Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

20+ Rekomendasi Anime Memasak Terbaik

Anime dengan tema kuliner memang tidak sepesat anime dengan tema petualangan, game, isekai, ataupun pertempuran iblis dan manusia.

Namun meski begitu, bukan berarti anime dengan genre ini tidak menarik sama sekali. Beberapa musim lalu, Shokugeki no Souma kembali mempopulerkan anime dengan genre ini. Jauh sebelum itu, sudah banyak pula anime yang memiliki tema kuliner.­

Untuk itu kami coba merilis apa saja anime yang memiliki tema kuliner, sekadar kembali mengingatkan memori lama bagi yang pernah melihat atau memperkenalkan kepada yang belum menonton.

20. Anime Memasak “Moyashimon”

moyashimon

Jika anime lain bercerita proses pembuatan makanan dengan memasak, maka anime ini lebih fokus ke makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Yaa, meskipun masak memasaknya tidak terlalu banyak dibanding pembahsan tentang bakterinya.

Tadayasu Sawaki adalah mahasiswa baru, dia dapat berbicara dan melihat berbagai jenis mikroba dalam bentuk chibi.

Karena kemampuannya itu, Tadayasu dan temannya Kei Yuuki belajar tentang mikroba dan mempelajari manfaatnya.

Mulai dari pembuatan keju, ikan awet, tapai, dan segala macam olahan fermentasi ada disini. Meski terlihat terlalu saintis, tapi gaya penceritaannya membuat kita tidak bosan untuk menonton.

Jumlah Episode: 11

Skor: 7.5/10

19. Anime Memasak “Silver Spoon”

silver spoon

Anime ini menceritakan tentang usaha para petani yang bekerja di industri pertanian untuk memberikan hasil pertanian terbaik. Dengan teknik bercocok tanam dan beternak yang baik, maka akan mengahsilkan makanan yang lezat.

Setidaknya itulah yang dipegang oleh Yuugo Hachiken, siswa baru di SMA Pertanian Oezo. Ia masuk ke sekolah itu yang memiliki asrama untuk bisa mandiri dan lepas dari orang tua.

Awalnya Yuugo yakin bisa hidup dengan layak dan berhasil di sekolahnya ini.  Ini terbukti dengan pengetahuannya yang mumpuni di bidang makanan, sayuran, hingga fisiologi ternak. Ia juga anak yang rajin bangun pagi dan bekerja.

Namun selama ia berada di sekolah itu, Yuugo bertemu beragam orang unik. Ia berusaha berjuang untuk menghargai lingkungan dan menggapai mimpinya.

Jumlah Episode: 11

Skor: 8/10

18. Anime Memasak “Muteki Kanban Musum”

Kanban musume

Anime ini menceritakan persaingan antar dua tempat usaha makanan yang saling berhadapan. Kendati usahanya berbeda, yakni restoran Tiongkok dan toko kue, tapi persaingan keduanya ternyata terjadi secara lengsung.

Seiring berjalan waktu, kita akan dibawa mengetahui watak Miki Onimaru, gadis pengantar makanan di restoran ibunya. Miki yang kelihatan lugu sebenarnya punya watak keras dan mudah terpancing emosi.

Begitu juga dengan Megumi, pemilik toko kue di seberang. Di depan pelanggan ia terlihat manis, tapi kalau sudah berurusan dengan persaingan bisnis, dia tampak kejam.

Namun meski begitu, cerita di sini tetap aman untuk ditonton karena persaingan keduanya dibalut bumbu komedi yang pastinya gak biking cringe. Selain itu, buat pecinta kuliner juga bisa mencoba mempraktikkan resep di film ini. Karena ditampilkan secara sederhana.

Jumlah Episode:  12

Skor: 7/10

17. Anime Memasak “Yuru Camp”

yuru camp

Anime ini sebenarnya menceritakan tentang kehidupan sekelompok siswi sekolah yang menyukai perkemahan. Mereka adalah Shima Rin, Nadeshiko, Aoi, Chiaki, dan Ena. Meski ceritanya tentang berkemah, tapi anime ini juga berfokus ke pada masak memasak di perkemahan.

Ceritanya bermula tentang Shima Rin yang selalu menyukai kemah sendiri selama liburan. Sementara orang seusianya pergi ke taman hiburan atau jalan-jalan ke tempat wisata, Rin pergi ke gunung, danau, dan sebagainya seorang diri.

Ya, dia seorang diri berkemah, masak, membaca buku, atau melihat pemandangan. Awalnya ia tak ingin merusak kebahagian kecilnya. Namun setelah ia berkenalan dengan Nadeshiko, gadis polos, kehidupannya sedikit lebih ramai.

Sejak itu Rin tidak lagi berkemah sendiri. Lama kelamaan dia sadar bahwa menikmati kemah dan makanan bersama orang lain juga terasa menyenangkan.

Jumlah Episode: 12

Skor: 8/10

16. Anime Memasak “Ristorante Paradiso”

ristoranto paradiso

Saat Nicoletta kecil, ibunya, Olga, meninggalkannya dan lari ke Roma untuk menikah lagi. Hal itu menumbuhkan dendam di hatinya.

Lima belas tahun kemudian, Nicoletta pergi ke Roma dan dan berencana menghancurkan kehidupan ibunya.

Dia melacak ibunya berada di restoran Casetta dell’Orso. Namun begitu dia masuk ke restoran itu, Nicoletta terpana melihat pegawai restoran yang berisi para pria tampan dan bersahaja. Tak hanya itu, sajian kelas tinggi seperti anggur, pasta italia dengan bebagai rempah dan bumbu juga tersaji.

Haluan Nicoletta perlahan berubah setelah ia masuk ke restoran itu. Kini hasrat balas dendamnya perlahan memudar berganti dengan beragam pengharapan di kota kolosal itu.

Jumlah Episode: 11

Skor: 7.5/10

15. Anime Memasak “Ben–To”

bento

Satou You, remaja SMA tersenggol dan terjepit diantara kerumunan orang di dalam supermarket. Pasalnya supermarket itu mengadakan kompetisi dimana bento dijual dengan setengah harga.

You saat itu pingsan. Ketika dia sadar, bento sudah habis terjual. Diapun keluar dalam keadaan sakit dan dan kelaparan. Hal yang sama terjadi di hari berikutnya ketika ada perebutan bento.

Belajar dari kesalahan, You mencoba berbagai teknik untuk bisa mendapat bento dengan setengah harga itu.

Memang konflik yang cukup konyol dan cerita yang absurd. Namun ketika dikemas dengan menarik, anime ini menjadi tontonan yang asik.

Jumlah Episode: 12

Skor: 7.5/10

14. Anime Memasak “Wakakozake”

wakako zake

Murasaki Wakako, gadis 26 tahun yang bekerja sebagai pegawai kantor. Setiap dia pulang kerja, Wakako pasti keliling untuk mencicip berbagai jenis makanan.

Makanan dan minuman yang dicicipnya beragam dan membuat penonton tertarik dengan berbagai kemungkinan makanan yang akan ditampilkan.

Anime ini mengikuti Wakako berkeliling ke banyak tempat dimana dia dapat menikmati kombinasi kenyamanan dari makanan dan minuman yang dihidang.

Meski anime ini hanya berdurasi singkat yakni 2 menit per episode, namun ceritanya sungguh menarik dan mampu membuat penontonnya tergugah.

Jumlah Episode: 12

Skor:7/10

13. Anime Memasak “Yume-iro Patissiere”

yume iro patissiere

Ichigo Amano, remaja 14 tahun, tidak punya bakat apa apa untuk membuat kue dan sejenisnya. Namun dia memiliki kemampuan unik yakni indera perasa yang bias membedakan makanan enak dan tidak.

Berkat hobinya memakan beragam jenis kue, dia bertemu dengan Henri Sensei yang mengakui kemampuan indera perasanya.

Amano kemudian disarankan neneknya yang merupakan mantan koki pastri untuk masuk ke sekolah yang fokus pada studi tentang pastri.

Meskipun awalnya dia tidak pandai memasak apapun, lama-kelamaan ia berhasil. Amano dibantu oleh Makoto Kashino, Satsuki Hanabusa, dan Sennosuke Andou. Perjuangan Amano untuk menjadi patissiere hebat dimulai.

Jumlah Episode: 50

Skor: 8/10

12. Anime Memasak “Bonjour Koiaji Patisserie”

bonjour patissiere

Anime ini sebelumnya berasal dari game simulasi dengan judul sama. Ceritanya tentang Haruno Sayuri, gadis 17 tahun yang dapat beasiswa masuk sekolah khusus pembuat kue.

Selayaknya tokoh yang menerima beasiswa, Sayuri menerima berbagai pengucilan dan menganggap dia tidak pantas masuk ke sekolah itu karena miskin.

Di sekolah ini, Sayuri bertemu dengan banyak pria tampan yang ahli dalam membuat berbagai jenis kue. Sayuri, adalah satu-satunya gadis yang berhasil menerima beasiswa dari sekolah itu yang tentu saja membuat banyak keirian ditujukan padanya.

Kurang lebih sama dengan cerita Yume Iro Patissiere, anime ini juga menyajikan banyak makanan manis yang menggugah selera.

Jumlah Episode: 24

Skor: 6.5/10

11. Anime Memasak “Amaama to Inazum”

amaama

Kouhei Inazuka adalah seorang guru di salah satu SMA. Selain mengajar muridnya, Inazuka punya tanggung jawab lain yakni mengurus putri kecilnya terutama setelah istrinya meninggal dunia. Ia kewalahan mengurus rumah tangga sekaligus perannya sebagai ayah.

Karena Inazuka tak bisa memasak, mereka sering mengkonsumsi makanan instan dari toko. Suatu hari, ketika Inazuka pulang, dia melihat anaknya tengah menonton acara tv tentang makanan enak. Anaknya bilang ingin makan makanan seperti itu.

Perasaan Inazuka terenyuh melihat hal itu. Dia lantas berlari membawa anaknya ke restoran terenak yang dia tahu. Di salah satu restoran, dia bertemu dengan salah satu muridnya yang menjadi koki di restoran milik keluarganya, gadis itu Kotori.

Sejak itulah Inazuka mulai belajar cara memasak dari Kotori. Kotori pun dengan senang hati membantu gurunya tersebut.

Jumlah Episode: 12

Skor: 7.5/10

10. Anime Memasak “Oishinbo”

oishinbo

Anime ini bercerita tentang petualangan Yamaoka Shirou dan istrinya Kurita Yuko untuk mencari masakan terbaik di Jepang.

Shirou merupakan chef sekaligus kritikus makanan sedangkan istrinya adalah reporter.  Mereka berdua mencari berbagai masakan untuk dinikmati juga dikritisi.

Selama petualanganya, Shirou dan istri harus berhadapan dengan rival terkuat yang tak lain tak bukan adalah ayahnya sendiri.

Saking populernya anime ini, pernah diadaptasi jadi live action pada 1996 dengan judul yang sama.

Jumlah Episode: 136

Skor: 7/10

9. Anime Memasak “Ramen Daisuki Koizumi-san”

koizumi

Jika mendengar istilah ramen, mungkin salah satu anime yang lekat dengan makanan ini adalah Naruto yang sejak kecil hingga besar selalu menyukai makan ramen di Ichiraku.

Kurang lebih seperti Naruto yang menyukai ramen, tokoh utama di anime ini juga sangat menyukai makan ramen. Ia bahkan rela berjalan jauh-jauh untuk mencicip berbagai jenis ramen yang ada.

Namanya adalah Koizumi, siswi cantik di salah satu SMA. Ia yang selalu melakukan perjalanan solo untuk mencicipi aneka ramen seketika berubah, ketika seorang teman sekelasnya yang bernama Yuu Oosawa gabung ke petualangan tanpa diundang.

Yuu dikejutkan oleh nafsu makan ramen yang sangat besar dari Koizumi. Selama perjalanan mereka, kita akan disuguhkan pelajaran tentang ramen yang tiada habis.

Jumlah Episode: 12

Skor: 7/10

8. Anime Memasak “Koufuku Graffiti”

koufuku graft

Anime ini memperlihatkan berbagai hidangan nikmat dengan visual yang menggugah selera. Selain itu, grafis tokoh yang moe juga membuat daya tarik tersendiri dari anime ini.

Ceritanya tentang Ryo Machiko, dia siswi SMP yang pandai dalam memasak berbagai makanan. Ilmunya ini didapat dari neneknya.

Namun ketika neneknya meninggal dan ia hidup sebatang kara, perasaannya berubah. Makanan yang kerap ia masak memiliki rasa yang aneh baginya. Itu semua diakibatkan perasaannya sendiri yang ditinggal orang terkasihnya.

Kedatangan sepupunya yang bernama Morino Kirin menyadarkan Machiko, bahwa makanan itu harusnya dinikmati bersama orang lain. Sejak itulah Machiko berusaha menciptakan makanan lezat untuk teman-temannya.

Jumlah Episode: 12

Skor: 7/10

7. Anime Memasak “Yakitate!! Ja-pan”

yakikute japan

Azuma Kazuma rela meninggalkan tanggung jawabnya sebagai pelajar demi mengejar impian untuk menjadi pembuat roti terbaik di Jepang. Dia pun diberkati dengan kemampuan tangan surya yang bisa mempercepat proses fermentasi melalui panas alami dari tangannya.

Demi mewujudkan mimpinya, Kazuma belajar ke gerai roti terkenal di Jepang bernama Pantasia. Dari sini dia mulai belajar seluk beluk mengenai pembuatan kue.

Karena kemampuan itu, Kazuma bisa membuat berbagai jenis roti enak yang tak kalah dari roti terkenal dari negara-negara lainnnya.

Selain kemampuan tangan surya, Kazuma punya kemampuan lain yakni inovasi tinggi serta determinasi yang tinggi sehingga memukau penontonnya.

Jumlah Episode: 69

Skor: 8/10

6. Anime Memasak “Cooking Papa”

cooking papa

Anime ini menceritakan kehidupah Araiwa, pekerja kantoran yang menjadi pegawai teladan di kantor dan jadi ayah yang baik di rumah.

Ketika di rumah, Araiwa selalu berusaha menghidangkan makanan terbaik bagi istri dan anaknya. Istrinya tak sempat mengurus rumah karena ia bekerja sebagai jurnalis.

Istrinya yang sibuk membuat Araiwa harus bekerja lebih. Namun Araiwa juga menikmati saat-saat memasaknya.

Berbagai hidangan menarik tersedia di sini. Bahkan serial manganya juga menyediakan resep dari berbagai masakan araiwa di setiap akhir bab cerita.

Jumlah Episode: 151

Skor: 7/10

5. Anime Memasak “Toriko”

toriko

Anime ini cukup unik karena grafis yang ditonjolkan seperti anime action shounen. Sekilas melihat grafisnya maka akan terbayang anime dragon ball.

Namun meski begitu anime ini memiliki cerita yang berfokus seputar perburuan makanan terenak. Di sebuah dunia fantasi, hamburger muncul dari dalam tanah, keju terebus di dalam perut gunung, dan berbagai keajaiban alam lainnya terjadi.

Warga dan koki berusaha untuk mencicip dan menghidangkan makanan terbaik. Makanan itu dicicip oleh para gourmet hunter. Mereka adalah orang-orang yang memburu makanan terbaik.

Salah satu gourmet hunter ialah Toriko. Ia akan bertualang keliling dunia untuk menemukan bahan bahan masakan terbaik untuk menciptakan makanan paling nikmat.

Jumlah Episode: 147

Skor: 7.5/10

4. Anime Memasak “Mister Ajikko”

mister ajikko

Yoichi Ajiyoshi, pemuda bersama ibunya mengelola sebuah restoran kecil milik keluarganya. Yoichi memiliki cita-cita menjadi koki terbaik di dunia.

Suatu ketika, Murata Genjiro, datang ke restoran Yoichi dan terkejut dengan rasa lezat dan tampilan katsu don yang dipesannya.

Murata kemudian mengundang Yoichi ke sebuah gedung bernama Aji-oh untuk melakukan tanding masak dengan seorang koki italia bernama Marui.

Yoichi kemudian berusaha menampilkan masakan yang menggugah selera serta memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu yang menjadi juri. Sejak itulah Yoichi mulai terlibat dengan pertarungan-pertarungan memasak.

Jumlah Episode: 99

Skor: 7.5/10

3. Anime Memasak “Isekai Shokudo”

isekai shokudou

Ternyata kepopuleran anime tentang dunia lain tak hanya masuk ke genre fantasi saja, namun juga masuk ke anime dengan tema masak memasak.

Isekai Shokudo bercerita tentang sebuah restoran bernama Western Restaurant Nakoya yang terletak di sudut kawasan perbelanjaan kota Tokyo. Restoran ini menyajikan makanan tradisional Jepang juga makanan barat.

Ketenaran restoran ini tidak hanya di kalangan manusia, namun juga di kalangan mahluk dunia lain. Banyak mahluk fantasi seperti naga, peri, penyihir, dan ragam lain datang untuk menikmati sajiannya.

Tak seperti restoran lain, yang tutup di akhir pekan, restoran ini justru membuka akhir pekan khusus untuk tamu dari dunia lain.

Jumlah Episode: 12

Skor: 7.5/10

2. Anime Memasak “Chuuka Ichiban”

chuuka ichiban

Anime ini memiliki latar di abad ke 19 atau di era dinasti Qing. Saat itu ada sebuah zaman fiktif yang bernama zaman perang memasak. Saat itu para koki tingkat atas berusaha dengan segala kemampuannya untuk menjadi yang terbaik.

Koki saat itu memiliki jabatan dan keberadaannya dihormati. Siapa saja yang menghina seorang koki akan dijatuhi hukuman berat.

Setiap koki yang bersaing akan memperebutkan itu semua. Namun dengan risiko yang juga besar yakni kehilangan segalanya.

Tokoh utama dalam anime ini adalah Liu Mao Tsing, yang merupakan anak dari Pai. Ibunya sangat hebat dalam memasak dan memiliki gelar peri masakan. Dia berkeinginan untuk menjadi master cheff agar bisa mengelola restoran ibunya. Makanya Mao keliling China untuk belajar.

Jumlah Episode: 52

Skor: 8/10

1. Anime Memasak “Shokugeki no Shouma”

souma

Anime ini adalah anime yang kembali membangkitkan gairah dalam dunia masak memasak. Meski tergolong anime ecchi, namun jalan ceritanya yang menarik serta masakan-masakan yang menggugah selera membuat anime ini layak di tonton.

Ceritanya tentang Yukihara Souma yang punya restoran terkenal karena kelezatannya. Restorannya itu sendiri adalah punya ayahnya.

Souma selalu berusaha untuk melampaui kemampaun sang ayah dalam memasak, karena setiap kali bertanding Souma selalu kalah. Suatu hari, ayahnya memutuskan untuk menutup kedainya dan pindah ke Amerika untuk belajar lebih banyak.

Souma awalnya menolak keputusan itu. Dia lalu dimasukkan ayahnya ke sekolah elit khusus para koki hebat. Di sekolah inilah perjuangan Souma dimulai.

Jumlah Episode: 24

Skor: 8.5/10

Itu dia daftar anime dengan tema kuliner terbaik. Bagaimana menurut sobat ponselsoak? Adakah anime lain yang bertema kuliner dan layak masuk nominasi di atas? Silakan komentar

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.