insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Anime Detektif Terbaik

Sudah lama orang-orang menyukai kisah misteri. Dimulai dari novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle yang dianggap sebagai salah satu fiksi misteri terbaik sepanjang masa dan sampai sekarang sudah banyak penulis-penulis lain yang mengikuti jejaknya untuk membuat fiksi misteri.

Tak hanya dunia pernovelan atau film saja, tapi karakter jenius bak Sherlock Holmes juga menginspirasi beberapa karakter dalam dunia anime.

Dari anime yang membuatmu terus saja menebak-nebak siapa tersangka sesungguhnya hingga perang urat syaraf antara detektif dan kriminal.

Lalu, apa saja anime detective terbaik yang bisa kamu tonton? Berikut penulis berikan daftar rekomendasi anime detektif terbaik beserta ratingnya, dijamin kamu pasti tak akan bisa tidur nyenyak kalau belum selesai menonton semua episodenya. Check this out!

40. Anime Detektif “Kaiketsu Jouki Tanteidan”

Kaiketsu Jouki Tanteidan

Berlatar Steam City atau Kota Uap, sebuah kota mirim London di mana kota dijalankan dengan batu bara dan kekuatan uap. Dikarenakan uap tersebut, maka seringkali kota akan ditutupi oleh kabut.

Situasi tersebut sering dimanfaatkan oleh para penjahat untuk bersembunyi dan melakukan rencana jahat mereka. Hanya beberapa orang saja yang punya nyali untuk masuk ke dalam kabut tersebut.

Orang-orang itu disebut sebagai Steam Detective, yakni Narutaki dengan senjata andalannya pistol serbaguna, asistennya Lingling dan robot Megamaton Gohliki.

Jumlah Episode: 26

Rating: 7/10

39. Anime Detektif “Tokyo Babylon”

Tokyo Babylon

Subaru Sumeragi adalah kepala klan ke-13 dari Klan Sumeragi dan onmyouji terkuat. Subaru disewa untuk mensucikan tempat konstruksi tapi orang yang menyewanya tiba-tiba saja meninggal secara misterius.

Satu-satunya tersangka adalah seorang laki-laki yang terus-terusan menghindar di situasi di mana ia seharusnya mati. Subaru lalu bertemu dengan seorang wanita yang mengutuknya, berkata bahwa ia membunuh saudara wanita tersebut.

Subaru harus mencari tahu kenapa orang itu bisa mati dan melawan roh-roh jahat yang melindungi orang tersebut. Dibantu oleh saudari kembarnya, Seishirou dan Hokuto Sumeragi.

Jumlah Episode: 2 (OVA)

Rating: 7/10

38. Anime Detektif “Futakoi Alternative”

Futakoi Alternative

Kantor Detektif Futaba dijalankan oleh Rentarou yang melanjutkan bisnis keluarganya setelah kematian ayahnya 3 minggu yang lalu.

Bersama dengan Sara dan Souju, asisten kembar yang tinggal bersamanya. Ia justru terlibat konflik dengan Yakuza. Apa yang akan dilakukan oleh Rentarou?

Jumlah Episode: 13

Rating: 7/10

37. Anime Detektif “Double Decker! Doug & Kirill”

Double Decker Doug Kirill

Berlatar di kota Lisvalletta. Dua matahari bersinar di atas kota ini dan orang-orangnya hidup dengan damai. Namun, di kegelapan banyak sekali kasus kejahatan dan transaksi narkoba. Diantara narkoba tersebut ada yang benar-benar berbahaya bernama Anthem.

SEVEN-O Special Crime Investigarion Unit bertugas untuk mencari tahu tentang Anthem. Unit ini bergerak dalam dua orang yang dinamakan sebagai “Double Decker System.” Doug Billingham adalah detektif kawakan dan Kirill Vrubel adalah orang dengan kemampuan yang misterius.

Jumlah Episode: 13s

Rating: 7/10

36. Anime Detektif “Tantei Opera Milky Holmes”

Tantei Opera Milky Holmes

Sheryl, Nero, Elly dan Cordelia adalah murid paling terkenal di Holmes Detective Academy, karena banyak kasus yang mereka pecahkan dengan mainan dan kerjasama mereka.

Para murid dan orang-orang di Detective City Yokohama semua takjub kepada anggota dari “Milky Holmes”, panggilan mereka.

Tapi, di kegelapan malam, saat pertempuran melawan rivalnya, “The Gentlemen Thief Empire” mereka kehilangan mainannya dan takdir mereka berubah secara dramatis.

Jumlah Episode: 12

Rating: 7/10

35. Anime Detektif “Night Walker: Mayonaka no Tantei”

Night Walker 1

Tak hanya sebagai detektif swasta, tapi Shido Tatsuhiko ternyata juga merupakan seorang vampire tanpa ingatan masa lalu sama sekali.

Ia dibantu oleh Yayoi Matsunaga, agen pemerintah, lalu Riho Yamazaki, gadis yatim yang bekerja kepadanya, dan Guni, Shido harus berhadapan dengan makhluk jahat bernama Nightbreed. Dan sementara itu, Cain, vampire yang membuatnya seperti sekarang, sedang memburunya.

Jumlah Episode: 12

Rating: 7/10

34. Anime Detektif “Cat’s Eye”

Cats Eye

Tiga Kisugi bersaudara–Rui, Hitomi dan Ai–saat pagi/siang hari menjalankan cafe kecil bernama “Cat’s Eye.”

Untuk menemukan keberadaan ayah mereka, artis Michael Heintz, yang tiba-tiba menghilang, Hitomi dan saudarinya mencuri galeri seni sebagai pencuri cerdik dan misterius “Cat’s Eyes” berharap agar karya ayahnya bisa untuk menemukannya.

Masalahnya adalah Hitomi mempunyai hubungan dengan Toshi, seorang detektif yang bersumpah akan menangkap “Cat’s Eyes”–dan tentu saja ia tak tahu sama sekali tentang kehidupan ganda Hitomi.

Jumlah Episode: 73

Rating: 7/10

33. Anime Detektif “Kaze no Youjinbou”

Kaze no Youjinbou

Dalam pencarian Araki Genzo, George Kodama pergi ke kota kecil Kimujuku. George dengan cepat menyadai bahwa ia tak diterima di sana dan diperintahkan untuk pergi secepatnya.

Dengan dua geng rival berkeliaran di jalan dan masa lalu yang gelap, kota Kimujuku menyimpan rahasia besar. George menantang kota Kimujuku dengan tujuan utnuk mengungkap masa lalu kota tersebut dan menemukan kebenarannya.

Jumlah Episode: 25

Rating: 7/10

32. Anime Detektif “Tokyo Ghoul:re”

Tokyo Ghoul re

Dua tahun telah berlalu sejak serangan CCG ke Anteiku. Walaupun suasana kota Tokyo telah berubah secara drastis karena pengaruh CCG, ghoul masih tetap saja memberikan masalah karena mereka lebih berhati-hati, terutama organisasi teroris Aogiri Tree yang menganggap CCG sebagai musuh.

Pembuatan tim khusus bernama Quinx Squad, mungkin bisa membantu CCG dengan masalahnya dengan para ghoul. Sebagai manusia yang telah melakukan operasi agar bisa menggunakan kekuatan khusus dari ghouk, mereka terlibat dalam misi untuk membasmi para ghoul.

Pimpinan tim ini adalah Haise Sasaki, setengah ghoul, setengah manusia yang telah dilatih oleh detektif terkenal Kishou Arima. Tapi, ternyata ada rahasia darinya yang perlahan muncul ke permukaan.

Jumlah Episode: 12

Rating: 7/10

31. Anime Detektif “Mouryou no Hako”

Mouryou no Hako

Anime Mouryou no Hako bercerita tentang rentetan pembunuhan mengerikan dari siswi-siswi yang telah dipotong-potong tubuhnya dan dimasukkan ke dalam kardus.

Detektif swasta yang disewa oleh ibu dari salah seorang siswi tersebut, bergabung dengan pasukan penjual buku antik dan lainya untuk mencari kebenaran dibalik pembunuhan berantai ini.

Jumlah Episode: 13

Rating: 7/10

30. Anime Detektif “Spiral: Suiri no Kizuna”

Spiral

Kakak dari Ayumu Narumi, Kiyotaka, adalah detektif terkenal dan seorang pemain piano, tiba-tiba saja menghilang. Satunya-satunya petunjuk yang Narumi miliki adalah Blade Children.

Dua tahun kemudian, pembunuhan berantai dan berbabagai insiden terjadi, berhubungan dengan Blade Children. Bersama dengan jurnalis sekolah, Hiyono Yuizaki, Narumi mencoba untuk mencari tahu takdir mereka.

Jumlah Episode: 25

Rating: 7/10

29. Anime Detektif “Petshop of Horrors”

Petshop of Horrors 1

Count D adalah pemilik dari toko hewan unik di kawasan Chinatown. Ia menjual hewan peliharan yang langka dan eksotis untuk ornag-orang yang memang ingin sesuatu yang spesial. Tapi, setiap pembelian terdapat suatu kontrak.

Jika aturan dari kontrak itu diikuti, maka semuanya akan berjalan baik-baik saja, tapi jika seseorang melanggar aturan di kontrak tersebut, maka pemilik toko hewan tak bisa bertanggung jawab atas hal buruk yang akan terjadi.

Leon Orcot, seorang detektif pembunuhan, telah menyatukan beberapa kasus pembunuhan aneh dan tak bisa dijelaskan menjadi satu, ternyata mereka semua adalah pembeli dari toko hewan Count D dan ia ingin mencari tahu kenapa.

Jumlah Episode: 4

Rating: 7/10

28. Anime Detektif “Matantei Loki Ragnarok”

Matantei Loki Ragnarok

Loki, dewa kenakalan dari mitologi Norse, telah diasingkan ke dunia manusia karena lawakan buruknya. Selain diasingkan, ia juga dipaksa untuk berubah menjadi anak kecil.

Ia diberitahu bahwa satu-satunya cara untuknya kembali ke dunia para dewa adalah jika ia bisa mengumpulkan aura jahat yang mengambil alih hati manusia dan untuk melakukannya maka ia menjadi detektif swasta.

Tak lama  kemudian, seorang gadis pecinta misteri bernama Mayura bergabung dengannya. Namun, kemudian dewa-dewa Norse lainnya mulai muncul dan kebanyakan dari mereka ingin membunuh Loki akrena suatu alasan yang tak jelas.

Jumlah Episode: 26

Rating: 7/10

27. Anime Detektif “Top Secret: The Revelation”

Top Secret

Metode baru yang barusan ditemukan membuat orang-orang bisa melihat kenangan dari orang mati. Hal ini digunakan untuk memecahkan kasus pembunuhan yang sulit.

Tapi, apakah itu memang perlu? Bagaimana dengan privasi orang yang mati saat orang-orang asing melihat-lihat kenangan pribadinya?

Bagaimana dengan efek yang harus ditanggung oleh orang-orang yang diharuskan melihat pembunuhan dan merasakan perasaaan dan emosi dari para pembunuh ini saat mereka menguliti dan memotong-motong korbannya?

Jumlah Episode: 26

Rating: 7/10

26. Anime Detektif “Cuticle Tantei Inaba”

Cuticle Tantei Inaba

Di dunia dimana setengah manusia, setengah binatang hidup dan bekerja di antara manusia normal, tentu saja ada orang-orang jahat di dalamnya. Sayangnya, kejahatan yang dilakukan makhluk setenga manusia terdapat petunjuk yang membuat polisi kebingungan.

Untungnya, ada detektif swasta seperti Hiroshi Inaba. Ia adalah setengah serigala dan punya kemampuan luar biasa untuk menemukan informasi penting hanya dengan merasakan rambut seseorang!

Jumlah Episode: 12

Rating: 7/10

25. Anime Detektif “Shinrei Tantei Yakumo”

Shinrei Tantei Yakumo 1

Tahun kedua di sekolah bagi Haruka Ozawa menjadi benar-benar mengerikan. Salah satu temannya kerasukan, lalu yang lainnya bunuh diri dan ia menganggap bahwa ia yang akan selanjutnya menyusul mereka.

Satu-satunya cara ia bisa keluar dari kekacauan ini adalah Yakumo Saito, siswa misterius yang terlahir dengan mata merah misterius yang membuatnya bisa berkomunikasi dengan orang mati.

Berkat Yakumo, Haruka menemukan beberapa rahasia mengerikan. Mampukah pasangan aneh detektif supranatural ini memecahkan kasus super susah atau mereka malah menjadi korban selanjutnya?

Jumlah Episode: 13

Rating: 7,5/10

24. Anime Detektif “Meitantei Holmes”

Meitantei Holmes

Terinspirasi dari seri Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Hound merubah semua karakter klasik cerita tersebut menjadi anjing.

Si anjing Sherlock Holmes, asistennya Watson dan pembantunya Mrs. Hudson bekerja sama untuk memecahkan misteri. Tersangkanya biasanya adalah Professor Moriarty dan gengnya, yang menggunakan segala macam cara aneh untuk mencuri apapun yang mereka inginkan.

Jumlah Episode: 26

Rating: 7,5/10

23. Anime Detektif “Shuangsheng Lingtan”

Shuangsheng Lingtan

Detektif kembar Xiaoitu dan Xiaohu membuka bisnis yang berurusan khusus dengan hal-hal berbau supranatural. Namun, saat mereka menyelidiki kasus yang terlihat sebagai kasus supranatural biasa, beberapa hal aneh terjadi.

Pada akhirnya, Xiaotu dan Xiaohu harus menghadapi kesulitan demi kesulitan dengan perlahan agar bisa lebih dekat dengan kebenaran yang sesungguhnya.

Jumlah Episode: 20 (ONA)

Rating: 7,5/10

22. Anime Detektif “Karakurizoushi Ayatsuri Sakon”

Karakurizoushi Ayatsuri Sakon 1

Sakon Tachibana adalah seorang dalang bonek berambut gelap, dengan boneka favorit Ukon yang juga menjadi sahabatnya. Sakon adalah cucu satu-satunya dari Saemon Tachibana, pembuat boneka Bunraku paling terkenal di Jepang.

Ukon sendiri adalah boneka anak-anak yang dibuat pada awal era Meiji oleh pembuat boneka wanita Unosuke. Bersama-sama, mereka memecahkan berbagai kasus pembunuhan.

Jumlah Episode: 26

Rating: 7,5/10

21. Anime Detektif “UN-GO”

UN GO

Di masa depan, detektif Shinjuurou Yuuki atau dikenal juga dengan Detektif Kalahan–memecahkan berbagai kasus misteri di seluruh Tokyo.

Dibantu oleh rekan anehnya Inga, insting dan kemampuan Shinjuurou dalam memecahkan kasus, terutama kasus pembunuhan, membuat banyak misteri terpecahkan dan tersangkanya ditangkap.

Namun, rekannya seperti punya maksud lain, maksud yang lebih jahat untuk orang-orang yang mereka tangkap dan kebenaran tentang identitas sebenarnya dari sang asisten dan tujuannya masih menjadi rahasia.

Jumlah Episode: 11

Rating: 7,5/10

20. Anime Detektif “Hakata Tonkotsu Ramens”

Hakata Tonkotsu Ramens

Walaupun kota Fukuoka mungkin tak terlihat damai, tapi sebenarnya di sana terdapat beberapa orang pembunuh, detektif dan pendendam.

Diantara mereka adalah Zanji Banba, seorang detektif dengan sifat santai yang sedang menyelidiki perusahaan para pembunuh bayaran di sana, salah satu pembunuh bayaran itu adalah  Xianming Lin.

Suatu hari, setelah salah satu dari target Lin bunuh diri sebelum salah seorang ia berhasil membunuhnya, maka dari itu Lin tak dibayar. Frustasi, Lin meminta misi lain dan diberikan tugas untuk membunuh Banba–yang mereka percayai menganggu bisnis mereka.

Namun, saat Banba tiba di rumahnya dan bertemu dengan Lin, Lin tak melakukan apapun. Justru Lin menawarkan sang detektif pilihan lain: bergabung dengannya dan menjadi tim. Apakah Banba akan menerimanya? Apa yang sebenarnya sedang direncankan Lin?

Jumlah Episode: 12

Rating: 7,5/10

19. Anime Detektif “Kamisama no Memochou”

Kamisama no Memochou

Narumi Fujishima bukanlah siswa SMA biasa. Ia tak pernah bisa menyatu dan semakin hari semakin dijauhi oleh teman-teman sekelasnya.

Tapi, ia tak sendiri dan saat Ayaka, anggota satu-satunya dari Gardening Club mengenalkannya kepada gadis yang tinggal di atas warung ramen, Narumi menemukan dunia yang berbeda.

Alice adalah seorang NEET, ia tak bekerja, tak sekolah atau tak punya pelatihan, namun Narumi akhirnya mengetahui bahwa bukan berarti Alice tak melakukan apapun sepanjang hari.

Di antara mengurusi boneka-boneka beruangnya, Alice adalah hacker berpengalaman dan detektif swasta yang sangat ekslusif. Narumi terkejut saat ia mengetahui bahwa dia dimasukkan Alice ke dalam tim khusus yang akan melawan geng, mencuri, pembunuh dan gembong narkoba.

Jumlah Episode: 12

Rating: 7,5/10

18. Anime Detektif “Kaitou Saint Tail”

Kaitou Saint Tail

Gadis berusia 14 tahun Meimi Hanoka adalah gadis normal di siang hari, namun saat malam tiba, ia punya identitas rahasia lain, yaitu sebagai Saint Tail–Robin Hood modern yang mencuri dari para pencuri dan memberikan hasil curiannya tersebut kembali ke pemiliknya.

Hanoka dibantu oleh temannya, Seira Mimori, seorang perawat muda dan ia dikejar-kejar oleh teman sekelasnya, Daiki Asuka atau biasa juga dipanggil Asuka Jr.

Jumlah Episode: 43

Rating: 7,5/10

17. Anime Detektif “Layton Kyouju to Eien no Utahime”

Layton Kyouju to Eien no Utahime

Professor Hershel Layton–arkeologis terkenal, pemecah misteri dan seorang lelaki sejati yang luar biasa–beserta murid mudanya Luke Triton menerima surat misterius dari mantan muridnya Janice Quatlane yang berisi tiket ke pertunjukan opera di Crown Petone.

Mereka lalu mengetahui bahwa opera itu bukanlah opera biasa, melainkan sebuah permainan licik untuk Fountain of Youth–yang bisa memberikan hidup abadi. Namun, ini hanyalah bagian kecil dari misteri besar yang mereka berdua harus pecahkan.

Walaupun harus menghadapi misteri yang sulit dan kompetisi yang keras, Professor Layton dan asisten kepercayaannya tak pernah lupa untuk menjadi seorang lelaki sejati… dan lelaki sejati tak pernah membiarkan misteri begitu saja.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 7,5/10

16. Anime Detektif “Majin Tantei Nougami Neuro”

Majin Tantei Nougami Neuro

Yoko Katsuragi adalah siswi SMA yang juga terkenal sebagai detektif karena walaupun usianya masih muda, tapi ia sudah memecahkan banyak kasus. Bahkan, sepertinya tak ada kasus yang tak bisa ia pecahkan.

Tapi, dibalik itu semua, ternyata kasus-kasus tersebut dipecahkan oleh asistennya, Neuro Nougami.

Namun, untuk menyebut Neuro sebagai orang biasa itu tak benar. Sebenarnya, ia adalah iblis, yang datang ke dunia manusia untuk mencari misteri yang benar-benar susah, karena ia sudah berhasil memecahkan semua misteri di dunia iblis sana.

Majin Tantei Nougami Neuro adalah anime yang bercerita tentang dua pasangan aneh tersebut memecahkan misteri satu persatu untuk memenuhi hasrat Neuro yang tak ada habisnya, serta untuk mencari kebenaran dari kematian ayah Yako.

Jumlah Episode: 25

Rating: 7,5/10

15. Anime Detektif “Master Keaton”

Master Keaton

Taichi Keaton-Hiraga, adalah pria keturunan Jepang dan Inggris. Mantan agen SAS dengan kemampuan hebat di taktik militer dan arkeologi.

Keaton adalah single father dengan pekerjaan sampingan sebagai guru sejarah dunia di Jepang. Namun, saat masalah internasional tertentu muncul, ia dipanggil oleh Lloyd di London sebagai detektif spesial.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8/10

14. Anime Detektif “Lupin III”

Lupin III

Arsene Lupin III adalah cucu dari pencuri terkenal dunia Arsene Lupin dan ia mengikuti jejak dari kakeknya sebagai pencuri yang terkenal di seluruh dunia.

Karena kepopulerannya tersebut, Lupin III mengundang perhatian dari Inspektor Zenigata dari ICPO, dan juga rival penjahatnya yang lain.

Tindakan kriminal Lupin III berefek kepada kehidupan asmaranya. Wanita utama dalam hidup Lupin III adalah wanita liar terkenal Fujiko Mine–yang Lupin III tak tahu apakah ia membantunya atau melawannya.

Jumlah Episode: 23

Rating: 8/10

13. Anime Detektif “Bungo Stray Dogs”

Bungo Stray Dogs

Selama berminggu-minggu, panti asuhan Atsushi Nakajima diganggu oleh macan mistis yang hanya dia saja yang bisa melihatnya. Dicurigai sebagai dalang dari berbagai kejadian aneh, pemuda berumur 18 tahun ini diusir dari panti asuhan tersebut, membuatnya menjadi gelandangan di kota.

Saat sedang kelaparan di pinggiran sungai, Atsushi menyelamatkan seorang laki-laki nyentrik yang tenggalam bernama Osamu Dazai. Ia adalah detektif supranatural yang juda sedang menyelidiki macan yang sama dengan yang dilihat oleh Atsushi.

Bersama dengan rekan Dazai, Doppo Kunikida, mereka memecahkan misteri tersebut tapi banyak hal terjadi.

Atsushi terpaksa bergabung dengan kantor mereka sebagai detektif supranatural dan memecahkan kasus-kasus aneh bersama rekan-rekan barunya kasus-kasus yang polisi tak bisa pecahkan.

Jumlah Episode: 12

Rating: 8/10

12. Anime Detektif “Ghost Hunt”

Ghost Hunt 1

Saat berada di sekolah, Taniyama Mai dan teman-temannya suka bertukar cerita tentang hantu. Ternyata, ada sebuah bangunan tak berpenghuni di lingkungan sekolah mereka yang menjadi pusat cerita hantu.

Hal tersebut membuat kepala sekolah meminta kepada Shibuya Kazuya, seorang detektif supranatural pemburu hantu untuk menyelidiki cerita-cerita di gedung tersebut.

Dikarenakan suatu insiden, Mai terpaksa harus menjadi asisten Shibuya. Di sinilah, Mai mulai mengerti tentang bagaimana dunai mistis dan pekerjaan sebagai pemburu hantu.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8/10

11. Anime Detektif “Tantei Gakuen Q”

Tantei Gakuen Q

Kyuu adalah pemuda normal yang punya kemampuan logis dan penalaran yang bagus.

Ia ingin menjadi detektif suatu saat nanti dan ia menemukan tentang eksistensi dari sekolah detektif Dan Detective School (DDS); sekolah terkenal yang mengijinkan para siswanya memabawa senjata.

Sekolah detektif terkenal tersebut dibangun oleh detektif paling terkenal di Jepang, yaitu Morihiko Dan.

Bersama dengan Megu–gadis dengan photographic memory, ahli bela diri Kinta, dan programmer jenius Kazuma serta Ryuu yang misterius, Kyuu memecahkan berbagai kejahatan dan selalu mencari kebenaran dibaliknya.

Mereka akhirnya juga harus bekerja melawan Pluto, sebuah organisasi misterius yang membuat berbagai misteri sempurna yang hanya bisa dipecahkan oleh detektif-detektif tertentu saja. Mampukah mereka melakukannya?

Jumlah Episode: 45

Rating: 8/10

10. Anime Detektif “Zankyou no Terror”

Zankyou no Terror

Tulisan “VON” dalam cat merah adalah satu-satunya yang tersisa setelah serangan teroris di salah satu fasilitas nuklir di Jepang. Pemerintah sangat terpukul karena tak bisa melakukan apapun dan kepolisian sibuk mencari siapa dalang di balik semua ini.

Orang-orang tak tahu apa-apa–hingga enam bulan kemudian, sebuah video muncul di internet. Di dalamnya, dua orang remaja laki-laki yang menyebut diri mereka sebagai “Sphinx” menantang kepolisisan, mengancam akan melakukan kehancuran dan keributan di Tokyo.

Kepanikan massa dengan cepat menyebar ke seluruh kota dan polisi sudah putus asa untuk mencari petunjuk dalam penyelidikan mereka dan detektif Kanjirou Shibazaki tak sengaja terseret ke kekacauan ini. Mampukah ia keluar dari situasi ini dan menemukan tersangkanya?

Jumlah Episode: 11

Rating: 8,5/10

9. Anime Detektif “Kindaichi Shounen no Jikenbo”

Kindaichi Shounen no Jikenbo

Kindaichi mungkin dari luar terlihat seperti orang bodoh, tapi dia adalah detektif paling pintar yang pernah kamu temukan.Dia menyelesaikan banyak sekali misteri bersama dengan teman baiknya, Miyuki.

Mereka berkeliling ke berbagai tempat di mana terjadi pembunuhan, dan seringnya kasus tersebut juga melibatkan hantu, kutukan, mistis dan cerita rakyat dari jaman dahulu.

Kindaichi berjanji akan menyelesaikan misteri-misteri tersebut atas nama kakeknya, yang juga merupakan detektif hebat.

Anime ini merupakan saingan dari Detektif Conan karena karakter utama yang hampir mirip, yaitu sama-sama remaja jenius yang menyelesaikan kasus-kasus sulit. Jika kamu suka Detektif Conan, dijamin juga akan jatuh cinta dengan anime ini.

Jumlah Episode: 148

Rating: 8,5/10

8. Anime Detektif “Hyouka”

Hyouka

Houtarou Oreki adalah siswa SMA yang tak suka berbuat aneh-aneh dan memilih untuk menghemat tenaganya. Ia bergabung dengan Classics Club karena permintaan kakaknya yang punya sejarah panjang dengan klub itu–tanpa ia ketahui, kehidupannya santainya akan terganggu mulai sekarang.

Oreki terpaksa untuk menyelidiki tentang misteri berumur 45 tahun tentang ruangan klub tersebut, bersama dengan teman-teman klubnya, Satoshi Fukube yang berpengetahuan luas, Mayaka Ibara yang kaku dan si penasaran Eru Chitanda.

Oreki harus bisa melakukannya dengan informasi yang sedikit sekali, ia harus mengandalkan bakat terpendamnya agar tak hanya menemukan kebenaran dibalik misteri tua tersebut, tapi juga misteri-misteri kecil yang ditemukannya.

Berdasarkan novel best seller Koten-bu, anime Hyouka menunjukkan bahwa kehidupan biasa pun juga bisa penuh dengan misteri-misteri kecil, entah itu sejarah keluarga, film buatan siswa, atau bahkan bunga layu yang ada hubungannya dengan hantu.

Jumlah Episode: 22

Rating: 8,5/10

7. Anime Detektif “Gosick”

Gosick

Kazuya Kujou adalah siswa dari luar negeri di Saint Marguerite Academy–sekolah mewah di Eropa Selatan, tepatnya di Negara Sauville. Berasal dari Jepang, rambut hitamnya dan mata cokelatnya membuat teman-teman sekelasnya menjauhinya dan memberikannya sebutan “Black Reaper.”

Suatu hari, Kujou mengunjungi perpustakaan di sekolah tersebut untuk mencari-cari tentang kisah hantu. Namun, fokusnya langsung berubah karena ia menjadi penasaran tentang sehelai rambut emas di tangga.

Tangga tersebut membawanya ke taman luas dan gadis cantik seperti boneka bernama Victorique de Blois–yang entah kenapa sudah bisa memprediksi pertemuannya dengan Kujou.

Dengan banyaknya misteri yang tiba-tiba muncul–termasuk dengan kemunculan kapal hantu dan seorang alimia dengan kekuatan transmutasi, Victoria dan Kujou, terikat oleh takdir dan kemampuan unik mereka, tak punya pilihan selain harus mengandalkan satu sama lain.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8,5/10

6. Anime Detektif “Boku dake ga Inai Machi (ERASED)”

Boku dake ga Inai Machi

Saat tragedi akan terjadi, Satoru Fujinuma menemukan dirinya kembali beberapa menit sebelum kecelakaan terjadi.

Mangaka berusia 29 tahun tersebut kebingunan dengan kekuatan misteriusnya ini, yang kemudian ia sebut “Revival” dan ia manfaatkan untuk menyelamatkan nyawa orang-orang.

Namun, saat ia dituduh membunuhi seseorang yang dekat dengannya, Satoru kembali ke masa lalu sekali lagi, tapi saat ini di tahun 1988–18 tahun yang lalu.

Tak lama, ia menyadari bahwa kematian tersebut mungkin berhubungan dengan penculikan dan pembunuhan dari salah satu teman sekelasnya–Kayo Hinazuki, saat ia kecil.

Anime ini berfokus kepada Satoru dan misinya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun yang lalu dan mencoba untuk mencegah kematian dari teman sekelasnya yang pendiam dan misterius tersebut–dan di saat yang sama melindungi orang terdekatnya di masa kini.

Jumlah Episode: 12

Rating: 8,5/10

5. Anime Detektif “Psycho-Pass”

Psycho Pass

Keadilan dan penegak hukumnya sudah berubah. Di abad ke-22, Japan memberlakukan Sibyl System, sebuah sistem objektif yang menghitung tingkat ancaman berbahaya dari setiap warga dengan cara melihat kondisi kejiwaannya, apakah ada niat kejahatan–disebut dengan Psycho-Pass.

Para Inspektur memberlakukan hukum ini tanpa ampun, bahkan sering menggunakkan kekerasan kepada semua orang yang punya sekecil apapun niat kejahatan.

Diantara mereka ada yang disebut sebagai Enforcer, yaitu para Inspektur mantan kriminal, yang diberikan kebebasan dengan syarat harus melakukan hal-hal kotor sebagai Inspektur.

Akane Tsunemori adalah wanita muda dengan kejujuran yang tinggi untuk menegakkan keadilan. Namun, ia bekerja satu tim dengan Enforcer berpengalaman Shinya Kougami. Akane lalu mengetahui bahwa hukum Sibyl System tak sesempurna yang ia duga selama ini.

Dengan segala hal yang ia tahu berkebalikan di lapangan, Akane bergulat dengan pertanyaan apa sebenarnya keadilan itu dan apakah ia bisa menegakkannya dengan hukum yang mungkin sudah korup.

Jumlah Episode: 22

Rating: 9/10

4. Anime Detektif “Ghost in the Shell: Stand Alone Complex”

Ghost in the Shell Stand Alone Complex

Di masa depan, umat manusia telah mencapai kondisi yang lebih maju, di mana transplanasi tubuh penuh ke mesin sudah memungkinkan. Hal ini membuat peningkatan drastis di kekuatan fisik dan sibernetika dan mengaburkan batas antara dua dunia.

Namun, para kriminal juga bisa menggunakan teknologi ini secara penuh, membuat kejatan baru dan berbahaya yang berbeda dari sebelumnya.

Maka dari itu, Pemerintah Jepang membuat Section 9, sebuah grup polisi yang independen yang mengurusi dengan masalah kejahatan yang berhubungan dengan sibernetika.

Dipimpin oleh Daisuke Aramaki dan Motoko Kusanagi, Section 9 harus berhadapan dengan kasus-kasus sulit, dimana mereka sering berhasil memecahkannya.

Namun, saat berhadapan dengan hacker papan atas yang disebut sebagai “The Laughing Man”, Section 9 mengalami kesulitan dan bahaya yang tak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Jumlah Episode: 26

Rating: 9,5/10

3. Anime Detektif “Detective Conan”

Detective Conan 1

Ah, anime detektif yang sangat terkenal hingga jika seseorang membicarakan tentang detektif, hal pertama yang muncul di kepala mereka adalah Sherlock Holmes atau Conan Edogawa.

Detective Conan bercerita tentang Shinichi Kudou, seorang detektif berusia 17 tahun yang sangat jenius dalam memecahkan kasus-kasus misteri sulit yang bahkan kepolisian pun tak bisa memecahkannya.

Suatu hari, Shinichi mengikuti dua orang mencurigakan, namun ia ketahuan dan diberikan obat yang diharapkan bisa membunuhnya. Tapi, ia terbangun kembali, namun di dalam tubuh anak berusia 7 tahun.

Shinichi lalu berusaha menyembunyikan identitasnya dari siapapun, termasuk dari teman masa kecilnya Ran Mouri dan ayahnya, seorang detektif swasta bernama Kogorou Mouri.

Shinichi lalu mengenalkan dirinya sebagai Conan Edogawa, terinspirasi dari penulis misteri Sir Arthur Conan Doyle (pencipta Sherlock Holmes) dan Ranpo Edogawa. Ia terus memecahkan kasus-kasus sulit dan berharap bisa mencari tahu kebenaran dibalik obat tersebut.

Jumlah Episode: 928 (saat artikel ini ditulis dan masih bertambah)

Rating: 9,5/10

2. Anime Detektif “Death Note”

Death Note

Shinigami atau Dewa Kematian, bisa membunuh siapapun, asal mereka bisa melihat wajahnya dan menulis nama orang tersebut di sebuah buku bernama Death Note.

Suatu hari, Ryuk, shinigami yang bosan dengan kehidupan shinigami dan tertarik dengan dunia manusia, lalu menjatuhkan Death Note ke sana.

Siswa SMA jenius Light Yagami tak sengaja menemukan Death Note–dan karena ia membenci kondisi dunia– ia lalu mencoba buku mematikan tersebut dengan menulis nama kriminal.

Saat kriminal tersebut mati tiba-tiba, Light benar-benar terkejut dan sadar tentang kekuatan luar biasa yang baru saja ia dapatkan.

Dengan kekuatan dewa ini, Light lalu memutuskan untuk membasmi semua kriminal di dunia dan membangun dunia baru di mana kejahatan tak pernah ada dan orang-orang menyembahnya sebagai Tuhan.

Kepolisian tentu saja sadar ada seorang pembunuh berantai yang menarget para kriminal dan mencoba untuk mencari pelakunya. Untuk mencapai hal tersebut, kepolisian Jepang meminta bantuan kepada detektif terbaik di dunia, yakni L.

Jumlah Episode: 37

Rating: 9,5/10

1. Anime Detektif “Monster”

Monster 2

Yup, ini dia anime yang berhasil merebut tahta nomor satu sebagai anime detektif terbaik di daftar ini. Terkejut? Silahkan menonton anime ini dan penulis yakin, kamu pasti akan setuju.

Monster bercerita tentang Dr. Tenma, seorang ahli bedah syaraf jenius dan terkenal. Suatu hari, ia mengoperasi seorang anak kecil bernama Johan Liebert. Ia lebih memilih mengoperasi anak ini dibandingkan walikota seperti yang diperintahkan.

Hal ini membuat Dr. Tenma dijauhi oleh rekan-rekannya dan kesempatan promosinya menghilang. Namun, tak lama kemudian direktor dari rumah sakit, beserta dua dokter lainnya mati secara misterius.

Dr. Tenma mendapatkan kembali posisinya karena tak ada bukti yang menuju kepadanya. Ia lalu juga berhasil menjadi direktor dari rumah sakit tersebut.

Sembilan tahun kemudian, masa lalu Dr. Tenma kembali menghantuinya. Ia dihadapkan kepada “Monster” yang dulu pernah ia operasi. “Monster” itu sekarang sedang membuat kekacauan di dunia dan Dr. Tenma terpaksa harus menghentikannya.

Jumlah Episode: 74

Rating: 10/10

Itulah daftar animasi detektif yang bisa kamu tonton. Apakah premis cerita dari anime-anime diatas membuatmu tertarik dan penasaran? Apakah kamu ingin menjadi seorang detektif di masa depan?

Oh ya, jangan lupa meninggalkan komentar jika kamu tahu ada anime detektif lain yang pantas masuk di daftar ini. Selamat menonton!

Category:
Anime