23+ Rekomendasi Anime Romance Happy Ending Terbaik

Romance dan anime adalah dua elemen yang tentu sudah tak asing lagi bagi sobat. Anime bertemakan romance punya peminat yang jumlahnya luar biasa banyak dan tercatat sebagai salah satu tema utama yang biasa diangkat dalam sebuah produksi anime.

Tema yang sarat akan kisah cinta muda-mudi ini biasanya menyuguhkan banyak adegan yang akan mengundang rasa baper buat kamu, sobat. Selain itu, anime romance juga punya kekuatan untuk menaik-turunkan perasaan lewat chemistry jajaran karakternya.

Tercatat ada banyak sekali anime bertemakan romance dengan kisah yang beraneka ragam. Biar kamu gak bingung, di pembahasan kali ini kami akan merangkum beberapa judul anime romance dengan ending bahagia atau happy ending yang pastinya gak akan bikin kamu nangis meratapi nasib sang tokoh.

Berbeda dengan sad ending, disini kamu gak akan nemuin judul anime dengan ending yang menyedihkan. Oke tanpa perlu basa-basi lebih jauh lagi, silahkan simak ulasannya berikut ini.

23. Anime Romance Happy Ending “Lovely Complex”

lovely complex

Lovely Complex

Di urutan pertama ada Lovely Complex yang membawa premis tentang perbedaan fisik yang akhirnya menumbuhkan rasa cinta. Buat kamu yang suka tipikal cerita romansa bersetting kehidupanj sekolah, maka Lovely Complex adalah pilihan yang tepat.

Mengisahkan tentang gadis bernama Koizumi Risa yang tinggi badannya melebihi tinggi rata-rata wanita jepang dan bocah laki-laki bernama Atsushi Otani, yang tinggi badannya jauh dibawah standar rata-rata pria Jepang.

Keduanya dipertemukan dan mulai menjalin hubungan unik hingga mencintai satu sama lain.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 6,2/10

22. Anime Romance Happy Ending “Skip Beat!”

Skip beat 5

Skip Beat

Jika Lovely Complex bersetting di kehidupan sekolah, lewat Skip Beat! kamu akan diajak melihat dunia showbiz dan pastinya romansa yang diciptakan karakter di dalamnya, sobat.

Skip Beat! mengisahkan tentang seorang gadis dengan mimpi besar menjadi bintang bernama Kyoko yang menemui fakta bawa pacar seperjuangan yang sama-sama sedang menapaki karir sebagai bintang film, Shotaro, mengkhianatinya.

Penuh dengan intrik ala industri hiburan, Skip Beat! adalah salah satu nomor wajib anime romance happy ending yang harus sobat tonton terlebih sudah ada adaptasi k-dramanya, lho.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,3/10

21. Anime Romance Happy Ending “Itazura na Kiss”

H2 Itazura na Kiss

Itazura na Kiss

Selain Skip Beat!, satu lagi anime romance happy ending yang sudah diadaptasi ke dalam k-drama datang dari Itazura na Kiss yang tayang sudah cukup lama.

Mengisahkan tentang gadis super polos dan cerobah yang menyimpan perasaan suka terhadap siswa paling pintar di sekolahnya sampai suatu hari mereka dipertemukan dalam sebuah rumah yang sama.

Unik, manis, dan mengocok perut. Itulah apa yang akan sobat dapatkan saat menonton Itazura na Kiss yang ceritanya bak kehidupan di dalam rumah tangga.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,4/10

20. Anime Romance Happy Ending “Golden Time”

golden time

Golden Time

Beralih ke nomor selanjutnya, ada Golden Time yang kali ini menggunakan pendekatan kehidupan mahasiswa yang rasanya cukup jarang ditemui dalam produksi anime romance. Seperti apa sinopsisnya?

Golden Time menceritakan tentang seorang mahasiswa baru bernama Banri Tadi yang baru saja pulih dari kecelakaan yang menyebabkan kehilangan ingatan.

Kemudian ia dipertemukan dengan Mitsuo Yanagisawa yang perlahan namun pasti mulai membuka ingatannya kembali.

Penuh dengan teka-teki yang non klise, Golden Time adalah pilihan tepat buat kamu yang gak suka anime romance dengan eksekusi cheesy dan terkesan lebay.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 6,6/10

19. Anime Romance Happy Ending “Kimi ni Todoke”

H2 Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Premis tentang kisah cinta antara si tampan nan populer dengan gadis yang terbilang biasa nampaknya cukup sering kita temui dalam anime romance. Hal ini lah yang dijadikan Kimi ni Todoke sebagai premis utama mereka.

Mengisahkan tentang siswi asosial bernama Sawako yang punya perawakan mirip hantu. Hal ini membuatnya kesulitan berkomunikasi dan cenderung dikucilkan hingga suatu hari siwa paling keren di sekolahnya, Kazehaya mengajaknya bicara dan dimulai lah kisah keduanya.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,7/10

18. Anime Romance Happy Ending “Toradora!”

H2 Toradora

Toradora

Toradora! adalah salah satu anime romance happy ending yang ramai diperbincangkan saat ia pertama kali rilis pada 2008 silam. Dengan karakterisasi yang kuat, Toradora! wajib masuk ke list kamu.

Menceritakan tentang hubungan antara Ryuuji dan Taiga dengan perbedaan karakter yang besar diantara keduanya. Taiga si gadis dengan perangai besar sedangkan Ryuuji si pria dengan perangai lembut.

Penuh gelak tawa dan romansa yang terbilang unik, tak heran jika Toradora! jadi salah satu anime romance dengan happy ending yang difavoritkan banyak orang.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,9/10

17. Anime Romance Happy Ending “Tonari no Kaibutsu-kun”

H2 Tonari no Kaibutsu kun

Tonari no Kaibutsu-kun

Perbedaan karakter yang jauh antara si tokoh utama A dan tokoh utama B masih jadi primadoni dalam anime romance, sobat. Premis ini lah yang akan kamu temukan lewat Tonari no Kaibutsu-kun.

Menceritakan tentang gadis yang kelewat serius belajar bernama Shizuki dan bocah laki-laki dengan perilaku ugal-ugalan bernama Haru. Keduanya mencoba menyelami kehidupan percintaan yang baru pertama kalinya mereka rasakan.

Bagaimana perjalanan keduanya? Kamu saksikan sendiri, sobat.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7,2/10

16. Anime Romance Happy Ending “Suki-tte Ii na yo”

H2 Sukitte Ii na yo

Sukitte-Ii-na-yo

Gak perlu waktu lama buat kamu untuk jatuh cinta pada “Suki-tte Ii na yo” Meski terkesan cheesy di beberapa adegan, nyatanya Say “I love you.” sangat pas mempresentasikan apa itu anime romance yang sesungguhnya.

Mengisahkan tentang seorang gadis asosial bernama Mei yang punya trauma berat akan berteman dengan siapa pun sampai suatu hari seorang siswa keren dan terkenal bernama Yamato tertarik padanya. Suki-tte Ii na yo sarat akan adegan-adegan yang bikin baper, sobat.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7,3/10

15. Anime Romance Happy Ending “Kaichou wa Maid-sama!”

H2 Kaichou wa Maid sama

Kaichou wa Maid-sama

Kaichou wa Maid-sama! punya pesan feminisme yang kuat alih-alih banyak memperlihatkan kisah asmara sang tokoh utama. Sebuah tontonan yang menghibur sekaligus mengispirasi, sobat.

Mengisahkan tentang ketua OSIS yang anti sekali dengan pria bernama Misaki. Diam-diam Misaki bekerja sebagai pelayang di cafe dengan konsep maid.

Suatu ketika siswa terkeren di sekolahnya, Usui menemukan jati dirinya yang sebenarnya. Lantas bagaimana kisah keduanya setelah itu?

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,4/10

14. Anime Romance Happy Ending “Ouran High School Host Club”

Ouran Koukou

Ouran High School Host Club

Meski dibalut oleh tema reverse harem, tak menutup fakta bahwa Ouran High School Host Club juga menghadirkan kisah cinta antar dua tokoh yang porsinya sedikit lebih banyak dibanding tokoh yang lain.

Secara garis besar, Ouran High School Host Club mengisahkan tentang seorang gadis SMA pintar namun miskin yang harus terjebak dalam sebuah kontrak dimana dirinya harus menjadi anggota Host Club di sebuah sekolah khusus kalangan elit.

Banyak hal konyol yang bakal kamu temukan lewat Ouran High School Host Club, sobat. Tak heran jika Ouran High School Host Club menjadi salah satu anime romance happy ending yang sangat terkenal sampai saat ini.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,6/10

13. Anime Romance Happy Ending “Koi to Uso”

koi to uso

Koi To Uso

Untuk kamu yang butuh anime romance happy ending dengan konten yang sedikit lebih berani namun masih aman untuk ditonton, Koi to Uso adalah pilihan yang pas terlebih ia hadir dengan kualitas visual yang menarik.

Mengisahkan tentang cinta segitiga antara si tokoh utama pria bernama Yukari dengan 2 gadis lainnya, Misaki dan Ririna yang mana kisah cinta ketiganya terikat dalam sebuah aturan negara yang sangat menjengkelkan.

Mungkin kamu akan kesal sendiri saat menonton Koi to Uso ini, sobat.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,8/10

12. Anime Romance Happy Ending “Nijiiro Days”

H2 Nijiiro Days

Nijiiro Days

Cenderung terlupakan dan jarang diekspos, Nijiiro Days adalah salah satu anime romance happy ending yang cukup manis untuk disimak karena ceritanya yang natural.

Masih bersetting kehidupan muda-mudi SMA, Nijiiro Days mengisahkan tentang persahabatan antar 4 pria yang mana masing-masing dari mereka memiliki pujaan hati masing-masing dan bagaimana cara memenangkan hati sang gadis pujaann hati tersebut.

Tanpa perlu menggembar-gemborkan adegan romansa yang berlebihan, Nijiiro Days hadir dengan porsi pas dan pastinya manis untuk disimak.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 8/10

11. Anime Romance Happy Ending “Tamako love’s story”

tamako love story

Tamako’s Love Story

Hadir seperti spin-off, Tamako love’s story adalah kelanjutan dari anime slice of life Tamako’s Market yang kali mengisahkan perjalanan cinta sang tokoh utama. Siapa lagi kalau bukan Tamako sendiri.

Mengisahkan tentang Tamako yang kali ini sedang dilanda perasaan gelisah akan mimpi dan tujuannya di masa depan. Ia tak sendiri, beruntung teman sekaligus tetangga juga mempunyai perasaan yang sama.

Keduanya pun mulai mencari tahu arti tujuan dari hidup mereka yang sebenarnya. Mengenai kualitas, Kyoto Animation jelas tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain visual yang menarik, Tamako love’s story adalah sisi lain dari Tamako dan kehidupannya.

Jumlah episode: 1 (Movie)

Skor kami: 8,2/10

10. Anime Romance Happy Ending “Ao Haru Ride”

IMG 20190111 195109 1

Ao Haru Ride

Rasa-rasanya, nama Ao Haru Ride sudah sangat melekat dengan anime romance. Tentu bukan hal aneh sebab Ao Haru Ride mampu mengeksekusi semua elemen dalam genre romance dengan sangat apik, sobat.

Mengisahkan tentang Futaba yang menemukan bahwa kini teman semasa SMP sekaligus cinta pertamanya, Kou pindah ke sekolahnya. Namu apa yang ia dapat ialah bukan Kou yang sama seperti Kou yang dulu.

Apa yang menyebabkan Kou berubah dan bagaimana cara memenangkan hatinya? Dengan premis apik dan cenderung agak dark, Ao Haru Ride adalah tontonan wajib buat kamu para pecinta anime romance. Jangan lupakan soundtracknya yang bikin candu, sobat.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,4/10

9. Anime Romance Happy Ending “ReLIFE”

H2 ReLife

Dengan premis awal yang terbilang unik, ReLIFE adalah nomor anime romance dengan happy ending yang jauh dari kata klise dalam bertutur. Plot twistnya sungguh menarik, sobat.

Secara garis besar, ReLIFE mengisahkan tentang seorang karyawan yang diberi kesempatan untuk mengulangi masa SMA nya guna memperbaiki nasibnya di masa depan.

Kembali menjadi siswa SMA, kini ia terlibat dalam berbagai problematikan anak sekolahan dan pastinya cinta.

Jumlah episode: 13 (Season 1)

Skor kami: 8,5/10

8. Anime Romance Happy Ending “Tada-kun wa Koi wo Shinai”

H2 Tada kun wa Koi wo Shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai

Tada-kun wa Koi wo Shinai adalah nomor baru anime romance happy ending yang masih fresh karena baru saja tamat tahun 2018 lalu.

Mengisahkan tentang Mitsuyoshi, seorang pria yang belum pernah sekali pun merasakan apa itu cinta. Ia dipertemukan dengan seorang gadis dari negeri asing bernama Teresa.

Dimulai lah kisah keduanya dengan awal mulai hanya sebagai teman hingga memunculkan perasaan antara keduanya.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,6/10

7. Anime Romance Happy Ending “Akagami no Shirayuki-hime “

Akagami no Shirayuki hime

Akagami no Shirayuki-hime

Akagami no Shirayuki-hime hadir bak kisah romansa ara fairy tale dan bikin kamu takjud dengan pengembangan karakter para tokoh di dalamnya.

Akagami no Shirayuki-hime mengisahkan tentang seorang gadis dengan rambut merah unik yang mengundang rasa tertarik bagi pangeran yang kemudian berniat untuk mempersuntingnya.

Sadar dan tak mau hal ini terjadi, sang gadis kemudian melarikan diri ke dalam hutan dan insiden pun terjadinya. Dengan setting tempat yang terbilang wah, Akagami no Shirayuki-hime adalah nomor wajib untuk kamu tonton, sobat.

Jumlah episode: 12 (Season 1)

Skor kami: 8,8/10

6. Anime Romance Happy Ending “Yamada-kun to 7-nin no Majo”

H2 Yamadakun to 7 nin no majo

Yamada-kun To 7 Nin No Majo

Yamada-kun to 7-nin no Majo adalah salah satu anime romance happy ending dengan sedikit bumbu fantasy namun masih bersetting di kehidupan nyata.

Terkesan seperti fanservice, Yamada-kun to 7-nin no Majo mengisahkan tentang suatu sihir aneh dimana siapa pun orang yang terkena sihir itu bisa saling bertukar tubuh hanya dengan berciuman.

Terdengar konyol, namun Yamada-kun to 7-nin no Majo mampu menampilkan sisi romansa yang sangat baik, sobat.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9/10

5. Anime Romance Happy Ending “Gekkan Shoujo Nozaki-kun”

H2 Gekkan Shoujo Nozaki kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun punya premis unik, konyol, dan mengedukasi yang pastinya sayang banget kalau kamu lewatkan, sobat.

Mengisahkan tentang Chiyo yang harus menjadi asisten komikus sekaligus orang yang ditaksirnya, Nozaki. Nozaki yang kurang peka malah berpikir kalau Chiyo adalah salah satu penggemar manganya.

Kini Chiyo terjebak dalam sebuah ikatan tanpa status dengan sang pujaan hati.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,2/10

4. Anime Romance Happy Ending “Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl-senpai no Yume wo Minai”

H2 Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Senpai no Yume wo Minai

Jika sobat mencari tontonan anime romance dengan bumbu psikologi, Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl-senpai no Yume wo Minai adalah pilihan yang sangat tepat.

Mengisahkan tentang sebuah sindrom pubertas dimana siapa pun yang menderitanya akan mengalami berbagai fenomena aneh. Cerita berfokus kepada Mai dan Sakuta dimana keduanya mencoba untuk menyembuhkan sindrom aneh ini. Kisah keduanya tentu diliputi cinta.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 9,4/10

3. Anime Romance Happy Ending “Wotaku ni Koi ha Muzukashii”

H2 Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi ha Muzukashii menggunakan kehidupan para otaku di ruang lingkup pekerjaan yang menarik banget untuk kamu simak, sobat.

Mengisahkan tentang seorang fujoshi bernama Narumi dan otaku game bernama Hirotaka yang sepakat untuk berpacaran meski keduanya sangat polos akan hal ini terlebih keduanya adalah teman semasa kecil dulunya.

Tak hanya mereka, cerita juga menampilkan romansa tokoh lain, lho.

Jumlah episode: 11

Skor kami: 9,3/10

2. Anime Romance Happy Ending “Kamisama Hajimemashita”

kamisama hajimemashita

Kamisama Hajimemashita

Tak afdol jika tidak menempatkan Kamisama Hajimemashita di daftar ini. Selain punya image kuat akan anime romance, Kamisama Hajimemashita juga menghadirkan plot twist keren, sobat.

Mengisahkan tentang Nanami, gadis yang mewarisi tahta sebagai Dewa Bumi yang jatuh cinta pada pelayannya sendiri, Tomoe. Kamisama Hajimemashita adalah kisah cinta manusia dan siluman yang mampu dieksekusi dengan sangat baik. Masterpiece!

Jumlah episode: 13 (Season 1)

Skor kami: 9,4/10

1. Anime Romance Happy Ending “Ookami Shoujo to Kuro Ouji”

H2 Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji adalah salah satu anime romance happy ending yang gak boleh kamu lewatkan, sobat. Pengembangan karakter yang ada di dalamnya menarik banget untuk disimak.

Mengisahkan tentang Erika, gadis pembual yang harus terikat kontrak dengan pacar bohongannya, Kyouya demi kelangsungan kehidupan SMA nya. Siapa sangka berawal dari ikatan aneh ini, muncul benih-benih cinta di antara keduanya.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,5/10

Demikian sobat 23+ Rekomendasi Anime Romance Happy Ending yang berhasil kami rangkum untuk sobat sekalian yang sedang mencari amunisi romance dengan banyak adegan manis dan bikin baper di dalamnya. Judul-judul di atas mampu menjawab permintaan sobat.

Anime romance dengan ending yang membahagiakan tentu akan menimbulkan perasaan sukacita bagi sobat. Silakan pilih judul mana yang sekiranya cocok untuk kamu. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke orang-orang terdekat sobat, ya!