Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Film Hacker Terbaik

Dunia digital tak lepas dari apa yang kita kenal dengan sebutan hacker atau peretas. Hacker atau peretas adalah seseorang yang mempelajari dan menerobos masuk ke dalam sistem maupun jaringan komputer kemudian memodifikasinya atas motif pribadi atau lainnya.

Hacking dalam film memang tak sebombastis kejadian dalam dunia nyata tetapi tentu tak jauh berbeda dengan apa yang dialami di dunia nyata. Dunia hacker bisa jadi sangat menyenangkan sekaligus menantang bagi mereka yang gemar mengutak-utik komputer dan mempelajari sistemnya.

Adegan-adegan dalam film bertema hacker tentu akan sangat seru untuk disaksikan. Kalau kamu tertarik dengan dunia hacking, kamu bisa tonton beberapa film dengan tema hacker terbaik yang sudah kami rangkumkan berikut ini!

32. Film Hacker “Firewall” (2006)

Firewall 2006

Film aksi garapan sutradara Richard Loncraine dan rilis pada tanggal 10 Februari 2006 ini juga punya cerita yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Film ini secara garis besar menceritakan kisah perampokan suatu bank dan penyanderaan korban.

Bermula dari kisah Jack Stanfield, diperankan oleh Harrison Ford  yang merupakan pakar keamanan suatu bank yang hidup bahagia dengan istri dan kedua anaknya. Hidupnya berubah saat sekelompok penjahat datang dan menyandera keluarganya.

Jack diancam dan harus melakukan perampokan secara digital dan menghack jaringan milik bank tempat ia bekerja jika ingin keluarganya selamat. Kira-kira bagaimana cara Jack menghadapi siatuasi tersebut? Tonton saja filmnya kalau kamu penasaran.

31. Film Hacker “The Net” (1995)

The net 1995

Kisah seorang hacker tak jauh dari aksi kriminal dan kejahatan. Dalam film hacker berjudul the net yang rilis pada tanggal 28 Juli 1995 ini juga dikisahkan tentang aksi cybercrime yang dilakukan oleh hacker.

Angela Bennet, dibintangi oleh Sandra Bullock, peran utama dalam film adalah sosok asosial yang jarang bergaul dan gandrung dengan komputer dan tak bisa lepas dari perangkat tersebut dan dunia internet.

Dalam film ini ia mesti menghadapi berbagai aksi kriminal termasuk pembunuhan temannya dan percobaan pembunuhan pada dirinya karena menemukan suatu data rahasia milik pemerintah dalam sebuah disket.

Digarap oleh Sutradara Irwin Winkler, film yang tergolong lawas ini punya cerita yang cukup seru dengan konflik yang cukup kompleks sehingga tetap seru untuk disaksikan.

30. Film Hacker “Hackers Are People Too” (2008)

hackers are people too 2008

Meskipun bukan film dengan berbagai aksi dan kisah yang menegangkan, film hacker “Hackers Are People Too” bisa jadi hiburan dan memberikan mindset berbeda tentang komunitas hacker yang ada saat ini.

Dalam film dokumenter yang dibuat oleh sutradara Aschley Scharwtau ada banyak pesan yang ingin disampaikan. Bahwa, jika selama ini hacker hanya dikaitkan dengan tindakan kriminal dan merupakan suatu kejahatan, hal tersebut tentunya tidak benar.

Hacker sendiri adalah seorang pribadi yang kreatif dan intuitif dimana ia ingin mempelajari suatu sistem dan memodifikasi sistem tersebut supaya dapat lebih mudah menyelesaikan suatu masalah.

Memang benar, hacker juga manusia dan mereka bisa berada di antara kita dan melakukan hal normal lainnya yang dilakukan manusia pada umumnya. Film ini juga bisa memotivasi mereka yang ingin melakukan sesuatu yang baik dan melakukan tindakan hacking yang bukan merupakan suatu kejahatan.

29. Film Hacker “Hacker’s Game” (2015)

the hacker game 2015

Sedikit berbeda dengan film bertema hacker lainnya yang fokus pada action dan tindak kriminal. Dalam film Hacker’s Game ini kamu akan lebih banyak menemukan kisah percintaan di antara dua orang hacker muda.

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Cyril Morin ini menceritakan hubungan asmara antara dua orang hacker bernama Soyan yang merupakan seorang programmer dan hacker untuk suatu perusahaan dan Louise, seorang detektif cyber.

Keduanya bertemu dalam sebuah permainan catur virtual dan jatuh cinta. Kalau kamu tertarik dengan kisah keduanya, jangan lewatkan untuk menonton film yang dibintangi oleh Pom Klementief dan Chris Schellenger ini.

28. Film Hacker “Hacker” (2016)

hacker 2016

Sesuai dengan judulnya film ini juga mengisahkan tentang petualangan dan aksi dari seorang hacker yang bernama Alex. Film yang rilis pada tanggal 2 Desember 2016 oleh Sony Pictures ini punya jalan cerita yang cukup menghibur meskipun membuat orang yang paham dunia IT tak begitu terkesan.

Hacker menceritakan tentang sosok Alex yang mulai memasuki dunia hacking demi mendapatkan uang untuk kebutuhan hidup dan melanjutkan kuliahnya. Sadar bahwa ia bisa menghasilkan uang dengan meretas jaringan komputer, ia mulai masuk ke dunia dark web dimana ia menjual barang di pasar gelap.

Tak sampai di situ, ia lantas melakukan aksi carding yakni berbelanja dengan menggunakan nomor kartu kredit yang diperolehnya dari meretas informasi milik Bank. Alex juga berencana menghancurkan bank yang sudah memecat ibunya dan aksinya tersebut dibantu dua orang temannya.

27. Film Hacker “The Fifth Estate” (2013)

the fifth estate 2013

Penggemar film hacker dan juga fans Benedict Cumberbatch sepertinya tak boleh melewatkan film yang satu ini. Film yang juga dibuat berdasarkan kisah yang ditulis oleh Daniel Domscheit-Berg berjudul “Inside Wikileaks” ini rilis sejak tahun 18 Oktober 2013 dan disutradarai oleh Bill Condon.

Mengisahkan biografi dua tokoh pendiri Wikileaks yakni Daniel Domscheit-Berg yang diperankan oleh Daniel Bruhl dan Julian Assange, seorang Hacker yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch.

Film The Fifth Estate menitikberatkan kisah bagaimana kedua orang tersebut membangun sebuah website yakni Wikileaks yang berisi informasi rahasia yang tak diketahui oleh publik.

Keberanian mereka membongkar rahasia pihak lain termasuk rahasia milik Pentagon, NASA, Citybank dan lainnya, membuat hidup dan hubungan mereka bermasalah dan mesti menutup website tersebut meskipun di akhir cerita diperlihatkan bahwa Wikileaks masih berjalan.

26. Film Hacker “Untraceable” (2008)

untraceable 2008

Jika kamu menyukai film bergenre thriller dan action, nampaknya kamu juga tak boleh melewatkan film Untraceable yang satu ini.

Dikisahkan seorang agen cyber officer FBI Jennifer marsh yang diperankan oleh Diana Lane yang menemukan sebuah situs mengerikan yakni Killwithme.com dimana situs tersebut menayangkan pembunuhan korban yang dijebak secara live stream.

Ganasnya, semakin banyak orang yang datang ke situs tersebut maka semakin cepat korbannya meninggal karena disiksa di dalam jebakan. Marsh bersama detektif Eric Brox mesti meneukan cara memblokir situs tersebut setelah menelan banyak korban termasuk rekannya sesama FBI.

Kalau kamu penasaran dengan kisah lengkapnya dan akhir dari film tersebut kamu bisa menonton film yang dirilis pada tanggal 25 Januari 2008 ini. yang pasti film garapan sutradara Gregory Holbit dan menghabiskan dana hingga 35 juta dollar ini layak kamu jadikan tontonan yang menghibur.

25. Film Hacker “Sneakers” (1992)

sneakers 1992 1

Film bertema hacker selanjutnya yang bisa kamu tonton adalah Sneakers. Film yang dirilis pada tahun 1992 ini mengisahkan tentang dua orang sahabat Marty dan Cosmo yang berprofesi sebagai hacker.

Bersama-sama mereka membangun sebuah perusahaan untuk mencuri kode dan rahasia penting perusahaan lainnya. Saat aksi mereka terungkap, Cosmo harus masuk penjara dan Marty berhasil kabur ke Kanada.

Selanjutnya, dalam pelariannya tersebut Marty harus menghadapi dua orang yang mengajaknya bekerja sama untuk mengambil kotak hitam, mengalami penculikan oleh Cosmo dan kejadian lainnya yang cukup seru.

Film berdurasi 126 menit ini disutradarai oleh Phil Alden Robinson dan dibintangi oleh beberapa aktor ternama di zamannya seperti Robert Redford yang berperan sebagai Martin atau Marty Bishop.

24. Film Hacker “The Matrix” (1999)

the matrix 1999 1

Siapa yang tak kenal dengan film yang satu ini. The Matrix yang dirilis pada tanggal 31 Maret 1999 ini digadang-gadang menjadi film Science Fiction terpopuler saat itu serta mendapat rating tinggi di berbagai website seperti IMDb yang memberinya skor 8.7.

Film garapan sutradara Andy Wachowski dan Larry Wachowski ini diproduksi oleh Warner Bros dan dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Keanu Reeves yang berperan sebagai Thomas Anderson atau Neo. Dan Carrie Anne Moss yang berperan sebagai Trinity.

Dikisahkan dalam film tersebut, Trinity, seorang hacker dan Neo, seorang programmer harus bekerjasama menghadapi sekelompok penjahat yang berasal dari masa depan.

Sementara itu, di masa depan diketahui bahwa manusia tengah berperang dengan mesin yang mereka ciptakan sendiri dan hanya orang terpilihlah yang bisa mengakhirinya.

23. Film Hacker “Live Free Or Die Hard” (2007)

Live Free or die Hard 2007 1

Penggemar film action juga tak boleh melewatkan film yang dirilis sejak tanggal 22 Juni 2007 ini. Live Free Or Die Hard adalah film garapan sutradara Len Wiseman dan dibintangi oleh aktor ternama Hollywood, Bruce Willis. Film Die Hard 4 ini punya kisah yang juga melibatkan peran hacker.

Dalam film tersebut mengisahkan  John Mc Clane yang diperankan oleh Bruce Willis, ,harus menghadapi sekelompok teroris yang dipimpin oleh Thomas Gabriel berusaha untuk menghancurkan pertahanan Amerika Serikat dengan menciptakan software untuk meretas data keamanan negara di Washington DC.

Bersama dengan seorang hacker muda yang berhasil ia selamatkan dari pembunuhan, Matt Farrell yang juga mengaku menjadi bagian dari hacker teroris yang menciptakan program tersebut.

Film berdurasi 129 menit ini punya rating yang bagus di IMDb yakni 7.2 sehingga tentu layak ditonton kalau kamu butuh hiburan yang seru.

22. Film Hacker “Blackhat” (2015)

blackhat 2015

Film bertema hacker selanjutnya yang wajib kamu tonton adalah Blackhat. Dibintangi oleh Chris Hemsworth yang berperan sebagai Nicolas Hatheway seorang ahli komputer yang dihukum karena tindak pencurian bank.

Ia kemudian dibebaskan dan diberi tugas untuk memburu hacker yang berhasil meledakkan nuklir di sebuah pabrik di Chai Wan, Hong Kong.

Nicolas lantas melakukan berbagai aksi pengejaran di berbagai kota di dunia dan dibantu oleh dua rekannya Chen Dawai, seorang polisi Cyber asal Cina yang dibintangi oleh Wang Lee Hom yang juga merupakan orang yang meminta pihak Amerika untuk membebaskan Nicolas.

Film yang disutradarai oleh Michael Mann ini dirilis pada tanggal 16 Januari 2015 dan diproduksi oleh studio Universal Pictures. Tidak hanya aksi kejar-kejaran yang menarik, film ini juga layak ditonton karena dalam salah satu aksinya, film ini mengambil latar belakang kota Jakarta.

21. Film Hacker “Wargames” (1983)

wargames 1983

Wargames, film lawas yang dirilis sejak 3 Juni 1983 ini juga bisa jadi tontonan menarik kalau kamu gemar menonton film bertema hacker.

Film yang mengisahkan tentang seorang pemuda sekaligus hacker yang ahli di bidang komputer bernama David memiliki kemampuan untuk mengendalikan kontrol misil nuklir milik pemerintah.

Awalnya, David hanya berusaha untuk mempermainkan sistem dalam jaringan komputer sekolah dengan maksud untuk mengubah nilai ia dan temannya.

Setelah itu, permainannya dalam jaringan komputer justru semakin dalam hingga ia dihadapkan pada kasus peledakan misil hingga membuatnya ditangkap oleh FBI dan berhasil kabur.

Film yang disutradarai John Badham ini dibintangi oleh Matthew Boderick yang berperan sebagai David, Dabney Coleman sebagai McKittrick dan Ally Sheddy sebagai Jennifer. Film ini berdurasi 110 dan bisa kamu tonton secara streamin jika kamu tertarik untuk mengetahui cerita selengkapnya.

20. Film Hacker “The Italian Job” (2003)

the italian job 2003

The Italian Job layak dijadikan tontonan seru untuk kamu penggemar film action. Dalam film ini, dikisahkan sekelompok pencuri berhasil menciptakan kemacetan besar dalam kota Venesia dan mencuri emas batangan.

Awalnya semua berjalan lancar namun setelah berhasil melakukan pencurian, salah satu anggota kelompok, Steve justru membunuh rekannya John Bridger dan kabur membawa emas yang berhasil mereka curi.

Tak terima dengan apa yang telah dilakukan Steve, anggota kelompok lainnya dibantu putri John Bridger berusaha mengusik kehidupan Steve dan ingin membalaskan dendam.

Kalau kamu ingin mengetahui kisah selengkapnya, tonton saja  film garapan sutradara F. Gary Gray yang rilis pada 11 Mei 2003 dan berdurasi sekitar 111 menit ini.

19. Film Hacker “The Hacker Wars” (2014)

The Hacker Wars 2014

Bisa dibilang The Hacker Wars adalah film dokumenter tentang hacker yang juga layak untuk kamu tonton. Film ini sudah dirilis sejak tanggal 16 Oktober 2014 dan menjadi salah satu film hacker yang paling populer.

Dalam film garapan sutradara Vivien Lesnik Weisman yang berdurasi 91 menit ini mengisahkan tentang seorang pertempuran hacker atau hacktivits di dunia internet.

Para hacktivist baik yang berjuang untuk kemerdekaan maupun mereka yang menjadi teroris diburu oleh pemerintah dan hal inilah yang memicu terjadinya pertempuran.

Film ini memang akan membuatmu ikut berpikir atau bahkan kebingungan dengan alur ceritanya saat menonton. Tapi tetap saja, kamu tak boleh melewatkan film yang satu ini.

18. Film Hacker “Who Am I, No System Is Safe” (2014)

who am i 2014

Meski bukan film garapan Hollywood, “Who Am I, No System Is Save” yang diproduksi negara Jerman ini juga sayang untuk dilewatkan. Film yang berjudul Who Am I – Kein System ist Sicher ini disutradarai oleh Baran Bo Odar rilis pada tanggal 6 September 2014 silam.

Hampir sama dengan film lainnya, dalam film ini dikisahkan seorang pemuda yang ahli dalam memprogram komputer bernama Benjamin yang diperankan oleh Tom Schiling diajak bergabung dalam suatu kelompok hacker Clay (Clown Laughs at You).

Sayangnya, dengan bergabung menjadi anggota grup ini Benjamin justru melakukan cyber crime dan harus berhadapan dengan hukum.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini berdurasi 105 menit ini bahkan menyabet tiga penghargaan film di German Movie Awards dan the Bambi sebagai film terbaik di Jerman pada tahun yang sama.

17. Film Hacker “23” (1989)

23 1998

Sama seperti film “Who Am I, No System Is Safe”, film hacker 23 juga diproduksi di negara yang sama. Film Jerman yang rilis pada tahun 1998 ini mengisahkan tentang kehidupan Karl Koch yang diperankan oleh August Diehl , yang meninggal pada tanggal 23 Mei 1989 akibat aksi bunuh diri.

Film berdurasi 99 menit ini diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Hannover Jerman, dan menceritakan sekelompok pemuda yang bertindak sebagai hacker.

Awalnya Karl Koch hanya membajak bulletin board untuk mendiskusikan teori konspirasi berdasarkan novel R.A Wilson yang berjudul Illuminatus.

Ternyata tak sampai disitu, Karl bersama rekannya David justru mulai membajak data milik militer dan pemerintah dan membuatnya berurusan dengan pihak yang berwajib. Disutradarai oleh Hans-Christian Scmid, film ini mendapat rating yang cukup tinggi di IMDb yakni 7.3/10.

16. Film Hacker “Wargames, The Dead Code” (2008)

wargames 2008

Sekuel dari film Wargames pertama di tahun 1983 ini telah tayang sejak tanggal 29 Juli 2008.

Film yang disutradarai oleh Stuart Gillard ini menceritakan tentang Will Farmer, diperankan olehMatt Lanter, yang bermain game simulasi anti teroris untuk mendapatkan uang dan justru malah dianggap sebagai teroris oleh super komputer yang mengendalikan game dimana ia bermain.

Selanjutnya terjadilah pertarungan antara dua super komputer yakni RIPLEY, komputer milik pemerintah AS yang mengendalikan game dengan Joshua, super komputer lama yang digunakan oleh Will Farmer dan telah ada sejak Wargames pertama.

Siapa yang akan memenangkan pertempuran tersebut? Kalau kamu penasaran, kamu bisa menonton film dengan durasi 40 menit ini melalui streaming di internet.

15. Film Hacker “Anti Trust” (2001)

antitrust 2001

Film dengan tema hacker selanjutnya yang bisa kamu tonton adalah Anti Trust yang rilis sejak tanggal 12 Januari 2001. Film yang disutradarai oleh Peter Howitt dan ditulis oleh Howard Franklin ini cukup seru untuk disaksikan.

Dikisahkan dalam film tersebut, seorang ahli komputer bernama Milo yang bekerja di suatu perusahaan software ternama, NURV.

Milo dipercaya untuk membuat suatu program yang disebut Synapse namun ia berbalik menentang perusahaannya setelah mengetahui bahwa perusahaan tempatnya bekerja tersebut adalah dalang dibalik suatu kejahatan.

NURV menjadi sebab meninggalnya para programmer independen yang dianggap sebagai saingan dalam menciptakan perangkat yang sama termasuk teman dekatnya Teddy yang mati mengenaskan di dalam garasi rumahnya.

Pada akhirnya, Milo berhasil mengungkap kejahatan NURV dan masyarakat akhirnya mengetahui apa yang sudah perusahaan tersebut lakukan.

14. Film Hacker “Fool Proof” (2003)

foolproof 2003

Meskipun dibuat dengan budget yang minim, nampaknya film asal Kanada garapan William Phillips ini tetap layak dijadikan tontonan seru karena jalan ceritanya yang cukup menarik. Film berdurasi 94 menit ini diperankan oleh aktor Kanada ternama Ryan Reynolds dan rilis pada tanggal 3 Oktober 2003.

Film ini mengisahkan tentang sekelompok orang yang memainkan sebuah game yang disebut Fool Proof. Dalam permainan tersebut mereka berencana dan melakukan simulasi untuk merampok suatu tempat dan mencuri benda seperti uang dan perhiasan tanpa menggunakan peluru dalam senjatanya.

Sayangnya, rencana mereka justru ditemukan oleh seorang kriminal yang kemudian memeras ketiga rekan tersebut dan memaksanya untuk menjalankan rencana tersebut dalam dunia nyata.

13. Film Hacker “Revolution OS”(2002)

Revolution OS 2002 1

 

Revolution OS juga merupakan film bertema hacker yang lebih mengarah pada kisah dokumenter tentang terciptanya software OS atau Open Source seperti GNU, Linux, dan free software movement lainnya.

Film yang disutradarai oleh J.T.S More ini menggambarkan bagaimana proses Linux menjadi suatu program Open Source dengan source code yang dapat diakses dan diubah oleh users dan berbeda dari OS yang ada saat ini yakni Microsoft Windows milik Bill Gates.

Linux sendiri dibuat oleh ratusan ahli programmer serta hacker handal.

Para hacker dalam film tersebut berusaha dan berjuang agar masyarakat luas bisa menggunakan program software tanpa harus terikat dengan intelektual proprietory yang melarang salinan software tersebut disebarkan dengan bebas dan gratis seperti yang dilakukan oleh Microsoft.

12. Film Hacker “The Score” (2001)

the score 2001

Film bergenre action, romance dan crime yang satu ini juga melibatkan kisah para pencuri yang berusaha mengambil suatu barang berharga. Dimulai dari kisah Nick Wells, seorang kriminalis professional yang mencoba hidup normal bersama kekasihnya Diane setelah nyaris tertangkap di aksi terakhirnya.

Saat menjalani hidup dan bisnis klub Montreal miliknya, seorang teman bernama Max datang menawarkan suatu pekerjaan yang tak bisa ia tolak karena nilainya yang menggiurkan.

Akhirnya ia kembali harus melakukan aksi kejahatan bersama orang suruhan Max yakni Jack Teller yang diketahui adalah seorang pencuri yang agresif dan berbakat.

Film garapan sutradara Frank Oz ini dibintangi beberapa aktor ternama seperti Robert De Niro, Edward Norton dan Angela Basset. Dengan durasi 124 menit dan rating yang cukup tinggi agaknya film yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan.

11. Film Hacker “Swordfish” (2001)

swordfish 2001

Sepertinya peran hacker memang tak jauh dari aksi kriminal dan pembobolan bank, seperti yang terjadi dalam film berjudul Sword Fish ini. Film ini menjadi salah satu film populer karena dibintangi deretan aktor dan aktris ternama seperti Hugh Jackman, John Travolta dan Halle Berry.

Dalam film ini, Hugh Jackman yang berperan sebagai Stanley Jobson, seorang hacker handal dan sering melakukan aksi kriminal yang membuatnya keluar masuk penjara.

Stanley harus bekerja sama dengan dua orang lainnya yakni Ginger (Halle Berry) dan Gabriel (John Travolta) dalam upaya membobol keamanan sebuah bank dan menjalankan aksi perampokan.

Jika kamu penasaran bagaimana aksi mereka akan berjalan, kamu mesti tonton film yang dirilis pada tanggal 8 Juni 2001 dan berdurasi 99 menit ini.

10. Film Hacker “Ghost In The Shell” (2017)

Ghost in the shell 2017

Film yang dirilis pada tanggal 29 Maret 2017 ini adalah versi live dari animasi Jepang dengan judul yang sama dan dibuat oleh Masamune Shirow. Film yang disutradarai oleh Rupert Sanders ini melibatkan aktris ternama Scarlett Johansson yang berperan sebagai Mayor Mira Kilian.

Dalam film berdurasi 107 menit tersebut dikisahkan seorang cyborg dari masa depan, Mira Killian yang berusaha menangkal aksi kejahatan the puppet master yang merupakan seorang hacker handal di dunia kriminal.

Ia juga berusaha menemukan jati dirinya di masa lalu karena kehilangan ingatan setelah rusak dan diperbaiki oleh hanka Robotics.

Film yang dilanda isu whitewashing atau pemeranan tokoh Jepang dengan ras kaukasia atau kulit putih ini mungkin dinilai kurang sesuai dan tidak semenarik versi animenya, meskipun begitu film ini tetap layak kamu tonton.

9. Film Hacker “Office Space” (1999)

Office Space 1999

Film bergenre komedi dan berlatar belakang kehidupan kantor ini juga cukup menarik untuk ditonton meskipun termasuk film lawas yang tidak begitu populer.

Office Space yang dirilis pada tanggal 19 Februari 1999 atau kurang lebih 20 tahun lalu ini digarap oleh sutradara Mike Judge dan punya skor yang cukup baik di IMDb yakni 7.8/10.

Sesuai judulnya, film office space menceritakan tentang kehidupan karyawan kantor yakni Peter Gibbons, diperankan oleh Ron Livingston yang frustasi dengan pekerjaannya dan muak pada bosnya yang rakus.

Bersama rekan kerjanya, Peter yang merupakan seorang programmer handal mulai menciptakan virus untuk menyerang sistem jaringan komputer sekaligus mencuri uang di rekening milik perusahaan.

8. Film Hacker “Algorithm” (2014)

algorithm 2014

Film Algorithm juga bisa jadi salah satu film wajib tonton kalau kamu gemar nonton film bertema hacker. Algorithm adalah film garapan sutradara Jon Schiefer ini berkisah tentang seorang ahli komputer freelance yang bernama Will dan telah dirilis sejak tanggal 19 Juli 2014 lalu.

Will bekerja membobol suatu sistem yang mengunduh program tersebut termasuk program rahasia milik pemerintah dan memberikannya pada pihak lain untuk dikembangkan lebih lanjut.

Film berdurasi 91 menit ini diperankan oleh beberapa bintang seperti Raphael Barker, Keith Barletta dan Julie Ceballos. Meski tidak diperankan oleh film dengan latar belakang kota San Fransisco ini cukup banyak disukai dan bisa jadi tontonan menarik untuk kamu yang punya minta di bidang komputer.

7. Film Hacker “Eagle Eye”(2008)

Eagle eye 2008

Film action Eagle Eye memunculkan sekelumit kisah dan peran hacker di dalamnya. Film yang digarap oleh sutradara D.J Caruso ini punya kisah yang cukup menarik untuk diikuti dan tak heran jika mendapatkan rating yang cukup baik.

Kisahnya dimulai dengan seorang pemuda bernama Jerry Shaw yang diperankan oleh Shia Labeouf merasa frustasi akan kematian saudara kembarnya Athan Shaw dan kehidupan finansialnya yang buruk.

Suatu hari, ia mendapatkan uang dalam jumlah banyak dalam atmnya, senjata dalam apartemennya dan sebuah telepon misterius yang dapat mengontrol banyak hal.

Ia lantas mesti menggantikan saudara kembarnya yang ternyata pernah terlibat dalam misi Eagle Eye yang dilakukan oleh pentagon. Banyak aksi berbahaya yang ia lakukan dan kalau kamu tertarik, kamu bisa tonton film yang sudah rilis sejak tanggal 28 Desember 2008 ini.

6. Film Hacker “Snowden” (2016)

Snowden 2016

Kisah hacker keren lainnya juga diwujudkan dalam suatu film biografi dengan judul Snowden ini. snowden, film bertema action-thriller ini digarap oleh sutradara Olivia Stone serta diproduksi oleh rumah produksi kenamaan Elevation Pictures.

Film ini mengisahkan tentang seorang hacker atau ahli komputer bernama Edward Snowden yang diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt.

Snowden yang merupakan mantan agen badan intelejensi Amerika atau CIA melakukan aksi pembobolan data milik badan keamanan Amerika NSA dan membocorkannya pada media termasuk harian The Guardian.

Karena aksinya itulah, ia menjadi buronan nomor satu di Amerika saat itu meskipun aksinya dianggap sebagai aksi heroic oleh sebagian besar masyarakat. Selain Joseph Gordon Levitt, film ini juga diperankan oleh beberapa bintang ternama lainnya seperti Nicolas Cage dan Shailene Woodley.

5. Film Hacker “Tron” (1982)

 

trom 1982 1

Salah satu film hacker lawas yang bisa kamu tonton adalah Tron. Film hacker yang juga dibumbui dengan fantasi dan fiksi sains ini dirilis pada 9 Juli tahun 1982 dan mengilhami film barunya di tahun 2010 yakni Tron Legacy.

Tron (1982) sendiri mengisahkan tentang seorang programmer software komputer yang bernama Kevin Flynn, diperankan oleh Jeff Bridges, berusaha meretas program video games milik perusahaan lamanya yang diduga menggunakan ide miliknya.

Saat sedang meretas, Flynn justru tersedot dunia digital dan masuk ke dalam video game yang hendak ia retas. Saat berada di dalamnya, ia harus berusaha menyelamatkan diri dan keluar dari game tersebut.

Film yang disutradarai oleh Steven Lisbeger ini wajib kamu tonton kalau kamu juga gemar menonton film teknologi klasik.

4. Film Hacker “The Imitation Game” (2014)

the imitation game 2014

Jika kamu mengenal sosok Alan Turing sebagai penemu komputer dan seorang programmer yang handal, kamu mesti menyaksikan kisahnya dalam film The Imitation Game yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley.

Film berlatar belakang perang dunia kedua atau tepatnya pada tahun 1939 ini disutradarai oleh Morten Tyldum dan dirilis pada tanggal 29 Agustus 2014. Dalam film tersebut dikisahkan bahwa seorang ahli matematika, Alan Turing yang berusaha memecahkan kode rahasia  mesin enigma milik tentara Jerman.

Untuk memecahkan kode tersebut, Turing dan anggota tim lainnya mesti menciptakan suatu mesin tandingan enigma yang ia beri nama Christoper, teman dekatnya sewaktu masih remaja.

Selain dipenuhi adegan drama yang seru, kisah percintaan dalam drama ini juga cukup menyentuh dimana pada akhirnya Alan Turing harus tetap hidup dalam kesendirian dan meninggal akibat bunuh diri.

Dari film tersebut, Benedict juga berhasil menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Academy Awards tahun 2015.

3. Film Hacker “The Lawnmower Man” (1992)

the lawnmower man 1992

Film fiksi ilmiah asal Amerika yang ini adalah film lawas yang rilis pada tanggal 6 Maret 1992. Film garapan sutradara Brett Leonard ini juga punya kisah hacker dan teknologi yang cukup menarik.

Film yang dibuat berdasarkan cerpen dengan judul yang sama ini bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Dr Lawrence Angelo yang melakukan percobaan untuk meningkatkan kecerdasan hewan dan manusia.

Dengan menggunakan obat-obatan dan program komputer virtual reality ia juga mengubah Jobe Smith, tukang kebunnya yang cacat mental menjadi seorang jenius yang melampaui batas. Yang jelas, kamu tidak boleh melewatkan film yang dibintangi oleh Pierce Brosnan yang satu ini.

2. Film Hacker “Takedown” (2000)

takedown 2000

Kisah nyata seorang hacker terkenal yang juga dianggap sebagai salah satu hacker terbaik dan berbahaya di dunia, Kevin Mitnick juga diwujudkan dalam suatu film yang berjudul “Takedown”.

Film yang disutradarai oleh Peter Howitt dan dibintangi oleh Ryan Phillipe dan Tom Robbins ini rilis pada 15 Maret 2000. Takedown mengisahkan tentang kehidupan Mitnick yang sedari kecil memang gemar membobol sistem jaringan telepon.

Saat masih berusia remaja, ia iseng membobol jaringan telepon untuk sekedar menelpon gratis dan selanjutnya melakukan tindak kriminal yang membuatnya dipenjara di usia muda.

Tak kapok dengan hukuman penjara, Mitnick tetap gemar melakukan aksinya hingga membobol data Pentagon, perusahaan kartu kredit hingga mencuri software dan membobol sistem keamanan supermarket yang membuatnya berurusan kembali dengan para penegak hukum dan FBI.

1. Film Hacker “The Girl With Dragon Tattoo” (2011)

the girl with dragon tattoo 2011 1

The Girl with the Dragon Tattoo menjadi salah satu film sukses yang dibuat oleh sutradara David Fincher dan dirilis sejak tanggal 12 Desember 2011 silam. Film thriller yang diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama ini berhasil memukau banyak penggemar film lewat kisahnya yang seru.

Dalam film tersebut dikisahkan seorang jurnalis Mikael Blomkvist yang diperankan oleh Daniel Craig berusaha membongkar kasus pembunuhan dan gadis yang hilang bernama Harriet yang terjadi 40 tahun silam.

Dalam usahanya membongkar kasus tersebut, ia ditemani oleh seorang gadis bernama Lizbeth Salander, diperankan oleh Rooney Mara, memiliki tato naga di punggungnya dan dikenal sebagai hacker yang handal dan memiliki sifat asosial.

Film sepanjang 158 menit ini bahkan mampu menyabet lima penghargaan dalam Academy Award ke 84 di tahun 2012.

Itulah beberapa film tentang hacker terbaik yang bisa jadi tontonan menarik. Aksi hacker tersebut memang mengesankan tapi jangan tiru aksi mereka jika aksi tersebut melanggar hukum karena hal tersebut tentu tidak baik.

Ada banyak hal positif yang bisa diambil melalui pesan yang tersirat dalam film-film di atas dan semoga aksi atau jalan ceritanya sanggup memberi hiburan sekaligus inspirasi.

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.