Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Persahabatan Terbaik

Persahabatan sering diartikan sebagai hubungan yang diwarnai kerja sama dan saling mendukung antara dua entitas atau lebih. Kenapa saya sebut entitas? Karena persahabatan tidak harus terjalin dari makhluk-makhluk yang sejenis.

Sahabat biasanya memahami, menghargai, memiliki keterlibatan, serta memiliki hasrat untuk saling melindungi. Nah, disini cukup jelas ya kalau bentuk hubungan seperti ini tidak dibatasi oleh kesamaan jenis, usia, gender, dsb, dsb.

So berikut 40 Film Persahabatan Terbaik versi saya :

40. Film Persahabatan “Duck, You Sucker” (1971)

Duck You Sucker

Film ini mengisahkan persahabatan dengan latar belakang individu yang berbeda, yang mengambil setting saat terjadinya revolusi di Meksiko.

Juan Miranda (Rod Steiger) adalah pimpinan bandit yang berencana melakukan pembobolan bank terbesar di Mesa Verde.

John H. Mallory (James Coburn) adalah seorang ahli bahan peledak IRA yang melarikan diri dari Inggris.

Keduanya bertemu, menjalin kedekatan, dan menjalankan misi Bersama.

Awards                 : 1 penghargaan di ajang David di Donatello Awards untuk kategori Best Director

Sutradara            : Sergio Leone

39. Film Persahabatan “Husbands” (1970)

Husbands

Archie (Peter Falk), Gus (John Cassavetes), Harry (Ben Gazzara), dan Stuart (David Rowlands) adalah warga pinggiran New York yang bersahabat di usia mereka yang sudah tidak muda lagi. Tiba -tiba Stuart meninggal karena serangan jantung.

Ketika Stuart meninggal tiba-tiba karena serangan jantung, tiga orang yang tersisa memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama-sama. Bukan untuk berduka, tapi untuk merenungkan bahwa hidup mereka tidaklah abadi.

Rencana mereka yang hanya 2 hari diperpanjang karena Harry bermasalah dengan istrinya. Perubahan rencana ini memberikan mereka kesempatan untuk memikirkan kembali apa yang telah dan akan terjadi pada mereka.

Awards                 : 1 nominasi di ajang Golden Globes untuk kategori Best Screenplay – Motion Picture

Sutradara            : John Cassavetes

38. Film Persahabatan “Ghost Dog: The Way of The Samurai” (1999)

Ghost Dog

Ghost Dog (Forest Whitaker), adalah sebutan untuk seorang pembunuh bayaran yang dikenal karena bakatnya untuk datang dan pergi tanpa menarik perhatian. Ia berpegangan pada filosofi hidup para samurai Jepang.

Karena setiap samurai harus bersumpah untuk setia kepada satu pemimpin, ia memilih untuk mengabdikan dirinya pada Louie (John Tormey), bos kejahatan tingkat rendah yang pernah menyelamatkan hidupnya.

Ketika atasan Louie memutuskan dia harus dieksekusi, Ghost Dog segera bertindak.

Awards                 : 1 penghargaan di ajang Tallinn Black Nights Film Festival dan 7 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jim Jarmusch

37. Film Persahabatan “Dazed and Confused” (1993)

Dazed and Confused

Pada hari terakhir menjelang libur musim panas tahun 1977, terjadi perpeloncoan di Sekolah Menengah Robert E. Lee. Siswa laki-laki dihukum secara fisik,  sementara siswa perempuan dipermalukan dan mengalami kekerasan verbal.

Dua tokoh utama muncul : Mahasiswa baru, Mitch Kramer (Wily Wiggins), yang menjadi target utama perpeloncoan, dan Randall ‘Pink’ Flyod (Jason London), bintang quarterback sekolah.

Awards                         : 1 penghargaan di ajang Texas Film Awards (Star of Texas Award) dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Richard Linklater

36. Film Persahabatan “Mary and Max” (2009)

Mary and Max

Pada pertengahan 1970-an, seorang gadis Australia berusia 8 yang kesepian memilih nama dari buku telepon secara acak, lalu mengirimkan surat dan coklat ke orang tersebut.

Gadis ini adalah Mary Dinkle (voice: Toni Collette), anak tunggal dengan orang tua yang bermasalah.

Max Horowitz (voice: Philip Seymour Hoffman) yang menerima surat itu lalu membalasnya. Max adalah pria gemuk berusia 44 tahun yang mengidap sindrom Asperger. Ia tinggal sendirian di New York.

Persahabatan unik ini terus berjalan selama lebih dari 20 tahun.

Awards                 : Asia Pacific Screen Awards (Best Animated Feature Film), Australian Directors Guild (Best Direction in a Feature Film), serta 2 penghargaan dan 9 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Adam Elliot

35. Film Persahabatan “The 400 Blows” (1959)

The 400 Blows

Setelah Antoine Doinel yang berusia 14 tahun dihukum secara tidak adil oleh gurunya, ia dan Rene. Memutuskan untuk membolos sekolah. Mereka pergi ke bioskop, bermain pinball, dan mengunjungi tempat hiburan.

Keesokan harinya Antoine memberi tahu gurunya bahwa ia tidak masuk karena ibunya meninggal, namun orang tuanya justru muncul di sekolah.

Antoine melarikan diri dan bersembunyi di apartemen Rene. Untuk mendapatkan uang, ia mencuri mesin tik dari kantor ayahnya. Sayang mesin tik tersebut tidak bisa dijual.

Ayah tiri Antoine yang marah lalu membawanya ke polisi. Ia pun harus menerima konsekuensi dari semua yang telah ia lakukan.

Awards                         : Bodil Awards (Best European Film), French Syndicate of Cinema Critics (Best Film), serta 5 penghargaan dan 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : François Truffaut

34. Film Persahabatan “L’ausberge Espagnole” (2002)

L’ausberge Espagnole

Xavier (Romain Duris) adalah seorang mahasiswa ekonomi Perancis yang hampir menyelesaikan gelarnya dan sedang mencari pekerjaan.

Ayah Xavier berhasil memperkenalkannya dengan orang dari Kementerian Keuangan, yang memberikan dia tawaran pekerjaan, dengan syarat ia mau belajar Bahasa Spanyol.

Dengan penuh semangat, Xavier mendaftar untuk mengikuti program bahasa di Barcelona meski kekasihnya, Martine (Audrey Tautou), tidak setuju. Disana Xavier tinggal bersama sekelompok mahasiswa dari Eropa.

Keragaman yang ada mewarnai hari-harinya, dan kesetiaannya kepada Martine diuji oleh kehadiran Anne-Sophie (Judith Godrèche).

Awards                 : César Awards – France (Most Promising Actress), Brisbane International Film Festival (Audience Award), serta 6 penghargaan dan 9 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Cédric Klapisch

33. Film Persahabatan “The Legend of 1900” (1998)

The Legend of 1900

Danny Boodmann (Bill Nunn) menemukan seorang bayi yang ditinggalkan di kapal. Ia kemudian menamai anak itu Danny Boodmann T. Lemon Nineteen Hundred, atau biasa dipanggil  ‘1900’ (Tim Roth), sesuai tahun kelahirannya.

Danny membesarkan 1900 dengan penuh kasih saying, sampai ia sendiri mengalami kecelakaan dan meninggal.

1900 tidak pernah meninggalkan kapal. Ia tumbuh menjadi musisi jenius dan berteman dengan pemain terompet di band kapal, Max Tooney (Pruitt Taylor Vince).

Alur mundur menjadi salah satu kekuatan film ini. Max lah yang nantinya akan membagi kisah hidup 1900

Awards                 : Golden Globes (Best Original Score – Motion Picture), David di Donatello Awards (Best Director/ Cinematography/ Production Design/ Costume Design/ Music), serta 16 penghargaan dan 9 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Giuseppe Tornatore

32. Film Persahabatan “Wendy and Lucy” (2008)

Wendy And Lucy

Wendy (Michelle Williams) dan anjingnya, Lucy, meninggalkan Indiana untuk memulai hidup mereka yang baru. Wendy bermaksud mencari pekerjaan di pabrik pengalengan ikan di Alaska. Mereka menempuh perjalanan ini dengan mobil.

Ketika mereka beristirahat di Oregon, banyak masalah terjadi. Mulai dari mobil yang tidak berfungsi, tertangkapnya Wendy karena dianggap mencuri, hingga hilangnya Lucy setelah Wendy dibebaskan dari kantor polisi.

Awards                : AFI Awards – USA (Movie of the Year), International Cinephile Society Awards (Best Adapted Screenplay), serta 7 penghargaan dan 16 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Kelly Reichardt

31. Film Persahabatan “Three Colors: Red” (1994)

Three Colors Red

Valentine (Irène Jacob) adalah seorang model muda yang tinggal di Jenewa. Setelah menabrak seekor anjing, ia bertemu dengan Joseph Kern (Jean-Louis Trintignant), seorang pensiunan hakim yang suka menguping panggilan telepon tetangganya.

Joseph menguping bukan untuk memeras, namun  lebih kepada kegemarannya untuk ikut campur dan mengkritisi segala sesuatu.

Film ini banyak bercerita tentang hubungan Valentine dan Joseph, juga orang-orang lain yang memiliki hubungan tak terduga dengan mereka.

Awards                 : Association of Polish Filmmakers Critics Awards (Best Polish Film), Awards Circuit Community Awards (Best Foreign Language Film, The Next Ten Best Picture Contenders), serta 15 penghargaan dan 24 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Krzysztof Kieslowski

30. Film Persahabatan “Spirited Away” (2001)

Spirited Away

Chihiro (voice: Rumi Hiiragi) tidak setuju ketika orang tuanya (voice: Takashi Naitô dan Yasuko Sawaguchi) memutuskan bahwa mereka akan pindah ke sebuah desa.

Dalam perjalanan menuju rumah baru, mereka melewati sebuah jalan yang sepi dan buntu. Orang tuanya akhirnya memutuskan untuk menghentikan mobil dan menjelajahi daerah itu.

Mereka pergi melalui terowongan, menemukan sebuah taman hiburan yang terbengkalai, dan masuk ke  sebuah restoran. Chihiro menolak untuk makan. Ia memilih untuk bermain di taman hiburan tersebut.

Chihiro kemudian bertemu dengan seorang anak lelaki bernama Haku (voice: Miyu Irino), yang memperingatkan bahwa ia dan orang tuanya dalam bahaya. Chihiro berlari ke restoran dan menemukan bahwa orang tuanya telah berubah menjadi babi

Awards                 : Academy Awards (Best Animated Feature), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Animated Film), serta 55 penghargaan dan 27 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Hayao Miyazaki, Kirk Wise

29. Film Persahabatan “Ratatouille” (2007)

Ratatouille

Remy (voice: Patton Oswalt) adalah seekor tikus yang memiliki indera penciuman yang hebat. Ia sangat mengagumi Anton Gusteau (voice: Brad Garrett), seorang koki bintang lima sekaligus penulis buku ‘Anyone Can Cook’.

Setelah Remy mengetahui bahwa idolanya meninggal, ia berpetualang hingga berhasil menemukan Restoran Gasteau yang peringkatnya telah turun menjadi bintang tiga. Ia juga bertemu dan berteman dengan Linguini (voice: Lou Romano), seorang tukang sampah.

Suatu  ketika saat Linguini tak sengaja menumpahkan sup, Remy memasukkan beberapa bahan untuk menyelamatkannya. Ternyata sukses, sup itu dianggap luar biasa. Remy pun memulai karirnya sebagai seorang chef.

Awards                 : Academy Awards (Best Animated Feature Film of the Year), Golden Globes (Best Animated Film), serta 64 penghargaan dan 42 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Brad Bird, Jan Pinkava

28. Film Persahabatan “My Neighbor Totoro” (1988)

My Neighbor Totoro

Satsuki (voice: Noriko Hidaka), 10 tahun, dan adiknya Mei (voice: Chika Sakamoto), 4 tahun, pindah ke rumah baru yang lebih dekat dengan rumah sakit tempat ibu mereka dirawat. Mereka tinggal bersama ayah mereka di sebuah rumah di dekat hutan.

Ternyata hutan tersebut dihuni oleh makhluk-makhluk mistis dengan pimpinannya yang bernama Totoro (voice: Hitoshi Takagi). Mereka dengan segera berteman. Kehadiran Totoro membawa mereka ke berbagai petualangan ajaib.

Awards                 : Blue Ribbon Awards (Special Award), Kinema Junpo Awards (Best Film, Best Japanese Film), serta 3 penghargaan dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Hayao Miyazaki

27. Film Persahabatan “Wild Reeds” (1994)

Wild Reeds

Film ini berkisah tentang persahabatan yang diuji oleh cinta yang rumit serta perbedaan ideologi. François (Gaël Morel), yang menyadari bahwa dia gay ketika ia mulai menyukai Serge (Stéphane Rideau).

Serge sendiri menyukai Maïté (Élodie Bouchez), sahabat Francois sejak kecil, yang menyatakan bahwa ia sama sekali tidak tertarik pada Serge.

Kerumitan ini bertambah dengan kehadiran Henri (Frédéric Gorny), seorang pemuda arogan dari Aljazair, tempat dimana kakak Serge meninggal akibat perang.

Awards                 : César Awards – France (Best Film/ Promising Actress/ Director/ Screenplay), National Society of Film Critics Awards – USA (Best Foreign Language Film), serta 3 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : André Téchiné

26. Film Persahabatan “The Best of Youth” (2003)

The Best of Youth

Mengambil setting tahun 1963-2003, film ini berkisah tentang dua bersaudara Italia, Nicola (Luigi Lo Cascio) dan Matteo (Alessio Boni), dalam melewati beberapa peristiwa besar sepanjang periode tersebut.

Kisah diawali dengan usaha mereka untuk mencoba membebaskan Giorgia, seorang remaja, dari institusi mental. Usaha mereka yang gagal ini justru menentukan masa depan mereka.

Nicola yang bersemangat berhasil menjadi psikiater yang sukses, sementara Matteo yang idealis dan introvert menjadi seorang polisi.

Film ini mengeksplorasi cinta, persahabatan, serta kesediaan untuk memaafkan dan menyembuhkan dari dua saudara dengan pandangan politik dan kepribadian yang sangat berbeda.

Awards                         : Argentinean Film Critics Association Awards (Best Foreign Video), Bastia Italian Film Festival (Audience Award), serta 31 penghargaan dan 24 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Marco Tullio Giordana

25. Film Persahabatan “It’s A Wonderful Life” (1946)

Its A Wonderful Life

George Bailey (James Stewart) merasa kewalahan oleh kewajiban keluarga dan rasa tanggung jawab terhadap komunitasnya. Ia juga terikat pada perusahaan tempatnya bekerja, sementara ia sendiri tidak tertarik untuk melakukan pekerjaan itu.

Ia ingin menjelajahi dunia dan membangun gedung pencakar langit, namun tidak pernah memiliki kesempatan untuk mewujudkannya. Sementara usianya terus bertambah..

Tanpa ia ketahui, teman-teman dan keluarganya selalu mendoakan yang terbaik untuknya. Tepat ketika ia mencoba mengakhiri hidupnya, datanglah Clarence (Henry Travers), malaikat pelindungnya, yang rela membantunya demi mendapatkan sepasang sayap.

Awards                 : Golden Globes (Best Director), Cinema Writers Circle Awards – Spain (Best Foreign Film), serta 4 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Frank Capra

24. Film Persahabatan “My Girl” (1991)

My Girl

Setelah ibunya meninggal ketika melahirnkannya, Vada Sultenfuss (Anna Chlumsky) yang berusia 11 tahun ini menjalani hidup yang menyedihkan :

Ayahnya, Harry (Dan Aykroyd), adalah manajer dari sebuah rumah duka yang banyak berurusan dengan kematian. Neneknya penderita Alzheimer. Dan teman satu-satunya adalah Thomas J. Sennett (Macaulay Culkin), anak cupu yang alergi terhadap segala hal.

Hidup Vada berubah ketika ayahnya memutuskan untuk menikahi Shelly DeVoto (Jamie Lee Curtis). Satu-satunya yang bisa ia andalkan hanya Thomas.

Namun sesuatu terjadi…

Awards                 : MTV Movie + TV Awards (Best Kiss), Young Artist Awards (Most Promising Young Newcomer), serta 5 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Howard Zieff

23. Film Persahabatan “Il Postino: The Postman” (1994)

Il Postino

Kehidupan Mario Ruoppolo (Massimo Troisi) sebagai nelayan berubah drastis ketika penulis terkenal Chili, Pablo Neruda (Philippe Noiret), menetap di pulau kecilnya di Italia.

Pablo yang diasingkan karena pilihan politiknya membutuhkan orang untuk mengirim dan menerima surat-surat dari para pengagumnya. Mario yang benci memancing kemudian mengambil pekerjaan itu.

Persahabatan mereka menjadi semakin erat ketika Pablo membantu Mario yang pemalu dan kikuk untuk memenangkan hati Beatrice (Maria Grazia Cucinotta) dengan menunjukkan kepadanya keindahan dan kekuatan puisi.

Awards                 : Academy Awards (Best Music: Original Dramatic Score), Amanda Awards – Norway (Best Foreign Feature Film), serta 29 penghargaan dan 17 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Michael Radford, Massimo Troisi

22. Film Persahabatan “I Vitelloni” (1953)

I Vitelloni

Alberto (Alberto Sordi), Fausto (Franco Fabrizi), Leopoldo (Leopoldo Trieste), Moraldo (Franco Interlenghi), dan Riccardo (Riccardo Fellini)adalah lima sahabat yang tinggal di kota pesisir Italia.

Sebagian besar masih tinggal di rumah, menganggur, dan menghabiskan waktu mereka untuk menghibur diri kota yang membosankan. Orang pertama yang dipaksa untuk bersikap dewasa adalah Fausto yang menghamili Sandra (Leonora Ruffo), adik Moraldo.

Ia sebenarnya akan melarikan diri ke Milan, namun ayahnya memaksa ia untuk bertanggung jawab. Mampukah Fausto menjadi suami yang setia, dan mampukah sikapnya itu mengubah teman-temannya

Awards                 : 3 penghargaan di Italian National Syndicate of Film Journalists (Best Producer/ Supporting Actor/ Director), serta 1 penghargaan dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Federico Fellini

21. Film Persahabatan “Gran Torino” (2008)

Gran Torino

Walt Kowalski (Clint Eastwood) adalah veteran Perang Korea yang penuh prasangka. Ia tinggal di Michigan, dikelilingi oleh tetangga dari berbagai ras.

Setelah kehilangan istrinya, hubungannya dengan anak-anaknya menjadi semakin jauh. Ia kesepian, namun enggan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Salah satu tetangganya yang masih remaja, Thao Vang Lor (Bee Vang),  dipaksa untuk bergabung dengan gank Hhmong. Thao ditugaskan untuk mencuri Gran Torino milik Walt sebagai bagian dari inisiasi. Thao tertangkap basah, namun Walt tidak mengambil tindakan.

Walt dan keluarga Lor menjadi dekat. Ia melakukan segala cara untuk menghalangi Thao bergabung sebagai anggota gank. Ketika Sue Lor (Ahney Her) mengalami kejadian tragis, Walt memutuskan untuk mengorbankan diri.

Awards                 : AFI Awards – USA (Movie of the Year), Awards of the Japanese Academy (Best Foreign Film), serta 19 penghargaan dan 18 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Clint Eastwood

20. Film Persahabatan “Good Will Hunting” (1997)

Good Will Hunting

Will Hunting (Matt Damon) adalah pemuda jenius yang mengalami kekerasan sejak kecil. Hal tersebut membuatnya selalu bermasalah dengan hukum.

Ketika ia bekerja sebagai petugas kebersihan di MIT, seorang professor menemukan bakatnya dalam bidang matematika dan kimia.

Ia pun akhirnya setuju untuk mendapatkan konseling untuk mengatasi masalahnya, dimana ia bertemu dengan konselornya, Sean Maguire (Robin Williams).

Good Will Hunting menceritakan kisah pedih tentang Will dan Sean yang berdamai dengan kehidupan yang dihadapinya dan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di masa depan.

Awards                 : Academ Awards (Best Actor in a Supporting Role, Best Screenplay Written Directly for the Screen), Golden Globes (Best Screenplay – Motion Picture), serta 21 penghargaan dan 60 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gus Van Sant

19. Film Persahabatan “Fried Green Tomatoes” (1991)

Fried Green Tomatoes

Evelyn Couch (Kathy Bates) mengalami permasalahan dalam pernikahannya, dan ia merasa tidak ada seorangpun yang mempedulikannya.

Suatu saat ketika  ia mengunjungi kerabatnya di panti jompo, ia bertemu dengan Ninny Threadgoode (Jessica Tandy), seorang wanita tua yang ramah.

Ninny yang menceritakan kepadanya kisah Idgie Threadgoode (Mary Stuart Masterson), seorang wanita muda yang hidup di Alabama pada tahun 1920-an. Melalui kehidupan Idgie yang menginspirasi, Evelyn belajar untuk mengambil sikap.

Awards                 : Casting Society of America – USA (Best Casting for Feature Film, Drama), GLAAD Media Awards (Outstanding Film), serta 4 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jon Avnet

18. Film Persahabatan “Driving Miss Daisy” (1989)

Driving Miss Daisy

Daisy Werthan (Jessica Tandy) adalah seorang janda Yahudi tua yang tinggal di Atlanta. Setelah mengalami kecelakaan mobil, putranya, Boolie (Dan Aykroyd), menyewa seorang supir untuknya.

Awalnya Daisy enggan menerima Hoke Colburn (Morgan Freeman), supir keturunan Afrika-Amerika itu. Namun hubungan mereka secara bertahap berubah menjadi persahabatan, dengan mengesampingkan segala perbedaan yang mereka miliki.

Awards                 : Academy Awards (Best Picture/ Actress in a Leading Role/ Screenplay), Golden Globes (Best Actor/ Actress/ Motion Picture), serta 15 penghargaan dan 24 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Bruce Beresford

17. Film Persahabatan “Down by Law” (1986)

Down By Law

DJ Zack a.k.a. Lee Baby Simms (Tom Waits) yang baru saja putus cinta, mengambil tawaran pekerjaan dari kenalannya untuk mengemudikan sebuah mobil Jaguar ke sisi lain kota  dengan bayaran US $ 1.500.

Namun terjadi masalah : seorang pria terkurung di bagasi mobil. Zack ditangkap dan dikirim ke penjara.

Di tahanan ia berkenalan dengan seorang mucikari bernama Jack (John Lurie) dan seorang Italia bernama Roberto (Roberto Benigni). Ketiganya mengembangkan persahabatan yang aneh, sementara Roberto mengusulkan cara melarikan diri dari penjara.

Awards                 : Amanda Awards – Norway (Best Foreign Feature Film), Bodil Awards (Best Non-European Film), serta 2 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jim Jarmusch

16. Film Persahabatan “Dead Poets Society” (1989)

Dead Poets Society

John Keating (Robin Williams) adalah seorang pendidik di Welton School, sekolah persiapan yang konvensional dan membosankan. Namun Ketaing berbeda. Ia memiliki cara pandang baru dalam melihat dan menyikapi segala sesuatu.

Ia memperkenalkan murid-muridnya pada puisi dan memberikan mereka kebebasan berpikir: Todd (Ethan Hawke), (Robert Sean Leonard), Knox (Josh Charles), (Allelon Ruggiero), Charlie (Gale Hansen), Gerard (James Waterston); dan Richard (Dylan Kussman).

Dengan dukungan Keating, anak-anak ini mulai belajar untuk mengejar mimpi mereka. Hingga peristiwa tragis terjadi..

Awards                 : Academy Awards (Best Screenplay Written Directly for the Screen), BAFTA Awards (Best Film, Best Original Film Score), serta 17 penghargaan dan 18 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Peter Weir

15. Film Persahabatan “The Cure” (1995)

The Cure

Dexter (Joseph Mazzello) adalah penderita AIDS yang masih berusia 11 tahun. Ia berteman dengan tetangga barunya, Erik (Brad Renfro), yang usianya sedikit lebih tua.

Pertemanan ini berkembang menjadi persahabatan. Erik juga lebih dekat dengan ibu Dexter daripada ibunya sendiri.

Ketika mereka membaca klaim dari seorang dokter di New Orleans yang menyatakan bahwa ia telah menemukan obat untuk AIDS, anak-anak ini meninggalkan rumah dan berencana menyusuri sungai Mississippi untuk mendatanginya.

Awards                 : Cinekid (Audience Award), YoungStar Awards (Best Performance by a Young Actor in a Drama Film), serta 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Peter Horton

14. Film Persahabatan “Battle Royale” (2000)

Battle Royale

Pada awal abad ke-21, ekonomi Jepang hampir hancur total. Tingkat pengangguran sangat tinggi, dan banyak terjadi demo pelajar.

Pemerintah menyetujui Battle Royale Act, suatu program dimana satu kelas dipilih secara acak dan para siswanya dikirim ke sebuah pulau. Setelah tiga hari, mereka harus saling membunuh dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah, nyawanya sendiri.

Awards                 : Awards of the Japanese Academy (Best Editing, Newcomer of the Year, Most Popular Film), Blue Ribbon Awards (Best Film, Best New Actor), serta 2 penghargaan dan 8 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Kinji Fukasaku

13. Film Persahabatan “Au Revoir les Enfants” (1987)

Au Revoir les Enfants

Berkisah tentang seorang bocah lelaki Yahudi, Jean Kippelstein alias Jean Bonnet (Raphael Fejtö), yang hidup di bawah identitas palsu di sebuah sekolah Katolik di Prancis. Kepala sekolah mengetahui latar belakangnya dan melindunginya agar tidak ketahuan oleh NAZI.

Jean berteman dengan teman sekelasnya, Julien Quentin (Gaspard Manesse), yang mengetahui rahasia Jean tetapi menyimpan informasi itu untuk dirinya sendiri.

Ketika identitas sejati Jean terungkap, ia dan kepala sekolah dibawa pergi oleh Gestapo dan tidak pernah terlihat lagi.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Direction), Bodil Awards (Best European Film), serta 25 penghargaan dan 12 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Louis Malle

12. Film Persahabatan “A Simple Life” (2011)

A Simple Life

Sejak masa remajanya, Chung Chun-Tao atau sering dipanggil Ah Tao (Deannie Ip) telah bekerja sebagai amah – seorang pelayan – untuk keluarga Leung. Setelah 60 tahun, ia merawat Roger (Andy Lau), satu-satunya anggota keluarga yang masih tinggal di Hong Kong.

Suatu hari Roger pulang kerja dan menemukan bahwa Ah Tao menderita stroke. Ia bergegas membawanya ke rumah sakit. Ah Tao lalu mengungkapkan keingannya untuk berhenti bekerja dan pindah ke rumah peristirahatan. Roger mengatur segala sesuatunya.

Sementara Ah Tao mulai menikmati tempat dan keluarga barunya, Roger menyadari betapa berartinya Ah Tao dalam hidupnya.

Awards                 : Asian Film Awards (Best Actress, Favorite Actor), Asian Film Critics Association Awards (Best Actress), serta 33 penghargaan dan 27 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ann Hui

11. Film Persahabatan “4 Months, 3 Weeks and 2 Days” (2007)

4 Months 3 Weeks and 2 Days

Romania pada tahun 1987 dikuasai oleh rezim komunis Ceausescu yang brutal.  Mereka menetapkan bahwa program pengendalian kelahiran adalah ilegal, dan aborsi adalah kejahatan yang dapat dihukum mati.

Gabita (Laura Vasliu) mengalami kehamilan yang tidak diinginkan. Ketika usia kandungannya mendekati 5 bulan, dalam keputus-asaan ia meminta bantuan teman sekamarnya, Otilia (Anamaria Marinca) untuk mencari jalan keluar.

Mereka terpaksa meminta bantuan Bebe (Vlad Ivanov), yang mau menangani aborsi dengan meminta bayaran lain selain uang.

Awards                 : Academy of Motion Picture Arts and Sciences of Argentina (Best Foreign Film), Association of Polish Filmmakers Critics Awards (Best Foreign Film), serta 2 penghargaan dan 16 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Cristian Mungiu

10. Film Persahabatan “25th Hour” (2002)

25th Hour

Monty Brogan (Edward Norton) menjalani hari terakhirnya sebelum ia harus menjalani masa tahanan selama 7 tahun karena kasus narkoba. Sebelum itu, ia ingin menjalani malam terakhirnya bersama 2 orang temannya:

Frank Slattery (Barry Pepper), pedagang obligasi, salah satu pengambil risiko terbaik dan paling sukses dalam bisnis yang sangat berisiko.

Jakob Elinsky (Philip Seymour Hoffman), seorang guru bahasa Inggris yang iri dengan gaya hidup teman-temannya namun tidak mau meninggalkan idealismenya.

Sementara ketiganya menikmati malam tersebut, Monty memiliki rencana sendiri yang tidak diketahui oleh kedua temannya.

Awards                 : Central Ohio Film Critics Association (Best Score), Italian Online Movie Awards (Best Adapted Screenplay), serta 37 penghargaan dan 56 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Spike Lee

9. Film Persahabatan “Toy Story” (1995)

Toy Story

Woody (voice: Tom Hanks) adalah boneka koboi yang baik hati yang milik seorang anak lelaki bernama Andy (voice: John Morris). Kedudukannya sebagai mainan favorit Andy terancam ketika orang tuanya membelikannya action figure Buzz Lightyear (voice: Tim Allen).

Yang lebih buruk lagi, Buzz yang sombong yakin bahwa dirinya adalah seorang makhluk planet yang harus kembali ke planet asalnya.

Ketika keluarga Andy pindah ke rumah baru, Woody dan Buzz harus melarikan diri dari cengkeraman tetangga yang kurang ajar, Sid Phillips (voice: Erik von Detten), dan mencari cara untuk bisa bersatu kembali dengan Andy.

Awards                 : 20/20 Awards (Best Picture), Awards Circuit Community Awards (Best Motion Picture, Best Original Screenplay), serta 22 penghargaan dan 23 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John Lasseter

8. Film Persahabatan “The Perks of Being A Wallflower” (2012)

The Perks of Being A Wallflower

Film ini diangkat dari novel karya Stephen Chbosky, berisi kisah hidup Charlie (Logan Lerman) yang berusia 15 tahun.

Charlie adalah siswa naif, pendiam, namun menawan. Ia bergelut dengan perasaannya pada cinta pertamanya (Emma Watson), bunuh diri sahabatnya, penyakit mentalnya sendiri, sembari berusaha menemukan kelompok yang mau menerimanya.

Awards                 : Boston Society of Film Critics Awards (Best Supporting Actor), Chlotrudis Awards (Best Supporting Actor/ Movie/ Adapted Screenplay), serta 15 penghargaan dan 49 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stephen Chbosky

7. Film Persahabatan “Midnight Cowboy” (1969)

Midnight Cowboy

Joe Buck (Jon Voight) berhenti dari pekerjaannya sebagai pencuci piring di Texas dan melakukan perjalanan ke New York City, berharap bisa menghasilkan uang dengan menjadi penipu.

Di sana ia berkenalan dengan penjahat lumpuh, Enrico Salvatore “Ratso” Rizzo (Dustin Hoffman), yang mengambil uang darinya. Joe bangkrut, kehilangan uang dan tidak memiliki tempat tinggal.

Ketika ia bertemu Ratso kembali, Ratso mengundang Joe untuk pindah ke apartemen kumuhnya. Kesehatan Ratso karena batuk aneh yang ia derita, dan ia sering bermimpi bahwa apabila ia akan sembuh apabila pindah ke Florida.

Joe memutuskan untuk menemani temannya ke Florida segera setelah ia mendapatkan uang yang diperlukan.

Awards                 : Academy Awards (Best Picture/ Director/ Screenplay), Golden Globes (Most Promising Newcomer – Male), serta 23 penghargaan dan 15 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John Schlesinger

6. Film Persahabatan “Eternity and A Day” (1998)

Eternity and A Day

Alexandros (Bruno Ganz) adalah seorang penulis tua yang sakit parah dan sudah siap mati. Dia telah berpamitan dari dunianya, dan menggali kembali kenangan hidupnya bersama dengan istrinya dahulu.

Saat mengendarai mobil, ia menyelamatkan seorang anak jalanan yang merupakan seorang imigran ilegal dari Albania agar tidak ditangkap.

Secara kebetulan, ia kembali melihat anak itu diculik. Ia mengikuti dengan mobil dan berusaha menyelamatkannya, dengan menunda kematiannya sendiri.

Awards                         : 2 penghargaan di ajang Cannes Film Festival (Palme d’Or, Prize of the Ecumenical Jury), serta 7 penghargaan dan 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Theodoros Angelopoulos

5. Film Persahabatan “The Wizard of Oz” (1939)

The Wizard of Oz

Ketika tetangganya berusaha menjahati anjingnya, Toto, Dorothy (Judy Garland) membawa Toto pergi dan melarikan diri. Namun tiba-tiba topan muncul dan membawanya ke tanah ajaib Oz.

Berharap bisa kembali, ia pun mulai melakukan perjalanan ke Kota Emerald di mana penyihir hebat tinggal.

Dalam perjalanannya dia bertemu dengan orang-orangan sawah yang membutuhkan otak, Manusia Timah yang menginginkan hati, dan Singa Pengecut yang sangat membutuhkan keberanian.

Mereka semua berharap Penyihir Oz akan membantu mereka, sebelum Penyihir Jahat (Margaret Hamilton) dari Barat mengejar mereka.

Awards                 : Academy Awards (Best Original Song, Best Original Score), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), serta 6 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Victor Fleming

4. Film Persahabatan “Stand By Me” (1986)

Stand By Me

Film ini diangkat dari cerita pendek karya Stephen King yang berjudul ‘The Body’:

Berkisah tentang Gordie Lachance (Wil Wheaton), seorang penulis yang melakukan kilas balik ke masa ketika ia dan tiga teman dekatnya melakukan petualangan mereka untuk menemukan tubuh seorang anak seusia mereka yang hilang dan diduga telah mati.

Petualangan Gordie, Chris (River Phoenix), Teddy (Corey Feldman), dan Vern (Jerry O’Connell) diganggu oleh anak-anak nakal yang dipimpin oleh Ace Merril (Kiefer Sutherland). Mereka pun bertaruh untuk menjadi yang tercepat.

Awards                 : BMI Film & TV Awards (Most Performed Song from a Film), Heartland Film (Truly Moving Picture Award), serta 3 penghargaan dan 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Rob Reiner

3. Film Persahabatan “Cinema Paradiso” (1988)

Cinema Paradiso

Kisah dimulai saat Salvatore (Jacques Perrin) menerima kabar dari ibunya bahwa Alfredo (Philippe Noiret) telah meninggal. Salvatore yang telah bertahun-tahun meninggalkan kotanya pun pulang untuk menghadiri pemakaman.

Sebuah kisah indah terungkap tentang persahabatan masa kecil pria itu dengan seorang pria tua yang merupakan proyektor di teater lokal.

Ikatan mereka adalah ikatan yang mengandung banyak sorotan dan tragedi, dan membentuk jalan bagi seorang anak lelaki untuk tumbuh dan pindah dari desanya yang kumuh untuk mengejar impian.

Awards                 : Academy Awards (Best Foreign Language Film), Golden Globes (Best Foreign Language Film), serta 23 penghargaan dan 31 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Giuseppe Tornatore

2. Film Persahabatan “The Shawshank Redemption” (1994)

The Shawshank Redemption

Andy Dufresne (Tim Robbins) adalah karyawan bank yang dihukum atas pembunuhan istri dan kekasihnya, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di penjara Shawshank. Ia bersikukuh bahwa ia tidak melakukannya.

Ketika hidup tampak semakin buruk, ia mengenal tahanan lain yang sering dipanggil ‘Red’ (Morgan Freeman). Red mengajarkan bahwa tubuh mungkin mungkin bisa dipenjarakan, namun spirit tetaplah bebas untuk meraih mimpi dan keinginan.

Awards                 : American Society of Cinematographers – USA (Outstanding Achievement in Cinematography in Theatrical Releases), Awards Circuit Community Awards (Best Adapted Screenplay, Best Cinematography), serta 16 penghargaan dan 39 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Frank Darabont

1. Film Persahabatan “Thelma & Louise” (1991)

Thelma Louise

Thelma (Geena Davis) dan Louise (Susan Sarandon) merencanakan liburan akhir pekan untuk menjauh dari para pria dalam hidup mereka.

Suami Thelma, Darryl (Chris McDonald), adalah orang bodoh yang sombong. Sementara pacar Louise, Jimmy (Michael Madsen), anti komitmen.

Perjalanan mereka berubah mengerikan ketika Louise terpaksa menembak mati pria yang akan memperkosa Thelma. Keduanya memutuskan bahwa mereka tidak punya pilihan selain terus berlari.

Mereka akhirnya bertemu dengan seorang penjahat muda bernama J (Brad Pitt), yang semangat koboinya menular ke Thelma yang pemalu. Mereka juga dikejar oleh seorang petugas polisi (Harvey Keitel) yang bersimpati terhadap nasib buruk mereka.

Awards                         : Academy Awards (Best Screenplay Written Directly for the Screen), Golden Globes (Best Screenplay – Motion Picture), serta 21 penghargaan dan 48 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ridley Scott

Gimana gimana, banyak yang sudah pernah anda tonton? Atau lebih banyak yang judulnya pun baru anda dengar, eh baca, sekali ini?

Boleh loh meluangkan waktu untuk menonton film-film ini. Sambil merenungi, kita sudah punya sahabat atau belum sih? Atau cuma sebatas teman saja?

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.