Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Psikopat Terbaik

Secara harfiah, psikopat biasa diartikan sebagai sakit jiwa atau gangguan mental. Bentuknya bisa bermacam-macam. Ilmu psikologi sendiri menyebutkan setidaknya ada 20 ciri-ciri psikopat.

Nah kalau film-film yang mengangkat tema psikopat, tentu anda sudah pernah menonton beberapa di antaranya ya. Psikopat tidak selalu terkait dengan pembunuhan saja. Korupsi dan pemerkosaan juga bisa dimasukkan ke sana.

Berikut 40 Film Psikopat Terbaik versi saya :

40. Film Psikopat “Scarface” (1983)

Scarface

Ketika Castro membuka pelabuhan di Pelabuhan Mariel, ribuan orang Kuba berbondong-bondong menuju Amerika Serikat. Salah satunya adalah pemuda tangguh bernama Antonio ‘Tony’ Montana (Al Pacino).

Tonny dan temannya, Manny Ribera (Steven Bauer), mulai menjual kokain di Miami. Ia meraih kesuksesan dan berhasil menjadi ketua kartel. Namun posisinya mulai goyah ketika ia dikejar musuh-musuhnya, dan paranoianya sendiri.

Awards                 : 7 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Brian De Palma

39. Film Psikopat “Badlands” (1973)

Badlands

Di Fort Dupre, South Dakota, pada tahun 1959, Kit Carruthers (Martin Sheen) mulai menjalin hubungan dengan Holly Sargis (Sissy Spacek) yang masih berusia lima belas tahun. Holly sangat memuja kekasihnya yang dianggapnya mirip dengan James Dean.

Namun hubungan itu tidak disetujui oleh ayahnya. Kit kemudian menembak dan membunuh ayah Holly, lalu mengajaknya melarikan diri menuju Badlands, Montana.

Sepanjang perjalanan, mereka meninggalkan jejak-jejak pembunuhan baru yang dilakukan secara serampangan.

Awards                : San Sebastián International Film Festival (Golden Seashell, Prize San Sebastián), serta 1 nominasi dan 1 penghargaan di ajang penghargaan lainnya

Sutradara            : Terrence Malick

38. Film Psikopat “Pi” (1998)

Pi

Max Cohen (Sean Gullette), seorang ahli matematika dan komputer, menderita sakit kepala yang parah sejak ia kecil. Ia tidak bisa menjalin hubungan kecuali dengan mantan profesornya yang sudah tua.

Kejeniusannya menarik perhatian orang-orang Wall Street dan Lenny Meyer (Ben Shenkman), seorang Chasidic yang yakin bahwa angka-angka yang ia temukan adalah misteri yang telah lama hilang dari kitab Taurat.

Awards                 : Chlotrudis Awards (Best Cinematography), Film Independent Spirit Awards (Best First Screenplay), ), serta 6 penghargaan dan 12 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Darren Aronofsky

37. Film Psikopat “Next Door” (2005)

Next Door

John (Kristoffer Joner ) membuka pintu flat lantai lima miliknya ke mantan pacarnya, Ingrid (Anna Bache-Wiig Anna Bache-Wiig), yang datang untuk mengambil barang-barangnya yang tertinggal. Pacar barun Ingrid, Åke (Michael Nyqvist), menunggu di jalan.

John merasa terganggu ketika Ingrid bercerita bahwa ia memberi tahu Åke detail hubungan mereka berdua. Tidak lama itu, John bertemu dua wanita yang tinggal di sebelah. Mereka bertingkah aneh, menggoda, dan sepertinya tahu banyak tentang John dan Ingrid.

Bisakah John menghindar?

Awards                 : Amanda Awards, Norway (Best Actor), Kosmorama, Trondheim Internasjonale Filmfestival (Best Sound Design)

Sutradara            : Pål Sletaune

36. Film Psikopat “Misery” (1990)

Misery

Ketika novelis Paul Sheldon (James Caan) mengalami kecelakaan mobil yang cukup serius, ia diselamatkan oleh Wilkes (Kathy Bates), mantan perawat yang mengaku sebagai penggemar terbesarnya.

Annie membawanya ke kabin terpencilnya untuk proses perawatan dan penyembuhan. Namun ketika Annie mengetahui bahwa karakter-karakter favoritnya dalam buku dikisahkan meninggal oleh Paul, ia menggila.

Annie menggunakan kekerasan yang mengerikan untuk memaksa Paul menulis sesuai apa yang ia inginkan. Sesuai fantasinya…

Awards                 : Academy Awards (Best Actress in a Leading Role), Golden Globes (Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama), serta 3 penghargaan dan 10 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Rob Reiner

35. Film Psikopat “Funny Games” (1997)

Funny Games

Georg (Ulrich Mühe ) dan Anna (Susanne Lothar) serta putra mereka, Schorschi (Stefan Clapczynski), berlibut ke rumah musim panas mereka yang terletak di tepi danau mereka.

Tiba di sana, Georg dan Schorschi langsung menuju danau untuk berlayar, sementara Anna menyiapkan makan malam di dapur. Ketenangan hancur ketika Peter (Frank Giering) dan Paul (Arno Frisch) datang.

Ketika Georg kembali dan mencoba untuk mengusir mereka, terjadi kekerasan fisik dan keluarga tersebut justru ditawan.

Awards                 : Association of Polish Filmmakers Critics Awards (Best Foreign Film), Chicago International Film Festival (Best Director), serta 3 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Michael Haneke

34. Film Psikopat “Bronson” (2008)

Bronson

Pada tahun 1974, Michael Peterson (Tom Hardy) terpikir untuk membuat skandal dan sensasi agar namanya dikenal orang. Dengan membawa senapan buatan sendiri, ia berusaha merampok kantor pos.

Ia tertangkap dan harus menghabiskan 34 tahun dari hidupnya di penjara, dimana 30 tahun ia lewatkan di sel isolasi.

Film ini dibuat dengan cerdas dan provokatif, mengikuti metamorfosa seorang Michael ‘Mickey” Peterson menjadi tahanan paling berbahaya di Inggris, Charles Bronson.

Awards                 : British Independent Film Awards (Best Actor), Sydney Film Festival (Best Film), serta 1 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Nicolas Winding Refn

33. Film Psikopat “Henry: Portrait of A Serial Killer” (1986)

Henry Portrait of A Serial Killer

Film ini sedikit banyak dibuat berdasarkan pengakuan Henry Lee Lucas (Michael Rooker) yang membunuh orang-orang secara acak. Ia juga mengajak dan mengajari teman sekamarnya, Otis (Tom Towles), untuk melakukan hal yang sama.

Penuh dengan kekerasan dan adegan pembunuhan brutal yang mereka rekam dalam video, film ini sempat dilarang tayang. Dibuat pada tahun 1986, dan baru dirilis tahun 1990an. Itupun masih mengundang banyak kontroversi.

Awards                         : Brussels International Festival of Fantasy Film (Silver Raven), Fantasporto (Best Film/ Actor/ Actress/ Screenplay), serta 4 penghargaan dan 8 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John McNaughton

32. Film Psikopat “Dangerous Liaisons” (1988)

Dangerous Liaisons

Film ini merupakan hasil adaptasi keskian kalinya dari karya penulis Prancis Francois Choderlos de Laclos yang berjudul “Liason Dangeureuses’.

Diawali dengan pertaruhan antara Marquise de Merteuil (Glenn Close) yang cantik dan liar dengan mantan kekasihnya, Vicomte de Valmont (John Malkovitch).

Marquise menantang Valmont untuk merayu si perawan Cecile de Volanges (Uma Thurman) sebelum gadis itu menikah.

Valmont justru menantang bahwa ia bisa melakukan hal yang lebih sulit: tidur dengan Madame de Tourvel (Michelle Pfeiffer) istri baik-baik yang sangat bermoral.

Awards                 : Academy Awards (Best Screenplay/ Art Direction/ Costume Design), BAFTA Awards (Best Actress in a Supporting Role, Best Screenplay – Adapted), serta 15 penghargaan dan 21 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stephen Frears

31. Film Psikopat “Prisoners” (2013)

Prisoners 1

Keller Dover (Hugh Jackman) menghadapi mimpi buruk ketika putrinya yang berusia enam tahun, Anna, menghilang bersama dengan temannya, Joy.

Satu-satunya petunjuk adalah mobil RV bobrok yang diparkir di depan rumah mereka sehari sebelumnya. Detektif Loki (Jake Gyllenhaal) menangkap sopir mereka, Alex Jones (Paul Dano), namun segera melepaskannya karena kurang bukti.

Mengetahui kehidupan anaknya dipertaruhkan, Dover memutuskan untuk bertindak sendiri dengan mempertaruhkan segalanya.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Make-Up), Hollywood Film Awards (Supporting Actor of the Year), serta 8 penghargaan dan 36 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Denis Villeneuve

30. Film Psikopat “The Shining” (1980)

The Shining

Jack Torrance (Jack Nicholson) bertanggung jawab atas Hotel Overlook di pegunungan terpencil di Colorado. Hotel tersebut tutup sepanjang musim salju, dan Jack lalu mengajak istri (Shelley Duvall ) serta putranya (Danny Lloyd ) ke hotel untuk menemaninya.

Namun peristiwa buruk terjadi. Jack dirasuki oleh kekuatan supranatural yang disebut ‘The Shining’. Ia mengalami gangguan mental dan mulai melakukan banyak hal yang mengerikan.

Awards                         : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Supporting Actor), National Film Preservation Board – USA (National Film Registry), serta 2 penghargaan dan 7 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stanley Kubrick

29. Film Psikopat “Nightcrawler” (2014)

Nightcrawler

Louis Bloom (Jake Gyllenhaal) hidup dengan mencuri bahan baja, perunggu dan tembaga dari jalanan Los Angeles. Ketika melihat seorang juru kamera lepas sedang merekam kecelakaan, ia memutuskan untuk memulai pekerjaannya yang baru.

Ia membeli camcorder dan radio pemindai polisi dari sebuah pegadaian, mempekerjakan seorang tunawisma, dan memulai petualangannya sendiri di seluruh pelosok kota. Hasil rekamannya ia jual ke stasiun-satasiun TV.

Suatu ketika rekamannya menarik perhatian dua orang detektif pembunuhan, yang meyakini bahwa ia telah merekayasa banyak TKP, dan bahwa ia menyembunyikan barang bukti.

Awards                 : AARP Movies for Grownups Awards (Best Actress in a Supporting Role), AFI Awards – USA (Movie of the Year), serta 41 penghargaan dan 121 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Dan Gilroy

28. Film Psikopat “Primal Fear” (1996)

Primal Fear 1

Martin Vail (Richard Gere), seorang pengacara terkenal yang membela Aaron Stampler (Edward Norton) secara sukarela. Aaron didakwa atas pembunuhan seorang uskup di Chicago.

Vail merasa bahwa kasus ini dapat membuat Namanya terkenal. Namun ternyata tidak semudah apa yang ia pikirkan:

Seorang psikolog, Dr. Molly Arrington (Frances McDormand) menyimpulkan bahwa Stampler menderita gangguan kepribadian ganda. Sementara Vail juga menemukan bukti bahwa sang uskup tidak sepenuhnya tak berdosa.

Awards                 : Golden Globes (Best Performance by an Actor in a Supporting Role), Boston Society of Film Critics Awards (Best Supporting Actor), serta 8 penghargaan dan 12 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gregory Hoblit

27. Film Psikopat “Halloween” (2018)

Halloween

Oktober 2018, empat puluh tahun setelah pembantaian di Haddonfield, Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) menjalani kehidupan yang terisolasi. Setelah dua kali bercerai, hubungannya dengan anaknya pun menjadi renggang. Ia lalu beralih ke alkohol.

Sepanjang waktu tersebut, Laurie yakin bahwa Michael Myers (James Jude Courtney) akan kembali. Ia terus berlatih dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi hari tersebut.

Firasatnya terbukti benar. Ketika Halloween tiba, Myers kembali beraksi. Sejumlah kematian terjadi di setiap tempat yang ia lewati.

Nyawa anak, menantu, serta cucu Laurie pun terancam.

Awards                 : 1 penghargaan di ajang Fright Meter Awards untuk kategori Best Score dan 13 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Gordon Green

26. Film Psikopat “Gone Girl” (2014)

Gone Girl

Pada ulang tahun pernikahannya yang kelima, Nick Dunne (Ben Affleck) melaporkan bahwa istrinya yang cantik, Amy (Rosamund Pike), menghilang. Polisi bergerak, masyarakat pun membantu untuk mencarinya.

Namun sepanjang berjalannya proses penyelidikan,  kebohongan dan perilaku aneh Nick justru membuat semua orang mencurigainya.Apakah Nick memang membunuh istrinya?

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Actress, Best Thriller Film), African-American Film Critics Association (Best Supporting Actor), serta 63 penghargaan dan 178 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Fincher

25. Film Psikopat “Cape Fear” (1991)

Cape Fear

Max Cady (Robert De Niro) adalah seorang psikopat yang baru saja dibebaskan dari penjara karena kasus pemerkosaan.

Ia bermaksud membalas dendam kepada pengacaranya, Sam Bowden (Nick Nolte), menurutnya sengaja menahan informasi penting tentang kasusnya selama persidangan. Informasi yang bisa membebaskannya dari segala tuduhan.

Teror bagi Bowden, istrinya (Jessica Lange), dan putrinya (Juliette Lewis) pun dimulai.

Awards                 : Awards Circuit Community Awards (Best Actress in a Supporting Role), Chicago Film Critics Association Awards (Most Promising Actress), serta 3 penghargaan dan 21 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Scorsese

24. Film Psikopat “No Country for Old Men” (2007)

No Country For Old Men

Llewelyn Moss (Josh Brolin) sebuah truk pickup yang dikelilingi oleh mayat-mayat yang mati tertembak. Di dalamnya ada uang tunai dan heroin dalam jumlah besar. Ia pun memutuskan untuk membawa lari uang tersebut.

Kemanapun Moss pergi, ia dibayangi oleh Anton Chigurh (Javier Bardem), pembunuh psikopat yang menghabisi siapapun yang menghalanginya di sepanjang perjalanan.

Ini memaksa Sheriff Bell (Tommy Lee Jones) turun tangan, demi mengembalikan kedamaian di Kota Lone Star.

Awards                 : Academy Awards (Best Motion Picture of the Year/ Supporting Actor/ Directing/ Adapted Screenplay), Golden Globes (Best Supporting Actor, Best Screenplay), serta 157 penghargaan dan 133 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ethan Coen, Joel Coen

23. Film Psikopat “Get Out” (2017)

Get Out

Chris Washington (Daniel Kaluuya), seorang fotografer muda Afrika-Amerika yang berbakat, siap untuk berakhir pekan di rumah keluarga kekasihnya, Rose Armitage (Allison Williams). Chris sempat khawatir tidak diterima karena perbedaan warna kulit mereka.

Ibu Rose adalah psikiater spesialis hypnosis, sementara ayahnya adalah seorang ahli bedah saraf. Ternyata mereka menerima Chris dengan sangat baik. Mereka juga memiliki banyak pelayan kulit hitam di rumah mereka yang terpencil.

Ketika Chris mulai menyadari keanehan pada orang-orang kulit hitam disana, ia merasa ketakutan dan berusaha mencari tahu apa yang terjadi. Namun siapkah ia?

Awards                 : Academy Awards (Best Original Screenplay), AFI Awards – USA (Best Horror Film), serta 143 penghargaan dan 193 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jordan Peele

22. Film Psikopat “American History X” (1998)

American History X

Seorang pengikut Neo Nazi yang brutal, Derek Vinyard (Edward Norton), diadili dan dipenjara selama tiga tahun setelah membunuh dua orang kulit hitam yang mencoba mencuri truknya.

Ketika ia keluar dari penjara, ia menemukan bahwa adiknya, Daniel Vinyard (Edward Furlong), yang mengidolakannya juga mulai bergabung Bersama Neo Nazi.

Derek berusaha menyelamatkan adiknya dari kesalahan yang sama.

Awards                 : Awards Circuit Community Awards (Best Actor in a Leading Role), Satellite Awards (Best Actor in a Motion Picture), serta 2 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Tony Kaye

21. Film Psikopat “Split” (2016)

Split

Casey (Anya Taylor-Joy) dan dua teman sekelasnya, Claire (Haley Lu Richardson) dan Marcia (Jessica Sula), diculik oleh Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), seorang pria yang menderita Disociate Identity Disorder (DID).

Terapis Kevin, Dr. Karen Fletcher (Betty Buckley), telah berhasil mengidentifikasi 23 kepribadian berbeda di dalam diri Kevin. Salah satu kepribadian yang paling dominan adalah Dennis, yang suka mengganggu gadis-gadis di bawah umur.

Namun belakangan kepribadian-kepribadian yang lain membocorkan, bahwa ada 1 pribadi yang paling mengerikan di antara mereka, kepribadian ke-24 yang selama ini belum dikenali, The Beast.

Awards                 : CinEuphoria Awards (Best Actor), Fright Meter Awards (Best Actor, Best Supporting Actress), serta 6 penghargaan dan 19 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : M. Night Shyamalan

20. Film Psikopat “American Psycho” (2000)

American Psycho

Patrick Bateman (Christian Bale) berusia 27 tahun. Ia bekerja di Wall Street, sangat sukses, memiliki status dan gaya yang luar biasa, serta memiliki tunangan yang memukau (Reese Witherspoon).

Namun di malam hari, ia adalah seorang pembunuh psikotik yang memperkosa dan membunuh secara acak tanpa tujuan.

Awards                 : Awards Circuit Community Awards (Best Actor in a Leading Role), Chlotrudis Awards (Best Adapted Screenplay), serta 3 penghargaan dan 8 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Mary Harron

19. Film Psikopat “Inglorious Basterds” (2009)

Inglourious Basterds

Shosanna Dreyfus (Mélanie Laurent) menyaksikan eksekusi keluarganya di tangan Kolonel Nazi Hans Landa. Ia melarikan diri ke Paris dan menciptakan identitas baru sebagai pemilik sekaligus operator sebuah bioskop.

Di tempat lain di Eropa, Lt. Aldo Raine (Brad Pitt) memimpin sekelompok tentara Yahudi untuk membunuh anggota-anggota Nazi yang terlah ditargetkan. Kelompok ini dijuluki oleh musuhnya sebagai ‘The Basterds’.

Nasib mempertemukan Aldo dengan Shosanna, yang telah siap untuk melakukan rencana balas dendamnya sendiri.

Awards                 : Academy Awards (Best Performance by an Actor in a Supporting Role), BAFTA Awards (Best Supporting Actor), serta 129 penghargaan dan 169 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Quentin Tarantino

18. Film Psikopat “Pan’s Labyrinth” (2006)

Pans Labyrinth 1

 

Pada tahun 1944, Ofelia (Ivana Baquero), seorang gadis Spanyol penggila dongeng bepergian bersama ibunya yang hamil. Mereka akan tinggal bersama ayah tirinya yang baru, Cpt. Vidal (Sergi López), seorang kapten tentara Spanyol yang sangat kejam.

Di sana ia bertemu dengan Pan yang mengungkapkan bahwa sesungguhnya ia adalah seorang putri. Ia bisa mendapatkan haknya apabila ia mau melakukan 3 tugas yang sangat mengerikan.

Awards                 : Academy Awards (Best Cinematography/ Art Direction/ Makeup), BAFTA Awards (Best Film not in the English Language/ Make Up & Hair/ Costume Design), serta 97 penghargaan dan 107 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Guillermo del Toro

17. Film Psikopat “Dial M for Murder” (1954)

Dial M for Murder

Petenis pro Inggris, Tony Wendice (Ray Milland), mencurigai bahwa istrinya yang kaya, Margot (Grace Kelly), berselingkuh dengan Mark Halliday (Robert Cummings).

Milland meminta temannya, Charles Swann (Anthony Dawson), untuk membunuh Kelly dan mengaturnya agar tampak seperti pencurian. Namun Kelly melawan dan membunuh penyerangnya.

Ketika Inspektur Hubbard (John Williams) melakukan investigasi, Milland berimprovisasi dengan mengatakan bahwa istrinya telah melakukan pembunuhan tingkat pertama.

Awards                 : National Board of Review – USA (Best Actress, Best Supporting Actor), New York Film Critics Circle Awards (Best Actress), serta 3 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfred Hitchcock

16. Film Psikopat “We Need to Talk About Kevin” (2011)

We Need To Talk About Kevin

Film ini banyak bercerita tentang hubungan antara seorang ibu dengan anaknya yang tidak biasa.

Eva Khatchadourian (Tilda Swinton) bekerja di sebuah biro perjalanan. Ia penyendiri. Dan karena suatu kejadian yang pernah ia lalui, orang-orang bersikap tidak baik terhadapnya.

Eva sangat mencintai putranya, Kevin (Ezra Miller, Jasper Newell, Rock Duer), meski ia tahu putranya memiliki keanehan. Semakin ia bertumbuh dewasa, semakin banyak hal berbahaya yang ia katakan dan lakukan.

Mantan suami Eva sekaligus ayah Kevin selalu menganggap tidak ada masalah dengan Kevin. Namun apa yang mampu dilakukan Kevin ternyata melebih apapun yang bisa dibayangkan.

Awards                 : Alliance of Women Film Journalists (Best Woman Director), Austin Film Critics Association (Best Actress), serta 25 penghargaan dan 63 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Lynne Ramsay

15. Film Psikopat “Sound of My Voice” (2011)

Sound of My Voice

Peter (Christopher Denham) dan Lorna (Nicole Vicius), pasangan pembuat film dokumenter, menyusup ke sebuah kelompok misterius yang dipimpin oleh seorang wanita muda misterius bernama Maggie (Brit Marling).

Mereka berniat membuka kedoknya sebagai penipu, dan menyadarkan para pengikutnya agar membebaskan diri dari cengekeramannya. Ketika rahasia gelap Maggie mulai terungkap, Peter dan Lorna justru mulai mempertanyakan tujuan mereka.

Awards                 : 1 penghargaan di ajang Palm Springs International Film Festival untuk kategori Best Director serta 7 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Zal Batmanglij

14. Film Psikopat “Reservoir Dogs” (1992)

Reservoir Dogs

Enam penjahat yang saling tidak mengenal disewa oleh bos kejahatan, Joe Cabot (Lawrence Tierney), untuk melakukan perampokan berlian. Mereka masing-masing diberi nama palsu dengan maksud untuk mencegah timbulnya kedekatan pribadi.

Awalnya misi berjalan dengan sangat baik sampai polisi muncul tepat waktu di lokasi perampokan. Dua anggota mereka tertembak, demikian juga beberapa orang polisi dan masyarat di sekitar lokasi.

Ketika anggota yang tersisa berkumpul di tempat yang telah dijanjikan sebelumnya, mereka mulai yakin bahwa ada pengkhianat di antara mereka.

Awards                 : 20/20 Awards (Best Original Screenplay, Best Film Editing), Awards Circuit Community Awards (Best Original Screenplay), serta 9 penghargaan dan 22 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Quentin Tarantino

13. Film Psikopat “The Machinist” (2004)

The Machinist

Trevor Reznik (Christian Bale) adalah seorang operator bubut pabrik yang menderita insomnia serius. Ia tidak tidur selama satu tahun lebih.

Kondisi ini mulai merusak otak dan tubuhnya. Ia mulai kehilangan akal, berhalusinasi, dihantui, dan terus menerus menerima pesan-pesan misterius..

Awards                 : Barcelona Film Awards (Best Actress/ Cinematography/ Film Editing), Neuchâtel International Fantastic Film Festival (Best Fantastic Feature Film), serta 3 penghargaan dan 5 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Brad Anderson

12. Film Psikopat “The Dark Knight” (2008)

The Dark Knight

Dengan bantuan Lt. Jim Gordon (Gary Oldman) dan DA Harvey Dent (Aaron Eckhart), Batman (Christian Bale) berhasil menjaga keamanan dan ketentraman di Gotham City.

Kemunculan Joker (Heath Ledger ) merusak tatanan yang ada. Psikopat sadis ini membunuh para penegak kebenaran, dan memicu anarki serta kekacauan.

Awards                 : Academy Awards (Best Performance by an Actor in a Supporting Role, Best Achievement in Sound Editing), Golden Globes (Best Supporting Actor), serta 151 penghargaan dan 155 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Christopher Nolan

11. Film Psikopat “Fargo” (1996)

Fargo 1

Jerry (William H. Macy ) menyewa dua pria untuk menculik istrinya. Ia berencana meminta tebusan dari mertuanya yang kaya senilai $ 1 juta. Para penculik akan mendapatkan $ 40.000 begitu uang tebusan dibayarkan.

Namun yang terjadi selanjutnya tidak sesuai dengan rencananya, Seorang polisi dan dua orang warga terbunuh. Marge Gunderson (Frances McDormand), sheriff Brainerd yang sedang hamil 7 bulan, memutuskan untuk turun tangan langsung menyelidikinya.

Tak hanya dibayangi oleh Marge yang luar biasa, Jerry juga mengalami masalah lain yang tak kalah rumit : kondisi keuangannya yang semakin memburuk, dan ancaman dari para penculik..

Awards                 : Academy Awards (Best Actress in a Leading Role, Best Screenplay Written Directly), BAFTA Awards (David Lean Award for Direction), serta 80 penghargaan dan 57 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Joel Coen, Ethan Coen

10. Film Psikopat “Oldboy” (2003)

Oldboy

Pada hari ulang tahun putrinya, Ho Dae-su (Choi Min-sik) ditangkap polisi karena mabuk. Sahabatnya, No Joo-hwan(Ji Dae-han)  melepaskannya dari kantor polisi dan bermaksud mengantarnya pulang. Namun Dae-su menghilang dalam perjalanan.

Ternyata Dae-su diculik dan disekap dalam sebuah ruangan selama lima belas tahun. Suatu hari, dia tiba-tiba dibebaskan.

Dae-su berusaha mencari tahu siapa penculik dan alasan penyekapannya. Ia bermaksud membalas dendam, namun justru membuka sebuah rahasia di masa lalunya.

Awards                 : Asia-Pacific Film Festival (Best Actor, Best Director), Austin Film Critics Association (Best Foreign Film), serta 35 penghargaan dan 18 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Chan-wook Park

9. Film Psikopat “The Night of The Hunter” (1955)

The Night of The Hunter

Harry Powell (Robert Mitchum), seorang pengkhotbah palsu, ditangkap karena kasus pencurian mobil. Ia berbagi sel dengan Ben Harper (Peter Graves) dan mengetahui bahwa Ben menyembunyikan uang senilai $ 10.000 yang ia curi.

Setelah dibebaskan, Harry masuk ke keluarga Ben untuk mencari uang tersebut. Ia menikahi janda Ben, Willa (Shelley Winters), dan harus berhadapan dengan anak-anak Ben yang mengetahui dimana uang tersebut disimpan.

Selama pernikahan, Harry tidak pernah menyentuh Willa dengan alasan perbuatan tersebut tidak disukai Tuhan. Dari sinilah sisi kelam Harry terkuak..

Awards                 : meraih penghargaan sebagai film terbaik di ajang National Film Preservation Board – USA dan Online Film & Television Association

Sutradara            : Charles Laughton

8. Film Psikopat “Black Swan” (2010)

Black Swan 1

Nina Sayers (Natalie Portman), adalah seorang balerina di balet company di New York. Ia tinggal bersama ibunya, Erica (Barbara Hershey), mantan balerina yang sangat berambisi menjadikannya ballerina nomor satu.

Ketika company akan menggarap pertunjukan Swan Lake, direktur artistik Thomas Leroy (Vincent Cassel) memilih Nina sebagai penari utamanya. Namun Nina juga memiliki competitor,  penari baru, Lily (Mila Kunis), yang juga mengesankan Leroy.

Swan Lake membutuhkan penari yang dapat memainkan White Swan yang anggun dan polos, sekaligus Black Swan yang mewakili tipu daya dan sensualitas. Nina sangat cocok dengan peran White Swan tetapi Lily adalah personifikasi Black Swan.

Ketika persaingan semakin sengit, Nina terpaksa melakukan apapun untuk mewujudkan ambisinya.

Awards                 : Academy Awards (Best Performance by an Actress in a Leading Role), Golden Globes (Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama), serta 93 penghargaan dan 258 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Darren Aronofsky

7. Film Psikopat “What Ever Happened to Baby Jane” (1962)

What Ever Happened to Baby Jane

Baby Jane Hudson (Bette Davis) adalah bintang cilik dari Vaudeville. Namun ketika beranjak dewasa,  Blanche (Joan Crawford), adiknya yang lebih berbakatlah yang menjadi bintang film papan atas.

Suatu malam di awal tahun 30-an, Blanche mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh seumur hidup. Kesalahan dituduhkan pada Baby Jane, si pemabuk yang iri hati. Jane terpaksa merawat Blache seumur hidupnya.

Merasa yakin bahwa hidupnya akan segera berakhir jika ia tetap tinggal di rumah itu, Blanche yang kini sudah tua berusaha mati-matian untuk melarikan diri dari sekapan Baby Jane yang gila.

Awards                 : Academy Awards (Best Costume Design), Laurel Awards (Sleeper of the Year), serta 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Robert Aldrich

6. Film Psikopat “There Will Be Blood” (2007)

There Will Be Blood

Daniel Plainview (Daniel Day-Lewis ) adalah seorang penambang minyak. Berdasarkan informasi yang dijual kepadanya oleh Paul Sunday (Paul Dano), ia melakukan perjalanan ke Little Boston – California dan mulai membeli tanah di sana.

Dengan ketamakannya, ia mendekati penduduk setempat untuk menjual tanah mereka. Ia berjanji akan membangun jalan, sekolah, dan gereja. Namun tentu saja ia tidak bermaksud melakukannya. Satu-satunya tujuannya adalah untuk menghasilkan uang.

Awards                 : Academy Awards (Best Performance by an Actor in a Leading Role, Best Achievement in Cinematography), Golden Globes (Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Drama), serta 106 penghargaan dan 136 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul Thomas Anderson

5. Film Psikopat “A Clockwork Orange” (1971)

A Clockwork Orange

Alex DeLarge (Malcolm McDowell ) adalah pemuda “ultraviolent” di Inggris pada masa depan. Ia sangat sadis, dan seringkali beruntung karena bisa lolos dari hukuman.

Namun ketika keberuntungannya habis, ia kemudian ditangkap dan dihukum karena pembunuhan dan pemerkosaan. Saat berada di penjara, Alex belajar tentang program eksperimental di mana terpidana diprogram untuk membenci kekerasan.

Jika dia mengikuti program ini, hukumannya akan dikurangi dan dia akan kembali ke jalan lebih cepat dari yang diperkirakan. Bagaimanapun, program ini memiliki konsekuensi sendiri.

Awards                 : Hugo Awards (Best Dramatic Presentation), Italian National Syndicate of Film Journalists (Best Foreign Director), serta 7 penghargaan dan 23 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stanley Kubrick

4. Film Psikopat “Psycho” (1960)

Psycho 1

Marion Crane (Janet Leigh) tidak bahagia dengan pekerjaannya di kantor real estat Phoenix, Arizona. Hubungan percintaannya dengan Sam Loomis (John Gavin) juga tidak berjalan dengan baik.

Suatu sore, Marion ddiminta menyetorkan uang senilai $ 40.000 ke bank. Marion yang tergoda lalu membawa lari uang itu dan pergi meninggalkan Phoenix.

Setelah 36 jam kemudian, Marion yang kelelahan memutuskan untuk berhenti di Bates Motel, di mana pemilik penginapan yang gugup, ramah, sekaligus misterius : Norman Bates (Anthony Perkins).

Awards                 : Golden Globes (Best Supporting Actress), Edgar Allan Poe Awards (Best Motion Picture), serta 3 penghargaan dan 13 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfred Hitchcock

3. Film Psikopat “Taxi Driver” (1976)

Taxi Driver

Travis Bickle (Robert De Niro ) adalah mantan marinir yang kesepian, impoten, dan insomnia, yang menghabiskan malam-malamnya mengemudikan taksi di sepanjang jalanan gelap New York City.

Muak dengan lingkungan sekelilingnya, ia kemudian menjadi dekat dengan Betsy (Cybill Shepherd) – pekerja kampanye untuk senator, dan seorang pelacur remaja bernama Iris (Jodie Foster).

Ketika kencannya dengan Betsy dan usahanya membujuk Iris untuk meninggalkan mucikarinya gagal, Travis kemudian terobsesi untuk menjadi penyelamat. Ia membeli senjata dan menyerbu kediaman Senator.

Awards                 : BAFTA Awards (Anthony Asquith Award for Film Music, Most Promising Newcomer to Leading Film Roles, Best Supporting Actress), Blue Ribbon Awards (Best Foreign Film), serta 62 penghargaan dan 50 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Scorsese

2. Film Psikopat “The Silence of The Lambs” (1991)

The Silence of The Lamb 1

Bingung dengan serangkaian pembunuhan mengerikan yang dilakukan secara rumit oleh pembunuh massal yang sulit dijuluki “Bill Buffalo”, FBI menugaskan Clarice Starling (Jodie Foster) untuk membantu.

Investigator muda ini terpaksa menerima bantuan dari monster mengerikan lainnya: psikiater brilian sekaligus pembunuh kanibal, Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins).

Dalam setiap kunjungannya ke penjara dokter yang manipulative ini, Clarice menggali pikiran gelap seorang maniak pembunuh.

Awards                 : Academy Awards (Best Picture/ Actor/ Actress/ Director/ Writing), Golden Globes (Best Actress), serta 17 penghargaan dan 19 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jonathan Demme

1. Film Psikopat “Se7en” (1995)

Se7en 1

Film ini bercerita tentang dua detektif pembunuhan yang melacak seorang pembunuh berantai yang sadis (Kevin Spacey), yang memilih korbannya sesuai dengan tujuh dosa mematikan.

David Mills (Brad Pitt) bermitra dengan detektif veteran William Somerset (Morgan Freeman). Bersama-sama mereka melacak setiap langkah si pembunuh, menyaksikan kejahatannya yang mengerikan ketika satu per satu ketika para korban berjatuhan.

Awards                         : 20/20 Awards (Best Director), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Writing, Best Make-Up), serta 23 penghargaan dan 39 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : David Fincher

Ngeri-ngeri sedap ya. Dilihat bikin merinding, tak dilihat bikin penasaran. Tapi tidak ada salahnya kok menonton film dari genre ini. Sekalian menambah wawasan kita, barangkali suatu saat ketemu dengan orang-orang seperti ini.

Oh ya, boleh ceramah sedikit ya. Belakangan saya sering sekali mendengar orang menyebut orang lain : psiko! Eh, menentukan orang psikopat/ tidak itu tidak boleh sembarangan loh. Para ahli pun butuh observasi yang rumit dan makan waktu.

Jadi next jangan sembarangan lagi ya. Jangan sampai karena omongan yang sembarangan, kita jadi dipertemukan dengan para psikopat sungguhan. Haha!

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.