Menu

Cara Menambahkan Link di Instagram Story di Android

Ingin menambahkan sebuah link saat Instagram Story? caranya gampang, sobat bahkan hanya membutuhkan beberapa langkah untuk menyelesaikan tutorial ini, nah biasanya Instagram Story yang disertai link ditujukan untuk jualan ataupun link yang diarahkan ke youtube dan alamat link lainnya.

Instagram memang tak diragukan lagi menjadi platform sosial media yang begitu popular, sehingga apapun yang diposting di platform tersebut selalu jadi bahan pembicaraan para sosial media addict.

Tak hanya sekedar untuk narsis atau show off, Instagram bahkan seakan berubah menjadi media promosi gratis yang sangat efektif. Apapun bisa Anda temui dengan begitu mudahnya, dan bisa jadi lahan bisnis di Instagram.

Kian hari, Instagram pun semakin getol menambah fitur-fitur yang memudahkan para entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya seperti yang saat ini sedang digilai ialah membuat story di Instagram.

Tak hanya memungkinkan Anda untuk membagikan cerita berupa teks, video maupun foto. Fitur baru ini akan mepermudah Anda untuk menyisipkan link di story Instagram. Jadi lebih on target ketika Anda ingin membagikan cerita yang memiliki sisi yang menjual atau softselling.

Tak ayal jika fitur ini banyak ditunggu-tunggu penggemar sosial media yang satu ini. Khususnya para pebisnis yang mulai mengembangkan usahanya melalui Instagram, Lantas bagaimana cara menambahkan link di Instagram story di Android? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Menambahkan Link di Story Instagram

Untuk memudahkan Anda menyematkan link di Story, berikut cara menambahkan link di Instagram Story.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Android yang Anda miliki. Kemudian buatlah Story baru, dengan geser layar ke kanan atau tap pada  ikon kamera yang ada di sudut kiri bagian atas layar.

2. Langsung saja gunakan kamera tersebut untuk mengambil foto atau Anda bisa menggunakan foto yang sudah tersimpan sebelumnya di galeri perangkat.

3. Selesai mengambil atau memilih foto mana yang akan diunggah, akan terlihat menu edit story di layar. Untuk menambahkan link pada story Instagram yang ingin diunggah tap ikon rantaiyang berada di layar bagian atas.
Cara menambahkan link di instagram story 14. Kemudian akan muncul jendela baru yang memungkinkan Anda untuk menambahkan link URL yang diinginkan. Lalu ketik link atau alamat URL yang ingin Anda tautkan dalam story tersebut, lalu klik.
Cara menambahkan link di instagram story 2Cara menambahkan link di instagram story 3

5. Setelah berhasil menautkan link URL ke Instagram story, ikon rantai link akan muncul di Highlight. Ini menunjukkan bahwa story Anda telah memiliki tautan.
Cara menambahkan link di instagram story 46. Selanjutnya Anda bisa langsung mengedit story Instagram sesuai keinginan. Anda pun bisa menambahkan konten-konten menarik lainnya. Seperti teks, stiker, maupun filter ke unggahan story Anda. Kemudian unggah story ke profil seperti yang sering Anda lakukan sebelumnya.

Analitik Instagram Story saat ini tidak dapat melacak seberapa banyak link yang telah Anda sematkan di Instagram story telah di-klik, jadi untuk mengetahuinya Anda bisa mengunakan link terpisah.

Agar membuat link lebih gampang ketika ingin disematkan ke story sangat disarankan untuk menggunakan  situs penyingkat tautan. Seperti Bit.ly atau Rebrand.ly untuk membuat link URL jadi lebih singkat dan Anda pun dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Kesimpulan

Seperti banyak fitur marketing lainnya di Instagram, clickable link yang ada dalam story mulanya hanya diperuntukkan khusus untuk akun yang telah terverifikasi saja, tetapi mulai Mei 2017, Instagram pun telah memperluas jangkauan fitur ini ke lebih banyak pengguna.

Meski demikian fitur untuk menambahkan link di Instagram story masih terbatas untuk pengguna yang telah memiliki lebih dari 10.000 pengikut di Instagram.

Selain itu Instagram juga mengharuskan mengubah profil pribadinya menjadi profil bisnis, Agar lebih efektif, dalam kata-kata yang ikut diunggah di story perlu mengandung call to action supaya para follower makin tergerak ingin meng-klik tautan tersebut.

Misalnya swipe up, geser untuk lihat lebih lanjut, dan masih banyak lagi tergantung bagaimana sobat berinovasi lebih kreatif, menambahkan link di Instagram story memang tidaklah sulit, hanya saja apakah link tersebut bisa efektif atau tidak tergantung bagaimana Anda menyematkannya.

Share This Post
Kategori:
Instagram

Comments are closed.