dan seorang gadis alien yang mungkin dapat menyelamatkan kedua ras tersebut.

Film ini adalah film animasi yang melibatkan beberapa aktor dan aktris terkenal sebagai pengisi suara, seperti Brian Cox, Chris Evans, Luke Wilson, dan Evan Rachel Wood.

Awards                         : Giffoni Film Festival (First Feature Competition), Ottawa International Animation Festival (Best Animated Feature, Feature Film), Heartland International Film Festival (Crystal Heart Award), dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Aristomenis Tsirbas

 

34. Film Luar Angkasa “Elysium” (2013)

Elysium

Pada tahun 2154, kehidupan manusia terbagi menjadi 2 : kelompok kaya yang hidup di stasiun ruang angkasa buatan manusia bernama Elysium, dan kelompok yang hidup di Bumi yang di ambang kehancuran.

Meskipun Delacourt (Jodie Foster), seorang pejabat pemerintah, berusaha untuk terus menegakkan undang-undang anti-imigrasi dan menjaga gaya hidup mewah warga Elysium, orang-orang Bumi terus berusaha mencoba masuk dengan cara apapun.

Max (Matt Damon) bersedia mengambil misi yang tidak hanya menyelamatkan hidupnya, namun juga bisa membawa kesetaraan ke dunia yang terpecah-pecah ini.

Awards                 : 1 penghargaan di Leo Awards untuk kategori Best Visual Effect Motion Picture dan 10 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Neill Blomkamp

 

33. Film Luar Angkasa “Oblivion” (2013)

Oblivion

Setelah Bumi hancur akibat pertempuran intergalaksi melawan ras alien yang dikenal sebagai Scavs, manusia yang tersisa dievakuasi ke Titan dengan meninggalkan beberapa teknisi drone.

Para teknisi ini ditugaskan untuk berjaga-jaga sekaligus mengekstraksi sumber yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Salah satu teknisi yang tersisa, Jack Harper (Tom Cruise), menyelamatkan seorang wanita misterius dari pesawat ruang angkasa yang terjatuh. Kedatangan wanita ini kemudian memicu serangkaian peristiwa yang menentukan nasib manusia.

Awards                 : 14 nominasi di berbagai ajang perhargaan

Sutradara            : Joseph Kosinski

 

32. Film Luar Angkasa “Forbidden Planet” (1956)

Forbidden Planet

Ketika sebuah misi dari Bumi tiba di Altair IV, mereka menemukan Dr. Edward Morbius (Walter Pidgeon) dan putrinya, Altaira (Anne Francis), sebagai survivor dari ekspedisi asli yang telah tiba sekitar 20 tahun sebelumnya.

Morbius justru tidak terlalu senang dan sebisa mungkin berusaha agar mereka pergi dari sana. Komandan Abrams (Leslie Nielsen) dan timnya percaya bahwa Morbius dan gadis itu dalam bahaya.

Morbius mengklaim tidak tahu apa-apa tentang kehidupan lain di planet itu. Namun ia juga mengungkapkan bahwa di sana pernah hidup kaum yang jauh lebih unggul, yang sekarang telah punah dengan meninggalkan kompleks industri dan ilmiah bawah tanah yang sangat besar.

Awards                 : 1 penghargaan di National Film Preservation Board – USA untuk kategori National Film Registry dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Fred M. Wilcox

 

31. Film Luar Angkasa “Apollo 13” (1995)

Apollo 13

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dari salah satu tragedi terburuk NASA.

Pada tahun 1971, NASA berencana mengirimkan misi berawak manusia ke Bulan. Mereka memilih astronot Jim Lovell (Tom Hanks), Frad Haise (Bill Paxton), dan Jack Swigert (Kevin Bacon).

Ketiga astronot ini berhasil diluncurkan ke luar angkasa, namun terjadi kesalahan yang menyebabkan ledakan. Sementara Loveel, Haise, dan Swigert mencoba bertahan di luar angkasa, para pekerja di NASA, termasuk Ken Mattingly (Gary Sinise), mencoba mencari cara untuk membawa pulang para astronot dengan selamat.

Awards                 : Academy Awards (Best Sound, Best Film Editing), BAFTA Awards (Best Achievement in Special Effects, Best Production Design), serta 22 penghargaan dan 56 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ron Howard

 

30. Film Luar Angkasa “Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back” (1980)

Star Wars V

Episode ini mengisahkan pertempuran untuk menyelamatkan galaksi dari serangan kejahatan Darth Vader (David Prowse).

Han Solo (Harrison Ford), Putri Leia (Carrie Fisher), dan Chewbacca (Peter Mayhew) diuji dalam serangan Kekaisaran, sementara Luke Skywalker (Mark Hamill) berusaha mempelajari rahasia Jedi yang akan dibutuhkannya dalam duel terakhirnya dengan Darth Vader.

Awards                 : Academy Awards (Best Sound, Special Achievement Award for Visual Effect), BAFTA Awards (Anthony Asquith Award for Film Music), serta 24 penghargaan dan 19 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Irvin Kershner

 

29. Film Luar Angkasa “Arrival” (2016)

Arrival

Dua belas pesawat luar angkasa muncul di dua belas lokasi di Bumi. Seorang perwira Angkatan Darat A.S., Kolonel G.T. Weber (Forest Whitaker), merekrut ahli bahasa Louise Banks (Amy Adams) dan fisikawan Ian Donnelly (Jeremy Renner) untuk mencari tahu mengapa alien itu datang.

Weber membawa mereka ke kamp tentara di Montana yang berdekatan dengan kemunculan salah satu pesawat tersebut. Banks dan Donnelly kemudian melakukan kontak dengan dua alien yang mereka juluki Abbott dan Costello.

Mereka pun mulai meneliti komunikasi tertulis  yang terdiri dari simbol-simbol lingkaran yang rumit.

Ketika Banks mempelajari bahasa tersebut, dia mulai memiliki visi tentang seorang anak yang tampaknya adalah putrinya, Hannah (Julia Scarlett Dan), yang telah meninggal..

Awards                 : Academy Awards (Best Achievement in Sound Editing), BAFTA Awards (Best Sound), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Writing), serta 63 penghargaan dan 253 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Denis Villeneuve

 

28. Film Luar Angkasa “Close Encounters Of The Third Kind” (1977)

Close Encounters Of The Third Kind

Film ini memunculkan 2 setting lokasi dan kejadian yang berbeda :

Sekelompok ilmuwan menyelidiki penampakan benda-benda aneh di lokasi terpencil, terutama daerah gurun. Salah satu ilmuwan Prancis yang ada, Claude Lacombe (François Truffaut), menggabungkan metode pendidikan musik Kodály sebagai alat komunikasi dalam pekerjaan mereka.

Sementara di Muncie – Indiana, terjadi pemadaman listrik yang aneh yang mempengaruhi kehidupan 2 keluarga :

Jillian Guiler (Melinda Dillon) yang kehilangan anaknya, Barry (Cary Guffey), ketika ia tertidur, dan Roy Neary (Richard Dreyfuss) yang melihat penampakan UFO secara langsung dan dihantui mimpi aneh terus menerus.

Awards                         : Academy Awards (Best Cinematography), BAFTA Awards (Best Production Design/Art Direction), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Director, Best Music), serta 11 penghargaan dan 38 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steven Spielberg

27. Film Luar Angkasa “Prometheus” (2012)

Prometheus

Pada tahun 2089, arkeolog Elizabeth Shaw (Noomi Rapace) dan Charlie Holloway (Logan Marshall-Green) menemukan peta bintang di Skotlandia yang memiliki kesamaan dengan beberapa budaya kuno lain.

Peter Weyland (Guy Pearce), CEO Weyland Corporation, mendanai ekspedisi Prometheus untuk menelusuri kemungkinan menemukan Engineer, pencipta kehidupan.

Setelah Prometheus mendarat, tim mulai melakukan penjelajahan. Mereka menemukan silinder batu, patung-patung, serta mayat alien yang besar dalam kondisi dipenggal, yang mereka anggap sebagai sang Engineer.

Temuan mayat-mayat lain membuat tim yakin bahwa kehidupan di sana telah benar-benar punah. Namun benarkah demikian?

Awards                         : CinEuphoria Awards (Best Actor), Fright Meter Awards (Best Supporting Actor), Las Vegas Film Critics Society Awards (Best Art Direction), serta 3 penghargaan dan 47 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ridley Scott

 

26. Film Luar Angkasa “Guardians of The Galaxy” (2014)

Guardians Of The Galaxy

Setelah pernah diculik oleh alien ketika masih muda, Peter Quill (Chris Pratt) kemudian melakukan perjalanan galaksi untuk menyelamatkan benda berharga apapun yang nantinya bisa dijual kembali.

Ia menemukan bola perak yang ternyata sangat diinginkan dan diperebutkan oleh banyak pihak.

Ketika Ronan (Lee Pace) akhirnya memperolehnya, Peter dan teman-teman barunya, Gamora (Zoe Saldana), Drax  (Dave Bautista), Groot (voice: Vin Diesel), dan Rocket (voice : Bradley Cooper) harus berusaha menghentikannya.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Actor/ Director/ Make-Up/ Comic-to-Film Motion Picture), Art Directors Guild (Best Fantasy Film), serta 47 penghargaan dan 101 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : James Gunn

 

25. Film Luar Angkasa “Sunshine” (2007)

Sunshine

Suatu waktu jauh di masa depan, Bumi menjelang kepunahan ketika sinar matahari mulai meredup.

Pada tahun 2050, Icarus I dikirim ke luar angkasa dengan misi mendekati matahari dan mengebomnya untuk menyalakannya kembali. Icarus I menghilang tanpa jejak.

Tahun 2057, Icarus II yang berawak 8 orang dikirim kembali untuk melanjutkan misi tersebut. Ketika Icarus II mendekati Merkurius, anggota kru menangkap sinyal dari Icarus I. Icarus II memutuskan untuk mendekat dengan harapan dapat menemukan orang yang selamat.

Perubahan rencana ini tentu memiliki resiko sendiri. Apapun yang menyebabkan Icarus I gagal, bisa terjadi pada mereka. Dan ini juga berarti bisa menggagalkan misi mereka.

Film ini dibintangi oleh Rose Byrne, Chris Evans, Cillian Murphy, dan Michelle Yeoh.

Awards                 : 1 penghargaan di British Independent Film Awards untuk kategori Best Technical Achievement dan 18 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Danny Boyle

 

24. Film Luar Angkasa “Star Wars: Episode IV – A New Hope” (1977)

Star Wars IV

Sembilan belas tahun setelah pembentukan Kekaisaran, Luke Skywalker (Mark Hamill) bertemu Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness), yang telah hidup bertahun-tahun di pengasingan di planet gurun Tatooine.

Mereka bergabung bersama Aliansi Pemberontak dalam sebuah misi untuk menyelamatkan Putri Leia (Carrie Fisher) dari cengkeraman Kekaisaran jahat. Dalam misi tersebut, Obi-Wan harus berduel dengan Darth Vader (David Prowse), mantan muridnya.

Akankah Luke dan Obi-wan mampu menghancurkan Death Star, atau akankah Kaisar memerintah selamanya?

Awards                 : Academy Awards (Best Art Direction-Set Decoration/ Costume Design/ Sound/ Film Editing/ Visual Effects/ Original Score/ Sound Effect), Golden Globes (Best Original Score – Motion Picture), serta 51 penghargaan dan 28 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : George Lucas

 

23. Film Luar Angkasa “The Fifth Element” (1997)

The Fifth Elementh

Pada abad ke dua puluh tiga, alam semesta terancam oleh kejahatan. Satu-satunya harapan bagi manusia adalah The Fifth Element, yang datang ke Bumi setiap lima ribu tahun untuk melindungi manusia dengan menggunakan empat elemen: Api, Air, Bumi, dan Udara.

Pesawat ruang angkasa Mondoshawan yang membawa The Fifth Element kembali ke Bumi dihancurkan oleh Mangalores yang jahat. Namun tim ilmuwan menggunakan DNA dari sisa-sisa The Fifth Element untuk membangun kembali makhluk sempurna yang disebut Leeloo (Milla Jovovich).

Leeloo melarikan diri dari laboratorium dan berusaha menemukan Pastor Vito Cornelius (Ian Holm) untuk menyelesaikan misinya. Ia kemudian bertemu dengan sopir taksi dan mantan komandan elit, Korben Dallas (Bruce Willis), yang membantunya melarikan diri dari polisi.

Sementara itu, Evil menggunakan Jean-Baptiste Emanuel Zorg (Gary Oldman) yang serakah dan kejam serta tim tentara bayaran Mangalores untuk menghalangi Leeloo.

Awards                 : AFTA Awards (Best Special Effects), 20/20 Awards (Best Costume Design), César Awards – France (Best Director/ Cinematography/ Production Design), serta 5 penghargaan dan 37 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Luc Besson

 

22. Film Luar Angkasa “Contact” (1997)

Contact

Eleanor Arroway (Jodie Foster) telah menghabiskan hidupnya mencari kebenaran dalam studi astronomi radio. Imannya luntur ketika ia kehilangan orangtuanya saat kecil.

Sementara Palmer Joss (Matthew McConaughey) telah menghabiskan pencariannya untuk kebenaran melalui iman kepada Tuhan.

Ketika Ellie menemukan pesan yang luar biasa dari makhluk luar angkasa, mereka dan semua orang di Bumi dipaksa untuk menantang asumsi mereka sendiri. Lalu mungkinkah mereka menemukan kompromi antara sains dan kepercayaan?

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Actress, Best Performance by a Younger Actor/Actress), Hugo Awards (Best Dramatic Presentation), serta 12 penghargaan dan 30 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Robert Zemeckis

 

21. Film Luar Angkasa “Starship Troopers” (1997)

Starship Troopers

Johnny Rico (Casper Van Dien) adalah seorang siswa muda yang berkencan dengan seorang gadis bernama Carmen Ibanez (Denise Richards). Ketika Carmen memutuskan untuk bergabung dengan militer), Johnny mengikuti dan bergabung juga.

Begitu menyadari bahwa ia bergabung karena alasan yang salah, ia berniat berhenti. Namun sesaat sebelum ia berhasil keluar, asteroid darfi planet Klendathu menghantam kota dan membunuh keluarganya.

Johnny dan rekan-rekannya berangkat untuk menghancurkan penghuni planet ini: sejenis serangga luar angkasa yang sangat besar dan mematikan.

Awards                 : 2 penghargaan di Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA untuk kategori Best Costumes dan Best Special Effects, serta 16 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul Verhoeven

 

20. Film Luar Angkasa “Armageddon” (1998)

Armageddon

Setelah New York City dirusak oleh ratusan meteorit kecil, NASA menemukan sebuah asteroid seukuran Texas yang berada di jalur tabrakan dengan Bumi.

Mereka kemudian merekrut pengebor terbaik di dunia, Harry Stamper (Bruce Willis), untuk melatih para astronot yang akan pergi ke asteroid, mengebor ke pusat dan meledakkan hulu ledak nuklir.

Harry menyatakan bahwa ia tidak bisa melatih manusia cara mengebor dalam sepuluh hari. Ia memilih membawa timnya sendiri untuk belajar menjadi astronot, dan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Salah satu anggota timnya adalah A.J. Frost (Ben Affleck), tunangan putrinya sendiri, Grace (Liv Tyler).

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Science Fiction Film, Best Director), ASCAP Film and Television Music Awards (Most Performed Songs from Motion Pictures), serta 13 penghargaan dan 40 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Michael Bay

 

19. Film Luar Angkasa “Galaxy Quest” (1999)

Galaxy Quest

Lima bintang dari seri 70-an klasik “Galaxy Quest” : Jason Nesmith (Tim Allen), Gwen DeMarco (Sigourney Weaver), Sir Alexander Dane (Alan Rickman), Tommy Webber (Daryl Mitchell), dan Fred Kwan (Tony Shalhoub) keliru dianggap sebagai pahlawan dalam dunia nyata oleh sekelompok alien.

Mereka dibawa ke luar angkasa untuk membantu para alien tersebut memerangi musuhnya.

Tanpa naskah, tanpa sutradara, dan tanpa petunjuk tentang perjalanan ruang angkasa yang sesungguhnya, para aktor ini terpaksa mewujudkan perannya sebagai pahlawan.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Actor), Brussels International Festival of Fantasy Film (Best Director, Best Screenplay), serta 5 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Dean Parisot

 

18. Film Luar Angkasa “Treasure Planet” (2002)

Treasure Planet

Jim Hawkins adalah seorang remaja pemberontak , dianggap sebagai pemalas tanpa masa depan. Bahkan Jim gagal melihat hal baik apa yang bisa datang dari hidupnya.

Suatu malam, seorang bajak laut yang sekarat memberinya peta untuk meraih mimpinya : harta rampasan legendaris Kapten Nathaniel Flint.

Ketika perjalanannya ke ruang angkasa dimulai, Jim menemukan seorang mentor : cyborg bernama John Silver. Namun kepercayaannya pada teman baru ini terbukti berbahaya ketika mereka semakin dekat dengan Planet Treasure.

Film ini melibatkan beberapa actor yang cukup terkenal sebagai pengisi suara, seperti : Joseph Gordon-Levitt, Brian Murray, Emma Thompson, dan Laurie Metcalf.

Awards                 : 1 penghargaan di Motion Picture Sound Editors – USA untuk kategori Best Sound Editing in Animated Features dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ron Clements, John Musker

 

17. Film Luar Angkasa “Serenity” (2005)

Serenity

River Tam (Summer Glau) yang memiliki kekuatan telepati dan saudara lelakinya, Simon (Sean Maher), bersembunyi dari pemerintahan totaliter Aliansi yang ingin bereksperimen dengan otak River.

Kru Serenity berusaha menjaga River dan Simon tetap aman, sambil terus berusaha menghindari Aliansi. Sementara Aliansi mengirimkan Operative baru untuk memastikan River tidak membocorkan apa yang ia ketahui.

Bagaimana kru Serenity akan menangani ancaman baru ini? Dan apa sebenarnya yang diketahui River?

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Supporting Actress), Hollywood Film Awards (Make-Up of the Year), Hugo Awards (Best Dramatic Presentation), serta 6 penghargaan dan 9 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Joss Whedon

 

16. Film Luar Angkasa “Independence Day” (1996)

Independence Day

Kisah ini dimulai dengan pendekatan serangkaian pesawat ruang angkasa besar, yang disambut oleh banyak orang di Bumi dengan tangan terbuka, menanti kontak pertama dengan kehidupan alien.Sayangnya, makhluk luar angkasa ini tidak datang dengan damai.

Mereka justru melepaskan senjata kuat yang menghancurkan sebagian besar kota-kota besar dunia.Terjerumus ke dalam kekacauan, para korban yang selamat berjuang untuk bersatu dan melakukan perlawanan terakhir untuk menyelamatkan umat manusia.

Film ini dibintangi oleh Will Smith, Bill Pullman, dan Jeff Goldblum.

Awards                 : Academy Awards (Best Effects, Visual Effects), 20/20 Awards (Best Visual Effects, Best Sound Design), serta 31 penghargaan dan 35 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Roland Emmerich

 

15. Film Luar Angkasa “Hidden Figures” (2016)

Hidden Figures

Ketika Amerika Serikat berkompetisi dengan Rusia untuk mengirim misi ke luar angkasa, NASA menemukan bakat dari sekelompok ahli matematika wanita Afrika-Amerika, yang kemudian berfungsi sebagai otak di balik salah satu operasi terbesar dalam sejarah AS.

Mereka ditugaskan untuk menghitung peluncuran astronot John Glenn, perjalananan orbit, serta memastikannya kembali dengan aman.

Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), Mary Jackson (Janelle Monáe), dan Katherine Gobels Johnson (Taraji P. Henson) berhasil melampaui tugas tersebut, dan mencatatkan namanya dalam sejarah Amerika Serikat.

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini juga dibintangi oleh Kevin Costner.

Awards                 : Screen Actors Guild Awards (Outstanding Performance by a Cast), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Action/Adventure Film), BET Awards (Best Movie/ Actor/ Actress), serta 32 penghargaan dan 86 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Theodore Melfi

 

14. Film Luar Angkasa “Moon” (2009)

Moon

Dalam tiga minggu terakhir dari masa kontrak tiga tahunnya, Sam Bell (Sam Rockwell) mengalami kecemasan ketika harus kembali ke Bumi. Selama ini ia tinggal sendiri dalam sebuah fasilitas di bulan dengan hanya ditemani oleh komputer sekaligus asistennya, GERTY (voice : Kevin Spacey).

Kesendirian yang panjang ini menyebabkan ia sering berbicara pada dirinya sendiri, atau bahkan pada tanamannya. Komunikasi langsung dengan Bumi tidak bisa dilakukan karena adanya kerusakan.

Namun setelah mengalami kecelakaan, ia terbangun dan menemukan bahwa ternyata ia tidak sendirian. Ia juga menyadari bahwa dunianya tidaklah seperti yang ia pikirkan.

Awards                 : BAFTA Awards (Outstanding Debut by a British Writer, Director or Producer), British Independent Film Awards (Best British Independent Film), serta 25 penghargaan dan 33 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Duncan Jones

 

13. Film Luar Angkasa “Alien” (1979)

Alien

Dalam perjalanan pulang dari misinya, kru Nostromo terbangun dari hibernasi oleh adanya sinyal bahaya dari planet terdekat. Kapten Dallas (Tom Skerritt) tim penyelamat menemukan sebuah benda asing yang tiba-tiba meledak dan mengeluarkan alien. Alien ini menempel pada Kane (John Hurt).

Atas tanggung jawab Ripley (Sigourney Weaver), Ash (Ian Holm) membiarkan Kane kembali ke kapal. Namun alien ini melepaskan diri dari Kane dan melarikan diri.

Awards                 : Academy Awards (Best Effects, Visual Effects), BAFTA Awards (Best Production Design, Best Sound Track), serta 14 penghargaan dan 20 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ridley Scott

 

12. Film Luar Angkasa “Avatar” (2009)

Avatar

Ketika saudaranya terbunuh dalam suatu perampokan, Jake Sully (Sam Worthington) yang lumpuh memutuskan untuk bergabung dalam misi Pandora, dimana Parker Selfridge yang kaya bermaksud mengusir humanoid asli Na’vi dan menguasai tambang bahan berharga mereka.

Sebagai ganti operasi tulang belakang untuk kesembuhannya, Jake bekerja sama dengan Kolonel Quaritch (Stephen Lang) untuk membentuk unit mereka sendiri, dan secara bersamaan berusaha menyusup dengan menggunakan identitas “avatar”.

Namun Jake justru mulai memiliki ikatan dengan suku asli tersebut, dan jatuh cinta pada alien cantik, Neytiri (Zoe Saldana).

Awards                 : Academy Awards (Best Achievement in Cinematography/ Visual Effects/ Art Direction), Golden Globes (Best Director, Best Motion Picture), serta 85 penghargaan dan 128 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : James Cameron

 

11. Film Luar Angkasa “Solaris” (1971)

Solaris

Psikolog Kris Kelvin (Donatas Banionis) dikirim ke stasiun ruang angkasa yang mengorbit pada bulan dari sebuah planet yang cukup jauh.

Awalnya stasiun tersebut dibangun untuk menampung lebih dari 80 orang, namun yang tersisa saat ini hanya memiliki 3 penghuni. Para penghuni sebelumnya mengalami delusi.

Sesaat setelah tiba di sana, Kelvin mulai melihat hal-hal yang tidak mungkin terjadi.

Awards                 : 2 penghargaan di Cannes Film Festival (FIPRESCI Prize, Grand Prize of the Jury) dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Andrei Tarkovsky

 

10. Film Luar Angkasa “From The Earth To The Moon” (1998)

From The Earth To The Moon

Ini adalah satu-satunya film seri yang saya masukkan ke list karena sangat sayang apabila dilewatkan.

Masing-masing dari 12 episode dalam seri ini menceritakan tentang ide awal ekspedisi luar angkasa, pembuktian teori-teori, proses persiapan dari Apollo 1 hingga Apollo 17, hingga proses penutupan program Apollo tersebut.

Film yang antara lain dibintangi oleh Tom Hanks, Nick Searcy, Lane Smith, dan David Andrew ini menurut saya wajib ditonton oleh semua penggemar film luar angkasa/ antariksa.

Awards                 : Golden Globes (est Miniseries or Motion Picture Made for Television), Broadcast Film Critics Association Awards (Best Picture Made for Television), serta 20 penghargaan dan 33 nominasi di berbagai ajang penghargaan

 

09. Film Luar Angkasa “Total Recall” (1990)

Total Recall

Tahun 2084, Douglas Quaid (Arnold Schwarzenegger) mulai bosan dengan rutinitasnya sebagai pekerja konstruksi. Ia sering bermimpi mengunjungi Mars.

Iapun mengunjungi “Rekall,” sebuah perusahaan yang menanamkan ingatan palsu ke dalam otak orang, untuk mengalami sensasi Mars tanpa harus melakukan perjalanan ke sana.

Namun terjadi kesalahan selama prosedur dilakukan: Quaid justru menemukan bahwa seluruh hidupnya sebenarnya adalah memori palsu dan bahwa orang-orang yang menanamkannya di kepalanya sekarang ingin dia mati.

Awards                 : Academy Awards (Special Achievement Award for Visual Effect), 20/20 Awards (Best Visual Effects), serta 6 penghargaan dan 16 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul Verhoeven

 

08. Film Luar Angkasa “First Man” (2018)

First Man

Film ini mengangkat kisah kehidupan astronot Amerika legendaris Neil Armstrong (Ryan Gosling), dari tahun 1961-1969.

Perjuangannya menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan harus dibayar dengan banyak pengorbanan dan kehilangan, termasuk kematian teman-temannya dalam proses ujicoba.

Misi ini sendiri merupakan salah satu misi paling berbahaya dalam sejarah perjalanan ruang angkasa.

Awards                 : Golden Globes (Best Original Score – Motion Picture), Atlanta Film Critics Circle (Best Original Score), Awards Circuit Community Awards (Best Original Score, Best Sound), serta 16 penghargaan dan 154 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Damien Chazelle

 

07. Film Luar Angkasa “Aliens” (1986)

Aliens

57 tahun setelah Ellen Ripley (Sigourney Weaver) bertemu dengan makhluk alien reptilia dari film pertama, dia dipanggil kembali. Kali ini untuk membantu sekelompok marinir terlatih untuk berperang melawan makhluk luar angkasa yang menyeramkan.

Saat para marinir melakukan yang terbaik untuk mempertahankan diri, Ripley harus berusaha melindungi satu-satunya gadis muda yang selamat dari kehancuran koloni ruang angkasa.

Awards                 : Academy Awards (Best Sound Effects Editing, Best Visual Effects), BAFTA Awards (Best Special Visual Effects), serta 17 penghargaan dan 23 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : James Cameron

 

06. Film Luar Angkasa “WALL-E” (2008)

WALL E

Jauh di masa depan, manusia mulai meninggalkan Bumi yang sudah dipenuhi sampah. WALL-E (voice : Ben Burtt) yang memiliki kebiasaan untuk mengambil semua yang menurutnya menarik, hidup sendirian di planet ini dengan seekor kecoa peliharaan.

Ia memiliki banyak koleksi benda, bahkan memiliki tanaman hidup terakhir. Ketika pesawat ruang angkasa datang ke bumi dan menjatuhkan EVE (voice : Elissa Knight) untuk mencari tanaman hidup, WALL-E jatuh cinta padanya.

WALL-E memberinya tanaman yang kemudian membuat EVE masuk ke mode tidur. Ketika sebuah pesawat ruang angkasa datang untuk mengambil kembali EVE, WALL-E berusaha mengikutinya.

Awards                 : Academy Awards (Best Animated Feature Film of the Year), Best Animated Film (Best Animated Film), BAFTA Awards (Best Animated Film), serta 87 penghargaan dan 90 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Andrew Stanton

 

05. Film Luar Angkasa “Planet of The Apes” (1968)

Planet of The Apes

Pada tahun 3978 A.D., pesawat ruang angkasa Taylor (Charlton Heston) dan dua astronot lainnya jatuh di sebuah planet. Planet ini mirip dengan planet mereka, namun dihuni oleh para kera yang cerdas.

Dodge (Jeff Burton) ditembak hingga mati, Landon (Robert Gunner) dijadikan bahan percobaan, sementara Taylor berusaha menjalin hubungan dengan masyarakat yang ada.

Akankah usahanya berhasil?

Awards                 : Genesis Awards (Feature Film – Classic), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), serta 3 penghargaan dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Franklin J. Schaffner

 

04. Film Luar Angkasa “The Martian” (2015)

The Martian

Saat terjadi badai di Mars, astronot Mark Watney (Matt Damon) mengalami kecelakaan dan menghilang. Ia dianggap telah mati oleh timnya. Namun sesungguhnya ia selamat, kehilangan komunikasi dan perbekalan.

Kapten Melissa Lewis (Jessica Chastain) memutuskan untuk berangkat bersama krunya untuk mencari Mark.Akankah Mark bisa bertahan, dan bisa diselamatkan?

Awards                 : Golden Globe (Best Motion Picture, Best Performance by an Actor), 3D Creative Arts Awards (Best Stereography, Best Use of Native 3D), serta 35 penghargaan dan 195 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ridley Scott

 

03. Film Luar Angkasa “Interstellar” (2014)

Interstellar

Cooper (Matthew McConaughey), seorang mantan insinyur dan pilot sains, tinggal di tanah pertaniannya di Midwest bersama kedua anaknya,  Murph (Mackenzie Foy) dan Tom (Timothée Chalamet).

Saat badai pasir dahsyat menghancurkan tanaman, Bumi menyadari bahwa kehidupan mereka akan berakhir bersamaan dengan tidak adanya persedian makanan lagi.

Cooper yang cerdas dan mampu  mengemudikan pesawat kemudian ditugaskan oleh NASA untuk menemukan pengganti Bumi.

Akankah ia menyanggupi tugas tersebut, dan mengambil resiko tidak akan bertemu lagi dengan anak-anaknya?

Awards                 : Academy Awards (Best Achievement in Visual Effects), BAFTA Awards (Best Special Visual Effects), serta 42 penghargaan dan 145 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Christopher Nolan

 

02. Film Luar Angkasa “Gravity” (2013)

Gravity

Ryan Stone (Sandra Bullock) adalah seorang ilmuwan pada misi pesawat ulang-alik yang dipimpin oleh astronot Matt Kowalsky (George Clooney).

Saat keduanya sedang berjalan di luar angkasa, puing-puing menghantam mereka dan memisahkan mereka dari kapal induk. Mereka dan terdampar di ruang angkasa.

Dalam usahanya menemukan jalan kembali, Stone bergulat dengan masa lalu yang menyakitkan yang membuatnya ingin menyerah..

Awards                 : Academy Awards (Best Achievement in Cinematography/ Directing/ Film Editing/ Original Score/ Sound Editing/ Sound Mixing/ Visual Effects), Golden Globes (Best Director – Motion Picture), serta 232 penghargaan dan 175 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfonso Cuarón

 

01. Film Luar Angkasa “2001 : A Space Odyssey” (1968)

A Space Oddysey

Kisah dalam film ini dibagi menjadi 4 episode yang sama-sama mengesankan:

The Dawn of Man : Seorang manusia kera purba mendadak dianugerahi kecerdasan setelah menemukan monolit hitam misterius.

The Lunar Journey in The Year 2000 : Beberapa tahun kemudian, monolit serupa ditemukan di permukaan bulan. Monolit ini mengirimkan sinyal ke Jupiter.

Jupiter Mission : Mengambil setting tahun 2001-2002, perjalanan ke Jupiter dimulai dan direncanakan memakan waktu 18 bulan.

Jupiter and Beyond The Infinite : Monolith ternyata mampu menembus semua dimensi.

Awards                 : Academy Awards (Best Effects, Special Visual Effects), BAFTA Awards (Best Art Direction/ Cinematography/ Sound Track), serta serta 11 penghargaan dan 10 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stanley Kubrick

 

Ada 2 film yang menjadi catatan di sini. Pertama adalah From The Earth To The Moon. Ini memang film seri, tapi sengaja saya masukkan. Karena kalau menurut saya, semua kisah-kisah luar angkasa/ antariksa berawal dari sini.

Yang kedua adalah October Sky. Film ini belum membawa kita ke beraneka petualangan luar angkasa, hanya mengulas Sputnik sedikit-sedikit, kemudian membahas tentang roket skala kecil. Tapi semua hal besar tentunya diawali dari hal kecil kan ya. Bukan begitu, begitu bukan?

 

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.