insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomenasi Film yang Diangkat dari Kisah Nyata

Meskipun banyak film fiksi yang hadir dengan suguhan gambar dan special effect yang memukau, namun rasanya film yang diangkat dari kisah nyata tetap memiliki ruang tersendiri di hati penggemarnya.

Hampir semua film bisa dikatakan diangkat dari kisah nyata, tetapi tak semua kisah nyata digambarkan secara utuh. Sebagian film terkadang hanya mengambil poin cerita lalu menambahkan berbagai sentuhan agar film terlihat lebih hidup dan mampu melekat di hati penonton.

Mulai dari kisah inspiratif para tokoh terkenal hingga film berlatar sejarah dalam perspektif berbeda. Berikut rangkuman film yang diangkat dari kisah nyata yang tak hanya layak untuk ditonton tetapi juga mampu menginspirasi. Simak ulasannya selengkapnya.

30. Memories of Murder (2003)

Memories Of Murder

Bergenre drama kriminal, film karya sineas Korea Selatan ini menjadi pembuka diurutan ke 30 film yang diangkat dari kisah nyata. Memories of Murder bercerita tentang sebuah kasus pembunuhan berantai yang baru pertama kali terjadi dalam sejarah Korea Selatan.

Peristiwa pembunuhan berantai tersebut terjadi  di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi sekitar tahun 1986 hingga 1991. Dibintangi oleh Song Kang-Ho dan Kim Sang-Kyung, keduanya berperan sebagai detektif Park dan detektif Seo yang berusaha kuat untuk mengusut kasus pembunuhan tersebut.

Banyak ketegangan serta emosi yang ditampilkan dalam film berdurasi 132 menit ini yang akan membuat kalian ikut penasaran siapa sesungguhnya sang pembunuh berantai tersebut. Film dikemas sangat apik dan lugas hampir disetiap scene-nya terlihat seolah sangat nyata

29. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

hachiko a dogs tale 1

Diurutan selanjutnya ada Hachi: A Dog’s Tale. Film keluarga yang terinspirasi dari kisah nyata tentang kesetiaan seekor anjing jenis Akita Inu yang dikenal dengan nama Hachiko. Film tersebut sebetulnya merupakan daur ulang dari film Jepang yang lebih dulu fenomenal berjudul Hachiko Monogatari (1987).

Hachiko yang tak tahu jika majikannya telah meninggal terus saja menunggu di stasiun demi bisa bermain lagi bersama. Hari demi hari, bulan dan tahun pun berganti namun  sang majikan tak pernah datang.

Dalam film ini kamu akan diajak memahami apa itu arti kesetiaan dan tanpa terasa turut larut dalam kesedihan dan kerinduan mendalam yang dirasakan Hachiko. Film ini cocok buat kamu yang suka dengan genre film keluarga yang penuh kehangatan. Tapi jangan lupa siapkan tisu yang banyak, ya.

28. Chak De! India (2007)

chak de India

Berkisah tentang seorang pemain hoki bernama Khabir Khan yang diberhentikan dari timnya selepas pertandingan setelah timnya mengalami kekalahan. Dalam film Chak De! India kamu akan diajak untuk ikut dalam emosi dan semangat untuk berjuang dari keterpurukan.

Tujuh tahun berselang, Khan yang telah menjadi pribadi yang lebih baik dengan kemampuan yang telah meningkat kemudian diberi keparcayaan untuk melatih tim nasional hoki wanita India. Segala usaha dan kerja keras pun dilakukan untuk mencapai impian.

Hingga akhirnya kemenangan pun bisa diraih oleh tim hoki tersebut  dan membuktikan bahwa disiplin dan kerja keras mampu membawa pada impian yang dituju. Inspiratif banget!

27. Ip Man ( 2008)

Ip Man

Berlatar pada masa perang antara Tiongkok dan Jepang, film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang kehidupan seorang ahli beladiri sekaligus penemu aliran Wing Chun bernama Ip Man.

Ip Man yang tadinya merupakan seorang ahli bela diri dengan status sosial terpandang kemudian dipaksa untuk melepaskan semua fasilitas miliknya karena pendudukan Jepang. Berbagai peristiwa pelik terjadi membuatnya kemudian pindah ke Hongkong untuk menyelamatkan keluarganya.

Kisah haru tentang perjuangan rakyat yang tertindas dari penjajahan selalu menarik untuk diikuti. Terlebih diselingi dengan aksi-aksi beladiri kungfu yang epik membuat film ini layak ditonton terutama buat kamu penggemar film action.

26. Pursuit of Happyness (2006)

Pursuit of Happyness

Terinspirasi dari buku dengan judul yang sama, film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang Chris Gardner yang berusaha untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Dimulai dengan menjadi salesman yang mencoba menjual scanner tulang demi dapat membiayai kehidupannya.

Namun setelah berjuang begitu keras tetapi kehidupannya seolah tak membaik dan justru sebaliknya, hingga ia ditoinggalkan oleh sang istri.

Meskipun demikian hal tersebut tak membuatnya putus asa, kegagalan dan kerasnya kehidupan yang harus dilalui membuatnya lebih bersemangat menatap masa depan. Hingga akhirnya ia pun mengubah haluannya sebagai seorang salesman menjadi broker saham.

Banyak rintangan, mulai dari diusir dari rumah tinggalnya, tabungan dibekukan, mobil disita hingga harus tinggal dijalanan pun dilalui dengan tetap penuh harap.

Di film ini kamu akan diajatkan betapa perjuangan itu tak akan pernah membohongi hasil. Dan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, jika kamu menyerah hati ini bisa jadi kesuksesan esok hari tak akan pernah kamu temui. Inspiratif sekali ‘kan? Sayang kalau film sebagus ini dilewatkan begitu saja.2

25. The King’s Speech (2010)

The Kings Speech

Film bergenre drama yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang seorang raja Inggris yang baru saja dilantik bernama George VI yang memiliki masalah kesulitan bicara. Ia memiliki masalah gagap saat berbicara sehingga membuatnya tak percaya diri saat harus berpidato di depan banyak orang.

Latihan demi latihan yang melelahkan membuat sang raja frustasi karena sekuat apapun ia berusaha, gagapnya tetap tak bisa hilang. Ditengah keterpurukan dan rasa tidak percaya diri yang melanda, datang Lionel seorang juru bicara dari Harley Street yang memberikan secercah harapan.

Film ini dikemas begitu apik dengan sentuhan-sentuhan intrik khas problematika kerajaan yang menarik. Di sisi lain juga turut memberikan motivasi untuk tak gampang menyerah pada kekurangan diri dengan tetap menggali potensi dimiliki.

Recommended banget buat kamu yang merasa minder dengan kekurangan yang ada, sebab siapapun pasti punya kekurangan.

24. Apocalypto (2006)

apocalypto

Berlatar kehidupan pada masa peradaban suku Maya yang berada di semenajung Yucatan, Meksiko. Film yang diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang seorang dari suku Maya yang berhasil menloloskan diri setelah menjadi korban ritual persembahan manusia.

Film ini menyuguhkan kegigihan seseorang dari suku Maya bernama Jaguar Paw untuk berjuang hidup dan kembali pada keluarganya setelah berhasil lolos dari ritual persembahan manusia yang telah merenggut keluarganya dan hampir membuatnya kehilangan nyawa.

Kamu akan dibuat terpukau dengan aksi-aksi pertarungan menegangkan yang tak terduga dengan visual pedalaman Meksiko yang masih berupa hutan belantara. Sangat seru dan menarik untuk disimak hingga selesai.

23. Dangal (2016)

Dangal

Diambil dari kisah keberhasilan seorang pegulat wanita pertama di India yang berhasil mendapatkan medali emas di kejuaraan dunia, Dangal merupakan film yang diambil dari kisah nyata yang menjadi inspirasi banyak keluarga di India.

Mahavir Singh Phogat yang merupakan seorang pegulat ingin sekali memiliki anak laki-laki untuk dapat meneruskan profesinya sebagai pegulat. Namun sayang, anak yang dilahirkan sang istri ternyata perempuan hingga anak ke tiga pun perempuan.

Tak patah asa, ia pun melatih kedua putrinya Geeta dan Babita untuk menjadi pegulat yang tangguh. Meski ditentang oleh sang anak dan istri namun tekad Mahavir Singh tak goyah sedikit pun. Hingga kedua putrinya harus mangkas rambut panjangnya jadi pendek seperti anak laki-laki.

latihan demi latihan dijalani tiap hari hingga membuat karakter dan kemampuan kedua anak Mahavir pun terasah, hingga berani mengikut sertakan sang anak pada sebuah pertandingan gulat di kampungnya. Meski diejek dan dipandang sebelah mata namun tak sedikit pun ditanggapi.

Perjuangan dan latihan disiplin yang dilakukan sejak kecil akhirnya membawa Geeta menjadi pemenang di kejuaraan gulat professional tingkat dunia.

Menyaksikan keteguhan seorang ayah akan mimpinya untuk anak-anaknya membuat film ini begitu spesial dan terasa mendalam.

22. City of God

City of God

Film bergenre kriminal yang diangkat dari kisah nyata rilis pada tahun 2002 ini bercerita tentang sebuah kota di Brazil berjuluk City of God yang menjadi sarang kriminal.

Diperankan oleh Alexandre Rodriguez sebagai Rocket yang merupakan saksi hidup bagaimana kelam dan ganasnya kota tersebut. Film ini banyak menampilkan adegan penuh kekerasan, balas dendam hingga kriminalitas yang telah menjadi satu dalam setiap nafas warga di kota tersebut.

Kamu akan diajak berpetualang menyusuri kota dengan seluk beluknya yang begitu kelam dan memprihatinkan.

21. Rush (2013)

Rush

Film berikutnya yang diangkat dari kisah nyata ialah Rush yang rilis pada 2013 yang lalu. Film biografi bertema sport ini mengisahkan tentang persaingan sengit antara dua pembalap dunia yang berlaga di ajang Formula 1, James Hunt dan Niki Lauda.

Semenjak masih berada di ajang Formula 3, rivalitas kedua pembalap dunia tersebut sesungguhnya sudah dimulai dan ketika itu James Hunt berhasil unggul dari Niki Lauda. Selain rivalitas, film ini juga mengisahkan lika-liku karir kedua pembalap tersebut hingga masalah kehidupan pribadi keduanya.

Kamu akan dibawa turut merasakan persaingan keduanya yang jatuh bangun meraih podium juara Formula 1. Suasana pertarungan yang menegangkan diarena balap begitu mendominasi dalam film ini hingga kamu akan merasa seolah sedang menyaksikan balapan bukannya film. So, excited!

20. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan

Berlatar tentang perang pada masa invasi Normandia dalam Perang Dunia II, film yang diangkat dari kisah nyata selanjutnya ini mengisahkan tentang perjuangan untuk menyelamatkan seorang prajurit bernama Ryan.

Rilis pada tahun 1998, film yang dibintangi Tom Hanks ini sukses menarik minat para penggemar film. Alur yang diceritakan begitu lugas saat menggambarkan kondisi peperangan saat itu. Ditambah lagi dengan bumbu-bumbu drama dan aksi heroik memuat film ini layak jadi tontonan yang akan membuat emosi kamu bergejolak.

19. Shahid (2013)

Shahid

Rilis pada 2013 yang lalu, film yang berdasar kisah nyata ini berkisah tentang kehidupan seorang pengacara muslim bernama Shahid Azmi yang juga menjadi judul film tersebut.

Shahid Azmi melarikan diri ke Kashmir setelah mengalami teror di saat terjadinya kerusuhan di Kota Mumbai yang menewaskan ratusan muslim. Di Kashmir, Shahid mengikuti kamp pelatihan namun tak lama kemudian kembali ke Mumbai.

Di Mumbai, Shahid ditangkap atas tuduhan terorisme dan menjalani hukuman penjara selama 7 tahun lamanya. Sesaat setelah keluar dari penjara, Shahid pun belajar hukum di Mumbai demi menjadi seorang pengacara untuk membela mereka yang tertindas atas tuduhan terorisme yang salah sasaran.

Diakhir cerita Shaid tewas terbunuh setelah ia membela seseorang yang didakwa dengan tuduhan terorisme, tetapi perjuangannya tetap dilanjutkan oleh rekan-rekan seperjuangannya. Hingga akhirnya kliennya dibebaskan karena tuduhan yang tak cukup bukti.

18. The Wolf Of Wall Street (2013)

The Wolf of Wall Street

Sebuah film biografi dengan dibumbui komedi ala American pie yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang perjalan hidup seorang pialang saham ternama yang melantai di Wall Street, Amerika Serikat bernama Jordan Belfort.

Jordan Belfort awalnya bekerja untuk L.F. Rothschild sebagai pialang saham di bawah pengawasan Mark Hanna, karena kepiawaiannya dalam waktu singkat karir Jordan pun melesat dengan keuntungan yang tinggi.

Kehidupan glamor pialang saham pun ia jalani hingga membuat rumah tangganya hancur karena ketahuan selingkuh.

Ia kemudian mendirikan perusahaannya sendiri bersama teman karibnya dan mencapai keuntungan yang luar biasa hingga membuat otoritas FBI curiga dan menyelidiki usaha yang dijalankannya.

Akhirnya Jordan Belfort pun diihukum penjara karena terbukti melakukan aksi tipu-tipu dalam menjalankan usahanya.

17. Intouchables (2011)

Intouchables

Dikemas dalam genre drama komedi, film ini terinspirasi dari film dokumenter yang mengisahkan tentang Philippe Pozzo yang tinggal bersama pengasuhnya Abdel Sellou di Borgo berjudul A la vie, à la mort.

Film ini menyuguhkan drama yang dibalut dengan komedi yang kocak namun tetap memiliki sisi yang menyentuh ke dalam batin.

Philipe, seorang difabel yang tinggal di mansion mewah bersama asisntennya Magalie sedang melakukan wawancara untuk mendapatkan pengasuh yang cocok.

Drizz datang sebagai calon pengasuh namun sama sekali tak memiliki niatan untuk bekerja sedikit pun, dan hanya ingin mendapat tanda tangan bahwa ia telah mencoba melamar kerja tetapi gagal, agar tunjangannya tetap bisa ia terima.

Kisah berlanjut, Drizz pun akhirnya menjadi pengasuh yang membuat Philipe menjadi lebih menikmati hidup dan tak merasa dikasihani hingga membuat kepercayaan dirinya pun tumbuh.

Tiba dimana Drizz pun harus kembali ke keluarganya karena ada sedikit masalah dan Philipe pun dengan besar hati membebas tugaskannya.

Philipe yang tak dapat menemukan pengganti Drizz pun kesepian dan kehilangan semangat hidupnya. Hingga asistennya menelpon Drizz dan memberitahukan keadaan Philipe.

Drizz yang khawatir kemudian kembali dan mengatur kencan yang tertunda untuk Philipe dengan teman korespondensinya dan meninggalkan keduanya dalam senyuman.

16. Temple Grandin (2010)

Temple Grandin

Film yang diangkat dari kisah nyata yang selanjutnya ini merupakan adaptasi dari kehidupan seorang profesor ilmu hewan dari Amerika Serikat sekaligus aktivis bernama Temple Grandin yang ternyata menyandang autisme.

Meski mengalami ganguan autisme, Temple Grandin tetap dimasukkan ke sekolahkan umum oleh ibunya dengan harapan dapat hidup seperti anak normal lainnya.

Meski tak mudah bagi Grandin dan kerap menderita stres yang membuatnya berprilaku kasar. Tetapi potensi Grandin tak bisa ditutupi, ia memiliki kecerdasan luar biasa.

Memasuki universitas, ia mulai belajar dan berhasil membuat alat penenang yang dulu pernah ia lihat di peternakan bibinya.

Meski awalnya mendapat penolakan dari pihak kampus, namun dengan kegigihannya akhirnya hasil karyanya diakui dan diizinkan untuk digunakan.

Dari sekian banyak pengajar hanya Dr. Carlock yang mampu melihat potensi yang dimiliki Grandin hingga membujuknya untuk tetap mau belajar dan menggali potensi yang dimilikinya sebagai penjelajahan ke dunia yang baru.

Dalam film ini, kamu akan disuguhi sebuah kisah yang menggugah bahwa setiap anak itu istimewa dengan caranya masing-masing. Sehingga jangan pernah meremehkankemampuan mereka sekecil apapun.

15. The First Empror: The Man Who Made China ( 2006)

The First Emperor

Film yang berlatar sejarah peradaan kuno memang selalu punya sisi menarik untuk ditonton, seperti The First Emperor ini misalnya. Berkisah tentang perjalanan hidup sang raja yang naik tahta diusianya yang ke 15 tahun hingga tutup usia di usia 50 tahun.

Film ini menyuguhkan  kisah kolosal tentang bagaimana Dinasti Qin yang dipimpin sang raja yang melakukan ekspansi dengan menaklukan 7 kerajaan disekitarnya. Dan mempersatukan wilayah tersebut di bawah kekuasaanya.

Banyak intrik-intrik yang ada di sekitar sang raja yang membuat film ini cukup menarik dan membuat kamu seolah diajak kembali ke masa lampau.

14. The Pianist (2002)

The Pianist

Selanjutnya ada The Pianist yang rilis di tahun 2002 dandiangkat dari kisah nyata berlatar peperangan saat tentara Nazi menginvasi Polandia.

Film ini mengisahkan pilunya perjalanan hidup seorang pianis bernama Wladyslaw Spilzman yang harus berpisah dengan keluarganya tatkala peperangan terjadi.

Banyak adegan yang dramatis dan memilukan yang akan membuat kamu negri dan ikut merasakan betapa pedihnya bertahan hidup ditengah peperangan. Seperti ketika terjadi pembantaian etnis oleh tentara Nazi di kamp pemusnahan sebagai bagian dari Operasi Reinhard.

13. Talvar (2015)

Talvar

Diangkat dari kisah nyata tentang pembunuhan seorang gadis muda dan juga pembantunya, film Talvar menyuguhkan adegan investigasi yang pelik dan penuh drama.

Ashwin Kumar seorang anggota polisi dari Central Department of Investigation (CDI) diberi tuigas untuk menginvestigasi kasus pembunuhan  yang telah menetapkan ayah korban sebagai tersangka utama. Penyelidikan berlanjut dengan penuh ketegangan dengan memeriksa seluruh orang-orang tedekat korban dan tersangkanya.

Dari hasil penyelidikan ditemukan bahwa pekerja yang bekerja di rumah tersangkalah pelakunya hingga ayah korban yang dijadikan tersangka akhirnya dibebaskan dari tuduhan.

Namun ternyata proses penyelidikan tak semulus semestinya hingga kasus semakin rumit dan tak menemukan pembunuh yang sesungguhnya.

Sebagaimana film Bollywood, film ini menyuguhkan drama dengan karakter-karakter yang kuat ditambah dengan sedikit bumbu membuat film ini layak untuk jadi tontonan akhir pekan buat kamu penyuka film yang penuh misteri.

12. Braveheart (1995)

Braveheart

Braveheart yang dirilis pada 1995 ini berlatar pada abad ke 13 ketika kerajaan Inggris tengah berkuasa di Skotlandia. Film ini mengisahkan tentang seorang William Walace yang tampil gagah berani melawan pasukan Inggris yang menduduki tanah kelahirannya.

Hal ini dipicu rasa dendamnya karena sang istri yang tewas dieksekusi setelah berusaha melawan ketika hendak diperkosa oleh pasukan kerajaan Inggris. Perjuangannya telah menginspirasi warga Skotlandia lainnya dan turut dalam usaha pemberontakan melawan pendudukan kerajaan Inggris.

Meski alur cerita yang disajikan sedikit melenceng dari kisah nyatanya, namun nyatanya banyak yang terbuai dengan kisah garapan Mel Gibson ini hingga membuat film tersebut meraih banyak pernghargaan bergengsi.

11. 12 Years A Slave (2013)

12 Years a Slave

Fim yang diangkat dari kisah nyata berdasarkan sebuah memoar yang menceritakan tentang Solomon Northup dan kisah tentang perbudakan yang terjadi di Amerika sekitar tahun 1853.

Solomon Northup, meskipun ia berkulit hitam namun ia seorang yang beruntung hingga dapat mengenyam pendidikan bahkan sampai sukses sebagai seorang pemain biola.

Namun kehidupannya berubah drastis saat ia bertemu dengan dua orang yang menawarinya pekerjaan tetapi nyatanya ia justru disekap kemudian dijual sebagai budak. Butuh bertahun-tahun lamanya untuk dapat kembali pada keluarganya.

10. Beautifull Mind (2001)

A Beautifull Mind

Bercerita tentang seorang ahli matematika jenius yang suka menyendiri dan tertutup dengan dunia sosial bernama John Nash. Fillm yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan bagaimana Nash memiliki kecerdasan luar biasa yang membuatnya punya pemikiran sendiri atas setiap masalah.

Suatu ketika Nash mengirinkan sebuah artikel yang membuatnya ditawari pekerjaan di Institut Teknologi Massachussets. Bertahun-tahun bekerja di institut tersebut, Nash pun mendapat undangan dari Pentagon untuk memecahkan pesan terenskripsi milik musuh dan ia membuat takjub rekan-rekannya dengan bakatnya.

Hingga akhirnya ia pun diberikan sebuah tugas baru untuk memecahkan kode-kode rahasia dari seorang bernama William yang merupakan pengawas rahasia. Nash semakin terobsesi dengan pekerjaan barunya hingga membuatnya lupa waktu.

Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Alicia Larde yang kemudian dinikahinya. Nash yang masih terobsesi dengan tugasnya membuat Alicia takut lalu membawanya ke dokter dan menemukan kenyataan bahwa Nash menderita Skizofrenia Paranoida.

9. Downfall (2004)

Downfall

Film berlataar kisah nyata selanjutnya ada Downfall atau Der Untergang yang merupakan film Jerman bergenre perang. Di film dengan durasi sekitar kurang lebih 2 jam ini mengisahkan tentang hari-hari runtuhnya kekuasaan Nazi khususnya hari-hari terakhir sang diktator, Adolf Hitler.

Suara dentuman artileri kian terdengar begitu jelasnya, saat Tentara Merah Russia semakin mendekat pada bunker Hitler. Kekalahan  sudah di depan mata.

Menghadapi hal ini membuat Hilter merasa begitu gundah. Antara menyelamatkan diri sendiri atau tetap bertahan dan melakukan perlawanan. Film ini mengisahkan bagaimana akhir hidup Hitler dan Eva ketika berada di tempat persembunyian.

Film ini akan mengajak kamu mengenal sosok Hitler yang ternyata juga seperti manusia yang lain yang juga gundah saat harus menghadapi kekalahan.

8. Catch Me If You Can (2002)

Catch Me If You Can

Pada zamannya, film yang diangkat dari kisah nyata yang satu ini cukup sukses dan begitu fenomenal. Film yang dirilis pertama kali pada 2002 ini mengisahkan tentang Frank Abagnale Jr (Leonardo Dicaprio) seorang pria cerdas dari keluarga broken home.

Mengetahui keluarganya bermasalah, Frank kemudian memutuskan keluar dari rumah dan hidup sendiri. Saat tak ada lagi uang tersisa di sakunya, Frank kemudian mulai melancarkan aksi tipu-tipu dengan bermodalkan rasa percaya dirinya.

Bahkan diusia yang belum genap 19 tahun, Frank telah berhasil memalsukan cek hingga mendapatkan jutaan dollar dalam sekejab. Hingga akhirnya aksi Frank pun tercium FBI yang kemudian mengutus Carl Hanratty (Tom Hanks) untuk menyelidikinya.

Aksi kejar-kejaran keduanya begitu seru untuk disimak karena sayang untuk dilewatkan dan mengetahui bagaimana akhir kisahnya.

7. Lion (2016)

Lion

Diangkat dari kisah nyata tentang Saroo, seorang anak India berusia 5 tahun yang terpisah dari keluarga kandungnya karena salah naik kereta. Kemudian Saroo bertemu dengan suami istri berkebangsaan Australia yang kemudian mengadopsi lalu membawa dan membesarkannya di Australia.

Setelah 25 tahun kemudian, Saroo yang penasaran dengan keluarga kandungnya kemudian mulai mencarinya menggunakan aplikasi google earth.

Tak disangka apa yang dicarinya ternyata hasilnya diluar dugaan dan ia pun menemukan keluarganya. Kemudian ia melakukan perjalanan Australia – India untuk dapat bertemu keluarga kandungnya.

Film ini menyuguhkan kisah haru tentang pertemuan keluarga yang hilang selama bertahun-tahun dan sukses menguras air mata.

6. Something The Lord Made (2004)

Something The Lord Made

Flm bergenre medis ini mengisahkan tentang Dr. Alfred Blalock, seorang Dokter ahli bedah ternama bersama asistennya Viviens Thomas yang turut menyumbang banyak penemuan penting di dunia medis. Terutama tentang kasus Baby Blue Syndroms.

Bermula dari Viviens yang bekerja sebagai tukang kayu memiliki impian untuk sekolah lagi di bidang kedokteran. Namun malang, uang yang ditabung vivien lenyap karena bank tempatnya menabung mengalami kebangkrutan.

Ditengah galaunya tak memiliki uang untuk bertahan hidup, Viviens pun mulai bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah universitas Hopkins di Laboratorium milik Dr. Alfred Blalock. Melihat bakat dan minat Viviens, Dr. Blalock pun mengangkatnya menjadi asistennya.

Banyak penelitian yang dihasilkan Dr. Blalock atas bantuan dan dukuingan Viviens. Meski demikian perlakuan rasisme tetap didapat Viviens hingga meremehkan kemampuannya.

Suatu ketika ada sebuah kasus medis yang menguji kemampuan Dr. Blalock. Meski awalnya sempat ragu namun atas dukungan Viviens, Dr. Blalock pun berhasil menyelesaikan operasi bedah yang rumit. Dan hal tersebut menjadi tonggak keberhasilannya sebagai dokter bedah.

Namun Viviens tetap dianggap sebelah mata. Meski pun begitu Viviens tak pernah goyah dan selalu ada disamping Dr. Blalock hingga akhirnya mendapatkan gelar Doctor of Law.

Film ini mengajarkan agar jangan melihat kemampuan seseorang dari warna kulit atau sukunya tetapi lihatlah kemampuan yang dimilikinya.

5. Paan Singh Tomar (2002)

paan singh tomar

Kisah pilu bagiamana seorang atlet yang juga seorang tentara ini berubah haluan menjadi seorang penjahat karena keluarganya dizhalimi oleh saudara sepupunya.

Diangkat dari kisah nyata tentang tentara India bernama Paan Singh Tomnar sekaligus seorang atlet kejuaraan nasional lari halang rintang yang menjadi pemenang  hingga 7 kali berturut-turut.

Paan Singh Tomar yang terlambat masuk ke camp setelah waktu istirahat mendpat hukuman dari atasannya untuk berlari. Bukannya kelelahan, Paan justru semakin bersemangat menjalani hukumannya tanpa perasaan tersiksa sama sekali.

Hal ini kemudian membuat atasannya curiga dengan bakat yang dimiliki Paan, hingga akhirnya mengikutkannya pada kejuaraan nasional lari halang rintang dan mampu menjadi juara hingga 7 kali berturut-turut. Sampai suatu ketika, ada seorang keluarga menemui Paan di Camp dan mengadukan nasib keluarganya di desa.

Tak tahan, Paan pun mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai tentara dan kambali ke kampungnya untuk menyelesaikan masalah. Tetapi masalah justru semakin rumit dan memaksa Paan bertindak hingga membuat dirinya berurusan dengan hukum dan membuatnya mati terbunuh.

4. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge 1

Mengisahkan tentang seorang tentara Amerika bernama Desmond Doss yang dianugerahi Medal of Honour atas jasanya menyelamatkan nyawa banyak tentara ketika terjadi pertempuran di Hacksaw Ridge, Okinawa – Jepang.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini tak banyak berbeda dengan film bertema perang lainnya. Namun kisah yang diangkat cukup menyentuh, karena tokoh utamanya Desmond Doss yang menolak memegang senjata. Sebab meyakini bahwa perang seharusnya tak terjadi.

Meski dianggap pecundang oleh rekan satu regunya hingga kerap mendapat siksaan dan pelecehan secara verbal agar ia mundur dengan sendirinya dari medan perang. Namun tak sedikit pun hati Desmond goyah, bahkan ia semakin bersemangat dan ingin lebih berkontribusi.

Hingga akhirnya ia dikirim ke Okinawa bersama regunya untuk membantu Divisi Infanteri 96 yang bertugas penuh menjaga dan mengamankan Hacksaw Ridge (Tebing Maeda) dari serangan tentara Jepang. Dalam pertempuran, kedua belah pihak mengalami banyak kekalahan.

Di tengah perang yang berkecamuk banyak tentara yang terluka dan berteriak minta tolong membuat hati Desmond tergugah untuk membantu. Tanpa memikirkan keselamatannya sendiri, Desmond pun bergegas menyelamatkan mereka ditengah serbuan musuh.

3. Montevideo: A Taste of A Dream (2010)

Montevideo A Taste of A Dream

Selanjutnya ada film berbahasa Serbia yang juga diangkat dari kisah nyata yang cukup inspiratif berjudul Montevideo: A Taste of A Dream. Film ini menyuguhkan kisah tentang persahabatan 12 orang pemain bola yang begitu bersemangat dan juga sangat ingin bermain bola di tingkat dunia.

Bermula dari bermain di jalanan kawasan kumuh yang ada di Belgrade dan ikut pertandingan-pertandingan lokal, tim ini kemudian dibentuk untuk menjadi wakil Serbia di pertandingan Piala Dunia yang digelar tahun 1930 di Uruguay untuk kali pertama.

Sebagai tim baru yang hampir tak ada yang mengenali, memunculkan keraguan di benak mereka. Namun mereka berhasil menepisnya dan sepakat untuk berusaha yang terbaik dan tak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

2. There Will Be Blood (2007)

There Will Be Blood

Film ini mengisahkan tentang seorang pengusaha minyak yang tamak bernama Daniel Plainview yang diangkat dari sebuah novel karya Uptown Sinclair dengan judul Oil! yang terbit tahun 1927.

Daniel Plainview, seorang penambang minyak konvensional di Amerika Serikat. Ia  menjadi seorang pengusaha tambang minyak yang sukses setelah berhasil menemukan ladang minyak baru yang kemudian menghasilkan pundi-pundi dollar untuknya.

Seiring kesuksesannya, Plainview semakin tamak dan ambisius hingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan lahan yang berpotensi dan harus bermasalah dengan pemilik tanah yang menolak menjual tanahnya hingga akhirnya terjadi bentrokan.

Kisahnya digambarkan dengan begitu apik oleh semua aktor yang berperan, membuat film ini menjadi salah satu film sukses di tahun 2007 dan menyabet banyak penghargaan. Salah satunya piala Oscar Best Actor for Leading Role untuk Daniel-Day Lewis yang berperan sebagai Daniel Plainview.

1. Bhaag Milkha Bhaag (2013)

bhaag milkha bhaag

Diangkat dari kisah seorang atlet lari olimpiade dan atlet paling ikonik di India, Bhaag Milkha Bhaag menawarkan tontonan seru yang inspiratif.

Milkha Singh yang bertugas dalam angkatan darat India memiliki kemampuan lari yang sangat mengagumkan hingga membuatnya terpilih menjadi salah satu atlet tentara. Kemampuannya terus terasah dengan banyak latihan dan pertandingan serta keinginannya untuk mengubah masalalunya yang kelam.

Meski mengalami kecurangan, karena rivalnya di angkatan darat melukai kakinya. Milkha tetap memaksa lari dan akhirnya menjadi yang tercepat dan berhasil masuk tim  India untuk melanjutkan pertandingan ke Olimpiade.

Banyak lika-liku yang dihadapi Milkha saat menjadi seorang atlet, namun tak sedikit pun mematahkan semangatnya hingga menjadikannya pelari tercepat dan mendapat julukan “The Flying Sikh”.

Nah, demikianlah rekomendasi film yang diangkat dari kisah nyata yang bisa jadi referensi buat kamu yang suka film dengan cerita yang realistis. Cukup menarik bukan?

Terkadang menonton film yang diangkat dari kisah nyata lebih bisa menyentuh ketimbang film-film fiksi dengan cerita yang absurd. Karena memang cerita yang menginspirasi merupakan kisah yang pernah terjadi sehingga kamu bisa menggali emosi hingga inspirasi di dalamnya.

Jangan lupa ajak saudara atau teman dekat kamu untuk ikut menikmati tontonan yang seru ya! Seperti film-film yang diangkat dari kisah nyata ini.

Category:
Film