insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

Cara Menentukan Rute Peta Jalur & Jam Ganjil Genap Di Google Maps

Baru-baru ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan aturan baru yaitu memberlakukan sistem Ganji Genap untuk kendaraan bermotor. Bagaimana cara menentukan pelat Ganjil Genap di aplikasi Google Maps, mari kita bahas lebih lanjut.

Peraturan tersebut dikeluarkan karena pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat sudah melebihi dari kapasitas penggunaan jalan. Sehingga selalu terjadi kemacetan dan perlambatan laju kendaraan di berbagai titik di Provinsi DKI.

Untuk menempuh jarak 15 KM saja membutuhkan waktu hingga 1 jam, padahal jika situasi jalan lancar diperkirakan hanya butuh waktu 20 menit. Perbedaan yang sangat jauh tersebut sangat merugikan para pengguna jalan raya sehingga membuat perputaran roda bisnin juga ikut terganggu.

Dengan adanya peraturan baru dari Pemerintah DKI Jakarta membuat Google Indonesia ikut bereaksi dengan melakukan penyesuaian pada aplikasi mereka yaitu Google Maps.

Fitur baru yang di tambahkan adalah para pengguna Google Maps bisa menentukan Pelat Ganjil atau Genap yang mereka gunakan. Dengan begitu sobat tidak akan salah jalur ketika melewati jalu-jalur tertentu yang telah ditentukan sesuai peruntukanya.

Pada tanggal Ganjil maka hanya kendaraan bernomor Ganjil saja yang diperbolehkan menggunakan jalur yang telah ditetapkan dan pengguna kendaraan bernomor Genap harus menggunakan jalan lain. Dengan begini maka kemacetan bisa dikurangi dengan baik.

Cara menentukan pelat Ganjil Genap bisa di lihat pada angka terakhir dari nomo kendaraan, contohnya F 2083 DK berarti dikatakan sebagai pelat ganjil karena nomor terakhir adalah angka 3. Untuk menentukan nomor Genap juga sama caranya dengan menentukan nomor Ganjil.

Apa Itu Peraturan Ganjil Genap

Peraturan Ganjil Genap adalah sebuah aturan yang di keluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang di fungsikan untuk mengatur tentang penggunaan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor yang di sesuaikan dengan angka terakhir pada kendaraan tersebut.

Kendaraan yang menggunakan plat ganjil boleh melintasi jalur yang sudah di tentukan pada tanggal ganjil dan plat bernomor genap tidak boleh melewati jalan tertentu pada tanggal ganjil dan begitu juga sebaliknya.

Jadwal peraturan Ganjil Genap masih berubah-ubah mengikuti dengan kondisi yang terjadi :

1. Pada awal di berlakukanya aturan Ganjil Genap diterapkan pada hari senin – jum’at, untuk pagi hari dari pukul 07:00 – 10:00 WIB dan sore hari dari pukul 16:00 – 20:00 WIB.

2. Untuk hari sabtu dan minggu aturan tersebut di tiadakan.

3. Pada saat Asian Games, Pelaksanaan aturan Ganjil Genap di sesuaikan untuk mendukung kegiatan Asian Games. Berlaku dari hari senin – jum’at dari pukul 06:00 – 21:00 WIB.

4. Berdasarkan rencana aturan Ganjil Genap baru akan berakhir bersamaan dengan selesainya acara Asian Paralympics Games (Paragames) pada tanggal 13 Oktober 2018 dan Asian Paragames akan digelar di Jakarta mulai 6 Oktober 2018.

5. Belum ada informasi terbaru dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta apakah akan melanjutkan aturan Ganjil Genap selama Asian Games atau kembali ke aturan sebelumnya.

Sebenarnya dasar di berlakukanya aturan Ganjil Genap di wilayah Provinsi DKI Jakarta adalah karena sudah terlalu banyaknya kendaraan yang melintasi ruas-ruas jalan di Ibu Kota sehingga membuat kemacetan muncul di mana-mana.

Pada akhirnya merusak kualitas udara di Wilayah Ibu Kota dan bisa di bilang kurang sehat, di lain sisi banyaknya kendaraan juga menambah daftar panjang jumlah kecelakaan.

Karena setiap penduduk saat ini pasti memiliki kendaraan maka berakibat berkurangnya penggunaan fasilitas umum seperti Bus Trans Jakarta, Kereta Listrik dan angkutan umum lainya.

Nah dengan di berlakukanya aturan Ganjil Genap diharapkan bisa mengurangi semu permasalahan di atas secara signifikan serta merubah gaya hidup masyarakat dari pengguna kendaraan pribadi menjadi pengguna kendaraan umum seperti kota-kota maju di Negara lain.

Trik Aman Mengetahui Jalur Rute Peta Khusus Ganjil Genap Di Google Maps

Pengguna Google Maps di Indonesia menjadi salah satu yang terbanyak dan dengan adanya fitur Ganjil Genap semakin meningkatkan popularitas Google Maps dan masyarakat juga sangat terbantu. Berikut langkah-langkah yang harus sobat lakukan untuk mengaktifkan fitur  Ganjil Genap :

1. Jalankan aplikasi Google Maps.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 1 1

2. Pilih Setrip Tiga dipojok kiri atas.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 2 1

3. Pilih opsi Setelan.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 3 1

4. Lakukan Scroll kebawah lalu pilih opsi Setelan Navigasi.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 4 1

5. Pilih opsi Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil-genap.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 5 1

6. Sekarang sobat bisa pilih sesuai dengan pelat nomor kendaraan sobat. Berhubung pelat kendaraan Admin Genap maka Admin memilih opsi Pelat nomor genap lalu pilih opsi SIMPAN.

Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps 6 1

Nah itulah beberapa langkah yang perlu sobat lakukan untuk bisa mengaktifkan fitur navigasi pelat Ganjil Genap pada aplikasi Google Maps.

Ketikan sobat menggunakan aplikasi Google Maps sebagai alat Navigasi, maka saat digunakan Google Maps akan otomatis membuat jalur yang disesuaikan dengan kondisi pelat kendaraan sobat.

Jadi tidak ada masalah bagi sobat untuk beraktifitas setiap hari karena jika hari ini adalah khusus untuk kendaraan Pelat Genap sedangkan Pelat kendaraan sobat Ganjil maka Google Maps akan membuat rute khusus bagi sobat.

Hanya saja kemungkinan jarak tempuhnya menjadi lebih jauh dan memakan waktu lebih lama karena harus menghindari rute yang tidak boleh dilewati.

Jam Berlaku & Kawasan Yang Terkena Aturan Ganjil Genap di Jakarta

Peraturan Ganjil Genap pada dasarnya tidak berlaku di semua ruas jalan, tapi hanya di berlakukan pada ruas jalan tertentu saja yaitu di ruas jalan yang pasti atau bisa menimbulkan kemacetan pada jam berangkat dan jam pulang kerja.

1. Ganjil Genap Tol Cikampek

Aturan Ganjil Genap di mulai selama lima hari kerja yaitu dari hari Senin – Jum’at dari pukul 06:00 – 09:00 kecuali hari libur nasional. Skema ini berlakuk untuk kendaraan pribadi yang melewati gerbang top bekasi barat dan bekasi timur yang mengarah ke jakarta.

Selain kendaraan pribadi, aturan ini juga berlaku bagi kendaraan angkutan barang untuk golongan 3, 4 dan 5. Tidak ada perbedaan baik hari maupun jam operasionalnya hanya saja aturan ini berlaku dua arah.

2. Ganjil Genap Tol Tangerang

Selain tol cikampek yang memang terkenal ramai, tol wilayah tanggerang juga tidak kalah heboh. Banyak sekali kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan barang yang muncul dari wilayah tanggerang menuju Ibu Kota Jakarta.

Pada akhirnya pemerintah pun harus memberlakukan aturan Ganjil Genap di tol tanggerang yaitu tol tanggerang 2 dan gerbang tol kunciran 2.

Ganjil Genap di berlakukan mulai pukul 06:00 – 09:00 dari hari senin –  jumat baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan besar dengan spesifikasi memiliki tiga sumbu keatas dilarang untuk beroperasi.

3. Ganjil Genap Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, Ciawi)

Tol Jagorawi termasuk salah satu jalur terpadat karena banyak para pekerja dari daerah bogor dan ciawi yang bekerja di Ibu Kota dan di tambah lagi banyak sekali perusahaan di wilayah itu tentunya kendaraan angkutan barang juga menambah macetnya jalur tol jagorawi.

Setidaknya ada 3 gerbang tol yang menjadi konsen di terapkanya aturan Ganjil Genap untuk tol jagorawi :

1. Pertama adalah gerbang tol cibubur 2 yang meliputi penerapan aturan Ganjil Genap pada gerbang tol cibubur 2 arah jakarta dimulai pada pukul 06:00 – 09:00 WIB pada hari senin – jum’at kecuali hari libur nasional.

Selanjutnya untuk kendaraan umum dari bogor – pasar rebo arah jakarta dimulai pada pukul 06:00 – 09:00 WIB pada hari kerja yaitu senin – jum’at kecuali hari libur nasional.

Di lanjutkan dengan pengembangan jalan rute JR Connexion di lokasi perumahan yaitu legenda wisata, citra grand, cibubur country, metland transyogi, dan cibubur residence.

2. Kedua adalah tol jakarta – tangerang dilaksanakan di gerbang tol tangerang 2 dan tol kunciran 2 arah jakarta pada pukul 06:00-09:00 WIB pada hari senin – jum’at kecuali hari libur nasional.

Penerapan LKAU dari tangerang – kebon jeruk arah jakarta setiap pukul 06:00 – 09:00 WIB setiap senin-jum’at kecuali libur nasional.

Pemberlakuan pembatasan angkutan barang untuk kendaraan dengan golongan III-V mulai dari tol cikupa – tomang untuk dua arah di mulai pukul 06:00-09:00 WIB di hari senin -jumatat kecuali hari libur nasional.

Selanjutnya pengembangan jalur rute JR Connexion di lokasi perumahan yakni perumahan citra raya, alam sutra, villa melati, BSD city, dan prumahan banjar raya.

Jam Berlaku Ganjil Genap untuk Rute Jakarta dan Sekitarnya

Secara umum penerapan jam diberlakukanya sistem ganjil genap pada setiap daerah adalah sama yaitu mulai pukul 06:00 – 09:00 untuk pagi hari dan untuk sore hari mulai pukul 16:00 – 20:00.

Dan jika terdapat kondisi tertentu seperti Asian Games dll maka aturan penggunaan plat Ganjil Genap bisa di sesuaikan untuk kenyaman para atlet.

Kendaraan Yang Tidak Terkena Aturan Ganjil Genap

Aturan itu memang perlu ada dan wajib di taati, namun tidak semua kendaraan bisa mengikuti aturan yang telah dibuat karena ada hal-hal yang harus atau menjadi prioritas.  Berikut ini adalah daftar kendaraan yang tidak terkena aturan Ganjil – Genap :

1. Kendaraan milik pimpinan lembaga tinggi Negara :

a. Presiden atau Wakil Presiden

b. Ketua MPR, DPR dan DPD

c. Ketua MA, MK, KY dan BPK

2. Kendaraan pimpinan dan pejabat Negara Asing dan Lembaga Internasional yang menjadi tamu Negara

3. Kendaraan Dinas milk TNI dan Polri

4. Kendaraan untuk Atlet dan Official yang memiliki tanda khusus atau memiliki stiker Asian Para Games

5. Kendaraan Pemadam Kebakaran dan Ambulance

6. Kendaraan khusus yang digunakan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas

7. Kendaraan dari angkutan umum yang plat kuning

8. Kendaraan angkutan barang ber bahan bakar minyak dan  gas

9. Kendaraan yang membawa orang dengan kondis difabel

Info Tambahan Cara Menentukan Pelat Ganjil Genap Di Google Maps

1. Saat menggunakan Google Maps pastikan baterai hp pada level diatas 50%, karena saat menggunakan Google Maps penggunaan baterai menjadi lebih boros.

2. Untuk menghindari terjadinya kehilangan rute dan posisi karena koneksi internet yang buruk atau hilang sinyal maka akan lebih baik jika sobat mendownload Peta Offline khusus area yang biasa sobat lewati.

3. Aplikasi Google Maps sekarang ini sudah ada mode motor, jadi bagi sobat yang menggunakan motor untuk aktifitas sehari-hari sudah tidak perlu khawatir akan masuk ke jalan Toll karena salah dalam menentukan jalan yang akan di lewati.

4. Jika sobat menggunakan peta offline pada aplikasi Google Maps, pastikan sobat selalu memperbaharui peta offline tersebut untuk selalu mendapatkan update terbaru mengenai daerah yang sobat download.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk cara menentukan pelat ganjil genap di google maps, pahami juga info tambahan dari Admin agar sobat semakin paham atas semua penjelasan yang telah Admin berikan.

Semoga tutorial ini dapat membantu sobat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

Category:
Aplikasi Android