Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Daftar Rekomendasi Anime Romance School Terbaik

Anime Romance dan School Terbaik selalu memiliki penggemar, seringnya nonton anime kisah cinta romance terbaik disekolah bisa bikin baper lho.

Sang penulis membuat sebuah plot romance yang berbeda dari cerita aslinya dalam bentuk OVA, bahkan beberapa anime bisa update dalam bentuk anime movie.

Bahkan bisa terjadi kisah cinta guru dan murid di sekolah. Genre anime romance ini juga seolah hadir menjadi refleksi untuk sobat yang sudah atau sedang sekolah.

Plot yang disajikan memiliki keterkaitan dengan apa yang terjadi di dunia nyata seperti kisah remaja yang terjerat cinta romantis di sekolah.

Terkadang anime drama romance school juga memliki lagu opening dan ending yang enak di dengar bahkan beberapa lagu anime merupakan original song (OST) khusus dibuat untuk anime tersebut, agar setiap pesan dapat mengalir ke para penonton.

Mendengar romance dan school, apa yang terlintas di pikiranmu?

Percintaan sedih anak sekolah? atau tentang bagaimana cara survive menghadapi problematika cinta di sekolah? Keduanya seringkali dijadikan premis pada suatu produksi anime.

Lalu, apa saja anime romance school yang harus kamu tonton? Berikut Daftar Rekomendasi Anime Romance School Terbaik yang bisa sobat tonton.

30+ Anime Romance School Terbaik yang Bikin Baperrr!

Jika sobat penasaran dengan Anime Romance School terbaik hingga saat ini, berikut tim Ponselsoak sudah merangkum dalam list dibawah ini.

1. Orange

Orange

Butuh mental kuat untuk menonton rekomendasi anime romantis school ini apalagi jika ceritanya seenggaknya tak asing atau relate dengan kehidupan kamu.

Konsep cerita kuat yang dan cenderung gelap membuat siapapun akan menyemangati tokoh sentralnya.

Orange tak perlu bertele-tele dengan prolog, episode pertamanya sudah cukup dramatis, yakni mengisahkan Naho Takamiya.

Doi mendapatkan surat dari dirinya 10 tahun di masa depan untuk menyelamatkan temannya Kakeru Naruse yang sedang dalam bahaya.

Kemudian cerita berjalan dengan menunjukkan kekelaman seorang Kakeru yang sedikit demi sedikit mulai terbongkar.

Orange membawa pesan yang sangat kuat tentang self-depression dan memperhatikan orang-orang disekitar kita yang mengalami gejala ini.

Dengan alur maju mundur, Orange menghidangkan kualitas anime TV yang setara dengan Animovie.

Selain romance, hubungan persahabatan yang kuat di dalam Orange bisa kamu jadikan inspirasi buat kamu dan teman-temanmu kalau pertemanan itu bukan hanya tentang senang-senang.

Melainkan tentang bagaimana memahami perasaan dan peka terhadap keadaan masing-masing.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 9,5/10

2. Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Hubungan majikan dan anjingnya menjadi cinta? Mungkin kah? Tenang saja, itu hanya metafora belaka.

Ookami Shoujo to Kuro Ouji adalah kesayangan kami terlepas dari skor yang tercantum di My Anime List.

Erika Shinora adalah pembual besar! demi mendapatkan kehidupan SMA idamannya, dengan mulut besarnya ia sesumbar kalau dirinya sudah memiliki pacar dan melalukan hal-hal yang bikin teman-temannya iri.

Hingga kemudian keadaan memaksanya untuk mencari pacar palsu, pertemuannya dengan Kyouya Sata adalah sebuah bencana.

Terjebak pada situasi rumit dan tak ingin kebohongannya terbongkar, Erika merelakan dirinya terikat penjanjian dengan pacar palsunya, Kyouya dengan sarat ia harus bersedia menjadi anjing peliharaannya.

Hal yang bikin kami berani menyebut anime ini sebagai kesayangan adalah kepiawaian kreator dalam pengembangan karakter Erika dan Kyouya.

Mendekati episode akhir, Ookami Shoujo ibarat doktrin yang mencegah kami untuk menunda episodenya. Wajib tonton!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,4/10

3. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki kun

Gak perlu waktu lama buat kamu untuk jatuh cinta sama anime ini.

Konsep kesalahpahaman jadi sajian utama dan satu yang menarik, disini kamu bisa dapet banyak pengetahuan tentang membuat manga.

Jadi, banyak hal yang bisa kamu ambil lewat sini. Chiyo Sakura dengan keberanian yang sudah ia kumpulkan, bermaksud untuk menyatakan perasaannya pada Umetarou Nozaki.

Tapi si Nozaki ini, sayangnya malah menganggap Chiyo cuma nge-fans manganya. Ya, Nozaki adalah seorang mangaka lepas untuk majalah.

Chiyo bahkan diminta untuk menjadi asistennya! Terjebak dalam kesalahpahaman ini, demi mendekatkan diri dengan pujaan hatinya, tentu saja Chiyo tak mampu menolak.

Cerita terus berlanjut dengan menghadirkan karakter-karakter lainnya yang membuat alurnya menjadi semakin hidup.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun adalah tontonan fresh dan paket komplit karena semua elemen didalamnya saling melengkapi satu sama lain.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,2/10

4. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

Berbicara tentang rekomendasi anime romance terbaik satu ini, Shigatsu wa Kimi no Uso dipredikati sebagai salah satu masterpiece pada genre anime romance school.

Serta banyak sekali penggemar dan banyak sekali orang yang ngehype karena kualitas dan endingnya yang…. (kamu tebak sendiri!)

Kousei Arima mendapati diri kehilangan antusiasme menjadi pianis yang pawai sepeninggal ibunya.

Hal ini berlangsung cukup lama sampai suatu hari seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono datang di kehidupannya dan memberinya semangat akan bermusik kembali.

Kami gak akan berbicara lebih lanjut mengenai Shigatsu wa Kimi no Uso, karena kami yakin diluar sana pasti para reviewer akan memasukkan dalam list mereka.

Giliran kamu yang rasakan sendiri betapa dalamnya pesan yang disampaikan anime ini. Saran kami, siapkan pertahanan yang kuat untuk endingnya, ya!

Masih mau nonton anime yang bikin baper, cek dimari juga tong Anime Tersedih Bikin Baper Terbaik, serta Nonton Anime Dengan Jalan Cerita Terbaik.

Jumlah episode: 22

Skor kami: 9/10

5. Kimi ni Todoke

Kimi ni TodokeSetipe dengan Sukitte Ii na yo, Kimi no Todoke hadir dengan kadar romance yang lebih masuk akal tanpa terkesan terlalu jauh berhalusinasi, ini merupakan anime romance school yang cukup kami rekomendasikan.

Cerita berpusat pada Sawako Kuronuma yang dikarenakan penampilannya, ia seringkali disamakan dengan Sadako (hantu jepang).

Hal ini menjadi dinding yang membatasi dirinya untuk bersosialiasi.

Shouta Kazehaya, siswa terpopuler di kelas menjadi orang pertama yang mengajaknya bicara dan inilah awal dari kisah mereka.

Premis sederhana dengan eksekusi yang baik tanpa perlu out of context dari garis cerita membuat Kimi ni Todoke menjadi acuan bahkan tontonan wajib buat siapapun yang baru mencoba anime romance school terbaik.

Penggambaran yang lembut adalah nilai utama Kimi ni Todoke.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 8,8/10

6. Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club

Jika ditanya “anime romance school apa yang langsung terlintas dipikiran?”, tanpa ragu kami pasti menjawab “Ouran Koukou Host Club.”

Tayang pertama kali pada 2006 silam, tak membuat Ouran Koukou Host Club terasa usang.

Hadir sebagai anime yang mengedepankan fanservice dan banyak kehaluan menjadikannya sebagai salah satu maestro pada genre ini.

Bahkan sulit untuk menemukan romance school dengan keintensitasan komedi yang sama.

Haruhi Fujiouka, siswa yang berhasil mendapatkan beasiswa di sekolah khusus kaum elit sayangnya harus ketiban sial. Klik juga rekomendasi Nonton Anime Komedi Action Terbaik.

Tatkala ia secara tak sengaja menjatuhkan guci milik klub sekolah yang merangkap sebagai Host Club dimana para anggotanya adalah A-lister dari sekolah tersebut.

Siapkan diri kamu karena ada banyak banget adegan yang mengocok perut didalamnya. Endingnya adalah poin plus dari Ouran Koukou Host Club. Jangan lupakan juga lagu opening dan closing-nya yang bikin candu!

Jumlah episode: 26

Skor kami: 8.9/10

7. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride

“SMA adalah masa-masa pencarian jati diri dan mencari teman sebanyak-banyaknya demi menjaga eksistensi.”

Begitulah yang dipikirkan oleh Yoshioka Futaba meskipun ia harus memakai topeng setiap harinya. Sampai suatu hari, teman masa kecilnya, Kou Tanaka pindah ke sekolahnya.

Menemukan kembali cinta masa kecilnya, Kou Tanaka hadir 180 derajat berbeda dari sebelumnya dan bersikap dingin terhadap Yoshioka.

Sadarkah ia dengan topeng yang dipakai Yoshioka selama ini? bagaimana kelanjutan kisah keduanya? Ao Haru Ride dibangun dari premis yang cukup menjanjikan.

Disini jangan harap kamu bakal dapat cerita romansa yang agresif karena garis besar ceritanya adalah tentang bagaimana bangkit dari luka masa lalu.

Meski demikian, tokoh Yoshioka digambarkan sebagai tokoh yang penuh keyakinan dan pantang menyerah untuk menyadarkan Kou agar melupakan masa lalunya.

Inilah yang membuat Ao Haru Ride layak kamu tonton kalau kamu tipikal yang gak suka kalau karakter wanita penuh perjuangan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,8/10

8. Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid sama

Bosan dengan tokoh wanita yang digambarkan polos dan lembut? Kamu bisa lihat bagaimana tokoh utama wanita di Kaichou wa Maid-sama! berusaha untuk survive dari masalah yang dihadapinya.

Misaki Ayuzawa, yang dipercaya sebagai ketua OSIS wanita pertama di sekolahnya menaruh perasaan benci dan memagari dirinya dari laki-laki.

Ia berusaha sekuat tenaga untuk merubah stigma bahwa wanita itu lemah dengan menerapkan kedisipilinan dalam mengemban tugasnya.

Disamping berjuang untuk perempuan, Misaki menyimpan suatu rahasia dimana ia bekerja sebagai pelayan berpakaian maid untuk memenuhi kebutuhan keluarganya yang ia anggap sebagai aib terbesarnya.

Sampai suatu hari rahasianya terbongkar oleh Takumi Usui, siswa paling populer di sekolah. Keduanya kemudian terlibat dalam hubungan yang seperti pada umumnya; menimbulkan perasaan cinta.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 8,7/10

9. Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu kun

Shizuku Mizutani memiliki ambisi kuat untuk selalu menjadi peringkat 1 di kelasnya dan selalu menjaga nilainya agar selalu stabil.

Sampai suatu hari salah satu teman sekelasnya, Haru Yoshida, siswa ugal-ugalan yang putus sekolah karena ulahnya datang di kehidupan Shizuku.

Keduanya datang dengan persamaan; tidak dapat bersosialisai dengan baik.

Dimulailah pertemanan mereka yang awalnya biasa saja menjadi sesuatu yang menimbulkan pertanyaan dalam benak Shizuku, “Sebenarnya kita ini apa?”

Tonari no Kaibutsu-kun merupakan tontonan yang mengasyikkan. Kamu bisa lihat bagaimana kocak dan kikuknya mereka karena sama-sama berada dalam status yang belum jelas.

Jangan lupakan banyak hint yang bikin hati meleleh.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,7/10

10. Sukitte Ii Na Yo

Sukitte Ii na yo

Mengerucut ke posisi 10 besar, kami memilih Sukitte Ii na yo sebagai rekomendasi pertama berdasarkan kesederhanaan dan keselaraan tema romance dan school yang mereka bawa.

Sebenarnya ceritanya sangat klise. Tentang (lagi-lagi) tokoh utama wanita yang digambarkan asosial.

Sampai sini sudah kelihatan kan bagaimana klisenya? Selanjutnya kamu bisa tebak polanya seperti apa.

Kegigihan Yamato untuk memenangkan hati Mai patut diacungi jempol. Sukitte Ii na yo hadir dengan kadar romansa yang bisa kami bilang agak berlebihan, terkesan halusinasi, dan lebay.

Tapi tunggu dulu! disinilah kekuatan mereka sehingga ceritanya terus berjalan di alur yang stabil sampai episode final.

Terlebih anime romance ini ditujukan untuk shoujo (sebutan untuk remaja perempuan).

Jadi, sudah pasti banyak adegan di dalamnya yang memang ditujukan untuk memuaskan mereka. Butuh amunisi baper? kamu bisa langsung meluncur kesini.

Mau tahu anime dengan genre shoujo dan shounen lainnya? cek disini Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik dan juga Nonton Anime Shounen Terbaik.

Jumlah episode:12

Skor kami: 8,7/10

11. Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Jangan keburu males dengan judul panjangnya, Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai merupakan rekomendasi anime romance school terbaik yang punya amunisi penuh buat kamu.

Cocok buat yang butuh anime dengan cerita anti-mainstream dan memerlukan logika untuk mencermati setiap konfliknya.

Cerita terdiri dari beberapa masalah yang dialami beberapa tokohnya dimana mereka mendapati diri mereka terjebak dalam situasi aneh yang dinamakan Sindrom Pubertas.

Garis besar utamanya terletak pada si tokoh utama pria, Sakuta Azusagawa.

Fokus utama ceritanya menggambarkan bagaimana Sakuta dan kakak kelasnya, Mai Sakurajima (Bunny Senpai) terlibat dalam upaya pemusnahan sindrom tersebut.

Kemudian cerita bergulir dengan menyeret tokoh lainnya.

Hubungan Sakuta dan Mai terlihat sangat realistis dan cukup relevan dengan apa yang dilakukan pasangan-pasangan di dunia nyata. Pssst… Sakuta agresif sekali lho.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,6/10

12. Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta

Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta

Antara cinta dan cita-cita mana yang akan kamu pilih? Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta bukanlah anime dengan episode berjumlah belasan.

Meskipun cenderung singkat, semua poin yang ada dalam anime bergenre romance school berhasil didemonstrasikan dengan baik.

Cerita berpusat pada Miou Aida dan Haruki Serizawa, dimana keduanya mempunyai minat dan keahlian di bidang seni.

Mendekati kelulusan, keduanya yang sedang dalam masa PDKT dihadapkan pada situasi sulit dimana mereka harus mengorbakan salah satu antara cinta atau cita-cita yang mereka impikan.

Impian yang dicita-citakan sayangnya harus dihantui dengan pengalaman pahit di masa lalu salah satu tokoh. Mampukah mereka mengatasi ini berdua?

Anime ini menyuguhkan cerita yang lembut dengan konflik yang pasti banyak kamu temui di anime manapun.

Agak klise memang tapi berkat karakterisasi yang kuat, Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm layak masuk list kamu.

Jika ingin berharap sebuah anime yang berakhir bahagia maka bisa cek Anime Romance Happy Ending Terbaik dan juga Anime Movie Romance Terbaik serta juga rekomendasi Live Action Anime Romance.

Jumlah episode: 6

Skor kami: 8,5/10

13. 3D Kanojo: Real Friend

3D Kanojo Real GirlAnime school dengan cerita dimana si tokoh utama utama wanita adalah seorang asosial atau korban bullying yang harus diselamatkan mungkin sudah biasa.

3D Kanojo: Real Friend mencoba merubah stigma tersebut dengan menggunakan tokoh pria sebagai penggantinya.

Diceritakan Tsutsui Hikari seorang otaku yang tidak pernah mempercayai cinta di kehidupan nyata dan lebih tertarik pada karakter 2 dimensi.

Dipertemukan dengan Igarashi Iroha, siswi cantik yang perilakunya merefleksikan kebenciannya terhadap wanita di kehidupan nyata.

Anehnya, keduanya kemudian berteman dan kamu pasti tahu bakal kayak apa kelanjutannya, kan?

Hal yang menjadikan anime ini menarik adalah bagaimana si tokoh utama wanita digambarkan sebagai pribadi yang wild, fierce, dan fearless.

Pengeksekusian yang baik untuk karakter wanita di dalam anime.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,4/10

14. Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi san

Pernah gak sih kamu nonton anime romance terbaik yang ceritanya kadang bikin kesel dan gregetan?

Nah, begitulah impresi kami ketika pertama kali menonton Karakai Jouzu no Takagi-san yang kali ini membawa cerita tentang muda mudi siswa SMP.

Ceritanya berfokus pada kedua tokoh yang setiap harinya saling membully satu sama lain.

Lucunya, si tokoh wanita, Takagi selalu berhasil mengelabui si tokoh pria, Nishikata. Asli ini anime gokil dan kocak bikin gregetan haha.

Dimulailah perang dingin antara keduanya yang malangnya selalu berakhir dengan kekalahan Nishikata. Tonton juga Rekomendasi Anime Romance Komedi Terbaik.

Butuh ide buat ngisengin temenmu? Lewat Karaka Jouzu no Takagi-san, kamu pasti bakal nemuin ide-ide menarik. Terima kasih untuk kejeniusan keduanya!

Asupan komedinya kami rasa cukup natural. Keduanya berhasil membangun chemistry kuat yang membuat alurnya selalu berjalan stabil hingga episode final.

Buat kamu yang gak suka romance dengan kadar berlebihan, yuk tonton anime ini!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,4/10

15. Masamune-kun no Revenge

Masamune Kun No Revenge

Benci jadi cinta mungkin terdengar klise tapi percayalah, Masamune-kun no Revenge mengeksekusi hal tersebut dengan ciamik dan sangat menarik bahkan kesan klise tersebut seakan hilang.

Karena animenya sendiri menambahkan elemen-elemen lainnya disamping rasa benci jadi cinta tersebut.

Masamune Makabe yang dulunya mantan korban bullying, membuktikan bahwa dengan tekad kuat ia dapat memutarbalikkan keadaan.

Inilah saat baginya untuk membalaskan dendam kesumatnya terhadap Aki Adagaki, teman masa kecil yang pernah menolak cintanya mentah-mentah.

Berhasilkah? cukup berhasil memang pada awalnya tapi bagaimana jika diantara keduanya tumbuh benih-benih cinta secara tak terduga?

Kamu harus nonton sendiri gimana kocaknya perang benci suka antara Masamune dan Aki yang pastinya sayang buat dilewatkan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,3/10

16. Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamadakun to 7 nin no majo

Mencari rekomendasi anime romance school dengan sedikit bumbu fantasy? jangan ragu untuk menonton ini! anime ini cukup asyik buat memanjakan matamu, guys!

Yamada-kun diambil dari nama tokoh utamanya yang dikisahkan sebagai siswa malas yang tiba-tiba harus berhadapan dengan misteri aneh. Mau tak mau ia harus mencari jawabannya.

Yamada-kun to 7-nin no Majo membawa premis unik tentang bagaimana seseorang bisa berpindah tubuh hanya dengan berciuman.

Fenomena unik dan langka ini tentu bukan tanpa sebab. Untuk lebih jelasnya silahkan meluncur langsung ke animenya.

Ceritanya sangat manis! didukung dengan lagu pembuka yang mewakili bagaimana isi keseluruhan animenya.

Di tiap episodenya kamu akan menemukan karakter-karakter baru yang sayang buat dilewatkan. Fanservice? bisa dibilang.

Tonton juga Rekomendasi Anime Fantasy Romance juga Anime Fantasy Terbaik, buat yang lebih memacu adrenalin ada Anime Adventure Fantasy Terbaik yang bagus dan juga Anime Action Fantasy Terbaik.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,3/10

17. Nisekoi

Nisekoi

Kalau dirasa Koi To Uso kurang kompleks dan kamu pecinta anime yang plotnya muter-muter, silahkan nonton Nisekoi dan selami rumitnya kehidupan cinta para tokohnya.

Nisekoi adalah satu dari beberapa anime di genre ini yang ceritanya seakan sulit untuk menemui titik akhir.

Diawali dengan sang tokoh utama, Raku Ichijou dalam pencariannya untuk menemukan sobat masa kecilnya atau bisa dibilang cinta pertamanya.

Kepada siapa akhirnya hati Raku berlabuh? Cerita berjalan dengan memperkenalkan beberapa karakter wanita yang disinyalir merupakan teman masa kecilnya.

Kita sebagai penonton diajak untuk menebak-nebak siapakah orang tersebut sembari menentukan tokoh mana kah yang paling cocok bersanding dengan Roku.

Nisekoi cukup banyak dibicaran orang-orang bahkan kubu mereka terbagi menjadi beberapa bagian, lho!

Hal yang jadi poin plus dari anime ini adalah kemampuan kreator untuk menciptakan atmosfir yang seakan membuat siapapun yang menontonnya “Ah gila, ini vibenya kok kayak animovie ya?”

Season 1: 20 episode

Season 2: 12 episode

Skor kami: 8,3/10

18. Koi To Uso

Koi To Uso

Apa jadinya jika kehidupan asmaramu Pemerintah yang mengatur?

Diawali oleh prolog ini, Koi To Uso yang seharusnya menjadi kisah simpel nan manis menjadi super kompleks dengan adanya perjodohan yang sudah diatur oleh negara.

Yukari Nejima dihadapkan pada situasi sulit. Haruskah merelakan orang yang sudah sejak dulu dicintainya atau mematuhi perjodohan yang sudah diatur oleh negara?

Terlebih jodohnya ini tak kalah menarik jika dibandingkan dengan cinta pertamanya.

Keadaan semakin membingungkan ketika sahabat dekatnya juga diam-diam menyukainya.

Koi To Uso adalah perjalanan batin yang dipenuhi kebimbangan karena dibatasinya hak untuk mencintai.

Kami gak bisa membayangkan kalau peraturan pemerintah ini benar-benar terjadi di kehidupan nyata

Kepiawaian tokoh wanita cinta pertama Yukari Nejima sungguh memikat, ini salah satu poin plus dari Koi To Uso.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,2/10

19. Kuzu no Honkai

Kuzu no Honkai

Jika judul-judul sebelumnya merefleksikan kehidupan suka cita masa-masa sekolah, Kuzu no Honkai berjalan ke arah berlawanan.

Ya, kamu gak akan menemukan sesuatu yang menyenangkan disini. Anime romance terbaik ini membungkus kisah suram percintaan semasa sekolah sebagai sajian utamanya.

Dikisahkan Hanabi Yasuraoka dan Mugi Awaya sama-sama menyimpan perasaan suka terhadap guru mereka.

Sayangnya, perasaan mereka tak pernah terbalaskan dan hanya memberikan luka belaka, sesakit inikah mencintai? SAD!

Didasari persamaan ini, keduanya memutuskan untuk berpura-pura menjadi sepasang kekasih guna mengobati rasa sakit dan melampiskan hasrat bercinta yang tidak tersalurkan.

Sadar hubungan ini tidak sehat dan hanya menipu diri sendiri saja, apakah ada cara lain untuk mengatasi kesepian mereka?

Dibangun diatas tema eksplisit tersebut, Kuzu no Honkai bukanlah tontonan yang aman untuk semua kalangan.

Saya sarankan berpikirlah matang-matang sebelum menontonnya terlebih jika kamu terbiasa dengan anime romance school bertema lembut.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8/10

20. Toradora

Toradora

Anime romantis ini memang cukup jadul, tapi gak terlalu jadul buat kamu yang butuh asupan romance karena ceritanya sendiri masih tetep asik kok buat diikutin walaupun jaman sekarang.

Premisnya sendiri lumayan unik, dimana kedua tokoh utamanya Ryuuji Takasu dan Taiga Aisaka digambarkan sebagai pasangan yang sifatnya bertolak belakang.

Taiga yang terlihat kecil jika dilihat dari penampilannya, tapi memiliki perilaku barbar.

Sementara Ryuuji, dengan penampilan sangarnya, berbanding terbalik dengan Taiga yang ternyata lumayan soft dan husbandable (LOL!).

Dari sini cerita bergulir menampilkan kedua tokoh dengan segala kompleksitas dalam hubungannya.

Hadirnya orang ketiga menambah runyamnya kisah mereka.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 7,9/10

21. Watashi ga Motete Motete Dousunda

Watashi ga Moutete Dousunda

Polanya mirip seperti Nijiiro Days, tapi di Watashi ga Motete Dousunda tokoh sentralnya bukan keempat tokoh pria diatas, melainkan seorang wanita otaku akut bernama Kae Serinuma.

Dirinya diceritakan mengalami metamorfosis dalam sekejab.

Hadirlah keempat pria tersebut yang sebelumnya tidak terlalu memperhatikan Kae bahkan cenderung mengabaikannya, berusaha untuk memenangkan hatinya.

Siapakah yang akan dipilih Kae pada akhirnya? Sudah bisa nebak seperti apa kelanjutannya?

Anime ini selain menghadirkan komedi yang lumayan bodor, juga sarat akan nilai moral mengenai penerimaan jati diri dan stereotipe akan penampilan adalah segalanya, sangat menarik untuk disimak.

Buat yang penasaran film jepang genre komedi bisa cek juga Film Komedi Jepang Terbaik dan juga yang masih seputar anime klik disini untuk melihat Rekomendasi Anime Komedi Terbaik.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,8/10

22. Nijiiro Days

Nijiiro Days

Buat kamu yang nyari rekomendasi anime romance terbaik dimana semua tokohnya ikut ambil andil, Nijiiro Days jawabannya.

Disini cerita gak hanya berfokus pada romansa satu tokoh saja, namun masing-masing dari keempat tokoh pria, Hashiba, Matsun, Keiichi, dan Tsuyoshi diberikan porsi yang sama.

Didasari oleh premis tersebut, hadirlah cerita yang campur aduk namun tetap enjoyable untuk ditonton.

Kadar romancenya masih pas. Tenang saja, gak akan bikin pusing karena durasi waktu per-episodenya hanya sekitar 10 menitan.

Plotnya cukup sederhana bahkan cenderung berputar di rotasi yang sama tapi buat kamu yang mungkin mau nostalgia akan kehidupan SMA, anime ini wajib masuk list kamu.

Tonton ini bersama geng atau sahabat terdekat? bisa banget!

Jumlah episode: 24

Skor kami: 7,8/10

23. ReLife

ReLife

Nah, yang ini temanya cukup berat, guys! Berkisah tentang seorang PHK-an.

Arata Kaizaki yang diberi kesempatan oleh suatu perusahaan yang sedang dalam masa uji coba produk untuk memutar kembali waktu ke kehidupan SMA agar nasib sialnya berubah.

Arata yang kini menjadi siswa SMA, mau tidak mau harus membaur dengan teman-teman barunya.

Disanalah ia bertemu dengan salah satu teman sekelasnya, Chizuru Hishiro yang bisa dibilang agak anti sosial dan susah untuk didekati.

Seiring berjalannya waktu, hubungan keduanya yang awalnya asing menjadi dekat, terlebih diketahuinya fakta bahwa keduanya memiliki ikatan di masa depan yang saling berkaitan.

Melalui ReLife, kita diajak untuk menyelami fakta-fakta apa saja yang ada dan dialami oleh anak sekolahan.

Persaingan nilai dan kedudukan dalam organisasi, cinta diam-diam, bahkan depresi yang kerap dialami remaja sekalipun.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7,7/10

24. Tsuki Ga Kirei

Tsuki Ga Kirei

Cerita rekomendasi anime romantis ini berfokus pada Kotarou dan Akane dimana keduanya adalah siswa remaja SMP kelas tiga, dipertemukan di kelas yang sama.

Mereka yang sebelumnya tidak pernah mengenal satu sama lain dan terlibat interaksi mencoba memaknai masa-masa terakhir bersekolah dengan mengenal satu sama lain.

Setipe dengan Ishuukan Friends, Tsuki Ga Kirei merupakan jenis anime dimana kamu gak akan dibuat tegang sama konflik yang disuguhkan.

Ceritanya sendiri berjalan cukup santai, menekankan pada bagaimana perjuangan mengejar cinta pertama dan masa depan.

Berhasilkah? well, kamu harus tonton sendiri, ya! Baik Kotarou maupun Akane mampu mendemonstrasikan pacaran gaya sehat tanpa terlihat overacting. Kami salut dengan ending scene-nya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7/10

25. Ishuukan Friends

Ishuukan Friends

Mengisahkan tentang siswi SMA bernama Kaori Fujimiya, seorang asosial di sekolahnya dikarenakan ia mengalami suatu gejala aneh dimana ingatannya tentang orang-orang yang ada di sekelilingnya akan menghilang secara misterius setelah 1 minggu.

Kemudian muncul lah Yuuki Hase, teman sekelasnya yang diam-diam menaruh perasaan terhadap Kaori dan ingin berteman dengannya.

Dengan segala cara, ia bertekad untuk membuat Kaori terus mengingatnya meskipun ia harus berulang kali menyatakan permintaan pertemanan setiap minggunya.

Anime ini memang tidak terlalu menjadikan romance sebagai sajian utama mereka. Buat kamu yang butuh tontonan ringan, Ishuukan Friends bisa kamu jadikan referensi.

Cerita yang ringan disertai art animasi yang bikin mata adem cocok banget buat kamu yang need time for relax and chill.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,5/10

26. Kokoro Connect

Kokoro Connect

Aktivitas klub sekolah di Jepang atau disini disebut ekstrakulikuler merupakan salah satu poin penunjang cerita di dalam setiap produksi anime romantis yang menjadikan sekolah sebagai setting utama.

Kokoro Connect hadir dengan penggambaran aktivitas klub seni budaya yang diprakasai oleh Yaegashi Taichi, Nagase Iori, Inaba Himeko, Kiriyama Yui, dan Aoki Yoshifumi dengan karakter yang bermacam-macam dan cinta diam-diam.

Jangan harapkan romansa yang kuat pada Kokoro Connect karena ceritanya sendiri lebih berfokus pada persahabatan, namun bukan berarti ia tidak layak tonton. Kamu masih bisa menemukan hint di dalamnya.

Cocok untuk dijadikan tontonan selingan kalau kamu gak butuh anime yang romance-romance banget. Tonton juga Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,5/10

27. Clannad

Clannad

Biasa nonton ftv atau romance drama yang ceritanya mengharu-biru? Silahkan masukkan Clannad kedalam listmu.

Karena ini adalah versi animasi dari apa yang biasa kamu lihat di ftv atau tontonan sejenis.

Tomoya Okazaki adalah tipe siswa rebel yang muak dengan kehidupan SMA nya, tanpa sengaja ia bertemu dengan Nagisa Furukuwa yang akhirnya menumbuhkan benih-benih cinta diantara kedua, Klise? pasti.

Cerita terus berjalan bahkan sampai menunjukkan kehidupan keduanya setelah dewasa. Sampai sini kamu sudah paham kenapa kami menyebut Clannad sebagai versi anime dari ftv?

Kalau kamu tipe yang lebih mementingkan plot tanpa terlalu memperhatikan visual, Clannad punya pertahanan kuat di bagian ini tapi sayangnya lemah di visual.

Ya, kembali lagi ke selera masing-masing, menonton Clannad adalah perjalanan penuh liku-liku percintaan.

Jumlah episode: 23

Skor kami: 6,4/10

28. Itazura na Kiss

Itazura na Kiss

Tayang lebih dari 10 tahun lalu, Itazura na Kiss adalah pencetus munculnya Itazura na Kiss lainnya yang bahkan sudah diadaptasi dalam bentuk K-drama.

Buat kamu yang pernah nonton Playful Kiss, berterima-kasihlah kepada Itazura na Kiss.

Cerita rekomendasi anime romance ini terbilang unik, ketika Kotoko Aihara yang sedang ketiban sial karena rumah barunya ambruk.

Hancur-lebur rata dengan tanah dengan sangat terpaksa harus mengungsi untuk sementara waktu. Salah satu kolega ayahnya menawarkan tempat tinggal sementara untuknya

Sebenarnya hal ini biasa saja kalau saja kolega ayahnya bukanlah ayah dari siswa tertampan dan terpopuler di sekolahnya, yakni Naoki Irie yang cukup arogan.

Tinggal satu atap, banyak hal konyol yang dilakukan keduanya terlebih Kotoko ini adalah tipe cewek telmi, Sangat bertolak belakang.

Klik juga artikel ini Rekomendasi Anime School Terbaik yang bisa sobat nikmati.

Hubungan seperti Kotoko dan Naoki cukup klise dan bahkan sering dijumpai dalam produksi anime. Coba lihat apa yang terjadi setelahnya? kami yakin kamu bisa menebak dengan mudah,

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,2/10

29. Gamers!

Gamers

Jangan terkecoh dengan judul animenya! Gamers! bukanlah anime romantis yang isinya tentang nge-game semata atau bahkan game hanyalah filler belaka sebagai penghantar menuju plot utama ceritanya yang korelasinya hampir tidak ada, LOL!

Keita Amano adalah siswa yang biasa-biasa saja dan sangat geeky terhadap game konsol. Suatu hari, Karen Tendou yang merupakan siswa tercantik dan terpopuler.

Mengajaknya untuk bergabung dengan Klub Game dimana dirinya berperan cukup penting terhadap klub tersebut.

Perekrutan anggota yang dilakukan Tendou adalah awal dari segala konflik konyol yang akan terjadi selanjutnya.

Paruh awal cerita, Gamers! berputar pada pencarian para maniak game yang kemudian malah menjadi cinta rumit yang penuh kesalahpahaman antar masing-masing karakter.

Gamers! bukan murni romance school tapi boleh kamu jadiin referensi kalau kamu suka anime yang ceritanya ngalor-ngidur.

Cukup menghibur, bagaimana game bisa menyatukan karakter-karakter konyol didalamnya.

Nah ada juga anime genre games lainnya, bisa cek disini Rekomendasi Anime Bertema Game Terbaik dan juga bisa cek Anime Dengan Grafis Terbaik yang membuat mata terpukau saat menonton.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,2/10

30. Acchi Kocchi

Acchi Kocchi

Mari kita mulai dengan nonton rekomendasi anime romance yang jarang dibicarakan orang, Acchi Kocchi jika dilihat dari visualnya memang terlihat kurang menjanjikan, tapi cobalah untuk menonton episode awalnya dulu.

Tsumiki Miniwa memendam perasaan cinta kepada sahabatnya, Io Otonoshi.

Tetapi menurutnya, menyatakan cinta kepada Io itu omong kosong, gak akan mungkin! Padahal teman-temannya melihat mereka seperti pasangan yang sesuai

Bimbang dengan perasaannya, Hari-hari Tsumiki yang dilalui bersama Io membuka peluang besar baginya untuk menyatakan cinta. Akankah terjadi?

Buat kamu yang punya pengalaman seperti Tsumiki, Acchi Kocchi bisa banget untuk kamu jadiin bahan nostalgia sembari melihat bagaimana serunya kisah cinta anak baru gede.

Lihat juga rekomendasi Anime Romance Action Terbaik dan juga Anime Romance Comedy Terbaik, kalian bisa nonton sendiri ataupun bersama sahabat dan teman kamu.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6/10

Itulah Rekomendasi Anime Romance School terbaik yang bisa kamu tonton yang kami rangkum dari tahun 90an, 2000an, hingga 2018, 2019 namun belum kami update untuk tahun 2020

Kami juga rekomendasikan sobat melihat artikel ini Rekomendasi Anime Populer Dengan Rating Tinggi dan juga bisa cek Anime Movie Jepang Terbaik.

Anime romantis cukup banyak digemari pecinta manga contohnya, Kuzu no Honkai yang cukup mengecoh kalau kamu gak lihat sinopsisnya terlebih dahulu.

Jika sobat suka dengan list Anime Romance School Terbaik dari PonselSoak, jangan lupa untuk share link halaman ini ke teman kalian. Happy Watching Anime!

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.