insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Anime Tersedih Yang Bikin Nangis dan Baper

Memang kadang terdengar aneh kalau kita sengaja mencari sesuatu yang sedih dan bikin nangis serta baper. Entah itu mendengarkan lagu, membaca cerita atau menonton film dan anime.

Kita melakukan hal ini untuk berbagai alasan, tapi seringnya kita ingin melihat orang lain merasakan hal yang sama dengan yang kita rasakan.

Kamu mungkin menonton anime untuk mencari pelajaran yang bisa kamu ambil dari cerita karakter-karakternya–yang bisa memberikanmu harapan.

Apapun alasannya, harapan penulis dalam menulis daftar ini adalah untuk kamu bisa menemukan anime sedih baru–dan mungkin yang sudah kamu tonton, yang bisa membawamu dalam perjalanan emosi yang akan mengajarkanmu banyak hal. Check this out!

40. Anime Sedih & Baper “Isshuukan Friends”

Isshuukan Friends

Yuuki Hase akhirnya punya nyali untuk berbicara dengan orang yang ia sukai dan apakah ia mau berteman dengannya. Orang itu adalah Kaori Fujimiya, gadis pendiam yang menarik diri dari kerumunan.

Yuuki akhirnya bertekad bahwa ia akan bertemu dengan Kaori setiap hari agar bisa lebih memahaminya. Benar saja, karena perlahan Kaori terbuka dengan Yuuki.

Namun, saat minggu itu hampir berakhir, Kaori justru seperti menjauh dari Yuuki. Alasanya? Karena setiap hari senin, kenangan Kaori tentang orang-orang terdekatnya akan hilang gara-gara kecelakaan yang ia alami saat SMP.

Jumlah Episode: 12

Rating: 7,5/10

39. Anime Sedih & Baper “Ima, Soko ni Iru Boku”

Ima Soko ni Iru Boku

Shu adalah bocah ketururan Jepang yang normal, namun ia punya sifat optimis, percaya diri dan punya tekad yang kuat. Namun, saat ia melihat ada seorang gadis dengan mata aneh bernama Lala-Ru di atas cerobong asap, ia tiba-tiba menemukan dirinya di padang pasir.

Shu lalu mengetahui bahwa ia berada di dunia lain yang penuh dengan teror dari perang, seperti genosida, siksaan kejam, kelaparan, kehausan serta eksploitasi anak-anak. Shu harus menyelamatkan Lala-Ru dari diktator Hamdo. Mampukah ia melakukannya?

Jumlah Episode: 13

Rating: 7,5/10

38. Anime Sedih & Baper “Chrno Crusade”

Chrno Crusade

Tahun 1920an adalah masa di mana dunia mengalami perubahan drastis karena kemunculan monster raksasa di seluruh Amerika. Untuk melawan hal ini, organisasi suci bernama Order of Magdalene dibuat.

Salah satu anggota dari orgisasi tersebut adalah Suster Rosette Cristopher beserta rekannya Chrno. Mereka berdua menjalankan tugas dengan baik, namun ternyata mereka mempunyai masa lalu yang kelam.

Dengan melawan para monster, Rosette berharap ia bisa menemukan adiknya, Joshua yang dibawa oleh monster, Aion–yang juga mempunyai masa lalu dengan Chrno.

Jumlah Episode: 24

Rating: 7,5/10

37. Anime Sedih & Baper “Pokemon: Mewtwo no Gyakushuu”

Pokemon Mewtwo no Gyakushuu

Saat para ilmuwan menemukan DNA Pokemon purba Mew, mereka melakukan eksperimen dengan DNA tersebut agar bisa menciptakan Pokemon terhebat.

Dibantu oleh teknik kloning dan pimpinan Team Rocket Giobanni, mereka berhasil menciptakan Pokemon psychic, Mewtwo.

Movie Pokemon ini bercerita tentang kekuatan mengerikan dari Mewtwo, di mana ia menyadari bahwa ia diciptakan hanyalah karena eksperimen dan menjadi alat dari Giovanni.

Ia lalu lepas kendali, dan membuat pulau serta bentengnya sendiri. Ia juga memanfaatkan teknlogi kloning yang melahirkannya.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 7,5/10

36. Anime Sedih & Baper “Orange”

Orange

Hari pertama Naho Takamiya di tahun kedua SMA punya start yang tak enak. Setelah bangun kesiangan, ia menerima surat aneh yang dialamatkan untuknya. Namun, surat itu berasal dari dirinya sendiri–10 tahun ke depan!

Awalnya, tentu saja Naho tak percaya, tapi setelah beberapa kejadian terjadi dan mirip dengan apa yang ditulis di surat itu, ia lalu sadar bahwa surat tersebut benar-benar berasal dari dirinya saat umur 26 tahun.

Surat itu juga menjelaskan tentang masa depan Naho yang penuh dengan penyesalan, jadi ia harus memperbaiki hidupnya sejak saat itu. Diseburkan juga, ia harus mengawasi siswa pindahan baru–Kakeru Naruse.

Jumlah Episode: 13

Rating: 7,5/10

35. Anime Sedih & Baper “5 Centimeters Per Second”

5 Centimeters Per Second

Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah dua orang teman sekelas yang sangat dekat. Mereka benar-benar kaget saat keluarga Akari harus pindah karena pekerjaan. Tapi, walaupun berpisah, mereka tetap berhubungan lewat surat.

Tahun demi tahun terlewati, dan mereka punya hidup masing-masing. Jarak antara mereka berdua perlahan menjauh dan sudah hilang kontak antara satu sama lain.

Tapi, tetap saja mereka masih ingat tentang waktu yang mereka habiskan bersama dan berpikir apakah mereka akan bisa bertemu lagi.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 7,5/10

34. Anime Sedih & Baper “Full Moon wo Sagashite”

Full Moon wo Sagashite

Dua tahun yang lalu, teman Mitsuki Kouyama, Eichi Sakurai, pindah ke Amerika sebelum ia sempat menyatakan perasaannya kepadanya. Walaupun Mitsuki tak bisa menghubunginya, mereka membuat janji untuk memenuhi mimpinya masing-masing.

Mitsuki ingin menjadi penyanyi dan Eichi menjadi astronom. Namun, Mitsuki menderita kanker tenggorokan. Ia dipaksa untuk diangkat kankernya, tapi ia tak mau karena hal itu bisa membuat suaranya hilang.

Suatu hari, dua shinigami–Meroko Yui adn Takuti Kira–muncul untuk memberi tahu bahwa Mitsuki hanya punya waktu satu tahun untuk hidup.

Jumlah Episode: 52

Rating: 8/10

33. Anime Sedih & Baper “Haibane Renmei”

Haibane Renmei

Lahir dari sebuah kepompong di desa Old Home, Haibane muda–makhluk dengan lingkaran di atas kepalanya dan sayap kecil–terbangun ke dunia tanpa kenangan dari masa lalunya. Ia bernama Rakka.

Perlahan Rakka bisa beradaptasi di desa tersebut. Namun, ada aturan ketat bagi Haibane, seperti dilarang untuk meninggalkan desa atau mendekati tembok yang mengeliligi desa. Apa sebenarnya Haibane itu?

Jumlah Episode: 13

Rating: 8/10

32. Anime Sedih & Baper “Plastic Memories”

Plastic Memories

Tsukasa Mizugaki gagal dalam ujian masuk universitas, tapi setelah nego sana sini, ia berhasil mendapatkan pekerjaan di Sion Artificial Intelligence Corporation.

SAI Corp bertanggung jawab untuk pembuatan “Giftias”–android canggih yang hampir tak bisa dibedakan dari manusia. Namun, mereka hanya punya hidup 81,920 jam saja atau sekitar sembilan tahun empat bulan.

Setelah bergabung dengan Terminal Service One, Tsukasa satu tim dengan Giftia cantik bernama Isla. Ia sudah berpengalaman, walaupun dari luarnya tak kelihatan sama sekali.

Waktu terus berjalan dan Tsukasa harus yakin dengan perasaannya terhadap Isla sebelum waktu habis.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8/10

31. Anime Sedih & Baper “Tokyo Magnitude 8.0”

Tokyo Magnitude 8.0

Mirai Onozawa adalah siswa SMP yang tak puas dengan kondisi keluarganya dan karena frustasi ia ingin semuanya hancur. Tak disangka, pikirannya tersebut menjadi kenyataan dalam bentuk gempa 8.0 magnitudo beberapa saat kemudian.

Mirai dan adiknya Yuuki, saat itu sedang berada di sebuah pameran robot saat gempa tersebut terjadi. Setelah gempa yang menghancurkan segalanya tersebut, mereka bertemu dengan Mari Kusakabe. Mereka diharuskan mencari cara untuk bertahan hidup di kota yang hancur.

Jumlah Episode: 11

Rating: 8/10

30. Anime Sedih & Baper “Kimi ni Todoke”

Kimi ni Todoke

Teman-teman sekelas Kuronuma Sawako benar-benar salah menganggapnya. Ia kaku dan sikapnya yang lembut sering dianggap orang-orang sebagai jahat. Hal ini karena ia mirip dengan hantu dari filn”The Ring”–membuatnya dipanggil dengan sebutan Sadako.

Ingin mempunyai teman dan kehidupan yang normal, dia tertarik dengan Kazehaya Shouta–cowok paling populer sekelas, yang kepribadian 100% segarnya membuat Sawako kagum. Jadi, saat Kazehaya mulai bicara dengan Sawako, harapan kecil di diri Sawako muncul.

Jumlah Episode: 25

Rating: 8/10

29. Anime Sedih & Baper “Flanders no Inu (Movie)”

Flanders no Inu

Mengambil latar Belgia di abad ke-19, cerita klasik ini diangkat dari novel karangan Oui’da yang menceritakan tentang ikatan kasih sayang antara seorang anak laki-laki dan anjingnya yang setia.

Animasi yang cantik, kombinasi dari animasi tradisional dan animasi buatan komputer, benar-benar menangkap keindahan dari Flanders dan bisa menghidupkan kembali cerita klasik yang telah membuat orang diseluruh dunia jatuh cinta lebih dari 130 tahun.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8/10

28. Anime Sedih & Baper “Clannad: Another World, Tomoyo Chapter”

Clannad Another World Tomoyo Chapter

Di dunia yang berbeda dari anime utama Clannad, Okazaki Tomoya berpacaran dengan Sakagami Tomoyo di episode 24 dan episode terakhir dari Clannad.

Saat Tomoyo dipilih menjadi Ketua OSIS, mimpinya untuk menyelamatkan bunga sakura sekolah agar tak ditebang telah berhasil.

Namun, tugasnya yang tak pernah habis-habis dan rumor jelek mengenai hubungannya disebar oleh beberapa siswa karena reputasi Tomoya sebagai murid nakal membuat hubungan mereka merenggang. Apa yang akan mereka lakukan?

Jumlah Episode: 1 (OVA)

Rating: 8/10

27. Anime Sedih & Baper “Hachimitsu to Clover”

Hachimitsu to Clover

Yuuta, Takumi dan Shinobu tinggal di satu ruangan apartemen kecil tanpa kamar mandi. Harga sewanya murah, jadi cocok untuk mahasiswa miskin seperti mereka.

Anime Hachimitsu to Clover menceritakan tentang bagaimana rasanya jatuh cinta, tentang sakitnya merelakan, tentang pencarian jati diri dan menemukan keberanian untuk move on. Dijamin baper.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8/10

26. Anime Sedih & Baper “Kotonoha no Niwa”

Kotonoha no Niwa

Suatu pagi hari di Tokyo sedang turun hujan yang sangat deras. Takao Akizuki yang punya cita-cita menjadi pembuat sepatu, memutuskan untuk membolos dan lebih memilih untuk menggambar sketsa sepatu di suatu taman.

Di sinilah ia bertemu dengan Yukari Yukino–wanita cantik dan misterius, untuk pertama kalinya. Tanpa mereka sadari, mereka selalu bertemu di sana tiap hujan turun dan benih-benih cinta muncul.

Namun, musim hujan tak terjadi selamanya, sehingga mereka harus benar-benar jujur pada perasaan mereka masing-masing.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8/10

25. Anime Sedih & Baper “Clannad”

Clannad

Tomoya Okazaki adalah siswa nakal yang merasa hidup itu begitu membosankan. Bersama dengan temannya Youhei Sunohara, mereka sering membolos dan berniat menyia-nyiakan masa SMA mereka.

Suatu hari, dalam perjalanan berangkat sekolah, Tomoya berpapasan dengan seorang siswi yang berbisik-bisik kepada dirinya sendiri. Tomoyo akhirnya tahu nama gadis tadi adalah Nagisa Furukawa. Nagisa menganggap Tomoyo temannya, tapi Tomoyo tak mempedulikannya.

Tanpa Tomoya sadari, perlahan, kehidupan membosankannya berubah 180 derajat setelah ia bertemu dengan Nagisa tadi. Apa yang terjadi?

Jumlah Episode: 23

Rating: 8,5/10

24. Anime Sedih & Baper “Sakurasou no Pet na Kanojo”

Sakurasou no Pet na Kanojo

Sorata yang normal, kesulitan membaur saat ia masuk ke asrama Sakura Hall. Di sana ada Misaki–sang animator yang energik, Jin–si playboy. Ryuumpsuke–programmer, dan Chihiro–pengurus asrama, guru kesenian dan gadis pecinta pesta.

Ia ingin keluar dari asrama tersebut, tapi saat ia bertemu dengan Mashio Shiina, keinginanya perlahan menghilang. Didukung oleh sifat unik masing-masing, Sorata dan Mashiro berhasil merubah kehidupan orang-orang di sekitarnya.

Jumlah Episode: 24

Rating: 8,5/10

23. Anime Sedih & Baper “Planetes”

Planetes

Di tahun 2075, berjalan-jalan di luar angkasa sudah bukan sekedar mimpi belaka, tapi keseharian hidup manusia. Kemajuan teknologi berhasil mengkolonisasi bulan dan menjadikan luar angkasa menjadi objek wisata.

Anime Planetes bercerita tentang Ai Tanabe, seorang pembersih sampah di luar angkasa. Anime ini mengedepankan cerita sci-fi yang dibumbui dengan filosfofi, romansa dan komedi yang membuatmu jatuh cinta pada setiap karakternya.

Jumlah Episode: 26

Rating: 8,5/10

22. Anime Sedih & Baper “Tsumiki no Ie”

Tsumiki no Ie

Di kota yang banjir dan air selalu meningkat setiap waktunya, seorang lelaki tua harus terus-terusan membangun lantai baru di rumahnya agar tak tenggelam.

Namun, saat pipa rokok favoritnya jatuh ke jurang air di bawahnya, ia lalu menyelam menembus tak hanya rumahnya, namun juga kenangan masa lalu.

Tsumiki no Ie adalah anime pendek mengenai efek waktu di kehidupan seseorang–bagaimana hal itu bisa menelan masa lalu sepenuhnya dan bagaimana seseorang harus belajar darinya dan move on dari apa yang sudah terjadi.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

21. Anime Sedih & Baper “One Piece: Episode of Merry – The Tale of One More Friend”

One Piece Episode of Merry

Cerita dari episode spesial ini berpusat kepada kapal pertama dari Bajak Laut Topi Jerami, Going Merry. Diangkat dari cerita yang sama dari anime utamanya, One Piece: Episode of Merry – The Tale of One More Friend dibuat dengan animasi baru yang lebih indah.

Dari pertempuran Luffy dan Ussop, menghilangnya Robin hingga perpisahan para kru dengan kapal kesayangan mereka. Going Merry sudah dianggap sebagai anggota lain dari Bajak Laut Topi Jerami yang tak terpisahkan.

Jumlah Episode: 1 (Spesial)

Rating: 8,5/10

20. Anime Sedih & Baper “Spice and Wolf”

Spice and Wolf

Holo merupakan dewi serigala yang selalu disembah dan dihormati di kota kecil Pasloe agar panen tahun itu berjalan lancar. Namun, sekarang orang-orang mulai melupakannya dan ia hanya dianggap sebagai cerita rakyat saja.

Saat pedagang keliling bernama Kraft Lawrence berhenti di Pasloe, Holo menawarkan diri untuk menjadi rekan bisnis asal Lawrence mau membawanya pulang ke rumahnya di Yoitsu.

Lawrence menerima tawaran tersebut karena Holo punya kemampuan khusus untuk menilai karakter seseorang yang penting untuk ia berdagang.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8,5/10

19. Anime Sedih & Baper “The Girl Who Leapt Through Time”

The Girl Who Leapt Through Time

Makoto Konno sekarang duduk di kelas tiga SMA, tapi ia masih saja tak tahu apa yang akan ia lakukan di masa depan.

Diantara harus bertahan dari tekanan guru-gurunya dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya, kehidupan Makoto tiba-tiba berubah saat ia tak sengaja menemukan bahwa ia bisa melompati waktu.

The Girl Who Leapt Through TIme bercerita tentang Makoto yang bermian-main dengan kekuatan barunya. Namun, ia kemudian sadar bahwa semua pilihan mempunyai konsekuensinya sendiri dan waktu ternyata lebih rumit dari yang ia kira.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

18. Anime Sedih & Baper “Sakamichi no Apollon”

Sakamichi no Apollon

Terus-terusan berpindah sekolah sejak kecil, membuat Kaoru Nishimi menjadi anak yang anti sosial walaupun ia pintar dan berasal dari keluarga berkecukupan.

Tapi, setelah ia pindah ke Kyushu di tahun pertama SMA, hidupnya mulai berubah saat ia berteman dengan ketua kelas Ritsuko Mukae. Tak hanya Ritsuko saja, ia juga berteman dengan preman sekolah yang terkenal yaitu Sentarou Kawabuchi.

Kaoru adalah siswa kehormatan, sementara itu Sentarou sering berkelahi dan membolos. Namun, dua orang berkelainan sifat ini mempunyai satu hal yang sama yaitu musik.

Sakamichi no Apollon adalah kisah tentang tiga sahabat yang terjalin karena kecintaan mereka tentang musik jazz. Bagi kamu pecinta musik jazz pasti bakal baper nonton anime ini. Dan yang bukan pecinta musik jazz, dijamin akan mulai jatuh cinta dengannnya.

Jumlah Episode: 12

Rating: 8,5/10

17. Anime Sedih & Baper “Angel Beats!”

angel beats

Otonashi terbangun dalam keadaan meninggal. Yuri–seorang gadis bersenjata mengatan bahwa ia berada di alam baka dan Otonashi baru sadar bahwa satu-satunya hal yang ia ketahui adalah namanya.

Yuri mengatakan bahwa ia merupakan pemimpin dari Shinda Sekai Sensen atau Pasukan Alam Baka dan sedang berperang melawan gadis bernama Tenshi.

Tak percaya dengan perkataan Yuri bahwa Tenshi orang jahat, Otonashi berusaha untuk berbicara dengan Tenshi namun tak berjalan dengan lancar.

Otonashi lalu memutuskan untuk bergabung dengan SSS dan membantu melawan Tenshi. Namun, ia justru menemukan dirinya tertarik dengannya. Perlahan, ia mulai mengungkap identitas dirinya dan misteri dari alam baka tersebut.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8,5/10

16. Anime Sedih & Baper “Nana”

Nana

Nana Komatsu adalah cewek yang bermasalah dengan pacar. Ia pindah ke Tokyo, dengan harapan agar bisa lebih mengontrol hidupnya dan melupakan kehidupan kacaunya si masa lalu. Ia mencari cinta dan berharap akan menemukannya di kota besar.

Sementara itu, Nana Osaki, adalah gadis keren, percaya diri dan fokus. Ia pindah ke Tokyo karena ingin masuk ke dunia punk. Ia punya mimpi dan tak akan menyerah sampai ia bisa menjadi superstar rock’n’roll No. 1 di Jepang.

Nana adalah anime yang bercerita tentang dua gadis berusia 20 tahun yang mempunyai nama sama. Walaupun mereka datang dari latar belakang yang  berbeda, mereka bertemu dan menjadi sahabat. Dunia dalam Nana adalah dunia yang penuh dengan musik, fashion, gosip dan pesta.

Jumlah Episode: 47

Rating: 8,5/10

15. Anime Sedih & Baper “Violet Evergarden”

Violet Evergarden

“Auto-Memories Dolls” dibuat dengan tujuan untuk merekam pembicaraan dan perasaan seseorang.

Pertama kali diciptakan oleh Dr. Orland untuk memberikan kebahagiaan kepada istrinya, boneke tersebut sekrang di sewakan ke perusahaan-perusahaan setelah karyanya tersebut diketahui publik.

Tersentuh oleh apa yang dilakukan Auto-Memories Dolls, seorang wanita bernama Violet Evergarden memutuskan untuk mengemban tugas mereka. Cantik, dengan rambut emas dan mata biru bagaikan kristal, dia dengan cepat menjadi boneka terpopuler.

Jumlah Episode: 13

Rating: 8,5/10

14. Anime Sedih & Baper “Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou”

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou

Cerita dimulai dengan Maquia, di mana ia berasal dari keluarga yang semua orangnya berhenti menua saat remaja. Ia tak punya keluarga dan walaupun kehidupannya damai, ia merasa kesepian.

Kedamaian mereka hancur saat tentara Mezarte menyerang dengan tujuan untuk mencari rahasia kehidupan abadi mereka. Maquia berhasil melarikan diri, tapi ia kehilangan teman-temannya dan rumahnya.

Maquia lalu bertemu dengan bayi yatim piatu yang juga sendirian. Ia lalu membesarkan bayi yang bernama Ariel, dibantu oleh teman-temannya.

Namun, saat zaman telah berubah, ikatan Maquia dan Ariel juga berubah. Anime ini menceritakan tentang dua orang kesepian yang menjadi pelipur lara bagi satu sama lain.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 8,5/10

13. Anime Sedih & Baper “Samurai X: Trust and Betrayal”

Samurai X Trust and Betrayal

Saat kebengisan manusia melebihi rasa takutnya akan kematian, ada secercah harapan bagi mereka yang ingin hidup dengan normal. Di bawah sinar bulan purnama, seorang anak laki-laki menyaksikan pembantain dari para bandit yang memperbudaknya.

Ia juga diberikan nama oleh orang yang menyelamatkannya tersebut. Anak itu adalah Shinta, selarang dikenal sebagai Kenshin Himura dan ia ditakdirkan untuk menjadi ahli pedang.

Hati lembutnya memang tak cocok dengan hal tersebut, tapi keinginannya untuk melindungi yang tak bersalah sangatlah kuat.

Samurai X: Trust and Betrayal menceritakan tentang asal usul lelaki yang terkenal dengan nama Hitokiri Battousai–jauh sebelum ia bersumpah untuk tak membunuh dan jauh sebelum ia dikenal sebagai pembunuh.

Jumlah Episode: 4 (OVA)

Rating: 9/10

12. Anime Sedih & Baper “3-gatsu no Lion”

3 gatsu 1

Karakter utama dari anime ini adalah Rei, pemain shogi professional yang jenius berusia 17 tahun. Ia hidup sendirian tanpa keluarga dan ia juga tak pergi ke sekolah. Ia juga hampir tak punya teman.

Salah satu orang-orang yang dikenalnya adalah sebuah keluarga yang terdiri dari seorang wanita muda–Akari, dan dua gadis–Momo dan Hinata, serta beberapa kucing peliharaan.

Jumlah Episode: 22

Rating: 9/10

11. Anime Sedih & Baper “Mahou Shoujo Madoka★Magica”

Mahou Shoujo Madoka Magica

Madoka Kaname punya mimpi tak biasa tentang makhluk aneh dan seorang gadis yang sedang dalam masalah. Paginya, seorang gadis misterius bernama Homura Akemi pindah ke kelasnya. Hal yang mengejutkan adalah, Homura terlihat sama dengan gadis yang ia lihat di mimpinya.

Di hari yang sama, Madoka mendengar permintaan tolong di kepalanya. Ternyata, permintaan itu datang dari Kyuubey–makhluk mirip kucing yang juga ada di mimpinya. Namun, ia bertemu dengan Homura di sana, yang memperingatkan Madoka untuk menjauh dari Kyuubey.

Takut Homura akan menyakiti Kyuubey, ia membawanya pergi dibantu oleh sahabatnya Sayaka Miki. Setelah aman, Kyuubey menawarkan mereka berdua untuk menjadi magical girl dan gantinya permintaan mereka akan dikabulkan.

Namun, ternyata tak semua terlihat sebaik itu, karena beban dari permintaan mereka ternyata lebih berat daripada yang mereka duga. Mereka harus membayar harga yang mahal agar mimpi mereka bisa terkabulkan.

Jumlah Episode: 12

Rating: 9/10

10. Anime Sedih & Baper “Hotarubi no Mori e”

Hotarubi no Mori e

Terpikat oleh cerita dari dewa gunung, Hotaru Takegawa yang baru berusia enam tahun tersesat di hutan tua saat mengunjungi pamannya. Capek dan butuh pertolongan, Hotaru senang saat menemukan roh hutan bertopeng Gin.

Hotaru mengetahui ternyata ia tak boleh menyentuh Gin atau ia akan menghilang. Walaupun begitu, Gin tetap membantu Hotaru keluar dari hutan dan menyuruhnya untuk tak kembali lagi, karena ia berjanji akan kembali dan membawa hadiah.

Tak peduli dengan larangan Gin, dan walaupun terpisahkan jarak dan alam yang berbeda, Hotaru dan Gin menjadi teman dekat karena Hotaru rutin mengunjungi Gin setiap musim panas. Namun, hubungan mereka diuji saat muncul benih-benih cinta di antara mereka.

Diangkat dari manga karya uki Midorikawa berjudul sama, Hotarubi no Mori e adalah anime yang bercerita tentang hubungan dua orang yang seharusnya tak pernah bertemu.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

9. Anime Sedih & Baper “Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai”

Ano Hi Mita Hana

Jinta Yadomi hidup dengan damai dan memanfaatkan waktu liburannya dengan bermain game di rumah. Di suatu siang hari yang panas, teman masa kecilnya, Menma, muncul dan memaksanya untuk mengabulkan permintaannya yang terlupakan.

Jinta tentu saja tak menggubris hal tersebut walaupun Menma terus menganggunya, karena Menma sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu. Awalnya, Jinta berpikir kalau ia berhalusinasi, namun ia lalu yakin bahwa yang ia lihat adalah benar-benar hantu dari Menma.

Jinta dan sekelompok temannya saling menjauh satu sama lain setelah kematian Menma, namun mereka menjadi dekat kembali karena ingin agar jiwa Menma tenang di alam sana. Mampukah mereka untuk move on tak hanya dari Menma–tapi juga dari hidup mereka sendiri?

Jumlah Episode: 11

Rating: 9/10

8. Anime Sedih & Baper “The Wolf Children Ame and Yuki”

The Wolf Children Ame and Yuki

Film ini mengambil cerita hingga jarak 13 tahun lamanya dan dimulai saat mahasiswi berusia 19 tahun bernama Hana yang bertemu dan jatuh cinta bagikan dongeng dengan manusia serigala.

Setelah menikahi manusia serigala tersebut, Hana melahirkan dan membesarkan dua anak manusia serigala–kakak perempuan bernama Yuki yang lahir saat salju turun dan adik laki-laki bernama Ame yang terlahir di kala hujan.

Mereka berempat hidup dengan damai di pojokan kota untuk menyembunyikan identitas mereka. Namun, saat sang ayah–manusia serigala tiba-tiba meninggal, Hana memutuskan untuk pindah ke desa kecil jauh dari perkotaan untuk membesarkan kedua anaknya.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

7. Anime Sedih & Baper “Kimi no Na wa”

Kimi no Na wa

Kimi no Na wa mengambil cerita sekitar satu bulan setelah komet jatuh untuk pertama kalinya dalam ribuan tahun di Jepang.

Mitsuha, gadis SMA yang hidup di pedesaan, ingin tinggal di kota karena ia capek hidup di pedesaan. Lalu, di sisi lain ada Taki, ia siswa SMA yang tinggal di Tokyo dan bekerja paruh waktu di suatu restoran Italia. Ia juga punya minat pada seni arsitektur.

Suatu hari, Mitsuha bermimpi ia adalah seorang laki-laki. Sementara itu, Taki juga bermimpi di mana ia adalah seorang gadis SMA di pedesaan. Ternyata, hal itu bukanlah mimpi dan mereka bertukar tubuh! Wah, apa yang sebenarnya terjadi?

Kimi no Na wa berpusat pada tindakan Mitsuha dan Taki yang mulai meninggalkan efek dramatis dalam kehidupan masing-masing karena takdir rumit yang mempersatukan mereka.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9/10

6. Anime Sedih & Baper “Koe no Katachi”

Koe no Katachi

Shouya Ishida adalah bocah yang selalu mencari cara untuk mengusir kebosanan, justru menemukan cara tersebut di tempat yang salah.

Merasa aneh dengan teman sekelas barunya yaitu seorang gadis pindahan yang tuli bernama Shouka Nishimiya, ia menjadikan gadis tersebut sebagai target bully.

Hari demi hari, Shouya terus menganggu Shouko, tanpa menyadari efek dari perbuatannya tersebut. Perbuatan bully-nya tersebut membuat Shouya pindah dan  teman-teman sekelasnya juga perlahan menjauhi serta mem-bully balik Shouya setiap ada kesempatan.

Bertekad untuk memperbaiki perbuatannya, lima tahun kemudian, Shouya–yang sekarang duduk di bangku SMA kelas tiga dan selalu sendiri, bertemu dengan Shouko lagi–di situlah penebusan Shoya dimulai. Mampukah ia melakukannya?

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 9,5/10

5. Anime Sedih & Baper “Steins;Gate”

SteinsGate

Sang “Mad Scientis” Okabe Rintarou menyewa sebuah ruangan di suatu gedung di Akihabara yang ia jadikan sebagai laboratoriumnya bersama dengan anggota lab: Mayuri Shiina–teman masa kecilnya, dan Hashida Itaru, hacker mesum.

Mereka bertiga menghabiskan waktu dengan membuat alat-alat yang mereka sebut sebagai “Future Gadget.” Suatu hari, mereka berhasil membuat sebuah mesin yang diberi nama “Phone Microwave”–yang bisa merubah pisang menjadi tumpukan jeli berwarna hijau.

Walaupun Phone Micromave menghasilkan sesuatu yang luar biasa, tapi hal tersebut tak membuat Okabe peduli–sampai akhirnya, beberapa kejadian aneh nan misterius menimpa mereka. Mereka lalu sadar, bahwa Phone Microwave bisa mengirim pesan ke masa lalu dan mengubah sejarah.

Anime Steins;Gate bercerita tentang Okabe yang diharuskan untuk menembus batas-batas antara masa lalu dan masa sekarang, untuk menyelamatkan orang-orang yang ia cintai.

Jumlah Episode: 24

Rating: 9,5/10

4. Anime Sedih & Baper”Shigatsu wa Kimi no Uso”

Shigatsu wa Kimi no Uso

Di usia yang sangat muda, Kousei Arima dilatih dengan tegas bagaimana cara bermain piano dan diharuskan mengikuti lembaran musik dari ibunya.

Hal ini membuat ia mendominasi setiap perlombaan yang ia ikuti dengan mudahnya. Kousei dijuluki sebagai “Human Metronome” karena permainan sempurnanya. Semua pemusik seumuran selalu mengidolakannya.

Namun, setelah kematian ibunya yang begitu tiba-tiba, Kousei tak bisa mendengar musiknya lagi karena shock. Ia lalu menghilang dan tak pernah muncul di panggung lagi.

Dua tahun kemudian, Kousei hidup dengan membosankan bersama teman masa kecilnya Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari. Ia masih cinta dengan musik, walaupun tak pernah memainkannya.

Hal itu berubah saat ia bertemu dengan Kaori Miyazono, pemain biola yang bermain bebas tanpa harus mengikuti lembaran musik. Kehidupan Kousei mulai berubah sejak Kaori datang memberikan warna.

Shigatsu wa Kimi no Uso adalah cerita tentang pertemanan, cinta, musik dan satu kebohongan.

Jumlah Episode: 22

Rating: 9,5/10

3. Anime Sedih & Baper “Fullmetal Alchemist: Brotherhood”

Fullmetal Alchemist Brotherhood

Yup, lagi-lagi anime ini lagi muncul di daftar anime terbaik. Mau bagaimana lagi? Anime ini benar-benar hampir sempurna di segala aspeknya dan juga mempunyai banyak genre yang dilebur menjadi satu.

Jadi, jangan heran kalau anime ini selalu memuncaki daftar anime-anime terbaik di sini. Fullmetal Alchemist: Brotherhood bercerita tentang Elric bersaudara yang melakukan ritual alkemi terlarang dengan mencoba untuk membangkitkan ibunya.

Alkemi terikat oleh Hukum Pertukaran Setara yang menyatakan bahwa, “untuk mendapatkan sesuatu, sesuatu yang setara harus dikorbankan.” Dan hukum itu juga berlaku untuk ritual terlarang sekalipun.

Edward Elric–sang kakak, kehilangan kaki kirinya dan sang adik–Alphonse Elric, kehilangan tubuh fisiknya. Panik dan putus asa, Edward mengorbankan tangan kanannya agar bisa mengikat jiwa dari adiknya ke sebuah baju zirah.

Penderitaan mereka tak berhenti sampai di sana karena ritual terlarang mereka gagal total. Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah anime yang jika dilihat sekilas adalah anime shounen pertempuran pada umumnya.

Namun, jika kamu benar-benar memperhatikan, anime ini mempunyai cerita yang sangat dalam dengan berbagai karakter unik yang mengalami perkembangan luar biasa seiring berjalannya waktu.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah anime sempurna yang penulis yakin akan sulit untuk disaingi oleh anime-anime lain hingga beberapa tahun ke depan.

Jika kamu belum pernah menontonnya, maka tontonlah segera dan rasakan pengalaman menonton anime yang tak pernah kamu temukan di manapun.

Jumlah Episode: 64

Rating: 10/10

2. Anime Sedih & Baper “Grave of the Fireflies”

Grave of the Fireflies

Saat Perang Dunia II hampir mencapai puncaknya di tahun 1945, Jepang mengalami kehancuran karena pengeboman yang dilakukan Amerika.

Grave of the Fireflies adalah cerita tentang Seita dan adiknya Setsuko–dua anak Jepang yang hidupnya hancur karena perang yang brutal. Mereka kehilangan segalanya.

Yatim piatu dan tak punya rumah, Seita dan Setsuko tak punya pilihan untuk selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Walaupun hidup mereka begitu menyedihkan, namun hal tersebut tetap tak membuat mereka kehilangan harapan.

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating: 10/10

1. Anime Sedih & Baper “Clannad: After Story”

Clannad After Story

Clannad: After Story adalah sekuel dari anime sedih & baper lain yaitu Clannad–yang juga ada di daftar ini. Cerita dimulai setelah kelulusan dari Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa.

Penulis tak bisa cerita panjang lebar tentang anime ini karena penulis ingin agar kalian terkejut saat menontonnya. Pokoknya ini adalah anime terbaper dan tersedih yang pernah kalian tonton.

Itulah daftar anime sedih dan baper yang bisa kalian tonton. Setiap kesedihan orang saat menonton anime memang berbeda dan unik.

Namun, kebanyakan anime di atas memiliki “kesedihan umum” sehingga kamu juga bisa merasakannya. Pokoknya siap-siap tissue saja, deh. Selamat menangis ria!

Category:
Anime