30+ Anime Dengan Grafis Terbaik

Deretan anime berikut tidak hanya menyuguhkan jalan cerita yang bagus, namun disandingkan dengan grafis anime yang bagus, karena perlu disadari tidak semua anime memiliki karakter grafis yang bagus, cukup banyak anime dengan grafis seadanya.

Anime itu tak hanya tentang plot yang dalam, adegan pertempuran ataupun opening dan ending song yang membekas. Tapi, kualitas animasi pada suatu anime juga menambahkan kedalaman tersendiri dalam anime itu sendiri.

Cukup banyak penonton anime yang mengingkan grafis terbaik dari anime yang mereka tonton, meskipun hanya download secara gratis di beberapa website download dan streaming anime sub indo.

Memang tak mudah membuat anime dengan kualitas animasi yang luar biasa, karena satu episode anime saja sudah menghabiskan dana hingga milyaran rupiah, lho! Tak percaya? Kami sudah menyediakan list Anime Populer Dengan Rating Tertinggi.

Namun, tentu saja, anime yang hanya punya kualitas grafis yang bagus tanpa cerita yang menggungah pasti akan membuat siapapun bosan menontonnya. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas anime yang tak hanya punya grafis terbaik tapi juga cerita yang bagus. Check this out!

30. Anime Grafis Terbaik “God Eater”

god eater

Di tahun 2071, umat manusia hampir saja punah gara-gara kemunculan monster pemakan manusia bernama “Aragami” yang tak mempan diserang dengan senjata pada umumnya. Mereka menyerbu berbagai tempat dan memakan apapun yang ada di sana, tanpa terkecuali.

Untuk melawan hal ini, sebuah organisasi bernama Fenrir dibentuk sebagai suatu langkah terakhir. Mereka memanfaatkan God Eater para manusia spesial yang telah disuntik dengan sel Oracle, membuat mereka bisa menggunakan God Arc, satu-satunya senjata yang mempan terhadap Aragami.

Salah satu God Eater tersebut adalah Lenka Utsugi, God Eater tipe baru yang bisa memgang pedang maupun tembak sama baiknya. Mampukah Lenka yang sekarang menjadi tumpuan utama dari Fenrir memberantas Aragami?

Jumlah Episode: 13

Rating: 7,5

29. Anime Grafis Terbaik “Children Who Chase Lost Voices”

Children Who Chase Lost Voices

Jika kamu bisa merubah semua kenangan yang kamu punya menjadi sebuah lagu, lagu seperti apakah itu?

Diantara menjadi siswa yang pandai dan mengurus rumah sendiri saat ibunya sedang pergi, satu-satunya hal yang bisa menganggu Asuna Watase adalah mendengarkan radio jadulnya di tempat persembunyiannya di gunung.

Suatu hari, seorang anak laki-laki misterius bernama Shun menyelamatkannya dari makhluk berbahaya dan tanpa ia sadari, Asuna terseret ke dalam petualangan panjang ke tempat yang hilang.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 7,5/10

28. Anime Grafis Terbaik “Sword Art Online”

Sword Art Online 2

Bercerita di masa depan, tepatnya di tahun 2022 dan berfokus pada Kazuto “Kirito” Kirigaya dan Asuna Yuuki.

Sword Art Online adalah VRMMORPG yang membuat para pemainnya bisa mengendalikan karakter dan merasakannya dalam real time di dalam game dengan pikiran menggunakan alat bernama NerveGear.

Namun, pada saat hari pertama perilisannya, sebanyak 10 ribu pemain yang log in terjebak dan tak bisa melakukan log out. Suatu sosok tiba-tiba muncul dan memberitahu mereka bahwa satu-satunya cara untuk keluar adalah menyelesaikan 100 level dari SAO itu sendiri.

Tapi, satu hal yang mengerikan adalah jika mereka mati dalam SAO maka mereka juga akan mengalami kejadian yang serupa di dunia nyata.

Jumlah Episode: 25

Rating: 7,5/10

27. Anime Grafis Terbaik “5cm Per Second”

5cm per second

Anime 5cm Per Second mengambil latar cerita di Jepang di awal tahun 1990an hingga tahun di mana anime ini dirilis (2007-2008) dan cerita dari 5cm per second berpusat kepada seorang laki-laki bernama Takaki Tono.

Anime ini mengambil gaya penceritaan yang unik, yakni dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Bagian 1 berjudul Cherry Blossom (Bunga Sakura) yang menceritakan pertamannya dengan Akari Shinohara semasa SD, namun mereka harus berpisaha karena Akari harus pindah.

Bagian 2 berjudul Cosmonaut, yakni saat Takaki duduk di bangku SMA. Ia masih belum bisa melupakan Akari. Di bagian terakhir, yakni bagian 3 yang berjudul 5 Centimeters per Second merupakan penutup akhir kisah ini dengan lagu “One More Time, One More Chance” mengalun dengan indah.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 7,5/10

26. Anime Grafis Terbaik “Tokyo Ghoul”

tokyo ghoul

Tokyo Ghoul, seperti namanya adalah anime yang bercerita tentang makhluk ghoul berpenampilan seperti manusia normal namun mereka memakan daging manusia.

Ghoul sendiri punya kekuatan melebihi manusia normal seperti kekuatan super, kecepatan, tak bisa dilukai dengan senjata biasa dan bisa sembuh dari luka.

Cerita anime ini berfokus pada Ken Kaneki, seorang mahasiswa pendiam yang selamat dari pertemuan mematikan dengan Rize Kamishiro seorang gadis yang ia suka, yang ternyata adalah seorang ghoul.

Jumlah Episode : 12

Rating : 7,5/10

25. Anime Grafis Terbaik “Overlord”

Overlord 2

Di tahun 2126, sebuah game DMMORPG bernama Yggdrasil dirilis. Game ini menjadi game paling populer. Setelah berjalan selama 12 tahun, server dari game ini akan ditutup.

Di dalam game tersebut ada sebuah guild bernama Ainz Ooal Gown yang dulunya mempunyai 41 anggota dan terkenal sebagai salah guild terkuat, sekarang hanya punya 4 anggota tersisa. Salah satunya adalah pemimpinnya, yakni Momonga.

Namun, saat waktu server dimatikan telah tiba, Momonga menemukan bahwa gamenya masih bisa dijalankan. Tapi, sekarang game tersebut menjadi lebih hidup dan Momonga terjebak di dalamnya.

Jumlah Episode : 13

Rating : 8/10

24. Anime Grafis Terbaik “The Garden of Words”

Kotonoha no Niwa

Dikenal dengan nama lain Kotonoha no Niwa, anime ini bercerita tentang Takao Akizuki, siswa berusia 15 tahun yang sering membolos sekolah dan memilih menghabiskan waktu di taman saat hujan turun.

Di suatu hari, Takao bertemu dengan seorang perempuan misterius, awalnya ia tak memperhatikannya. Namun, ia selalu bertemu dengan wanita itu hingga beberapa kali setiap kali ia membolos.

Perlahan, setiap pagi setiap hujan turun dengan derasnya di Tokyo, Takao punya alasan lain untuk pergi ke taman selain membolos. Perlahan, perasaannya tumbuh untuk wanita misterius tersebut.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8/10

23. Anime Grafis Terbaik “Fate/stay night: Unlimited Blade Works”

Fate stay night UBW

Fate/stay night: Unlimited Blade Works sangat terkenal dengan kualitas animasinya yang luar biasa, terutama saat adegan pertempuran, di mana sihir-sihir dari para Servant benar-benar ditampilkan dengan penuh efek dan permainan warna yang tepat sasaran.

Bercerita tentang Shirou Emiya, seorang siswa SMA dan penyihir amatir yang tinggal di Kota Fuyuki, Jepang yang terseret ke dalam pertempuran Perang Cawan Suci Kelima. Di sini ada 7 penyihir bernama “Master” dan para pelayannya bernama “Servant.”

Jumlah Episode : 12

Rating : 8/10

22. Anime Grafis Terbaik “Redline”

H2 redline

Setiap lima tahun sekali, sebuah perlombaan balap bernama Redline digelar. Perlombaan paling ditunggu-ditunggu di seluruh alam semesta ini hanya ada satu aturan: tak ada aturan sama sekali.

Salah satu pembalap tersebut adalah JP. Ia berhasil lolos kualifikasi Redline dan tak sabar untuk melawan para pembalap handal lain, terutama si cantik yang sedang naik daun dan satu-satunya manusia selain dirinya, yakni Sonoshee McLaren.

Namun, Redline tahun ini kemungkinan lebih berbahaya daripada biasanya, karena akan digelar di planet Roboworld yang penuh dengan kriminal dan kemampuan militer yang tanpa ampun.

Jumlah Episode : 1 (Movie)

Rating : 8/10

21.Anime Grafis Terbaik “Bakemonogatari”

Bakemonogatari

Koyomi Araragi adalah seorang siswa kelas tiga SMA yang hampir saja menjadi manusia lagi setelah sebelumnya sempat menjadi seorang vampire.

Suatu hari, salah seorang teman sekelasnya bernama Hitagi Senjogahara jatuh dari tangga ke pelukan Araragi. Ia terkejut karena Hitagi seperti tak punya berat badan sema sekali.

Dari situlah kehidupannya sebagai orang yang membantu orang lain dalam hal-hal berbau spiritual dengan bantun dari Meme Oshino dimulai.

Jumlah Episode: 15

Rating: 8/10

20. Anime Grafis Terbaik “Katanagatari”

Katanagatari

Anime Katanagatari bercerita tentang Yasuri Shichika, seorang ahli pedang yang bertarung tanpa pedang dan Togame, seorang ahli strategi yang ambisisu dan ingin mengumpulkan 12 pedang legendaris.

Shichika adalah putra dari pahlawan perang yang dikucilkan dan merupakan Kepala ketujuh dari sekolah ilmu pedang Kyotouryuu dan hidup di Pulau Fushou yang terpencil bersama dengan kakaknya, Nanami.

Dengan permintaan dari Togame, Shichika memulai petulangannya menelusuri Jepang di zaman Edo, bertarung melawan banyak musuh-musuh kuat. Mampukah Shichika mengumpulkan ke-12 pedang tersebut?

Jumlah Episode: 12

Rating: 8,5/10

19. Anime Grafis Terbaik “Zoku Owarimonogatari”

zoku owarimonogatari

Merupakan season atau bagian terakhir dari anime berseri Monogatari. Zoku Owarimonogatari bercerita tentang Koyomi Reverse yang diangkat dari light novel berjudul sama.

Mengambil cerita setelah kelulusan Koyomi Araragi dari SMA. Pagi hari, ia ingin membasuh mukanya di kamar mandi, saat ia melihat ke cermin, ia sadar bahwa bayangannya di cermin melihat ke arahnya walaupun Araragi menundukkan kepalanya.

Ia lalu mencoba menyentuh cermin tersebut, tangannya menembus ke dalam. Seluruh bagian cermin berubah menjadi warna ungu dan Araragi kehilangan kesadaran.

Saat ia terbangun, ia masih berada di kamar mandi. Namun, ada yang aneh. Adiknya Karen, sekarang lebih pendek daripada dirinya. Wah, apa yang sebenarnya terjadi?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

18. Anime Grafis Terbaik “Fate/Zero”

fate zero

Setelah kalah dalam tiga perang Holy Grail secara berturut-turut, keluarga Einzbern bertekad untuk memenangkan pertempuran selanjutnya apapun yang terjadi. Mereka akhirnya merekrut Pembunuh Penyihir, Kiritsugu Emiya untuk menjadi wakil mereka dalam perang tersebut.

Selama delapan tahun ke depan, Kiritsugu menyiapkan keperluan untuk perang di benteng Einzbern dan secara mengejutkan, ia menjadi suami dari Irisviel von Einzbern yang merupakan wadah dari Holy Grail dan menjadi ayah dari Illyasviel.

Pertempuran yang tak mudah tentu saja, karena ia harus melawan enam penyihir kuat lain yang punya tujuan masing-masing. Tapi, penyihir ketujuh ternyata tak ikut berpartisipasi, sehingga pembunuh bayaran bernama Ryuunosuke Uryuu terpilih menjadi penggantinya.

Jumlah Episode : 12

Rating : 8,5/10

17. Anime Grafis Terbaik “Kizumonogatari Part 1: Tekketsu”

Kizumonogatari I

Pada 25 Maret, seorang remaja bernama Koyomi Araragi bertemu dengan Tsubasa Hanekawa di depan SMA Naoetsu. Tsubasa memperingatkan Koyomi tentang rumor seorang vampir dengan rambut pirang yang muncul di kota pada malam hari. Tentu saja, Araragi tak menganggap serius hal ini.

Tsubasa ingin mengajak Araragi ke perpustakaan terdekat untuk belajar, namun Araragi menolak karena hal tersebut sama saja tak membuat nilainya naik. Mereka akhirnya bertukar nomor telepon satu sama lain.

Malamnya, Koyomi bertemu dengan vampir yang tadi Tsubasa bicarakan. Ia bernama Kiss-shot Acerola-orion Heart-under-blade, atau dikenal juga sebagai Raja Hantu.

Vampir tersebut memohon kepada Araragi untuk menyelamatkannya karena ia berada di genangan darahnya sendiri dan seluruh tangan dan kakinya telah dipotong oleh pemburu vampir.

Kiss-Shot meminta Araragi untuk memberikan darahnya agar nyawanya bisa selamat dan saat Araragi melakukannya, ia berubah menjadi vampir.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

16. Anime Grafis Terbaik “Owarimonogatari”

Owarimonogatari

Saat bulan Oktober di tahun ketiganya SMA, Koyomi Araragi dikenalkan dengan murid pindahan bernama Ougi Oshino oleh adik kelasnya Kanbaru Suruga.

Ougi bercerita kepada Araragi bahwa ia punya sesuatu yang ingin ia ceritakan kepadanya. Saat Ougi menunjukan peta dari SMA barunya tersebut, ia menemukan sesuatu yang aneh.

Penemuan tersebut mengungangkapkan cerita yang seharusnya tak diceritakan dan kejadian ini mengubah kehidupan Araragi untuk selamanya.

Cerita ini adalah sebuah kisah yang memberikan cahaya tentang siapa itu Koyomi Araragi. Cerita yang mengungkapkan asal mula dari segalanya.

Jumlah Episode: 12

Rating: 8,5/10

15. Anime Grafis Terbaik “Attack on Titan”

attack on titan

Eren Jaeger hidup bersama kakak tirinya Mikasa Ackerman dan sahabatnya Armin Arlert di kota Shiganshina yang berada di Tembok Maria, yakni tembok terluar dari tiga tembok yang melindungi umat manusia dari para titan pemakan manusia sejak seratus tahun yang lalu.

Saat Tembok Maria dibobol oleh Colossal Titan dan Armored Titan, ibu Eren dimakan hidup-hidup oleh salah satu titan, sedangkan ayahnya hilang entah kemana. Hal ini membuat Eren masuk ke militer bersama Mikasa dan Armin, bersumpah untuk membasmi titan yang ada.

Titan sendiri mempunyai bentuk seperti manusia tapi berukuran raksasa dengan tinggi antara 3 sampe 15 meter dan Colossal Titan yang punya tinggi hingga 60 meter, sehingga bisa membobol Tembok Maria setinggi 50 meter.

Saat awal-awal rilis dulu, Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin langsung membuat sensasi di dunia anime. Dengan kualitas grafis yang luar biasa dan gaya animasi yang unik, membuat episode 1 dari anime ini menjadi salah satu episode paling memorable dalam sejarah anime.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8,5/10

14. Anime Grafis Terbaik “Evangelion Remake Series”

evangelion remake

Neon Genesis Evangelion adalah salah satu anime paling terkenal pada tahun 90-an lalu.

Seri ini direamake atau dibuat ulang dari awal dalam bentuk movie sebanyak 4 bagian (baru 3 yang dirilis saat artikel ini ditulis) yang dimulai dari Evangelion 1.o: You Are (Not) Alone, lalu Evangelion 2.0: You Can (Not) Advance dan Evangelion 3.0 You Can (Not) Redo.

Kualitas grafis dari seri remake ini benar-benar luar biasa, apalagi di Evangelion 2.0: You Can (Not) Advance, dari adegan action, permainan warna, efek di sana sini benar-benar luar biasa. Movie ini benar-benar dibuat dengan budget yang tinggi.

Evangelion bercerita tentang keadaan bumi setelah second impact dan berfokus pada Tokyo-3, satu-satunya bagian dari Jepang yang tersisa. Kota ini sendiri selalu diserang oleh makhluk raksasa yang ingin membinasakan umat manusia bernama Angel.

Setelah tak bertemu degnan ayahnya selama 8 tahun, Ikari Shinji mendapatkan telpon untuk segera pergi ke Markas NERV, sebuah organisasi yang dibuat untuk melawan para raksasa tersebut menggunakan mecha bernama Eva.

Jumlah Episode: 3 (Movie)

Rating: 8,5/10

13. Anime Grafis Terbaik “Hellsing Ultimate”

Hellsing Ultimate 1

Seperti seri Evangelion di atas, Hellsing Ultimate juga merupakan remake dari serial anime berjudul Hellsing yang sudah dahulu rilis pada tahun 2001 lalu. Tapi berbeda dengan remake Evangelion yang berbentuk movie, remake dari Hellsing ini berbentuk OVA (Original Video Animation).

Bercerita tentang organisasi rahasia nan misterius bernama Hellsing yang melawan vampire, ghoul dan makhluk-makhluk supranatural lain yang mengancam umat manusia.

Tokoh utama dari anime ini adalah Alucard, seorang vampir dengan kekuatan luar biasa dan dianggap sebagai vampir terkuat yang pernah ada. Ia bekerja di organisasi Hellsing yang sekarang dipimpin oleh Sir Integra Fairbook Wingates Hellsing.

Hellsing Ultimate dianggap sebagai salah satu anime dengan grafis terbaik pada saat ia rilis. Dengan gaya animasi dan penggambaran yang unik, ditambah dengan adegan action yang luar biasa membuatnya pantas untuk masuk ke daftar ini.

Jumlah Episode: 10 (OVA)

Rating: 8,5/10

12. Anime Grafis Terbaik “Violet Evergarden”

Violet Evergarden

Penulis masih ingat, saat teaser trailer dari Violet Evergarden keluar, semua orang yang menontonnya terkagum-kagum dengan kualitas grafis yang ditampilkan pada trailer itu. Kebanyakan beranggapan akan menjadi movie, namun ternyata ia adalah series.

Violet Evergarden bercerita tentang Auto Memory Dolls, yakni orang-orang yang awalnya dipekerjakan oleh ilmuwan bernama Dr. Orland untuk membantu istrinya yang buta yakni Mollie untuk menulis novelnya dan kemudian, mereka juga direkrut oleh orang lain yang membutuhkan jasa mereka.

Cerita dari anime ini berfokus pada petualangan Violet Evergarden untuk kembali masuk kembali ke masyarakat setelah perang berakhir dan petualangannya untuk mencari tujuan hidupnya karena ia sudah bukan merupakan tentara lagi.

Anime ini mempunyai sentuhan khas dari Kyoto Animation yang jika kamu sering menonton anime produksi studio ini, maka tak akan heran dengan kualitas grafis yang ditawarkan oleh Violet Evergarden.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8,5/10

11. Anime Grafis Terbaik “Kizumonogatari Part 2: Nekketsu”

Kizumonogatari II

Araragi Koyomi sekarang sudah menjadi vampir dan ia ditugaskan untuk merebut kembali anggota tubuh dari Kiss-shot yang diambil oleh para pemburu vampir.

Para pemburu vampir itu ada tiga orang dan mereka adalah Dramaturgie, seorang pemburu vampire yang ternyata adalah seorang vampir dengan tubuh besar.

Lalu, Episode, setengah vampir setengah manusia yang bisa berubah wujud menjadi kabut dan Guillotnecutter, seorang pendeta manusia yang justru paling berbahaya.

Tanpa sepengetahuan dari Araragi, setiap menit, setiap detik yang berlalu saat dia berusaha merebut kembali bagian tubuh dari Kiss-shot, ia perlahan-lahan lebih menjadi vampir dan meninggalkan bentuk manusianya. Apa yang akan terjadi?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

10. Anime Grafis Terbaik “Ghost In The Shell (1995)”

Ghost in the shell

Kamu pasti terkejut karena anime yang dirilis pada tahun 1995 ini bisa duduk di posisi 10 anime dengan grafis terbaik mengalahkan anime-anime yang lebih modern dan dibuat dengan alat yang canggih.

Ghost in the Shell berlatar pada tahun 2029, di mana kemajuan teknologi membuat manusia bisa mengubah hampir seluruh bagian tubuh dan organnya dengan robot. Berfokus pada Major Kusanagi yang merupakan bagian dari Public Security Section 9.

Kualitas grafis dari anime ini sangat luar biasa mengingat ia dirilis pada tahun 1995. Detail dan atmosfer yang berhasil ditangkap dan menunjukkan dunia cyberpunk benar-benar tepat sasaran.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

9. Anime Grafis Terbaik “Monogatari Series: Second Season”

Monogatari Series Second Season

Hantu, makhluk-makhluk aneh dan dewa terus saja muncul di sekitar Koyomi Araragi dan sekelompok temannya.

Yakni Tsubasa Hanekawa, orang paling jenius di grup Shinobu Oshino, vampir pecinta donat Suruga Kanbaru yang atletis Mayoi Hachikuji yang suka menggigit stalker dari Koyomi, Nadeko Sengoku dan Hitagu Senjogahara, gadis cantik berkepribadian tsundere.

Monogatari Series: Second Season bercerita tentang orang-orang tersebut dan kesulitan mereka melawan kegelapan yang dengan cepat menghampiri. Semester baru telah dimulai namun Araragi justru menghilang dan digantikan dengan macan. Apa yang terjadi?

Jumlah Episode: 26

Rating: 9/10

8. Anime Grafis Terbaik “Kizumonogatari Part 3: Reiketsu”

Kizumonogatari III

Koyomi dan Meme akhirnya berhasil mengembalikan Kiss-shot ke bentuk semula. Koyomi berharap Kiss-shot merubah ia kembali menjadi manusia.  Koyomi juga sudah mengalahkan ketiga pemburu vampir yang mengambil anggota badan Kiss-shot.

Tapi, ada satu hal yang mengganjal di hati Araragi. Jika vampir bau kencur seperti dirinya saja bisa mengalahkan para pemburu vampir tersebut, bagaimana mereka bisa mengalahkan Kiss-shot? Apakah ia bisa mempercayainya?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

7. Anime Grafis Terbaik “One Punch Man”

one punch man

Setelah latihan dengan keras selama tiga tahun, Saitama berhasil mendapatkan kekuatan luar biasa yang membuatnya bisa menghancurkan siapapun dan apapun hanya dengan satu pukulan saja.

Saitama ingin menggunakan kekuatannya untuk kebaikan, maka dari itu ia menjadi pahlawan. Namun, dengan cepat ia langsung bosan karena semua monster ia kalahkan cukup dengan satu pukulan saja. Ia ingin ada yang bisa membuatnya kesulitan dan bertarung dengan serius.

Anime ini punya kualitas grafis yang sama luar biasanya dengan di manga (yang digambar oleh Murata Sensei). Adegan pertarungan serta para karakter digambarkan penuh dengan kualitas tinggi yang memanjakan mata.

Jumlah Episode: 12

Rating: 9/10

6. Anime Grafis Terbaik “Made in Abyss”

Made in Abyss

Made in Abyss bercerita tentang adanya suatu lubang besar di bumi dan di dalam lubang tersebut terdapat 7 lapisan berbeda. Lubang ini sendiri belum diketahui asal muasalnya kenapa bisa terbentuk karena di dalamnya ada makhluk-makhluk buas serta benda-benda relik yang unik.

Semakin dalam seseorang ke dalam lubang tersebut, maka semakin berbahaya dan orang tersebut akan mengalami gejala-gejala tertentu. Namun, tetap saja banyak orang yang ingin pergi ke sana. Orang-orang inilah yang disebut dengan Cave Raider.

Tak hanya bagus dari sisi grafis, namun Made in Abyss juga mengusung gaya animasi yang unik dan berbeda dari anime kebanyakan, terutama dari desain karakter-karakternya. Namun, jika berbicara dengan permainan warna dan detail, Made in Abyss adalah salah satu yang terbaik.

Jumlah Episode: 13

Rating: 9/10

5. Anime Grafis Terbaik “Spirited Away”

Spirited Away

Anime buatan Studio Ghibli memang terkenal dengan kualitas animasinya yang luar biasa unik dan detail. Salah satu yang terbaik adalah Spirited Away, anime pertama yang berhasil menyabet penghargaan Oscar.

Bercerita tentang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang tersesat ke dunia para arwah bersama kedua orang tuanya. Ia bernasib lebih beruntung daripada kedua orang tuanya yang dirubah menjadi babi.

Chihiro yang sekarang sendirian, harus berani dan mencari cara agar bisa keluar dari dunia para arwah ini dan mengembalikan kedua orang tuanya ke bentuk semula. Mampukah Chihiro melakukannya?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

4. Anime Grafis Terbaik “Owarimonogatari 2nd Season”

Owarimonogatari 2nd Season

Setelah bertemu dengan ahli hal-hal aneh Izuko Gaen, murid kelas 3 SMA Koyomi Araragi terbangun di suatu tempat yang aneh dan disambut oleh seseorang dengan wajah yang familiar, namun di tempat yang ia sendiri tak tahu.

Dibantu oleh pacarnya, Hitagi Senjougahara, Araragi melewati berbagai jaring-jaring kenangan masa lalu dan masa sekarang untuk mencari jawaban. Namun, takdir sekali lagi mempertemukannya dengan Ougi Oshino yang memberikan sesuatu yang akan menggoncang keyakinan Araragi itu sendiri.

Jumlah Episode: 7

Rating: 9,5/10

3. Anime Grafis Terbaik “Koe no Katachi”

Koe no Katachi

Bercerita tentang Shoya Ishida, mantan bocah nakal yang suka membully Shoko Nishimiya–teman sekelasnya yang tuli. Saat Nishimiya pindah sekolah, semua teman dan guru Shoya melawannya, membuat ia terisolasi hingga SMA dan ia tak punya teman sama sekali.

Tak punya rencana untuk masa depan, Shoya bahkan berpikir untuk bunuh diri, sampai akhirnya ia bertemu lagi dengan Nishimiya, yang masih saja kesepian gara-gara sifat pemalunya.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

2. Anime Grafis Terbaik “Kimi no na Wa”

kimi no na wa

Dikenal dengan nama lain yakni Your Name, Kimi no nawa adalah karya terbaik dari Makoto Shinkai yang sudah beberapa kali penulis sebutkan di artikel kali ini. Dirilis pada tahun 2016 lalu, anime ini berhasil menghipnotis banyak orang di dunia karena selain kualitas grafisnya, anime ini juga punya cerita yang unik.

Bercerita tentang Mitshua Miyamizu, sorang gadis SMA yang tinggal di pedalaman desa. Ia sudah bosan dan ingin hidup di perkotaan. Suatu hari, ia terbangun sebagai seorang laki-laki bernama Taki yang tinggal di Tokyo. Wah, apa yang terjadi?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

1. Anime Grafis Terbaik “Fullmetal Alchemist Brotherhood”

fullmetal achemist

Di tengah keputuasannya, Edward Elric mendapatkan tawaran untuk menjadi Alchemist Negara, ia menerima hal tersebut karena ingin mencari cara untuk mengembalikan lagi anggota tubuhnya dan adiknya, Alphonse Elric.

Bersama dengan Alphonse, dimulailah petualangan Edward dalam mencari Philosopher’s Stone. Namun ternyata, petualangan mereka tak hanya penuh bahaya, namun juga penuh konspirasi gelap yang melibatkan para petinggi negara.

Jumlah Episode: 64

Rating: 10/10

Itulah dia 30 anime dengan grafis terbaik yang ada di pasaran saat ini. Jika kamu punya pendapat lain atau ada anime yang seharusnya masuk di daftar ini, tulis saja di kolom komentar, ya! Selamat menonton dan siap-siap matamu termanjakan dengan kualitas grafisnya.