3+ Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Facebook

Nah bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Facebook? haha pasti diantara sobat ingin menghilangkan jejak kan hingga ingin delete histori dari search bari yang ada di FB, gampang kok menghapus riwayat pencarian di Facebook.

Seringkali user FB menggunakan menu seacrh yang ada di menu atas untuk mencari sesuatu, bisa mantan, gebetan, status, foto, video, event, grup, komunitas, fanspage dsb, seringkali kita ingin menghapus riwayat pencarian di Facebook tersebut.

Terutama bagi sobat yang mungkin sudah memiliki pasangan (suami, istri, pacar) jadi biasanya kalian akan menutupi beberapa hal yang memang kalian anggap tidak ingin kalian share ke pasangan masing-masing.

Nah berawal dari history pencarian di Facebook, mungkin saja bisa menjadi malapetaka bagi sebagian orang, kenapa bisa begitu? Biasanya ini karena ingin melihat status atau nge cek profil dari mantan, padahal kalian sudah tidak berteman di FB, nah lhoo..

untungnya saja tidak diblokir haha.. jadi alih-alih ingin nge cek kalian justru stalker akun doi dan itu harus menggunakan menu search diatas bar. Tentu ini akan jadi masalah jika sampai ketahuan pasangan kalian ya kan?

Nah mungkin lagi beberapa orang mencari sesuatu yang agak kurang gimana gitu untuk adab timur seperti kita, lagi-lagi jejak digital pada riwayat pencarian FB bisa menjadi hal serius.

Biasanya sobat pernah menggunakan fitur search pada Facebook. Namun jika kamu tidak ingin orang lain mengetahui riwayat pencarian kamu di FB kamu dapat mengatasinya dengan menghapus riwayat pencarian search bari di Facebook

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook (FB) Melalui Aplikasi FB di Android & Iphone

Jika sobat lebih sering menggunakan HP Android atau Iphone maka sangat cocok dengan tutorial ini untuk menghapus riwayat pencarian di Facebook.

1. Bila kamu belum menginstal aplikasi FB, buka playstore kamu dan search facebook. Kemudian install aplikasinya. Untuk ukuran aplikasi tersebut sekitar 50mb gaes.

2. Langkah berikutnya yakni buka aplikasi facebook pada android kamu.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 1

3. Selanjutnya pada Welcome Screen isi alamat email atau nomer telepon yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun kamu. Setelah itu jangan lupa masukkan passwordmu juga gaes. Bila sudah tap > LOG IN untuk masuk.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 2

4. Tap pada kolom search yang berada di posisi atas.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 3

5. Akan muncul riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Tap > EDIT untuk masuk ke pengaturan pencarian.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 4

6. Bila kamu ingin menghapus riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan sebelumnya, tap > Clear Searches untuk menghapusnya.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 5

7. Selanjutnya pilih > Confirm untuk menghapus riwayat pencarian kamu.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Android 6

8. Finish.. Sudah lega kan? jadi saat ngetik di search bar tidak ada suggestion lagi yang muncul, benar-benar bersih.

Apakah Cara diatas Menghapus Riwayat Pencarian Secaara Permanen?

Yup, tidak perlu khawatir.. data history yang sobat ketikan di search bar akan menghilang dan jejak digital dapat tertutup. namun jika melakukan pencarian lagi silahkan gunakan cara diatas secara berkala.

Jika sedang mencari video lucu dan viral di FB maka ingin download video tersebut cek disini, Cara Download Video di Facebook agar bisa menyimpan video favorit di HP dan menonton walaupun tidak terhubung internet.

Jika sobat juga sedang mencari delete pencarian di IG, maka sudah admin siapkan tutorialnya >> Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram.

Cara Menghapus History Pencarian Facebook (FB) Melalui Web Seluler (Chrome / Firefox) di HP

Jika sobat tidak memiliki atau belum mendownload aplikasi Facebook di Google Play Store atau Appstore maka tetap bisa menggunakan HP melalui browser di Chrome, Firefox & browser sejenisnya untuk menghapus History pencarian di FB.

1. Pertama buka browser yang ada di smartphone kamu.

2. Setelah itu pada kolom search google, ketik facebook dan tekan > Enter.

3. Berikutnya hasil pencarian akan muncul, tap pada hasil pencarian teratas untuk masuk ke situs facebook.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 1

4. Selanjutnya login dengan alamat email atau nomer telepon dan jangan lupa masukkan password kamu.

Jika lupa dengan password atau email login FB, bisa menggunakan tutorial ini, Cara Mengatasi Lupa Password di Facebook.

5. Bila proses login berhasil, selanjutnya tap pada icon kaca pembesar yang berada di pojok kanan atas.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 2

6. Berikutnya akan muncul riwayat hasil pencarian kamu sebelumnya. Untuk menghapusnya tap > Edit.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 3

7. Kemudian tap > Hapus Pencarian untuk melanjutkan proses menghapus.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 4

8. Berikutnya akan muncul menu konfirmasi untuk menghapus riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Pilih > Konfirmasi untuk menyelesaikan proses menghapus riwayat pencarian kamu.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 5

9. Setelah proses menghapus selesai, berikutnya saat kamu melihat pencarian maka tidak ada riwayat pencarian yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Web 6

cara ini cukup ampuh jika kuota sedang mepet dan laptop atau pc dirumah sobat lupa untuk menghapus riwayat pencariannya karena khawatir nanti akan ketahuan oleh Istri, Suami / Pacar sobat.

Tutorial kedua ini sangat cocok sekali dalam keadaan seperti itu, jadi tidak ada alasan untuk khawatir dan terjadi pecah perang ketiga haha.

Apakah Jika Kita Hapus Riwayat Pencarian FB di Browser HP, Aman?

Aman Mudah-mudahan, Karena data yang terhubung atau bahkan ketika FB sobat aktif dilebih dari dua (2) perangkat maka data dilain tempat akan mengikuti update terbaru, jadi misa sobat menghapus data riwayat pencarian di HP.

Maka data riwayat pencarian FB dilaptop juga akan terhapus, jadi tidak perlu khawatirr, tenang saja.

Apabila sobat mau delete pesan di FB messenger klik disini >> Cara Menghapus Pesan di FB Messenger, namun jika menyesal dan ingin chat tersebut kembali cek >>  Cara Mengembalikan Pesan Facebook yang Terhapus.

Cara Menghapus History Pencarian Facebook (FB) Melalui Laptop / PC

Nah buat sobat yang lebih suka login FB menggunakan browser daripada menggunakan aplikasi atau HP, maka bisa menggunakan cara dibawah ini, bagaimana kita menghapus riwayat pencarian FB dari browser di Laptop.

1. Pertama buka browser favorit sobat, bisa Chrome, Firefox, Opera, Safari dsb.

2. Setelah itu buka situs facebook.com

3. Pada Welcome Screen situs facebook, isi alamat email atau nomer telepon yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun facebook. Setelah itu masukkan password dan klik > Masuk.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 1

4. Arahkan pointer mouse kamu pada kolom search, akan muncul hasil riwayat pencarian yang kamu lakukan sebelumnya. Nah untuk menghilangkannya klik > EDIT.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 2

5. Bila kamu ingin menghapus salah satu hasil riwayat pencarian saja, maka klik ikon disamping gembok dan pilih > Hapus.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 3

6. Akan muncul konfirmasi untuk menghapus riwayat tersebut. Jika kamu yakin ingin menghapusnya, pilih > Hapus Pencarian.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 4

7. Bila kamu ingin menghapus seluruh hasil riwayat pencarian kamu sebelumnya, maka yang harus kamu lakukan adalah klik > Hapus Pencarian yang berada di pojok kanan atas.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 5

8. Selanjutnya muncul konfirmasi untuk menghapus riwayat pencarian, jika kamu yakin untuk menghapusnya, pilih > Hapus Pencarian.

Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui PC 6

9. Untuk memastikannya , coba arahkan pointer mouse kamu ke kolom search, jika tidak muncul hasil riwayat pencarian sebelumnya maka cara yang kamu lakukan sudah berhasil gaes.

Apakah Menghapus History Pencarian di Facebook itu Permanen?

Untuk menghapus riwayat pencarian jelas permanen, namun bila sobat menggunakan fitur pencarian Facebook lagi, maka secara otomatis FB akan menyimpan lagi riwayat pencarian yang sobat lakukan.

Jadi apabila sobat rasa hasil riwayat pencarian kamu sudah terlalu banyak, gunakan saja cara diatas. Mungkin bagi sebagian orang yang suka merahasiakan sesuatu dari orang terdekatnya, cara diatas merupakan cara yang ampuh bagi mereka.

Namun sayangnya tidak ada cara yang bisa dilakukan agar riwayat pencarian tidak disimpan secara otomatis oleh FB. Nah bagi kamu yang ingin hasil pencarian akun kamu selalu bersih, maka gunakan cara yang sudah dijelaskan diatas dengan rajin ya.

itulah bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di FB. Semoga dengan membaca tutorial tersebut kamu bisa lebih paham bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di facebook. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya gaes..

Klik 2x Selengkapnya

Related Articles

Back to top button