insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

15+ Film Dinosaurus Terbaik

Tertarik dengan film binatang buas masa lalu! apalagi jika bukan Dinosaurus, Film bertema ini menampilkan sebuah animasi tentang kehidupan Dinosaurus, biasanya bercerita tentang sekolompok orang yang menemukan sebuah pulau yang berisi hewan purbakala.

Film Dinosaurus juga termasuk pada genre action yang seru dengan menampilkan pertarungan antara beberapa Dinosaurus dan aksi kejar-kejaran dengan para aktor.

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purbakala dari yang pernah hidup di muka bumi, yang diyakini mulai hidup sejak periode Trias, atau sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Secara harafiah, dinosaurus diartikan sebagai ‘kadal yang mengerikan’. Namun dinosaurus bukan sekedar kadal. Berbagai penelitian kemudian menunjukkan bahwa selain reptile, ada species burung dan ikan yang juga masuk ke dalam jenis ini.

Sejak fosil dinosaurus pertama ditemukan pada awal abad ke-19, antusiasme public terhadap dinosaurus sangat tinggi. Terbukti dari banyaknya buku dan film yang mengangkat cerita dinosaurus, Berikut Film Dinosaurus terbaik yang kami rekomendasikan.

15. Film Dinosaurus “The Last Dinosaur” (1977)

The Last Dinosaur

Ilmu pengetahuan akhirnya mengumumkan adanya penemuan tanah hilang yang tersembunyi di dalam gunung berapi pasif, tertimbun di bawah tudung es di kutub.

Masten Thrust (Richard Boone), miliarder taipan minyak sekaligus pemburu besar, direkrut untuk memimpin tim di sana untuk mempelajari dinosaurus terakhir yang masih hidup.

Thrust dan timnya kemudian menemukan bahwa dunia tersembunyi tersebut dihuni oleh dinosaurus dan manusia prasejarah.

Manusia prasejarah ini membahayakan mereka. Namun bahaya yang lebih besar justru datang dari para tiranosaurus kelaparan yang ingin memangsa mereka.

Sutradara            : Alexander Grasshoff, Tsugunobu Kotani

14. Film Dinosaurus “The Land That Time Forgot” (1974)

The Land That Time Forgot

Diangkat dari novel karya Edgar Rice Burroughs tahun 1918, film ini berkisah tentang kapal selam Jerman yang menahan tawanan perang Amerika selama Perang Dunia I. Kapal ini tersesat di laut dan kandas di sebuah pulau yang belum dipetakan di Antartika.

Para survivors, di antaranya Bowen Tyler (Doug McClure) dan Kapten Bradley (Keith Barron), menemukan bahwa pulau itu mengandung kilang minyak kuno yang dapat digunakan untuk bahan bakar kapal selam.

Satu-satunya masalah adalah bahwa mereka harus memenangkan pertarungan melawan dinosaurus raksasa dan manusia gua primitif yang tinggal di sana.

Meski berbudget rendah, film ini bisa dibilang cukup sukses hingga dibuat sekuelnya, The People That Time Forgot.

Awards                 : 3 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Kevin Connor

13. Film Dinosaurus “Jurassic World: Fallen Kingdom” (2018)

Jurassic World Fallen Kingdom

Tiga tahun setelah taman hiburan dan resor mewah Jurassic World dihancurkan oleh dinosaurus, Isla Nublar kini diabaikan oleh manusia.  Dinosaurus yang tersisa berjuang untuk bertahan hidup di hutan.

Ketika gunung berapi di pulau tersebut mulai aktif kembali, Owen (Chris Pratt) dan Claire (Bryce Dallas Howard) melakukan kampanye untuk menyelamatkan dinosaurus yang tersisa dari ancaman kepunahan.

Sepanjang perjalanan, Owen berusaha menemukan Blue, raptor utamanya. Namun ia justru menemukan konspirasi yang berpotensi mengganggu tatanan alam di seluruh planet.

Awards                 : Teen Choice Awards (Choice Summer Movie Star: Male & Female) serta 19 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : J.A. Bayona

12. Film Dinosaurus “The Land Before Time” (1988)

The Land Before Time

Littlefoot (voice: Gabriel Damon), seorang anak brontosaurus, harus berjuang sendiri ketika ibunya terbunuh. Ia berusaha mencari Great Valley yang melegenda, tempat dimana banyak makanan berlimpah.

Dalam perjalanannya, Littlefoot bertemu dengan beberapa dinosaurus muda lainnya : Cera (voice:Candace Hutson), Spike (voice:Joe Ranft), Ducky (voice:Judith Barsi ), dan Petrie (voice:Will Ryan).

Mereka pun bergabung untuk meneruskan perjalanan, menjalani petualangan yang menggembirakan sekaligus berbahaya, sekaligus menemukan pelajaran hidup yang baru tentang betapa berartinya kebersamaan mereka.

Awards                 : 2 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Don Bluth

11. Film Dinosaurus “The Lost World: Jurrasic Park” (1997)

The Lost World Jurassic Park

Setelah adanya penemuan atas sebuah pulau yang penuh dengan dinosaurus, John Hammond (Richard Attenborough) membentuk tim untuk mengunjungi dan mendokumentasikan area tersebut sebelum dieksploitasi oleh InGen.

Dua di antara mereka adalah Dr. Ian Malcolm (Jeff Goldblum) dan pacarnya, Dr. Sarah Harding (Julianne Moore).

Ketika tim mencapai pulau itu, mereka menemukan keberadaan tim dari InGen yang dipimpin Peter Ludlow (Arliss Howard). Mereka berada disana untuk membawa dinosaurus ke Amerika, dan akan dipamerkan sebagai daya tarik utama di Jurassic Park, San Diego.

Kedua kelompok tersebut mengalami beberapa peristiwa yang menyebabkan semua peralatan komunikasi mereka hilang. Saat itulah teror benar-benar dimulai, ketika mereka harus berjuang untuk bertahan hidup.

Awards                 : Bogey Awards – Germany (Bogey Award in Platin, Golden Screen), Rembrandt Awards (Best Director), serta 2 penghargaan dan 28 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Steven Spielberg

10. Film Dinosaurus “King Kong” (2005)

King Kong

Mengambil setting tahun 1930-an, film ini berkisah tentang sekelompok penjelajah dan pembuat film dokumenter yang melakukan perjalanan ke Skull Island yang misterius (dekat Sumatra), untuk menyelidiki legenda gorila raksasa bernama Kong.

Beberapa di antaranya adalah produser Carl Denham (Jack Black), penulis Jack Driscoll (Adrien Brody), Captain Englehorn (Thomas Kretschmann), serta artis cantic Ann Darrow (Naomi Watts).

Setiba di sana, mereka menemukan bahwa King Kong adalah makhluk nyata yang hidup di hutan besar di mana makhluk dari zaman prasejarah telah dilindungi dan disembunyikan selama jutaan tahun.

Pencarian ini menempatkan mereka melawan Kong dan musuh dinosaurusnya. Pada akhirnya, kecantikan Ann berhasil mengalihkan perhatian Kong sehingga ia bisa dilumpuhkan.

Kong dibawa ke New York untuk dipamerkan dalam suatu pertunjukan. Namun berapa lamakah makhluk setinggi 25 kaki ini bisa tunduk pada kekuatan manusia?

Dinosaurus memang bukan menjadi focus utama dalam film ini. Namun kemunculannya berhasil menguatkan ketegangan yang ada.

Awards                 : Academy Awards (Best Achievement in Sound Mixing/ Sound Editing/ Art Direction), BAFTA Awards (Best Achievement in Special Visual Effects), serta 42 penghargaan dan 101 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Peter Jackson

9. Film Dinosaurus “Walking with Dinosaurs 3D” (2013)

Walking With Dinosaurs 3D

Ini adalah film tentang dinosaurus pertama yang menggunakan teknologi 3D.

Seorang ahli paleontologi bernama Zack (Karl Urban) membawa keponakannya Ricky (Charlie Rowe) dan Jade (Angourie Rice) untuk berburu fosil.

Dalam perjalanan itu, Ricky bertemu dengan Alex (voice: John Leguizamo) yang kemudian menceritakan kisah yang terjadi di Cretaceous, 70 juta tahun yang lalu:

Patchi (voice: Justin Long) adalah dino termuda dari kawanan Pachyrhinosaurus yang menetas, yang sering diintimidasi oleh kakaknya Scowler (voice: Skyler Stone). Ayah mereka, Bulldust, adalah pemimpin kawanan Pachyrhinosaurus.

Alex yang merupakan mentor Patchi mencoba membantu Patchi dalam menarik perhatian Pachyrhinosaurus betina bernama Juniper (voice: Tiya Sircar), hingga kawanannya memutuskan bermigrasi ke selatan tanpa mengajaknya.

Awards                 : 2 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Barry Cook, Neil Nightingale

8. Film Dinosaurus “The Good Dinosaur” (2015)

The Good Dinosaur

Arlo (voice: Raymond Ochoa), apatosarurus muda yang pemalu, terpisah dari orang tua dan saudara-saudaranya oleh badai yang datang tiba-tiba.

Ia mendapati dirinya terdampar jauh dari rumah, hanya ditemani seorang bocah penghuni gua bernama Spot (voice: Jack Bright).

Dengan rasa ketakutan, kesepian, dan putus asa, kedua sahabat ini  memulai petualangan liar di lanskap Palaeolithic yang luas dan tak kenal ampun, bertekad menemukan pertanian Arlo di Gunung Clawtooth.

Mampukah perjalanan ini mengubah Arlo si penakut menjadi Arlo yang baru?

Awards                 : Annie Awards (Outstanding Achievement in Animated Effects in an Animated Production), BMI Film & TV Awards (Film Music), serta 5 penghargaan dan 40 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Peter Sohn

7. Film Dinosaurus “Jurassic Park III” (2001)

Jurassic Park III

Karena ingin mendanai penelitiannya tentang kecerdasan velociraptor, ahli paleontologi terkenal Dr. Alan Grant (Sam Neill) mengambil tawaran dari petualang kaya Paul Kirby (William H. Macy ) dan istrinya Amanda (Téa Leoni) untuk menemani mereka dalam tur udara di Pulau Sorna.

Pulau terkenal ini dulunya adalah situs InGen B, dan kini telah menjadi tempat berkembang biak para dinosaurus serta menjadi magnet bagi para pencari sensasi yang ingin melihat mereka secara langsung.

Ketika sebuah peristiwa tragis menewaskan beberapa orang di antara mereka, Grant menemukan alasan yang sebenarnya mengapa Paul dan Amanda mengajaknya.

Dalam upaya mereka untuk melarikan diri, kelompok yang jumlahnya semakin kecil ini bertemu dengan makhluk-makhluk baru yang menakutkan, dan Grant dipaksa untuk mempelajari implikasi mengerikan dari teori kecerdasan raptornya.

Awards                 : Bogey Awards – Germany (Bogey Award in Gold), BMI Film & TV Awards (BMI Film Music Award), serta 3 penghargaan dan 15 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Joe Johnston

6. Film Dinosaurus “Ice Age: Dawn of The Dinosaurs” (2001)

Ice Age Dawn of The Dinosaurs

Setelah peristiwa yang terjadi dalam ‘Ice Age: The Meltdown, kehidupan Manny (voice: Ray Romano) dan teman-temannya mulai berubah:

Manny dan Ellie (voice: Queen Latifah) menantikan kehadiran bayi mereka, yang membuat Manny ingin memastikan bahwa semuanya sempurna untuk ketika bayinya lahir.

Scrat (voice: Chris Wedge) masih sibuk dalam mempertahankan biji kesayangannya, sambil memperjuangkan cintanya pada tupai cantik bernama Scratte (voice: Karen Disher).

Diego (voice: Denis Leary) muak diperlakukan seperti kucing rumahan dan mulai merenungkan anggapan bahwa ia terlalu santai.

Sementara Sid (voice: John Leguizamo) yang mencuri telur dinosaurus mendapati dirinya berada di dunia bawah tanah yang aneh. Teman-temannya harus menyelamatkannya sambil berusaha menghindari serangan dinosaurus dan bahaya lainnya.

Merekapun bertemu dengan seekor musang bermata satu yang dikenal sebagai Buck (voice: Simon Pegg), yang memburu dinosaurus dengan seksama.

Awards                 : ASCAP Film and Television Music Awards (Top Box Office Films), Ivor Novello Awards (Best Original Film Score), serta 1 penghargaan dan 13 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Carlos Saldanha, Mike Thurmeier

5. Film Dinosaurus “Jurassic World” (2015)

Jurassic World

Jurassic World milik Simon Masrani (Irrfan Khan) yang beroperasi di Isla Nublar – Amerika Tengah, diisi dengan dinosaurus genetik ciptaan InGen Corporation. Species terbarunya adalah Indominus Rex yang sangat menakutkan dan mematikan.

Claire Dearing (Bryce Dallas Howard), sang manajer, menerima kunjungan keponakannya, Gray (Ty Simpkins) dan Zach (Nick Robinson), di taman, tersebut. Namun karena terlalu sibuk, ia meminta asistennya untuk mengawal anak-anak itu.

Sementara itu, Owen Grady (Chris Pratt ) sibuk melatih empat velociraptors. Ia dan penjaga keamanan InGen, Vic Hoskins (Vincent D’Onofrio), percaya bahwa hewan itu dapat dilatih untuk keperluan militer.

Ketika Owen dan dua karyawan lainnya pergi ke paddock yang terisolasi, Indominus Rex membunuh dua orang itu dan melarikan diri.

Owen melarikan diri dan meminta Masrani untuk membunuh Indominus, namun Masrani enggan karena yakin bahwa tim keamanannya dapat menahan dan menangkap hewan mahal tersebut.

Setelah tim keamanan dihancurkan oleh Indominus Rex, Claire memerintahkan evakuasi para wisatawan dari pulau itu. Vic pun memutuskan menggunakan velociraptors untuk menemukan dan menghancurkan Indominus Rex.

Dengan kerumitan yang ada, ditambah lepasnya pterosaurus dari kendang, dan usaha Claire menemukan keponakannya, akankah rencana ini berhasil?

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films – USA (Best Performance by a Younger Actor), Hollywood Film Awards (Visual Effects of the Year), serta 13 penghargaan dan 57 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Colin Trevorrow

4. Film Dinosaurus “Dinosaur 13” (2014)

Dinosaur 13

Dinosaur 13 merupakan film dokumentasi yang mengangkat kisah ahli paleontologi Peter Larson dan timnya dari Black Hills Institute of Geological Research.

Peter dan timnya menemukan dinosaurus terhebat di dunia pada tahun 1999: T. rex terbesar dan terlengkap yang pernah ditemukan.

Namun setelah 10 tahun terakhir harus berseberangan dengan pemerintah AS, museum, suku asli Amerika, serta para ahli paleontologi pesaing, mereka tahu bahwa perjuangan mereka masih sangat Panjang.

Awards                 : Black Hills Film Festival – US (Best Documentary Feature), News & Documentary Emmy Awards (Outstanding Science and Technology Programming) serta 2 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Todd Douglas Miller

3. Film Dinosaurus “Godzilla” (2014)

Godzilla

Insinyur Joe Brody (Bryan Cranston) kehilangan istrinya, Sandra (Juliette Binoche), ketika terjadi kecelakaan misterius dengan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir Janjira – Jepang di tahun 1999. Joe tidak pernah menerima penjelasan resmi atas kecelakaan itu.

Lima belas tahun kemudian ia masuk tanpa izin di daerah karantina Janjira dan ditangkap. Putranya, perwira AL USA – Ford Brody (Aaron Taylor-Johnson), pergi ke Jepang untuk membebaskannya.

Ketika mereka mengunjungi fasilitas Janjira untuk mengambil data dan gambar Joe, mereka menemukan kebenaran tentang kecelakaan yang ternyata disebabkan oleh makhluk raksasa yang disebut sebagai ‘Massive Unidentified Terrestrial Organism ‘ (MUTO).

Satu MUTO melarikan diri ke Honolulu dan bertarung melawan Godzilla yang sengaja dibangkitkan. Pertarungan ini menimbulkan tsunami di Hawaii dan menghancurkan Honolulu.

Sementara MUTO betina melarikan diri dari Nevada, menghancurkan Las Vegas, dan menuju San Fransico untuk berkembang biak dengan MUTO lainnya.

Harapan terakhir untuk menyelamatkan Bumi hanyalah Godzilla.

Awards                 : Matchflick Flicker Awards (Most Wanton Destruction), Seattle Film Critics Awards (Best Sound Design), serta 4 penghargaan dan 31 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Gareth Edwards

2. Film Dinosaurus “Dinosaur” (2000)

Dinosaur

Di sebuah pulau kecil di lepas pantai, sekelompok lemur menemukan telur dinosaurus yang kemudian menetas. Para lemur lalu merawat bayi dinosaurus tanpa orang tua ini, dan memanggilnya Aladar (voice: D.B. Sweeney).

Ketika hujan meteor menghantam bumi, Aladar dan keluarganya harus meninggalkan pulau mereka. Mereka kemudian bertemu dengan sekelompok besar dinosaurus, yang dipimpin oleh Kron (voice: Samuel E. Wright) dan Bruton (voice: Peter Siragusa).

Perjalanan mereka mencari sarang baru pun dimulai. Namun segala sesuatunya tidak berjalan dengan mudah. Keluarga barunya membutuhkan waktu untuk memahami Aladar yang dibesarkan dengan cara yang berbeda.

Awards                 : ASCAP Film and Television Music Awards (Top Box Office Films), Bogey Awards – Germany (Bogey Award in Silver), serta 2 penghargaan dan 21 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Eric Leighton, Ralph Zondag

1. Film Dinosaurus “Jurassic Park” (1993)

Jurassic Park

Dua ahli dinosaurus – Dr. Alan Grant (Sam Neill) dan Dr. Ellie Sattler (Laura Dern) diundang oleh jutawan eksentrik John Hammond (Richard Attenborough) untuk melihat taman hiburan barunya di sebuah pulau di lepas pantai Costa Rika.

Dengan mengkloning DNA yang diambil dari hewan prasejarah, Hammond telah mampu menciptakan dinosaurus hidup untuk Jurassic Park, taman hiburan yang memelihara brachiosaurus, dilophosaurus, triceratops, velociraptors, dan T- Rex asli.

Didampingi oleh ilmuwan sinis Ian Malcolm (Jeff Goldblum) dan dua cucu Hammond, Lex (Ariana Richards) dan Tim (Joseph Mazzello), mereka melakukan tour keliling dengan menggunakan sebuah mobil yang dikendalikan oleh komputer.

Ketika badai tropis menerjang dan menghancurkan catu daya di pulau itu, seorang karyawan yang tidak bermoral, Nedry (Wayne Knight) memanfaatkan situasi dengan menyabotase sistem agar dapat menyelundupkan embrio dinosaurus keluar dari taman.

Awards                 : Academy Awards (Best Sound/ Sound Effects/ Visual Effects), BAFTA Awards (Best Special Effects), serta 36 penghargaan dan 26 nominasi di berbagai ajang

Sutradara            : Steven Spielberg

Membandingkan film-film tentang dinosaurus yang terbaru dengan produksi lama tentu yang paling mencolok adalah penggunaan teknologinya.

Kalau kita tonton sekarang, akan sangat terasa bahwa di film lama, penampakan dinosaurus masih sangat kasar dan cenderung tidak menyatu dengan keseluruhan gambar yang ada.

Tapi harus diingat juga, film-film lama ini ternyata cukup sukses menyedot perhatian. Terbukti dengan munculnya sekuel-sekuel atau bahkan remake atas film-film tersebut. Boleh dibilang, film-film lama ini memiliki keunggulan dari sisi ide dan kekuatan ceritanya.

Kekaguman (ecieh) saya atas itulah yang memaksa saya mau-tidak-mau memasukkan beberapa film lama ke dalam list. Highly recommended untuk ditonton kok film Dinosaurus yang kami list.

Category:
Film