Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

25+ Rekomendasi Film Motivasi & Inspirasi Terbaik

Buat saya, menonton film bukan sekedar mencari hiburan. Terkadang menonton film juga memberikan saya pengetahuan baru, pengalaman baru, atau bahkan perasaan baru.

Film yang akan saya tonton biasanya saya sesuaikan dengan mood saya saat itu. Misal sedang stress dengan pekerjaan, saya tentu tidak akan memilih film-film berat. Simple saja sih, malas nambah pikiran kalau ternyata saya tidak kunjung paham dengan jalan ceritanya.

Nah kalau saya mendadak lemah-letih-lesu kehilangan semangat, saya akan memilih film motivasi, atau film inspirasi. Genre film ini adalah film yang tokoh ataupun jalan ceritanya bisa menyemangati kita untuk melakukan sesuatu yang lebih baik, ataupun sesuatu yang baru.

Atau kalaupun tidak juga merasa lebih semangat, film genre ini setidaknya mengajarkan saya untuk belajar bersyukur, melihat sisi positif dari hal buruk apapun yang sedang saya alami.

Kalau anda sedang mengalami kondisi yang sama, berikut 25 Film Motivasi & Inspirasi terbaik versi saya:

25. Film Motivasi & Inspirasi “Dreamer: Inspired by A True Story” (2005)

Dreamer

Ben Cane (Kurt Russel) dan putinya, Cale (Dakota Fanning), mengadopsi seekor kuda pacuan yang nyaris dibunuh pemiliknya karena terluka. Mereka percaya bahwa kuda itu masih dapat disembuhkan.

Kehadiran kuda ini juga ternyata membantu memperbaiki hubungan mereka yang selama ini kurang harmonis.

Dengan kerjasama Ben, Cale, dan kakeknya, Pop (Kris Kristofferson), Sonador dirawat dan dilatih agar bisa bertanding kembali di arena pacuan.

Awards                 : 1 penghargaan di Young Artist Awards (Best Performance in a Feature Film – Leading Young Actress), dan 5 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John Gatins

24. Film Motivasi & Inspirasi “Remember The Titan” (2000)

Remember The Titans

Pada tahun 1970an, mengawali penghapusan diskriminasi warna kulit, dua sekolah di Alexandria – Virginia diintegrasikan menjadi sekolah menengah TC. Williams. Pelatih football yang semula kulit putih diganti dengan seorang pelatih kulit hitam, Herman Boonen (Denzel Washington).

Ketegangan muncul ketika para pemain dari berbagai warna kulit dituntut untuk bermain dan bekerja sama dalam 1 tim. Boone kemudian membawa mereka untuk ke sebuah kamp pelatihan di Gettysburg – Pensylvania.

Apakah strategi ini akan berhasil menyatukan mereka, membawa mereka meraih kemenangan, atau bahkan sekedar membuat masyarakat bisa menerima tim mereka?

Awards                 : BET Awards (Best Actor), Black Awards (Best Actor), BMI Film & TV Awards (Best Music), Christopher Awards (Feature Film), Young Artist Awards (Supporting Young Actress), serta 4 penghargaan dan 17 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Boaz Yakin

23. Film Motivasi & Inspirasi “Babe” (1995)

Babe

Babe adalah nama seekor babi kecil yang  sering bingung dengan identitas dirinya sendiri. Ia berteman dengan Ferdinand (seekor bebek yang menganggap dirinya adalah ayam yang bisa terbang) dan menganggap Fly (seekor anjing) sebagai ibunya.

Ia sadar bahwa ia memiliki bakat untuk mengumpulkan domba, dan ia ingin petani Hodgett (James Cromwell) menyadarinya.

Ia lalu sibuk belajar dengan anjing-anjing domba, sekaligus membuktikan bahwa meskipun hanya seekor babi, ia bisa menjadi apapun yang ia inginkan.

Awards                 : Academy Awards (Best Visual Effect), Golden Globe (Best Motion Picture – Vomedy or Musical), 20/20 Awards (Best Adapted Screenplay), British Comedy Awards (Best Comedy Film), serta 15 penghargaan dan 25 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Chris Noonan

22. Film Motivasi & Inspirasi “Pay It Forward” (2000)

Pay It Forward

Trevor McKinney (Haley Joel Osment) memiliki orangtua yang bermasalah. Ibunya (Helen Hunt) seorang alkoholik, dan ayahnya (Jon Bon Jovi) sering melakukan kekerasan kepada mereka.

Suatu hari ia mendapat tugas yang menarik dari gurunya yang baru, Eugene Simonet (Kevin Spacey) : memikirkan sesuatu yang dapat mengubah dunia, dan mewujudkannya.

Trevor memilih satu tindakan untuk membalas kebaikan yang diterima, tidak kepada orang yang memberikannya, tetapi kepada 3 orang lain yang membutuhkan.

Upaya ini kemudian meluas, menjangkau orang-orang terdekat, hingga orang-orang yang tidak ia kenal sebelumnya.

Awards                 : 1 penghargaan di Blockbuster Entertainment Awards (Favorite Supporting Actor – Drama/ Romance) dan 4 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Mimi Leder

21. Film Motivasi & Inspirasi “Men of Honor” (2000)

Men of Honor

Terinspirasi dari kepahlawanan Billy Sunday (Robert De Niro), Carl Brashear (Cuba Gooding Jr.) bertekad dan berjuang untuk menjadi penyelam pertama di Angkatan Laut Amerika Serikat.

Perjuangan ini tidak mudah. Teman-teman sekapalnya dan bahkan pelatihnya, Billy Sunday sendiri, menginginkan ia gagal dan berhenti.

Hanya keteguhan, kekuatan, dan daya tahan Carl yang bisa membuatnya mencatat sejarah.

Awards                 : 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : George Tillman Jr.

20. Film Motivasi & Inspirasi “Coach Carter” (2005)

Coach Carter

Ken Carter (Samuel L. Jackson) yang menjadi pelatih tim basket di SMAnya dahulu, merasa kecewa atas prestasi dan sikap buruk para pemainnya.

Ia pun memulai strategi untuk memperbaiki semuanya dengan memaksa mereka menandatangani perjanjian bahwa mereka akan berkelakuan baik, serta menjaga nilai-nilai mereka di sekolah.

Perubahan ini berhasil. Tim di bawah kepemimpinan Carter berhasil meningkatkan angka kemenangannya.

Ketika anggota tim menjadi besar kepala akibat kemenangannya tersebut dan mulai membuat ulah, Carter menonaktifkan semua kegiatan tim sampai mereka menunjukkan perubahan.

Awards                 : Black Movie Awards (Outstanding Achievement in Directing), Black Reel Awards (Best Director), Image Awards (Outstanding Actor in Motion Picture), dan 15 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Thomas Carter

19. Film Motivasi & Inspirasi “The Terminal” (2004)

The Terminal

Seorang warga Negara Krakhozia – Eropa Timur, Viktor Navorski (Tom Hanks), mendarat di Bandara JFK untuk suatu keperluan. Ia dilarang masuk ke Amerika Serikat karena negaranya telah melakukan kudeta, dan Amerika tidak mengakuinya.

Iapun tidak bisa kembali ke negaranya, karena perbatasan negara tersebut ditutup.

Sambil menunggu perkembangan situasi diplomatic yang ada, ia terpaksa bertahan di Bandara JFK. Bertahan hidup, juga menjalin hubungan dengan orang-orang yang ia temui.

Awards                 : Art Directors Guild (Best Contemporary Film), BMI Film & TV Awards (Best Music), GoldSpirit Awards (Best Comic Theme, Best Comedy Soundtrack), serta 3 penghargaan dan 7 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steven Spielberg

18. Film Motivasi & Inspirasi “Freedom Writers” (2007)

Freedom Writers

Pada tahun 1994, Erin Gruwell (Hilary Swank) mengawali pekerjaannya sebagai guru Bahasa Inggris di SMA Woodrow Wilson, sebuah sekolah integrasi.

Awalnya Erin tidak siap dengan kelas yang harus ia ajar, dimana sebagian murid-muridnya adalah anggota geng, atau setidaknya mengenal seseorang yang terbunuh karena perang antar geng. Sampai ia tahu cerita yang dialami oleh beberapa muridnya.

Ketika Erin meminta mereka menulis jurnal, ia menyatakan bahwa tidak akan membaca jurnal tersebut kecuali diminta. Erin berusaha melakukan yang terbaik, meski kadang ia harus menggunakan uangnya sendiri. Ia pun mulai diterima.

Perjuangan Erin tidak mudah. Apalagi ketika ia harus menghadapi perlawanan dari rekan kerjanya, dan juga pernikahannya.

Awards                 : Golden Camera – Germany (Best International Actress), Humanitas Prize (Feature Film Category), dan 1 nominasi di Image Awards untuk kategori Outstanding Writing in a Motion Picture

Sutradara            : Richard LaGravenese

17. Film Motivasi & Inspirasi “The Blind Side” (2009)

The Blind Side

Film ini diangkat dari kisah nyata pasangan suami istri Sean (Tim McGraw) dan Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock) yang mengasuh Michael Oher (Quinton Aaron), seorang remaja Afrika-Amerika tunawisma. Ibu Michael  seorang pecandu narkoba, dan ia tidak mengenal ayahnya.

Ketika Michael menunjukkan minatnya pada olahraga football, ia mendukungnya. Ia berdiskusi dengan pelatih, bagaimana membuat Michael mampu mehami dan mengikuti permainan.

Keluarga mereka tidak hanya memberikan tempat tinggal. Mereka menganggapnya sebagai bagian dari keluarga, bahkan mempekerjakan guru private untuk membantu Michael belajar, sehingga ia bisa meraih beasiswa atletik Divisi I NCAA.

Michael Oher adalah pemain Baltimore Ravens dalam NFL 2009.

Awards                 : Academy Awards (Best Performance by an Actress in a Leading Role), Golden Globes (Best Performance by an Actress in Motion Picture – Drama), serta 6 penghargaan dan 30 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : John Lee Hancock

16. Film Motivasi & Inspirasi “Cinderella Man”

Cinderella Man

Mantan petinju sukses, James Braddock (Russel Crowe)  kehilangan semua harta dan tabungannya pada saat terjadi krisis di Amerika Utara. Ia bersama istrinya, Mae (Renee Zellweger), dan ketiga anaknya harus bertahan melewati masa-masa kelaparan dan kesengsaraan.

Pada tahun 1934, mantan pelatih sekaligus managernya, Joe Gould, menawarinya untuk kembali bertanding. Ia kemudian menjadi simbol pengharapan bagi orang-orang yang putus asa.

Awards                 : Screen Actor Guild Awards (Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role), Australian Film Institute (Best Actor), Boston Society of Film Critics Awards (Best Supporting Actor), serta  13 penghargaan dan 44 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ron Howard

15. Film Motivasi & Inspirasi “The Pursuit of Happyness” (2006)

The Pursuit of Happyness

Christopher Gardner (Will Smith)  menginvestasikan seluruh uangnya untuk membeli alat yang disebut sebagai pemindai kepadatan tulang. Ia yakin akan mampu menjual semua barang tersebut.

Sayang barang tersebut tidak selaku apa yang ia harapkan. Dokter beranggapan, fungsinya hampir mirip dengan alat x-ray, namun harganya jauh lebih mahal.

Ketika kondisi keuangan mereka memburuk, istrinya meninggalkannya, dan ia terpaksa kehilangan apartemen. Ia pun terpaksa tinggal di jalanan bersama anaknya.

Mereka menjalani hidup yang tidak mudah. Ia terus berusaha menjual alatnya yang rusak, sambil bekerja di perusahaan pialang saham tanpa menerima bayaran selama 6 bulan.

Awards                 : ASCAP Film and Television Music Awards (Top Box Office Film), Capri – Hollywood (Movie of The Year), Image Award (Outstanding Motion Picture), serta  8 penghargaan dan 25 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gabriele Muccino

14. Film Motivasi & Inspirasi “Hachi: A Dog’s Tale” (2009)

Hachi

Hachi adalah seekor anjing kecil yang hilang di stasiun. Ia ditemukan oleh Parker Wilson (Richard Gere) yang kemudian membawanya pulang. Parker kemudian merawatnya dan mengajarinya banyak hal.

Hachi tumbuh menjadi anjing yang cerdas. Setiap hari ia mengikuti Parker ke stasiun, dan menunggu sampai ia selesai bekerja. Mereka pulang bersama-sama ke rumah.

Sampai suatu ketika, Parker tidak pulang. Kesetiaan Hachi pun teruji..

Awards                 : 1 nominasi dalam Russian National Movie Awards untuk kategori Best Foreign Drama Movie

Sutradara            : Lasse Hallstrom

13. Film Motivasi & Inspirasi “Scent of A Woman” (1992)

Scent of A Woman

Charlie Simms (Chris O’Donnell) adalah pelajar beasiswa di sekolah asrama Baird School, sekolah anak-anak orang kaya.

Ia berusaha bekerja paruh waktu agar bisa mengumpulkan uang untuk pulang ke rumahnya pada saat Natal. Namun pekerjaannya tidak mudah. Ia harus merawat Frank Slade (Al Pacino), pensiunan Kolonel yang buta, yang sangat pemilih terhadap perawatnya.

Slade yang ternyata memiliki rencananya sendiri, mendadak memutuskan untuk membawa Charlie ke New York.

Awards                 : Academy Awards (Best Actor in a Leading Role), Golden Globes (Best Motion Picture – Drama, Best Performance by an Actor, Best Screenplay), serta  3 penghargaan dan 14 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Brest

12. Film Motivasi & Inspirasi “Like Stars on Earth” (2007)

Like Stars on Earth

Nandkishore (Vipin Sharma) dan Maya Awasthi (Tisca Chopra) memiliki 2 orang anak yang bersekolah di St. Anthony – Bombay, Yohan (Sachet Engineer) dan Ishaan (Darsheel Safary).

Yohan anak yang berprestasi, sementara Ishaan kebalikannya. Nilai Ishaan selalu buruk, dia sering bermasalah dengan teman-temannya.

Banyaknya keluhan yang ada membuat kepala sekolah dan guru-guru yang ada menyarankan ia untuk dipindahkan sekolah. Ayahnya lalu memindahkan ia ke sekolah asrama ‘The New Era’ di Panchgani. Namun prestasi Ishaan tidak juga membaik.

Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan), adalah guru seni baru di sekolah tersebut. Ia kemudian menyadari bahwa Ishaan adalah penderita disleksia, dan berusaha meyakinkan semua orang bahwa ia bisa mengajari Ishaan dengan caranya sendiri.

Awards                 : Apsara Film Producers Guild Awards (Best Film, Best Director) Filfmfare Awards (Best Film, Best Director, Best Story, Best Actor), serta  8 penghargaan dan 6 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Aamir Khan

11. Film Motivasi & Inspirasi “The Green Mile” (1999)

The Green Mile

Pada tahun 1935, Paul Edgecomb (Tom Hanks) bekerja sebagai petugas penjara di sel E, dimana semua tahanannya adalah terpidana mati. Salah satunya John Coffey (Michael Clarke Duncan), pria kulit hitam berhati lembut, yang dihukum karena memperkosa dan membunuh gadis kulit putih.

John menunjukkan bahwa ia memiliki kekuatan. Ia menyembuhkan penyakit kandung kemih John, membangkitkan tikus yang sudah mati, dan menyembuhkan tumor otak Melinda Moores (Patricia Clarkson) – istri kepala penjara yang sekarat.

Seorang tahanan lain yang sangat brutal, Wild Bill (Sam Rockwell), mengaku bahwa ialah yang membunuh dua gadis itu. John hanya berusaha menolong, namun salah dituduh karena penampilannya.

Paul bermaksud membantu John untuk lepas dari eksekusi, namun John menolaknya.

Awards                 : Black Reel Awards (Best Supporting Actor), Blockbuster Entertainment Awards (Favorite Actor), Broadcast Film Critics Association Awards (Best Supporting Actor, Best Adapted Screenplay), serta  11 penghargaan dan 37 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Frank Darabont

10. Film Motivasi & Inspirasi “The Intouchables” (2011)

The Intouchables

Ketika Phillipe (Francois Cluzet) dan sekretarisnya, Magalie (Audrey Fleurot), sedang melakukan interview untuk mencari pengasuh, Driss (Omar Sy) datang dan memotong antrian.

Driss meminta Phillipe menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa ia sedang melamar pekerjaan, sehingga ia bisa mencairkan tunjangan penganggurannya. Phillipe setuju dengan mengajukan satu syarat.

Phillipe menantang Driss untuk bekerja padanya selama satu bulan. Driss menerima tantangan tersebut, dan pindah ke kediaman Phillipe.

Kehadiran Driss mengubah kehidupan Phillipe yang membosankan.

Awards                 : African-American Film Critics Association Awards (Best Foreign Film), Awards of The Japanese Academy (Best Foreign Film), Black Film Critics Circle Awards (Best Foreign Film), serta  144 penghargaan dan 126 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Olivier Nakache, Eric Toledano

9. Film Motivasi & Inspirasi “Hotel Rwanda” (2004)

Hotel Rwanda

Paul Rusesabagina (Don Cheadle) adalah orang Hutu. Ia menikahi Tatiana (Sophie Okonedo), orang Tutsi. Dua suku di Rwanda ini bermusuhan sejak dahulu, meskipun situasi masih cukup tenang.

Paul bekerja sebagai manajer di hotel Des Milles Collines di Kigali. Paul yang sangat menguasai pekerjaannya mendapat respek dari pelanggannya yang sebagian besar adalah orang kulit putih.

Suatu ketika, terjadi insiden yang melibatkan gerilyawan Tutsi melawan milisi Hulu yang didukung oleh pemerintah. Terjadilah pembantaian masal terhadap suku Tutsi.

Paul mencoba menyelamatkan keluarga dan orang-orang lain dengan menyembunyikan mereka di hotel dengan bantuan beberapa kenalannya : Kolonel Oliver (Nick Nolte)  – pasukan PBB dari Kanada, Pat Archer (Cara Seymour) – relawan Palang Merah, dan Jack Daglish (Joaquin Phoenix) – jurnalis.

Awards                 : AFI Fest (Best Feature Film), African-American Film Critics Association (Top 10 Film), Black Reel Awards (Best Actor), Humanitas Prize (Feature Film), serta  12 penghargaan dan 48 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Terry George

8. Film Motivasi & Inspirasi “Captain Fantastic” (2016)

Captain Fantastic

Ben Cash (Viggo Mortensen) dan istrinya, Leslie (Trin Miller), tinggal di hutan bersama 6 anak mereka : Bo (George Mackay), Kielyr (Samantha Isler), Vespyr (Annalise Basso), Rellian (Nicholas Hamilton), Zaja (Shree Crooks), dan Nai (Charlie Shotwell).

Anak-anak mereka bersekolah di rumah, diajari dengan ilmu-ilmu yang berkualitas sangat baik. Bo bahkan diterima di salah satu universitas terkenal.

Leslie yang didiagnosa bipolar kemudian bunuh diri. Ben ingin melakukan kremasi atas jenazah Leslie sesuai apa yang ia inginkan, namun Jack (Frank Langella), mertuanya, tidak setuju. Ia bahkan melarang Ben dan anak-anaknya menghadiri pemakaman.

Jack menuntut hak asuh atas cucu-cucunya karena menganggap Ben membawa pengaruh buruk.

Awards                 : Cannes Film Festival (Un Certain Regard – Directing Prize), National Board of Review – USA (Top Tren Independent Films), Palm Springs International Film Festival (Directors to Watch), serta 11 penghargaan dan 43 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Matt Ross

7. Film Motivasi & Inspirasi “Slumdog Millionaire” (2008)

Slumdog Millionaire

Jamal (Dev Patel) dan saudaranya, Salim (Azharuddin Mohammed Ismail), dibesarkan di daerah kumuh di Mumbai. Ia kemudian mengikuti kuis Who Wants To Be A Millionaire versi India, dan memenangkan hadiah 10 juta rupee pada penampilan pertamanya.

Namun ia justru ditangkap polisi karena dianggap bermain curang. Mereka menganggap tidak mungkin seorang anak dari daerah kumuh bisa mengetahui jawaban-jawaban dengan tepat.

Jamal kemudian menjelaskan bagaimana setiap peristiwa yang terjadi di hidupnya telah mengajarinya sesuatu. Ia juga berharap bisa terus melanjutkan kemenangannya, karena ia mempunyai alasan khusus untuk bisa tampil dan disiarkan di acara televise tersebut.

Awards                 : Academy Awards (Best Motion Picture, Best Directing, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Editing, Best Original Score, Best Original Song, Best Sound Mixing), serta  144 penghargaan dan 126 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Danny Boyle

6. Film Motivasi & Inspirasi “Whiplash” (2014)

Whiplash

Andrew Neiman (Miles Teller) adalah drummer aliran jazz yang ambisius. Sementara Terence Fletcher (J.K. Simmons) adalah instruktur yang dikenal karena bakatnya yang luar biasa, sekaligus metode mengajarnya yang mengerikan.

Mereka bertemu dalam satu kelas. Ketika sang guru terus mendorongnya melalui batas kemampuan, dan kewarasannya, ambisi Andrew dengan cepat berubah menjadi obsesi.

Awards                 : Academy Awards (Best Supporting Actor, Best Editing, Best Sound Mixing), Golden Globes (Best Suporting Actor), BAFTA Awards (Best Supporting Actor, Best Editing, Best Sound), serta  85 penghargaan dan 136 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Damien Chazelle

5. Film Motivasi & Inspirasi “The Pianist” (2002)

The Pianist

Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody) dikenal sebagai pemain piano asal Yahudi yang terbaik di Polandia. Bahkan beberapa orang menyatakan bahwa ia adalah salah satu yang terbaik di Eropa.

Ketika Jerman mulai menguasai Polandia dan akan mengirim Wladyslaw beserta keluarganya ke kamp konsentrasi, ia bersembunyi di sebuah apartemen nyaman yang disediakan oleh temannya.

Setelah temannya lenyap, ia harus mengurus dirinya sendiri, menghabiskan beberapa tahun waktunya untuk bersembunyi dari rumah ke rumah.

Awards                 : Academy Awards (Best Actor, Best Director, Best Adapted Screenplay), BAFTA Awards (Best Film, Best Director), serta  51 penghargaan dan 73 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Roman Polanski

4. Film Motivasi & Inspirasi “Grizzly Man” (2005)

Grizzly Man

Ini adalah film documenter yang mengisahkan kehidupan dan kematian Timothy Treadwell dan kekasihnya Amie Huguenard.

Selama 13 musim panas, mereka pindah ke Katmai – Semenanjung Alaska, dan tinggal di antara beruang grizzly untuk mempelajari dan melindung kehidupan para beruang.

Pada tahun 2003, secara tiba-tiba mereka diserang.

Awards                 : Chicago Film Critics Association Awards (Best Documentary), Cinema Eye Honors Awards  (The Influentials), Directors Guild of America (Outstanding Director Achievement in Documentary), serta 18 penghargaan dan 15 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Werner Herzog

3. Film Motivasi & Inspirasi “12 Years a Slave” (2013)

12 Years A Slave

Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor) adalah pemain biola Afro-Amerika yang tinggal bersama istri dan anak-anaknya di Saratoga Springs, New York.

Ia disewa oleh untuk mengikuti tur pertunjukan selama 2 minggu, namun ia kemudian diculik dan dijual sebagai budak di New Orleans dengan panggilan Platt.

Selama 12 tahun ia bekerja di sebuah perkebunan dan menerima perlakuan yang sangat kasar dari majikannya. Sampai ia bertemu dengan seseorang yang berjanji akan mengirimkan kabar ke keluarganya.

Awards                 : Academy Awards (Best Motion Picture, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay), Golden Globes (Best Motion Picture – Drama), BAFTA Awards (Best Film), serta  235 penghargaan dan 326 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steve McQueen

02. Film Motivasi & Inspirasi “A Beautiful Mind” (2001)

A Beautiful Mind

John Nash (Russel Crowe) adalah mahasiswa matematika cerdas yang sombong dan antisosial. Ia hanya berhubungan dengan 2 orang : temannya di Princeton, Charles (Paul Bettany), dan seorang mantan muridnya, Alicia Larde (Jennifer Connelly), yang kemudian ia nikahi.

Nash mengalami paranoia. Dalam pikirannya, ia adalah agen pemerintah yang diminta untuk memecahkan kode-kode rahasia dari Soviet. Hidupnya terlibat dalam konspirasi yang mengerikan.

Dengan dukungan Alicia, akankah ia bisa memulihkan mentalnya kembali?

Awards                 : Academy Awards (Best Picture, Best Supporting Actress, Best Director, Best Writing), Golden Globes (Best Actor, Best Supporting Actress, Best Screenplay, Best Motion Picture), serta  29 penghargaan dan 67 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara          : Ron Howard

1. Film Motivasi & Inspirasi “Life of Pi” (2012)

Life of Pi

Pi (Suraj Sharma, Irrfan Khan) berasal dari Pondicherry, India.

Suatu hari, ayahnya yang juga pemilik kebun binatang menyatakan bahwa pemerintah tidak lagi memberikan bantuan untuk pengelolaan kebun binatang itu. Mereka lalu memutuskan untuk pindah ke Canada dan menjual hewan-hewannya disana.

Perjalanan mereka di atas kapal kargo diserang badai yang kemudian menenggelamkan kapal itu. Pi berhasil menyelamatkan diri dengan sebuah sekoci, ditemani zebra, orangutan, hyena, dan harimau Bengal yang diberi nama Richard Parker.

Terdampar di Samudera Pasifik, ditemani hyena yang agresif dan Richard Parker yang kelaparan, Pi harus menemukan cara untuk bertahan hidup.

Awards                 : Academy Awards (Best Directing, Best Cinematography, Best Music, Best Visual Effect), Golden Globe (Best Original Score), BAFTA Awards (Best Cinematography), serta  77 penghargaan dan 129 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Ang Lee

 

 

Sebagian dari film di atas adalah film-film based on true story. Terbayang ya perjuangan luar biasa yang dihadapi tokoh-tokohnya. Banyak yang bisa kita pelajari disana.

Kalaupun ada beberapa film yang tidak menceritakan kejadian nyata saya masukkan disana, semata karena saya membayangkan kalau saya ada di posisi tersebut. Atau karena saya menangkap emosi yang sama dengan yang sedang saya rasakan saat itu.

Setidaknya setelah menonton film-film ini, mendadak saya terinspirasi untuk menjadi manusia yang lebih baik. Meski  cuma sehari, biasanya besok lupa lagi dan kembali menjalani hidup dengan alakadarnya.

 

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.