20+ Rekomendasi Film India Paling Sedih Terbaik

Tak hanya dihiasi tarian yang energik atau nyanyian easy listening yang mendayu-dayu, film India kerap menyuguhkan cerita yang menyayat hati sehingga kerap membuat penonton berurai air mata.

Bahkan meskipun film tersebut telah berulang kali diputar tetap saja membuat mata tak mampu berhenti meneteskan air mata ketika menontonnya.

Kekuatan cerita serta karakter yang kuat membuat setiap film memiliki ruh yang mampu menyedot perhatian. Berikut beberapa judul film India yang memiliki cerita paling sedih hingga membuat air mata tak berhenti mengalir saat menontonnya.

20. Film India Paling Sedih “Kahona Pyar Hai” (2000)

Kahona Pyar Hai 20

Rilis di awal tahun 2000, film romantis yang digarap oleh sutradara kenamaan Rakesh Roshan ini memiliki alur cerita cukup menguras air mata. Dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Amisha Patel, film ini sukses mengaduk-aduk emosi penonton.

Berkisah tentang Rohit, seorang yatim piatu yang hidup menumpang di rumah sang bibi bersama adiknya Amit. Suatu hari Rohit yang bekerja di showroom mobil diminta sang bos untuk mengantarkan mobil pesanan Tuan Saxena untuk putrinya Sonia.

Terpukau dengan ketampanan Rohit, Sonia pun mulai mencari tahu siapa Rohit dan mendekatinya. Dan sebuah kejadian tak disengaja, membuat keduanya dekat dan saling jatuh cinta. Namun sayang hal ini tak disukai oleh ayah Sonia meski tk secara nyata diperlihatkan.

Hingga suatu ketika, sebuah insiden buruk membuat nyawa Rohit melayang. Ia dikabarkan terlibat kecelakaan dan jatuh ke laut dan mayatnya tak dapat ditemukan. Betapa hancur hati Sonia, hingga membuat senyum manisnya hilang seketika.

Sang ayah yang tak tahan melihat putrinya bersedih kemudian mengirimnya ke luar negeri agar bisa melupakan hal buruk tersebut. Di tempat baru dan suasana baru, kesedihan seolah tak mau pergi dari Sonia.

Hingga sekelebat bayangan membuatnya seolah mendapatkan kembali hidupnya. Rohit, ada pemuda yang memiliki wajah mirip dengan pria pujaan hatinya tersebut. Apakah benar itu Rohit? Dan apa yang sesungguhnya terjadi pada Rohit hingga membuatnya meninggal?

Semua cerita cinta yang rumit, kesedihan masa lalu serta kenyataan yang pahit akan membuat siapapun berurai air mata tanpa terasa.

19. Film India Paling Sedih “Kuch Kuch Hota Hai” (1998)

Kuch Kuch Hota Hai 19

Digarap oleh sutradara kenamaan Karan Johar, film yang rilis pada bulan Oktober 1998 ini menyajikan kisah cinta segitiga yang rumit sekaligus bikin sedih dan haru.

Film ini juga yang membuat ketiga pemeran utamanya yakni Shahrukh Khan, Kajol dan Rani Mukherjee menjadi bintang papan atas hingga saat ini.

Mengisahkan tentang Rahul, Anjali dan Tina, tiga sahabat yang terlibat cinta segitiga yang membuat salah satunya harus mengalah demi melihat orang yang dikasihi lebih bahagia.

Kisah berawal dari sebuah surat dari almarhum Tina untuk putrinya yang berulang tahun ke 8. Di dalam surat tersebut Tina bercerita tentang Anjali Sharma dan mewasiatkan agar, Anjali putrinya mempersatukan sang ayah Rahul dengan teman kuliahnya tersebut.

Anjali kecil dan sang nenek pun bergegas memulai petualangan mencari keberadaan Anjali saat ini. Hingga akhirnya mereka pun bertemu dan berhasil mempertemukan Anjali Sharma dengan Rahul sang ayah.

Namun sayangnya, Anjali sudah bertunangan dan akan menikah sebentar lagi. Hancur hati Anjali kecil mendengarnya, namun ia tak berhenti berusaha untuk mewujudkan keinginan sang ibu untuk menyatukan ayahnya dengan cinta pertamanya. Hingga akhirnya Rahul dan Anjali Sharma pun bisa bersatu.

18. Film India Paling Sedih “Hum Dil De Chuke Sanam” (1999)

Hum dil de Chuke Sanam 18

Film drama India dengan alur cerita sangat menyedihkan ini di sutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali dan langsung menjadi hits pada masanya.

Dibintangi oleh Salman Khan, Ajay Devgan serta Aishwarya Rai, film yang rilis di tahun 1999 ini mengambil Prag Mahal, Gujarat sebagai lokasi pengambilan gambarnya.

Ceritanya sendiri terinspirasi dari sebuah novel berjudul Na Hanyate’ karya Maitreyi Devi yang berbahasa Bengali yang mengisahkan tentang cinta dan pengorbanan serta rumitnya kisah cinta segitiga.

Nandini (Aishwarya Rai), seorang putri seniman musik klasik yang cukup terkenal di India. Suatu ketika ayahnya, Pandit Darbar (Vikram Gokhale) menerima seorang murid yang datang dari Italia bernama Sameer (Salman Khan).

Mulanya, Nandini tak menyukai sosok Sameer yang kerap membuatnya jengkel dengan tingkah lakunya. Namun perlahan karena sering bersama tumbuh cinta di hati keduanya.

Mengetahui hal tersebut sang ayah murka sejadi-jadinya karena telah berencana menjodohkan Nandini dengan pemuda pilihannya Vanraj (Ajay Devgan) dan mengusir Sameer dari rumah seketika itu juga.

Meski diusir, Sameer yang masih berada di India dan tak langsung kembali ke Italia kerap menulis surat untuk Nandini mencoba mengajaknya pergi bersamanya.

Nandini yang kini telah menikah dengan Vanraj tetap tak mampu melupakan cintanya pada Sameer, Vanraj yang sebelumnya murka karena kenyataan pahit cintanya tak berbalas lantas berubah pikiran dan berbesar hati mencoba menyatukan Nandini dengan Sameer.

17. Film India Paling Sedih “Devdas” (2002)

Devdas 17

Film India paling sedih selanjutnya ini terinspirasi dari sebuah novel laris karya Sharat Chandra Chatopadhyay berjudul sama.

Devdas sendiri disutradari oleh Sanjay Leela Bhanshani dengan menggandeng Shahrukh Khan, Aishwarya Rai serta Maduri Dixit sebagai bintang utamanya.

Film ini berlatar di tahun 1900-an dan mengangkat kisah cinta yang berakhir tragis antara Devdas dan Parvati atau Paro yang terhalang kasta sosial.

Devdas yang berasal dari keluarga terpandang sedang Paro hanya putri seorang penyanyi yang pada masa itu termasuk kasta yang rendah dan tidak selevel.

Merasa teringgung ibu Paro pun lantas menikahkannya dengan pria dengan tiga anak yang jauh lebih kaya dari keluarga Devdas. Paro yang sakit hati karena Devdas yang mencampakkannya pun setuju menikah.

Tak berselang lama, Devdas yang kadung terjerumus dalam kehidupan malam serta alkohol pun menyadari bahwa cintanya hanya untuk Paro. Terlambat, kini Paro sudah jadi milik orang lain.

Ini membuat hati Devdas makin hancur, hingga membuatnya berjanji pada Paro sebelum mati ia akan menemuinya.

Betul saja, Devdas yang sekarat pun menunggu Paro di bawah pohon di dekat pintu gerbang kediamannya. Suami Paro yang marah lantas meminta gerbang ditutup yang akhirnya membuat Paro tak dapat bertemu Devdas untuk terakhir kalinya.

16. Film India Paling Sedih “Veer Zaara” (2004)

Veer Zaara 16

Selanjutnya ada Veer-Zaara yang juga masuk dalam jajaran film India paling sedih. Dibintangi oleh Shahrukh Khan, Preity Zinta, film ini merupakan garapan sutradara Yash Copra di bawah naungan Yash-Raj Films yang telah banyak menghasilkan film-film box office.

Film ini berlatar tentang adanya konflik berkepanjangan antara India dan Pakisatan yang menjadi sebab terhalangnya cinta beda negara.

Veer Pratap Singh, seorang perwira Angkatan Udara India, di tengah perjalanannya tanpa sengaja bertemu dengan Zaara Hayat Khan, gadis Pakistan yang hendak pergi ke sungai Gangga untuk memenuhi amanah almarhum sang nenek.

Waktu berlalu menumbuhkan cinta di hati keduanya, namun sayangnya sekembalinya Zaara ke Pakistan ia pun harus segera menikah dengan pemuda pilihan sang ayah demi kepentingan politik.

Veer yang tak ingin kehilangan Zaara pun menyusul ke Pakistan demi meminta restu orang tua Zaara untuk meminang putrinya. Malapetaka pun terjadi pada Veer, ia justru ditangkap oleh aparat Pakistan dan dituduh sebagai pemberontak lalu dijebloskan ke dalam penjara.

Hari berganti musim berubah, tak terasa hampir 22 tahun Veer menjalani hukuman penjara dalam diam dan tak sekali pun melawan.

Hingga seorang pengacara Pakistan bernama Saamiya Sidiqui mulai mengungkap kasusnya dan membuat Veer tak hanya mendapatkan kembali kebebasannya tetapi juga cintanya yang hilang 22 tahun yang lalu.

15. Film India Paling Sedih “Kal Ho Na Ho” (2003)

Kal Ho Na Ho 15

Dibintangi oleh banyak aktor beken Bollywood seperti Shahrukh Khan, Saif Ali Khan, Preity Zinta hingga Jaya Bachan, film yang disutradarai oleh Nikhil Advani ini juga tak kalah menguras air mata.

Mengisahkan tentang Rahul yang baru saja datang ke New York untuk menjalani pengobatan. Di lingkungan baru tempatnya tinggal ia bertenu dengan seorang gadis spesial bernama Naina.

Rahul kerap menggoda Naina hingga membuatnya risih, tetapi ini justru membuat benih-benih cinta tumbuh di hati Naina. Rahul yang menyadari bahwa hidupnya tak lama lagi pun menolak cinta Naina dan berkata bahwa ia hanya menganggapnya hanya sebagai teman.

Tak mau hati Naina hancur, Rahul pun mencoba mendekatkan Naina pada sang sahabat yang sangat mencintainya, Rohit. Hingga akhirnya Naina pun setuju untuk menikah dengan Rohit.

Di tengah pesta menjelang pernikahan Naina, Rahul ambruk dan harus di bawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Saat kondisinya yang menurun, di ruangan ICU Rahul pun mengakui perasaannya bahwa ia pun sangat mencintai Naina makanya ia mempersiapkan semuanya agar ketika ia pergi Naina tak terlalu hancur hatinya karena ada Rohit di sisinya.

Meski sempat terpukul dengan kenyataan yang baru ia ketahui, namun Naina mulai mengerti dan memahami Rahul, dan ia pun mulai ikhlas melepas kematian Rahul.

14. Film India Paling Sedih “Ghajini” (2008)

Ghajini 14

Film karya A. R. Murugadoss yang rilis di tahun 2008 ini meski bergenre action namun kisah yang meliputinya sungguh tragis. Dibintangi oleh Amir Khan serta Asin Ttotumkal yang merupakan pendatang baru membuat film ini memiliki warna berbeda.

Berkisah tentang Sanjay Singhania (Amir Khan) yang menderita hilang ingatan jangka pendek, kondisi ini ia dapat ketika hendak menyelamatkan kekasihnya, Kalpana (Asin Ttomtukal) yang akan dibunuh oleh Ghajini Darmatma (Pradeep Rawat).

Hal ini membuat Sanjay hidup dalam dendam yang rumit dan membingungkan, karena setiap 15 menit ingatannya akan hilang membuatnya menulis tentang apa saja yang di temuinya saat itu di mana pun termasuk mentato tubuhnya sendiri.

Film ini menyuguhkan cerita dengan alur maju mundur yang rapi sehingga membuat penonton makin terbuai dan seolah merasakan ketegangan dan dendam Sanjay sekaligus sedih menyaksikan kisah cinta antara Sanjay dan Kalpana yang berakhir tragis.

13. Film India Paling Sedih “Taare Zameen Par” (2007)

Taare Zameen Par 13

Selanjutnya ada Taare Zameen Par yang menyuguhkan cerita yang tak kalah menguras air mata. Film yang rilis di tahun 2007 ini diproduseri sekaligus dibintangi oleh Aamir Khan dengan mengusung cerita tentang seorang anak dengan diseleksia.

Meski memiliki alur cerita yang sedih namun banyak pelajaran yang dapat diambil dari film ini bahwa anak yang terihat bodoh belum tentu bodoh sepenuhnya, mungkin ada sesuatu yang membuatnya kesulitan belajar.

Ishaan Aswathy, seorang anak berumur 8 tahun yang sebelumnya dikira bodoh, malas dan pembuat masalah oleh orang-orang disekitarnya termasuk keluarganya sendiri.

Sampai akhirnya Ishaan pun di masukan ke sekolah asrama untuk memperbaiki nilai pelajaran serta perilakunya namun hal tersebut tak merubah apapun justru membuat Ishaan jadi makin frustasi.

Hingga suatu ketika ada seorang guru seni baru di sekolahnya bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang memperhatikan Ishaan dan mengetahui ada yang spesial dari anak didiknya ini.

Dengan kesabaran serta kasih sayang, Ram mengajar Ishaan di sekolah dan membuatnya mampu mengatasi masalah yang dihadapinya.

12. Film India Paling Sedih ” Baghban” (2003)

Baghban 12

Film karya Ravi Chopra yang rilis di tahun 2003 ini memasang Amitabh Bachchan, Helma Malini serta Salman Khan sebagai pemain utamanya.

Mengisahkan tentang orang tua yang tak diinginkan oleh anak-anaknya, film ini bakal mengaduk-aduk emosi hingga menguras air mata.

Raj Malhotra (Amitabh Bachchan) beserta Pooja (Helma Malini) harus menerima kenyataan bahwa mereka tak diinginkan oleh keempat anaknya yang telah mereka besarkan dengan kasih sayang di saat kini telah dalam kondisi yang tak sekuat dulu untuk menafkahi diri sendiri.

Anak-anak Raj berniat memisahkan sang ayah dan ibu dan merawatnya bergantian di rumah keempat anaknya tersebut. Hal ini memicu konflik batin antara Raj dan Pooja sebagai orang tua yang telah membesarkan mereka dengan amteri serta kasih sayang yang melimpah.

Di tengah rasa sedih yang mendalam, Raj menuliskan kisah sedihnya yang dicampakan oleh anak-anaknya hingga menjadi sebuah novel yang laris manis di pasaran.

11. Film India Paling Sedih ” Waqt: The Race Against Time” (2005)

Waqt The Race Against Time 11

Selanjutnya ada Waqt: The Race Against Time yang juga menyuguhkan kisah sedih yang mengharu biru. Rilis pada 2005 yang lalu, film ini merupakan karya Vipul Shah yang menggaet Amitabh Bachchan, Akhsay Kumar, Priyanka Chopra serta Shemali Shah sebagai bintang utamanya.

Mengisahkan tentang Ishwarchand Takur, seorang pemilik pabrik mainan serta ayah yang memiliki ikatan kuat dengan sang putra Aditya Takur.

Namun sayangnya sang anak memiliki tabiat yang buruk dan kerap menggampangkan setiap masalah hingga ia membuat kekasihnya hamil.

Agar Aditya bisa belajar bertanggung jawab, sang ayah pun menikahkan dengan pacarnya yang hamil tersebut namun Aditya tak juga berubah.

Ishwarchand yang tak ingin sang putra mejadi semakin tak bertanggung jawab kemudian mengusirnya keluar dari rumah bersama istrinya yang tengah hamil.

Awalnya Aditya marah dengan perlakuan sang ayah namun akhirnya ia menyadari bahwa ini bentuk kasih sayang dari sang ayah untuk mengajarkannya tentang arti tanggung jawab.

Di saat ia menyadari, sang ayah sudah tak punya waktu lama karena telah divonis kanker paru-paru yang kemungkinan hidupnya kecil. Aditya pun berdoa agar diberikan sedikit waktu agar sang ayah bisa melihat putranya lahir sebelum meninggal dunia.

10. Film India Paling Sedih “Chak De! India” (2007)

Chak de India 10

Film besutan Shimit Amin yang dirilis tahun 2007 ini menyuguhkan cerita yang menggugah semangat sekaligus menguras emosi di saat yang sama.

Memasang Shahrukh Khan sebagai aktor utamanya, film bergenre drama olahraga ini akan mengajak kalian melewati suka duka untuk menggapai sebuah titik  kesuksesan.

Kabir Khan, seorang kapten sekaligus pemain unggulan di tim hoki nasional India. Kekalahan yang tim hoki India alami setelah melawan tim hoki Pakistan membuat Khan tak boleh lagi mengikuti pertandingan.

Tak sampai di situ saja, ia dan ibunya harus menerima cemoohan para tetangga yang marah hingga memaksanya pergi dari rumahnya sendiri. Tujuh tahun berselang, Khan yang mulai bangkit dari keterpurukannya kini beralih menjadi seorang pelatih tim hoki.

Tim yang Khan tangani ialah tim hoki wanita India, kerja keras serta semangat dari tim yang ia arsiteki membawa tim tersebut meraih gelar juara.

Hal itu lantas membawa Khan pada impianya yang tak mampu ia capai dulu. Saat ia kembali ke rumahnya dulu, ia pun disambut bak pahlawan yang baru kembali dari medan perang.

9. Film India Paling Sedih “Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela” (2013)

Goliyon Ki Rasleela Ram leela 9

Ditulis dan disutradarai sendiri oleh Sanjay Leela Banshali, film yang rilis di tahun 2013 ini mengisahkan tentang sebah kisah cinta penuh tragedi antara Ram dan Leela yang dibintangi oleh Ranveer Singh dan Deepika Pandukone.

Ram seorang pemuda dari Rajadi jatuh cinta dengan Leela yang berasal dari Saneera. Kedua suku, Rajadi dan Saneera diketahui tak pernah akur dan selalu terlibat pertikaian yang kerap memakan korban.

Suatu ketika keduanya memutuskan untuk kabur agar bisa hidup bersama tanpa dibayang-bayangi pertikaian antar suku tersebut. Namun, keduanya harus terpisah karena keluarga yang tak merestui menjemput paksa Leela.

Agar cintanya dikenang, keduanya memutuskan bunuh diri dengan saling menembakan pistol penuh peluru ke tubuh masing-masing. Hingga membuat Ram dan Leela ambruk, pergi dengan membawa cintanya hingga ke dunia lain.

8. Film India Paling Sedih “Bajrangi Bhaijaan” (2015)

Bajrangi Baijhaan 8

Rilis di tahun 2015, film India yang satu ini merupakan karya Kabir Khan sebagai seorang sutradara sekaligus penulis naskahnya.

Dibintangi Salman Khan, Kareena Kapoor serta Harshaali Malhotra sebagai pemain utamanya, film ini menyuguhkan cerita tentang perjuangan untuk dapat kembali ke keluarga yang hilang.

Bajrangi atau Pawan Kumar Caturvedi (Salman Khan) seorang Brahmana penganut Dewa Hanuman yang taat tanpa sengaja bertemu dengan Shahida (Harshaali Malhotra) seorang gadis kecil tuna wicara asal Pakistan yang tertinggal kereta yang kemudian dipanggil Munni.

Sebagai seorang Brahmana yang taat, Bajrangi terpanggil untuk mengantarkan Munni kembali ke keluarganya hingga berbagai cara pun dilakukan olehnya.

Pernah dibohongi oleh agen perjalanan yang tak mengantarkan Munni pulang tapi justru membawanya ke rumah bordil untuk dijual. Bajrangi pun bertekad untuk mengantarkan sendiri Munni pulang untuk bertemu keluarganya.

Berbagai macam hal dilalui Bajrangi dalam perjalanannya mengantar Munni pulang, hingga ia harus di penjara oleh aparat kepolisian Pakistan yang menuduhnya sebagai mata-mata India.

Kisah Bajrangi yang mengantarkan Munni ini diliput oleh seorang wartawan yang tertarik dengan ceritanya lalu menggunggahnya ke youtube hingga membuatnya viral dan akhirnya dibebaskan dari penjara Pakistan lalu dipulangkan ke India.

Ditengah kepulangannya, Bajrangi melihat Munni di tengah kerumunan orang-orang Pakistan yang mengenali kisahnya di youtube. Munni memanggilnya paman dan itu membuatnya tersenyum penuh haru.

7. Film India Paling Sedih “Bajirao Mastani” (2015)

Bajirao Mastani 7

Rilis di akhir tahun 2015, film ini merupakan karya epik dari sutradara Sanjay Leela Banshali yang memasangkan Ranveer Singh, Priyanka Chopra, serta Deepika Pandukone sebagai pemeran utamanya.

Berlatar di awal abad ke 18 saat India masih terbagi-bagi menjadi kerajaan-kerajaan kecil, film ini menyuguhkan kisah cinta segitiga yang penuh dengan konflik dan berakhir dengan nestapa.

Bajirao (Ranveer Singh), seorang peshwa di kerajaan Maratha tanpa disangka jatuh cinta dengan seorang putri dari kerajaan Bundelkhand bernama Mastani (Deepika Pandukone) yang sebelumnya memintanya menolong kerajaan sang ayah dari serangan pasukan Mughal.

Jalinan cinta keduanya terhalang restu dari ibu Bajirao karena Mastani yang berasal dari kerajaan bercorak Muslim, serta kenyataan bahwa Bajirao sudah memiliki istri yang juga sangat dicintainya, Kashibai (Priyanka Chopra).

Mastani yang telah gila dengan cintanya tak peduli meski harus berjuang hingga akhir hayat demi cinta Bajirao. Begitu banyak medan peperangan telah Bajirao taklukan namun rasanya menaklukan hati dua orang wanita menjadi begitu sulit untuknya.

Kisah cinta Bajirao dan Mastani ini berakhir duka, keduanya meninggal tanpa sempat bertemi untuk terakhir kalinya.

6. Film India Paling Sedih “Hamari Adhuri Kahani” (2015)

Hamari Adhuri Kahani 6

Film bergenre drama romansa yang rilis di tahun 2015 ini merupakan karya Mohit Suri sebagai sang sutradara.

Dimainkan oleh bintang-bintang baru seperti Emraan Hashmi, Vidya Balan serta Rajkumar Rao sebagai pemeran utamanya, film ini sukses menguras air mata dengan menyuguhkan kisah cinta berakhir duka antara Aarav dan Vashuda.

Aarav Ruparel, seorang pria tampan pemilik jaringan hotel berkelas di India jatuh cinta pada seorang wanita yang bekerja di salah satu hotel miliknya yang ditinggal pergi sang suami, Vashuda.

Vashuda yang masih memegang teguh adat dan tradisi semula menolak menerima cinta Aarav dan memilih menunggu Hari, suaminya hingga ia datang kembali. Namun keteguhan Aarav membuat Vasudha luluh.

Tak disangka, Hari sang suami kembali ke dalam hidup Vashuda, tak ingin berbohong ia pun bercerita tentang Aarav yang membuat Hari makin marah. Hari pun makin kalut karena harus menghadapi tuduhan sebagai teroris pun ditangkap oleh polisi.

Hal ini membuat Vashuda bingung dan meminta pertolongan dari Aarav. Karena rasa cintanya Aarav tak mampu menolak dan mencari jalan serta bukti agar Hari bebas dari tuduhan.

Dalam perjalanan pulangnya Aarav melintasi kebun bunga yang mengingatkannya pada Vashuda, naas ketika ia sampai di kebuh tersebut kakinya menginjak ranjau dan membuat tubuhnya hancur seketika karena ledakan ranjau yang dahsyat membuatnya tak akan bisa lagi bertemu Vashuda selama-lamanya.

5. Film India Paling Sedih “Rhaanjhanaa” (2013)

Raanjhanaa 5

Film India paling sedih berikutnya yang rilis di tahun 2013 ini merupakan besutan Aanand L. Rai sebagai sang sutradara serta menggandeng Himashu Sharma sebagai penulis cerita.

Film ini dibintangi Soonam Kapoor, Abhay Deol serta Danush yang memainkan perananya dengan sangat apik.

Mengangkat kisah cinta segitiga yang memilukan, film ini bercerita tentang Kundan Shankar seorang pria Tamil dari keluarga Hindu taat yang jatuh cinta pada sosok Zoya Haider.

Gadis muslim yang merupakan cinta masa kecil Kundan, namun sayang Zoya telah jatuh cinta pada pemuda lain di kampusnya.

Kundan yang tak pernah putus asa selalu berjuang mendapatkan cinta Zoya, namun sebuah tragedi membuat orang yang Zoya cintai harus meninggal dan ini karena Kundan.

Zoya yang marah tak mau lagi berbicara atau melihat Kundan, meski begitu Kundan selalu berada di sisinya dan mencoba menebus kesalahannya.

Ketika Zoya mulai menyadari perasaannya dan ketulusan Kundan, semua sudah terlambat karena Kundan telah meninggalkan ia selama-lamanya.

4. Film India Paling Sedih “Lootera” (2013)

Lootera 4

Film yang diproduksi tahun 2013 karya Vikramaditya Motwane yang mengusung genre drama romansa yang berlatar sejarah ini terinspirasi dari sebuah cerita pendek karya O’ Henry berjudul “The Last Leaf” yang terbit di tahun 1907.

Film ini memasang Ranveer Singh dan Sonakshi Sinha sebagai pemeran utamanya.

Berlatar di era 1950 an, film ini berkisah tentang Varun, seorang pencuri benda-benda kuno bersejarah yang mengaku sebagai arkeolog yang jatuh cinta pada Pakhi seorang putri tuan tanah di daerah Manikpur dan berjanji menikah dengannya.

Tetapi di hari pernikahannya, Varun pergi dengan membawa semua benda-benda arkeologi milik keluarganya yang membuat hati Pakhi karena penghianatan Varun.

Mengetahui motif Varun hanyalah materi, Pakhi pun bekerja sama untuk menjebak Varun untuk menjebloskannya ke Penjara. Varun yang masuk perangkap menyadari bahwa ada Pakhi dibalik ini semua.

Sekali lagi Varun menyelamatkan nyawa Pakhi, yang membuat Pakhi luluh dan melindungi Varun dari kejaran polisi.

Tak ingin terus bersembunyi, Varun pun menyerahkan diri pada polisi yang menyambutnya dengan peluru setelah melukis setangkai daun dan mengikatnya di sebuah pohon milik Pakhi. Sebab Varun Ingat jika daun di pohon tersebut habis maka waktunya di dunia juga telah habis.

3. Film India Paling Sedih “Aashiqui 2” (2013)

Aashiqui 3

Dibintangi oleh Shrada Kapoor dan Aditya Roy Kapoor, film drama romansa ini disutradarai oleh Mohit Suri yang rilis di tahun 2013 dengan mengusung kisah cinta pilu seorang bintang.

Berlatar di awal 2010 an, kisah bermula ketika Rahul yang seorang musisi sepulang manggung mampir ke sebuah cafe. Di cafe tersebut ia bertemu sosok Arohi yang sedang menyanyikan lagu miliknya dengan sangat merdu dan membuatnya terpesona.

Rahul pun meminta Arohi untuk menemuinya dan memberikan tawaran untuk menjadi penyanyi profesional, tanpa pikir panjang Arohi pun setuju. Tetapi sayang, Rahul tak menepati janjinya hingga membuat Arohi kecewa dan memutuskan menjadi penyanyi di tempat lain.

Rahul yang merasa bersalah mengajak relasinya yang seorang produser untuk mendengarkan suara Arohi ketika manggung di sebuah hotel. Terpukau dengan suara Arohi, produser kenalan Rahul tersebut pun mengontrak Arohi dan menjadikannya bintang terkenal.

Sayang kesuksesan Arohi membuat Rahul terintimidasi sehingga membuatnya makin tempramen dan tak bisa lepas dari alkohol. Hingga membuatnya kerap berurusan dengan polisi dan wartawan yang membuat Arohi juga dalam masalah.

Tak ingin menjadi beban untuk Arohi yang ia tahu sangat mencintainya, Rahul pun mengakhiri hidupnya sendiri yang membuat Arohi terpuruk dan tak ingin lagi menjadi bintang.

2. Film India Paling Sedih “Fanaa” (2006)

Fanaa 2

Dibintangi Kajol dan Aamir Khan sebagai lead actornya, film Fanaa menyuguhkan kisah yang mampu membuat kalian senyum-senyum sendiri sekaligus sedih di saat yang sama. Film ini sendiri merupakan karya Kunal Kohli di bawah naungan Yash Raj Films.

Zooni Ali Beg (Kajol), seorang gadis buta asal Kashmir terpesona dan jatuh cinta dengan seorang tour guide casanova dalam perjalanan pertamanya ke New Delhi ketika bersama teman-teman satu grup tarinya diundang sebagai pengisi acara di Republik Day.

Berjanji akan menikahi Zooni, Rehan pergi ke stasiun kereta untuk menjemput ayah dan ibu Zooni. Namun sayang terjadi sebuah ledakan hebat yang menewaskan banyak orang di stasiun termasuk Rehan.

Zooni yang sedang menjalani operasi untuk memulihkan penglihatannya shock ketika mendengar berita tersebut.

Tujuh tahun kemudian, Rehan dan Zooni dipertemukan kembali tanpa sengaja ketika Rehan yang sedang dalam sebuah misi terluka dan meminta pertolongan yang ternyata adalah rumah Zooni.

Zooni yang kini dapat melihat sama sekali tak mengenali Rehan yang terlihat kikuk dan kaget karena Zooni memiliki seorang anak yang ternyata adalah darah daging Rehan. Tak ingin hidup dalam kebohongan Rehan pun mengakui siapa ia sesungguhnya di depan Zooni.

1. Film India Paling Sedih “Padmaavat” (2018)

Padmaavat 1

Padmaavat yang rilis awal 2018 yang lalu ini merupakan karya epik dari Sanjay Leela Banshali. Di film yang terinspirasi dari sebuah sajak epik karya Malik Muhammad Jayassi ini memasang Deepika Pandukone, Shahid Kapoor dan Ranveer Singh sebagai pemeran utama.

Film ini berkisah tentang Alauddin Khilji (Ranveer Singh), seorang sultan yang berperangai buruk dari dinasti Khilji yang terpesona dengan seorang ratu Rajput bernama Rani Padmaavat (Deepika Pandukone).

Segala macam cara ditempuh oleh sang sultan untuk bisa menjadikan Padmaavat sebagai istrinya. Mulai dari cara halus hingga menggunakan intrik kotor termasuk menyerang kerajaan Rajput, membunuh sang raja dengan pertarungan curang untuk mengambil sang ratu.

Sebagai seorang ratu Rajput, Padmaavat yang tak mau dilecehkan oleh sultan Khilji pun melalukan Jauhar, yakni tradisi bunuh diri dengan membakar diri karena tak ingin dikuasai oleh orang asing.

Nah, itu tadi rekomendasi film India paling sedih dengan alur cerita yang mampu membuat kalian banjir air mata. Tapi tak hanya kisah sedihnya saja yang menarik, lagu-lagunya yang easy listening dan terkadang menggetarkan jiwa juga mampu membawa kalian larut dalam emosi. So, buat kalian yang pengen nonton jangan lupa sedia tisu ya!