insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

10+ Rekomendasi Anime Tinju Terbaik

Anime dengan genre sport jumlah sudah tak terhitung jumlahnya, sobat. Faktanya, anime yang mengambil premis tentang cabang olahraga ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Banyak diantaranya yang kini dianggap sebagai legenda maupun tonggak awal yang menjadikan genre sport digandrungi hingga saat ini.

Berbicara tentang anime sport tentu tak terlepas dengan berbagai macam jenis olahraga yang ada di dunia nyata yang kemudian diadaptasi ke dalam format anime baik untuk televisi maupun layar lebar. Sobat mungkin tak asing dengan Captain Tsubasa, salah satu contoh anime sport bertemakan sepak bola yang sudah melegenda.

Meski jumlahnya membludak, ternyata masih ada banyak judul anime sport yang kurang dikenal publik walaupun dari segi cerita, penokohan , maupun pesan yang disampaikan tak kalah dengan anime sport yang sudah punya nama besar. Didasari oleh fakta ini, kami menghadirkan artikel ini untuk sobat.

Nah, anime sport yang kali ini akan kita bahas dan ulas adalah anime sport yang bertemakan olahraga tinju. Tentu kamu sudah tak asing dengan tinju, kan? Tinju adalah cabang olahraga dimana kekuatan fisik lah yang menjadi senjata utama untuk menjatuhkan lawan di dalam ring pertandingan 1 lawan 1.

Tercatat ada beberapa judul anime sport bertemakan tinju yang sudah dilempar ke pasaran sejak puluhan tahun silam hingga saat ini. Kami akan merangkum anime tinju apa saja yang cocok untuk sobat jadikan referensi. Silahkan simak baik-baik, ya!

10. Anime Tinju “Slow Step”

Slow Step

Slow Step

Di urutan pertama dari posisi buncit ada Slow Step yang tayang tahun 1991 silam. Anime produksin studio Pastel ini merupakan jenis anime sport bertemakan tinju yang menggunakan tokoh wanita sebagai sentral cerita yang mana pastinya dalam ceritanya nanti akan ada unsur feminisme yang kuat.

Meski sisi tinjunya terlihat tidak terlalu dieskspos, tapi Slow Step punya amunisi lain selain olahraga tinju yang saling berkaitan dengan premis tinju itu sendiri. Dengan sedikit bumbu drama dan percintaa, anime yang tergolong klasik ini menarik untuk disimak. Seperti apa sinopsisnya?

Slow Step mengisahkan tentang seorang gadis muda, pelajar sekolah menengah bernama Minatsu yang pada suatu hari menjadi saksi dari insiden tabrak lari dan diancam oleh pelaku tabrak lari tersebut.

Untuk menyelamatkan nyawanya, kini ia menyamar sebagai sosok baru bernama Maria. Cerita kemudian bergulir menampilkan cinta segitiga antara Maria, Kadomatsu, dan Shuu yang punya andil besar dalam kehidupan Minatsu dan saling berkaitan dengan dunia tinju.

Dengan bumbu drama seperti ini, Slow Step adalah salah satu anime tinju yang wajib sobat masukkan ke dalam list.

Jumlah episode: 5 (OVA)

Skor kami: 6,5/10

9. Anime Tinju “One Pound Gospel”

One Pound Gospel

One Pound Gospel

Anime sport bertemakan tinju tak serta merta hanya menampilkan pertandingan di dalam ring tinju saja di sepanjang ceritanya, ada latar belakang yang mendasari bagaimana si tokoh utama bisa menjadi atlet tinju.

Hal ini lah yang tentu tak terlepas dari One Pound Gospel yang menggunakan konsep seperti itu.

Premis awalnya sendiri terbilang cukup unik, sobat. Kamu akan disuguhkan sajian anime sport bertemakan tinju dengan penggambaran si tokoh utama yang agak konyol dan ada satu yang unik: hubungan si tokoh dengan seorang biarawati. Seperti apa ulasannya?

One Pound Gospel mengisahkan tentang seorang atlet tinju berusia 19 tahun yang bernama Hatanaka Kosaku.

Meskipun atlet namun ia tak bisa mengontrol diri akan kecintaannya pada makanan. Hal ini membuat berat tubuhnya naik dengan drastis yang pastinya tidak ideal bagi seorang atlet tinju.

Kemudian cerita menampilkan biarawati bernama Suster Angela yang hadir untuk memotivasi semangat Kosaku dalam mengontrol dan menurutkan berat badannya.

Selain menyajikan pertandingan tinju seru, One Pound Gospel adalah perjalanan yang memperlihatkan sisi lain dari seorang atlet tinju.

Jumlah episode: 1 (OVA)

Skor kami: 6,7/10

8. Anime Tinju “Nozomi Witches”

Nozomi Witches

Nozomi Witches

Jika sobat merasa Slow Step dan One Pound Gospel terlalu tampil nyeleneh dan out of context dari apa yang selayaknya ada dalam anime sport bertemakan tinju, maka silahkan kamu saksikan Nozomi Witches.

Anime sport bertemakan tinju yang tayang 1992 silam ini menghadirkan cerita yang lebih ringan.

Menilik balik dari judul sebelumnya, One Pound Gospel yang menampilakan si tokoh utama atlet tinju dengan kemampuan dan status yang sudah ditunjukkan sejak awal cerita, lewat Nozomi Witches kamu tidak akan menemukan hal itu, sobat.

Nozomi Witches menceritakan tentang Nozomi Egawa dan Ryoutaro Shibah. Mereka adalah dua orang siswa sekolah menengah yang bersahabat dan tinggal bersebelahan. Pada suatu hari Nozomi melihat potensi besar dari Ryoutaro akan dunia tinju.

Nozomi kemudian mendesak Ryoutaro untuk bergabung ke dalam klub tinju untuk satu tujuan: menjadi perwalikan Jepang di Olimpiade Tinju Barcelona.

Nozomi Witches adalah perjalanan Ryoutarto untuk menjadi petinju handal dengan dukungan sang sahabat tercinta, Nozomi.

Jumlah episode: 3 (OVA)

Skor kami: 6,9/10

7. Anime Tinju “Ring ni Kakero 1”

Ring ni Kakero 1

Ring ni Kakero 1

Ring ni Kakero 1 adalah salah satu anime sport bertemakan tinju yang membawa premis klasik dimana si tokoh utama akan berjuang sekuat tenaga untuk menang tanpa adanya embel-embel berlebihan yang menggambarkan latar belakang sang tokoh.

Buat kamu yang mencari anime sport bertemakan tinju dengan premis konvensional, cenderung natural dan gak berlebihan, maka anime tinju yang tayang tahun 2004 ini layak untuk kamu tonton.

Poin lebihnya adalah: anime Ring ni Kakero 1 gak terlalu jadul untuk kamu tonton.

Mengisahkan tentang dua kakak beradik dengan hubungan atlet tinju dan pelatihnya bernama Ryuuji Takane dan Kiku Takane. sang atlet dan tokoh utama Ryuuji harus merelakan kekalahannya kala bertanding dalam turnamen tinju antar sekolah menengah.

Atas dasar rekomendasi sang rival, Ryuuji dan adik sekaligus pelatihnya, Kiku, menuju turnamen pertandingan bernama Karnaval Champion yang levelnya sama dengan turnamen tinju sebelumnya.

Kemudian dimulai lah perjalanan Ryuuji untuk membuktikan bahwa dia lah yang terkuat dari yang kuat.

Jumlah Episode: 12

Skor kami: 7,2/10

6. Anime Tinju “Rokudenashi Blues”

Rokudenashi Blues

Rokudenashi Blues

Di nomor selanjutnya ada salah satu judul anime sport betemakan tinju dengan unsur school yang kuat, sobat. Rokudenashi Blues yang tayang tahun 1992 ini membalut olahraga tinju dengan dunia sekolah yang menarik sekaligus relevan dengan apa yang terjadi hinggat saat ini. Everlasting!

Alih-alih menunjukkan sang tokoh utama yang sudah punya status sebagai atlet tinju, Rokudenashi Blues bergerak mundur dengan memperlihatkan sang tokoh dengan problematika hidup ala remaja yang cukup rumit nih, sobat. Seperti apa sinopsisnya?

Rokudenashi Blues menceritakan tentang seorang siswa sekolah menengah berandal bernama Taison Maeda. Dengan keberandalannya ini, Taison punya potensi kekuatan besar untuk berkelahi dengan siapa saja yang mengusiknya.

Hal ini lah yang kemudian memotivasinya untuk menjadi atlet tinju handal. Tentunya jalannya tak mudah. Pada suatu hari ia dan temannya harus telibat dalam sebuah bentrokan antar siswa beda sekolah yang mana ada gadis yang ia sukai terlibat di dalamnya.

Penuh dengan drama ala sekolah, Rokudenashi Blues menyajikan cerita ala zero to hero dengan versi yang membumi.

Junmlah episode: 1 (Movie)

Skor kami: 7,5/10

5. Anime Tinju “Ganbare Genki”

Ganbare Genki

Ganbare Genki

Ganbare Genki yang tayang puluhan tahun silam, tepatnya tahun 1980 ini punya cerita yang gak biasa nih sobat. Tenang saja yang gak biasa disini bukan temanya yang nyeleneh dan berlebihan, tapi lebih ke penggambaran latar belakang tokohnya yang terasa sensitif dan mengundang rasa iba.

Ya, Ganbare Genki adalah satu dari sekian banyak anime sport yang menggunakan pendekatan hubungan ayah dan anak dalam bercerita. Tentu yang dihadirkan akan terasa sensimental terlebih Ganbare Genki juga membawa isu tentang kemiskinan, lho.

Ganbare Genki Mengisahkan tentang si tokoh utama bernama Shark Horiguchi, seorang mantan atlet tinju sekaligus seorang ayah tunggal dari Genki.

Hidup dalam kemiskinan setelah kematian istrinya, atas motivasi sang anak, Shark Horiguchi memutuskan kembali lagi ke ring tinju yang sempat membesarkan namanya dulu.

Dengan sinopis yang terasa melankolis diatas, tentu menjadikan Ganbare Genki tak hanya tontonan yang memfokuskan diri pada pertandingan tinju saja, tapi juga menunjukkan hubungan ayah dan anak yang dibumbui drama.

Ganbare Genki sangat menarik untuk disimak karena kekuatan ceritanya.

Jumlah episode: 35

Skor kami: 7,7/10

4. Anime Tinju “Ashita no Joe (Tomorrow’s Joe)

Ashita no Joe Tomorrows Joe

Ashita no Joe (Tomorrow’s Joe)

Jika anime sport biasanya menampilkan sang tokoh utama protagonis dengan segala perjuangan demi kemenangan, lewat Ashita no Joe (Tomorrow’s Joe) kamu gak akan menemukan tokoh utama seperti itu. Kenapa? Karena Ashita no Joe (Tomorrow’s Joe) bergerak ke arah yang berlawanan.

Ashita no Joe (Tomorrow’s Joe) menampilakan si tokoh utama yang kali ini merupakan seorang antagonis. Mungkin sebagian dari kamu akan menganggapnya aneh, tapi percayalah dengan melihat premis awalnya kamu pasti akan merasa iba dengan si tokoh utama.

Mengisahkan tentang seorang yatim piatu yang hidup berkelana seorang diri tanpa sanak saudara bernama Joe. Suatu hari bertemu dengan seorang pelatih tinju yang takjub dengan kekuatan bertarung dari Joe dan kemudian melatihnya.

Sayang, Joe menyalahgunakan kekuatannya untuk memeras orang lain. Hal ini lantas membawa Joe ke penjara.

Namun sang pelatih yakin jika Joe pasti  berubah dan bisa emanfaatkan kekuatan bertarungnya ke arah yang lebih baik: menjadi atlet besar yang bertanding di olimpiade. Bagaimana perjalanan Joe selanjutnya? Silahkan kamu saksikan sendiri, ya.

Jumlah episode: 1 (Movie)

Skor kami: 8,2/10

3. Anime Tinju “Ayane’s High Kick”

Ayanes High Kick

Ayane’s High Kick

Mengerucut ke posisi puncak, di urutan tiga besar ada Ayane’s High Kick yang hadir dengan konsep femme fatale dimana di dalam animenya, Ayane’s High Kick menggunakan tokoh sentral wanita dalam bercerita.

Sudah bisa dipastikan bahwa isi ceritanya sarat akan nilai-nilai feminisme dan perjuangan.

Ayane’s High Kick tampil eksentrik dengan menampilkan tokoh utama wanita sebagaia atlet tinju yang mana hal ini terasa asing karena sejatinya olahraga tinju identik dan diperuntukan untuk para pria.

Bagaimana jadinya jika wanita yang mengambil alih? Silahkan simak sinopsisnya, sobat. Ayane’s High Kick mengisahkan tentang seorang gadis bernama Mitsui Ayane yang mempunyai hasrat dan mimpi besar untuk menjadi atlet tinju.

Namun sayang, ia harus mengalami kekalahan saat mengikuti audisi gulat bernama All-Japan. Tentu ini bukan akhir dari segalanya bagi sang gadis dengan ambisi kuat.

Kemudian cerita membawa sobat ke pertemuan antara Ayane dan pemilik tempat gym yang nantinya akan menjadi pelatih untuk Ayane.

Keduanya bertekad untuk mencapai kemenangan meski caranya tidak lah mudah. Ayane’s High Kick adalah representasi dari gadis kuat yang pastinya menginspirasi, sobat.

Jumlah episode: 2 (OVA)

Skor kami: 8,5/10

2. Anime Tinju “Hajime no Ippo (Fighting Spirit)”

Hajime no Ippo Fighting Spirit

Hajime no Ippo (Fighting Spirit)

Nama Hajime no Ippo (Fighting Spirit) sendiri sudah cukup dikenal di kalangan para penggemar anime. Anime sport bertemakan tinju yang sudah menjadi franchise besar ini sudah pasti layak kamu simak karena sajian pertandingan adu hantam di atas ringnya yang sungguh memacu adrenalin.

Tayang perdana tahun 2000 silam, Hajime no Ippo (Fighting Spirit) adalah rilisan awal dari Hajime no Ipoo alias season pertamanya.

Premis yang dibawanya cenderung klise dan sudah banyak diaplikasikan di berbagai anime sport tapi tunggu sampai kamu bagaimana ceritanya dieksekusi.

Hajime no Ippo (Fighting Spirit) menceritakan tentang sang tokoh sentral bernama Ippo Makunouchi, bocah biasa yang tidak punya teman dan kerap jadi korban bully yang terus memukulinya hingga suatu hari ia diselamatkan oleh seorang petinju yang karirnya sedang meroket, Takamura.

Pertemuan ini lah yang meyadarkannya apa arti dari kekuatan diri dan Ippo kemudian bertekad untuk menjadi petinju handal untuk merubah dirinya.

Penuh dengan unsur zero to hero, Hajime no Ippo (Fighting Spirit) adalah perjalanan berat Ippo untuk mendapatkan tahta jawara dan ajang pembuktian dirinya.

Jumlah episode: 75

Skor kami: 9/10

1. Anime Tinju “Megalo Box”

Megalo Box

Megalo Box

Maju cepat ke tahun 2018, di posisi puncak ada Megalo Box yang hadir untuk memperingati Ashita no Joe, salah satu anime sport bertemakan tinju legendaris.

Dengan garis cerita yang masih sama dan saling berkesinambungan, Megalo Box adalah versi pembaharuan dari Ashita no Joe.

Konsep cerita yang kuat sedari awal adalah dasar kenapa proyek Megalo Box ini hadir. Megalo Box yang kali ini menggunakan pendekatan sci-fi, menampilkan kembali pertadingan sengit Joe, sang atlet dari dunia penjara dengan kekuaran bertarung super.

Tentu unsur modernisasi akan sobat temukan di sini.

Dengan menggunakan setting waktu dimana dunia tinju saat ini sudah disertai dengan pelengkapan futuristik super canggih, sobat diajak untuk melihat kembali sosok Joe yang kali ini mempertanyakan akan kegunaan kekuataannya di era yang sudah sangat modern.

Kemudian takdir membawa Joe untuk bertanding di Megalonia, dunia tinju dengan segala kompleksitasnya. Pembuktian jati diri adalah apa yang Joe cari kali ini.

Buat kamu yang butuh tontonan anime sport bertemakan fresh, Megalo Box sangat pantas untuk kamu simak, sobat.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 9,2/10

Itu dia sobat 10+ Rekomendasi Anime Tinju Terbaik yang berhasil kami rangkum dan pastinya ulas untuk sobat semua. Ulasan-ulasan di atas dibuat untuk memudahkan kamu untuk memilah dan memilih mana anime sport bertemakan tinju yang layak untuk kamu tonton.

Judul-judul diatas mungkin masih terdengar asing bagi kamu. Tapi percayalah, meski asing namun kekuatan cerita yang terkandung di dalamnya menarik sekali untuk kamu simak. Pilih lah mana yang paling kamu sukai, sobat.

Jika apa yang sudah kami bahas bermanfaat buat kamu, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman sobat, ya.