30+ Rekomendasi Film Romantis Jepang Terbaik

Jika berbicara soal film Jepang, mungkin yang terlintas dibenak kamu hanyalah film-film horornya yang bikin merinding bahkan tak bisa tidur saking terbayang-bayang dengan adegan horornya yang mencekam.

Nah, tak hanya genre horor saja lho, Jepang ternyata juga punya segudang judul film romantis yang bakal bikin kamu senyum-senyum sendiri hingga menangis sesengukan saat menontonnya.

Penasaran, semenarik apa sih film romantis Jepang itu? Agar tak makin penasaran, yuk simak rekomendasinya berikut ini.

30. Film Romantis Jepang “Noruwei No Mori” (2010)

Norwegian wood 30

Film yang rilis di tahun 2010 ini merupakan karya Tranh Anh Hung yang terinspirasi dari sebuah novel karya Haruki Murakami yang berjudul sama dan lebih dulu populer.

Diiringi alunan musik Norwegian Wood, Toru Watanabe (Kenichi Matsuyama) teringat kembali di sebuah masa di kehidupannya pada tahun 1960.

Ketika itu ia bertemu dengan seorang gadis berparas cantik, Naoko yang merupakan kekasih sahabat karibnya Kizuki yang meninggal karena bunuh diri.

Hubungan keduanya makin dekat setelah itu namun bayang-bayang kematian sang sahabat menghantui kisah cinta Toru dan Naoko.

Hingga di hari ulang tahun Naoko yang ke 20, Naoko dan Toru memadu kasih membuat sekat-sekat kekhawatiran itu hilang sejenak. Namun entah apa yang terjadi hingga Naoko berubah dan memilih pergi dari kehidupan Toru dan hidup menyendiri.

Di waktu yang sama, Midori (Kiko Mizuhama) seorang gadis yang jauh berbeda kepribadiannya dengan Naoko mulai memasuki kehidupan Toru dan sedikit demi sedikit mencuri perhatiannya.

ini Toru harus memilih diantara kedua gadis yang sama-sama telah mewarnai kehidupannya.

29. Film Romantis Jepang “Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu” (2009)

Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu 29

Rilis pada 2009 yang lalu, film romantis Jepang ini terinspirasi dari sebuah manga karya Kotomi Aoki yang berjudul sama. Dibintangi oleh Mao Inoue dan Masaki Otada, film ini digarap dengan begitu apik okeh Takehiko Shinjo.

Film ini bercerita tentang Takuma Kakinouchi, seorang pemuda yang dari kecil menderita penyakit jantung dan divonis hanya mampu hidup hingga usia 20 tahun.

Takuma yang menjalani perawatan sejak kecil bertemu dengan Mayu Taneda, putri sang dokter yang merawatnya dan berteman dengannya hingga sekarang.

Suatu ketika Mayu mendengar percakapan sang ayah bahwa kondisi Takuma sangat mengkhawatirkan dan ia tak punya waktu lama untuk hidup.

Takuma sebenarnya tak khawatir dengan kondisinya, namun ketika berumur 8 tahun ia dan Mayu saling berjanji akan menikah saat usianya genap 20 tahun.

Dan kini hal itulah yang justru ia takutkan, karena khawatir tak dapat memenuhi janjinya pada Mayu. Takuma pun lantas mulai menjauhi Mayu agar gadis itu tak menderita jika ia pergi.

28. Film Romantis Jepang “From Me To You” (2010)

From Me To You 28

Rilis di layar bioskop Jepang pada 2010 yang lalu, film romantis Jepang yang satu merupakan karya dari Naoto Kumazawa sebagai sutradaranya.

Dibintangi Mikako Tabe, Haruma Miura dan Misako Renbutsu, film ini sukses menghadirkan kisah romansa yang mengharu biru.

Sawako Kuronuma, Seorang gadis SMA yang terlihat cukup aneh. Penampilannya yang sekilas mirip dengan tokoh horor Sadako dalam film The Ring membuatnya dijauhi teman-teman sekelasnya.

Tanpa sepengetahuan teman-temannya, keanehan yang Sawako alami karena ia seorang penderita sindrom Asperger.

Di saat semua teman-teman sekolahnya menjauhinya karena keadaannya yang berbeda tak disangka Shota Kazehaya, pemuda tampan yang menjadi murid favorit di sekolah mulai mendekatinya dan mau berteman dengannya. Hingga tumbuh rasa cinta di hati keduanya.

27. Film Romantis Jepang “Bokura Ga Ita: Zenpe” (2012)

Bokura ga ita Zenpen 27

Karya Takhiro Miki yang rilis pada Maret 2012 yang lalu ini menyuguhkan kisah romansa yang berbalut kisah masa lalu pahit yang selalu membayang-bayangi.

Film ini mengisahkan tentang perjalanan panjang kisah cinta Motoharu Yano (Noma Ikuta) dan Nanami Takahashi (Yuriko Yoshitaka). Saat masih duduk di bangku SMA, Motoharu merupakan seorang siswa populer di sekolahnya.

Suatu ketika, terjadi kecelakaan yang menyebabkan nyawa kekasih Motoharu melayang dan Motoharu tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkannya. Hal ini membuat Motoharu diselimuti rasa bersalah.

Nanami Takahashi yang mulai datang di kehidupan Motoharu harus berjuang agar bisa mendapat tempat di hati Motoharu yang penuh dengan penyesalan masa lalu.

26. Film Romantis Jepang “Yubiwa no Hametai” (2011)

Yubiwa Wo Hametai 26

Terinspirasi dari sebuah nove laria karya Takami ito, film romantis yang rilis di tahun 2011 ini merupakan karya Yuki Iwata.

Adalah Takayuki Yamada, Yoko Maki, Manami Konishi dan Chizuru Ikewaki yang memainkan pemeran utama dalam film bergenre komedi romantis tersebut.

Teruhiko Katayama seorang salesman farmasi tiba-tiba kehilangan semua ingatannya setelah terjatuh ketika bermain ice skating. Ia kemudian didatangi oleh tiga wanita cantik yang semuanya mengaku sebagai kekasihnya.

Sebelumnya ia menemukan sebuah cincin pertunangan di dalam tasnya dan ini membuatnya semakin bingung, siapa sesungguhnya wanita yang ingin dinikahinya.

Untuk memastikan pilihannya tak keliru, Teruhiko mulai mengajak ketiga wanita tersebut kencan satu per satu. Pilihannya ada Chie Sumitomo, rekan kerjanya di perusahaan yang memiliki sifat perfeksionis.

Lalu ada Megumi Siozaki, gadis malam yang lemah lembut yang ia temui ketika mempromosikan produknya. Dan Wakako Suzuki, tipe wanita ideal yang kadang-kadang melakukan one women show sebagai gadis boneka.

25. Film Romantis Jepang ” Dakishimetai – Shinjitsu no Monogatari” (2014)

Dakishimetai Shinjitsu No Monogatari 25

Rilis dengan judul internasional “I Just Wanna Hugh You”, film romansa ini digarap dengan sangat menarik dan berwarna oleh Akihiko Shiota.

Dibintangi oleh Keiko Kitaga, Ryo Nishikido serta Jun Fubuki yang memainkan peran utama di film yang terinspirasi dari kisah nyata ini.

Berlatar di Abashiri, Hokaido. Tsukasa Yamamoto mengalami sebuah kecelakaan hebat ketika masih duduk di bangku SMA. Saking hebatnya kecelakaan tersebut hingga membuat Tsukasa harus duduk di kursi roda dan mengalami hilang ingatan.

Meskipun demikian Tsukasa tetap bersemangat menjalani hidupnya. Suatu ketia ia bertemu dengan Masaki Koyanagi, seorang supir taksi yang kerap bermain basket yang membuatnya jatuh cinta.

Meski banyak kesulitan yang harus dihadapi, keduanya pun memutuskan untuk bersama dan membentuk sebuah keluarga utuh yang bahagia. Namun ternyata masalah tak selesai sampai di situ justru ini baru awal dari semua masalah yang harus dihadapi bersama.

24. Film Romantis Jepang “Paradaisu Kisu” (2011)

Paradaisu Kisu 24

Film karya Takehiko Shinjo yang rilis 4 Juni 2011 ini menggaet Keiko Kitagawa, Osamu Mukai, dan Yuske Yamamoto sebagai pemeran utamanya. Diangkat dari manga karya Ai Yazawa berjudul sama, film ini bercerita tentang apa sih tujuan hidup kita sebenarnya.

Berkisah tentang Yukari Hayasaka, seorang gadis SMU yang merasa bosan dengan kehidupannya yang begitu-begitu saja, tak ada yang spesial menurutnya.

Suatu ketika ia bertemu dengan Arashi Nagase, siswa dari sekolah fashion yang memintanya menjadi untuk model di acara kelulusan sekolah untuk memamerkan koleksi “Paradise Kiss”.

Yukari yang awalnya menolak karena memang tak punya basic fashion, kini mulai menerima tawaran tersebut setelah melihat kegigihan George dan kawan-kawannya dan mulai berlatih dengan gigih dengan arahan George.

Tiba di hari kelulusan, Yukari tampil memukau membawakan koleksi George dan kawan-kawan. Setelah kelulusan, Yukari, George dan kawan-kawan memulai hidupnya masing-masing.

Yukari memilih menjadi model, sedang George pergi ke Paris untuk mendalami minatnya pada design. Lama waktu berjalan, Yukari merasa seolah ditinggalkan sendiri oleh kawan-kawan barunya yang memberi arti hidup pada dirinya.

Suatu ketika Yukari menerima paket dari Paris yang berisi kunci Paradise Kiss dan sebuah surat dari George bahwa ia hanya akan memberikan koleksi bajunya untuk seseorang yang ia sayang.

Terharu, Yukari menyimpan kunci itu dan mengunci hatinya untuk George. Sebuah pertemuan tak terduga membawa Yukari bertemu kembali dengan George dan kasih yang belum sempat terjalin kini mulai bersemi.

23. Film Romantis Jepang “Boku to tsuma no 1778 no monogatari” (2011)

Boku to tsuma no 1778 no monogatari 23

Karya sutradara Mamoru Hoshi ini terinspirasi dari sebuah novel karya Taku Mayumura. Rilis pada 15 Januari 2011, film berdurasi 139 menit ini dibintangi Tsuyoshi Kusanagi serta Yuko Takeuchi sebagai tokoh utamanya.

Berkisah tentang perjalanan cinta seorang penulis bernama Sakutaro (Tsuyoshi Kusanagi) dan istrinya yang bernama Setsuko (Yuko Takeuchi) yang  seorang karyawan sebuah bank.

Keduanya bertemu saat liburan musim panas ketika keduanya masih berstatus sebagai siswa SMU. Dan sejak saat itu keduanya pun dekat hingga akhirnya memutuskan menikan hingga saat ini.

Suatu ketika Setsuko mengeluh sakit perut yang kemudian mendapat perawatan di rumah sakit. Dari situlah Sakutaru mendapati kenyataan bahwa sang istri menderita kanker usus besar.

Menurut sang dokter, perasaan gembira dan sering tertawa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang istri. Sakotaru pun mulai menulis cerpen lucu untuk sang istri agar suasana hatinya menjadi lebih baik.

Awalnya, umur sang dipreiksi hanya satu tahun lagi, namun nyatanya sang istri mampu hidup lima tahun dari setelah vonis penyakit diketahui. Dan selama itu Sakotaru telah menulis 1.778 judul cerpen untuk sang istri.

22. Film Romantis Jepang “Kanojo wa Uso o Aishisugiteru” (2013)

Kanojo wa Uso o Aishisugiteru 22

Mengusung genre drama musikal romantis, film yang rilis di tahun 2013 ini diadaptasi dari manga karta Kotomi Aoki dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Norihiro Koizumi yang menampilkan Takeru Satoh dan Sakurako Ohara sebagai pemain utamanya.

Film ini berkisah tentang kisah cinta Aki Ogasawara (Takeru Satoh), seorang komposer jenius sekaligus member grup band kenamaan “Crude Play” yang berusia 25 tahun dan Riko Koeda (Sakurako Ohara) siswi SMA yang baru berusia 16 tahun yang memiliki suara emas.

Pertemuan tanpa disengaja membuat Aki dan Riko semakin dekat, namun Aki yang tak mau identitasnya terbongkar berbohong tentang siapa dirinya sesungguhnya. Riko yang polos percaya begitu saja pada Aki tanpa curiga sedikit pun.

Kisah cinta yang diawali dengan kebohongan kini berubah menjadi sebuah cinta yang tulus dari Aki untuk Riko yang dari awal tak pernah meragukannya.

21. Film Romantis Jepang “Orenji” (2015)

Orenji 21

Diadaptasi dari sebuah serial manga yang cukup populer berjudul “Oranji” karya Ichigo Takano, film yang rilis di tahun 2015 ini merupakan karya Kojiro Hashimoto.

Film bergenre fantasi romance yang jadi hits di tahun rilisnya ini memasangkan Tao Tsuchiya, Kento Yamazaki, Ryo Ryuse, Hirona Yamazaki serta Dori Sakurada sebagai bintang utamanya.

Film ini berkisah tentang Naho Takamiya, seorang gadis kelas 2 SMU yang tiba-tiba mendapatkan sebuah surat misterius yang ternyata datang dari masa depan yang dikirim oleh dirinya sendiri. Awalnya, Naho tak percaya dengan apa yang diterimanya.

Namun setelah semua kejadian yang ia alami sama persis seperti yang tertulis di surat tersebut, Naho pun mulai percaya ada sesuatu yang harus ia lakukan.

Menurut surat yang ia terima ia akan bertemu dan jatuh cinta dengan Kakeru Naruse, seorang siswa pindahan yang memiliki trauma karena melihat sang ibu bunuh diri.

Menurut surat yang Naho baca, Kakeru akan meninggal setahun kemudian. Berbekal surat yang ada padanya, Naho berpacu dengan waktu untuk mengubah masa depannya.

20. Film Romantis Jepang ” Shigatsu Wa Kimi no Uso” (2016)

Shigatsu wa Kimi no Uso 20

Rilis di tahun 2016 yang lalu, film ini merupakan live action dari manga shounen populer bertema musik karya Naoshi Arakawa yang terbit dari 2011 hingga 2015.

Disutradarai oleh Takehiko Shinjo, film ini memasang Kento Yamazaki, Suzu Hirose serta Anna Ishi untuk memainkan peran utama di dalamnya.

Film ini bercerita tentang Kousei Arima (Kento Yamazzaki), seorang pianis muda berbakat dan populer di Jepang yang memenangkan banyak penghargaan bergensi di bawah arahan sang ibu.

Saat sang ibu meninggal dunia, Kousei menjadi trauma dan tak mampu lagi menenga permainan pianonya. Hingga Kousei bertemu dengan Kaori Miyazono (Suzu Hirose) yang merupakan sahabat Tsubaki Sawabe (Anna Ishi) sejak kecil.

Kaori sendiri merupakan seorang pemain violin berbakat yang mampu membuat Kousei mampu mendengar suara piano lagi setelah sekian lama mengganggunya.

Kousei menyimpan rasa pada Kaori namun diurungkannya karena tahu jika Kaori menyukai orang lain, Ryota Watari  (Taishi Nakagawa). Sementara ada gadis lain yang juga memenam rasa pada Kousei yakni Tsubaki, namun sayang Kousei tak memiliki perasaan yang sama.

19. Film Romantis Jepang “Bokura no Gohan wa Ashita de Matteru” (2017)

Bokura no Gohan wa Ashita de Matteru 19 1

Rilis di tanggal 7 Januari 2017, film ini diangkat dari novel karya novelis Maiko Seo dengan judul yang sama. Naskah film ini juga ditulis sendiri oleh Masahide Ichii sang sutradara.

Film romantis Jepang dengan durasi 109 menit ini memasang Nakajima Yuto, Yuko Araki, Karen Miyama, Amane Okayama sebagai bintang utamanya.

Film ini menceritakan tentang perjalanan panjang kisah cinta Ryota Hayama (NakajimaYuto ) dan Koharu Uemura (Yuko Araki) hingga akhirnya bersatu dalam pernikahan.

Ryota Hayama, seorang siswa SMU yang suka menyendiri dan tak banyak bicara. Ini karena kesedihan yang dirasakannya ketika sang kakak meninggakan Ryota untuk selama-lamanya.

Sedang Koharu Uemura, merupakan gadis yang periang dan blak-blakan serta memiliki kepribadian yang menyenangkan. Sejak adanya lomba balap karung di sekolah, keduanya makin dekat satu sama lain.

Hingga Koharu dan Ryota memutuskan untuk kencan di sebuah restoran cepat saji dan akhirnya mengikat janji setia sehidup semati.

18. Film Romantis Jepang ” Isshikan Furenzu” (2017)

Isshikan Furenzu 18

Terinspirasi dari serial manga berjudul sama karya Matcha Hazuki yang terbit dari tahun 2012 hingga 2015, film ini disutradarai dengan begitu apik oleh Shosuke Murakami.

Film yang rilis pada 18 Februari 2017 ini, dibintangi oleh Kento Yamazaki dan Haruna Kawaguchi sebagai pemeran utamanya. Yuki Hase (Kento Yamazaki), seorang siswa SMU yang baru saja naik ke kelas dua.

Sejak lama ia telah memperhatikan Kaori Fujimiya (Haruna Kawaguchi) seorang gadis yang tak mau berteman dan lebih suka menyendiri, persisnya sejak masih sama-sama duduk di kelas satu.

Suatu momen membuat Hase dan Fujimiya saling berpandangan, hal ini semakin memunculkan niat Hase untuk mendekati Fujumiya namun selalu saja ditolak.

Di kemudian hari sebuah kenyataan terungkap jika Fujimiya menderita hilang ingatan jangka pendek. Fujimiya akan lupa dengan siapapun setelah satu minggu.

Namun Hase tak mau menyerah dan mengajak Fujimiya bertukar buku diary agar selalu ingat tentang dirinya dan tak lelah mendekati Fujimiya untuk meraih hatinya.

17. Film Romantis Jepang “Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date Suru” (2016)

Boku wa Ashita Kinou no Kimi to Date Suru 17

Terinspirasi dari novel laris karya Takafumi Nanatsuki berjudul sama, film yang rilis akhir 2016 ini disutradarai oleh Takahiko Miki. Film berdurasi 111 menit ini memasangkan Sota Fukishi dan Nana Komatsu sebagai bintang utamanya.

Film ini mengisahkan tentang Takatoshi Minamiyama (Sota Fukishi), seorang Mahasiswa yang belajar di Universitas di wilayah Kyoto dengan Jurusan Sastra Seni.

Suatu ketika, Takatoshi bertemu dengan seorang gadis di gerbong kereta yang membuatnya merasakan butir-butir cinta ketika pertama kali memandangnya.

Gadis berparas cantik tersebut ialah Emi Fukuju (Nana Komatsu). Tak perlu waktu lama untuk Takatoshi mengajak Emi berkencan dan menjalani hari-hari berwarna bersama. Keduanya pun mulai semakin dekat dan memutuskan menjalin hubungan lebih serius.

Setiap pasangan pasti memiliki masalah ketidakcocokan, seperti yang dialami Takatoshi dan Emi namun dengan cinta keduanya mampu menghapus masalah ketidakcocokan yang menjadi penghalang mereka.

16. Film Romantis Jepang “Kimi no Suizo wo Tabetai” (2017)

Kimi no Suizo wo Tabetai 16

Rilis pertama kalinya pada 28 Juli 2017, film ini merupakan karya dari Sho Tsukikawa yang diangkat dari sebuah novel berjudul serupa karya Yoru Sumino yang terbit di tahun 2015.

Dibintangi Shun Oguri, Keiko Kitagawa, Kazuharu Miyata dan Daichi Morishita, film romantis Jepang ini memiliki waktu tayang 111 menit dengan alur maju mundur.

Kisah dimulai ketika I masih menjadi siswa SMU, suatu ketika ia tanpa sengaja menemukan sebuah buku diary milik Sakura, teman sekelasnya. I menemukan kenyataan bahwa Sakura menderita penyakit pankreas yang membuat Sakura tak bisa hidup lebih lama.

I memutuskan menghabiskan waktunya dengan Sakura yang meskipun tahu dirinya sakit namun ia tetap menjadi gadis periang dan tak mau mengeluh bahkan tak ada yang tahu penyakit Sakura ini termasuk sahabatnya Kyoko kecuali I saja .

Di sisa-sisa hidupnya, Sakura tak ingin ditemani tangisan sedih orang-orang yang disayanginya. Ia hanya ingin dikenang sebagai gadis riang yang kuat bukan gadis sakit dan lemah.

15. Film Romantis Jepang “Ao Haru Ride” (2014)

Ao Haru Ride 15

Satu lagi film romantis Jepang yang diadaptasi dari sebuah serial manga populer , Ao Haru Ride atau Blue Spring Ride yang merupakan karya Io Sakisaka. Film yang disutradarai oleh Takahiro Miki ini rilis pada tahun 2014 yang lalu.

Dalam film ini dibintangi oleh banyak nama-nama beken, mulai dari Tsubasa Honda, Masahiro Higashide, Yua Shinkawa, Ryo Yoshizawa dan masih banyak lagi.

Film ini berkisah tentang Futaba Yoshioka, seorang gadis periang yang cantik dan populer di sekolah. Ketika masuk ke SMA, Futaba tiba-tiba merubah dirinya seperti gadis tomboy karena tak ingin dibenci oleh teman-teman sekolahnya yang kalah populer dengannya.

Tak disangka Kou Tanaka, cinta pertamanya sewaktu SMP muncul kembali dan bersekolah di tempatnya bersekolah saat ini. Tapi namanya kini berubah menjadi Kou Mabuchi, tak hanya namanya saja yang berubah, karakter dan perilakunya pun berubah drastis.

Futaba akhirnya tahu jika kematian sang ibu-lah yang membuat Kou berubah dingin dan kerap murung setiap saat. Karenanya, Futaba pun ingin agar keceriaan Kou bisa kembali seperti dulu saat ia mengenalnya pertama kali.

Kou sebenarnya juga jatuh hati pada Futaba tetapi ada Nurumi yang membuat hubungan mereka jadi semakin rumit. Nurumi adalah gadis yang memiliki pengalaman yang sama dengan Kou hingga membuatnya tak mampu meninggalkannya dan akhirnya terjebak di dua hati.

14. Film Jepang Romantis “Kinkyori Renai” (2014)

Kinkyori Renai 14

Kinkyori Renai atau Close Range Love merupakan film roman Jepang yang terinspirasi dari serial manga populer berjudul sama yang merupakan karya dari Rin Mikimoto yang terbit dalam kurun waktu 2008 hingga 2011.

Film berdurasi 118 menit ini disutradarai oleh Naoto Kumazawa yang dibintangi Nana Komatsu dan Tomohisa Yamashita sebagai bintang utamanya.

Yuni Kururugi, seorang gadis SMA yang cerdas dan berbakat serta menguasai semua mata pelajaran di sekolah, kecuali bahasa Inggris. Suatu ketika, sekolah Yuni kedatangan guru baru yang akan mengajar bahasa Inggris bernama Haruka Sakurai.

Yuni mulai mendapatkan bimbingan dari guru baru tersebut, semakin lama Yuni merasa jika guru tersebut memiliki paras sangat tampan. Hingga membuat hatinya berdebar saat menerima pelajaran darinya, Yuni menyadari bahwa dirinya kini sedang jatuh cinta.

Jatuh cinta pada guru bahasa Inggris, Yuni pun mengakui perasaannya. Namun apakah pak guru Haruka akan menerima cinta Yuni?

13. Film Romantis Jepang “L.DK” (2014)

L DK 13

Satu lagi nih, film romantis Jepang yang diangkat dari serial manga berjudul sama, L.DK. Serial manganya sendiri merupakan karya dari Ayu Watanabe yang terbit sebulan sekali dari 2009 hingga 2017.

Film yang disutradarai Yashuhiro Kawamura ini dibintangi oleh Ayame Gouriki serta Kento Yamazaki.

Kedua orang tua Aoi Nishmori akan pindah tugas ke kota lain, namun Aoi yang enggan pindah ke sekolah yang baru memilih tinggal di sebuah apartemen sendirian.

Suatu ketika ada tetangga baru yang menempati apartemen di sebelah milik Aoi, ternyata itu Shusei Kugayama siswa populer di sekolahnya.

Hingga sebuah kejadian membuat Shusei murka karena apartemennya jadi berantakan dan banyak barang yang rusak disebabkan ulah Aoi. Sebelum apartemennya kembali seperti semula, Aoi tak boleh pergi ari apartemen Shusei.

12. Film Romantis Jepang “Konya, Romansu Gekijo De” (2018)

Konya Romansu Gekijo de 12

Konya, Romansu Gekijo De (Tonight, at The Movies) merupakan film romantis Jepang yang disutradarai oleh Hideki Takeuchi. Film yang rilis 10 Februari 2018 ini dibintangi oleh  Haruka Ayase, Kenta Sakaguchi dan Tsubasa Honda.

Film ini mengisahkan tentang Kenji, seorang movie director muda yang penuh aspirasi. Ia jatuh cinta pada sesosok khayalan yang berasal dari film hitam putih bernama putri Miyuki. Cinta keduanya tak dapat bersatu karena dunia yang berbeda.

Dan sebuah rahasia besar yang selalu disembunyikan Miyuki pun terungkap sesaat sebelum Kenji menghadapi hari-hari terakhirnya.

11. Film Romantis Jepang “Hirukana No Ryuusei” (2017)

Hirukana no Ryuusei 11

Rilis pada 24 Maret 2017, Hirukana No Ryuusei atau Daytime Shooting Star merupakan adaptasi dari serial manga karya Mika Yamamori berjudul sama.

Filmnya sendiri disutradarai oleh Takehiko Shinjo dengan menggaet banyak nama beken, mulai dari Mei Nagano, Shohei Miura, ALan Shirahama hingga Ryuta Sato dan masih banyak lagi.

Live action movie ini mengisahkan tentang Suzume Yosano, seorang siswi SMU kelas satu yang mulanya tinggal di pinggir kota tiba-tiba harus pindah sekolah ke Tokyo.

Ini karena orang tua Suzume dipindah tugaskan ke luar negeri, karena tak ada yang menjaganya maka ia dititipkan pada pamannya yang tinggal di Tokyo.

Sebagai siswi baru, Suzume cukup kesulitan mendapatkan teman. Suatu ketika, Suzume berkenal dengan seorang pria sahabat sang paman yang ternyata adalah guru wali kelasnya. Keduanya makin dekat sehingga menumbuhkan perasaan suka di hati Suzume.

Namun kisah cinta antara guru dan murid ini tak berjalan mulus, karena sang guru menolak cinta Suzume. Saat hatinya hancur, ada teman sekelasnya Daiki Mamura yang mulai tertarik dengan Suzume dan berusaha merebut hatinya.

10. Film Romantis Jepang “Ore Monogatari!!” (2015)

Ore Monogatari 10

Terinspirasi dari serial manga karya Kazune Kawahara & Aruko, film romantis Jepang yang satu ini rilis pada 31 Oktober 2015 dan sukses memikat pencinta Japanes movie.

Film yang disutradarai oleh Hayato Kawai ini dibintangi oleh Ryohei Suzuki, Mei Nagano serta Kentaro Sakaguchi sebagai tokoh utamanya. Berkisah tentang Takeo Goda (Ryohei Suzuki), meski bertubuh tinggi besar ia masih duduk di bangku SMA.

Dan meskipun tampangnya terihat garang, sebetulnya Takeo seorang yang berjiwa sportif dan baik hati. Tak heran jika teman-teman lelaki banyak yang segan dan menyukai dirinya.

Tetapi sayangnya tak satu pun teman perempuan di sekolahnya yang menyukai Takeo karena tampangnya yang seram, mereka justru lebih tertarik dengan Makoto Tsunakawa (Kentaro Sakaguchi) yang memiliki paras imut dan tampan.

Suatu ketika, Takeo tanpa sengaja menyelamatkan seorang gadis SMU bernama Rinko Yamato yang hendak mengalami pelecehan seksual ketika naik kereta.

Takeo pun jatuh cinta pada pandangan pertama pada Rinko, tetapi entah mengapa ia merasa jika Rinko menyukai Makoto. Tanpa mempedulikan perasaannya, Takeo mencoba menyatuka Rinko dengan Makoto tanpa tahu perasaan Rinko sesungguhnya.

9. Film Romantis Jepang “ReLIFE” (2017)

ReLIFE 9

Disutradarai oleh Takeshi Furusawa, ReLIFE merupakan live action movie yang diadaptasi dari manga series karya So Yayoi yang terbit di aplikasi komik gratisan pada 2013 yang lalu.

Film dengan durasi 119 menit ini dibintangi oleh Taishi Nakagawa, Yuna Tairo, Mahiro Takasugi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Arata Kaizaki (Taishi Nakagawa), pemuda berumur 27 tahun yang kini jadi pengangguran setelah memutuskan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja selama 3 bulan.

Arata kemudian yang tertarik dengan sebuah program riset “ReLIFE” kemudian ikut serta dalam program tersebut.

Arata kemudian diberi pengobatan yang membuatnya terlihat 10 tahun lebih muda dari usianya kini, tak hanya itu ia pun juga masuk ke SMU lagi sebagai siswa selama setahun.

Ketika bersekolah di sekolah tersebut, Arata bertemu dengan sosok gadis SMU teman kelasnya yang mencuri perhatian, Chizuru Hishiro (Yuna Taira). Ia pun jatuh cinta dengan gadis SMU tersebut.

8. Film Romantis Jepang “Kimi to 100 Kaime no Koi” (2017)

Kimi to 100 Kaime no Koi 8

Kimi to 100 Kaime no Koi atau The 100th Love with You merupakan karya sutradara Sho Tsukikawa yang rilis bulan Februari tahun 2017. Film berdurasi 116 menit ini dibintangi oleh Miwa dan Kentaro Sakaguchi sebagai tokoh utamanya.

Suatu pagi di bulan Juli tanggal 27, Aoi Hinata (Miwa) tiba-tiba mengalami sebuah kecelakaan dan tidak sadarkan diri. Saat tersadar, Aoi mendapati dirinya berada di sebuah ruang kelas tepat seminggu sebelum kecelakaan yang ia alami terjadi.

Saat itu, sahabat masa kecilnya Riko Hasegawa (Kentaro Sakaguchi) berkata akan memberitahu Aoi sebuah rahasia, bahwa ia mampu memutar kembali waktu sesuai keinginannya.

Aoi dan Riku sebetulnya saling menyukai sejak awal, namun keduanya memilih diam dan tak mengungkapkan perasaannya.

Keduanya lantas berbagi rasa yang selama ini dipendam dan kembali ke masa satu tahun yang lalu serta menghabiskan waktu sebagai sepasang kekasih.

Namun ada sebuah rahasia besar yang menanti keduanya dibalik lompatan waktu yang mereka lakukan, dan di tanggal 27 Juli itulah jawabannya.

7. Film Romantis Jepang “Kyo no Kira-kun” (2017)

Kyo no Kira kun 7

Film romantis Jepang berjudul Kyo no Kira-kun atau juga dikenal dengan judul Closest to Heaven ini merupakan karya Yasuhiro Kawamura sebagai sang sustradara yang terinspirasi dari manga series karya novelis Rin Mikimoto.

Film drama romantis berdurasi 109 menit yang rilis bulan Februari 2017 ini memasang Taishi Nakagawa dan Marie Litoyo sebagai tokoh utamanya.

Seorang gadis SMU bernama Ninon Okamura (Marie Litoyo) suka sekali jalan-jalan sambil membawa burung beo kesayangannya karena ia tak punya sahabat dan merasa sendiri di sekolahnya.

Teman sekolahnya mengira burung tersebut cuma mainan, tetapi ternyata itu burung beo sungguhan.

Sementara Yuiji Kira (Taishi Nakagawa), teman sekelas Ninon yang sangat berbeda, ia tipe cowok bad boy yang kerap berbuat onar di sekolah dan memacari banyak gadis cantik di sekolah.

Namun Yuiji bersikap demikian demi menutupi keadaanya yang sedang sakit dan tak punya waktu lama untuk hidup.

Ninon dan Yuiji ternyata tinggal bertetangga, namun saat di sekolah keduanya hampir tak pernah bertegur sapa. Suatu ketika Ninon tahu kondisi Yuiji dari orang tuannya.

Yuiji pun mengakui keadaannya dan berkata jika ia tak ingin meninggal dalam kesendirian. Tergetar hati Ninon seketika, lantas ia berjanji akan selalu di sampingnya hingga ajal menjemput.

6. Film Romantis Jepang “Sensei! 、、、Suki ni Natte mo Ii Desuka?” (2016)

Sensei Suki ni Natte mo Ii Desuka 6

Film yang rilis 28 Oktober 2017 ini merupakan karya sutradara kenamaan Takahiro Miki yang diangkat dari sebuah serial shojo manga populer karya Kazune Kawahara.

Dibintangi oleh Toma Ikuta dan Suzu Hirose, film romantis Jepang ini tayang dengan durasi 113 menit yang akan membuat kamu enggak berpaling ke hal lain.

Kosako Ito (Toma Ikuta) merupakan seorang guru SMU yang mengajar mata pelajaran sejarah dunia. Sebagai guru, Kosako terlihat sangat kaku, namun sebetulnya ia seseorang yang ramah dan baik hati.

Namun ini yang membuat Hibiki Shimada (Suzu Hirose) salah satu murid Kosako naksir dengan pak guru yang satu ini. Hibiki yang belum pernah punya pacar ini, dengan sifat naifnya mengakui rasa sukanya pada sang guru, Kosako.

Hal ini membuat Kosaku dilema, disisi lain ia juga punya rasa yang sama pada Hibiki tetapi di sisi lain statusnya sebagai seorang guru membuatnya tak leluasa untuk mengekspresikan rasa sayangnya pada Hibiki yang berstatus sebagai muridnya di sekolah.

5. Film Romantis Jepang “Pichi Garu” (2017)

Pichi Garu 5

Pichi Garu yang juga rilis dengan judul Peach Girl ini adalah garapan sutradara Koji Shintoku yang merupakan live action movie dari manga series karya Miwa Ueda yang terbit berkala selama 1997 hingga 2004.

Di film yang diproduksi pada 2016 dan rilis pada 20 Mei 2017 ini dibintangi oleh Mizuki Yamamoto, Kei Inoo, Mackenyu dan Mei Nagano sebagai tokoh sentral dalam cerita tersebut.

Berkisah tentang Momo Adachi (Mizuki Yamamoto) seorang gadis yang masih duduk di bangku SMU. Ia memiliki penampilan yang berbeda dengan kebanyakan gadis Jepang lainya.

Kulit Momo yang agak kecokelatan dengan rambut yang diwarnai membuatnya terlihat seperti gadis urakan meski nyatanya Momo memiliki hati yang lembut, naif dan siswa yang manis.

Sejak masih duduk di bangku SMP, Momo sudah memendam rasa pada Toji (Mackenyu) teman sekelasnya kala itu. Namun Kairi Okayasu (Kei Inoo) yang merupakan siswa populer di sekolahnya ternyata juga tertarik padanya.

Hal ini membuat Sae (Mei Nagano) iri pada Momo yang dikelilingi cowok-cowok keren yang menyukainya, dan karena itulah Sae selalu mencoba menjauhkan Momo dari Toji.

Dua cowok keren di sekolahnya kini berebut cinta Momo yang dilema dengan perasaannya sendiri, tetapi apapun itu Momo harus membuat keputusan.

4. Film Romantis Jepang “Okami Shojo to Kuro Oji” (2016)

Okami Shojo to Kuro Oji 4

Dikenal juga dengan judul “Wolf Girl and Black Prince”, film ini yang terinspirasi dari manga series karya Ayuko Hatta ini disutradarai oleh Ryuichi Hiroshi.

Tayang dengan durasi 116 menit dan rilis 28 Mei 2016, film ini dibintangi oleh Fumi Nakaido, Kento Yamazaki dan Nobuyuki Suzuki sebagai tokoh sentralnya.

Berkisah tentang seorang gadis SMU bernama Erika Shinohara (Fumi Nakaido) yang kerap bercerita jika ia juga punya pacar yang tampan hanya agar tak diledek oleh teman-temannya di sekolah.

Kebohongan Erika mulai tercium oleh teman-temannya, agar tak ketahuan Erika yang kebetulan bertemu dengan seorang cowok tampan saat berangkat sekolan pun memfoto cowok tersebut diam-diam dan menunjukkan pada teman-temannya bahwa cowok tersebut adalah pacarnya.

Ternyata cowok tersebut juga bersekolah di tempat Erika, namanya Kyouya Sata (Kento Yamazaki). Erika pun menjelaskan situasinya dan meminta Kyouya untuk membantunya berpura-pura menjadi pacarnya.

Meski berwajah manis, Kyounya memiliki sisi gelap yang tak diketahui oleh orang banyak yang tersimpan rapat-rapat.

3. Film Romantis Jepang “San gatsu no Lion Zenpen” (2017)

San gatsu no Lion Zenpen 3

Karya sutradara Keishi Ohtomo yang rilis pada 18 Maret 2017 ini diangkat dari sebuah manga series karya Chica Umino berjudul “San Gatsu no Lion” yang terbit pada Juli 2007.

Film berdurasi 138 menit ini berkisah tentang Rei Kiriyama seorang pemain Shogi profesional dan kehidupannya.

Rei Kiriyama seorang pemain Shogi pro yang masih berusia 17 tahun. Saat ia masih kecil, kedua orang tuanya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan. Lantas Rei pun diadopsi oleh Koda yang merupakan pemain Shogi profesional yang juga kawan dekat sang ayah.

Koda pun melatih Rei permain Shogi bersama kedua anaknya, karena sebuah konflik Rei akhirnya memutuskan pergi dari rumah Koda dan memutuskan untuk hidup seorang diri.

Suatu hari Rei bertemu dengan tiga Kawamoto bersaudara yang tinggal di sebelah rumahnya. Momen tersebut menjadi yang pertama bagi Rei bertemu orang-orang baru di luar dunia Shogi setelah sekian lama tinggal seorang diri.

Mengenal keluarga Kawamoto membuat hati Rei tersentuh dan merasakan kehangatan keluarga yang selama ini belum pernah ia rasakan. Hal ini membuat Rei lebih menjadi pribadi yang berbeda dan hangat berbeda dengan sebeumnya.

2. Film Romantis Jepang “Hiroin Shikkaku” (2015)

Hiroin Shikkaku 2

Film besutan sutradara Tsutomu Hanabusa ini terinspirasi dari sebuah manga series yang terbit di sebuah majalah kenamaan di Jepang pada tahun 2010-2013 karya dari Momoko Koda.

Film  berdurasi 129 menit ini dibintangi oleh Mirei Kiritani, Kento Yamazaki dan Kentaro Yamaguchi sebagai tokoh utamanya.

Berkisah tentang siswi SMU bernama Hatori Matsuzaki (Mirei Kiritani) yang tengah naksi dengan teman masa kecilnya Rita Terasaka (Kento Yamazaki). Matsuzaki meyakini jika Terasaka akan tertarik juga padanya karena ia cewek yang tangguh dan mandiri.

Sayangnya Terasaka kini tengah menjalin hubungan dengan Miho Adachi yang membuatnya patah hati. Sementara itu, ada sesosok cowok manis dan populer di sekolah yang mulai tertarik dengan Matsuzaki, ia adalah Kosuke Hiromitsu (Kentaro Sakaguchi).

1. Film Romantis Jepang “P to JK” (2017)

P to JK 1

Film romantis karya sutradara Ryuichi Hiroki yang rilis 25 Maret 2017 ini merupakan live action movie dari serial manga berjudul sama karya Maki Miyoshi yang terbit di majalah shojo manga tahun 2012.

Mengusung genre drama romantis, film ini dibintangi oleh Kazuya Kamenashi dan Tao Tsuchiya sebagai tokoh utamanya. Film berdurasi 124 menit ini mengisahkan tentang seorang siswi kelas satu SMU bernama Kako Motoya (Tao Tsuchiya) yang belum pernah pacaran sekalipun.

Suatu hari, Motoya ikut sebuah acara blind date dan ia pun memperkenalkan dirinya sebagai seorang mahasiswi. Di acara tersebut, Motoya bertemu dengan Kota Sagano (Kazuya Kamenashi), keduanya pun saling tertarik.

Setelah menjalin hubungan, Sagano pun mengetahui kebohongan Motoya yang sebetulnya masih berstatus siswi SMU. Sikap Sagano pun membuat Motoya berubah.

Sagano yang bekerja sebagai seorang polisi tak bisa menerima cinta Motoya meski sesungguhnya Sagano juga menyimpan rasa yang sama pada gadis manis tersebut. Hingga suatu ketika, Motoya terluka karena berusaha menyelamatkan Sagano.

Akhirnya Sagano memutuskan untuk melamar Motoya, karena sebagai seorang polisi dengan cara itulah ia bisa bersama dengan Motoya.

Nah, itu tadi 30 rekomendasi film romantis Jepang yang wajib kamu tonton jika kamu seorang penggemar romance movie sejati. Tapi awas ya, jangan baper nontonnya!