Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS

Bagaimana cara melacak hp hilang melalui GPS? GPS sendiri sebenarnya adalah teknologi yang sudah lama alias jadul, tetapi GPS memiliki peranan yang paling penting dalam setiap perkembangan teknologi. Bahkan dengan memanfaatkan GPS, sobat soakers bisa melacak hp yang hilang lewat GPS.

GPS sendiri sudah mulai digunakan pada tahun 1950an hingga sekarang, pada awal pembuatan GPS hanya digunakan untuk urusan militer karena saat itu sedang terjadi perang dunia. Setelah urusan perang dunia selesai dan negara-negara besar masuk ke era yang lebih baik dengan penuh kedamaian maka fungsi GPS berubah.

Saat ini GPS digunakan jauh lebih luas lagi seperti digunakan untuk Navigasi, Sistem Informasi Geografis, Sistem Pelacakan dan Pemantauan Gempa. Bahkan GPS sendiri sudah di inputkan pada hampir seluruh perangkat elektronik terutama Gadget.

Dan sekarang perangkat GPS itu sendiri sudah ada pada jutaan manusia serta selalu dibawa kemana-kemana baik saat bekerja maupun hanya sekedar hangout bersama teman. Yup alat GPS sudah include pada HP yang sobat soakers gunakan.

Secara resmi dan umum digunakan pada hp bertipe smartphone, bahkan GPS sendiri sudah menjadi perangkat wajib pada setiap gadget. Hal ini tidak lepas dari penggunaan gadget itu sendiri dalam mendukung semua aktivitas penggunanya.

Kalo Admin tidak salah ingat ya, GPS mulai populer dan banyak digunakan ketika perusahaan teknologi Google mengumunkan memiliki layanan baru yaitu Google Maps. Jadi dengan memanfaatkan Google Maps seperti memiliki asisten pribadi yang tahu semua jalur yang ada di Bumi sehingga tidak takut kesasar atau harus repot-repot bertanya ke orang lain.

Dan lebih pesat lagi ketika Google memunculkan layanan Google Earth dan para pengusaha teknologi juga memanfaatkanya untuk urusan ojek online sebut saja ada Grab dan Gojek karena untuk menjangkau dan mengantar penumpangnya berpatokan pada GPS dan Google Maps.

Dengan adanya fitur pelacakan maka sobat soakers juga bisa memanfaatkan GPS bersamaan dengan Google Maps untuk melacak hp yang hilang dan berharap semuanya masih dalam situasi yang bisa dikendalikan karena tidak bisa dipungkiri bahwa hp menyimpan data-data penting para pemiliknya.

Melacak HP Hilang Lewat GPS

Hal paling utama ketika sobat mengalami kejadian pahit seperti kehilangan hp adalah langsung pinjam hp atau laptop ortu, kakak, adik, saudara, teman ataupun tetangga dan secepat kilat langsung melakukan tindakan yang diperlukan yaitu melacak posisi hp.

Ketika sobat soakers sudah mendapatkan titik lokasi maka yang perlu sobat lakukan adalah mempersiapkan diri sobat dan minta bantuan orang terdekat untuk melakukan proses pengejaran. Bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara melacak hp yang hilang silahkan sobat pahami dulu setiap langkah-langkahnya.

1. Setelah sobat berhasil meminjam hp atau laptop pada orang terdekat, sobat soakers bisa langsung membuka aplikasi browser yang ada pada gadget tersebut. Mau menggunakan browser apapun bebas ya sobat dan Admin mencontohkan dengan menggunakan browser Chrome milik Google.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 1

2. Selanjutnya pada kolom URL sobat soakers bisa mengetikan alamat google.com/android/find lalu sobat tekan enter.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 2

Jika sobat kesulitan mengetik URL diatas karena tangan masih gemetaran atau dll saking kesalnya hp hilang maka bisa dengan mengklik langsung URL di atas. Alamat URL diatas adalah resmi milik Google ya jadi sobat tidak usah khawatir.

3. Sobat akan langsung diarahkan kehalaman login email resmi untuk langsung melakukan pelacakan. Sobat bisa ketikan nama email yang terpasang pada hp yang hilang dan selanjutnya sobat soakers pilih opsi

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 3

4. Selanjutnya sobat akan diminta untuk memasukan password dari email yang dimasukan sebelumnya dan ketikan passwordnya setelah itu sobat pilih opsi

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 4

5. Jika nama email dan password yang dimasukan benar maka sobat akan langsung diarahkan pada tampilan Android Find Manager dan sobat langsung bisa melihat lokasi hp milik sobat. Langsung saja pilih icon berwarna hijau yang merupakan lokasi dari hp sobat yang hilang.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 5

6. Sobat akan diarahkan ke aplikas Google Maps, disitu sobat bisa mendapatkan titik koordinat dari hp sobat. Untuk mendapatkan petunjuk arah ke hp yang hilang sobat bisa pilih opsi Petunjuk Arah pada bagian pojok kiri bawah.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 6

7. Nah disini sobat akan bisa mendapatkan detail yang lebih jelas, lokasi sobat adalah titik lingkaran yang berwarna putih seperti yang Admin beri kotak hijau dan posisi hp sobat yang hilang adalah yang ada tanda Pin merah yang Admin beri kotak warna ungu. Untuk menuju lokasi dengan bantuan Google Maps sobat pilih opsi Mulai di pojok kiri bawah.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 7

8. Berikut ini adalah penampakan arah yang didapat, pada kondisi ini sobat tinggal jalan saja sesuai panduan dari Google Maps.

Cara Melacak HP Hilang Lewat GPS 8

Bagaimana sobat soakers mudah dan cepat sekali bukan langkah-langkah yang perlu sobat lakukan untuk melacak hp sobat yang hilang. Untuk bisa melakukan langkah-langkah di atas membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit dan lokasi hp hilang sudah langsung sobat ketahui.

Apakah Posisi Dari HP Hilang Yang Dilacak Akurat ?

Tentu saja akurat, bahkan jarak meleset dari GPS paling jauh hanya 10 meter saja. Jika posisinya barada di aera yang lapang maka tingkat keakuratanya naik menjadi 1 meter dan pelacakan GPS akurat selama sobat masih dalam area yang terpantau GPS plus dengan Internet.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Ketika Sudah Dekat Dengan Posisi HP Yang Dilacak ?

Ok, pertama adalah pastikan sobat tidak sendirian ketika melakukan pelacakan. Kedua adalah menelpon hp sobat. Ketiga adalah menjalankan fitur Deringkan dari menu Android Find Manager, suara akan tetap terdengar walaupun pada hp suaranya di off sekalipun. Keempat adalah mengunci hp yanghilang dan menampilkan pesan pada layar hp yang hilang.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum HP Hilang (Tindakan Preventif “Pencegahan”)

Banyak diantara sobat yang selalu merasa aman dimanapun dan kapanpun, itu adalah pikiran yang salah besar menurut Admin. Kejahatan tidak mengenal korban, tidak mengenal waktu dan tidak mengenal lokasi maka Tindakan Preventif perlu dilakukan pada awal sobat membeli HP.

1. Selalu aktifkan fitur GPS pada hp dengan pilihan opsi Mode Lokasi Tinggi dan posisikan menu GPS selalu pada posisi tersembunyi atau tidak ditampilkan pada menu slide dari home screen.

2. Aktifkan fitur sinkronisasi, karena pada dasarnya setiap aktifitas yang terjadi pada hp di rekam oleh Google melalaui email Gmail yang di sematkan pada hp. Fitur ini bisa sobat manfaatkan juga untuk lebih mendapatkan info detail saat sobat melacak HP.

3. Aktifkan fitur kunci Lock Screen agar tidak sembarangan orang bisa membuka hp sobat.

4. Aktifkan juga fitur kunci pada semua aplikasi yang terinstal di HP dan gunakan mode kunci yang berbeda agar tidak sama dengan Lock Screen

5. Rajin-rajin membackup data seperti nomor kontak telp, file, gambar, video dll. Proses backup bisa dengan cara manual yaitu mengcopy data dari hp ke laptop atau komputer atau dengan memanfaatkan fitur backup dari aplikasi yang terpasang.

Seting backup Admin sarakan harian atau juga bisa juga menggunakan layanan backup dari Brand HP yang digunakan seperti Apple, Samsung dan Xiaomi.

6. Selalu aktifkan Paket Data apapun aktifitas yang sobat lakukan.

7. Aktifkan juga akun email yang sudah sobat daftarkan sesuai dengan Brand HP yang sobat gunakan, cara ini sangat ampuh untuk mengunci hp walaupun sudah di flash ulang sekalipun, karena ketika hp hidup akan selalu meminta untuk memasukan akun yang sudah di daftarkan dan tanpa akun tersebut hp akan selalu terkunci dan tidak bisa digunakan.

8. Pastikan kapasitas Baterai selalu di atas 60%, saat pagi hari sebelum memulai aktifitas selalu cas hp hingga 100% dan saat sore hari ketika akan pulang kerja atau selesai beraktifitas di cas lagi sepenuh yang bisa sobat lakukan.

9. Simpan hp pada posisi yang paling aman atau mudah terlihat oleh sobat dan mudah juga saat sobat ingin menggunakanya…. sobat paham betul soal ini.

** Dengan tindakan preventif yang dilakukan diatas juga sudah bisa setidaknya untuk mengamankan semua data yang sobat miliki, urusan hp kan bisa dibeli lagi tapi isi didalamnya sangat penting.

Apa Yang Dilakukan Jika HP Tidak Bisa Di Temukan

Tahap ini sudah masuk ke tahap ikhlas dan pasrah, oh iya tindakan ini harus dilakukan jika sobat tidak melakukan Tindakan Preventif seperti diatas. Tindakan dibawah ini bisa sobat lakukan dengan membuka email sobat baik memalui hp ataupun memalui laptop/komputer.

1. Logout dari akun email yang terpasang pada hp yang hilang, hal ini perlu dilakukan agar email yang sobat miliki tetap aman dan tidak disalahgunakan. Walaupun sudah logout sobat tetap bisa menderingkan, melacak, mengunci dan menghapus hp.

Loh kok bisa ya melakukan hal-hal tersebut walaupun sudah logout, Google sudah canggih sobat dan memiliki tindakan serta algoritma khusus untuk melindungi semua penggunanya dari kejadian seperti ini.

2. Hubungi operator seluler yang sobat gunakan dan minta bantuan serta melakukan konfirmasi untuk mengamankan nomor telp sobat karena hp hilang. Dengan begitu maka nomor sobat akan di kunci oleh operator sehingga untuk sementara waktu tidak bisa digunakan untuk apapun hingga sobat datang ke gerai terdekat dan minta dibuatkan sim card baru dengan nomor yang sama.

3. Langkah pamungkas Hapus Perangkat, dengan memilih opsi ini maka semua konten yang ada di hp sobat akan di sikat bersih oleh Google. Tetapi ada perihal yang harus dipahami yaitu Google menyatakan bahwa Google mungkin tidak bisa menghapus semua kartu memori secara menyeluruh di perangkat, itulah alasan kenapa pada hp Flagship tidak disertakan slot MicroSD.

Semua kegiatan yang berkaitan dengan melacak hp sudah tidak bisa sobat lakukan lagi seperti menderingkan dan mengunci. Semua data yang belum sempat di backup juga akan ikut di sikat Google dan proses penghapusan akan di lakukan ketika hp yang hilang terkoneksi ke internet.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk cara melacak hp hilang lewat gps, pahami juga info tambahan dari Admin agar sobat semakin paham atas semua penjelasan yang telah Admin berikan.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

Share This Post
Kategori:
Melacak

Comments are closed.