Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

20+ Rekomendasi Film Tentang Kapal Laut & Kapal Selam

Berbicara soal film tentang kapal lau dan kapal selam tentu sudah kebayang bukan bagaimana serunya menjelajahi samudera luas yang memiliki keindahan yang menakjubkan sekaligus dipenuhi misteri yang begitu menarik untuk dijelajahi.

Banyak sekali film yang berlatar belakang tentang pelayaran dan teman lain tentang laut, dari mulai genre action, komedi, romantis bahkan drama juga ada. Film yang dibuat sangat dalam bahkan beberapa kisah diangkat dari cerita nyata.

Tak hanya terinspirasi dari kisah-kisah nyata para penjelajah samudra yang heroik hingga keganasan lautan lepas, film yang mengusung kapal sebagai latar ceritanya kadang juga menyuguhkan kisah fiksi yang tak kalah epik dan menarik untuk disimak.

Tak sabar ingin tahu semenarik apa film yang mengangkat tema kapal lau dan selam ke layar lebar? Yuk simak rekomendasinya berikut ini.

20. Film Tentang Kapal “Titanic” (1997)

Titanic 20

Film yang diproduksi tahun 1997 ini merupakan garapan James Cameron selaku sutradara sekaligus penulis naskahnya. Kisahnya sendiri terinspirasi dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic yang merupakan sebuah kapal terbesar pada masanya saat pelayaran perdananya.

Tak hanya menyuguhkan pesona kapal berjenis Olimpic yang megah nan mewah karena memang menjadi yang terbesar pada masanya, tetapi film “Titanic” namun juga menyuguhkan kisah romantis yang begitu memikat sepanjang masa.

Dibintangi oleh Leonardo Dicaprio dan Kate Whinslet, film ini mengisahkan tentang kisah cinta beda status sosial antara Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater yang terjalin di atas kapal Titanic.

Film ini dibuka dengan adegan ditemukannya bangkai kapal Titanic oleh tim penyelam yang kerap berburu harta karun di dasar laut lepas. Berita penemuan bangkai kapal tersebut menarik perhatian Rose yang kini telah berusia 101 tahun.

Bersama sang cucu, Lizzy Calvert, Rose kemudian mendatangi tim pemburu tersebut yang telah menemukan lukisan dirinya yang di lukis oleh Jack ketika berada di kapal Titanic.

Adegan pun berlanjut dengan narasi dari Rose yang bercerita tentang pengalamanannya menaiki kapal Titanic yang digadang-gadang sebagai kapal terbesar kala itu dengan fasilitas terbaik dan mumpuni.

Rose juga menceritakan kisah cintanya yang singkat bersama Jack Dawson, seorang pemuda tampan yang energik, berjiwa petualang, pandai melukis juga baik hati.

Meski perkenalan mereka cukup singkat, Rose yakin Jack pria yang ia cari untuk lepas dari pertunangan yang tak ia inginkan.

19. Film Tentang Kapal “Virus” (1999)

Virus 19

Film Amerika yang rilis di tahun 1999 ini bergenre fiksi ilmiah yang merupakan karya John Bruno seorang seniman visual effect yang juga pernah menggarap film “Terminator”.

Dibintangi oleh Jamie Lee Curtis, Donald Sutherland serta William Baldwin, film ini terinspirasi dari sebuah komik berjudul sama karya Chuck Pfarrer.

Ketika kapal penyelamat Sea Star terperangkap dalam sebuah badai dahsyat yang membuat kapal perlahan-lahan tenggelam, para awak kapal yang dipimpin oleh Kapten Everton (Donald Sutherland) lantas bergegas menyelamatkan diri.

Berunyungbada sebuah kapal yang melintas membuat semua awak kapal menyelamatkan diri ke kapal tersebut yang tampak kosong.

Kapal tersebut ternyata milik peneliti Rusia yang sarat dengan peralatan berteknologi tinggi. Kelly “Kit” Foster (Jamie Lee Curtis) dan Steve Baker (William Baldwin), awak kapal Sea Star lantas menyadari jika mereka tidak sendirian di kapal kosong tersebut.

Yang mereka hadapi bukanlah manusia biasa namun makhluk asing dari luar angkasa yang telah membajak sistem komputer di kapal tersebut. Tak ada jalan lain kecuali bertarung untuk menyelamatkan diri dari teror sang mahkluk asing.

18. Film Tentang Kapal “The Perfect Storm” (2000)

The perfect storm 18

Mengusung genre drama biografi, film karya sutradara Wolfgang Petersen ini terinspirasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya Sebastian Junger yang terbit di tahun 1997.

Novel ini pun dilatari dari sebuah tragedi hilangnya sebuah kapal nelayan penangkap ikan yang terperangkap dalam badai besar di tengah lautan Atlantik Utara ketika sedang berlayar mencari ikan.

Film berdurasi 130 menit yang dibintangi oleh George Clooney, William Fichtner, Mark Wahlberg, Michael Ironside, William Fichtner, Michael Ironside, John C. Reilly, Diane Lane, Mary Elizabeth serta Karen Allen ini menggambarkan setiap karakter dalam kisahnya hingga terkesan begitu nyata.

Kisah bermula dengan kedatangan sebuah kapal nelayan penangkap ikan komersial “Andrea Gail” yang kembali ke dermaga dengan tangan hampa setelah melaut berhari-hari.

Frustasi dengan kondisi keuangan yang mengkhawatirkan, Billy Tyne (Clooney) sang kapten kapal pun memutuskan untuk kembali berlayar ke wilayah yang banyak ikannya. Sang kapten mengajak semua awak kapal untuk ikut serta bersamanya berlayar sekali lagi.

Benar saja ikan di wilayah yang dituju itu pun banyak, dan kapal pun berhasil menapatkan tangkapan yang berlimpah untuk di bawa pulang.

Namun ditengah perjalanan kembali, mesin kapal mendadak bermasalah belum lagi bayang-bayang badai besar juga mengahantui awak kapal.

Kini seluruh awak kapal harus menyelamatkan diri dari hantaman badai yang mampu menciptakan gelombang setinggi 30 meter yang bisa membuat kapal terbalik dan tenggelam.

17. Film Tentang Kapal “Speed 2: Cruise Control” (1997)

Speed 2 Cruise Control 17

Film tentang kapal bergenre thriler laga yang diproduksi tahun 1997 ini merupakan karya Jan De Bont sebagai sutradara sekaligus produsernya.

Film yang merupakan sekuel dari film “Speed” yang rilis di tahun 1994 ini dibintangi oleh Sandra Bulock, Jason Patric dan Willem Dafoe.

Kisah bermula ketika pasangan Annie (Sandra Bullock) dan Alex (Jason Patric) sedang liburan di sebuah kapal pesiar super mewah yang berlayar di laut Karibia.

Tanpa mereka sadari ternyata kapal yangmereka tumpangi tengah dibajak oleh sekawanan penjahat yang dikomandoi oleh Geiger (Willem Dafoe).

Annie dan Alex yang sebelumnya terjebak di dalam kapal memutuskan untuk bekerja sama menggagalkan upaya pembajakan bersama Kapten kapal.

Saat tahu bahwa para penjahat tersebut akan menabrakan kapal ke sebuah kapal tanker yang tengah mengangkut minyak beribu-ribu ton beratnya.

16. Film Tentang Kapal “K-19: The Widowmaker” (2002)

K 19 widowmaker 16

Rilis perdana pada 19 Juli 2002, film “K-19: The Widowmaker” merupakan sebuah film yang berlatar sejarah tentang sebuah kapal selam milik Uni Soviet bernama K-19.

Dibintangi oleh Harrison Ford dan Liam Neeson, film ini merupakan karya sutradara Kathryn Bigelow yang terinspirasi dari sebuah peristiwa sejarah yang digambarkan dengan begitu epik oleh Peter Huchthausen di dalam novel karyanya.

Film ini mengisahkan tentang sebuah kapal selam misil balistik nuklir pertama yang dimiliki oleh Uni Soviet yang mengalami kerusakan pada fungsi reaktor nuklirnya ketika tengah melakukan pelayaran perdananya di samudera Atlantik Utara pada tahun 1961.

Seluruh awak kapal selam tersebut bersama komandannya Kapten Alexi Vostrikov (Harrison Ford) berjuang dengan gigih serta berpacu dengan waktu untuk mencegah terjadinya bencana besar akibat nuklir seperti yang bencana Chernobyl.

Selain tak hanya mengancam nyawa awak kapalnya, jika misil nuklir yang ada di kapal selam tersebut meledak ini bisa memicu pecahnya perang dunia antara negara-negara adikuasa.

15. Film Tentang Kapal “Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl” (2003)

Pirates of the Caribbean2 15

Tayang perdana di tahun 2003, film bergenre kisah fantasi petualangan bajak laut yang berlatar di abad ke 18 karya Gore Verbinski ini merupakan film pertama sekaligus pembuka dari serial film “Pirates of the Caribbean”.

Film yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures bersama Jerry Bruckheimer ini sendiri terinspirasi dari sebuah theme park yang mengusung tema bajak laut yang berada di sebuah wahana taman hiburan milik Disney.

Film ini juga dibintangi oleh banyak nama populer seperti Jhony Deep, Geoffrey Rush, Orlando Bloom serta Kiera Knightly.

Will Turner (Orlando Bloom), seorang pandai besi muda yang ingin menyelamatkan sang kekasih yang juga putri gubernur bernama Elizabeth Swan (Kiera Knightly) dari tangan para bajak laut dibawah komando Barbossa (Geoffrey Rush) yang terkena kutukan.

Ia pun meminta Jack Sparrow (Jhony Deep) yang merupakan seorang bajak laut yang mengenal dekat Barbossa untuk membantunya.

14. Film Tentang Kapal “Ghost Ship” (2002)

Ghost ship 14

Dibintangi oleh Julianna Marguilies, Gabriel Bryne serta Ron Eldard, film tentang kapal yang satu ini merupakan karya sutradara Steve Beck dan Mark Hanlon sebagai penulis naskah dan ceritanya. Rilis pada 22 Okteober 2002, film ini berkisah tentang penemuan sebuah kapal misterius.

Sebuah tim penyelamat menemukan sebuah kapal penumpang yang hilang sejak 1962 dan diketahui mengapung di perairan Laut Bering. Tim penyelamat tersebut mengklaim bahwa kapal itu adalah milik mereka.

Namun begitu kapal tersebut mulai ditarik ke arah pelabuhan, serangkaian kejadian aneh pun terjadi dan membuat tim penyelamat tersebut terjebak di dalam bangkai kapal yang membuat nyawa kru dari tim tersebut melayang satu per satu secara tak wajar.

13. Film Tentang Kapal “Master and Commander: The Far Side of the World” (2003)

Master and Commander The Far Side of the World 13

Film yang rilis di tahun 2003 karya Peter Weir ini mengusung genre drama petualangan yang berlatar peperangan.

Naskahnya sendiri ditulis oleh sang sutradara Peter Weir bersama John Collee yang terinspirasi dari sebuah serial novel populer karya Patrick O’Brian berjudul “Master and Commander” yang dikemas dalam 20 seri.

Dibintangi oleh Russel Crowe yang berperan sebagai kapten Jack Aubrey, seorang tentara angkatan laut Inggris yang menjadi teladan di kesatuannya.

Serta Paul Bettany yang berperan sebagai Stephen Maurin, seorang dokter yang merangkap sebagai mata-mata Inggris yang bekerja sama di sebuah kapal bersama Jack Aubrey.

Berlatar di tahun 1805 ketika peperangan Napoleon berlangsung, HMS Surprise, sebuah kapal perang Inggris yang berada dibawah komando kapten Jack Aubrey mendapatkan tugas untuk menangkap dan menghancurkan kapal perang milik Perancis yang bernama Archeron.

Kapal Archeron diketahui sedang berlayar dari samudera Atlantik menuju samudera Pasifik untuk memperluas jangkauan perangnya.

Tugas yang diemban sang kapten terlihat begitu sulit ketika ia menyadari bahwa kapal musuh memiliki armada yang lebih besar dengan kekuatan yang jauh di atas HMS Surprise.

Hingga membuat awak kapal serta armada miliknya mengalami kerusakan karena kekuatan  yang tak sepadan. Meski sebelumnya berselisih paham soal strategi perang dengan Stephen Maurin, sahabat sekaligus penasehat terpercayanya.

Akhirnya, Jack Aubrey pun melancarkan serangan balik pada kapal perang milik lawan meski terlihat mustahil dilakukan namun kesungguhannya mengubah hal yang mustahil.

12. Film Tentang Kapal “Poseidon” (2006)

Poseidon 12

Rilis di tahun 2006, film tentang kapal yang satu ini merupakan karya Wolfgang Petersen sebagai sutradara yang sekaligus menjadi produsernya.

Film “Poseidon” ini sendiri merupakan film ketiga yang diangkat dari novel populer karya Paul Gallico berjudul “The Poseidon Aventure” yang juga merupakan remake dari film yang berjudul sama yang rilis di tahun 1972.

Dalam film yang diproduksi sekaligus didistribusikan oleh Warner Bros ini dibintangi banyak nama-nama beken yang bermain di dalamnya. Mulai dari  Kurt Russell, Emmy Rossum, Josh Lucas, Jacinda Barrett, Richard Dreyfuss, Jimmy Bennett, Mike Vogel hingga Andre Braugher.

Kisah bermula saat penumpang kapal pesiar mewah Poseidon tengah merayakan malam tahun baru dengan begitu meriah tiba-tiba dikejutkan dengan hantaman gelombang besar yang membuat kapal kini terbalik.

Seketika seluruh penumpang yang berjumlah tak kurang dari 2.000 orang pun dilanda kepanikan dan frustasi yang luar biasa.

Ketika sang kapten kapal meminta seluruh penumpang untuk berkumpul di ruang aula dan menunggu bantuan tiba, beberapa dari penumpang memutuskan untuk mencari jalan keluar untuk menyelamatkan diri dari pada menunggu kematian datang perlahan-lahan.

Meski upaya mencari jalan keluar dari sebuah kapal terbalik bukan hal yang mudah namun Dylan (Josh Lucas) tetap berusaha sekuat tenaga untuk mencari cara untuk bisa keluar dari kapal.

Ditambah dengan bantuan Robert Ramsey (Kurt Russell) seorang pensiunan anggota pemadam kebakaran New York dan beberapa penumpang lainnya, Dylan seolah mendapat suntikan energi dan harapan untuk berjuang dari pada hanya berpangku tangan.

11. Film Tentang Kapal “Triangle” (2009)

Triangle 11

Film karya tangan dingin sutradara Christopher Smith ini merupakan film kolaborasi Inggris Australia yang mengusung genre thriller dan berlatar di sebuah kapal yacht.

Dibintangi oleh Melissa George dan Michael Dorman, film yang rilis pada 16 Oktober 2009 ini tayang dengan durasi 99 menit.

Film ini sendiri mengisahkan tentang Jess (Melissa George) seorang single parent yang tengah bersiap-siap liburan bersama teman-temanya naik kapal milik Greg (Michael Dorman) sang sahabat. Namun entah mengapa, Jess datang seorang diri tanpa sang anak.

Ketika kapal yang ditumpangi Jes berada di tengah laut lepas tiba-tiba cuaca berubah buruk dengan badai yang cukup dahsyat hingga membuat kapal tak bisa pergi kemana-mana.

Ketika harapan hidup terasa sangat tipis munculah sebuah kapal pesira mewah Aeolus yang menyelamatkan mereka semua dari badai.

Namun ternyata, ada sebuah misteri yang menunggu Jess dan kawan-kawan di atas kapal pesiar mewah tersebut. Berjuang antara hidup dan mati.

10. Film Tengang Kapal “Pirates of the Caribbean: Dead Men’s Chest” (2006)

Pirates of The Caribbean 2 10

Tayang perdana di layar lebar pada tahun 2006, film “Pirates of the Caribbean: Dead Men’s Chest” merupakan sekuel kedua dari film sebelumnya “Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl”.

Masih disutradarai oleh Gore Verbinsky, di sekuel kedua yang tayang dengan durasi 150 menit ini juga masih memasang Jhony Deep, Orlando Blomm serta Kiera Knightly sebagai pemeran utamanya serta menyuguhkan kisah seru petualangan bajak laut.

Elisabeth Swan dan Will Turner selangkah lagi akan menjadi sepasang suami istri namun gagal karena kedatangan Lord Cuttler Becket dari East India Trading Company yang mengacaukan hari pernikahan mereka.

Becket yang murka karena sebelumnya Will dan Elizabeth diketahui membantu Jack Sparrow melarikan diri kemudian memerintahkan Will untuk menangkap Jack dan merebut kompas dari tangan Jack jika ingin nyawa Elizabeth tetap selamat.

Kompas tersebut menjadi kunci untuk menemukan sebuah peti berisi jantung pria yang sudah mati, diketahui baha jantung tersebut merupakan milik Davy Jones sang penguasa lautan yang jahat. Siapa pun yang memiliki jantung tersebut akan menguasai lautan.

Petualangan Will Turner pun dimulai untuk menemukan Jack demi menyelamatkan sang kekasih hati Elizabeth Swan. Berbagai macam hal seru dan menantang sekaligus mengancam nyawa tak menyurutkan niat Will untuk menemukan Jack.

9. Film Tentang Kapal “Nim’s Island” (2008)

Nims Island 9

Rilis pada 4 April 2008, film hasil kolaborasi antara sineas Amerika dan Australia yang disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Jennifer Flacket dan Mark Levin ini  terinspirasi dari sebuah buku anak-anak karya Wendy Orr.

Dibintangi oleh Abigail Breslin, Jodie Foster serta Gerald Butler, film ini menyuguhkan kisah petualangan seru seorang gadis kecil yang cukup menarik karena kemandirian serta keberaniannya.

Nim (Abigail Breslin) seorang gadis cilik yang hidup bersama Jack Rusoe (Gerald Butler) sang ayah di sebuah pulau tak berpenghuni di tengah samudra Atlantik karena sang ayah merupakan seorang peneliti ekosistem laut.

Suatu ketika Nim harus tinggal seorang diri di pulau tersebut karena sang ayah harus pergi ke laut untuk melakukan penelitian.

Meski sempat merasa khawatir dengan sang putri, Nim meyakinkan sang ayah bahwa ia bisa menjaga dirinya dan akan baik-baik saja karena banyak binatang-binatang kecil peliharaannya yang menamaninya.

Sementara sang ayah pergi Nim kerap berkomunikasi dengan seorang penulis novel petualangan yang ia kagumi, Alex Rover (Jodie Foster). Saat sang ayah tak juga kembali dari penelitiannya sesuai jadwal, Nim pun menjadi khawatir.

Takut terjadi sesuatu pada sang ayah, Nim pun menghubungi Alex Rover untuk membantunya. Tanpa Nim ketahui, Alex Rover sesungguhnya seorang agoraphobia yang takut tempat-tempat umum secara berlebihan.

Selama menunggu kedatangan Alex dan kabar dari sang ayah, pulau tempat Nim tinggal mendadak disinggahi sebuah kapal pesiar yang membawa banyak penumpang untuk berlibur di pulau tersebut.

Tak ingin kehidupannya diketahui, Nim berusaha mengusir penumpang kapal pesiar tersebut dengan berbagai trik.

8. Film Tentang Kapal “Morning Lights” (2008)

Morning Lights 8

Film produksi Walt Disney Pictures yang rilis 17 Oktober 2008 ini merupakan film dokumenter karya sutradara Mark Monroe.

Tayang dengan durasi 100 menit, film yang dibintangi oleh Chriss Banning, Kate Theisen serta Chris Schubert ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata perjuangan awak kapal yang tengah mengikuti latihan untuk sebuah perlombaan kapal yacht bergengsi.

Film ini berkisah tentang lima belas pemuda dan pemudi yang berjiwa petualang, gigih serta menyukai tantangan bergabung dalam sebuah latihan selama enam bulan bersama kapal Morning Lighg.

Utuk mencoba bertarung ditengah lautan untuk membawa pulang medali kemenangan dalam laga balap kapal layar yacht. Mereka akan nertatung dalam TRANSPAC, sebuah kompetisi berlayar paling bergengsi di dunia.

Awak kapal Morning Light dituntut untuk mengeluarkan trik serta kepiawaian mereka dalam mengendalikan yacht selama pelayaran sejauh 2300 mil melawan para lawan-lawan yang jauh lebih profesional dan berpengalaman.

Saat-saat latihan yang mereka lalui dibawah pengawasan mentor kelaa dunia membuat ikatan antata para awak kapal Morning Light terjalin dengan baik dan kompak hingga mereka mampu menaklukan lautan.

7. Film Tentang Kapal “Battleship” (2012)

Battleship 7

Rilis perdana di tahun 2012, film tentang kapal yang satu ini merupakan film aksi laga peperangan fiksi yang terinspirasi dari sebuah game dengan judul sama.

Digarap oleh sutradara Peter Berg, film ini dibintangi oleh Taylor Kitsch, Brooklyn Decker, Alexander Skarsgård, Liam Neeson hingga Rihanna.

Film yang didistribusikan oleh Universal Pictures ini menyuguhkan alur cerita yang cukup menegangkan dengan mencoba menggambarkan peperangan yang biasa dimainkan dalam game.

Kisah dimulai dengn kedatangan sebuah benda asing berukuran raksasa ditengah lautan yang membuat semua alat komunikasi terputus.

Di dekat jatuhnya benda asing tersebut ada sebuah kapal perang internasional yang sedang berlayar menjaga kawasan laut lepas tersebut. Ternyata benda asing tersebut dikendalikan oleh makhluk asing yang berniat menguasai bumi.

Tanpa pikir panjang, seluruh awak kapal bersiap untuk berperang demi menjaga bumi meski tak tahu sebesar apa kekuatan yang sedang mereka hadapi. Dan pertarungan sengit diatas kapal pun dimulai antara manusia dan alien.

6. Film Tentang Kapal “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” (2013)

Tenggelamnya kapal van der wijck 6

Terinspirasi dari sebuah novel populer karya Buya Hamka, film tentang kapal yang rilis di tahun 2013 ini mengusung kisah romansa yang berlatar di tahun 1930-an.

Film ini sendiri disutradarai oleh Sunil Soraya dan Ram Soraya sebagai produsernya di bawah naungan Soraya Intercine Films.

Tayang dengan durasi waktu 164 menit, film ini dihiasi banyak bintang kenamaan Indonesia seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, Randy Danistha serta Reza Rahadian.

Kisah berlatar di tahun 1930-an, Zainudin (Herjunot Ali) yang besar di tanah Makasar memutuskan untuk mencari sanak saudara di kampung halaman sang ayah yang berada di Batipuh, Padang Panjang.

Ditengah kegalauannya di tempat asing, Zainudin bertemu seorang gadis manis bernama Hayati yang membuat hati Zainudin selalu gelisah. Bermula dari sekedar berkirim selembar surat, akhirnya tumbuh cinta di hati keduanya.

Namun karena latar belakang Zainudin keluarga Hayati yang termasuk orang terpandang meminta Zainudin untuk pergi menjauhi Hayati dan memilihkan jodoh yang lebih terpandang untuk Hayati.

Zanudin yang patah hati kemudian pergi ke pulau Jawa untuk mengadu nasib sekaligus melupakan kenangannya tentang Hayati. Tak disangka Zainudin pun menjadi seorang penulis terkenal dengan kondisi keuangan yang jauh lebih mapan.

Sampai suatu ketika Zainudin tak sengaja bertemu kembali dengan Hayati yang telah menikah dengan Aziz, namun kondisi mereka kini sangat memprihatinkan.

Meski masih menyimpan rasa sakit hati, Zainudin tetap berbesar hati menolong Haya ti dan Aziz yang menyebabkan Aziz tak enak hati dan pergi meninggalkan Hayati bersama Zainudin.

Zainudin yang masih kecewa meminta Hayati pulang ke kampung halamannya. Sadar tak dapat hidup tanpa hayati, Zainudin pun menyusul Hayati namun naas kapal yang ditumpangi Hayati tenggelam di laut Tuban membawa kisah cinta yang pilu.

5. Film Tentang Kapal “Life of Pi” (2012)

Life of pi 5

Terinspirasi dari sebuah novel laris yang ditulis oleh Yann Martel, film karya sutradara Ang Lee ini bahkan sempat meraih penghargaan untuk kategori sutradara terbaik di Acaemi Award.

Dibintangi oleh Irffan Khan, Shuraj Sharma, Tabu serta Rafe Spall film ini menyuguhkan pengalaman hidup seorang anak penjaga kebun binatang bernama Pi Patel yang terdampar di tengah laut bersama hewan-hewan buas.

Kisah bermula ketika seorang novelis ternama bernama Yann Martel (Rafe Spall) berjumpa dengan Pi Patel (Irffan Khan) untuk meminta ijin menuliskan kisah ceritanya yang bertahan hidup di tengah lautan bersama hewan-hewan buas ke dalam sebuah buku.

Pi pun menceritakan kisahnya, suatu ketika karena kondisi keuangan keluarga yang memprihatinkan ayah Pi, Santosh memutuskan untuk mengadu nasib dengan pindah ke Kanada.

Sebelumnya Pi dan keluarga tinggal di Pondicherry, India dan mengelola kebun binatang milik keluarga. Ayah Pi kemudian memutuskan untuk membawa serta keluarga termasuk hewan-hewan di kebun binatangnya dan menjualnya di Kanada sebagai bekal hidup.

Pi dan keluarga pun menumpang di sebuah kapal barang milik Jepang, di tengah perjalanan kapal yang ditumpangi tersebut mengalami kerusakan akibat diterjang badai.

Hingga membuat Pi terdampar di tengah-tengah lautas Samudera Pasifik di atas sebuah sekoci bersama hewan-hewan buas yang juga menoba bertahan hidup.

4. Film Tentang Kapal ” Captain Philips” (2013)

Captain Philips 4

“Captain Philips” merupakan sebuah film Amerika Serikat bergenre drama biografi yang berbumbu thriler yang membuat film ini layak banget buat jadi tontonan buat kamu pengemar film thriler.

Film karya sutradara Paul Greengrass yang ibintangi oleh Tom Hanks dan rilis di tahun 2013 ini terinspirasi dari sebuah novel berjudul “A Captain’s Duty” yang ditulis oleh Richard Phillips dan Stephan Talty.

Richard Philips, seorang kapten kapal MV Maersk Alabama, sebuah kapal peti kemas tanpa senjata yang tengah berlayar dari pelabuhan Salalah di Oman ke Mombasa, Kenya melalui jaur Teuk Aden, sebuah kawasan yang rawan terjadi pembajakan oleh perompak.

Hal yang dikhawatirkan kapten Philips pun jadi kenyataan, kapal yang dinahkodainya kini mengalami pembajakan yang dilakukan oleh sekawanan perompak pimpinan Abduwali Muse.

Kapten Richard memutuskan untuk mengorbankan dirinya untuk dibawa perompak sebagai sandera dan meminta awak kapalnya bersembunyi hingga bantuan tiba.

Banyak adegan menengangkan bagaimana awak kapal yang bersembunyi di dalam kapal meski tanpa senjata apapun berusaha melawan para perompak.

Akhirnya aksi perompak yang ganas dan tak mengenal ampun itu pun dapat dilumpuhkan dengan bantuan dari kapal tempur milik Amerika Serikat.

Dan pimpinan perompak Abduwali Muse pun dijatuhi hukuman penjara selama 33 tahun karena terbukti melakukan pembajakan, penculikan sekaligus percobaan pembunuhan pada Richard Philips.

3. Film Tentang Kapal “Phantom” (2013)

Phantom 3

Rilis perdana tahun 2013, “Phantom” merupakan film yang berkisah tentang kapal selam milik Rusia yang beroperasi selama perang dingin berlansung sekitar tahun 1960-an. Film ini sendiri naskahnya ditulis langusng oleh Todd Robinson yang juga menjadi sutradaranya.

Dibintangi oleh Ed Harris, David Duchovny serta William Fitchner, film ini terinspirasi dari sebuah peristiwa nyata yang menimpa sebuah kapal selam milik Rusia bernomor lambung K-129 yang terjadi sekitar tahun 1968.

Ed Harris yang berperan sebagai Dmitri Zubov, seorang kapten kapal selam Uni Soviet yang membawa rudal selama Perang Dingin berlangsung.

Ia diam-diam menderita kejang akibat cidera ketika terjadi pada kapal yang dinahkodainya dulu yang mengubah persepsinya tentang kenyataan.

Dmitri terpaksa meninggalkan istri dan putrinya, demi menjalankan misi rahasia namun ia dihantui oleh masa lalunya yang pernah membuat awak kapalnya terbunuh. Ditantang oleh anggota KGB yang jahat, Dmitri bertekad merebut kendali rudal nuklir kapal.

Dengan nasib umat manusia tak bersalah di tangannya, Dmitri merasa ia harus berbuat sesuatu untuk menghindari peperangan yang lebih dahsyat.

2. Film Tentang Kapal “In The Heart of  The Sea” (2015)

In the heart of the sea 2

Film tentang kapal yang satu ini merupakan film 3D besutan sutradara Ron Howard berdasarkan novel nonfiksi berjudul sama yang ditulis oleh Nathaniel Philbrick berdasarkan kisah nyata karamnya kapal pemburu paus di tengah lautan Atlatantik.

Rilis serentak pada 11 Desember 2011 di Amerika Serikat, film ini dibintangi sejumlah nama beken, seperti Chris Hemsworth, Cillian Murphy, Benjamin Walker, Tom Holland, Brendan Gleeson hingga Ben Whishaw.

Berkisah tentang perjuangan para awak kapal pemburu paus New England dengan nama lambung Essex, yang menghadapi ancaman karena kapal yang mereka tumpangi tiba-tiba diserang oleh seekor monster laut dengan ukuran raksasa, Paus.

Monster laut raksasa tersebut seolah dipenuhi rasa dendam terhadap kapal tersebut hingga dengan brutal menyerang kapal hingga karam dan membuat awak kapalnya terombang ambing di tengah laut lepas yang hampir tanpa harapan hidup.

1. Film Tentang Kapal “The Finest Hour” (2016)

The finest hours 1

Film tentang kapal yang satu ini merupakan film produksi Walt Disney Pictures yang digarap oleh Craig Gillespie dengan mengusung genre drama historikal.

Rilis di tahun 2016, alur ceritanya sendiri terinspirasi dari sebuah buku karya Michael J. Tougias dan Casey Sherman yang berjudul “The Finest Hours: The True Story of the U.S. Coast Guard’s Most Daring Sea Rescue”.

Tayang dengan durasi 117 menit, film yang mengangkat kisah nyata heroik penyelamatan di tengah lautan oleh para penjaga pantai ini dibintangi oleh Chris Pine, Cassey Affleck hingga Ben Foster.

Pada tahun 1952, di lepas pantai Cape Cod sebuah kapal tangker yang mengangkut minyak dilaporkan mengalami kerusakan parah setelah dihantam ombak besar saat terjadi badai.

Ray Sybert (Casey Affleck) seorang asisten mesin mencoba mengambil alih kendali kapal bersama sisa awak kapal yang selamat dan masih diselimuti ketakutan.

Daniel Cluff (Eric Bana) petugas di stasiun penjaga pantai di Chatam, Massachussets, kemudian  memerintahkan empat anak buahnya untuk melakukan misi penyelamatan pada kapal tersebut.

Misi tersebut di pimpin oleh Bernie Webber (Chris Pine) sebagai kapten kapal penyelamat. Cuaca laut yang sedang buruk danbtak bersahabat membuat misi penyelamatan jauh lebih menantang.

Kini sang kapten tak hanya bertugas untuk menyelamatkan awak kapal tangker yang sedang terkena musibah tetapi juga harus menjaga diri dan awak kapalnya agar bisa kembali dengan selamat.

Demikianlah beberapa rekomendasi film tentang kapal selam dan kapal laut yang bisa kamu jadikan referensi tontonan yang menarik sekaligus menghibur. Semoga bermanfaat!

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.