Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Anime Drama Terbaik

Hmm… cukup susah untuk mengklasifikasikan anime ke dalam kategori drama, karena kebanyakan anime mempunyai elemen drama di dalamnya. Drama tentang kehidupan sehari-hari, drama tentang mewujudkan mimpi ataupun drama yang diselipkan dalam anime penuh pertarungan sekalipun.

Dalam daftar ini akan penulis berikan 40 anime drama terbaik yang bisa membuat perasaanmu campur aduk saat menontonnya. Entah itu senang, sedih ataupun marah. Pokoknya setiap anime di daftar ini dijamin memorable dan bakal membekas di hati.

Seperti biasa, rating yang diberikan adalah murni pendapat penulis dan untuk kali ini rating diberikan berdasarkan kualitas drama di anime tersebut dan efek yang dirasakan penonton darinya. Oke, tanpa berlama-lama lagi, inilah rekomendasi anime drama terbaik! Check this out!

40. Anime Drama “Major”

major

Garou Honda adalah anak yang tergila-gila dengan baseball dan selalu mengidolakan ayahnya, Shigeharu. Ia juga punya mimpi untuk menjadi pemain baseball profesional layaknya ayahnya.

Walaupun istrinya baru saja meninggal, tapi melihat anaknya begitu mengidolakannya, membuat Shigeharu tetap semangat dan bangkit dari depresinya walaupun ia sekarang menjadi pemain cadangan di klubnya.

Jumlah Episode: 26

Rating: 8/10

39. Anime Drama “Nodame Cantabile”

Nodame Cantabile

Shinichi Chiaki adalah pemusik kelas satu yang punya mimpi untuk bermain bersama para elite di Eropa. Satu-satunya hal yang membuatnya enggan meninggalkan Jepang adalah karena ia takut terbang.

Di tahun ke-empatnya kuliha, Shinichi bertemu dengan Megumi Noda atau biasa dipanggil Nodame. Dari luar, ia terlihat sebagai gadis ceroboh yang tak punya tujuan hidup. Tapi, saat Shinichi mendengar Nodame bermain piano, dia sangat takjub dengan kepiawaiannya. Dari sinilah, Shinichi mulai menaruh rasa kepada Nodame.

Jumlah Episode: 23

Rating: 8/10

38. Anime Drama “Ashita no Joe”

Ashita no Joe

Joe Yabuki adalah pemuda yang suka menyelesaikan masalah dengan kekerasan. Ia tak punya sopan santun dan rasa disiplin dalam dirinya. Suatu hari, ia terlibat perkelahian dengan komplotan preman, walaupun ia jelas kalah jumlah, tapi ia tetap menang melawan mereka.

Danpei Tange, mantan pelatih tinju yang sekarang menjadi pemabuk, tak sengaja menyaksikan pertarungan Joe tersebut. Ia lalu menawarkan untuk melatih Joe menjadi petinju terbaik di Jepang. Anime ini menceritakan tentang drama antara murid dan guru yang bersama-sama bekerja sama untuk masuk ke kancah petinju profesional.

Jumlah Episode: 79

Rating: 8/10

37. Anime Drama “BECK”

BECK

Yukio Tanaka adalah pemuda 14 tahun yang tak bersemangat dan tak punya tujuan di hidupnya. Tapi, semua itu berubah saat ia menyelematkan anjing aneh bernama Beck dari segerombolan bocah-bocah nakal. Pemilik anjing itu adalah Ryuusuke Minami, mantan gitaris dari band rock terkenal.

Ryuusuke memamerkan kemampuan bermain gitarnya dan hal ini membuat takjub Yukio. Perlahan ia tertarik dengan dunia rock dan ia akhirnya memutuskan untuk membantu Ryuusuke mewujudkan mimpinya untuk mempunyai band rock kelas dunia.

Bersama dengan adik Ryuusuke, Maho dan beberapa anggota lain, dua orang pemuda ini memulai karir di dunia rock dengan membentuk group band bernama BECK. Anime ini menceritakan drama tentang jatuh dan bangunnya band mereka dalam usaha untuk menjadi band rock terkenal di Jepang.

Jumlah Episode: 26

Rating: 8/10

36. Anime Drama “Cross Game”

Cross Game

Karakter utama anime ini adalah Kou Kitamura, putra dari pemilik toko Kitamura Sports. Tak jauh dari situ, terdapat sebuah batting center milik keluarga Tsukishima. Karena letak dan kemiripian dalam bisnisnya, dua keluarga itu sangat dekat.

Dikarenakan Kou dan Wakaba umurnya berdekatan dan selalu bersama, membuat Aoba cemburu karena Kou selalu menghabiskan waktu dengan kakak perempuannya tersebut.

Aoba adalah seorang pitcher berbakat dan Kou diam-diam berlatih untuk menjadi sebaik Aoba, walaupun saat mereka bertemu, mereka tak menunjukkan ketertarikan dengan baseball.

Jumlah Episode: 50

Rating: 8/10

35. Anime Drama “Natsume Yuujinchou”

Natsume Yuujinchou 1

Sudah sejak kecil Takashi Natsume bisa melihat roh dan ia selalu dikejar-kejar oleh mereka. Ia lalu menemukan bahwa almarhum neneknya Riko, mewariskannya Yuujinchou atau “Buku Pertemenan” yang berisi nama-nama roh yang berhasil dikalahkannya.

Tanpa orangtua, tempat yang bisa ia panggil rumah dan selalu dikejar-kejar oleh roh yang ingin namanya kembali agar bebas, hidup Natsume begitu sulit. Satu-satunya temannya adalah Madara–roh misterius berbentuk kucing kecil lucu yang menjadi bodyguard dari Natsume.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8/10

34. Anime Drama “Chihayafuru”

Chihayafuru

Chihaya Ayase adalah cewek tomboy dengan tekad yang kuat. Ia tak punya mimpi dan selalu tumbuh dalam bayang-bayang kakaknya. Ia menikmati hidupnya sampai ia bertemu dengan Arata Wataya saat SD.

Arata yang pendiam mengenalkan Chihaya dengan permainan karuta. Tak butuh waktu lama bagi Chihaya untuk jatuh cinta pada permainan ini. Sekarang, saat ia SMA, Chihaya punya mimpi untuk menjadi yang terbaik di Jepang. Mampukah ia melakukannya?

Jumlah Episode: 25

Rating: 8/10

33. Anime Drama “Shingeki no Kyojin”

Shingeki no Kyojin 1

“Kok bisa Shingeki no Kyojin nomor 33?” oke, sebelum kalian protes lebih jauh, sekali lagi penulis ingatkan bahwa rating dan penomoran yang diberikan adalah berdasarkan elemen drama yang dirasakan oleh penulis.

Shingeki no Kyojin bercerita tentang usaha manusia menghalau titan–makhluk raksasa pemakan manusia, dengan membangun tembok raksasa. Kehidupan damai mereka hanya berlangsung seratus tahun sampai akhirnya tembok tersebut hancur oleh titan berukuran super raksasa.

Anime ini lebih kental unsur action dan thriller-nya, daripada drama sehingga membuatnya menempati posisi ini dalam daftar anime drama terbaik.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8/10

32. Anime Drama “Kotonoha no Niwa”

Kotonoha no Niwa

Di suatu pagi, hujan turun dengan derasnya di Tokyo. Takao Akizuki, yang berkeinginan menjadi pembuat sepatu, memutuskan untuk bolos sekolah dan justru menggambar desain di sebuah taman.

Di situlah ia bertemu dengan Yukari Yukino, wanita cantik yang misterius untuk pertama kalinya. Tanpa mereka sadari, mereka selalu bertemu di taman itu tiap hujan turun dan rasa suka perlahan muncul di hati mereka.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8/10

31. Anime Drama “Hachimitsu to Clover”

Hachimitsu to Clover

Yuuta, Takumi dan Shinobu tinggal bersama di apartemen yang tak mepunyai kamar mandi. Harga sewanya murah sehingga cocok untuk mahasiswa miskin seperti mereka.

Hidup ketiganya berjalan dengan baik sampai Yuuta bertemu dengan Hagumi, gadis mungil yang punya bakat besar dan Ayumi yang jatuh cinta kepada salah satu diantara mereka.

Indahnya jatuh cinta, sakitnya merelakan, penemuan jati diri dan mempunyai kekuatan untuk move on adalah hal-hal yang harus dialami oleh karakter-karakter di anime ini.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8/10

30. Anime Drama “Nana”

Nana

Nana Komatsu adalah gadis ceroboh berusia 20 tahun yang gampang jatuh cinta. Walaupun ia punya mimpi untuk bisa pergi dari kampung halamannya dan menemukan passion-nya, ia malah pergi ke Tokyo untuk mengejar pacarnya.

Di sisi lain, Nana Osaki adalah gadis angkuh yang merupakan vokalis dari sebuah grup band rock yang punya mimpi untuk menjadi penyanyi profesional. Tak disangka, ia satu kereta ke Tokyo dengan Nana Komatsu.

Bagaikan dipertemukan oleh takdir, kedua gadis bernama sama ini akhirnya berbagi satu apartemen. Nana adalah anime penuh drama romantis, musik dan tantangan yang menguji pertemenan mereka berdua.

Jumlah Episode: 47

Rating: 8,5/10

29. Anime Drama “Rainbow: Nisha Rokubou no Shichinin”

Rainbow Nisha

Jepang, 1955: Mario Minakami baru saja sampai di Shounan Special Reform School bersama dengan lima remaja lainnya yang ditangkap karena tindakan kriminal mereka. Semua ditempatkan di sel yang sama. Di situlah mereka bertemu dengan Rokurouta Sakuragi–seorang mantan petinju, yang akhirnya dekat dengan mereka.

Anime ini bercerita tentang tujuh orang sahabat yang susah senang bersama karena perlakuan brutal oleh Ishihara–seorang penjaga yang sadis dan Gisuke Sasaki–seorang dokter yang suka dengan anak laki-laki. Mampukah mereka bertahan hingga hukuman mereka selesai?

Jumlah Episode: 26

Rating: 8,5/10

28. Anime Drama “Sakamichi no Apollon”

Sakamichi no Apollon

Kaoru Nishimi adalah pianis introvert pecinta musik klasik dan baru saja pindah ke SMA di Kyushu. Dikarenakan selalu pindah-pindah, ia sudah membuang jauh-jauh niatanya untuk membaur dan sudah siap untuk hidup penuh kesepian seperti sebelumnya. Sampai ia bertemu dengan murid bandel Sentarou Kawabuchi.

Sentarou sangat mencintai musik jazz dan membuat Kaoru belajar banyak tentang jazz. Hal ini membuatnya perlahan menjadi lebih terbuka dan mempunyai teman yaitu Sentarou dan Ritsuko Mukae. Anime ini penuh dengan drama pertemanan, musik dan cinta di antara tiga karakter unik yang mencintai musik jazz.

Jumlah Episode: 12

Rating: 8,5/10

28. Anime Drama “Steins;Gate Movie: Fuka Ryouiki no Deja vu”

SteinsGate Movie

Movie ini adalah lanjutan dari anime Steins;Gate yang wajib kamu tonton dulu sebelum movie ini. Movie ini mengambil cerita dari sisi Makise Kurisu setelah ia tinggal setahun di Amerika dan akhirnya memutuskan kembali ke Akihabara untuk bertemu dengan Rintarou Okabe.

Pertemuan mereka tak berjalan lancar karena tiba-tiba saja Okabe menghilang dari dunia dan hanya Kurisu yang punya ingatan tentang dirinya. Ia dihadapkan pada dua pilihan sulit: membiarkan Okabe menghilang dan tak mengubah masa depan dengan kembali ke masa lalu atau harus menyelamatkan orang yang ia cintai tapi dengan risiko yang besar terhadap dunia.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

27. Anime Drama “Neon Genesis Evangelion”

Neon Genesis Evangelion

Di tahun 2015, umat manusia di ambang kehancuran. Harapan terakhir umat manusia ada di tangan NERV, sebuah organisasi spesial di bawah PBB dan Evangelion-nya, robot yang bisa mengalahkan Angel yang membuat kacau bumi.

Anime bertema mecha yang penuh dengan action ini ternyata mempunya elemen drama yang cukup kental di dalamnya, lho. Drama di anime ini adalah drama psikologis yang berpusat pada karakter utamanya, yaitu Shinji Ikari yang membawa beban seluruh dunia di pundaknya.

Jumlah Episode: 26

Rating: 8,5/10

26. Anime Drama “Bakuman”

Bakuman 1

Sejak kecil Moritaka Mashiro sudah punya mimpi untuk menjadi mangaka, seperti pamannya. Tapi, karena suatu tragedi yang terjadi padanya, ia mengubur dalam-dalam mimpi itu dan ingin menjadi karyawan biasa saja.

Suatu hari, teman sekelasnya, Akito Takagi mengajak Mashiro untuk menjadi mangaka bersama setelah Takagi melihat hasil gambaran Mashiro. Setelah dipikir-pikir, Mashiro akhirnya setuju dan cerita mereka berdua menjadi mangaka terbaik di Jepang akhirnya dimulai.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8,5/10

25. Anime Drama “Kiseijuu: Sei no Kakuritsu”

Kiseijuu 1

Kiseijuu bercerita tentang para parasit yang tiba-tiba datang ke bumi dan memakan otak manusia, menjadikan parasit tersebut bisa mengontrol tubuhnya dan berubah ke berbagai bentuk.

Anime horror penuh adegan sadis ini juga tak disangka-sangka ternyata juga menyimpan drama yang cukup bagus, lho. Drama dalam anime ini terletak pada hubungan Izumi dan Migi, serta perkembangan karakter dari para parasit yang perlahan berubah menjadi lebih manusiawi seiring cerita berjalan.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8,5/10

24. Anime Drama “3-gatsu no Lion”

3 gatsu

Rei Ayama telah berstatus pemain shogi profesional yang penuh bakat sejak ia SMP. Karena hal ini, ia harus berhadapan dengan tekanan berat dari komunitas shogi dan keluarga angkatnya. Hal ini juga yang membuatnya menjadi orang pendiam dan menarik diri dari pergaulan.

Ingin menjadi orang yang mandiri, ia lalu pindah ke Tokyo saat berusia 17 tahun dan hidup sendiri di sana. Di sana ia bertemu dengan tiga bersaudara Akari, Hinata dan Momo Kawamoto. Mereka bertiga bertekad untuk menghilangkan rasa kesepian yang diderita Rei.

Jumlah Episode: 22

Rating: 8,5/10

23. Anime Drama “Haikyuu!!”

Haikyuu 1

Terinspirasi dari aksi pemain voli hebat “Little Giant”, Shouyou Hinata yang bertubuh kecil membangkitkan kembali ekstrakulikuler voli di SMP-nya. Timnya tersebut bahkan bisa bermain di turnamen, namun pertandingan pertama mereka menjadi pertandingan terakhir karena mereka dibantai oleh Tobio Kageyama.

Hinata lalu bersumpah untuk mengalahkan Kageyama, maka dari itu ia lalu masuk ke tim voli dari SMA Karasuno. Namun di sana, ia justru bertemu dengan Kageyama yang sekarang menjadi rekan setimnya.

Tubuh pendek Hinata membuatnya sulit menembus tim utama walaupun ia bisa lompat sangat tinggi. Ternyata, Kageyama juga punya masalah yang hanya Hinata yang bisa membantunya. Mereka berdua lalu belajar untuk bekerjasama karena itu merupakan satu-satunya cara untuk membantu timnya menang.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8,5/10

22. Anime Drama “5 Centimeters Per Second”

5 Centimeters Per Second

Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah dua orang sahabat dan teman sekelas. Mereka dipaksa berpisah saat keluarga Akari harus pindah ke provinsi lain di Jepang. Walaupun begitu, mereka selalu bertukar kabar lewat surat. Saat keluarga Takaki juga akan pindah, ia berniat untuk bertemu dengan Akari sekali lagi.

Waktu berjalan dan mereka melanjutkan hidup di jalan masing-masing. Jarak mereka perlahan menjauh dan tak pernah bertukar kabar satu sama lain lagi. Namun, mereka masih tetap mengingat satu sama lain dan berharap bahwa mereka bisa bertemu lagi suatu saat nanti.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

21. Anime Drama “Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu”

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu

Yotarou adalah mantan anggota yakuza yang baru saja keluar dari penjara. Ia punya tujuan baru, yaitu terjun ke dunia Rakugo–komedian tradisional dari Jepang. Ia berlatih dengan Yakumo Yuurakutei yang menjadi gurunya.

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu mempunyai alur cerita yang berpindah-pindah, dari masa depan ke masa lalu dan sebaliknya. Anime ini bercerita tentang Rakugo, hubungan-hubungan yang terjadi karenanya dan kehidupan dari orang-orang yang berusaha mempertahankan seni tradisional tersebut.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8,5/10

20. Anime Drama “Great Teacher Onizuka”

Great Teacher Onizuka 1

Onizuka adalah pimpinan geng motor terkenal yang punya ambisi mulia: menjadi guru terhebat di dunia… agar bisa bertemu dengan gadis-gadis SMA yang seksi. Tapi, keinginannya tersebut terganjal dengan rumitnya administrasi dan ia ditempatkan di kelas yang penuh dengan siswa nakal.

Cara mengajar Onizuka adalah cara mengajar unik yang tak bisa ditemukan di manapun. Ia tak peduli apakah caranya tersebut merupakan cara yang legal atau ilegal asal ia bisa mewujudkan ambisi awalnya bertemu dengan gadis SMA yang seksi.

Drama dalam anime ini terletak pada cara mengajar Onizuka yang tak tahu batas, tapi menunjukan bahwa ia benar-benar peduli dengan para muridnya. Hal ini membuat murid-muridnya perlahan berubah dan mencintainya. Apakah ambisinya di awal bisa terwujud?

Jumlah Episode: 43

Rating: 9/10

19. Anime Drama “Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai”

Ano Hi Mita Hana

Jinta Yadomi hidup damai dengan bermain video game di rumah. Namun, tiba-tiba saja, teman masa kecilnya, Menma, muncul dan memaksanya untuk mengabulkan permintaannya yang terlupakan. Ia tak menggubrisnya, karena Menma sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu.

Awalnya, Jinta berpikir bahwa ia berhalusinasi, tapi ia lalu yakin bahwa yang ia lihat adalah hantu dari Menma. Jinta dan teman-teman masa kecilnya berpisah setelah kematian Menma, tapi mereka berkumpul lagi agar Menma bisa beristirahat dengan tenang. Mampukah mereka melakukannya?

Jumlah Episode: 11

Rating: 9/10

18. Anime Drama “Slam Dunk”

Slam Dunk

Hanamichi Sakuragi terkenal karena temperamennya, tinggi badannya dan rambut merahnya di Shohoku High. Suatu hari, seorang gadis bernama Haruko Akagi bertanya apakah Hanamichi suka bermain basket. Hanamichi yang jatuh cinta pada pandangan pertama langsung menganggukkan kepalanya.

Haruko lalu mengajaknya ke lapangan basket sekolah dan meminta Hanamichi untuk melakukan slam dunk. Ia yang seumur hidupnya tak pernah melihat basket dan berniat untuk pamer kepada Haruko, lalu melompat ke ringĀ dan membeturkan kepalanya ring.

Haruko yang takjub akan kekuatan fisik Hanamichi lalu mengajaknya untuk bergabung dengan klub basket sekolah. Perlahan, Hanamichi mulai mencintai basket dan drama perjuangan timnya untuk memenangkan kompetisi dimulai.

Jumlah Episode: 101

Rating: 9/10

17. Anime Drama “Hotarubi no Mori e”

Hotarubi no Mori e

Hotaru Takegawa yang baru berusi 6 tahun tersesat di hutan saat ia mengunjungi kakeknya. Capek dan putus asa, Hotaru senang karena bertemu dengan roh hutan bernama Gin, tapi ia tak boleh menyentuhnya atau Gin akan menghilang. Gin lalu membantu Hotaru keluar dan memperingatkannya untuk tak kembali lagi.

Hotaru tak mempedulikan larangan Gin dan kembali lagi kesana tiap musim panas. Hubungan mereka berjalan dengan santai dan keduanya menjaga jarak karena tak boleh bersentuhan sama lain, tapi semua itu berubah saat kemudian muncul rasa suka di antara mereka.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

16. Anime Drama “Hajime no Ippo”

Hajime no Ippo

Makunouchi Ippo selalu dibully dalam hidupnya. Ia selalu disuruh-suruh dan dipukuli oleh teman sekelasnya. Ia selalu punya mimpi untuk berubah, tapi ia tak punya semangat untuk melakukannnya.

Suatu hari, saat tengah dibully, Ippo diselamatkan oleh Takamura Mamoru yang merupakan petinju. Ia yang pingsan, lalu bangun di gym Kamogawa. Di sana ia terkesima saat melihat orang-orang berlatih tinju.

Takamura menaruh foto salah satu teman sekelas Ippo di samsak dan memaksa Ippo untuk meninjunya. Ippo lalu merasakan sesuatu bangkit dalam dirinya. Ia akhirnya meminta Takamura untuk melatihnya menjadi petinju. Dan disinilah, perjalanan penuh drama Ippo di dunia tinju dimulai.

Jumlah Episode: 75

Rating: 9/10

15. Anime Drama “Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan – Tsuioku-hen”

Rurouni Kenshin Meiji Kenkaku Romantan Tsuioku hen

Dibawah sinar bulan purnama, seorang anak laki-laki menyaksikan kematian para bandit yang memperbudaknya. Ia juga diberikan nama oleh lelaki yang menyelamatkannya tersebut. Anak ini bernama Shinta–yang sekarang dikenal sebagai Kenshin Himura, dan ditakdirkan untuk menjadi ahli pedang.

Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan – Tsuioku-hen bercerita tentang asal muasal pria yang dipanggil dengan Hitokiri Battousai, jauh sebelum ia bersumpah untuk tak membunuh dan sebelum ia terkenal sebagai seorang pembunuh.

Hati anak muda ini dipisahkan oleh keadilan dan korupsi, dan di saat yang sama, nasib dari negerinya ada di pundaknya. Mampukah ia melakukannya?

Jumlah Episode: 4 (OVA)

Rating: 9/10

14. Anime Drama “Made in Abyss”

Made in Abyss 1

The Abyss–jurang sangat dalam yang berisi makhluk-makhluk misterus dan barang-barang peninggalan dari masa lalu. Bagaimana jurang itu terbentuk? Di dasarnya ada apa sebenarnya?

Banyak pemberani yang disebut sebgai Divers, berusaha untuk memecahkan misteri tersebut dengan terjun langsung ke jurang. Divers terbaik dan paling berani, White Whistels, adalah legenda yang selalu diagung-agungkan oleh orang-orang. Riko, putri dariĀ  salah seorang White Whistle yang hilang juga ingin menjadi seperti ibunya.

Di dalam jurang, ia bertemu dengan robot misterius mirip dengan seorang anak laki-laki bernama Reg. Reg yang kehilangan ingatannya, bersama dengan Riko lalu menjelajahi jurang tersebut. Apa kebenaran mengerikan yang akan mereka temukan di sana?

Jumlah Episode: 13

Rating: 9/10

13. Anime Drama “Howl’s Moving Castle”

Howls Moving Castle

Desain arsitektur yang aneh, uap yang muncul dari berbagai lubang dan sendi-sendi yang berderit–ini adalah kastil berjalan milik penyihir Howl. Ia adalah penyihir hebat dan seorang playboy–itulah rumor yang didengar Sophie Happer. Sophie sendiri tak punya harapan besar di hidupnya dan sudah nyaman dengan keadaanya sekarang.

Namun, hidup Sophie berubah menjadi menyenangkan saat ia diselamatkan oleh penyihir misterius tersebut. Tapi sayangnya, pertemuan singkatnya ini, membuat Witch of the Waste cemburu dan mengutuk Sophie menjadi nenek tua.

Untuk mencari cara kembali ke tubuh normalnya, Sophie harus menemani Howl dan sekumpulan teman-teman anehnya–dari iblis api hingga orang-orangan sawah–di kastilnya. Perjalanan penuh bahaya menunggu Sophie di tengah-tengah perang yang memporak porandakan kerajaannya.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

12. Anime Drama “Ginga Eiyuu Densetsu”

Ginga Eiyuu Densetsu

Galactic Empire dan Free Planets Alliance telah mengalami gencatan senjata selama 150 tahun, namun kondisi ini akan berubah saat generasi baru pemimpin lahir: Reinhard von Lohengramm yang idealistic dan sejarawan Yang Wenli.

Saat Reinhard naik pangkat di Empire dengan bantuan teman masa kecilnya, Siegfried Kircheis, ia tak hanya harus bertempur di peperangan, tapi juga sisa-sisa dari Goldenbaum Dynasty untuk menyelamatkan saudarinya dan menyatukan umat manusia.

Sementara itu di sisi lain Galaksi, Yang–pendukung berat demokrasi–harus bertahan pada prinsipnya, walaupun kesulitan yang melanda FPA dan menunjukan ke muridnya, Julian Mintz, bahwa otokrasi bukanlah solusi.

Jumlah Episode: 110 (OVA)

Rating: 9/10

11. Anime Drama “Kimi no Na wa”

Kimi no Na wa

Inilah anime yang memecahkan beragam rekor selama masa penayangannya di bioskop dulu. Kimi no Na wa bercerita tentang Mitsuha Miyamizu, seorang gadis SMA yang menginginkan hidup sebagai anak laki-laki di Tokyo–sebuah mimpi yang berkebalikan dengan kehidupannya sekarang.

Suatu hari, Mitsuha terbangun di ruangan yang asing dan menemukan dirinya hidup seperti mimpinya di Tokyo–tapi di tubuh Taki! Sementara itu, Taki menemukan dirinya hidup sebagai Mitsuha di desa. Untuk menemukan jawaban atas apa yang terjadi, mereka diharuskan untuk mencari satu sama lain.

Kimi no Na wa menceritakan bagaimana tindakan Mitsuha dan Taki yang mulai memberikan efek di kehidupan masing-masing tanpa mereka sadari. Terikat oleh benang takdir yang rumit, mampukah mereka bertemu?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

10. Anime Drama “Monster”

Monster 1

Diangkat dari manga populer karya Naoki Urawasa, Monster menceritakan tentang kehidupan Dr. Tenma–seorang dokter syaraf terkenal yang hidupnya berubah 180 derajat setelah ia mengoperasi seorang anak kecil bernama Johan Liebert.

Tanpa Dr. Tenma ketahui, anak kecil tersebut tumbuh menjadi “monster” mengerikan yang merugikan banyak orang. Merasa bertanggung jawab, Dr. Tenma meninggalkan pekerjaannya dan mulai keliling dunia membereskan kekacauan yang disebabkan oleh “monster” tersebut.

Drama dalam anime ini dikemas sangat baik sekali, dibumbui oleh misteri dan thriller yang sangat kental, Monster menceritakan drama dalam kehidupan Dr. Tenma dan karakter-karakter lain yang ia temui–yang semuanya secara langsung maupun tak langsung berhubungan dengan si “monster.”

Jumlah Episode: 74

Rating: 9,5/10

9. Anime Drama “Grave of the Fireflies”

Grave of the Fireflies

Saat Perang Dunia II hampir mencapai puncaknya di 1945, Jepang mengalami kehancuran karena bom atom. Grave of Fireflies bercerita tentang Seita dan adiknya Setsuko, dua bersaudara yang hidupnya dirusak oleh perang. Mereka kehilangan ibunya, ayahnya, rumahnya dan masa depannya.

Yatim piatu dan tak punya rumah, Seita dan Setsuka tak punya pilihan selain menggelandang di pinggiran kota yang penuh dengan kelaparan dan penyakit. Bertemu dengan orang-orang dewasa di jalan, mereka menemukan bahwa rasa putus asa bisa merubah orang yang paling baik sekalipun.

Di masa muda mereka yang seharusnya penuh dengan harapan untuk masa depan, sekarang dipenuhi dengan rasa putus asa. Mampukah kakak-adik tersebut menemukan kebahagiaan yang selama ini mereka cari?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

8. Anime Drama “Shigatsu wa Kimi no Uso”

Shigatsu wa Kimi no Uso

Kousei Arima adalah pianis muda yang jenius, namun setelah kematian ibunya, hidup Kousei jatuh bagaikan terjun ke jurang, membuatnya bahkan tak bisa lagi mendengar suara dari pianonya sendiri.

Dua tahun kemudian, Kousei masih menghindari piano, membuatnya tertinggal dari para penggemar dan saingannya. Ia hidup dalam kehidupan normal tak berwarna yang membosankan. Namun, hidup Kousei berubah saat ia bertemu dengan pemain biola cantik Kaori Miyazino.

Hidup Kousei perlahan menjadi penuh warna sejak kedatangan Kaori. Kaori jugalah yang memaksa Kousei untuk bermain piano lagi. Shingatsu wa Kimi no Uso adalah anime yang menunjukkan bahwa musik itu lebih dari nada-nada suara saja.

Jumlah Episode: 22

Rating: 9,5/10

7. Anime Drama “Cowboy Bebop”

Cowboy Bebop

Di tahun 2071, umat manusia telah berhasil tinggal di beberapa planet di tata surya dan meninggalkan planet bumi yang sekarang tak layak dihuni. Inter Solar System Police berusaha untuk menjaga perdamaian di galaxy dibantu dengan para pemburu hadiah yang disebut sebagai “Cowboys”–Termasuk dua orang laki-laki yang menaiki pesawat bernama Bebop.

Spike Spiegel adalah orang yang kalem dan lembut, bertolak belakang dengan partner-nya Jet Black yang berisik dan pragmatis. Kehidupan mereka sebagai pemburu hadiah menjadi kacau saat mereka bertemu dengan Ein, seekor anjing hasil rekayasa genetik yang jenius; Faye Valentine yang liar dan misterius;Edward Wong bocah hacker yang aneh.

Bersama dengan anggota barunya tersebut, petualangan mereka perlahan membuka tabir misteri masa lalu gelap mereka masing-masing. Cowboy Bebop adalah anime action penuh drama yang berhubungan dengan masa lalu dari masing-masing kru yang dijamin membuat perasaanmu campur aduk.

Jumlah Episode: 26

Rating: 9,5/10

6. Anime Drama “Spirited Away”

spiritedaway 1

Sebelum muncul Kimi no Na wa, Spirited Away lah pemegang rekor sebagai film terlaris sepanjang masa di Jepang. Anime ini menceritakan tentang Chihiro Ogino, gadis berusia 10 tahun yang tersesat di dunia roh bersama kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi.

Spirited Away dianggap sebagai karya terbaik dari Studio Ghibli yang menyorot tentang usaha Chihiro berpetualang di dunia yang asing untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke rumah. Dihadapkan dengan berbagai rintangan dan drama sepanjang jalannya, mampukah Chihiro melakukannya?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

5. Anime Drama “Code Geass: Hangyaku no Lelouch”

Code Geass

Di tahun 2010, Holy Empire of Britannia adalah negara militer terkuat di dunia. Untuk membuktikannya, mereka mulai menjajah Jepang. Kalah dalam sekejap, Jepang kini bernama Area 11.

Lelouch Lamperouge, murid keturunan Britannia, tak sengaja terjebak di keributan antara militer Britannia dan pemberontak dari Area 11. Dia berhasil melarikan diri, namun ia bertemu dengan gadis misterius bernama C.C yang memberikannya kekuatan Geass.

Geass mempunyai kemampuan “kepatuhan yang absolut” dan Lelouch yang menyadari potensi dari kekuatan barunya ini, lalu menjadi vigilante bernama Zero. Ia lalu memimpin gerakan pemberontakan terhadap Brittania untuk membalaskan dendamnya.

Jumlah Episode: 25

Rating: 9,5/10

4. Anime Drama “Koe no Katachi”

Koe no Katachi

Shouya Ishida adalah murid SD yang nakal dan membenci rasa bosan. Saat Shouko Nishimiya yang tuli pindah ke kelasnya, Shouya dan teman-temannya langsung membully Shouko untuk bersenang-senang.

Namun, saat ibu Shouko memberitahu pihak sekolah, teman-temannya menyalahkan Shouya. Shouko akhirnya pindah dan Shouya masih saja diasingkan sepanjang SD dan SMP oleh teman-temannya.

Di tahun ketiga SMA, Shouya masih dihantui rasa bersalah saat ia SD, membuatnya ingin memperbaikinya yaitu dengan bertemu Shouko sekali lagi dan meminta maaf kepadanya. Apa yang akan terjadi kepada hubungan kedua orang ini?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

3. Anime Drama “Steins;Gate”

SteinsGate

Beberapa episode awal Steins;Gate memang tak menunjukkan adanya unsur drama sama sekali dan lebih berat kepada fiksi ilmiahnya. Tapi, jika kamu bersabar dan terus menonton, maka kamu akan menemukan anime dengan elemen drama terbaik yang pernah dibuat.

Steins;Gate bercerita tentang Rintarou Okabe–sang Mad Scientist, bersama teman-temannya tak sengaja menciptakan mesin waktu dari microwave yang bisa mengirim pesan ke masa lalu dan mengubah sejarah. Namun, yang mereka lakukan ini ternyata berdampak fatal.

Steins;Gate berfokus pada usaha Okabe untuk membetulkan kembali masa lalu yang telah ia ubah. Ia dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit dan di saat yang sama takdir dunia dan masa depan bergantung padanya. Apa yang akan Okabe korbankan?

Jumlah Episode: 24

Rating: 10/10

2. Anime Drama “Fullmetal Alchemist Brotherhood”

Fullmetal Alchemist Brotherhood 1

Drama dalam Fullmetal Alchemist Brotherhood datang dari prinsip alkemis yang ada pada anime ini, yaitu “untuk mendapatkan sesuatu, sesuatu yang setara harus dikorbankan.”

Edward Elric dan adiknya Alphonse Elric harus membayar mahal atas prinsip tersebut saat mereka melakukan ritual terlarang membangkitkan ibunya. Edward kehilangan kaki kirinya dan Alphonse kehilangan tubuhnya–yang membuat Edward harus mengorbankan tangan kanannya untuk mengikat jiwa Alphonse di sebuah baju zirah.

Selama 64 episode, kamu akan menyaksikan perjalanan dua bersaudara ini untuk mendapatkan kembali apa yang telah hilang dari mereka. Dibumbui dengan action dan politik, kamu akan terserap ke dalam cerita penuh perjuangan mereka ini.

Jumlah Episode: 64

Rating: 10/10

1. Anime Drama “Clannad: After Story”

Clannad After Story

Akhirnya kita sampai di sini dan mungkin beberapa dari kalian sudah menebaknya. Ya, anime sekuel dari Clannad inilah yang berhasil mendapatkan posisi pertama. Oh ya, untuk menonton anime ini, kamu HARUS menonton Clannad (2007) terlebih dahulu, ya.

Clannad: After Story dimulai setelah Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa lulus dari SMA. Bersama, mereka menghadapi suka dukanya menjadi orang dewasa. Tomoya yang pekerja keras, selalu didukung oleh Nagisa di belakangnya, membuat kesulitan hanya menguatkan ikatan yang mereka punya.

Clannad: After Story berhasil menyajikan semua elemen yang membuat genre drama itu membekas di hati. Anime ini akan membuatmu marah, membuatmu senang, dan membuatmu sedih yang dibalut di dalam cerita yang luar biasa. Kualitas drama dalam anime ini akan susah untuk disaingi oleh anime apapun untuk beberapa tahun kedepan karena Clannad: After Story adalah sebuah anime drama yang sempurna.

Jumlah Episode: 24

Rating: 10/10

 

Jangan lupa untuk menyiapkan tisu saat menonton anime-anime di atas, ya. Cowok yang strong pun akan berlumuran air mata oleh beberapa anime di atas, lho. Apakah kamu setuju dengan daftar di atas? Jika ada anime yang ketinggalan atau menurutmu perlu dimasukkan, silahkan tinggalkan komentar saja, ya. Selamat menonton!

 

 

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.