Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Anime Sport Terbaik

Anime sport adalah salah satu dari sekian banyak genre yang difavoritkan para penggemar animasi khas Jepang selain genre action, fantasy, horror, adventure, dan lain-lain. Genre yang sarat akan semangat ini biasanya hadir dengan intensitas visual dan atmosfir yang bikin semangat kita berapi-api, lho.

Anime sport identik dengan penggambaran tokoh-tokohnya dimana mereka akan berjuang keras untuk mencapai tujuan kemenangan. Yang tak boleh ketinggalan adalah nilai moral yang ada di dalamnya. Melalui anime sport kita dapat belajar banyak hal tentang mengejar ambisi dan cita-cita.

Meski demikian, anime sport tak melulu berisi ambisi dan cita-cita. Ada juga beberapa judul anime sport yang lebih menitik beratkan hubungan pertemanan, kekeluargaan, dan intrik sosial lainnya yang pastinya membuat premis sport yang dibangun tidak terasa membosankan.

Untuk membangunkan kembali semangat sobat, kami sudah merangkum apa saja nih anime sport terbaik yang wajib kamu tonton untuk menemani hari-hari sobat. Cocok untuk kamun tonton bersama teman-teman mu yang barangkali menyukai olahraga-olahraga di bawah ini.

Bagi kamu yang kebetulan tertarik atau bahkan tergabung dalam olahraga-olahraga yang digambarkan anime di bawah, rekomendasi kami pas banget untuk dijadikan referensi untuk meningkatkan skill sobat. Selamat menonton, ya!

PS: beberapa judul dibawah sudah dikonfirmasi akan mendapatkan season lanjutan, lho. Baca dengan seksama, ya!

30. Tsuritama

H2 tsuritama

Tsuritama

Nomor pertama yang akan kami rekomendasiin ke sobat adalah Tsuritama dimana jenis olahraga yang dibawanya adalah memancing.

Mendengar kata memancing rasanya kok rasanya membosankan, gak ada tanding-tandingan, dimana letak semangatnya? Eitsss, tunggu dulu. Tsuritama meski pun lemah di bagian sport-nya, tapi mereka punya elemen lain yang bikin animenya seru untuk ditonton. Saran kami, tunggu lah.

Ya, Tsuritama menghadirkan elemen komedi dengan intensitas yang bisa kami bilang lebih banyak dari pada kegiatan mancing-memancingnya. Apakah benar ini anime sport? Silahkan sobat tonton sendiri.

Buat sobat yang butuh asupan komedi, Tsuritama yang visualnya terlihat lucu dan menggemaskan bisa menjadi pilihan sobat untuk mengisi waktu luang.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,3/10

29. Ping Pong The Animation

H2 ping pong the animation

Ping Pong The Animation

Membaca judulnya, sobat sudah tahu kan ini anime tentang apa? Ya, Ping Pong. Cabang olahraga yang lumayan familiar di kuping kita. Bagaimana jadinya jika ping pong diadaptasi ke dalam bentuk anime?

Sebenarnya plotnya klise. Mengisahkan seorang siswa bernama Makoto Tsukimoto yang menyadari bakatnya akan bermain ping pong. Kemudian didasari oleh bakatnya ini, ia memutuskan untuk bergabung dengan klub ping pong di sekolahnya.

Dengan dibantu orang-orang terdekatnya seperti guru dan seniornya, dimulailah petualangan Makoto untuk menjadi atlit ping pong yang handal dengan tujuan memenangkan berbagai turnamen.

Yang kami suka dari Ping Pong The Animation adalah visualnya yang unik. Meski mendapat komentar negatif dari orang-orang, kami rasa visualnya gak jelek-jelek amat kok. Malah ini yang membuat Ping Pong The Animation melekat di ingatan para penggemar anime. Coba lah untuk menonton episode 1 nya dulu.

Jumlah episode: 11

Skor kami: 6,5/10

28. Prince of Tennis

H2 prince of tennis

Prince of Tennis

Jika dirasa Ping Pong The Animation kurang memuaskan sobat, kamu bisa coba nonton Prince of Tennis yang dari segi visual terlihat jauh lebih realistis dan down to earth.

Prince of Tennis menceritakan tentang kedatangan seorang pemain tenis super handal di sebuah sekolah yang memang terkenal akan klub tenisnya yang hebat. Dengan kehandalannya, setelah bergabung dengan klub tersebut, ia langsung mendapatkan posisi lineup.

Kedatangan si pemain super ini tentu membawa angin baru yang semakin mengokohkan nama klub tenis di pertandingan-pertandingan antar sekolah yang nantinya akan digambarkan di dalam Prince of Tennis.

Bagi kamu yang butuh anime sport dengan alur yang tidak terlalu lambat, cenderung cepat, bisa banget jadiin Prince of Tennis sebagai salah satu tontonan kamu.

Jumlah episode: 178

Skor kami: 6,6/10

27. Girls & Panzer

H2 girls panzer

Girls & Panzer

Kedua judul diatas memfokuskan ceritanya pada olahraga dengan tokoh laki-laki. Bosan? Tenang saja, Girls & Panzer hadir buat sobat yang suka anime sport dengan mayoritas tokoh wanita di dalamnya.

Membaca judulnya, apa yang terlintas di pikiran sobat? Panzer? Olahraga macam apa?. Percayalah, itu juga yang ada di benak kami saat pertama membacanya. Cukup aneh, sobat.

Ternyata, panzer adalah objek yang digunakan untuk cabang olahraga bernama Senshado. Dimana Senshado adalah olahraga menaiki tank yang hanya dikhususkan untuk wanita. Unik ya.

Tokoh utamanya adalah Miho, siswa yang trauma akan olahraga Senshado ini tapi mau tak mau harus mengikuti Senshado meskipun sudah pindah sekolah. Tujuannya adalah satu, untuk memenangkan kejuaraan. Mampukah Miho mengatasi traumanya?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,7/10

26. Baby Steps

H2 baby steps

Baby Steps

Baby Steps menghadirkan cerita dengan objek cabang olahraga yang sama dengan Prince of Tennis. Ya, pertandingan-pertandingan tenis adalah apa yang akan sobat lihat lewat Baby Steps.

Kalau di Prince of Tennis tokoh sentralnya sudah mahir sejak awal, maka di Baby Steps kamu akan diajak untuk melihat perjalanan seseorang yang tadinya sama sekali tidak tertarik dengan tenis menjadi pemain tenis handal.

Adalah Maruo Eiichirou, siswa pintar dengan IQ tinggi yang mulai tertarik dengan olahraga tenis saat SMA. Tadinya keseharian dan tujuannya hanya lah untuk belajar terus-menerus demi nilai terbarik. Mindset-nya berubah saat  bertemu Takasaki Natsu, siswa tenis yang berbakat.

Dengan IQ nya tersebut, Maruo melejit dengan cepat menjadi pemain tenis yang handal. Disini kamu bisa melihat betapa ambisiusnya mencapai cita-cita sebagai atlit tenis meski seorang amatir. Baby Steps adalah tontonan yang menginspirasi.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 6,7/10

25. Keijo

H2 keijo

Keijo

Satu lagi judul anime sport dengan cabang olahraga unik yang kurang familiar di telinga sobat, Keijo menghadirkan olahraga sundul-sundulan di atas air yang bisa kami bilang sangat menghibur. Nama olahraga tersebut ialah Keijo.

Keijo adalah cabang olahraga air dimana para pesertanya bediri di suatu platform dan harus saling menyerang satu sama lain dengan anggota tubuhnya agar tidak terjatuh ke dalam air. Kami yakin sobat baru pertama kali mendengar olahraga seperti ini.

Berangkat dari keinginan untuk menaikkan taraf ekonomi keluarganya yang miskin, Nozomi berjuang keras agar bisa menjadi atlit Keijo yang handal dan menghasilkan banyak uang. Bagaimana perjalanan Nozomi? Kamu saksikan sendiri ya, sobat.

Yang pasti, disini sobat bakal nemuin banyak fanservice, lho. Keijo adalah tontonan wajib buat sobat-sobat yang suka elemen fanservice di dalam sebuah anime.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,8/10

24. Kaleido Star

H2 kaleido star

Kaleido Star

Kaleido Star adalah salah satu anime sport lawas yang membawa premis tentang dunia sirkus dan segala serba-serbinya yang rasanya sulit menemukan pembanding dengan premis serupa. Meski tayang sudah lumayan lama, Kaleido Star masih layak kamu tonton, sobat.

Mengisahkan tentang perjalanan seorang gadis dengan kemampuan akrobatik memukau yang bermimpi untuk bergabung dengan Kaleido Stage, sirkus yang ia idam-idamkan sejak kecil. Tentu bukan hal mudah karena ia akan menemui banyak rintangan demi mewujudkan mimpi besarnya.

Dengan premis mengejar cita-cita sebagai pemain sirkus, Kaleido Stage menghadirkan cerita penuh intrik terutama intrik sosial dimana disini kamu akan melihat sikut-menyikut antar pemain sirkus. Sebuah penggambaran dunia sirkus yang jarang orang tahu. Kamu wajib tonton karena Kaleido Star punya cerita yang kuat.

Jumlah episode: 51

Skor kami: 6,9/10

23. Hinomaruzumou

H2 Hinomaruzumou

Hinomaruzumou

Cabang olahraga sumo yang identik dengan atlit-atlitnya yang berbadan besar bisa kamu saksikan lewat Hinomaruzumou yang cocok banget buat kamu para shounen (remaja pria).

Stigma olahraga yang acap kali dibilang membosankan dan gak keren ini seakan hilang saat kamu menonton Hinomaruzumou karena disini yang bakal sobat temuin adalah karakterisasi yang kuat dari tokoh utamanya yang badass abis. Jauh deh sama kesan sumo selama ini.

Hilangkan semua prasangka negatif kamu, karena Hinomaruzumou hadir dengan kekuatan penggambaran tokoh yang bikin kamu semangat berapi-api saat menontonnya.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 7/10

22. Area no Kishi

H2 area no kishi

Area no Kishi

Anime dengan cabang olahraga sepak bola sebagai fokus utama ceritanya seakan tak terhitung jumlahnya. Area no Kishi adalah salah satunya. Tentu banyak dari kamu yang sudah tahu apa itu dan bagaimana sistem permainan sepak bola kan?

Mengisahkan Kakeru Aizawa, siswa yang handal dalam bermain sepak bola namun haru berhenti bertanding akibat kecelakaan yang ia alami. Trauma, ia memimpikan untuk menjadi pelatih sepak bola profesional saja yang menaungi kakaknya, pemain sepak bola yang sudah malang melintang mewakali Jepang.

Area no Kishi hadir dengan konflik yang lumayan berat dimana di sini cerita gak hanya seputar pertandingan sepak bola dan tetek-bengeknya, kamu akan disajikan intrik keluarga dan bagaimana cara menemukan diri setelah kegagalan dan bangkit setelahnya.

Jumlah episode: 37

Skor kami: 7/10

21. Over Drive

H2 over drive

Over Drive

Yang satu ini adalah anime tentang gowes-menggowes. Ya, Over Drive menyajikan cabang olahraga bersepeda sebagai plot utama mereka.

Berangkat dari premis yang agak gelap, menceritakan si tokoh utama bernama Shinozaki Mikoto dimana ia adalah siswa yang kerap menjadi korban bully dan merasa seperti tak ada seorang pun yang memihak kepadanya. Sampai suatu ketika seorang siswi cantik mengajaknya untuk bergabung ke dalam klub sepeda.

Selanjutnya sobat pasti tahu kan bakal seperti apa ceritanya? Sama halnya dengan anime sport lain, lewat Over Drive kamu bakal diajak untuk menyaksikan perjalanan seorang atlit balap sepeda dari nol. Yang menjadikan Over Drive patut kamu simak adalah premis awalnya tadi dengan membawa tindak sosial berupa bully-ing.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,1/10

20. Redline

H2 redline

Redline

Kalau sobat pernah baca komik superhero keluaran Marvel dan kebetulan suka, nah yang satu ini bisa jadi pilihan kamu. Redline menghadirkan pengalaman nonton anime sport dengan grafis yang unik dimana desainnya mirip sekali seperti artwork dalam komik vintage superhero. Jenius!

Dengan memasukkan unsur fantasy didalamnya, Redline menghadirkan cerita dengan cabang olahraga balap mobil yang mana lintasan yang digunakan bukan lah di bumi tapi di luar angkasa. Keren kan?

Untuk plotnya sendiri, cukup rumit. Kami gak akan mengupasnya disini. Yang pasti buat sobat pecinta anime dengan visual yang estetik, agak nyeleneh tapi tetap asik, Redline bisa memenuhi permintaan kamu.

Jumlah episode: 1

Skor kami: 7,2/10

19. Ookiku Furikabutte

H2 ookiku furikabutte

Ookiku Furikabutte

Anime sport tak selalu datang dengan tim olahraga yang sudah dari sananya hebat. Mereka perlu usaha dan kekompakan tim untuk menjadi juara. Hal ini lah yang coba disampaikan anime dengan tema baseball, Ookiku Furikabutte.

Mengisahkan Nishiura, siswa SMA tahun pertama yang memiliki kecintaaan terhadap baseball tapi sudah lama ditinggalkannya. Ia menemukan bahwa klub baseballnya saat ini sangat lemah tanpa ada semangat dari pemainnya. Kemudian ia bertemu dengan Abe, seorang yang handal dalam baseball.

Dimulailah petualangan Nishiura dan Abe untuk menggapai kejayaan klub baseball sekolahnya. Disini tema baseball dieksekusi dengan cukup baik dimana sobat gak akan dibuat bosan saat menonton perjalanan Nishiura dan timnya.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 7,2/10

18. Hajime no Ippo

H2 hajime no ippo

Hajime no Ippo

Selanjutnya datang dari Hajime no Ippo, anime yang sudah lumayan lawas bertemakan tinju yang berangkat dari premis dimana si tokoh utama adalah korban bully yang mencoba mencari jati dirinya. Terdengar sedikit kelam, ya.

Memusatkan cerita pada Ippo Makunouci, siswa introvert yang tak pandai bergaul semenjak kematian ayahnya yang berimbas kepada kepribadiannya dimana ia jadi sasaran empuk pelaku bully-ing untuk menggodanya.

Keadaan berubah saat ia bertemu dengan Mamoru Takamura, atlit tinju handal yang sudah malang melintang di berbagai ajang pertandingan. Pertemuan ini menyadarkan Ippo akan dirinya yang sebenarnya memiliki kekuatan dan berbakat di bidang tinju.

Kemudian, Ippo bergabung dengan klub tinju dan berusaha mencari tahu apa arti dirinya sebenarnya. Lewat Hajime no Ippo, sobat akan dibuat untuk menyemangati si tokoh Ippo ini, lho.

Jumlah episode: 75 (season 1)

Skor kami: 7,4/10

17. Giant Killing

H2 giant killing

Giant Killing

Seperti yang kami sebutkan tadi, anime bertemakan sepak bola seakan tak ada habisnya. Kali ini datang dari Giant Killing dengan plot yang menarik untuk disimak.

Menceritakan tentang kepulangan Takeshi Tatsumi, expert dalam bidang sepak bola yang baru saja kembali dari Inggris setelah berhasil menggiring tim sepak bola ke kejuaraan bergengsi. Kepulangannya ini tak disambut baik sebab ia dianggap telah menelantarkan ETU (East Tokyo United).

ETU adalah tim yang sedang mengalami kemerosotan semenjak ditinggal Takeshi. Kepulangan Takeshi bertujuan untuk mengembalikan kejayaan tim dengan mencari beberapa pemain baru yang handal.

Nah, lewat Giant Killing, sobat akan diajak untuk melihat bagaimana pengorganisasian tim sepak bola sampai menjadi satu kesatuan tim yang utuh. Penuh edukasi, Giant Killing menghadirkan sepak bola dengan perspektif baru.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,4/10

16. Air Gear

H2 air gear

Air Gear

Jika sepak bola dan baseball dirasa membuat sobat bosan, maka kali ini cabang olahraga yang jarang dilirik orang mungkin bisa menjadi tontonan yang fresh untuk kamu. Air Gear membawa balap sepatu roda sebagai fokus utama mereka.

Tokoh utamanya adalah Ikki, pemuda yang menyukai sepatu roda dan tanpa sengaja tahu-tahu sudah terbawa ke dunia lain bernama Air Track. Kok bisa ya?

Dengan memasukkan elemen fantasy, kamu bisa masuk ke dunia imajinatif super menegangkan lewat Air Gear yang mana isinya adalah tentang balap-balapan sepatu roda mesin. Pertandingan yang disajikan didalamnya sangat menarik untuk disimak, lho.

Jumlah episode: 25

Skor kami: 7,5/10

15. One Outs

H2 one outs

One Outs

Lagi-lagi bertemakan baseball, kali ini One Outs hadir dengan visual yang cowok banget dengan artwork tegas. Menonton One Outs malah mirip seperti anime action dan adventure. Sebuah pengalaman yang baru.

Premisnya adalah tentang ambisi seseorang untuk mengembalikan kejayaan tim baseballnya. Adalah Kojima Hiromichi, seorang ace dari tim baseball yang sedang terpuruk bernama Lycaons. Bertekad untuk mengembalikan nama kuat timnya, ia mengikuti kamp pelatihan demi tujuannya tersebut.

Royalitas tinggi terhadap tim baseball adalah apa yang akan sobat temuin lewat One Outs. Tokoh utamanya berhasil mengeksekusi hal ini dengan baik. One Out adalah anime sport yang cocok banget buat kamu shounen sejati!

Jumlah episode: 25

Skor kami: 7,6/10

14. Days

H2 days

Days

Anime-anime sport adalah jenius dalam hal pembangunan karakternya dari yang tadinya sama sekali tidak punya kemampuan menjadi sangat handal. Terlebih ia datang dari Mappa, studio anime favorit kami. Days mencoba membuktikan itu.

Mengisahkan Tsukushi Tsukamoto, siswa SMA yang gak pernah kepikir untuk jadi pemain sepak bola menemukan bahwa ia tertarik dengan olahraga mengejar bola ini saat temannya meminta ia untuk menjadi pemain sementara karena kurangnya jumlah pemain.

Meski minim pengalaman, Tsukushi bertekad untuk bisa menjadi pemain sepak bola handal karena sepak bola lah yang sudah membakar dan membangkitkan semangatnya.

Days adalah sajian yang pas untuk sobat yang mau melihat bagaimana perjuangan seseorang untuk menjadi pribadi yang hebat. Tentunya dengan kerja keras dan usaha. Days adalah tontonan yang menginspirasi.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 7,8/10

13. Major Series

H2 major series

Major Series

Satu lagi anime sport dengan tema baseball, Major Series. Hadir dengan sangat inspiratif dengan memasukkan elemen kekeluargaan.

Mengisahkan Goro, anak remaja pada umumnya yang memimpikin menjadi pemain baseball handal seperti ayahnya. Impiannya ini harus ia lalui dengan berbagai rintangan dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Berhasilkah Goro menggapai impiannya?

Major Series adalah perjalanan penuh inspirasi yang membuat sobat seakan masuk ke dalam ceritanya dan ingin menyoraki si Goro ini.

Sobat kebetulan adalah pemain baseball? Nah, coba tonton Goro, ya. Kami yakin semangatmu bakal semakin berkobar setelah menontonnya.

Jumlah episode: 26 (Season 1)

Skor kami: 7,9/10

12. Eyeshield 21

H2 eyeshield 2

Eyeshield 21

Yang satu ini merupakan anak dari cabang olahraga sepak bola yaitu American Football. Mungkin kamu masih asing dengan namanya, tapi percayalah kamu gak akan dibuat bingung saat menyaksikan animenya. Eyeshield 21 datang dengan premis yang lumayan non-konvensional, lho.

Mengisahkan Sena Kobayakawa (seperti biasa anak sekolah dan dunia sekolah jadi setting utamanya). Ia digambarkan memiliki tinggi badan cenderung pendek yang kerap kali dijadikan korban bully-ing. Ironis sekali ya menyaksikan tindakan bully dalam sebuah anime.

Suatu ketika saat hari pertamanya bersekolah, si Sena ini dipojokkan dan diseret ke sebuah ruang klub American Football dimana dirinya dipaksa untuk menjadi sekretaris klub tersebut. Lantai bagaimana kelanjutannya?

Sena yang menyadari akan potensinya dalam olahraga tersebut kemudian mencoba peruntungannya dan ia berhasil menjadi ace dengan nomor punggung 21. Itu lah mengapa anime sport ini dinamakan Eyeshield 21.

Jumlah episode: 37

Skor kami: 8/10

11.  Cross Game

H2 cross game

Cross Game!

Sobat butuh anime sport dengan bumbu-bumbu konflik keluarga? Maka jatuhkan pilihan sobat dan sempatkan untuk menonton Cross Game. Anime baseball dengan desain karakter yang menurut kami lucu.

Pondasi hubungan keluarga yang kompleks coba disajikan anime yang kali ini memakai cabang olahraga baseball dalam bertutur. Disini sobat gak hanya menyaksikan pertandingan demi pertandingan baseball, tapi juga latar belakang kehidupan tokoh-tokohnya. Cukup menarik.

Tak hanya konflik keluarga, disini kamu juga akan menemukan bumbu-bumbu romance. Ya… walaupun cuma sekilas ya. Konflik tadi lah yang menjadi ceritanya menjadi semakin hidup.

Cross Game cocok banget buat kamu yang menyukai anime sport yang gak 100% menyajikan pertandingan, tapi juga sarat akan nilai-nilai slice of life dimana tokoh-tokohnya lebih down to earth dan sentimental. Masukkan Cross Game ke dalam listmu, ya.

Jumlah episode: 50

Skor kami: 8,1/10

10. Captain Tsubasa

H2 captain tsubasa

Captain Tsubasa

Ah, rasanya kami gak perlu deh ngasih tahu kamu lebih lanjut tentang anime ini karena siapa sih yang gak tau Captain Tsubasa? Anime ini sudah sangat melekat di ingatan kita semua. Bahkan mungkin kegemaran kamu nonton anime berawal dari sini.

Captain Tsubasa adalah anime lawas yang berkisah tentang Tsubasa Ozora, seorang anak laki-laki yang bermimpi untuk menjadi pemain sepak bola handal dan bermain di ajang Piala Dunia. Mimpinya tentu bukan isapan jempol belaka, karena pada akhirnya ia berhasil menginjakkan kakinya di Piala Dunia tersebut.

Kisahnya sendiri cukup panjang, sobat. Banyak rintangan demi rintangan yang dilalui Tsubasi untuk menggapai mimpi besarnya. Luangkan banyak waktu untuk menontonnya, ya.

Buat sobat yang merasa grafis Captian Tsubasa jadul banget, jangan khawatir karena pihak studio sudah me-remake anime ini dengan grafis yang pastinya kekinian. Pilihan tergantung sobat, mau nonton versi legend-nya atau versi yang sudah diperbaharui.

Jumlah episode: 128

Skor kami: 8,2/10

09. Uma Musume

H2 uma musume

Uma Musume

Uma Musume adalah bukti dari anime sport dengan imajinasi tanpa batas, LOL. Kenapa bisa dibilang imajinasi tanpa batas? Karena Uma Musume seakan melompat jauh dari anime-anime sport kebanyakan yang tampil konvensional dan ya! menghibur sekali untuk ditonton.

Kali ini cabang olahraga yang dipakai adalah olahraga lari yang mana bukan cabang olahraganya yang imajinatif, tapi para tokoh peserta pertandingan lari ini lah yang unik bin nyeleneh. Out of the box sekali.

Disini jangan harap kamu akan nemuin tokoh yang biasa-biasa aja. Yang akan sobat temui adalah tokoh manusia setengah kuda, lho. Gimana? Kebayang gak? Hahaha. Kamu harus saksiin sendiri gimana serunya!

Ambisi tentu hal yang pasti dalam Uma Musume. Mengisahkan tentang pertandingan gadis-gadis yang kami sebut tadi (setengah manusia setengah kuda) untuk memenangkan pertandingan dan menjadi idol di ajang nasional tersebut. Sangat menarik untuk disimak.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,4/10

08. Chihayafuru

H2 chihayafuru

Chihayafuru

Kamu para shoujo (remaja wanita) butuh tontonan sport yang biasanya ditujukan untuk laki-laki saja? Atau sobat ingin ngerekomendasiin anime sport ke pacar sobat? Jangan gusar karena kami punya Chihayafuru sebagai bahan tontonan dan teman-teman kamu.

Mengisahkan Chihaya Ayase, gadis yang selalu memikirkan orang lain ketimbang diri sendiri dan impiannya. Suatu hari teman barunya yang bernama Arata Wataya memperlihatkan kemampuan hebatnya bermain karuta (Permainan kartu tradisional Jepang).

Dari situ lah Chihaya menyadari akan akan yang dicarinya untuk hidup dan apa arti dari sebuah impian. Cerita kemudian bergulir menyajikan perjalanan Chihaya sebagai pemain karuta.

Visual yang cantik ala anime shoujo adalah nilai lebih yang Chihayafuru punya. Mungkin judul-judul sebelumnya punya amunisi semangat yang berkobar-kobar tapi lain hal nya dengan Chihayafuru yang tampil kalem namun tetap asyik untuk diikuti.

Jumlah episode: 25 (Season 1)

Skor kami: 8,6/10

07. Kaze ga Tsuyoku Fuiteru

H2 kaze ga tsuyoku fuiteiru

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Nomor selanjutnya datang dari anime yang tayang sejak 2018 lalu dan lumayan sering dibicarakan di forum-forum pecinta anime. Terlebih ia datang dari Toho Animation, studio anime yang sama dengan anime sport yang kami favoritkan (nanti akan kami spill).

Jika kebanyakan anime sport menghadirkan anak sekolah sebagai tokoh-tokohnya, maka di Kaze Tsuyoku Fuiteru, sobat bakal dibawa untuk menyaksikan cowok-cowok kuliahan yang amatir dalam olahraga lari tapi punya ambisi kuat untuk mencapai mimpi bertanding lari di Hakogen.

Mengisahkan tentang Haiji yang sedang dalam pencariannya mencari anggota ke-10 untuk mengikuti kompetisi lari. Lantas ia bertemu dengan Kakeru, pelari dengan kecepatan gila yang kehidupan masa lalunya penuh misteri. Misterinya sedikit demi sedikit akan terbongkar, sobat.

Bersama anggota-anggota lainnya yang mana mayoritas anak kuliahan bahkan ada yang sudah bekerja, Haiji berusaha menyatukan kekuatan timnya meski awalnya sulit tapi kemudian semuanya dapat bersinergi untuk menggapai impian bersama.

Jumlah episode: 23

Skor kami: 8,8/10

06. Tsurune

H2 tsurune

Tsurune

Hasil dari studio anime yang tak perlu diragukan lagi kepiawaiannya dalam menampilkan visual yang memanjakan mata, Tsurune adalah nomor baru dari anime bergenre sport yang tayang sejak tahun lalu dengan membawa cabang olahraga non-konvensional.

Panahan adalah apa yang disajikan Tsurune. Mengisahkan tentang perjalanan Minatio, atlit panahan handal yang harus mengubur mimpinya karena sindrom panik target yang dialaminya. Hal ini lah yang membuatnya gagal memenangkan kompetisi.

Keseluruhan ceritanya lebih menitik-beratkan hubungan pertemanan dan menemukan jati diri (khas anime sport keluaran KyoAni banget). Bahkan bisa dibilang olahraga panahannya tampil jauh lebih sedikit dari pada intrik sosialnya.

Buat sobat yang menyukai anime bervisual cantik, Tsurune bisa jadi pilihan sobat meski pun olahraganya belum dibicaran lebih jauh. Kemungkinan akan akan season lanjutannya, lho.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,9/10

 

05. Free!

H2 free

Free!

Free! adalah franchise hebat yang sudah menelurkan banyak sekuel beserta movienya (Movie selanjutnya sudah dikonfirmasi akan tayang 2020 mendatang, lho). Berbicara tentang anime sport sulit rasanya jika tidak memasukkan Free!! ke dalam list.

Anime yang sarat akan fanservice ini membawa cabang olahraga renang sebagai sajian utamanya. Season pertamanya menceritakan tentang Haruka Nanase, perenang handal yang dengan ketiga temannya Makoto, Nagisa, dan Rei berjuang untuk klub renang yang baru mereka bangun.

Kembalinya teman masa kecil Haru, Makoto, dan Nagisa yang bernama Rin mengantar cerita ke konflik yang sebenarnya. Si Rin ini kepribadiannya bertolak belakang sekali dengan Rin yang dulu mereka kenal. Rin kini arogan.

Dengan visual memukai (Terima kasih untuk Kyoto Animation), Free!! menghadirkan intrik persahabatan yang kuat. Adegan endingnya adalah puncak dari konflik tadi. Keren banget sobat, kamu wajib tonton Free!. Sarankan ini ke teman wanitamu, ya!

Jumlah episode: 12 (Season 1)

Skor kami: 9/10

04. Slam Dunk

H2 slam dunk

Slam Dunk

Slam Dunk adalah salah satu judul anime bertemakan basket yang sudah amat melegenda dan melekat di ingatan para penggemar anime di seluruh dunia. Jangan harapkan visual yang memukau karena Slam Dunk sudah lama sekali tamat. Membosankan? Jelas tidak dong.

Plot awalnya lumayan pelik, sobat. Disini kamu akan diajak untuk melihat bagaimana patah hati bisa merusak kecintaanmu pada sesuatu. Adalah Hanamichi Sakuragi, tokoh sentral berambut merah yang membenci basket karena cintanya ditolak mentah-mentah.

Kebenciannya pada basket tentu tak bertahan lama karena kemudian ia mulai menyadari akan kecintaan dan ambisinya terhadap basket. Kemudian cerita bergulir menyajikan perjalanan Hanamichi dengan basketnya. Menarik sekali untuk disimak karena visual khas banget.

Jumlah episode: 101

Skor kami: 9,2/10

03. Kuroko no Basuke

H2 kuroko no basuke

Kuroko no Basuke

Jika Slam Dunk diibaratkan “ayah” dalam anime sport dengan cabang olahraga basket, maka Kuroko no Basuke adalah “anaknya”. Sama-sama bertemakan basket dan sama-sama dikenal para pecinta anime, Kuroko no Basuke membuktikan berhasil keluar dari bayang-bayang Slam Dunk.

Yang menarik dari Kuroko no Basket adalah desain tokoh-tokohnya sentralnya yang memiliki rambut beraneka ragam warna. Sangat mencuri perhatian!

Mengisahkan tentang Kuroko Tetsuya, pemain basket handal yang juga siswa SMA tahun pertama yang bertemu dengan Kegemi Taiga, siswa yang memiliki kemampuan basket setara dengan kekuatan teman-temannya di klub basket saat SMP.

Kemudian keduanya tergabung dalam klub basket SMA beserta partner lainnya dan berusaha keras untuk memenangkan kejuaraan tingkat nasional. Satu yang menjadikan Kuroko no Basuke menarik untuk disimak adalah kadar comedy nya yang melimpah. Wajib tonton!

Jumlah episode: 25 (Season 1)

Skor kami: 9,3/10

02. Yuri!!! on Ice

H2 yuri on ice

Yuri!! on Ice

Memilih siapa kah yang pantas untuk menduduki posisi pertama dan kedua amat lah sulit bagi kami, sobat. Keduanya sama-sama memberikan kesan membekas untuk kami. Tapi we have to choose among two of them and here we go, Yuri!!! on Ice kami pilih untuk menduduki posisi kedua.

Datang dari Mappa, studio anime favorit kami, tentu tak perlu diragukan lagi kualitas Yuri!!! on Ice dari segi scoring, original soundtrack dan yang paling utama, visualisasinya yang menampilkan atlit-atlit ice skating dengan sangat ciamik dan brilian. Masterpiece!

Katsuki Yuuri adalah atlit ice skating perwakilan Jepang yang harus kalah saat pertandingan Grand Prix. Pulang dengan rasa bersalah dan berniat untuk pensiun, Yuuri tak menyangka bahwa pesaing sekaligus idola yang menginspirasinya, Victor Nikiforov memintanya untuk menjadi coach dari si Yuuri ini.

Yuri!!! on Ice adalah salah satu mahakarya yang berhasil Mappa ciptakan. Disini kamu akan diberikan sajian ice skating yang grande and absolutely epic! Saran kami, segeralah dengarkan lagu-lagu soundtracknya setelah kamu selesai menontonnya.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,5/10

01. Haikyuu!

H2 haikyuu

Haikyuu!!

Menonton Haikyuu! adalah ibarat menaiki roller coaster yang siap memompa jantungmu sembari menyemangati tim bola voli bernamakan Karasuno yang bertanding tanpa kenal lelah di berbagai set pertandingan. Tak heran Haikyuu digilai banyak sekali orang. Kami? Tentu saja.

Mengisahkan Hinata Shouyou, siswa bertubuh kecil yang bermimpi besar untuk menjadi pemain bola voli profesional meski pun tinggi tubuhnya sering kali diremehkan orang lain. Jangan salah, lho si Hinata ini punya kekuatan super apalagi jika sudah disandingkan dengan Kageyama.

Haikyuu! adalah maestro di anime bergenre sport yang rasanya sulit bagi kita untuk tidak menyukainya. Departemen karakter yang rapi, pengembangan karakter yang kuat, intensitas ketegangan tinggi, serta tak luput amunisi komedi yang sangat “kena” adalah kekuatan dari Haikyuu!!

Nama besar Haikyuu! sudah tidak perlu diragukan lagi, sobat. Belum sah rasanya kalau kamu belum nonton anime sport berskor tinggi ini yang sudah dikonfirmasi akan mendapatkan season lanjutannya. Siap-siap, ya!

Jumlah episode: 25 (Season 1)

Skor kami: 9,6/10

Itu dia tadi sobat, 30 Rekomendasi Anime Sport Terbaik yang berhasil kami rangkum untuk kamu semua penggemar anime dengan eksekusi cerita yang bikin semangat berapi-api dan membuat kamu serasa seperti ada di animenya. Menarik kan?

Anime sport identik dengan intensitas pertandingan-pertandingan yang akan sering ditampilkan di sepanjang animenya. Hal ini lah yang kerap kali menjadi incaran para penggemar anime sport karena biasanya scene dimana pertandingan ditampilkan penuh klimaks.

Dari sekian banyak judul yang sudah kami sebutkan, yang paling kami rekomendasikan adalah Haikyuu! yang berhasil mengeksekusi berbagai elemen menjadi sajian anime sport yang brilian dan hebat.

Kalau sobat tak masalah dengan tahun tayang sebuah produksi anime, coba lah untuk menontok Slam Dunk dan Captai Tsubasi yang merupakan legend dari anime bergenre sport.

Pilihan ada di tangan sobat, mana kah yang menjadi pilihan sobat saat memutuskan untuk menonton sebuah anime. Sebarkan rekomendasi kamu ke teman-teman mu ya, sobat!

 

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.