insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Anime Jadul 90an Terbaik

Animasi khas Jepang atau yang akrab disebut Anime sudah menemani hari-hari kita sejak dulu, lho. Anime bahkan sudah ada sejak tahun 60an yang mana tentu saja sebagian dari kamu pasti belum lahir pada saat itu.

Anime adalah salah satu komoditas utama negara Jepang yang pasti ketika membicarakan anime, maka negara tersebut lah yang akan terlintas pertama kali di ingatan kita.

Tercatat ada beberapa judul anime yang sudah melegenda baik anime yang rilis tahun 60an, 70an, 80an, 90an, hingga era kini. Nah di kesempatan kali ini, kami akan merangkum 40+ rekomendasi anime jadul 90an terbaik yang pastinya menarik buat sobat sekalian.

Karena selain dirilis era 90an silam, anime-anime berikut juga sudah sangat meleganda. Jadi, mungkin banyak dari kami yang sudah tidak asing lagi dengan judul-judul dibawah.

Penasaran apa saja anime jadul 90an terbaik yang patut untuk kamu lirik dan simak? Berikut adalah ulasannya. Pastikan kamu memasukkan mereka ke dalam list tontonanmu, ya!

40. Anime Jadul 90an “Kodocha”

Kodocha

Kodocha

Di urutan pertama ada anime jadul 90an yang rasa-rasanya masih asing di telinga kita. Ya, Kodocha adalah salah satu anime 90an yang bisa dibilang punya premis unik dalam bercerita.

Mengisahkan tentang seorang bocah sekaligus aktris bernama Sana Kurata yang diadopsi oleh seorang novelis eksentrik.

Keseluruhan cerita ialah menampilkan petualangan dari si Sana ini yang mana akan mengundang gelak tawa, sobat. Ssebuah tontonan anime jadul 90an yang menghibur.

Jumlah episode: 102

Skor kami: 6/10

39. Anime Jadul 90an “Boys Over Flowers”

Boys Over Flowers

Boys Over Flowers

Boys Over Flowers adalah salah satu anime jadul 90an yang kental akan unsur shoujo sekaligus reverse harem nih, sobat. Cocok sekali untuk kamu yang memang pecinta genre seperti ini.

Garis besar ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis miskin yang memiliki beasiswa untuk bersekolah di sekolah elit. Kemudian si gadis dipertemukan dengan geng alit beranggotan 4 orang pria tampan yang menamai diri mereka sebagai F4.

Boys Over Flowers sudah diadaptasi dalam bentuk drama korea, lho. Terbukti kan bagaimana anime ini sudah sangat melekat di ingatan publik?

Jumlah episode: 51

Skor kami: 6,2/10

38. Anime Jadul 90an “Initial D”

Initial D

Initial D

Selain Boys Over Flowers, Initial D adalah salah satu anime jadul 90an yang tidak boleh kamu lewatkan khususnya untuk kamu para shounen yang suka anime bergenre sport dengan tema balapan.

Mengisahkan tentang seorang pemuda yang punya keahlian menyetir handal yang ditantang oleh seorang pembalap profesional untuk menunjukkan kemampuan menyetirnya.

Dengan menampilkan jajaran mobil sport keren di masanya, Initial D kental akan unsur shounen yang pastinya cocok buat kamu yang tidak begitu memperhatikan konflik cerita di dalamnya.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 6,3/10

37. Anime Jadul 90an “Slam Dunk”

H2 slam dunk

Slam Dunk

Kalau Initial D adalah anime sport yang menggunakan tema balapan, maka Slam Dunk adalah anime jadul 90an yang menggunakan tema basket dalam bercerita. Kerap disebut sebagai maestro dalam genre sport, berikut adalah ulasannya.

Slam Dunk mengisahkan tentang seorang siswa SMA dengan perangai ala preman yang mana hal ini dikarenakan cintanya ditolak. Penolakan cinta ini membuatnya membenci basket.

Tapi lambat laun hatinya terbuka dan menemukan bahwa basket ialah apa yang ia cari selama ini.

Jumlah episode: 101

Skor kami: 6,5/10

36. Anime Jadul 90an “Wedding Peach”

Wedding Peach

Wedding Peach

Anime jadul 90an identik dengan tema fantasi, sobat. Kamu akan menemukan banyak judul anime 90an yang membawa premis tentang gadis dan sihir. Salah satu adalah Wedding Peach.

Wedding Peach mengisahkan tentang gadis bernama Momoko yang punya kecintaan akan baju pegantin. Ia dan kedua temannya kerap berfoto menggunakan baju pengantin hingga suatu hari seorang pria misterius mencuri hal berharga yang Momoko miliki.

Perjalanan fantasi Momoko pun dimulai setelahnya.

Jumlah episode: 51

Skor kami: 6,6/10

35. Anime Jadul 90an “Ninja Rantaro”

Ninja Rantaro

Ninja Rantaro

Jika dirasa Wedding Peach terlalu kental akan unsur shoujo, maka sobat bisa coba untuk menonton Ninja Rantaro yang ceritanya berfokus kepada tokoh pria dan petualangannya.

Mengisahkan tentang Rantarou, Shinbei, dan Kirimaru yang merupakan siswa di sekolah khusus ninja. Mereka diajarkan bagaimana kebiasaan dan perilaku ninja di sekolah tersebut.

Penuh aksi konyol ala anime jadul 90an, Ninja Rantaro yang membawa pendekatan ninja cocok sekali untuk sobat simak.

Jumlah episode: 1888

Skor kami: 6,6/10

34. Anime Jadul 90an “Minky Momo”

Minky Momo

Minky Momo

Minky Momo adalah contoh lain dari anime jadul 90an yang membawa premis tentang gadis dan sihir. sempat tayang di stasiun TV nasional, tentu banyak dari kamu yang tak asing dengan nama Minky Momo.

Garis besar ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis dari negeri fantasi yang dikirim ke bumi untuk berbaur dengan mereka dan menjadi eksistensi dari negeri fantasi tersebut. Momo punya kekuatan untuk mengubah dirinya dari sosok anak kecil menjadi gadis dewasa.

Jumlah episode: 63

Skor kami: 6,7/10

33. Anime Jadul 90an “Ninja Hattori”

Ninja Hatori

Ninja Hatori

Terhitung ada beberapa anime jadul 90an yang menggunakan premis ninja dalam bercerita. Salah satunya adalah Ninja Hattori yang kali menggunakan satu tokoh sentral dalam bercerita.

Mengisahkan tentang seorang bocah bisa bernama Kenichi yang bertemu dengan sosok ninja, Hattori. Pertemuan ini membawanya untuk mengetahui kehidupan ninja dan petualangannya.

Penuh aksi seru, Ninja Hattori adalah anime jadul 90an ringan yang bisa kamu coba tonton.

Jumlah episode: 694

Skor kami: 6,7/10

32. Anime Jadul 90an “Ghost Stories”

Ghost Stories

Ghost Stories

Meski tayang pertama kali di penghujung tahun 90an, Ghost Stories adalah angin baru yang membawa konsep horor di anime jadul 90an. Bersiaplah untuk ketakutan!

Ghost Stories menceritakan tentang pemburuan hantu di sebuah sekolah bernama Amanogawa yang mana hantu tersebut punya ikatan secara tidak langsung dengan salah satu tokoh.

Penuh dengan adegan yang bikin dada sesak, Ghost Stories adalah salah satu anime horor sekaligus anime jadul 90an terbaik.

Jumlah episode: 19

Skor kami: 6,8/10

31. Anime Jadul 90an “Kobo Chan”

Kobo Chan

Kobo Chan

Diangkat dari manga terkenal, Kobo Chan adalah salah satu anime jadul 90an yang menggunakan tema slice of life dalam berceritanya. Tak perlu banyak konflik, Kobo Chan menghadirkan cerita yang terbilang ringan.

Kobo Chan akan membawa kamu untuk bertemu dengan si tokoh utama, Kobo Takata dan keluarganya. Tampak seperti keluarga normal pada umumnya, cerita akan menyajikan berbagai kegiatan keluarga Kobo.

Dengan cerita yang ringan tanpa ada konflik berarti, Kobo Chan adalah anime jadul 90an yang cocok untuk ditonton siapa saja baik anak-anak sekalipun.

Jumlah episode: 63

Skor kami: 6,8/10

30. Anime Jadul 90an “Yatterman”

Yatterman

Yatterman

Jika dirasa Kobo Chan tidak punya konflik kuat yang membuat kamu tertarik, kamu bisa coba untuk menonton Yatterman yang kali ini membawa cerita yang identik dengan para shounen.

Secara gadis besar Yatterman mengisahkan tentang perjalanan mencari harta karun berupa permata misterius yang bernama Skull Stone.

Tentu perjalanan untuk mendapatkan Skull Stone tidak akan mudah terlebih ada duo pengejar yang menamai diri mereka sebagai Yatterman.

Jumlah episode: 108

Skor kami: 6,8/10

29. Anime Jadul 90an “Rocky Rackat”

Rocky Rackat

Rocky Rackat

Di urutan selanjutnya adalah salah satu judul anime jadul 90an lainnya yang cocok untuk ditonton siapa saja termasuk anak-anak. Ya, Rocky Rackat namanya.

Rocky Rackat mengisahkan tentang seorang makhluk perpaduan antara kucing dan rakun bernama Pokonyan yang punya kekuatan khusus untuk mengubah fantasi anak-anak menjadi kenyataan.

Cerita akan menampilkan perjalanan Pokonyan untuk mengabulkan permintaan orang-orang di sekelilingnya.

Jumlah episode: 170

Skor kami: 6,9/10

28. Anime Jadul 90an “Whistle”

Whistle

Whistle!

Whistle adalah conton lain dari anime jadul 90an yang menggunakan tema sport dengan cabang olahraga sepak bola dalam bercerita. Penuh dengan nilai perjuangan dan semangat menggapain impian, Whistle adalah tontonan yang mengedukasi.

Mengisahkan tentang sang tokoh utama bernama Shou yang punya kecintaan terhadap olahraga sepak bola sejak masih SMP namun belum cukup mahir untuk terjun ke lapangan secara langsung.

Ia kemudian berpindah-pindah sekolah untuk menemukan tim sepak bola yang tepat untuknya. Berhasilkah Shou menemukan tim sepak bola yang dapat membantunya berlatih untuk menjadi pemain sepak bola yang handal? Silakan kamu saksikan sendiri, ya.

Jumlah episode: 39

Skor kami: 6,9/10

27. Anime Jadul 90an “Aoki Densetsu Shoot!”

Aoki Densetsu Shoot

Aoki Densetsu Shoot

Selain Whistle, sobat juga akan menemukan anime jadul 90an yang menggunakan tema sport dengan cabang olahraga sepak bola lewat Aoki Densetsu Shoot! yang kali ini tidak hanya menggunakan 1 tokoh sentral saja.

Aoki Densetsu Shoot! mengisahkan tentang tiga sahabat bernama Toshihiko, Kenji, dan Kazuhiro yang sudah lama bermain sepak bola dan dijuluki sebagai trio emas.

Kemudian ketiganya berhasil masuk ke sekolah baru yang sama dan siap untuk meningkatkan skill mereka di tim sepak bola sekolah tersebut.

Penuh dengan pertandingan sepak bola seru berbalut ikatan pertemanan yang solid, Aoki Densetsu Shoot! adalah salah satu anime jadul 90an yang harus kamu coba tonton terlebih jika kamu memang menyukai olahraga sepak bola.

Jumlah episode: 58

Skor kami: 7/10

26. Anime Jadul 90an “Monster Rancher”

Monster Rancher

Monster Rancher

Monster Rancher adalah salah satu anime jadul 90an yang membawa konsep game dan isekai ke dalamnya. Buat kamu yang menyukai tema seperti ini, tentu Monster Rancher adalah pilihan tepat yang bisa kamu coba tonton.

Monster Rancher mengisahkan tentang seorang bocah bernama Genki yang tersedot ke dalam game yang ia mainkan dimana di dunia game tersebut berisi banyak monster baik yang sedang disihir untuk menjadi monster jahat.

Kemudian Genki bertemu dengan teman-teman barunya dan siap menghentikan  itu.

Penuh dengan adegan berapi-api, jelas Monster Rancher adalah tontonan yang cocok banget untuk kamu para shounen yang butuh asupan isekai namun depan porsi murni. Tidak seperti anime isekai saat ini yang memasukkan elemen-elemen tambahan.

Jumlah episode: 48

Skor kami: 7,1/10

25. Anime Jadul 90an “Samurai X”

Samurai X

Samurai X

Di urutan selanjutnya ada salah satu anime jadul 90an yang hadir dengan tema yang agak serius dan berat, sobat. Kali ini Samurai X membawa konsep tentai dunia samurai.

Dengan bersetting di era Meiji Jepang, Samurai X menggambarkan kondisi Jepang yang mencekam pada saat itu dimana perang politik terjadi dimana mana.

Adalah seorang samurai pengelana bernama Himura Kenshin yang berusaha untuk menyelamatkan rakyat kecil lewat kemampuan samurainya.

Anime jadul 90an dengan membawa premis sejarah Jepang seperti Samurai X adalah tontonan yang pas untuk kamu yang menyukai anime dengan premis berat dan terkesan gelap.

Jumlah episode: 94

Skor kami: 7,2/10

24. Anime Jadul 90an “Bakabon”

Bakabon

Bakabon

Kalau kamu mencari anime jadul 90an yang ceritanya murni untuk menghibur, maka silakan masukkan Bakabon ke dalam daftar tontonan kamu, sobat. Tanpa konflik berat sekalipun, anime yang satu ini masih asik kok untuk kamu tonton.

Keseluruhan cerita dari Bakabon mengisahkan tentang keluaraga Bakabon dan keseharian mereka yang kerap mengundang gelak tawa akan elemen humor atau komedi yang mereka hadirkan di dalamnya. Menonton Bakabon kamu gak perlu mikir keras, kok.

Jumlah episode: 40

Skor kami: 7,3/10

23. Anime Jadul 90an “Ranma 1/2”

Ranma

Ranma 1/2

Mencari anime jadul 90an yang kental akan unsur femme fatale dan perjuangan wanita? Kamu bisa coba tonton anime yang satu ini karena anime jadul 90an yang satu ini menghadirkan tokoh sentral wanita, lho.

Ranma 1/2 menceritakan tentang seorang gadis Ranma yang dibesarkan di lingkungan yang semuanya adalah pria. Lingkungan ini juga yang membentuknya untuk menjadi sosok ibarat pria.

Kutukan yang dialaminya yang mana didalangi oleh ayahnya, membuat Ranma harus bergelut demi membuang kutukan tersebut.

Penuh adegan aksi, Ranma 1/2 menyajikan kamu tontonan yang memacu adrenalin sekaligus menginspirasi lewat penggambaran tokoh wanita yang dieksekusi dengan baik.

Jumlah episode: 161

Skor kami: 7,4/1o

22. Anime Jadul 90an “Astroboy”

Astroboy

Astroboy

Selain tema sihir dan fantasi, anime jadul 90an juga menyajikan banyak anime dengan tema superhero yang bahkan jumlahnya sangat banyak. Astroboy adalah salah satu dari sekian anime jadul 90an yang membawa tema ini.

Mungkin sebagian dari sobat sudah tidak asing dengan judul yang satu ini.

Astroboy mengisahkan tentang seorang robot bocah bernama Astro yang diciptakan oleh seorang ilmuan dan dilatih untuk menjadi pahlawan keadilan yang mana hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar.

Kemudian dimulai lah perjalanan Astro membantu siapa pun yang butuh pertolongan.

Dengan tema yang ringan dengan menggunakan tokoh anak kecil seperti ini, Astroboy adalah tontonan yang pas untuk siapa saja. Buat sobat yang mau bernostalgia, silakan masukkan Astroboy ke dalam list sobat.

Jumlah episode: 50

Skor kami: 7,4/10

21. Anime Jadul 90an “Pokemon”

Pokemon

Pokemon

Judul selanjutnya ini tentu sudah tak asing lagi di telinga kamu, sobat. Pokemon adalah salah satu judul anime besar yang sudah melegenda dan menjelma menjadi franchise dengan berbagai format rilisan.

Untuk lebih deket mengenal Pokemon, sobat bisa coba tonton anime rilisan pertamanya terlebih dahulu.

Pokemon mengisahkan tentang dunia fantasi bernama Pokemon dengan ragam spesies makhluk hidup di dalamnya. Sedikit demi sedikit kamu akan berkenalan dengan siapa saja makhluk unik yang ada di dalam dunia Pokemon. Menarik sekali untuk disimak, sobat.

Jumlah episode: 16

Skor kami: 7,5/10

20. Anime Jadul 90an “Yu Yu Hakusho”

Yu Yu Hakusho 1

Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho adalah salah satu anime jadul 90an yang menggunakan premis unik, sobat. Meski terkesan kuno dari segi visual, jangan anggap sepele cerita yang disajikan anime ini.

Dengan menghadirkan premis tokoh utama yang bisa hidup kembali dari kematian, sobat akan diajak untuk melihat kehidupan seorang bocah punk bernama Yusuke Urameshi yang naas harus mati akibat tertabrak mobil saat sedang menyelamatkan seorang anak kecil.

Berkat kebaikannya ini, Yusuke diberikan kesempatan untuk hidup lagi dengan syarat ia harus menjaga keamanan bumi dari ancama roh jahat. Bagaimana kisah Yusuke selanjutnya? Silahkan kamu saksikan sendiri, ya.

Jumlah episode: 112

Skor kami: 7,6/10

19. Anime Jadul 90an “Gundam”

Gundam

Gundam

Dengan bersetting dunia luar angkasa dan robot-robot antariksanya yang wah, Gundam adalah contoh lain dari anime jadul 90an yang patut untuk kamu simak.

Nama Gundam sendiri sudah sangat melekat diingatan publik. Buat kamu yang lahir di era 90an pasti mengenal Gundam sebagai produsen mainan. Tak hanya itu, Gundam sejatinya berasal dari anime, lho.

Mengisahkan tentang konflik yang terjadi antara bumi dan antaraksi yang mana dalam animenya menyajikan peperangan antara kendaraan luar angkasa, Gundam adalah tontonan wajib buat kamu yang suka anime jadul 90an bergenre mecha dan sci-fi.

Jumlah episode: 1 (Movie)

Skor kami: 7,6/10

18. Anime Jadul 90an “Saint Seiya”

Saint Seiya

Saint Seiya

Saint Seiya merupakan satu dari sekian banyak anime jadul 90an yang sudah malang melintang di dunia peranimean sejak tahun 90an, lho. Kami yakin banyak dari kamu yang mengenal dengan benar apa itu Saint Seiya. Buat kamu yang belum, berikut sinopsis singkatnya.

Secara garis besar, Saint Seiya mengisahkan tentang para dewa yang bereinkarnasi ke dalam tubuh manusia. Tentu dewa-dewa ini tak semuanya bereinkarnasi dengan tujuan yang baik. Ada pula dewa-dewa yang memanfaatkan ini untuk memperluas kekuasaan wilayah.

Penuh konflik yang semakin ditonton akan semakin membuat penasaran, Saint Seiya cocok banget kamu jadikaan tontonan jika kamu menyukai tema fantasi seperti yang ia suguhkan.

Jumlah episode: 114

Skor kami: 7,6/10

17. Anime Jadul 90an “Cardcaptor Sakura”

Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura

Jika posisi-posisi diatas ditempati oleh anime jadul 90an yang berfokus pada tokoh utama pria saja, maka lewat judul ini kamu akan menemukan semangat juang wanita. Ya, Cardcaptor Sakura menggunakan tokoh utama wanita dalam bercerita.

Dengan membawa tema sihir dan sedikit bumbu fantasi, kamu akan diajak menyaksikan tokoh utama dari Cardcaptor Sakura yang bernama Sakura.

Sakura yang didasari oleh rasa penasaran dengan sengaja membuka buku yang disegel ayahnya dan kemudian membawanya ke sebuah tanggung jawab besar.

Jumlah episode: 70

Skor kami: 7,7/10

16. Anime Jadul 90an “Fruit Basket”

Fruit Basket

Fruit Basket

Fruit Basket adalah anime jadul 90an yang sedang hangat diperbicangkan saat ini. Bukan tanpa sebab karena versi remake dari anime yang kental dengan unsur shoujo dan reverse harem akan rilis di tahun 2019.

Tentu ini adalah info yang menggembirakan mengingat anime ini sudah cukup jadul, sobat.

Mengisahkan tentang sang tokoh utama wahita bernama Tohru Honda yang sedang di titik termalang hidupnya. Tak memiliki rumah untuk ditinggali, teman sekelasnya kemudian menawarkan bantuan untuk tinggal bersama keluarga.

Apa yang Tohru lihat setelahnya membuka suatu fakta baru. Keluarga teman sekelasnya sedang dikutuk yang mana hal ini membuat mereka semua bisa berubah menjadi sosok binatang sesuai zodiak Cina. Menarik sekali untuk kamu saksikan, sobat.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,8/10

15. Anime Jadul 90an “Hunter X Hunter”

Hunter x Hunter

Hunter x Hunter

Nama Hunter X Hunter sudah sangat fenomenal di kalangan para pecinta anime. Anime jadul 90an yang tayang perdana 1999 lalu ini membawa cerita overpowered yang menarik banget untuk ditonton.

Tak heran, jika banyak forum yang menamai Hunter X Hunter sebagai anime yang melegenda.

Secara garis besar Hunter X Hunter mengisahkan tentang petualangan seorang bocah untuk mencari ayahnya yang tak pernah ia temui sama sekali. Untuk bertemu ayahnya tersebut, si bocah memerlukan kekuatan super. Bagaimana perjalanannya selanjutnya?

Seperti yang kami bilang tadi, Hunter X Hunter bertemakan overpowered. Jadi, bisa dipastikan akan ada banyak adegan duel wah di dalamnya. Cocok sekali untuk kamu para shounen!

Jumlah episode: 62

Skor kami: 7,9/10

14. Anime Jadul 90an “Perman”

Perman

Perman

Premis tentang superhero rupanya tak akan pernah lekang oleh waktu. Terbukti, sejak tahun 90an sudah ada banyak anime yang menggunakan premis ini dan sampai detik ini tercatat ada banyak jumlah anime yang mengaplikasikan premis superhero ke dalam ceritanya.

Salah satunya datang dari Perman. Menonton Perman jangan harap kamu akan menemukan superhero yang rupawan dengan tubuh kekar karena yang akan kamu temui disini adalah superhero dengan sosok seperti bocah SMP yang memakai helm unik.

Dengan fokus cerita yang lebih menitikberatkan sisi komedinya, Perman adalah anime jadul 90an yang enak banget untuk ditonton saat sedang santai, sobat.

Jumlah episode: 526

Skor kami: 8/10

13. Anime Jadul 90an “Digimon”

Digimon

Digimon

Hampir mirip dengan Pokemon, Digimon juga menyajikan banyak karakter dan unik di dalamnya. Masih menggunakan setting yang sama yaitu dunia fantasi, Digimon bak saudara kandung dari Pokemon pastinya sayang untuk sobat sekalian lewatkan.

Mengisahkan tentang sekelompok anak yang sedang menikmati liburan musim panas. Tiba-tiba sekelompok anak tersebut terdeportasi ke negeri fantasi bernama Digiworld.

Di Digiworld ini mereka akan menjumpai beragam mahluk unik yang punya perangai bermacam-macam.

Digiworld yang saat ini sedang terancam hancur harus diselamatakan oleh sekelompok anak tadi. Bagaimana kelanjutannya? Silakan kamu saksikan sendiri, ya.

Jumlah episode: 54

Skor kami: 8,1/10

12. Anime Jadul 90an “Hamtaro”

Hamtaro

Hamtaro

Sobat pasti sudah tak asing dengan judul anime jadul 90an yang satu ini. Sudah pernah malang melentang di stasiun televisi Indonesia.

Hamtaro mungkin adalah teman baik yang menemani hari-hari sobat saat masih kecil dulu. Untuk bernostalgia kembali, berikut kami berikan sinopsisnya.

Hamtaro mengisahkan tentang gadis bernama Laura yang mempunyai hewan peliharaan berupa Hamster. Hamster miliknya yang lucu ini kemudian dapat dengan mudah beradaptasi dan berteman dengan hamster-hamster lainnya.

Menggemaskan, Hamtaro adalah salah satu anime jadul 90an yang paling membekas di hati.

Jumlah episode: 296

Skor kami: 8,2/10

11. Anime Jadul 90an “Yu Gi Oh”

Yu Gi Oh

Yu Gi Oh

Mungkin banyak dari kamu yang dulunya sempat punya banyak koleksi kartu Yu Gi Oh. Ya, permainan kartu Yu Gi Oh sangat digemari pada masanya. Kamu ingin mengingat kembali kenangan saat bermain kartu Yu Gi Oh? Silakan saja tonton animenya yang tak kalah seru.

Anime Yu Gi Oh mengisahkan tentang seorang bocah bernama Yugi yang mana si Yugi ini kerap menjadi korban bully. Pada suatu hari Yugi menemukan teka-teki dan berhasil menjawabnya.

Hal ini membawa Yugi ke pengalaman yang baru. Kemudian dengan cepat ia menjadi master game.

Penuh adegan game yang seru, kamu akan diajak menyaksikan perjalanan Yugi untuk menjebak orang-orang jahat lewat permainan kartunya. Yu Gi Oh adalah sebuah tontonan yang pas untuk bernostalgia.

Jumlah episode: 27

Skor kami: 8,3/10

10. Anime Jadul 90an “Captain Tsubasa”

H2 captain tsubasa

Captain Tsubasa

Berbicara anime jadul 90an tentu akan membawa sobat untuk mengingat salah satu anime rilisan tahun 90an yang sudah sangat melegenda, Captain Tsubasa.

Anime yang bergenre sport dengan menampilkan cabang olahraga sepak bola ini punya eksekusi cerita yang menarik banget untuk kamu simak.

Secara garis besar, Captain Tsubasa mengisahkan tentang perjalanan seorang bocah kecil bernama Tsubasa yang punya hasrat dan mimpi besar menjadi kapten tim sepak bola.

Kamu akan diajak merasakan perjuangan si Tsubasa ini dari nol sampai menjadi pemain sepak bola yang hadil.

Captain Tsubasa yang sempat tayang di stasiun TV Indonesia ini, selain menampilkan pertandingan sepak bola yang seru, juga menampilkan perjalanan Tsubasa dari kecil hingga dewasa. Wajib banget untuk kamu tonton, sobat.

Jumlah episode: 128

Skor kami: 8,4/10

9. Anime Jadul 90an “Dragon Ball”

Dragon Ball

Dragon Ball

Di posisi 10 besar ini akan diisi oleh kebanyakan anime jadul 90an yang sempat tayang di stasiun TV nasional. Yang selanjutnya akan kita bahas adalah Dragon Ball.

Siapa sih yang gak kenal Dragon Ball? Selain theme songnya yang sudah sangat melekat di ingatan, Dragon Ball juga punya cerita yang seru.

Dragon Ball mengisahkan tentang seorang bocah bernama Goku dan pencariannya akan 7 Bola Naga. Bola Naga ini konon jika sudah berhasil dikumpulkan, maka ia akan mengambulkan apa saja keinginan sang empu.

Dimulai lah perjalanan Goku untuk menjadi bola-bola naga tersebut.

Jumlah episode: 153

Skor kami: 8,5/10

8. Anime Jadul 90an “Sailor Moon”

sailor moon

Sailor Moon

Sailor Moon adalah salah satu anime jadul 90an yang paling dikenal di kalangan wanita penggemar anime. Konsep dan eksekusi cerita yang shoujo banget menjadikan Sailor Moon sebagai satu dari sekian banyak anime yang dirilis tahun 90an yang melegenda.

Lantas seperti apa sinopsisnya? Sailor Moon mengisahkan tentang seorang gadis SMA biasa bernama Usagi yang tak pernah bermimpi akan menemukan kekuatan super.

Sampai suatu hari seeker kucing misterius yang bisa berbicara bernama Luna datang di kehidupannya dan membuatnya punya kekuatan magis kuat.

Usagi kemudian menjelma menjadi seorang Sailor Moon yang digambarkan sangat cantik. Dengan premis fantasi seperti ini, jelas Sailor Moon adalah tontonan yang cocok banget untuk dinikmati para shoujo.

Jumlah episode: 46

Skor kami: 8,6/10

7. Anime Jadul 90an “Inuyasha”

Inuyasha 2

Inuyasha

Datang dengan premis fantasi dan romance, Inuyasha adalah nomor selanjutnya dari anime jadul 90an yang harus kamu lirik. Sudah punya nama besar, tentu Inuyasha gak akan menampilkan cerita yang biasa-biasa saja untuk kamu, sobat.

Inuyasha mengisahkan tentang seorang gadis SMA biasa bernama Kagome yang terdeportasi ke era feodal Jepang. Di era itu ia bertemu dengan siluman setengah manusia dan tanpa sengaja memecahkan permata berharga yang sangat sakral.

Cerita kemudian akan membawa kamu untuk menyaksikan perjalanan Kagome dan siluman tersebut untuk mengumpulkan serpihan demi serpihan permata yang hancur tadi.

Jumlah episode: 167

Skor kami: 8,7/10

6. Anime Jadul 90an “Chibi Maruko Chan”

Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan

Jika judul-judul diatas menggunakan pendekatan dunia isekai dan fantasi, maka buat kamu yang butuh tontonan anime jadul 90an yang mana ceritanya lebih kalem, kamu bisa coba saksikan Chibi Maruko Chan yang kental akan unsur komedi dan slice of life-nya.

Sempat tayang di stasiun televisi nasional beberapa tahun silam, Chibi Maruko Chan mengisahkan kehidupan seorang bocah SD bernama Maruko dan keluarga beserta temannya.

Kamu akan diajak untuk melihat seperti apa sih kehidupan orang-orang Jepang yang tentunya dengan porsi yang simpel.

Mengingat sang mangaka pencipta Chibi Maruko Chan baru saja berpulang beberapa waktu yang lalu, kami mempersembahan Chibi Maruko Chan untuk sobat sekalian tonton untuk mengenang beliau.

Chibi Maruko Chan adalah salah satu anime jadul 90an yang cocok untuk ditonton siapa saja.

Jumlah episode: 142

Skor kami: 8,8/10

5. Anime Jadul 90an “Crayon Shinchan”

Crayon Shinchan

Crayon Shinchan

Satu lagi anime jadul 90an yang kental akan unsur slice of life datang dari Crayon Shinchan yang keseluruhan cerita bisa dibilang cukup provokatif dan gila. Ya, Crayon Shinchan menyajikan humor yang cenderung eksplisit dibalik tema slice of life yang dibawanya.

Sama seperti anime slice of life kebanyakan yang tayang pada 90an maupun penghujung tahun 90an, Crayon Shinchan mengisahkan tentang kehidupan bocah tk bernama Crayon Shinchan.

Crayon Shinchan ini adalah bocah yang aneh dan genit tak seperti selayaknya bocah seumurannya.

Dengan amunisi humor yang membuncah, jangan harap kamu akan menemukan cerita yang biasa-biasa saja lewat Crayon Shinchan. Dijamin ia akan membuat sobat sekalian tertawa terbahak-bahak.

Jumlah episode: 987

Skor kami: 9/10

4. Anime Jadul 90an “One Piece”

One Piece 1

One Piece

One Piece adalah salah satu anime jadul 90an yang punya premis unik dan rasanya sulit untuk menemukan pembandingnya sampai sekarang. Tak lain dan tak bukan, One Piece menyajikan cerita tentang bajak laut. Pastinya menarik sekali untuk kamuk simak, sobat.

Keseluruhan cerita dari One Piece menampilkan sang tokoh utama bernam Luffy dan pencarian harta karun bernama One Piece dengan mengarungi samudera. Tak sendiri, Luffy akan ditemani teman-temannya.

Dengan setting laut dan kehidupan para bajak laut, One Piece yang kental akan shounen ini pas sekali untuk kamu tonton karena sisi komedinya yang bakal bikin kamu ngakak.

Jumlah episode: 872

Skor kami: 9,2/10

3. Anime Jadul 90an “Detective Conan”

Detective Conan

Detective Conan

Detective Conan adalah maestro yang menjadikan anime bergenre detekfif dan misteri digandrungi sampai detik ini. Dengan franchise besar yang dimilikinya, Detective Conan adalah anime detektif yang paling terkenal.

Mengisahkan tentang Shinichi Kudo, detektif remaja yang mengalami penyusutan tubuh hingga ke ukuran anak SD karena meminum obat mematikan. Meski tubuhnya kini kecil, kemampuan detektif Shinichi yang kemudian menyamar sebagai Conan tidak pernah hilang.

Jumlah episode: 930

Skor kami: 9,3/10

2. Anime Jadul 90an “Doraemon”

Doraemon

Doraemon

Punya franchise super besar, Doraemon adalah anime jadul 90an yang sukses menamai dirinya sebagai masterpiece. Siapa sih yang gak kenal Doraemon si robot kucing berwarna biru ini? Untuk mengingat kembali, berikut kami berikan sedikit sinopsis singkat Doraemon.

Mengisahkan tentang bocah SD yang ceroboh dan bodoh bernama Nobita yang pada suatu hari kedatangan seorang robot kucing bernama Doraemon yang mengatakan akan menemani dan membantunya menjalani hari-harinya yang sulit lewat alat super canggih yang dimikinya.

Jumlah episode: 1787

Skor kami: 9,5/10

1. Anime Jadul 90an “Perfect Blue”

H2 Perfect Blue

Perfect Blue

Perfect Blue adalah yang paling kami favoritkan meski gaungnya seakan kurang terdengar. Hadir bukan lewat format TV, Perfect Blue adalah mahakarya animovie yang punya eksekusi cerita super epik.

Mengisahkan tentang Mima, mantan idol yang kini punya karir baru sebagai aktris. Meninggalkan dunia idol menimbulkan pergulatan batin yang mana hal ini akan menggiringnya ke suatau hal yang sangat serius.

Dengan konsep psikadelik, kamu akan dibuat bingung akan alur yang dibawa si Perfect Blue ini. Tapi, ini adalah kekuatan utama mereka yang menjadikan animovie ini layak banget untuk kamu simak.

Jumlah episode: 1

Skor kami: 9,7/10

Itu dia sobat 40+ Rekomendasi Anime Jadul 90an yang sudah berhasil kami rangkum untuk sobat sekalian. Tentu banyak dari kamu yang tak asing dengan beberapa judul diatas karena faktanya, mereka sempat hadir lewat stasiun TV nasional, sobat.

Meski kebanyakan judul anime jadul 90an di atas bisa ditonton siapa saja, ada juga lho beberapa judul yang harus kamu perhatikan secara seksama dulu kontennya di dalamnya seperti Crayon Shinchan dan Perfect Blue.

Hal ini terkait dengan kandungan rated content di dalam kedua anime tersebut. Jika dirasa artikel ini membantu sobat untuk menemukan anime jadul 90an yang pas, jangan lupa untuk share ke teman-teman terdekat sobat, ya!

Category:
Anime