Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Rekomendasi Film Thriller Terbaik

Film thriller sering dianggap sama dengan film horror, atau bahkan film misteri/ detektif. Sebenarnya pendapat ini tidak salah, karena genre film thriller memang seringkali mencakup keduanya.

Film thriller sendiri diartikan sebagai sebuah genre yang memiliki banyak subtype di dalamnya, yang alurnya diatur untuk menimbulkan rasa penasaran dan ketegangan pada penonton.

Jadi kalau sepanjang menonton sebuah film, anda terus bertanya-tanya dan mereka-reka, bisa dibilang saat itu anda sedang menyaksikan genre film ini. Gampang kan ?

Kalau masih penasaran, silahkan cek 40 Film Thriller Terbaik versi saya berikut :

40. Film Thriller “Elephant” (2003)

Elephant

Alex (Alex Frost) dan Eric (Eric Deulen) tampak seperti siswa sekolah biasa. Bedanya adalah : mereka memiliki rencana melakukan eksekusi masal terhadap teman sekelas dan petugas administrasi di sekolahnya.

Mereka menyusun strategi yang sangat matang, menonton program-program televisi tentang Nazi, dan membeli senjata api melalui internet.

Awards                 : Cannes Film Festival (Best Director, Cinema Prize of The Frech National Education System, Palme d’Or), French Syndicate of Cinema Critics (Best Foreign Film), serta 4 penghargaan dan 11 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Gus Van Sant

39. Film Thriller “JFK” (1991)

JFK

Presiden John F. Kenedy dibunuh di Dallas pada tanggal 22 November 1963. Sang penembak, Lee Harvey Oswald Gary Oldman), yang berhasil ditangkap justru ditembak oleh Jack Ruby (Brian Doyle-Murray).

Penyelidikan menyimpulkan kejahatan ini dilakukan masing-masing, dan tidak saling terkait. Jack dianggap melakukan penembakan sebagai pembalasan atas kematian presiden.

Namun Jim Garrison (Kevin Costner), seorang pengacara di Louisiana, mencurigai adanya konspirasi. Usahanya untuk melakukan investigasi mendapat reaksi keras dari tokoh-tokoh politik dan pemerintahan.

Awards                 : Academy Awards (Best Cinematography, Best Film Editing), Golden Globes (Best Direction – Motion Picture), BAFTA Awards (Best Editing, Best Sound), serta 14 penghargaan dan 41 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Oliver Stone

38. Film Thriller “Children of Men” (2006)

Children of Men

Pada tahun 2027, manusia berhenti bereproduksi selama 18 tahun tanpa diketahui penyebabnya, manusia menuju kepunahan.

Inggris merupakan satu-satunya tempat dengan peradaban modern yang masih bertahan. Ketika manusia dari seluruh dunia berniat bermigrasi ke sana, kekacauan pun terjadi.

Theo Faron (Clive Owen), mantan aktivis yang kemudian menjadi birokrat, bergabung bersama mantan istrinya, Julian (Julianne Moore), untuk melindungi seorang wanita hamil.

Kehamilan Kee (Clare-Hope Ashitey) memberikan harapan bagi seluruh umat manusia.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Cinematography, Best Production Design), Austin Film Critics Association (Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography), serta 43 penghargaan dan 76 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfonso Cuaron

37. Film Thriller “The Gost Writer” (2010)

The Ghost Writer

Adam Lang (Pierce Brosnan), mantan Perdana Menteri Inggris, menyewa seorang Ghost Writer (Ewan McGregor) – yang mendapat julukan The Ghost – untuk menulis memoir kehidupannya.

Lang yang telah pensiun kemudian pindah dan menetap di Amerika Serikat. Ia dan istrinya tinggal di sebuah pulau yang mewah dan terpencil, dijaga dengan keamanan yang ketat.

Ketika mantan ajudan Lang mengalami kecelakaan misterius dan Lang dituduh terlibat skandal pelanggaran HAM, The Ghost berusaha menemukan kebenarannya melalui berbagai sumber:

Catatan-catatan yang dimiliki ajudannya, dan istri Lang, Ruth (Olivia Williams), yang misterius.

Awards                 : Cesar Awards – France (Best Director/ Music Written/  Editing/  Adapted Screenplay), European Film Awards (Best Film/  Director/ Actor/ Composer/ Screenwriter/ Production Designer), serta 23 penghargaan dan 54 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Roman Polanski

36. Film Thriller “The Imitation Game” (2014)

The Imitation Game

Pada tahun 1951, Alan Turing (benedict Cumberbatch), seorang matematikawan, diinvestigasi setelah rumahnya mengalami kebobolan.

Kepada dua polisi yang bertugas, Nock (Rory Kinnear) dan Staehl (Tom Goodman-Hill), ia menceritakan kisahnya di Bletchley Park selama Perang Dunia II.

Turing bersahabat dengan Christopher  Morcom (Jack Bannon), yang kemudian meninggal dunia karena TBC. Mereka berdua bersama-sama mendalami kriptografi.

Setelah Inggris menyatakan perang terhadap Jerman, Turing bergabung bersama dengan tim kriptografi di bawah kepemimpinan Alastair Denniston (Charles Dance). Tugas mereka adalah memecahkan kode-kode yang dikirim oleh Nazi melalui Enigma.

Awards                 : Academy Awards (Best Adapted Screenplay), AFI Awards – USA (Movie of The Year), African-American Film Critics Association (Best Top 10 Fims), serta 44 penghargaan dan 158 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Morten Tyldum

35. Film Thriller “Lost Highway” (1997)

Lost Highway

Fred Madison (Bill Pullman), seorang pemain saksofon, memiliki permasalahan seksual. Istrinya, Renee (Patricia Arquette), kemudian menjalin hubungan dengan pria lain.

Suatu ketika ia menerima kiriman rekaman video yang menunjukkan bagian dalam rumahnya. Merasa dibobol, ia kemudian memanggil polisi untuk melakukan investigasi.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika selanjutnya ia menerima video yang berisi rekaman ketika ia sedang membunuh istrinya.

Awards                 : 1 penghargaan di SESC Film Festival – Brazil (Best Foreign Film) dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Lynch

34. Film Thriller “Straw Dogs” (1971)

Straw Dog

David (James Marsden) dan Amy Sumner (Kate Bosworth)  mempekerjakan Charlie Venner (Charli Skarsgard) untuk memperbaiki rumah almarhum ayahnya di Blackwater, Mississispi. Charlie sendiri dulunya adalah mantan kekasih Amy.

Charlie mengundang David untuk berburu rusa di hutan, namun kemudian meninggalkannya untuk memperkosa dan membunuh Amy tanpa sepengetahuannya.

Ketika Charlie dan teman-temannya bermaksud memburu Jeremy Niles (Dominic Purcell), pemuda lambat yang menyukai putri Tom Heddon (James Wood), David tergerak untuk melindungi Jeremy.

Apakah usahanya juga berhasil mengungkap kasus Amy, dan mengembalikan kehormatannya?

Awards                 : 1 penghargaan Kansas City Film Critics Circle Awards (Best Director) dan 2 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Sam Peckinpah

33. Film Thriller “Captain Phillips” (2013)

Captain Phillips

Film ini diangkat dari kisah nyata Kapten Richard Phillips (Tom Hanks) yang memimpin kapal container A.S. Maersk Alabama yang dibajak oleh kelompok perompak Somalia.

Rombongan perompak Somalia yang dipimpin oleh Abduwali Muse (Barkhad Abdi) berhasil menyerang dan mengalahkan pertahanan Alabama. Phillips kemudian disandera dengan meminta sejumlah tebusan.

Angkatan Laut yang datang kemudian berusaha menghentikan mereka dengan cara apapun, bahkan mengorbankan Phillips apabila memang diperlukan.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Supporting Actor), AFI Awards – USA (Movie of The Year), American Cinema Editors – USA (Best Edited Feature Film – Dramatic), serta 13 penghargaan dan 150 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul Greengrass

32. Film Thriller “The Lives of Others” (2006)

The Live of Others

Pada tahun 1980an, Georg Dreyman (Sebastian Koch) dan istrinya dianggap sebagai warga teladan. Ia luar biasa dermawan, dan istrinya, Christa-Maria Sieland (Martina Gedeck) adalah aktris popular. Mereka memilih untuk tidak terlibat dalam partai apapun.

Ketika Menteri Kebudayaan Bruno Hempf (Thomas Thieme) tertarik pada Christa, ia menugaskan Gerd Wiesler (Ulrich Muhe), seorang agen rahasia, untuk mengamati dan melaporkan apapun yang terjadi pada pasangan tersebut.

Wesler yang semula curiga, berbalik menjadi begitu peduli dan terlibat secara pribadi.

Awards                 : Academy Awards (Best Foreign Language Film), BAFTA Awards (Best Foreign Language Film), ACCEC Awards (Best Foreign Film), Adelaide Film Festival (Best Feature), serta 74 penghargaan dan 35 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Florian Henckel von Donnersmack

31. Film Thriller “Psycho” (1960)

Psycho

Marion Crane (Janet Leigh) menjalin hubungan dengan Sam Loomis (John Gavin), namun mereka tidak bisa menikah karena Sam sendiri memiliki kesulitan keuangan.

Suatu ketika, Marion dipercaya atasannya untuk menyimpankan uang senilai 40.000 dolar. Ia melihat ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki hidupnya yang berantakan.

Marion meninggalkan kota dan menuju California. Dalam perjalanan, ia terpaksa berlindung dari badai di Motel Bates yang dikelola oleh seorang pemuda pendiam, Norman Bates (Anthony Perkins), dan ibunya yang misterius.

Awards                 : Golden Globes (Best Supporting Actree), Edgards Allan Poe Awards (Best Motion Picture), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best DVD Classic Film Release), serta 2 penghargaan dan 13 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfred Hitchcock

30. Film Thriller “The Devil’s Advocate” (1997)

The Devils Advocate

Kevin Lomax (Keanu Reeves) adalah seorang pengacara muda di Florida yang tangguh. Ia kejam dan selalu memenangkan kasusnya.

Ketika ia mendapat penawaran dari sebuah firma hokum terbesar di New York, ibunya tidak menyetujui. Istrinya kemudian berpendapat sama ketika ia beberapa kali melihat penampakan iblis.

Kevin tidak peduli. Ia sibuk dengan pekerjaanya bersama atasannya, John Milton (Al Pacino), yang selalu memiliki cara untuk menyelesaikan semua tantangan. Dengan cara yang mengerikan.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Horror Film), serta 5 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Taylor Hackford

29. Film Thriller “Munich” (2005)

Munich

Setelah pembunuhan seorang atlet pada Olimpiade Munich tahun 1972, Perdana Menteri Israel, Golda Meir (Lynn Cohen), menyetujui operasi rahasia untuk memburu dan membunuh semua orang yang terlibat.

Avner (Eric Bana) dipercaya memimpin tim yang beranggotakan 5 orang ini. Mereka bekerja dengan mengandalkan informasi bayaran, melacak dan melakukan beberapa pembunuhan di Eropa dan Libanon.

Ketika jumlah korban semakin bertambah, mereka menjadi buruan agen-agen rahasia di seluruh dunia : CIA, KGB, PLO. Bahkan dari negara mereka sendiri.

Awards                 : AARP Movies for Grownups Awards (Best Director), Central Ohio Film Critics Association (Best Ensemble), GoldSpirit Awards (Best Dramatic Theme, Best Theme), serta 11 penghargaan dan 74 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steven Spielberg

28. Film Thriller “Rear Window” (1954)

Rear Window

Setelah mengalami kecelakaan dan patah kaki, L.B. “Jeff” Jefferies (James Stewart) menghabiskan waktunya di apartemen untuk mengamati para tetangganya melalui jendela belakang, termasuk seorang salesman dan istri gelapnya

Ketika sang istri menghilang dan sang suami mulai melakukan hal-hal yang mencurigakan, Jeff curiga bahwa ia telah membunuh istrinya. Namun ia tidak punya bukti sehingga tidak ada orang yang percaya.

Iapun meminta bantuan Lisa Freemont (Grace Kelly), kekasihnya, dan Stella (Thelma Ritter), perawatnya untuk melakukan penyelidikan.

Awards                 : Edgar Allan Poe Awards (Best Motion Picture), Las Vegas Film Critics Society Awards (Special Achievement), National Board of Review – USA (Best Actress), serta 3 penghargaan dan 12 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alfred Hitchcock

27. Film Thriller “Casino Royale” (2006)

Casino Royale

Di awal promosinya menjadi agen 007, James Bond (Daniel Craig) menjalankan misi pertama yang mengharuskan ia berhadapan dengan bankir misterius sekaligus pemain poker dunia, Le Chiffre (Mads Mikkelsen).

Chiffre mengadakan permainan poker dengan taruhan tinggi. Bond ditemani agen Treasury mengambil bagian, sekaligus menjalankan misinya untuk membongkar organisasi teroris terbesar.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Sound), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Thriller Film), British Society of Cinematographers (Best Cinematography), serta 24 penghargaan dan 44 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Campbell

26. Film Thriller “Memento” (2000)

Memento

Leonard Shelby (Guy Pearce) memiliki cedera otak yang mengakibatkan ia kehilangan memori jangka pendeknya. Penyakit ini ia derita setelah kasus pembunuhan istrinya yang belum terpecahkan.

Misinya satu : menemukan pembunuh istrinya.

Ia dibantu beberapa orang, termasuk Teddy (Joe Pantoliano) dan Natalie (Carrie Anne Moss), berusaha memecahkan kasus tersebut. Ia yakin bahwa pelakunya adalah John G., nama yang tertato di tubuhnya.

Masalahnya adalah setiap hari setelah selesai dengan penyelidikan mereka, ia akan lupa siapa mereka, mengapa mereka membantunya, dan apakah tujuan penyelidikan tersebut.

Awards                 : Academy Awards (Best Writing), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Screenwriter), Awards Circuit Community Awards (Best Original Screenplay, Best Film Editing), serta 53 penghargaan dan 57 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Christopher Nolan

25. Film Thriller “Amores Perros” (2000)

Amores Perros

Octavio (Gael Garcia Bernal) berusaha mengumpulkan cukup uang untuk melarikan saudara iparnya dengan mengikutsertakan anjingnya, Cofi, ke dunia pertarungan antar anjing.

Usai pertarungan yang sengit, ia melarikan diri dan melanggar lampu lalu lintas hingga mengakibatkan kecelakaan yang menimpa :

Daniel (Alvaro Guererro) dan Valeria (Goya Toledo). Pasangan ini harus kehilangan kebahagiaannya dengan amat sangat cepat ketika Valeria harus kehilangan kakinya karena sebuah kecelakaan yang disaksikan oleh :

El Chivo (Emilio Echevarria), pria tunawisma yang merawat anjing-anjing liar, dan kebetulan berada di tempat yang salah.

Awards                 : AFI Fest (Best Feature Film), ALMA Awards (Outstanding Foreign Film), Ariel Awards – Mexico (Best Film/ Editing/ Sound/ Special Effets/ Make-Up/ Set Design/ Cinematography/ Actor/ Minor Actor/ Direction), serta 41 penghargaan dan 22 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alejandro G. Inarittu

24. Film Thriller “The Game” (1997)

The Game

Nicholas Orton (Michael Douglas) adalah bankir penyendiri dari San Fransisco. Ia bahkan memilih merayakan ulang tahunnya sendiri dibanding harus menghabiskan waktu bersama banyak orang.

Pada ulang tahunnya yang ke-48, saudaranya, Conrad (Sean Penn), datang dan memberinya hadiah berupa kartu akses keluaran Consumer Reacreation Service (CRS). Kartu ini menyediakan hiburan-hiburan yang lain dari biasanya.

Karena penasaran, Nicholas mengunjungi CRS. Dan segala sesuatu yang aneh pun terjadi..

Awards                 : 1 nominasi di Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA untuk kategori Best Thriller Film

Sutradara            : David Fincher

23. Film Thriller “Eyes Wide Shut” (1999)

Eyes Wide Shut

Setelah istrinya, Alice (Nicole Kidman), bercerita tentang fantasi seksualnya, William Harford (Tom Cruise) mulai mencari informasi tentang itu.

Ia bertemu dengan teman lamanya, Nick Nightingale (Tod Field), bercerita tentang suatu pesta seks aneh dimana semua pria yang hadir diwajibkan menggunakan kostum dan topeng. Hanya wanita-wanita muda dan cantik yang boleh terlibat dalam pesta ini.

Ketika Harford tiba, ia diingatkan oleh seseorang yang mengenali penampilannya di balik kostumnya, bahwa ia berada dalam bahaya besar.

Peringatan itu terbukti nyata dan menyeramkan.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best DVD Collection), Association of Polish Filmmakers Critics Awards (Best Foreign Film), Blockbuster Entertainment Awards (Favorite Actress), serta 7 penghargaan dan 27 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Stanley Kubrick

22. Film Thriller “Twelve Monkeys” (1995)

Twelve Monkeys

Pada tahun 1996, sebuah virus yang mematikan telah melenyapkan 5 milyar penduduk bumi. Pada tahun 2035, hanya 1% dari mereka yang berhasil selamat, terpaksa hidup dan bersembunyi di bawah tanah.

Ada kecurigaan bahwa virus ini disebarkan oleh Tentara Dua Belas Monyet yang misterius.

Seorang terpidana, James Cole (Bruce Willis), dikirim melintasi perjalanan waktu ke tahun 1996 untuk mengetahui dari mana virus tersebut berasal. Ia harus mencegah virus tersebut bermutasi.

Namun ia keliru kembali ke tahun 1990, 6 tahun sebelum virus itu ada.

Ia ditangkap dan dimasukkan ke RSJ, hingga bertemu dengan Dr. Kathryn Raily (Madeleine Stowe), seorang pskiatris, dan Jeffrey Goines (Brad Pitt), putra dari seorang ilmuwan terkenal sekaligus pakar virus yang mengalami gangguan kejiwaan.

Awards                 : Golden Globe (Best Supporting Actor), 20/20 Awards (Best Art Direction), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best SciFi Film/ Supporting Actor/ Costumes), serta 5 penghargaan dan 21 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Terry Gilliam

21. Film Thriller “The Sixth Sense” (1999)

The Sixth Sense

Setelah peristiwa mengerikan menimpanya setahun lalu, Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis), seorang psikolog dari Philadelphia, akhirnya memutuskan menerima kasus pertamanya setelah sekian lama : seorang anak berusia 8 tahun bernama Cole Sear (Haley Joel Osment).

Cole dianggap memiliki indera keenam, ia secara misterius mampu melihat penampakan hantu-hantu mengerikan. Karena itu, ia sering dijuluki anak aneh di sekolahnya.

Permasalahan ini sama dengan kasus Vincent Gray (Donnie Wahlberg), mantan pasiennya yang menimbulkan keributan setahun yang lalu.

Apakah penampakan itu benar-benar nyata? Apakah masalah Cole akan berkembang seperti masalah Vincent?

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Horror, Best Younger Actor), ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Films), Awards of The Japanese Academy (Best Foreign Film), serta 28 penghargaan dan 54 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : M. Night Shyamalan

20. Film Thriller “Run Lola Run” (1998)

Run Lola Run

Lola (Franka Potente) menerima telepon dari Manni (Moritz Bleibtreu), pacarnya, yang dengan ketakutan menjelaskan bahwa ia telah kehilangan uang milik mafia tempatnya bekerja.

Lola hanya memiliki waktu 20 menit untuk mengumpulkan uang senilai 100.000 DM, atau ia akan kehilangan Manny.

Film ini menunjukkan 3 kemungkinan dari setiap usaha Lola, dimana tidak semuanya memberikan hasil yang baik.

Awards                 : Bambi Awards (Best Actress), Bavarian Film Awards (Best Production), Chlotrudis Awards (Best Cinematography), Ernst Lubitsch Awards (Best Director), serta 55 penghargaan dan 20 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Tom Tykwer

19. Film Thriller “Jaws” (1975)

Jaws

Pulau Amity yang damai diteror oleh keberadaan seekor hiu putih besar. Ia menyerang para perenang, peselancar, dan siapapun yang bermain di sana. Ketakutan pun menyebar.

Setelah banyak upaya yang dilakukan untuk mengusirnya tidak berhasil, Sheriff Brody (Roy Scheider)dan teman-temannya, Hooper (Richard Dreyfuss) dan Quint (Robert Shaw), memutuskan untuk mengejar dan membunuhnya secara langsung.

Awards                 : Academy Awards (Best Sound/ Film Editing/ Original Dramatic Score), Golden Globe (Best Original Score), BAFTA Awards (Best Music), serta 9 penghargaan dan 19 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Steven Spielberg

18. Film Thriller “Collateral” (2004)

Collateral

Max Durocher (Jamie Foxx)  telah menjadi supir taxi selama 12 tahun. Ia memiliki impian mendirikan sebuah perusahaan persewaan limousine dengan nama Island Limos.

Suatu malam, ia menjemput seorang penumpang yang bernama Vincent (Tom Cruise). Vincent tampak normal, seperti penumpang-penumpang lain biasanya.

Namun ketika ia mengantarkan Vincent ke sebuah lokasi dan menunggunya sesuai permintaan, ada mayat yang jatuh di atas taksi.

Dan ini baru permulaan, karena masih ada 4 pemberhentian lagi yang menanti.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Cinematography), AFI Awards – USA (Best Top 10 Films), ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Films), serta 20 penghargaan dan 70 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Michael Mann

17. Film Thriller “The Usual Suspect” (1995)

The Usual Suspect

Film ini berkisah tentang 5 orang yang secara kebetulan bertemu di kantor polisi New York dengan status sebagai tersangka atas kejahatannya masing-masing. Mereka kemudian sepakat untuk melakukan sebuah kejahatan kecil sebagai pembalasan dendam.

Namun mereka hanyalah boneka, yang masing-masing secara tidak sengaja telah berpapasan dengan orang yang salah, di tempat yang salah.

Tindakan mereka ini menuntun ke suatu peristiwa di kemudian hari, ledakan kapal di dermaga San Pedro yang hanya menyisakan : 27 mayat, uang senilai 91 juta dolar, seorang teroris Hungaria yang terbakar parah, dan seorang lelaki lumpuh, Roger ‘Verbal’ Kint (Kevin Spacey).

Awards                 : Academy Awards (Best Supporting Actor, Best Writing), BAFTA Awards (Best Editing, Best Original Screenplay), 20/20 Awards (Best Supporting Actor, Best Original Screenplay), serta 31 penghargaan dan 15 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Bryan Singer

16. Film Thriller “The Prestige” (2006)

The Prestige

Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale) dulu bersahabat, bersama-sama berusaha menciptakan dan menyempurnakan trik ‘The Transported Man’. Namun setelah kematian Julia (Piper Perabo), istri Robert sekaligus asisten mereka, Robert menyalahkan Alfred.

Ketika Alfred berhasil melakukan triknya, Robert menjadi terobsesi untuk untuk mengungkap rahasianya meski dengan konsekuensi yang berakhir tragis.

Awards                 : Empire Awards – UK (Best Director), IOMA – Italia (Best Adapted Screenplay), London Critics Circle Film Awards (Best Supporting Actor), Satellite Awards (Best Overall DVD), serta 1 penghargaan dan 37 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Christopher Nolan

15. Film Thriller “Mystic River” (2003)

Mystic River

Musim panas 1975 di Boston, 3 anak sedang bermain bersama ketika salah satu di antara mereka diculik dan dilecehkan selama beberapa hari.

Beberapa tahun ke depan, 3 anak ini tumbuh dengan nasib yang berbeda : Dave (Tim Robbins) sang korban yang memiliki trauma, Jimmy (Sean Penn) sang mantan narapidana, dan Sean (Kevin Bacon) sang detektif.

Ketika putri Jimmy terbunuh, Jimmy bersumpah akan menemukan pelakunya. Sean ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut, dan Dave kemudian dijadikan sebagai tersangka karena masa lalunya.

Awards                 : Academy Awards (Best Actor, Best Supporting Actor), Golden Globes (Best Actor, Best Supporting Actor), Screen Actor Guild Awards (Best Supporting Actor), serta 50 penghargaan dan 142 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Clint Eastwood

14. Film Thriller “Chinatown” (1974)

Chinatown

Detektif swasta J.J. Gittes (Jack Nicholson) disewa oleh seorang wanita untuk menyelidiki perselingkuhan suaminya. Suaminya, Hollis Mulwray (Darrel Zwerling), adalah kepala insinyur air di Los Angeles.

Setelah Gittes mengirimkan foto-foto yang menguatkan kecurigaannya, Nyonya Mulwray (Faye Dunaway) yang asli muncul di kantornya. Ia dituntut untuk menghentikan penyelidikan.

Gitter tetap mengejar kasus ini, yang lama kelamaan mengarah kepada konspirasi besar yang berpusat pada pengelolaan air : korupsi serta penggunaan lahan dan estate, dan telah mengakibatkan setidaknya satu orang terbunuh.

Awards                 : Academy Awards (Best Original Screenplay), Golden Globes (Best Motion Picture/ Director/ Actor/ Screenplay), BAFTA Awards (Best Actore, Best Screenplay), serta 16 penghargaan dan 24 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Roman Polanski

13. Film Thriller “Insomnia” (2002)

Insomnia

Di Nightmute, Alaska, seorang gadis muda yang bernama Kay Connell (Crystal Lowe) terbunuh. Dua detektif dari Los Angeles, Will Dormer (Al Pacino) dan Hap Eckhart (Martin Donovan), ditugaskan untuk membantu penyelidikan.

Dormer mengalami insomnia selama ia berada di Nightmute karena kondisi matahari disana, juga karena memikirkan rahasia yang ia simpan selama ini. Insomnia ini kemudian menyebabkan ia mengalami delusi.

Si pembunuh kemudian menghubunginya, memberitahu semua fakta terkait pembunuhan tersebut, juga fakta bahwa ia tahu semua rahasia Dormer.

Hanya Ellie Burr (Hillary Swank), detektif local yang ambisiuslah yang mampu membantu mengungkap semuanya.

Awards                 : 1 penghargaan di London Critics Circle Film Awards untuk kategori Best Director dan 10 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Christopher Nolan

12. Film Thriller “The Others” (2001)

The Others

Menjelang akhir Perang Dunia II, Grace Stewart (Nicole Kidman) dan anak-anaknya, Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley), tinggal di sebuah rumah yang besar dan sunyi. Ia kehilangan suaminya, Charles (Christopher Eccleston), dalam perang.

Kedua anaknya sensitive terhadap cahaya, sehingga ia harus selalu menutup semua tirai rapat-rapat. Mereka dibesarkan dengan disiplin yang sangat ketat, dan diajarkan untuk selalu berpegang kepada agama.

Ketika Grace menerima 3 pekerja baru di rumahnya, peristiwa-peristiwa aneh mulai terjadi.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Horror Films/ Actress/ Supporing Actress), ASCAP Film and Television Music Awards (Best Top Box Office Films), serta 24 penghargaan dan 52 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Alejandro Amenabar

11. Film Thriller “Shutter Island” (2010)

Shutter Island

US Marshall Edwardd ‘Teddy’ Daniels (Leonardo DiCaprio) dan rekannya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), melakukan perjalanan ke Pulau Shutter, sebuah pulau terpencil yang digunakan sebagai fasilitas perawatan mental.

Mereka berdua datang untuk menyelidiki hilangnya seorang pasien bernama Rachel Solando (Emily Mortimer), yang berada di sana sebagai hukuman karena telah menenggelamkan ketika anaknya.

Meski kepala fasilitas, Dr. John Cawley (Ben Kingsley) memperlakukan mereka dengan baik, staf yang lain justru memberikan sambutan yang kurang menyenangkan.

Ketika mereka berusaha melakukan investigasi, mereka justru menemukan rahasia kelam Pulau Shutter.

Awards                 : Awards Circuit Community Awards (Best Art Direction, Honorable Mention), IOMA – Italia (Best Actor), serta 6 penghargaan dan 62 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Scorsese

10. Film Thriller “The Unknown Woman” (2006)

The Unknown Woman

Seorang wanita Ukraina bernama Irena (Kseniya Rappoport) dengan sengaja memasuki kehidupan keluarga Italia muda yang kaya raya, Donato (Pierfrancesco Favino) dan Valeria Adacher (Claudia Gerini).

Ia berusaha sekuat tenaga menjadi pelayan yang terpercaya bagi pasangan suami istri itu, sekaligus menjadi pengasuh tercinta untuk Thea (Clara Dossena), putri mereka yang rapuh.

Konflik berkembang seputar masa lalu Irena, Thea yang ternyata bukan anak kandung pasangan tersebut, serta kematian Valeria yang kemudian menjadikan Irena sebagai tersangka.

Seperti puzzle, film ini akan mengungkapkan sepotong demi sepotong masa lalu Irena yang misterius.

Awards                 : European Film Awards (Best European Film), Italian National Syndicate of Film Journalist (Best Supporting Actor/ Score/ Director/ Soundtrack), serta 15 penghargaan dan 26 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Giuseppe Tornatore

9. Film Thriller “The Silence of The Lambs” (1991)

The Silence of The Lamb

Seorang psikopat yang dijuluki Buffalo Bill (Ted Levine) telah menculik dan membunuh beberapa wanita di seluruh penjuru Midwest.

FBI lalu mengirimkan Agen Clarice Starling (Jodie Foster), seorang agen muda, untuk mewawancari  Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), psikolog gila yang saat ini ada dalam tahanan. Hanibal dipercaya bisa memberikan gambaran yang jelas tentang si pembunuh.

Hanibal si kanibal hanya mau memberikan informasinya apabila Starling mau menjawab rasa penasarannya, dengan memberikan detail informasi kehidupannya.

Clarice harus berjuang mendapatkan informasi sekaligus kepercayaan Hanibal, sang manipulator.

Awards                 : Academy Awards (Best Picture/ Actor/ Actress/ Director/ Screenplay), Golden Globes (Best Actress), BAFTA Awards (Best Actor, Best Actress), 20/20 Awards (Best Picture/ Actor/ Actress), serta 57 penghargaan dan 50 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Jonathan Demme

8. Film Thriller “Sin City” (2005)

Sin City

Film ini sebagian besar dibuat berdasarkan buku pertama, ketiga, dan keempat dari serial komik Miller :

The Hard Goodbye yang bercerita tentang seorang lelaki yang secara brutal mencari pembunuh kekasihnya. Ia membunuh siapapun yang menghalangi jalannya, termasuk polisi.

The Big Fat Kill yang berfokus pada seseorang yang terjebak dalam pertarungan antara sekelompok pelacur dengan tentara, serta polisi dengan massa.

The Yellow Bastard yang mengisahkan tentang usaha seorang polisi tua untuk melindungi seorang wanita muda dari ancaman pembunuh berantai.

Film ini dibintangi nama-nama besar seperti Jessica Alba, Benicio del Toro, Clive Owen, Bruce Willis, Elijah Wood, dan masih banyak lagi.

Awards                 : Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Thriller Film/ Supporting Actor/ DVD Special Edition Release), serta 31 penghargaan dan 51 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Frank Miller, Robert Rodriguez, Quentin Tarantino

7. Film Thriller “Se7en” (1995)

Se7en

Film ini berkisah tentang perjuangan 2 orang detektif untuk menemukan seorang pembunuh berantai yang biasa disebut John Doe(Kevin Spacey), yang membunuh korbannya secara sadis dan mengaitkannya dengan 7 dosa yang mematikan :

Kesombongan. Ketamakan. Iri Hati. Kemarahan. Hawa Nafsu. Kerakusan. Kemalasan.

David Mills (Brad Pitt) bermitra dengan detektif senior William Sommerset (Morgan Freeman) berusaha melacak setiap jejak yang ada, sambil menyaksikan korban berjatuhan dalam kengerian.

Awards                 : 20/20 Awards (Best Director), Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror – USA (Best Writing, Best Make-Up), Awards Circuit Community Awards (Best Director/ Cinematography/ Editing), serta 20 penghargaan dan 39 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Fincher

6. Film Thriller “Crash” (2004)

Crash

Mengangkat issue ras dan gender, film ini terbagi menjadi beberapa kisah yang berbeda, yang entah bagaimana masih saling terkait seperti :

Graham (Don Cheadle) adalah seorang polisi yang memiliki adik seorang penjahat jalanan. Ia yang keturunan Afrika-Amerika sering berselisih paham dengan partner sekaligus kekasihnya, Ria Jennifer Esposito).

Jean (Sandra Bullock) adalah istri seorang pengacara, Rick (Brendan Fraser), yang mempunyai ketakutan terhadap orang-orang yang dianggap berbeda dengannya. Pemikirannya terbukti ketika mobilnya dibajak oleh 2 orang Afrika Amerika, Anthony dan Peter.

Beberapa kisah lain dalam film ini juga masih mengandung pesan moral yang sama, terkait issue yang secara konsisten dibahas.

Awards                 : Academy Awards (Best Motion Picture/ Original Screenplay/ Editing), BAFTA Awards (Best Original Screenplay, Best Supporting Actress), serta 61 penghargaan dan 111 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Paul Haggis

5. Film Thriller “Mulholland Drive” (2001)

Mulholland Drive

Rita (Laura Harring) selamat dari sebuah kecelakaan mobil yang mengerikan di Los Angeles. Namun ia mengalami amnesia.

Berawal ketika ia menjelajah sebuah apartemen asing di kota, ia kemudian bertemu dan berteman dengan Betty Elms (Naomi Watts), seorang wanita muda yang ceria.

Betty yang merasa penasaran dengan kisah Rita memutuskan untuk membantunya. Namun teka-teki yang mulai terungkap justru membawa mereka ke persimpangan yang buruk.

Awards                 : BAFTA Awards (Best Editing), ALMA Awards (Best Actress), Bodil Awards (Best American Film), Boston Society of Film Critics Awards (Best Film, Best Director), serta 42 penghargaan dan 58 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : David Lynch

4. Film Thriller “Black Swan” (2010)

Black Swan

Meskipun Nina Sayers (Natalie Portman) memiliki bakat yang luar biasa dalam dunia balet, ia tidak memiliki kepercayaan diri.

Thomas Leroy (Vincent Cassel), pimpinan di akademi baletnya, menunjukkan untuk menjadi penari utama dalam pertunjukan balet Swan Lake. Namun Leroy juga mengatakan bahwa ia hanya bisa memerankan angsa putih.

Lily (Mila Kunis), sang penari baru, justru dianggap lebih mampu untuk memerankan angsa hitam. Nina terpaksa mengubah dirinya, melakukan sesuatu yang tak pernah ia lakukan sebelumnya, demi peran tersebut.

Awards                 : Academy Awards (Best Actress), Golden Globe (Best Actress), BAFTA Awards (Best Actress), Screen Actors Guild Awards (Best Actress), serta 88 penghargaan dan 258 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Darren Aronofsky

3. Film Thriller “Leon: The Professional” (1994)

Leon

Leon (Jean Reno) adalah seorang pembunuh bayaran yang tinggal di sebuah apartemen di New York. Ia bertetangga dengan Mathilda (Natalie Prtman), gadis kecil dengan keluarga yang berantakan.

Ketika ayahnya dibunuh oleh Stansfield (Gary Oldman), Mathilda mencari perlindungan kepada Leon yang kemudian melatihnya agar bisa membalaskan dendamnya.

Awards                 : Awards Circuit Community Awards (Best Actress, Best Director), Czech Lion (Best Foreign Language Film), Motion Picture Sound Editors – USA (Best Sound Editing), serta 2 penghargaan dan 12 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Luc Besson

2. Film Thriller “Heat” (1995)

Heat

Di Los Angeles, sekelompok pencuri yang dipimpin oleh Neal McAuley (Robert De Niro) menargetkan bank-bank besar, brankas, dan mobil lapis baja sebagai sasaran.

Salah satu perampokan mereka berakhir dengan buruk ketika petugas pengawas mobil lapis baja itu tertembak mati. Detektif LAPD, Vince Hanna (Al Pacino), ditugaskan untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Usaha Hanna berakhir dengan perang senjata ketika kelompok McAuley berusaha merampok bank federal terbesar..

Awards                 : 13 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Michael Mann

1. Film Thriller “The Departed” (2006)

The Departed

Collin Sulivan (Matt Damon) adalah detektif kepolisian yang baru saja dipromosikan untuk memimpin sebuah departemen khusus.

Di luar pekerjaannya tersebut, ia sekaligus menjadi informan bagi Frank Costello (Jack Nicholson), gembong kejahatan yang menjadi target dari departemennya.

Sementara itu, Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) adalah polisi yang ditugaskan untuk menyamar dan menyusup ke dalam jaringan Costello.

Mereka berdua sama-sama mengetahui adanya ‘pengkhianat’ dalam jaringan tersebut, namun saling tidak mengetahui identitasnya.

Awards                 : Academy Awards (Best Motion Picture/ Directing/ Adapted Screenplay/ Editing), Golden Globes (Best Director), serta 91 penghargaan dan 134 nominasi di berbagai ajang penghargaan

Sutradara            : Martin Scorsese

 

Setelah melihat list di atas, mudah-mudahan anda tidak makin bingung ya. Karena beberapa judul memang dikategorikan beberapa pihak sebagai film horror atau film detektif.

Intinya adalah kembali ke penjelasan di atas. Titik.

 

Share This Post
Kategori:
Film

Comments are closed.