insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Film Perang Kerajaan Terbaik

Film kolosal atau yang terkenal dengan sebutan film kerajaan, adalah salah satu niche film yang proses pembuatannya membutuhkan massa yang banyak dan tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Ada kalanya film jenis ini sangat identik dengan peristiwa sejarah ataupun zaman sebelum prasejarah yang erat dengan adegan perang massal dan perebutan kekuasaan. Tak hanya Hollywood, Eropa dan Asia juga banyak yang memproduksi jenis film kerajaan sesuai sejarahnya masing-masing.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, buat sobat pecinta film ataupun pecinta sejarah, ini lho 40 daftar film perang kerajaan terbaik yang layak ditonton karena menyajikan sinematografi dan jalan cerita yang luar biasa. Cekidot!

40. Film Perang Kerajaan Terbaik “Hammer of The God“ (2013)

Hammer of The God

Salah satu film aksi Inggris ini merupakan film kerajaan dengan latar belakang masyarakat Viking pada tahun 871 Masehi. Dirilis pada 5 Juli 2015 di Inggris, film ini menceritakan tentang pencarian saudara yang hilang.

Berdurasi 103 menit, kisah diawali ketika Pangeran Steinar (Charlie Bewley) yang diutus oleh ayahnya Raja Bagsecg (James Cosmo) untuk mencari saudaranya, Pangeran Hakan (Elliot Cowan), yang sedang bermasalah dengan ayahnya dan diasingkan oleh keluarga.

Perjalanan Steinar mencari Hakan merupakan perjalanan untuk menunjukkan siapa yang berhak menjadi pewaris tahta. Persaingan mencari Hakan pun terjadi antara Steinar dan kedua saudaranya yang lain, yaitu Harold (Finlay Robertson) dan Vali (Theo Barklem-Biggs).

39. Film Perang Kerajaan Terbaik “10,000 BC“ (2008)

10000 BC

Diproduksi oleh Warner Bros Pictures, film fantasi Amerika ini menceritakan tentang kehidupan suku Yagahl yang berada pada masa 10,000 sebelum Masehi. Suku Yagahl tinggal di pegunungan dan hidup dengan berburu.

Adalah D’Leh (Steven Strait) yang berhasil berburu dengan membunuh Mammoth. Sesuai dengan kepercayaan yang dianut Suku Yagahl, D’Leh berhasil mendapatkan tombak putih berkat keberhasilannya.

Cerita berlanjut ketika suku diserang oleh perampok berkuda dan menculik beberapa penduduk, termasuk Evolet (Camilla Belle). D’Leh pun memulai perjalanan untuk menyelamatkan mereka bersama Tic Tic (Cliff Curtis), Baku (Nathanael Baring) dan Ka’Ren (Mo Zinal).

38. Film Perang Kerajaan Terbaik “Forbidden Kingdom“ (2008)

The Forbidden Kingdom

Diawali dari seorang anak penggemar berat serial kungfu, Jason Triptikas (Michael Angarano), yang sering keluyuran di pecinan untuk berburu film silat. Petualangan dimulai ketika ia diserang berandal ketika menolong pemilik toko di Pecinan dengan sebuah tongkat emas.

Terjatuh dari atap dan kemudian pingsanketika melakukan perlawanan, Jason terbangun di sebuah kampung kuno Cina, mundur berabad-abad silam. Membawa tongkat emas, Jason diserang tentara yang hendak merebut tongkat tersebut.

Beruntung dia ditolong oleh pendekar pemabuk bernama Lu Yan (Jackie Chan). Dari Lu Yan, Jason mengetahui jika tongkat yang dia bawa adalah milik Kera Sakti (Jet Li) yang ditahan oleh Panglima Giok (Collin Chou) dan harus diselamatkan oleh Jason sebagai pemilik tongkat yang sekarang.

Akhirnya bersama Lu Yan, Jason melakukan perjalanan. Bertemu dengan Biksu yang juga diperankan oleh Jet Li dan Burung Gereja Emas (Liu Yifei) yang mencari Panglima Giok, mereka melakukan perjalanan bersama-sama.

37. Film Perang Kerajaan Terbaik “The Last Legion“ (2007)

The Last Legion

Berdasarkan novel dengan judul yang sama karangan Valerio Massimo Manfredi, film ini mengisahkan tentang legenda pedang Julius Caesar.

Kisah diawali dengan dinobatkannya Romulus Agustus (Thomas Sangster) sebagai Caesar muda. Naas, pada malam harinya terjadi penyerangan besar-besaran di Roma oleh kaum Goth yang dipimpin oleh Odoaker (Peter Mullan).

Odoaker berasil menangkap Romulus dan hendak membunuhnya, akan tetapi oleh pendamping Romulus yang bernama Ambrosinus (Ben Kingsley) Odoaker dibujuk untuk mengampuni Romulus. Sehingga pada akhirnya Romulus dan Ambrosinus diasingkan ke Kapri.

Petualangan pun dimulai dengan ditemukannya pedang Caesar yang hilang oleh Romulus. Lalu dia bersama Ambrosinus, Aurelius (Colin Firth), tiga prajurit Romawi dan seorang prajurit Kekaisaran Romawi Timur bernama Mira (Aishwarya Rai) memulai perlawanan terhadap Odoaker.

36. Film Perang Kerajaan Terbaik “Pompeii“ (2014)

Pompeii

Film kerajaan dengan yang dibumbui kisah romantis ini terinspirasi dari peristiwa meletusnya Gunung Vesuvius yang menghancurkan daerah Pompeii, sebuah wilayah daerah kekaisaran Roma, yang terjadi pada tahun 79 Masehi.

Mengambil kisah kehidupan gladiator, cerita diawali dari penyerangan Suku Celtic –suku Britannia yang terkenal ahli menunggang kuda– oleh pasukan Roma yang dipimpin oleh Panglima Corvus (Kiefer Sutherland).

Beruntungnya, dari semua orang yang tewas, hanya tersisa seorang anak lelaki bernama Milo (Kit Harington). Milo kemudian ditangkap pedagang budak bernama Graceus (Joe Pingue) yang membuatnya bertemu budak yang menjadi rekannya, yaitu Atticus (Adewale Akinnuoye Agbaje).

Perjalanan Milo dewasa yang akhirnya menjadi Gladiator menjadi penuh liku ketika dia akhirnya bertemu dengan Cassia (Emily Browning), seorang gadis dari kasta atas yang jatuh cinta padanya, dan juga Corvus yang jatuh cinta pada Cassia.

35. Film Perang Kerajaan Terbaik “Alexander“ (2004)

Alexander

Didasarkan dari kisah kehidupan Alexander Agung yang tertulis dalam buku Alexander The Great tulisan sejarawan Robin Lane Fox, film ini menghabiskan biaya produksi hingga 155 juta dollar dan dapat meraup pundi-pundi hingga 167.2 juta dollar.

Adalah Alexander Agung (Colin Farel), putra dari Ratu Olympias (Angelina Jolie) dan Raja Phillip II (Val Kilmer) yang pada akhirnya menjadi salah satu pemimpin pasukan perang terhebat sepanjang sejarah yang mengawali karirnya sebagai Raja Macedonia.

Film ini berkisah tentang perjalanan Alexander melalui 22.000 mil jauhnya pengepungan untuk menaklukkan Kekaisaran Persia, kemudian berjalan ke barat hingga Mesir dan berbalik ke timur sampai India hanya dalam waktu 8 tahun lamanya.

34. Film Perang Kerajaan Terbaik “Wrath of The Titans“ (2012 )

Wrath of The Titans

Dirilis pertama kali pada 28 Maret 2012 di Perancis, film kerajaan dengan genre fantasi ini merupakan sekuel kedua dari film Clash of The Titans yang rilis pada tahun 2010. Dengan sutradara baru, Jonathan Liebesman, film ini masih didistribusikan oleh Warner Bros Pictures.

Menceritakan tentang Perseus (Sam Worthington), anak dari Zeus (Liam Neeson) dengan seorang manusia biasa. Zeus memintanya untuk ikut menyelamatkan dunia dewa yang sedang terancam namun Perseus menolak.

Akhirnya Zeus bersama anaknya yang lain, Ares (Edgar Ramirez) dan saudara kandung Zeus yang bernama Poseidon (Danny Huston) menemui saudara Zeus yang lain bernama Hades (Ralph Fiennes) untuk meminta bantuan, namun Hades menolak.

Singkat cerita, terjadi pengkhianatan oleh Ares sehingga Zeus ditahan dan Poseidon terluka parah. Lalu datanglah Perseus yang menjadi penyelamat. Kemudian ia meminta bantuan dari Agenor (Toby Kebbel), putra Poseidonyang juga setengah dewa dan Ratu Andromeda (Rosamund Pike).

33. Film Perang Kerajaan Terbaik “Hercules“ (2014)

Hercules

Film yang disutradarai oleh Brett Ratner yang juga merupakan salah satu produsernya ini didistribusikan oleh Pramount Pictures yang rilis pada 25 Juli 2014 di Amerika Serikat dengan dua format, yaitu imax dan 3D.

Menceritakan perjalanan tentang manusia setengah dewa yang melegenda di Yunani, yakni Hercules (Dwayne Johnson), putra Zeus. Film ini adalah kelanjutan dari kisah Hercules yang sebelumnya berhasil melewati 12 tugas Raja Eurystheus (Joseph Fiennes).

Petualangan berlanjut ketika Hercules menjadi tentara bayaran dengan bantuan Amphiaraus (Ian McShane), Autolycus (Rufus Sewell), Atalanta (Ingrid Bolso Berdal), Tydeus (Aksel Hennie) dan Iolaus (Reece Ritchie) dan menjadi terkenal.

Akhirnya Raja Cotsydan (John Hurt) meminta bantuan pada geng Hercules untuk melawan pemberontak. Namun ternyata itu semua hanya konspirasi dari Raja Cotsydan dan membuat Hercules cs tidak tinggal diam.

32. Film Perang Kerajaan Terbaik “Age of uprising : The Legend of Michael Kohlhaas“ (2013)

Age of Uprising

Film Jerman-Perancis ini merupakan film yang didasarkan pada novel karangan Heinrich von Kleist yang berjudul Michael Kohlhaas yang ditulis menurut kisah sejarah Hans Kohlhase. Film bergenre drama sejarah ini rilis pertama kali pada 24 Mei 2013 di Festival Film Cannes.

Bercerita tentang Michael Kohlhaas (Mads Mikkelsen), seorang peternak kuda yang cakap, menuntut keadilan karena perawat kuda dan dua kuda hitamnya yang disiksa dan penuh luka. Pihak pengadilan yang takut pada bangsawan yang melakukannya tidak member kepuasan pada Kohlhaas.

Pun ketika istrinya meninggal karena menjadi korban suruhan bangsawan, membuat Kohlhaas tidak tinggal diam. Layaknya John Wick yang hidup di masa lampau, Kohlhaas pun membabi buta melakukan perlawanan dengan membentuk pasukan perang.

31. Film Perang Kerajaan Terbaik “The Last King“ (2016)

The Last King

Sebuah film kolosal dari Norwegia, film ini memiliki judul asli Birkebeinerne, film yang disutradarai oleh Nils Gaup ini didasarkan pada kisah sejarah Norwegiatahun 1204. Film ini menceritakan tentang kesetiaan orang birkebeiner untuk melindungi bayi Sang Pewaris Tahta.

Berawal dari lahirnya Hakoon Hakonson, putra dari Raja Hakoon Sveressons dan rakyat jelata bernama Inga of Varteig (Ane Ulmoen Overli). Adanya Hakonson membuat pertentangan antara Kaum Bierkebeiner dan Kaum Bagler yang pada akhirnya kaum Bagler membunuh Raja Sveressons.

Petualangan pun dimulai dengan diambil alihnya kerajaan oleh Gisle (Pal Hagen) yang kejam, memenjarakan Inge Bardson (Thorbjorn Harr) utusan Raja terdahulu dan upaya Torstein (Kristofer Hivju) dan Skjrevald (Jakob Oftebro) untuk melindungi putra mahkota.

30. Film Perang Kerajaan Terbaik “The Eagle“ (2011)

The Eagle

Sebuah film drama sejarah yang mengambil seting pada masa Roma-Inggris ini diadaptasi dari novel petualangan sejarah tahun 1954 karya Rosemary Sutcliff yang berjudul The Eagle of The Ninth. Menceritakan tentang pasukan Romawi pada tahun 120 masehi.

Adalah Marcus Aquila (Channing Tatum), perwira muda Romawi putra dari Flavius Aquila (Aladar Lakloth) yang hilang 20 tahun lalu, pergi ke Inggris untuk menjadi komandan perang dan berusaha menemukan lambang keluarga “The Eagle Standard”.

Petualangan Marcus masih berlanjut dengan ditemani oleh Esca (Jamie Bell) seorang budak Inggris, Guern (Mark Strong) prajurit dari Legiun 9. Puncaknya adalah ketika mereka bertemu Pangeran Suku Seal (Tahar Rahim) dan Horned One (Ned Dennehy).

29. Film Perang Kerajaan Terbaik “300 : Rise of An Empire“ (2014)

300 Rise of An Empire

Didistribusikan oleh Warner Bros Pictures, film ini mampu menghasilkan pemasukan tiga kali lipat dari harga produksi yang sebesar 110 juta dollar. Film kolosal ini didasarkan pada serial komik sejarah karya Frank Miller yang berjudul Xerxes.

Film ini menceritakan tentang perang antara Yunani dan Persia. Adalah Leonidas (Gerard Butler) dan prajurit Spartan melawan Xerxes (Rodrigo Santoro) dan pasukan Persia di Thermopylae.

Di sisi lain terdapat pertempuran armada laut antara Themistocles (Sullivan Stapleton), seorang Jendral Athena pembunuh Darius (Yigal Naor), yang melawan Artemesia (Eva Green), seorang Jendral angkatan laut Persia yang menghasut Xerxes menyerang Yunani.

28. Film Perang Kerajaan Terbaik “Furious“ (2017)

Furious

Film kolosal sejarah dari Negara Rusia ini berdasarkan sejarah periode Rusia pada masa Golden Harde. Dikenal juga dengan jugul Legend of Kolovrat, film yang disutradarai oleh Ivan Shurkhovetskiy ini dirilis pada tanggal 30 November 2017.

Plot film ini diambil dari The Tale of Destruction of Riazan, yang merupakan kisah militer dari abad pertengahan yang menceritakan penangkapan kota Ryazan tahun 1237 oleh Mongol dan merupakan invasi popular Mongol ke Rusia.

Adalah Ecpaty Kolovrat (Ilya Malakov), seorang pemimpin pasukan yang memutuskan untuk melakukan perlawanan pada Batu Khan (Aleksandr Choi) yang membagi-bagi Rusia.

27. Film Perang Kerajaan Terbaik “47 Ronin“ (2013)

47 Ronin

Dirilis pada 6 Desember 2013 di Jepang dan 25 Desember 2013 di Amerika Serikat, film ini merupakan kisah yang diadaptasi dari cerita rakyat Jepang tentang 47 Ronin atau samurai tanpa tuan yang menggambarkan kesetiaan.

Adalah Kai (Keanu Reeves) yang diselamatkan oleh Lord Asano (Min Tanaka) dan menjadi samurai. Diawali dari keinginan Lord Kira untuk menguasai provinsi Ako yang dipimpin oleh Asano dan memperistri anak Asano yang bernama Mika (Ko Shibasaki).

Kira yang mendapat bantuan penyihir Rinko Kukichi, mempermalukan Asano di hadapan Shogun Tokugawa Tsunayoshi (Cary-Hiroyuki Tagawa), pimpinan tertinggi Jepang. Hal ini membuat Asano harus mati setelah melakukan seppuku.

Kematian Asano membangkitkan amarah 47 ronin pimpinan Oishi (Hiroyuki Sanada) untuk membalaskan dendam tuannya.

26. Film Perang Kerajaan Terbaik “The Messenger : The Story of Joan of Arc“ (1999)

the messenger the story of joan of arc

Film kerajaan Perancis ini diadaptasi dari kisah St. Joan of Arc, seorang pahlawan perang Perancis yang juga religius yang hidup di sekitar abad 15. Adalah Joan (Milla Jovovich), seorang gadis petani yang hidup di Domremy, Perancis.

Pada saat berusia 13 tahun ia mendapat ramalan akan adanya bencana perang di Perancis. Tahun 1428, Joan mengirim pesan pada Raja Charles VII (John Malkovich) untuk memberikan pasukan padanya dengan tujuan melawan Inggris yang melakukan invasi sejak tahun 1377.

Dengan bujukan Yolande of Aragon (Faye Dunaway), akhirnya Raja mempercayakan prajurit pada Joan yang kemudian berhasil membantu Perancis melakukan perlawanan terhadap Inggris.

25. Film Perang Kerajaan Terbaik “Robin Hood“ (2010)

Robin Hood

Disutradarai oleh Ridley Scott dan juga sebagai salah satu produsernya, Robin Hood merupakan adaptasi dari legenda rakyat Inggris yang juga bernama Robin Hood. Memiliki durasi 140 menit, film ini pertama kali dirilis 12 Mei 2010 di Inggris.

Adalah Sir Robin Longstide, Earl of Huntington atau lebih dikenal dengan Robin Hood (Russel Crowe) kembali ke desanya di akhir abar 12. Ia menemukan penindasan pada rakyat yang dilakukan karena tekanan Sheriff Nottingham (Matthew Macfadyen).

Robin Hood kemudian berusaha menyelamatkan desanya dari korupsi dan tirani yang pada akhirnya dia mendapat simpati dari Lady Marian Loxley (Cate Blanchett).

24. Film Perang Kerajaan Terbaik “Goemon“ (2009)

Goemon

Ditulis, disutradarai dan juga diproduseri oleh Kazuaki Kiriya, film ini diadaptasi dari kisah Ishikawa Goemon, yang seperti layaknya Robin Hood, berprofesi sebagai pencuri legendaris spesialis orang kaya untuk membantu orang miskin.

Mengambil seting masa pemerintahan diktaktor Toyotomi Hideyoshi (Eiji Okuda) sebagai pengganti Oda Nobunaga (Hashinosuke Nakamura), Goemon (Yosuke Eguchi) melakukan pencurian di brankas bangsawan bernama Kinokuniya Bunzaemon.

Selain mencuri koin emas dan harta berharga lain, Goemon juga menemukan perkamen yang menjadi bukti bahwa pembunuh Oda Nobunaga adalah Toyotomi Hideyoshi. Dan dari sinilah petualangan Goemon dimulai.

23. Film Perang Kerajaan Terbaik “The Liberator“ (2013)

The Liberator

The Liberator adalah film kerajaan dari Spanyol-Venezuela yang dirilis pertama kali pada 9 September 2013 di Festival Film Internasional Toronto. Secara garis besar film ini menceritakan perjuangan panglima militer perjuangan Amerika Selatan bernama Simon Bolivar (1783-1830).

Bolivar (Edgar Ramirez) menempuh perjuangan melawan kekaisaran Spanyol di Amerika Selatan hingga 100 kali lebih pertempuran. Keberhasilannya adalah membebaskan Negara Panama, Ekuador, Venezuela, Kolombia, Bolivia dan Peru.

Melalui perjalanan jauh hingga lebih dari 70ribu mil dengan pasukan yang dua kali lipat lebih banya dari Alexander Agung, Kaisar Macedonia, membuat Bolivar juga tidak pernah ditaklukkan.

22. Film Perang Kerajaan Terbaik “Anonymous“ (2011)

The Anonymous

Film yang ditulis oleh John Orloff ini diadaptasi dari kehidupan Edward de Vere, 17th Earl of Oxford. Siapakah de Vere ini? Dikisahkan de Vere (Rhys Ifans) adalah penulis asli dari cerita fenomenal Hamlet, Macbeth hingga Romeo and Juliet.

De Vere menyerahkan naskahnya kepada Ben Jonson (Sebastian Armesto), seorang penulis naskah panggung, untuk dipentaskan. Dan ternyata William Shakespeare (Rafe Spall), seorang aktor yang buta huruf mengambil keuntungan dari kejadian tersebut.

De Vere melakukan hal tersebut karena pada masa kepemimpinan Elizabeth I (Vanessa Redgrave) ini menulis naskah drama dianggap sebagai bid’ah agama Kristen. Selain itu, film ini juga menceritakan tentang penggulingan ratu, penguasaan Irlandia dan pengangkatan raja James dari Skotlandia.

21. Film Perang Kerajaan Terbaik “Outlaw King“ (2018)

The Outlaw King

Film kolosal ini diadaptasi dari kehidupan Robert The Bruce, seorang bangsawan Skotlandia yang melawan tentara Inggris. Dirilis pada 6 September 2018 di Festival Film Internasional Toronto, film ini dapat meraup pundi-pundi hingga 120 juta dollar.

Dikisahkan Robert Bruce (Chris Pine) dan beberapa bangsawan Skotlandia menyerah terhadap Raja Edward I yang kemudian meninggalkan Skotlandia dengan menugasi Bruce untuk memungut pajak dan menikahkan Bruce dengan cucunya, Elizabeth de Burgh (Florence Pugh).

Menemukan William Wallace dalam kondisi yang menyedihkan membuat Bruce melakukan pemberontakan lagi.

20. Film Perang Kerajaan Terbaik “Conquest 1453“ (2012)

Conquest 1453

Disutradarai oleh Faruk Asoy dan diproduseri oleh Faruk Asoy, Servet Aksoy dan Ayse Germen, film conquest 1453 atau yang bisa juga disebut Fetih 1453 berhasil menjadi film yang paling banyak ditonton di Turki hanya dalam waktu 18 hari.

Diperankan oleh Devrim Evin (Sultan Al-Fatih), Ibrahim Celikkoi (Ulubatli Hasan) dan Dilek Serbes(Era), Conquest 1453 menceritakan kisah nyata tentang Sultan Muhammad II yang mengkomando langsung tentara Kesultanan Usmani untuk menaklukkan Konstantinopel.

Film ini diproduksi selama 3 tahun dan menghabiskan kurang lebih 18 juta dolar. Pada tanggal 16 Februari 2012, Conquest 1453 ditayangkan secara serentak di berbagai Negara, mulai dari Amerika serikat, Jerman hingga Jepang.

19. Film Perang Kerajaan Terbaik “Agora“ (2009)

Agora

Agora adalah film yang berasal dari Spanyol tetapi menggunakan Bahasa Inggris. Film ini mendapat kehormatan seorang Alejandro Amenabar sebagai sutradara dan penulis skenarionya adalah Amenabar dan Mateo Gil.

Arti dari Agora sendiri sebenarnya adalah tempat para anggota pemerintahan Romawi di sebuah Negara bagian Romawi. Diperankan oleh Rachel Weisz, seorang hypatia dan matematikawan, Agora memfokuskan hubungan antara Agama dan ilmu pengetahuan.

Dirilis pada tanggal 9 Oktober 2009 dan berlokasi di Delimara dan Malta, Agora berhasil mendapatkan 11 Penghargaan dari 14 nominasi yang diberikan.

18. Film Perang Kerajaan Terbaik “Kingdom of Heaven“ (2005)

Kingdom of Heaven

Diperankan oleh Orlando Bloom (Balian), Eva Green (Sibylia), Liam Neeson (Godfrey) dan Jeremy Irons (Tiberias), Kingdom of Heaven menceritakan tentang Balian pada masa Perang Salib. Balian adalah pandai besi dari Prancis yang pergi ke Yerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan.

Cerita yang diadaptasi dari kehidupan Balian of Ibeline ini berlokasi di Ouarzazate, Maroko, replika kota Yerusalem dibuat di wilayah gurun pasir. Selain di Maroko, pengambilan gambar juga dilakukan di Spanyol dan gedung Casa de Pilatos, Seville.

Film yang berdurasi 143 menit ini disutradarai dan diproduseri oleh Ridley Scott. Kingdom of Heaven berhasil masuk 8 nominasi termasuk satellite awards dan teen choice awards.

17. Film Perang Kerajaan Terbaik “Troy“ (2004)

Troy

Troy adalah salah satu film perang yang dirilis pada tanggal 14 Mei 2004 oleh Warner Bros Picture. Diperankan oleh Bradd Pitt (Achilles), Eric Bana (Hector) dan Orlando Bloom (Paris), Troy sukses mendapatkan  497 juta dolar.

Troy adalah film perang yang berkaitan dengan kepahlawanan, psikologi, petualangan dan politik. Kesetiaan Achilles, kecerdikan Odysseus dan sifat keras Hector dan Paris mampu menyatu di film ini hingga masuk nominasi Academy Awards kategori Best Achievement in Costume.

Naskah film Troy sendiri ditulis oleh David Benioff yang diadaptasi dari buku mitologi Yunani berjudul The lliad of Homer. Disutradarai oleh Wolfgang Petersen, Troy benar-benar menarik perhatian dan membuat kagum penontonnya.

16. Film Perang Kerajaan Terbaik “Mongol : The Rise of Gengis Khan“ (2007)

Mongol The Rise of Gengis Khan

Disutradarai oleh Sergei Bodrov, film Mongol: The Rise of Genghis Khan bercerita mengenai kehidupan pribadi Genghis Khan, sang penakluk. Berbeda dengan film Genghis Khan ylain, film ini digambarkan sosok Genghis khan sebagai pemimpin dewasa yang dibentuk oleh alam dan kehidupan.

Produksi film Mongol: The Rise of Genghis Khan dimulai pada tahun 2005. Pengambilan gambar dilakukan di daerah terpencil di wilayah Mongolia, Kazakhstan dan Cina.

Karena settingnya yang apik dan ceritanya yang menarik, film Mongol: The Rise of Genghis Khan mampu masuk ke nominasi Academy Awar kategori film berbahasa asing terbaik.

Dibintangi oleh Tadanobu Asano (Genghis Khan), Sun Honglei (Jamukha) dan Chuuluny Khulan (Borte), Mongol: The Rise of Genghis Khan mendapatkan 26 juta dolar dari 18 juta dolar yang dianggarkan.

15. Film Perang Kerajaan Terbaik “Red Cliff“ (2008)

Red Cliff

Film berikutnya adalah film perang yang berdasarkan pertempuran chibi, terjadi sekitar tahun 208-209 masehi. Perang ini terjadi pada masa terakhir dinasti Han.

Disutradarai oleh John Woo dan diperankan oleh Tony Leung (Zhou Yu), Chang Chen (Sun Quan), Shido Nakamura (Gan Ning) dan Takeshi Kaneshiro (Zhuge Liang), Red Cliff mampu membuat kagum penonton karena ceritanya yang apik.

Pembuatan Red Cliff dimulai pada pertengahan tahun 2007. Pengambilan gambar dilakukann di Cina, tepatnya di kota Beijing, yang mana adegan perang angkatan laut dilakukan di dua bendungan yang memang masih aktif digunakan.

Film yang berdurasi 280 menit ini berbahasa Mandarin. Biaya produksi Red Cliif sendiri adalah 80 juta dolar dan mampu menghasilkan 248 juta dolar semenjak dirilis.

14. Film Perang Kerajaan Terbaik “Master and Commander : The Far Side of The World“ (2003)

Master and Commander

Diadaptasi dari novel karya Patrick O’Brian seri Aubrey-Maturin dan disutradarai, diproduseri dan ditulis oleh Peter Weir, Master and Commander: The Far Side of the World sukses mendapatkan 212 juta dollar dengan biaya produksi sebesar 150 juta dolar.

Dibintangi oleh  Russell Crowe (Jack Aubrey), James D’Arcy (Thomas Pullings) dan Edward Woodall ( William Mowett), menceritakan tentang pertemuan Jack dengan maturin. Jack adalah seorang kapten angkatan laut Inggris sedangkan Maturin adalah dokter bedah sekaligus mata-mata Inggris.

Pada pembukaan akhir pekan film ini menempati urutan kedua box office setelah film Elf.

13. Film Perang Kerajaan Terbaik “Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, Cinta“ (2018)

Sultan Agung

Film perang kerajaan terbaik selanjutnya berasal dari Indonesia. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita tentang Raden Mas Ransang, atau Sultan Agung, pada masa VOC. Sultan Agung adalah raja ketiga dari kerajaan Mataram yang memimpin pada tahun 1613 hingga 1646.

Film ini diproduksi oleh Mooryati Soedibyo Cinema dan diperankan oleh aktor adan aktris ternama seperti Ario Bayu , Adina Wirasti dan Lukman Sardi.

12. Film Perang Kerajaan Terbaik “House of Flying Daggers“ (2004)

House of Flying Daggers

House of Flying Daggers mengisahkan tentang Dinasti Tang di Cina pada abad ke 9. Dinasti Tang adalah pemerintahan yang begitu berkuasa karena pasukan tentaranya yang kuat. Tetapi ternyata kondisi stabil tersebut tidak bertahan lama.

Disutradarai oleh Yimou Zhang dan ditulis oleh Feng Il, House of Flying Daggers ini berdurasi 119 menit. Dirilis pada tanggal 15 juli tahun 2004, film bergenre action drama ini mampu mengambil tempat tersendiri bagi para penonton.

Diperankan oleh Takeshi Kaneshiro (Jin), Andy Lau (Leo) dan Zhang Ziy i(Xiao Mei), House of Flying Daggers mendapatkan sekitar 90 juta dolar dari anggaran produksi 12 juta dolar. House of Flying Daggers juga berhasil masuk nominasi Academy Awards untuk kategori best cinematography.

11. Film Perang Kerajaan Terbaik “When The Last Sword is Drawn“ (2002)

When The Last Sword is Drawn

Film yang berikutnya ini adalah film yang berasal dari Jepang. When The Last Sword Dawn adalah film yang menceritakan tentang kisah nyata peristiwa-peristiwa sejarah.

Disutradarai oleh Yojiro Takita, When the Last Sword is Drawn berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Termasuk actor terbaik (Kiichi Nakai) dan actor pendukung terbaik (Koichi Sato).

Dibintangi oleh Kiichi Nakai (Yoshimura), Koichi Sato(Saito) dan Yui Natsukawa (Shizu), When the Last Sword is Dawn berhasil mendapatkan lebih dari 2 juta dolar.

10. Film Perang KerajaanTerbaik “13 Assasins“ (2010)

13 Assasins

Film yang disutradarai oleh Takashi Miike ini merupakan remake dari film hitam putih yang berjudul sama dan disutradarai oleh Eiichi Kudo di tahun 1963.  Mengambil seting di akhir periode Edo tahun 1844 menceritakan tentang 12 samurai dan 1 pemburu.

Berawal dari kekejaman yang dilakukan oleh Matsudaira Naritsugu (Goro Inagaki) dikarenakan saudaranya yang seorang Shogun, membuat Menteri Keadilan, Sir Doi Toshitsura (Mikijiro Hira), menyewa samurai ternama Shimada Shinzaemon (Koji Yakusho) untuk membunuh Naritsugu.

9. Film Perang KerajaanTerbaik “The Last Samurai“ (2003)

The Last Samurai

Salah satu drama perang Amerika yang menceritakan tentang Kapten Nathan Algren (Tom Cruise), mantan angkatan darat Amerika Serikat yang dibujuk Kolonel Bagley (Tony Goldwyn) unutk melatih angkatan darat Kekaisaran Jepang bentukan Omura (Masato Harada).

Ditemani oleh Sersan Zebulon Gant (Billy Connolly), Nathan tiba di Jepang bertemu dengan Simon Graham (Timothy Spall). Singkat cerita, ketika melakukan peperangan melawan samurai dan kalah, Nathan kemudian diselamatkan Katsumoto (Ken Watanabe), pemimpin samurai.

Menemukan bahwa ternyata Omura adalah pengusaha yang menggunakan kaisar muda sebagai boneka, membuat Nathan bersatu dengan Katsumoto untuk melawan Omura, termasuk melawan temannya sendiri, Kolonel Bagley.

8. Film Perang KerajaanTerbaik “300 “ (2006)

300

Film ini diadaptasi dari komik Amerika dengan judul yang sama karangan Frank Miller dan Lynn Varley yang diterbitkan pada tahun 1998. Disutradarai oleh Zack Snyder dan dirilis pada 9 Maret 2007 di Amerika Serikat, film ini menceritakan tentang Raja Leonidas (Gerard Butler).

Diawali dari utusan Kaisar Persi yang tiba di Sparta yang meminta Sparta untuk tunduk pada Raja Xerxes (Rodrigo Santoro). Hanya saja Raja Leonidas menolak dan membunuh utusan Persia tersebut.

Akhirnya Leonidas  dan 300 prajurit Sparta pergi menuju Thermophylae untuk menahan pasukan Persia di mana dalam perjalanan kaum Arkadia dating untuk bergabung.

7. Film Perang KerajaanTerbaik “The Hidden Blade“ (2004)

The Hidden Blade

Memiliki judul asli “Kakushi Ken : Oni no Tsume”, film yang disutradarai oleh Yoji Yamada ini menceritakan Jepang pada tahun 1860-an yang diadaptasi dari cerita pendek karya Shuhei Fujisawa.

Film ini menceritakan perubahan hidupa samurai ketika restorasi Meiji yang tidak membolehkan samurai membawa pedang di depan umum. Sehingga terjadi perubahan budaya di mana samurai dipaksa berperang dengan gaya kebarat-baratan, mulai dari cara memegang senjata hingga berlari.

Film yang dibintangi oleh Masatoshi Nagase sebagai Munezo Katagiri, Takako Matsu sebagai Kie dan Yukiyoshi Ozawa sebagai Yaichiro Hazama ini dirilis pertama kali di Jepang pada 30 Oktober 2004.

6. Film Perang KerajaanTerbaik “Apocalypto“ (2006)

Apocalyto

Disutradarai oleh pemeran utama film kerajaan Braveheart, Mel Gibson, yang juga menjadi salah satu produsernya, film ini sukses membawa pemasukan sebesar tiga kali lipat dari anggaran produksi.

Dikisahkan seorang pemburu dari peradaban Suku Maya, Jaguar Paw (Rudy Youngblood) yang selamat dari serangan Klan Pembantai yang lebih kuat yang hendak menjadikannya persembahan bagi Raja. Dalam pelariannya Paw tidak sengaja membunuh anak Ketua Klan tersebut.

Hal ini membuat Paw diburu oleh klan pembantai. Dengan cerdik Paw dapat membunuh mereka satu persatu, pun dengan ketua Klan yang tewas di tangan Paw.

5. Film Perang KerajaanTerbaik “Hero“ (2002)

Hero

Disutradarai oleh Zhang Yimou yang dirilis pada 24 Oktober 2002, menjadikan film Hero ini adalah film Cina paling mahal dan paling sukses di sepanjang sejarah perfilman Tiongkok. Tak hanya itu, film ini juga sukses di Amerika Serikat dan menjadi nomor 1 selama dua minggu.

Film ini berkisah tentang percobaan pembunuhan pada Kaisar Qin oleh banyak pendekar legendaris yang ingin membalas dendam atas ulah Kaisar yang menaklukkan negeri mereka.

Adalah Kaisar Qin Shi Huang (Chen Daoming) yang pada tahun 221 sebelum masehi memang menyatukan Tiongkok sebagai kaisar pertama dan berkuasa mulai tahun 246 hingga 210 sebelum masehi.

Para pendekar yang tampil di film ini antara lain Nameless (Jet Li), Broken Sword (Tony Leung), Flying Snow (Maggie Cheung), Long Sky (Donnie Yen) dan Moon (Zhang Ziyi).

4. Film Perang KerajaanTerbaik “Crouching Tiger, Hidden Dragon“ (2000)

Crouching Tiger Hidden Dragon

Film yang disutradarai oleh Ang Lee ini diadaptasi dari novel keempat Crouching Tiger Hidden Dragon yang merupakan sekuel dari Crane Iron Pentalogy karya Wang Dulu. Tampil perdana pada 18 Mei 2000 di Festival Film Cannes membuat film ini banyak mendapat review positif.

Mengisahkan masa Dinasti Qing di abad 18 adalah Li Mu Bai (Chow Yun Fat) seorang pendekar pedang Wudang yang sebenarnya jatuh cinta pada Yu Shu Lien (Michelle Yeoh) pemimpin pasukan keamanan.

Permasalahan terjadi ketika Mu Bai pensiun dan meminta Shu Lien untuk memberikan pedangnya, Green Destiny pada Tuan Te (Sihung Lung). Petualangan mereka kemudian dimulai ketika pedang tersebut ternyata dicuri oleh seseorang.

3. Film Perang KerajaanTerbaik “The Twilight Samurai“ (2002)

The Twilight Samurai

Seperti halnya The Hidden Blade, film ini mengambil setting Jepang sekitar abad 19, beberapa tahun sebelum terjadinya Restorasi Meiji. Adalah Saibei Iguchi (Hiroyuki Sanada), seorang samurai yang bekerja untuk Pemerintah dan memiliki pangkat rendah.

Seibei dengan segala polemik kehidupan samurai rendahan yang ditinggal mati istri dan harus merawat dua anak serta ibu yang pikun membuatnya tidak kuasa untuk menerima Tomoe Iinuma (Miyazawa Rei) yang mau dipersunting.

Belum lagi tantangan Zenemon Yogo (Min Tanaka) seorang samurai hebat, Toyotaro Kouda (Ren Osugi) seorang ahli pedang yang juga mantan suami Tomoe.

2. Film Perang KerajaanTerbaik “Braveheart“ (1995)

Braveheart 1

Film laga yang disutradarai, diproduseri dan juga bahkan diperankan oleh Mel Gibson ini memang merupakan film kerajaan yang populer di tahun 1995. Memerankan sosok tokoh Skotlandia legendaris, film ini berhasil menyabet 5 penhargaan pada Academy Awards.

Adalah William Wallace (Mel Gibson), seorang pejuang Skotlandia yang ingin membalaskan kematian istrinya, Murron MacClannough Wallace (Chaterien McCormack) karena hukuman mati akibat melanggar Hukum Prima Nocte.

Pemberontakan Wallace terhadap Raja Edward Logshanks (Patrick McGoohan) pun terus bergulir. Ditambah kegagalan Logshanks yang ingin memperluas kekuasaan melalui pernikahan putranya Edward II (Peter Hanly) dengan putri Perancis, Isabelle (Sophie Marceau).

Alih-alih jatuh cinta pada Edward II, Isabelle malah menaruh hati pada keberanian Wallace.

1. Film Perang KerajaanTerbaik “Gladiator“ (2000)

Gladiator

Film ini menceritakan kehidupan Romawi sekitar tahun 180 masehi. Adalah Jendral Maximus Decimus Meridius (Russell Crowe) yang berhasil membawa kemenangan pasukan Romawi melawan Jermanik.

Atas kemenangan tersebut, sang Kaisar Marcus Aurelius (Richard Harris) hendak menyerahkan tahtanya kepada Maximus, bukan pada Commodus (Joaquin Phoenix), putranya sendiri. Mendengar hal itu Commodus akhirnya membunuh sang Ayah.

Setelah mengumumkan dirinya sendiri sebagai kaisar baru, Commodus memerintahkan untuk memburu Maximus. Akhirnya petualangan pun dimulai dengan Maximus yang menjadi gladiator dan mempertemukannya dengan Commodus di arena.

Film Gladiator sebagai puncak klasemen menutup daftar film perang kerajaan terbaik. Gimana nih sobat movie lovers, ada nggak film favorit kalian di antara daftar di atas? Nggak kalah dengan film aksi modern, film yang identik dengan kuda dan ksatria ini juga menegangkan untuk ditonton.

Ditambah dengan unsur sejarah peradaban sebuah negara atau suku, film kolosal kerajaan juga ampuh untuk memperluas ilmu. Sambil santai, sambil nonton, sambil belajar!

Category:
Film