insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Daftar Rekomendasi Film Perang Dunia Ke 2 (II) Terbaik

Berlatar belakang sejarah, berbagai macam judul film yang bertema Perang Dunia II ini memang menarik untuk disimak. Terlebih lagi jika dibumbui dengan aksi dan efek yang memukau seperti ledakan, pesawat tempur yang malang melintang hingga visualisasi kapal laut yang megah.

Film box office Perang Dunia II memang kebanyakan masih didominasi oleh kekuatan tentara Amerika Serikat di beberapa Negara untuk menegakkan keadilan. Didukung dengan kisah sejarah Nazi yang mencekam dan kependudukannya di beberapa Negara Eropa.

Namun ada juga kisah dari sudut pandang Negara lain, seperti Jepang, Norwegia, Denmark ataupun Jerman sendiri. Nah, untuk sobat pecinta film yang nggak sabar nonton film PD II, yuk siapkan checklist judul film Perang Dunia Ke 2 (II) terbaik di bawah ini.

40. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Pearl Harbor” (2001)

Pearl Harbor

Disutradarai dan juga diproduseri olah Michael Bay, film ini mengisahkan tentang dua sahabat karib di daerah Tennessee, yaitu Rafe McCawley (Ben Affleck) dan Danny Walker (Josh Hartnett) yang memutuskan untuk menjadi prajurit perang melawan Jerman di tahun 1923.

Pada tahun 1941, Rafe telah menjadi anggota Eagle Squadron sebagai pilot Amerika untuk membantu perang di Inggris Raya. Karena itu ia harus pergi meninggalkan Evelyn (Kate Beckinsale) sang kekasih.

Namun malang, Rafe dikabarkan mengalami kecelakaan saat perang karena pesawatnya jatuh diserang musuh. Tak ingin Evelyn bersedih, Danny sebagai seorang sahabat berusaha menghiburnya. Singkat cerita, Danny dan Evelyn pun berhubungan semakin dekat layaknya kekasih.

Tak disangka, ternyata Rafe kembali dengan selamat. Cerita berlanjut dengan dideklarasikannya perang antara Amerika Serikat melawan Jepang di mana Danny dan Rafe turun sebagai Kapten dan membuat hanya salah satu dari mereka yang kembali dengan selamat.

39. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Monuments Men” (2014)

The Monuments Men

Salah satu film Perang Dunia II dengan bumbu komedi, film yang ditulis dan disutradari oleh George Cloney ini mengisahkan tentang tentara yang diperintahkan untuk melindungi barang seni. Kisah ini diangkat dari buku non-fiksi yang berjudul sama.

Adalah Frank Strokes (George Clooney), seorang Letnan yang membujuk Presiden Amerika bahwa kemenangan tidak akan berarti jika harta dan budaya barat hilang dalam perang.

Untuk itu mereka membentuk satuan tugas yang terdiri dari ahli seni James Granger (Matt Damon), arsitek Richard Campbell (Bill Muray), agen karya seni Jean Claude Clermont (Jean Dujardin).

Selain itu ada juga pemahat Walter Garfield (John Goodman), seniman Inggris Donald Jeffries (Hugh Bonneville), sejarawan seni Preston Savitz (Bob Balaban) dan diketuai oleh Frank Strokes sendiri.

38. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Sea Without Exit” (2006)

Sea Without Exit

Memiliki judul asli “Deguchi no Nai Umi”, film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Hideo Yokoyama. Film yang dirilis 16 September 2006 ini menceritakan tentang Koji Namaki (Ebizo Ichikawa) seorang pitcher (pelempar) berbakat dalam olahraga baseball.

Namun Perang Dunia II yang terjadi kala itu memusnahkan cita-citanya untuk menjadi atlet profesional dan membuatnya untuk bergabung menjadi pasukan militer angkatan laut Jepang.

Judul Sea Without Exit menggambarkan pengalaman pasukan kaiten (kapal selam dengan misi penyerangan khusus) yang menunggu kematian di dasar laut.

Pilot kaiten terdiri dari Koji Namaki, Katsuya Kita (Yusuke Iseya), Yasukichi Sakuma (Shuji Kashiwabara) dan Hiroyuki Okita (Mitsunori Isaki) yang salah satunya berhasil meluncurkan kaitennya untuk melakukan serangan bunuh diri.

37. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Emperor” (2012)

Emperor

Dirilis 27 Juli 2013 di Jepang, film ini dibintangi oleh pemenang Academy Award, Tommy Lee Jones. Kisah bermula saat Brigadir Jendral Bonner Fellers  (Matthew Fox) yang dikirim ke Jepang setelah akhirnya Jepang menyerah pada Perang Dunia II.

Berdasarkan tugas dari Jendral Douglas MacArthur (Tommy Lee Jones), misi Fellers adalah untuk menyelidiki dan menentukan dihukum atau tidaknya Kaisar Hirohito sebagai penjahat perang atau tidak.

Selain itu Fellers juga memiliki tujuan untuk menemukan Aya Shimada (Eriko Hatsune), seorang murid pertukaran Jepang-Amerika Serikat yang pernah ia temui beberapa tahun yang lalu.

Dibantu oleh Takahashi (Masayoshi Haneda) yang seorang penerjemah, Fellers meminta bantuannya untuk mencari tahu lokasi Aya.

36. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Yamato” (2005)

Yamato

Berdasarkan novel karangan Jun Henmi, film yangdisutradarai oleh Jun’ya Sato ini menceritakan tentang awak kapal perang Jepan bernama Yamato, pada Operasi Ten-Go.

Berawal dari ekspedisi Makiko Uchida (Kyoka Suzuki) untuk menelusuri kapal Yamato pada tahun 2005 dibantu oleh Katsumi Kamio (Tatsuya Nakadai), nelayan yang dahulunya adalah pejuang Perang Dunia II dan Atsushi (Sosuke Ikematsu), seorang remaja magang.

Singkat cerita, alur mundur pada operasi Ten-Go, saat kapal Yamato diserang oleh tentara Amerika, di mana Kamio muda (Kenichi Matsuyama), Mamoru Uchida (Shido Nakamura) dan Shohachi Moriwaki (Takashi Sorimachi) tetap bertahan di dalam kapal untuk menembaki pesawat Amerika.

Hingga akhirnya Mamoru Uchida, ayah dari Makiko Uchida meninggal, begitu pun Moriwaki yang juga  meninggal untuk menyelamatkan Kamio yang bertahan hidup hingga di masa sekarang.

35. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Oba, The Last Samurai” (2011)

oba the last samurai

Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan tentang perjuangan tentara Jepang yang dipimpin oleh Kapten Sakae Oba (Yutaka Takenouchi) ketika melakukan perlawanan terhadap tentara Amerika di Pulau Saipan ketika Perang Dunia II.

Meskipun kalah jumlah, kegigihan Kapten Oba yang menganggumkan membuatnya dijuluki The Fox, atau Sang Rubah. Berbanding sangat jauh, tentu kalah tak dapat ditolak. Alih-alih bunuh diri seperti tentara lain yang kalah, Kapten Oba tetap bertahan.

Hingga akhirnya Jepang menyerah setelah peristiwa Hiroshima dan Nagasaki, pihak AMerika yang dipimpin Kapten Herman Lewis (Sean McGowan) masih kesulitan untuk menangkap Kapten Oba. Namun akhirnya Oba luluh saat atasannya yang seorang colonel memintanya untuk menyerah.

34. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Isoroku” (2011)

Isoroku

Film yang disutradarai oleh Izuru Narushima ini menceritakan tentang kehidupan Laksamana Isoroku Yamamoto (Koji Yakusho) di awal tahun 1930-an hingga kematiannya di tangan militer Amerika Serikat pada tahun 1943.

Film yang dirilis di Jepang pada 23 Desember 2011 ini mengisahkan tentang keinginan Yamamoto untuk menghindari konflik dengan Amerika Serikat saat Perang Dunia II hingga ditugaskannya Yamamoto untuk mempersiapkan penyerangan Pearl Harbor.

Selain Koji Yakusho, film ini juga dibintangi oleh Hiroshi Abe dan Tamaki Hiroshi yang memang sudah malang melintang di dunia perfilman maupun dorama Jepang.

33. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Suite Francaise” (2014)

Suite Francaise

Mengambil negara Perancis di tahun 1940 sebagai latar belakang cerita, film Perang Dunia II dengan bumbu romantis ini menceritakan awal kependudukan Nazi di Perancis.

Dirilis pada 13 Maret 2015 di Inggris, film ini mengisahkan tentang seorang wanita Perancis bernama Lucile Angellier (Michelle Williams) yang jatuh cinta kepada salah seorang tentara Jerman bernama Bruno von Falk (Matthias Schoenaerts).

Suite Francaise diangkat dari novel berjudul sama. Hanya saja skrip novel tersebut ditulis secara rahasia pada tahun 1942 oleh Irene Nemirovsky dan tidak pernah selesai karena Irene yang seorang Yahudi ditangkap dan meninggal di Auschwitz.

Hingga akhirnya 60 tahun kemudian skrip tersebut ditemukan di koper oleh putri Irene dan kemudian diterbitkan pada tahun 2004

32. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “To End All Wars” (2001)

To End All Wars

Film berdurasi 125 menit yang disutradarai dan diproduseri oleh David L. Cunningham ini menceritakan tentang tentara Inggris dan Amerika sebagai tahanan perang oleh Jepang yang dipaksa untuk membangun rel kereta api sepanjang 480 km dari Thailand ke Burma.

Adalah Kapten Ernest Gordon (Ciaran McMenamin) yang seorang calon guru yang terlibat perang dan diharuskan mengikuti wajib militer. Meskipun sebagai tahanan perang, Gordon tetap berbagi ilmu dengan para tahanan dan menjuluki sekolahnya sebagai Jungle University.

Film ini berkisar tentang perjuangan dan juga kepedulian baik terhadap rekan seperjuangan maupun musuh yang terluka. Juga perjuangan untuk menjadi orang bebas, seperti perjuangan Mayor Ian Campbell (Robert Carlyle), atasan Gordon, untuk keluar dari penjara.

31. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Flags of Our Fathers” (2006)

Flags of Our Fathers

Diadaptasi dari buku yang berjudul sama karangan James Bradley dan Ron Powers, film yang bersudut pandang Amerika ini mengisahkan tentang perjuangan Amerika Serikat dalam pertempuran di Iwo Jima, Jepang.

Secara garis besar film ini menceritakan tentang perjalanan prajurit Korps Marinir Amerika Serikat dan seorang anggota medis angkatan laut bernama John “Doc” Bradley (Ryan Philippe) yang berhasil mengibarkan bender di Iwo Jima.

Selain Doc, prajurit AS yang berhasil mengibarkan bendera tersebut adalah Sersan Mike Strank (Barry Pepper), Kopral Harlon Block (Benjamin Walker), Ira Hayes (Adam Beach), Rene Gagnon (Jesse Bradford) dan Franklin Sousley (Joseph Cross).

Selain itu, film ini juga mengisahkan prajurit yang berhasil pulang kembali ke negaranya dan kehidupan yang mereka alami setelah perang.

30. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Valkyrie” (2008)

Valkyrie

Salah satu film Perang Dunia II yang mengusung tema Nazi, film yang bergenre aksi thriller ini merupakan salah satu film yang memvisualkan kejadian 20 Juli 1944 mengenai pembunuhan Adolf Hittler atas membelotnya perwira tentara Jerman.

Adalah Kolonel Claus con Stauffenberg (Tom Cruise), salah seorang anggota militer angkatan darat Jerman yang tidak sepaham dengan ideology Nazi pimpinan Hitler (David Bamber), mendalangi operasi Valkyrie untuk mengambil alih Berlin.

Dibantu oleh rekannya diantaranya Jendral Friedrich Olbricht (Bill Nighy), Ludwig Beck (Terence Stamp), Kolonel Mertz von Quirnhem (Christian Berkel) dan Letnan Werner von Haeften (Jamie Parker), mereka melakukan pemberontakan.

Hanya saja terbongkarnya pemberontakan para tentara Jerman tersebut oleh Hitler, menciptakan tragedi yang lebih besar di Eropa.

29. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Battleship Island” (2017)

The Battleship Island

Tayang perdana pada 26 Juli 2017 di Korea Selatan, film The Battleship Island ini menceritakan tentang kisah nyata para penambang batu bara di Kora selama kependudukan Jepang di penghujung Perang Dunia II.

Berawal dari dikirimnya 400 pria warga Korea ke Pulau Hashima, di dekat Nagasaki, Jepang untuk dipaksa bekerja di tambang. Alur berlanjut dengan perjuangan beberapa orang yang berani menanggung resiko dengan mencoba keluar dari Hashima.

Adalah Lee Kang Ok (Hwang Jung Min), kepala preman Choi Chil Sung (So Ji Sub), tentara gerakan kemerdekaan yang menyamar menjadi pekerja Park Moo Young (Song Joong Ki) dan wanita penghibur Oh Mal Nyeon (Lee Jung Hyun) yang berjuang bersama di Hashima.

Film menjadi semakin menarik karena adegan emosional yang kuat saat melihat hubungan ayah dan anak antara Lee Kang OK dengan putrinya, So Hee (Kim Su An).

28. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Defiance” (2008)

Defiance

Film yang disutradarai oleh Edward Zwick, yang juga salah satu produser dan penulis skenarionya ini merupakan visualisasi dari buku Defiance : The Bielski Partisans, karya Nechama Tec.

Dirilis pada 31 Desember 2008 di Amerika Serikat, film ini mengisahkan tentang perjalanan orang-orang yahudi untuk lolos dari buruan tentara Nazi Jerman.  Adalah 4 Bielski bersaudara, Tuvia (Daniel Craig), Zus (Live Schreiber), Asael (Jamie Bell) dan Aron (George MacKay) yang berjuang bersama.

Menyisiri hutan-hutan di Polandia dan Belorusia, Bielski bersaudara dan orang Yahudi lain berusaha untuk bertahan hidup dengan rasa takut ditemukan para tentara Nazi.

Merasa tidak mungkin bersembunyi selamanya, mereka akhirnya bergabung dengan tentara merah yang kala itu sedang melakuka perlawanan terhadap Nazi.

27. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Unbroken” (2014)

Unbroken

Film perang Amerika yang diproduseri sekaligus disutradarai oleh Angelina Jolie ini berhasil meraup penghasilan 163.4 juta dollar, lebih dari dua kali lipat budget yang dikeluarkan.

Film ini diangkat berdasarkan novel non-fiksi karangan Laura Hillenbrand yang berjudul Unbroken : A World War II Story of Survival, Resilience, and Redemption.

Berawal dari kisah perjalanan Louis Zamperini (Jack O’Connell) seorang atlet lari Olimpiade yang mengalami kecelakaan pesawat tempur saat ditugaskan sebagai prajurit angkatan udara AS untuk menghadapi pasukan Jepang.

Bersama dua orang rekannya, Russel Phillips (Domhnall Gleeson) dan Francis McNamara (Finn Wittrock), Louis harus terombang-ambing di lautan dan bertahan hidup selama 47 hari sebelum ditangkap oleh tentara Jepang.

Kisah berlanjut dengan Louis dan Phillips menjadi tawanan Jepang selama 2,5 tahun, sebelum akhirnya dapat bebas dan kembali ke AS.

26. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Flame and Citron” (2008)

Flame and Citron

Dirilis pada 28 Maret 2008 di Denmark, film Perang Dunia II yang berlatar belakang negara Denmark ini menceritakan tentang kelompok perlawanan Denmark yang bernama Holger Danske terhadap pendudukan Nazi di Denmark.

Adalah Bent Faurschou Hviid (Thure lindhardt) alias Flammen dan Jorgen Haagen Schmith (Mads Mikkelsen) alias Citron, dua orang yang paling ditakuti di Holger Danske dan bertugas untuk mengeksekusi warga Denmark yang menjadi mata-mata Nazi.

Masalah timbul ketika Ketty Selmer (Stine Stengade), seorang kurir yang juga kekasih Flammen, dicurigai sebagai mata-mata Nazi. Hal ini membuat tujuan Flammen menjadi kabur karena tidak tahu mana yang harus dipercayai, mana kawan dan mana lawan.

25. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Good The Bad The Weird” (2008)

The Good The Bad The Weird

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Jae Woon Kim ini mengisahkan tentang 3 orang Korea pembuat senjata di Manchuria pada masa sekitar Perang Dunia II, tahun 1940-an.

Mereka adalah Do Won (Jung Woo Sung) atau The Good pemburu hadiah yang jujur, Chang Yi (Lee Byung Hun) seorang pembunuh kejam disebut juga The Bad dan Tae Goo (Song Kang Ho) atau The Weird perampok kereta yang sulit dibunuh.

Berawal dari pencarian harta karun Dinasti Ming berdasarkan peta yang dimiliki oleh The Weird dari hasil jarahannya terhadap tentara Jepang. Namun peta tersebut juga dicari oleh The Bad, sang pembunuh.

Di sisi lain, The Good juga berusaha mendapatkan peta tersebut agar menemukan harga yang bisa dimanfaatkan untuk banyak orang. Sehingga persaingan antara tiga orang tersebut tidak dapat dihindari lagi.

24. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Max Manus : Man of War” (2008)

Max Manus

Film ini merupakan film yang diangkat dari kisah perjuangan gerilya pahlawan Norwegia yang bernama max Manus (1914-1996) untuk memperjuangkan kemerdekaan Norwegia dari kependudukan Jerman.

Lika-liku perjuangan Max Manus (Aksel Hennie) diceritakan dengan apik melalui perjuangannya di garis depan melawan Nazi, berbagai bentuk sabotase hingga pertempuran di daerah bersalju, Finlandia, yang terus menghantui Max.

Kisah juga berlanjut dengan perjalanan hidup Max usai pertempuran kemerdekaan di mana Max pada akhirnya dianugerahi bintang penghargaan, kehidupan bersama wanita yang dicintainya hingga keberhasilanny mendirikan perusahaan sendiri.

23. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Eternal Zero” (2013)

The Eternal Zero

Disutradarai dan ditulis oleh Takashi Yamazaki, film yang memiliki judul asli “Eien no Zero” ini menceritakan tentang perjalanan Kentaro Saeki (Haruma Miura) dan Keiko Saeki (Kazue Fukiishi) untuk mencari tahu tentang latar belakang kakek kandung mereka, Kyuzo Miyabe (Junichi Okada).

Dengan alur mundur, film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Naoki Hyakuta ini menceritakan kehidupan Miyabe, seorang pilot kamikaze (pesawat yang ditujukan untuk serangan bunuh diri ke pihak lawan) yang masuk ke Satuan Unit Khusus.

Film bergenre aksi drama yang menguras emosi ini menceritakan pengorbanan Miyabe untuk membela Negara dan menyelamatkan rekan seperjuangannya, Kenichiro Oishi (Isao Natsuyagi), meskipun harus meninggalkan putri kecilnya dan istri, Matsuno (Mao Inoue).

Di akhir cerita diperlihatkan bagaimana Miyabe sebagai Unit Pasukan Khusus menembus barikade Amerika dan meledakkan kapal induk mereka dengan penuh tekad.

22. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Captain” (2017)

The Captain

Film yang memiliki judul asli “Der hauptmann” ini merupakan film berlatar belakang Perang Dunia II dari Jerman yang disutradarai dan ditulis oleh Robert Schwentke di mana pertama kali ditayangkan 7 September 2017 di Toronto International Film Festival (TIFF).

Divisualisasikan dalam tayangan hitam putih, film ini mengisahkan tentang Willi Herold (Max Hubacher), pemuda berusia 19 tahun yang membelot dari Nazi.

Masalah dimulai saat ia menemukan seragam perwira Nazi dan memutuskan untuk meneruskan peran pemilik seragam tersebut dengan membunuh sekitar 170 orang.

21. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Son of Saul” (2013)

Son of Saul

Berlatar belakang di kamp konsentrasi (kamp untuk tawanan perang) di Auschwitz, Polandia selama Perang Dunia II, film ini menceritakan kisah kehidupan Saul Auslander (Geza Rohrig), seorang tahanan yahudi anggota Sonderkommando Hungaria, selama satu setengah hari.

Tugas  Saul adalah membakar orang yang meninggal karena dibunuh oleh Nazi. Sampai suatu ketika ia menemukan anak angkatnya di antara orang-orang yang hendak dibakar.

Kisah dimulai dengan perjuangan Saul untuk menyelamatkan anak tersebut dari pembakaran dn mengusahakan untuk memakamkannya secara diam-diam dengan bantuan pendeta Yahudi.

Film ini berhasil memenangkan kategori Film Asing Terbaik di Academy Awards 88 dan juga Grand Prix di Festival Film Cannes 2015.

20. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Book Thief” (2013)

The Book Thief

Seorang gadis muda bernama Liesel Meminger (Sophie Nelisse) harus berpisah dari ibunya untuk tinggal dengan keluarga baru di Jerman. Liesel tidak bisa membaca dan kerap diolok-olok oleh teman-temannya, namun Rudy Steiner (Nico Liersch) sangat baik dan kerap membantu Liesel.

Suatu saat, keluarga Liesel kedatangan tamu seorang pemuda Yahudi bernama Max Vandenburg (Ben Schnetzer) yang meminta perlindungan. Karena ayah angkat Liesel berhutang budi pada keluarga Max, maka mereka menyembunyikan max di basement rumahnya.

Film The Book Thief ini sangat inspiratif. Keuletan dan semangat pantang menyerah Liesel untuk dapat membaca dan belajar membuat tempat sendiri di hati para penonton.

19. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Flowers of War” (2008)

The Flowers of War

The Flowers Of War adalah salah satu film berlatar belakang Perang Dunia Kedua yang memiliki sudut pandang lain, bukan fokus kepada tentara tetapi pada warga sipil, terutama kaum hawa yang menghadapi ancaman dari para prajurit perang.

Film yang mengambil setting di Nanking ini diperankan oleh Christian Bale (John Miller), Nini (Yu Mo) dan Zhang Xin Yi (Shu). Kisah berawal dari John yang berusaha untuk meluindungi murid-murid gereja dari tentara Jepang.

Alur cerita yang menarik membuat The Flowers of War berhasil meraih nominasi pada Academy Awards dan Asian Film Awards.

18. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Enemy at the Gates” (2001)

Enemy at The Gates

Film yang dirilis tahun 2001 ini disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud dan diperankan oleh Jude Law (Vasily Zaitsev), Rachel Weisz (Tania Chernova) dan Joseph Fiennes (Danilov). Enemy at the gates sukses menghasilkan lebih dari 90 juta dolar.

Film ini terbilang sukses walaupun menerima kritik dari Rusia dan Eropa karena keakuratan historinya yang kurang. Film ini bercerita tentang perang antara Nazi Jerman dan Uni Soviet di Stalingard. Mempertemukan dua ahli sniper, Vasily dari Rusia dan Erwin Konig dari Jerman.

17. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Thin Red Line” (1998)

The Thin Red Line

Diadaptasi dari novel karya James Jones, The Thin Red Line menceritakan tentang sekelompok pasukan tentara Amerika Serikat yang mengemban misi penting. Misi tersebut dilaksanakan di Lapangan Udara di Pulau Guadalcanal.

Pulau Guadalcanal adalah salah satu pulau yang lokasinya sangat strategis, tak heran jika pihak Amerika dan pihak Jepang berebut untuk menguasai daerah ini.

Film yang dirilis tahun 1998 ini disutradarai oleh Terrence Malick dan diperankan oleh Jim Caviezel (Robert Witt), Sean Penn (Edward Welsh) dan Elias Koteas (James Staros).

Film ini memang berlatar belakang perang, namun sebenarnya lebih fokus kepada orang-orang yang terlibat perang itu sendiri. Mulai dari ketakutan, ambisi, kepedulian dan persahabatan disajikan.

16. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Fury” (2014)

Fury

Film yang berlatar belakang Perang Dunia ke-2 selanjutnya adalah Fury. Dibintangi oleh aktor kawakan Brad Pitt (Don ‘Wardaddy’ Collier) dan Shia Labeouf (Boyd Swan), Fury sukses meraih keuntungan lebih dari 200 juta dolar.

Disutradarai oleh David Ayer, Fury menceritakan tentang misi berbahaya Wardaddy untuk meluluh lantakkan sisa-sisa pasukan Nazi yang berada di pusat kota Jerman. Misi ini disebut berbahaya karena pasukan wardaddy kekurangan senjata, namun harus dapat menyelesaikan misi dengan sukses.

Dengan bantuan tank Sherman, atau Fury, Wardaddy dihadang oleh tentara Nazi yang sedang bersembunyi. Tidak hanya itu, Tim Ayer juga diserang melalui pesawat tempur.

15. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Atonement” (2007)

Atonement

Atonement adalah film pertama yang mempertemukan Keira Knightley (Cecilia Tallis) dan Benedict Cumberbatch (Paul Marshall). Film ini disutradarai oleh Tim Beva, Eric Fellner dan Paul Webster.

Kisah Cecilia dimulai ketika adiknya Briony Tallis 13 tahun (Saoirse Ronan) melihat Robbie Turner (James McAvoy) jatuh cinta kepada kakaknya, Cecilia. Tetapi Briony memiliki sudut pandang yang lain terhadap Turner.

Singkat cerita, Turner kemudian dipenjara atas tuduhan Briony yang sebenarnya dilakukan oleh Paul Marshall. Sayangnya, Cecillia dan Turner tidak pernah bersatu kembali. Turner meninggal karena septikemia pada saat ia dievakuasi dan Cecilia tenggelam karena Pengeboman di stasiun Balham.

Film yang berdurasi 123 menit ini dibungkus dengan kisah yang apik dan tragis.

14. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Black Book” (2006)

Black Book

Film berlatar belakang perang dunia kedua ini berasal dari Belanda dan dibintangi oleh Carice van Houten (Rachel), Sebastian Koch (Muntze), Thom Hoffman (Hans) dan Halina Rejin (Ronnie). Black Book sukses meraih lebih dari 26 juta dolar.

Berkisah tentang Ronnie yang berkunjung ke Israel dan bertemu dengan guru yang ia kenal selama perang dunia kedua, Rachel Rosenthal.

Rachel adalah seorang penyanyi Yahudi-Belanda yang berjuang agar tetap hidup ketika daerahnya diduduki Nazi. Rachel kemudian berganti identitas menjadi Ellis de Vries dan terlibat dengan kelompok yang melakukan perlawanan.

Singkat cerita Ellis atau Rachel jatuh cinta kepasa Muntze. Perjuangan Ellis terus berlanjut ketika perannya sebagai mata-mata mulai terbongkar.

13.  Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Empire of the Sun” (1987)

Empire of The Sun

Masih disutradarai oleh Steven Spielberg, Empire of the Sun menceritakan kisah dari Jamie Graham (Christian Bale). Jamie, atau Jim, adalah anak laki-laki berasal dari keluarga Inggris kaya yang tinggal di Shanghai dan menjadi tawanan Jepang pada perang dunia kedua.

Kehidupan Jim setelah itu berubah drastis. Jim harus mampu untuk bertahan hidup di tengah konflik yang membuat dia terpisah dari kedua orangtuanya.

12. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Boy in The Striped Pajamas” (2008)

The Boy in The Striped Pajamas

Diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama, The Boy in Stripped Pajamas menceritakan tentang persahabatan Bruno (Asa butterfield), anak dari tentara Nazi yang menjadi komandan di kamp kerja Yahudi, dan Shmuel (Jack Scanlon)  seorang anak yahudi yang gemar menyendiri di dekat pagar kamp.

Disutradarai oleh Mark Herman dan diproduseri oleh David Heyman, film ini mampu mengambil hati penonton karena ceritanya yang mengharukan. Dirilis pada tanggal 7 November 2008 di Amerika Serikat, The Boy In Stripped Pajamas mampu menghasilkan lebih dari 40 juta dolar.

11. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Letter’s From Iwo Jima” (2006)

Letters from Iwo Jima

Iojima Kara no Tegami atau letters from Iwo Jima adalah film perang Jepang-Amerika yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Film ini dibintangi oleh Ken watanabe (Letnan Jenderal Tadamichi Kuribayashi), Kazunari Ninomiya (Perwira Saigo) dan Tsuyoshi Ihara (Takeichi Nishi)

Film ini pertama kali dirilis di Tokyo, Jepang, pada tanggal 15 November 2006 dan ditayangkan serentak di Amerika pada tanggal 2 Februari 2007.

Menceritakan tentang angkatan perang Jepang yang sudah terdesak ketika Amerika mulai menguasai beberapa pulau di Lautan Pasifik. Kuribayashi memutuskan untuk tidak melawan Amerika secara terang-terangan, namun memilih untuk berperang dengan cara bertahan di dalam tanah.

Tentara Jepang mulai menggali terowongan di dekat gunung Suribachi yang ada di pulau Iwo Jima. Film ini adalah salah satu film fiktif, namun sangat menarik untuk ditonton karena pesan moral yang didapat sangat banyak.

10. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Dunkirk” (2017)

Dunkirk

Film kisah nyata bersetting perang dunia kedua selanjutnya adalah Dunkirk. Film yang baru saja tayang pada tanggal 20 Juli 2017 lalu disutradarai dan ditulis oleh Christopher Nolan. Dunkirk sendiri adalah kota yang berada di Prancis.

Dunkirk menceritakan tentang lebih dari 400 ribu tentara Inggris dan Prancis yang terlantar di Dunkirk pada saat perang dunia kedua berkecamuk.

Hal yang membuat film ini menarik adalah kisah ceritanya yang didasarkan pada tiga sudut pandang, udara, darat dan laut. Diperankan oleh Fionn Whitehead (Tommy), Tom Glyn-Carney (Peter) dan Jack Lowden( Collins), Dunkirk mampu menghasilkan lebih dari 500 juta dolar semenjak dirilis.

9. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “IP Man” (2008)

IP Man

Menceritakan tentang ahli wingchun pada tahun 1930an, Ip man berhasil masuk nominasi di Hongkong Film Festival dan menyabet 2 penghargaan, yaitu penghargaan film terbaik dan Best Action Choreography.

Berawal dari Ip man (Donnie Yen), seorang ahli beladiri china, yang nasibnya berubah total ketika china dijajah Jepang pada tahun 1937. Ip Man awalnya adalah orang kaya yang disegani di desanya. Namun ia harus menjadi buruh tambang karena rumahnya dijadikan markas jepang.

Miura (Hiruyoki Ikeuchi), seorang jenderal Jepang yang ahli karate, menantang Ip man untuk berduel di arena pertarungan yang ia bentuk dengan sengaja untuk melatih tentara Jepang agar bisa bertanding dengan ahli beladiri dari China. Bisakah Ip man berhasil mengalahkan Miura?

8. Film Perang Dunia Ke 2 (II)  “The Imitation Game” (2014)

The Imitation Game

Setelah film The Atonement, Keira Knightley (Joan Clarke) dan Benedict Cumberbatch (Alan Turing) beradu akting kembali di film The Imitation Game.

Film ini mengangkat kisah Alan Turing, penemu mesin turing atau yang sekarang dikenal dengan komputer, yang bergabung ke dalam misi rahasia pada masa perang dunia kedua tahun 1941. Tugas utama turing adalah memecahkan kode enigma milik Jerman.

Banyak pesan moral yang disampaikan di film ini. Oleh karenanya, The Imitation game menyabet beberapa penghargaan dan review positif dari beberapa kritikus film.

Disutradarai oleh Morten Tyldum, film ini mendapatkan hasil yang sangat signifikan. Menganggarkan 14 juta dolar untuk pembuatannya dan dapat meraih lebih dari 230 juta dolar semenjak dirilis.

7. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Hacksaw Ridge” (2016)

Hacksaw Ridge 2

Hacksaw Ridge adalah salah satu film perang yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh aktor kawakan Mel Gibson, Hacksaw Ridge berhasil masuk ke dalam 6 nominasi oskar dan memperoleh kemenangan di Best Sound Mixing dan Best Film Editing.

Menceritakan tentang pengalaman seorang tentara bernama Desmond Doss (Andrew Garfield), tentara paramedis, yang dengan tegas menolak untuk mengangkat senjata. Desmond juga menolak untuk bekerja di hari Sabtu karena hari tersebut sakral untuk beribadah.

Hal tersebut membuat Desmond dibully oleh rekan-rekannya hingga terancam dipenjara. Namun ternyata Desmond malah mendapatkan penghargaan karena dia menyelamatkan puluhan tentara yang terluka ketika berperang.

Film ini dirilis pada tanggal 4 november 2016 di Amerika dan memperoleh lebih dari 175 juta dolar dengan anggaran produksi sekitar 40 juta dollar.

6. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Downfall” (2004)

Downfall 1

Film yang bersetting di Berlin, Munich dan Saint Petersbug ini menghabiskan 13.5 juta euro dalam proses pembuatannya. Inside Hitler’s Bunker, oleh sejarawan Joachim Fest, adalah buku yang mendasari pembuatan film yang meraup lebih dari 90 juta dolar ini.

Disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel , Downfall menceritakan tentang runtuhnya rezim Nazi pada tahun 1945. Film yang ditulis oleh Bernd Eichinger ini memfokuskan pada hari-hari terakhir Adolf Hitler, Eva Braun dan pasukannya dalam bunker ketika istana fuhrer diserang oleh Rusia.

Diperankan oleh Bruno Ganz (Adolf Hitler), Alexandra Maria (Traudl Junge) dan Juliana Kohler (Eva Braun), Downfall masuk nominasi Oscar dalam kategori film berbahasa asing terbaik.

5. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Inglorious Basterds” ( 2009)

Inglourious Basterds

Film bersetting perang dunia kedua selanjutnya yang disutradari oleh Quentin Tarantino dan diproduseri oleh Lawrence Bender adalah Ingluorious Basterds.

Film yang pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival pada tanggal 20 mei 2009 ini mendapat banyak respon positif dari para kritikus film.

Film yang berdurasi hampir 3 jam ini diawali oleh Hans Landa (Christoph Waltz) yang mendatangi rumah La pedite yang menyembunyikan satu keluarga yahudi. Hans Landa membunuh semua anggota keluarga tersebut kecuali Shosanna (Melanie Laurent), gadis berumur 19 tahun.

Film yang tayang pada tanggal 16 oktober 2009 di Indonesia ini mendapat banyak sekali penghargaan. Waltz mendapatkan predikat aktor terbaik di Cannes Film Festival, BAFTA ,Golden Globe dan lain-lain.

4. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “The Pianist” (2002)

The Pianist 2

Film yang berdasarkan buku autobiografi karya Wladyslaw Spilzman  ini disutradarai dan diproduksi oleh Roman Polanski dan ditulis oleh Ronald Harwood.

Menceritakan tentang Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody), pianis Yahudi-Polandia, dan keluarganya dalam masa invasi Jerman ke Polandia. Spilzman dibantu oleh temannya Kapten Wilm Honsenfeld (Thomas Kretschmann) untuk dapat bertahan hidup.

The pianist pertama ditayangkan di Cannes Film Festival dan mendapatkan lebih dari 120 juta dolar. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus. Dengan skor 85 dari 100 menjadikan The Pianist salah satu  film yang diakui secara universal.

3. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Saving Private Ryan” (1998)

Saving Private Ryan 1

Masih disutradari oleh Steven Spielberg, Saving Private Ryan menceritakan tentang perjuangan  Kapten John H Miller (Tom Hanks) dan timnya dalam menyelamatkan Ryan (Matt Damon) seorang prajurit yang diperintahkan untuk kembali ke Amerika.

John H miller juga harus bisa mengalahkan tentara Jerman dan menghancurkan basenya. Misi tersebut berhasil, namun Kapten John kehilangan banyak pasukan.

Semenjak dirilis pada tanggal 24 Juli 1998 di 2.463 bioskop, Saving Private Ryan termasuk film peperangan yang paling berpengaruh. Film ini dapat meraih 481 juta dolar dengan budget 70 juta dolar.

Film yang ditulis oleh Robert Rodat dan  berdurasi 170 menit ini memenangkan 5 penghargaan Oscar, termasuk sutradara terbaik untuk Steven.

2. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “Life is Beautiful” ( 1993 )

Life is Beautiful

Life is beautiful adalah film drama komedi yang diperankan dan disutradarai oleh Roberto Benigni. Inspirasi film ini berasal dari buku karangan Rubino R Salmoni berjudul In the End, I beat Hitler dan dari pengalaman ayah Benigni yang menghabiskan waktu 2 tahun di kamp jerman selama perang.

Film ini bercerita tentang Guido Orefice (Benigni) yang menggunakan imajinasi kepada anaknya, Giosue Orefice (Cantarini), untuk melindungi dia dari teror Nazi di kamp tawanan.

Life is Beautiful sangat sukses di pasaran. Film ini mendapatkan grand prix di Cannes Film Festival pada tahun 1998, sembilan penghargaan David di Donatello termasuk  film terbaik dan aktor terbaik bagi Benigni.

1. Film Perang Dunia Ke 2 (II) “ Schindler’s List” (1993)

Schindlers List

Disutradarai dan diproduseri sendiri oleh Steven Spielberg, film Schindler List ini menceritakan tentang Oskar Schindler, seorang pengusaha Jerman, yang menyelamatkan lebih dari 1000 Yahudi-Polandia pada perang dunia kedua.

Film ini dibintangi oleh Liam Neeson (Schindler), Ralph Fiennes (Amon Goth) dan Ben Kingsley (Itzhak Stern). Diangkat dari novel Schlinder’s Ark oleh Thomas Keneally, film ini sukses meraih tujuh academy awards dari 12 nominasi yang ada.

Bertempat di Krakow, Polandia, dan bertemakan hitam putih seperti film dokumenter, Schindler List berhasil masuk ke dalam deretan film terbaik yang pernah dibuat. Pada tahun 2007, Schindler list menempati posisi ke-8 dalam daftar 100 film terbaik Amerika oleh American Film Institute.

Nah, itu tadi adalah 40 list film Perang Dunia Ke 2 (II) terbaik baik fiksi maupun biografi. Tidak seperti film aksi ataupun film romantis yang pemainnya terkadang “itu-itu melulu”, film sejarah Perang Dunia II menawarkan aktor dan kisah dengan latar belakang yang lebih beragam.

Film sejarah, terutama perang dunia memang menarik untuk ditonton. Film aksi sejarah memang selalu memukau, karena selain aksi tempur yang menegangkan juga bermanfaat untuk menambah wawasan kan?

Category:
Film