Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

40+ Drama Korea Bertema Dokter/Suster Terbaik

Menjadi favorit kalangan pecinta drama Asia, drama dari Korea Selatan selalu berhasil menggunggah hati penontonnya dan menjadi primadona di antara serial drama Asia lain.

Selain itu drama Korea juga menyuguhkan berbagai macam genre yang menarik. Sebut saja komedi, romantis, kriminal bahkan thriller. Selain genre, ada juga tema atau niche yang dapat menjadi bumbu penyedap suatu drama.

Setelah keluarnya drama Good Doctor, saat ini niche yang juga paling banyak digemari adalah drama dunia medis atau kedokteran.

Nah, ini lho 40 rekomendasi drama Korea bertema dokter/suster terbaik versi kami yang khusus dibuat untuk para sobat pecinta film dan drama.

40. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Priest” (2018)

priest

Drama ini menceritakan tentang Oh Soo-Min (Yeon Woo-Jin), seorang pendeta Katholik muda dan menjadi anggota grup pengusir hantu bernama 643 Regia.

Keputusannya untuk menjadi pengusir hantu dikarenakan dahulu ibunya dirasuki setan dan tidak ada yang menolong hingga ibunya meninggal.

Di lain pihak, bekerja seorang dokter muda Ham Eun-Ho (Jung Yoo-Mi) yang tidak percaya akan adanya Tuhan. Keputusannya menjadi dokter juga dikarenakan keluarganya yang mengalami kecelakaan tragis.

Suatu ketika Eun-Ho menyaksikan sebuah kejadian supranatrual di ruang UGD tempat ia bekerja. Peristiwa itu jugalah yang mempertemukan Eun-Ho dengan pendeta Soo-Min. sejak saat itu kehidupan Eun-Ho mulai berubah.

39. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Behind The White Tower” (2007)

behing the white tower

Drama ini menceritakan tentang kehidupan dokter yang memiliki karakter bertentangan satu sama lain. Pertama adalah Jang Joon-Hyeok (Kim Myung-Min).

Joon-Hyeok adalah dokter bedah yang jenius dan memiliki ambisi besar untuk memiliki jabatan tertinggi dengan melakukan berbagai macam cara. Sementara itu, dokter Choi Do-Young (Lee Sun-Gyun) adalah dokter dengan prinsip yang kuat.

Sepanjang episode drama tentang medis ini akan menampilkan kehidupan dalam dunia kedokteran, termasuk perjuangan emosional, kekuatan dan interaksi dunia rumah sakit dengan pasien mereka.

38. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “The Third Hospital” (2012)

the third hospital

Serial Korea Selatan yang mengangkat tema medis ini menceritakan tentang rumah sakit Seohan National Medical Center. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit pertama yang menggabungkan pengobatan barat dan pengobatan oriental atau tradisional.

Suatu ketika saat pembukaan rumah sakit, dokter Doo-Hyun (Kim Seung-Woo) menyelamatkan orang yang terluka karena peristiwa kecelakaan mobil.

Selain itu, ada juga dokter Seung-Hyun (Oh Ji-Ho) yang memulai bekerja di rumah sakit Seohan sebagai dokter oriental. Seung-Hyun ternyata mampu menyelamatkan nyawa seorang anak dengan menerapkan prosedur pengobatan barat.

Akibatnya perbuatan Seung-Hyun tersebut menimbulkan konflik karena ia tidak memiliki lisensi praktek kedokteran ala barat dan dokter yang lainnya pun memprotes dengan emosi. Perpecahan mengenai hal itu pun terus berlanjut.

37. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Jejungwon” (2010)

jejoongwon

Kisah pada drama medis Jejungwon menceritakan tentang dibangunnya rumah sakit modern yang bernama Jejungwon untuk pertama kalinya. Rumah sakit ini dibangun di era Joseon pada tahun 1885.

Alkisah ada tiga tokoh yang diceritakan kehidupannya pada drama ini. Pertama adalah Baek Do-Yang (Yeon Jung-Hoon), anak pejabat yang memiliki tekad kuat untuk menjadi dokter hebat yang menguasai medis ala barat.

Kemudian ada juga Hwang Jung (Park Yong-Woo), seorang anak pedagang daging yang cerdas dan berhasil menjadi dokter karena kecerdasan tinggi yang dimilikinya.

Terakhir ada juga Yoo Seok-Ran (Han Hye-Jin), seorang penerjemah wanita yang memiliki cita-cita untuk menjadi dokter. Masalah lain yang harus dihadapi oleh Seok-Ran adalah masalah genre yang pada masa itu wanita selalu dipandang sebelah mata.

36. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Dr. Jin” (2012)

dr jin

Drama ini diadaptasi dari komik Jepang yang berjudul Jin karangan Motoka Murakami. Menceritakan tentang dokter Jin-Hyuk (Song Seung-Heon), seorang ahli bedah saraf abad 21 yang melakukan perjalanan waktu ke jaman Dinasti Joseon.

Dokter Jin sebenarnya adalah orang yang perfeksionis, berperilaku dingin dan kurang memiliki rasa kasih. Suatu ketika ada kekuatan misterius yang menghempaskan dokter Jin ke tahun 1860, pada masa dinasti Joseon.

Karena terbatasnya alat medis, Jin berupaya sekuat tenaga mengembangkan alat medis dan obat dengan usahanya sendiri. Ia pun mendapat bantuan dari Hong Young-Rae (Park Min-Young), seorang gadis Joseon yang mirip dengan kekasihnya yang koma.

35. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “The Virus” (2013)

the virus

Berbeda dengan kisah drama Korea lain yang cenderung memiliki bumbu romantis dalam kisahnya, drama ini menceritakan tentang kehidupan pada ilmuwan handal.

Ilmuwan itu terlibat dalam upaya untuk menangani wabah penyakit menular yang melanda Korea. Tim dipimpin oleh Lee Myung-Hyun (Umh Ki-Joon) yang juga menyelidiki kasus infeksi misterius.

Myung-Hyun ternyata menemukan sebuah virus yang memiliki tingkat bahaya tinggi, bahkan hingga 100%. Akhirnya tim dapat melalui proses penyelidikan dengan selamat.

Namun nyatanya, mereka harus menghadapi kenyataan lain dan perlawanan yang timbul dari kekuatan yang ternyata jahat.

34. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Risky Romance” (2018)

risky romance

Drama romantis di dunia medis ini menceritakan tentang Joo In-Ah (Lee Si-Young) yang berprofesi sebagai dokter ahli endokrinologis yang memiliki spesialisasi keahlian di bidang hormon.

Sementara itu objek penelitian dari In-Ah adalah Hang Seung-Joo. Hang Seung-Joo (Ji Hyun-Woo) sendiri adalah seorang dokter ahli bedah saraf senior. Seung-Joo sendiri ternyata memiliki dendam terpendam terhadap In-Ah.

Selain itu drama ini juga menceritakan tentang Cha Jae-Hwan  yang juga dokter senior dan menaruh hati pada In-Ah. Sementara itu In-Ah memiliki saudara tiri bernama Joo Se-Ra, seorang penyiar yang menyukai Jae-Hwan.

33. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “The Medical Brothers” (1997)

the medical brothers

Medical Brothers menceritakan tentang dua saudara yang sama-sama berprofesi dokter dan bekerja di rumah sakit yang sama. Mereka adalah Kim Su-Hyung (Jang Dong-Gun) dan Kim Jun-Ki (Son Chang-Min).

Su-Hyung yang memiliki sifat temperamen dan tidak sensitif terkadang membuat kekasihnya, Min-Joo (Lee Young-Ae) yang juga berprofesi sebagai dokter, merasa sakit hati dan menimbulkan konfik di antara mereka berdua.

Sementara itu, Jun-Ki juga menghadapi krisis personal maupun karir di kehidupannya karena kesalahannnya sendiri. Hingga akhirnya Sun-Hyung menemukan rahasia keluarga yang berkaitan dengan identitasnya yang asli.

32. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Medical Top Team” (2013)

medical top team

Drama Korea yang satu ini menceritakan tentang sebuah rumah sakit yang memiliki tim medis elit. Tim ini memiliki anggota dokter-dokter terbaik di bidangnya yang siap untuk berjuang agar pasien mendapat mukjizat kesembuhan.

Selain itu, perjuangan para dokter yang masing-masing memiliki karakter berbeda ini merupakan perjuangan untuk bertahan di tengah konflik perebutan kekuasaan di rumah sakit tersebut.

Drama ini dibintangi oleh aktor-aktor yang sudah memiliki nama besar seperti Kwon Sang-Woo,  Seo Joo-Young, Han Seung-Jae, Choi Ah-Jin, Kim Seong-Woo dan masih banyak lagi.

31. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Blood” (2015)

blood

Adalah Park Ji-Sang (Ahn Jae-Hyun), seorang dokter ahli bedah empedu di rumah sakit penelitian kanker terbaik yang juga seorang vampir yang dingin dan tidak berperasaan.

Di sisi lain, ada juga dokter Yoo Ri-Ta (Ku Hye-Sun) yang adalah keponakan dari ketua konglomerat pemilih rumah sakit. Ri-Ta adalah dokter yang jenius namun sombong. Meskipun begitu ternyata Ji-Sang sudah terpikat dan jatuh hati padanya.

Konflik lain yang terjadi adalah konflik antara Ji-Sang dan Lee Jae-Wook (Ji Jin-Hee). Jae Wook adalah kepala rumah sakit yang berwajah dua. Lembut di luar, namun hatinya penuh ambisi berbahaya untuk berkuasa.

30. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Hur Jun, The Original Story” (2013)

Hur Jun The Original Story

Drama sejarah ini menceritakan peristiwa 50 tahun setelah dokter wanita pertama Jang-Geum. Adalah Heo-Jun (Kim Joo-Hyuk), seorang anak dari dayang dan gubernur Yeoncheon yang memutuskan untuk menjadi dokter.

Hal ini dikarenaka ia melihat dokter Yoo Ui-Tae (Bark Yoon-Sik) yang menyelamatkan pasien sekarat. Karir Heo-Jun dimulai dengan bekerja sebagai pengumbul obat herbal yang kemudian membantu Ui-Tae di kliniknya.

Kemudian Heo-Jun mulai belajar merawat pasien dari dokter Ui-Tae, hingga akhirnya ia berhasil melejitkan karir sebagai dokter Kerajaan dan dokter Raja Seonjo.

29. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “My Spring Days” (2014)

my spring days

Memiliki genre melodrama, serial ini menceritakan tentang kehidupan dari Lee Bom-Yi (Sooyoung) yang mendapat tranplantasi jantung dari istri Kang Do-Ha (Kam Woo-Sung) yang telah meninggal.

Bom-Yi ternyata adalah pacar dari Kang Dong-Wook (Lee Joon-Hyuk) yang juga adik laki-laki Do-Ha. Suatu ketika secara tidak sengaja Bom-Yi bertemu dengan Do-Ha. Waktu terus berjalan dan timbul benih cinta antara Bom-Yi dan Do-Ha.

Awalnya Do-Ha mengira bahwa rasa itu ada hanya karena Bom-Yi memiiki jantung istrinya. Namun ternyata anak-anak dari Do-Ha juga menyukai Bom-Yi.

28. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Heart Surgeon” (2018)

heart surgeon

Drama dengan tema medis satu ini menkhususkan niche dramanya pada segala cerita dan penanganan di departemen bedah toraks sebuah rumah sakit.

Adalah Park Tae-Soo (Go Soo) seorang dokter ahli bedah toraks yang menunggu transplantasi jantung untuk ibunya yang sakit dan Yoon Soo-Yeon (Seo Ji-Hye), seorang asisten ahli bedah toraks yang cantik.

Di lain pihak ada juga dokter Choi Suk-Han (Uhm Ki-Joon), ahli bedah toraks yang memiliki kemampuan di atas rata-rata namun tidak diperlakukan dengan adil karena memiliki latar belakang medis yang berasal dari universitas lokal biasa.

27. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Hospital Ship” (2017)

hospital ship

Serial drama yang ditayangkan oleh stasiun MBC  ini memang menceritakan tentang sebuah rumah sakit kapal. Adalah Song Eun-Jae (Ha Ji-Won) seorang dokter ahli bedah wanita sebagai salah satu dokter yang bekerja di rumah sakit tersebut.

Eun-Jae dan beberapa rekannya memberikan pelayanan medis untuk penduduk sebuah pulau dengan menggunakan rumah sakit kapal. Pemeran lain yang ikut mendukung drama ini adalah Kang Min-Hyuk dan Lee Seo-Won.

Pembuatan drama ini dilakukan di pulau Geoje, Korea Selatan. Pada drama ini jugalah Ha Ji-Won memerankan seorang dokter untuk pertama kalinya selama karir hidupnya.

26. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Heart to Heart” (2015)

heart to heart

Mengusung tema psikologi, drama ini menceritakan tentang Cha Hong-Do (Choi Kang-Hee) yang menderita penyakit anthrophobia, ketakutan untuk melakukan interaksi sosial. Sehingga gadis ini mudah sekali merah wajahnya.

Satu-satunya orang yang dapat menghibur Hong-Do adalah detektif Jang Doo-Soo. Karena terbiasa, Hong-Do akhirnya jatuh cinta pada Doo-So dan bertekad untuk menyembuhkan phobianya.

Nasib membawa Hong-Do bertemu psikiater Go Yi-Suk (Chun Jung-Myung). Yi-Suk ternyata juga mempunyai phobianya sendiri, sampai-sampai dia harus menutup klinik pribadinya dan pindah ke rumah sakit kecil, dekat dengan Hong-Do.

Ternyata hubungan Hong-Do dan Yi-Suk lambat laun tidak hanya sebatas pasien dan psikiater. Lalu bagaimana nasib detektif Doo-Soo selanjutnya?

25. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Surgeon Bong Dal-Hee” (2007)

Surgeon Bong Dal Hee

Drama medis ini menceritakan tentang kehidupan Bong Dal-Hee (Lee Yo-Won) yang sejak kecil mengalami masalah jantung dan mengharuskannya operasi. Oleh karena itu ia bertekad untuk menjadi dokter kardiotoraks yang hebat.

Latar belakang pendidikan yang berasal dari universitas daerah dan kurangnya daya saing Dal-Hee membuat dia mendapat kesan negatif dari Ahn Joong-Geun (Lee Beom-Soo) di tahun pertama program dokternya.

Sementara itu Joong-Geun adalah dokter kardiotoraks yang hebat namun banyak memarahi Dal-Hee yang melakukan banyak kesalahan.

Selain itu ada juga dokter Lee Geon-Wook (Kim Min-Joon) yang tertarik pada Dal-Hee meskipun ia sebenarnya masih memiliki perasaan pada mantan istrinya Joo Moon-Kyung (Oh Yoon-Ah).

24. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “New Heart” (2007)

new heart

Drama medis yang penuh konflik ini menampilkan kehidupan departemen bedah jantung di Rumah Sakit Universitas Hwang Hee.

Departemen ini terkenal merugikan rumah sakit karena tidak mampu menghasilkan banyak uang namun membutuhkan banyak biaya operasional.

Drama ini yang ditayangkan di stasiun MBC Korea Selatan ini diperankan oleh beberapa aktor papan atas seperti Jo Jae-Hyun, Ji Sung, Kim Min-Jung dan Lee Ji-Hoon.

23. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Syndrome” (2012)

syndrome

Mengangkat tema dokter dan kehidupan medis, drama Syndrome mengkhususkan kehidupan dokter ahli bedah syaraf.

Adalah Lee Hae-Joo (Han Hye-Jin) seorang dokter bedah syaraf di residen tahun pertama yang lulus dari sekolah kedokteran biasa namun memiliki tekad kuat menjadi dokter hebat.

Di lain pihak ada juga Cha Yeo-Wook (Song Chang-Eui) yang juga dokter bedah syaraf yang memiliki latar belakang lulusan dari universitas ternama. Yeo-Wook juga adalah cucu petinggi Korea University Hospital.

Pemimpin dari kedua dokter di residen tahun pertamanya itu adalah dokter Kang Eun-Hyun (Park Gun-Hyung). Kisah pun bergulir menceritakan problematika pribadi dan kehidupan dokter dari Hae-Joo dan tokoh lainnya.

22. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Cross” (2018)

cross

Drama dengan latar belakang duna medis ini memiliki inti kisah tentang balas dendam seorang anak atas kematian ayahnya.

Adalah dokter Kang In-Gyu (Go Kyung-Pyo) yang hendak membalas dendam pada pembunuh ayahnya dan juga musuh lainnya. Drama ini juga didukung oleh beberapa aktor seperti Cho Je-Hyun, Kim Ji-Han, Jeon So-Min dan Yang Jin-Sung.

21. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “A Poem A Day” (2018)

a poem a day

Film kedokteran ini lebih memfokuskan pada kehidupan sekelompok terapis fisik, perawat, trainee dan teknisi radiologi. Adalah Ye Jae-Wook (Lee Joon-Hyuk) yang bekerja sebagai terapis fisik, pengajar dan juga sebgai pemimpin tim di rumah sakit.

Di lain pihak ada Woo Bo-Young (Lee Yoo-Bi) yang sebenarnya memiliki cita-cita menjadi seorang penyair. Hanya saja latar belakang keluarganya yang menyedihkan membuatnya ingin menjadi seorang terapis.

Kisah juga terjadi pada kehidupan trainee bernama Shin Min-Ho (jang Dong-Yoon). Sebenarnya Min-Ho sendiri tidak tertarik menjadi terapis. Namun kedua orang tunaya adalah dokter yang membuat dia harus belajar tentang terapis.

20. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Angel Eyes” (2014)

angel eyes

Park Dong-Joo (Kang Ha-Neul) adalah putra dari Yoo Jung-Hwa (Kim Yeo-Jin) yang seorang penjual bubur. Dong-Joo sering membantu ibunya mengantarkan bubur ke beberapa pelanggannya, termasuk Yoon So-Wan (Nam Ji-Hyun).

Dong-Joo menyukai Soo-Wan yang ternyata buta akibat kecelakaan. Kecelakaan tersebut menewaskan ibunya, sedangkan ayahnya seorang dokter yang jarang pulang ke rumah. Keluarga Dong-Joo sangat mencintai Soo-Wan hingga akhirnya mereka berpacaran.

Suatu ketika ibu Dong-Joo mengalami kecelakaan. Dokter yang bertugas kala itu adalah ayah Soo-Wan. Ibu Dong-Joo berpesan jika ia meninggal nanti maka ia akan mendonorkan matanya pada Soo-Wan.

Ayah Soo-Wan ragu, ia harus menyelamatkan ibu Dong-Joo tapi ia juga ingin melihat anaknya bisa melihat. Ayah Soo-Wan pun mencabut masker ibu Dong-Joo dan ia kemudian meninggal.

Soo-Wan pun mendapatkan donor. Namun sebelum ia bisa melihat Dong-Joo, Dong-Joo telah pergi ke Amerika untuk penyembuhan adiknya. Beberapa tahun kemudian ia kembali dengan identitas baru bernama Dylan Park.

19. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Emergency Couple” (2014)

emergency couple

Oh Jin-Hee (Song Ji-Hyo) dan Oh Chang-Min (Choi Jin-Hyuk) adalah mantan sepasang suami istri yang bercerai akibat masalah ekonomi dan ibu Chang-Min yang terlalu ikut campur.

6 tahun kemudian mereka dipertemukan kembali ketika magang menjadi dokter di bagian unit gawat darurat. Mereka dibimbing oleh senior yang bernama Gook Chun-Soo (Lee Pil-Mo). Jin-Hee dekat dengan Chun-Soo.

Chang-Min yang mengetahui hal tersebut menyadari bahwa selama ini ia masih mencintai Jin-Hee walaupun sering bertengkar. Apalagi ditambah Jin-Hee yang menyelamatkan hidup Chang-Min hingga dia selamat.

Bagaimana kisah Jin-Hee dan Changmin selanjutnya? Apakah Chang-Min bisa meluluhkan hati ibunya untuk menerima Jin-Hee kembali?

18. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “D-day” (2016)

d day

Menceritakan tentang Lee Hae-Song (Kim Young-Kwang) seorang dokter ahli bedah yang sangat handal namun seringkali melanggar peraturan rumah sakit.

Pihak rumah sakit yang khawatir namanya tercoreng melakukan segala usaha untuk mengusir Hae-Song. Namun bencana besar tiba-tiba terjadi. Seoul dilanda gempa besar mengakibatkan banyak korban yang harus dilarikan ke rumah sakit Hae-Song.

Rumah sakit Hae-Song sebenarnya adalah rumah sakit khusus kanker, namun karena banyaknya korban yang berjatuhan maka Hae-Song dan kawan-kawannya harus bekerja keras untuk menolong para korban.

Hae-Song dibantu oleh Jung Dol-Mi (Jung So-Min) yang juga seorang dokter namun berasal dari Busan. Dol-Mi terjebak dalam gempa di Seoul dan menyelamatkan pasien dengan peralatan rumah sakit yang seadanya.

17. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Yong Pal” (2015)

yongpal

Drama medis ini menceritakan tentang Kim Tae-Hyun (Joo Won), seorang dokter ahli bedah yang membutuhkan banyak uang untuk biaya pengobatan cuci darah adiknya.

Alhasil ia selalu menarget pasien kayanya secara sembunyi-sembunyi untuk mendapatkan uang, entah pasiennya orang baik atau orang jahat.

Selain itu Tae-Hyun juga menjadi dokter panggilan untuk  mengobati pasien mafia yang terlibat tawuran sehingga mereka tidak perlu pergi ke rumah sakit. Alasan inilah yang membuat Te-Hyun mendapat julukan Yong Pal atau dokter sakti.

Kisah pun bergulir hingga Yong Pal naik jabatan dan mengenal Han Yeo-Jin (Kim Tae-Hee), seorang pasien koma selama 3 tahun yang juga anak dari Direktur rumah sakit Hanshin tempat Yong Pal bekerja.

16. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Doctor Stranger” (2014)

doctor stranger

Park Hoon (Lee Jong-Suk) dan ayahnya Park Cheol (Kim Sang-Joong) ternyata mengalami penipuan dan dikirim ke Korea Utara.

Di Negara tersebut Park-Hoon akhirnya dilatih menjadi dokter oleh ayahnya sendiri dan berhasil menjadi ahli bedah toraks yang jenius. Suatu ketika Park-Hoon dan ayahnya melarikan diri ke Korea Selatan.

Hanya saja Park-Hoon tidak berhasil mengajak gadi yang disukainya, Song Jae-Hee (Jin Se-Yeon). Di Korea Selatan, Park-Hoon bekerja di Myunwoo University Hospital. Hanya saja dia dikucilkan oleh rekannya.

Di sinilah dia bertemu dokter Han Seung-Hee yang mirip dengan Jae-Hee. Siapakah sebenarnya Han Seung-Hee?

15. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Life” (2018)

life

Berlatar belakang di Rumah Sakit Universitas Sangkook, Life menceritakan tentang dr. Ye Jin-Woo (Lee Dong-Wook) yang bertugas di IGD.

Jin-Woo adalah pria yang pendiam namun penuh dengan kharisma. Jin-Woo juga dikenal dekat dengan direktur rumah sakit bernama dr. Lee Bo-Hoon. Hubungan mereka seperti hubungan ayah dan anak.

Namun dr. Lee Bo-Hoon kemudian ditemukan meninggal jatuh dari atap sebuah gedung apartemen milik wakil direktur rumah sakit bernama dr. Kim Tae-Sung (Moon Seung-Kun).

Bertepatan dengan meninggalnya direktur, Sangkook hospital kemudaian diakuisisi oleh Hwajeong Group dengan direktur barunya bernama Goo Seung-Hyo (Cho Seung-Woo). Konflik yang sebenarnyapun dimulai.

14. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Quiz of God” (2010)

quiz of god

Quiz of God menceritakan tentang dokter Han Jin-Woo (Ryu Duk-Hwan), seorang ahli bedah yang sangat handal. Ia terpaksa dipindahkan ke Divisi Forensik Unit Kematian Karena Penyakit Langka dan memiliki hak investigasi mandiri.

Jin-Woo adalah dokter yang sangat menyebalkan, sombong dan sok tau. Hal ini membuat rekan kerjanya sedikit malas jika bertemu dengan dokter Han. Seiring berjalannya waktu, para rekan kerjapun mengetahui sifat asli dokter Han yang sangat bersahabat.

Selain itu, dokter Han juga bekerja sama dengan seorang detektif bernama Kang Kyung-Hee (Yeon Joo-Hee). Detektif Kyung-Hee adalah detektif yang bertugas di Unit Kematian Karena Penyakit Langka atau Kematian Misterius.

Kyung-Hee sangat tidak menyukai dokter Han karena kebiasaannya yang sangat mengganggu penyelidikan. Namun semuanya berubah ketika mereka berduabekerja sama menyelidiki sesuatu.

13. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “The Doctors” (2016)

the doctors

Menceritakan tentang Yoo Hye-Jung (Park Shin-Hye), dokter ahli bedah yang sangat handal. Dulu kehidupan Hye-Jung sangat sulit membuat ia tidak gampang percaya dengan siapapun.

Motivasinya menjadi dokter adalah ketika neneknya meninggal karena ulah dokter yang sembrono. Selain itu, Hye-Jung juga termotivasi karena gurunya yang bernama Hong Ji-Hong (Kim Rae-Won).

Hong Ji-Hong adalah dokter bedah yang mengajar biologi di sekolah Hye-Jung. Hal ini terjadi karena sebuah kecelakaan medis ketika ia bekerja sebagai ahli bedah. Ji-Hong memutuskan untuk mundur.

13 tahun kemudian Hye-Jung dan Ji-Hong dipertemukan kembali sebagai dokter. Ji-Hong baru menyadari bahwa selama ini dia mencintai Hye-Jung.

12. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “The King’s Doctor” (2012)

the kings doctor

Disutradarai oleh Lee Byung-Hoon  dan ditulis oleh Kim Yi-Young, The King’s Doctor adalah kisah nyata pada masa dinasti Joseon.

Baek Gwang-Hyun (Cho Seung-Woo) adalah seorang dokter atau tabib hewan. Gwang-Hyun adalah rakyat biasa yang diangkat menjadi pejabat dan bertugas di istana. Gwang-Hyun sangat handal dalam mengobati kuda.

Baek Gwang-Hyun adalah dokter hewan pertama dan ahli bedah pada masa itu. Namun hidup Gwang-Hyun tidaklah mudah, ia harus melewati berbagai macam masalah dan konflik.

11. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Golden Time” (2012)

golden time

Golden time dapat diartikan sebagai waktu yang terbaik ketika menangani pasien gawat darurat. Kang Jae-In (Hwang Jung-Eum) adalah seorang dokter lulusan universitas di Seoul.

Dia adalah cucu dari pemilik Universitas Kedokteran dan 5 rumah sakit, termasuk rumah sakit Sejong. Jae-In kemudian memutuskan untuk magang di rumah sakit Sejong. Ia juga menyembunyikan identitasnya sebagai pewaris rumah sakit tersebut.

Jae-In hanya peduli dengan Bang Sun-Woo (Song Yoon-Ha) kekasihnya yang bekerja di sekitar rumah sakit Sejong. Lee Min-Woo ( Lee Sun-Kyun) adalah dokter yang bekerja paruh waktu di pengobatan oriental.

Karena sebuah kisah, Min-Woo pun memutuskan untuk menjadi intern di rumah sakit Sejong. In-Jae dan Min-Woo pun bersama menjadi intern. Min-Woo yang ahli teori dan Jae-In yang cekatan membuat mereka sering dipasangkan untuk menangani pasien.

10. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Brain” (2011)

brain

Lee Kang-Hoon (Shin Ha-Kyun) adalah dokter ahli bedah saraf dan otak yang sangat handal. Ambisinya adalah menjadi dokter ahli nomor satu di Korea dan dapat menduduki posisi direktur di rumah sakit tempatnya bekerja.

Sikap Kang-Hoon yang sangat arogan dan dingin membuat dia tidak disukai oleh rekan kerjanya dan juga Kim Sang-Chul (Jung Jin-Young), direktur rumah sakit. Menurut Sang-Chul , Kang-Hoon adalah orang yang sangat tidak ramah pada pasien.

Hal tersebut membuat Sang-Chul dan Kang-Hoon saling tidak meyukai. Yoon Ji-Hye (Choi Jung-Woon) adalah dokter magang di tempat Kang-Hoon. Ji-Hye dekat dengan Sang-Chul seperti ayah dan anak. Hal ini membuat Kang-Hoon selalu memarahi Ji-Hye.

Seo Joon-Suk (Jo Gong-Hyuk) adalah dokter yang juga bekerja di rumah sakit tersebut. Joon-Suk menyukai Ji-Hye. Namun Ji-Hye lebih tertarik pada pria yang selalu memarahinya.

9. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Beautiful Mind” (2016)

beutiful mind

Menceritakan tentang Lee Young-Oh (Jang-Hyuk), seorang dokter ahli bedah handal yang bekerja di Rumah Sakit Hyunsung.

Young-Oh adalah anak angkat dari Lee Gun-Myung (Heo Joon-Ho), seorang kepala pusat cardio cerebrovascular di Hyunsung hospital. Yong-Oh memiiki tunangan yang bernama Kim Min-Jae (Park Se-Yong) yang juga menjadi dokter di Hyunsung hospital.

Namun Young-Oh memiliki sebuah rahasia yang hanya diketahui Gun-Myung. Young-Oh mengalami penyakit kejiwaan anti-social disoreder yang membuatnya tidak mengerti perasaan orang lain.

Suaru ketika ada kasus pembunuhan yang ditutup dengan kasus tabrak lari. Kejadian tersebut menghubungkan Young-Oh dengan Gye Jin-Sung (Park So-Dam) seorang polisi lalu lintas.

Lalu orang-orang yang menyelidiki kasus ini pun satu persatu meninggal. Termasuk direktur rumah sakit Hyunsung.

8. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Faith” (2012)

faith 1

Disutradarai oleh Kim Jong-Hak dan ditulis oleh Song ji-Na, Faith adalah drama bertemakan dokter yang terdiri dari 24 episode. Choi-Young (Lee Min-Ho) adalah seorang kstaria yang hidup pada masa dinasti Goryeo.

Choi-Young melakukan perjalanan yang membawanya ke masa depan. Di masa depan Choi-Yeong bertemu dengan wanita bernama Yoo Eun-Soo (Kim Hae-Soon).

Yoo Eun-Soo adalah seorang dokter ahli. Eun-Soo akhirnya mengikuti Choi-Yeong ke masa lampau untuk menyembuhkan Ratu yang sedang sakit karena tabib pada masa itu tidak bisa menyembuhkan Ratu.

Eun-Soo pun menjadi tabib di kerajaan dan menunggu waktu untuk kembali ke kehidupannya di masa sekarang.

7. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Romantic Doctor, Teacher Kim” (2016)

romantic doctor teacher kim

Menceritakan tentang tiga dokter, Han Suk-Kyu (Master Kim), Yoo Yeon-Seok (Kang Dong-Joo) dan Seo Hyun-Jin (Yoon Seo-Jung), yang berasal dari latar belakang berbeda.

14 tahun lalu sebelum Dong-Joo menjadi dokter dia pernah marah di sebuah rumah sakit karena ayahnya yang terkena penyakit jantung tidak segera ditangani. Alasan tersebut juga melatar belakangi Dong-Joon untuk menjadi dokter.

Ketika Dong-Joon bekerja di sebuah rumah sakit besar, sebuah kejadian terjadi dan Dong-Joon dijadikan kambing hitam. Oleh sebab itu ia dipindah ke rumah sakit di pedesaan.

Yeon Seo-Jung adalah senior dari Dong-Joo. Sebuah kecelakaan menewaskan tunangannya, Seo-Jung kemudian menghilang.

Master Kim adalah dokter handal yang bekerja di rumah sakit pedesaan tempat Dong-Joo dipindahkan. Dia adalah dokter yang asangat handal. Master Kim juga membujuk Seo-Jung untuk bekerja di rumah sakitnya.

6. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Live Up to your Name” (2017)

live up to your name

 

Heo-Im (Kim Nam-Gil) adalah seorang tabib terkenal pada masa dinasti Joseon. Pada pagi hari dia memberikan pengobatan pada kasta biasa dan pada malam hari dia bekerja di istana.

Suatu hari ia ditugaskan untuk mengakupuntur Raja, namun ia gagal dan akibatnya dia dipanah dua kali. Panah tersebut tidak membunuh Heo-Im. Heo-Im malah datang ke zaman sekarang.

Choi Yeon-Kyung (Kim A-Joong) adalah seorang dokter yang sedang mencari pasiennya di kelab malam. Namun ia malah bertemu dengan Heo-Im. Kakek Yeon-Kyung (Yun Ju-Sang) membuka sebuah klinik pengobatan tradisional.

Heo-Im yang membela kakek Yeon-Kyung atas kasus penipuan tanaman obat pun mempersilahkan Heo-Im untuk tinggal di rumahnya dan membantunya menjalankan klinik pengobatan tradisional.

Bagaimana kisah Heo-Im selanjutnya? Bisakah dia kembali ke masa lalu?

5. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Good Doctor” (2013)

good doctor

Menceritakan tentang dokter autis bernama Park Shi-On (Joo-Won) yang sangat jenius dan memiliki keterampilan handal. Shi-On memilih menjadi dokter bedah anak. Ia pun diberikan masa percobaan selama 6 bulan oleh pihak rumah sakit.

Karena memiliki kondisi mental dan emosi yang tidak stabil, Shi-On kerap berkonflik dengan rekan kerjanya, terutama dengan Kim Do-Han (Joo Sang-Wook) yang selalu mengkritik apapun yang dilakukan oleh Shi-On.

Namun Shi-On juga memiliki parter yang sangat baik dan memahami kondisi Shi-On. Mereka adalah Cha Yeon-Soo (Moon Chae-Woon) dan Han Ji-Wook (Kim Young-Kwang). Mereka pun kerap mengatasi masalah bersama.

4. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Kill Me, Heal Me” (2015)

kill me heal me

Kill Me Heal Me menceritakan tentang Cha Do-Hyun (Ji-Sung) seorang cucu dari pemilik perusahaan besar. Do-Hyun yang tampak sempurna tersebut sebenarnya memiliki penyakit yang disebut Dissociative Identitiy Disorder.

Do-Hyun yang selama ini tinggal di Amerika karena penyakitnyapun pidah ke Korea Selatan dan menjadi wakil direktur Cha Ki-Joon (Oh Min-Seok), sepupunya yang sangat ambisius.

Do-Hyun pun diam-diam mencari psikiater dan bertemu dengan dookter Oh Ri-Jin (Hwang Jung-Eum). Ri-Jin adalah dokter yang kikuk dan mudah marah namun selalu memberikan yang terbaik untuk pasiennya.

3. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Descendants of The Sun” (2016)

descendant of the sun

Yoo Si-Jin (Song Joong-Ki) adalah seorang tentara yang memimpin kelompok khsusus dan terdiri dari 5 orang. Suatu ketika dia bertemu dengan dokter Kang Mo-Yeon (Song Hye-Kyo) ketika dia membawa pelaku pencuri motor ke rumah sakit.

Semenjak itu Si-Jin dan Mo-Yeon menjadi dekat. Namun karena perbedaan latar belakang, Mo-yeon pun memutuskan Si-Jin. Mo-Yeon yang berurusan dengan Direktur rumah sakit harus mau dipindah ke Urk.

Ternyata Mo-yeon bertemu lagi dengan Si-Jin di Urk. Suatu ketika Urk dilanda bencana, sebagai tentara dan dokter mereka bekerja sama menyelamatkan korban. Rasa cinta pun tumbuh kembali diantara mereka berdua.

2. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “It’s Okay, That’s Love” (2014)

its okay thats love

Dokter Hae-Soo (Gong Hyo-Jin) adalah seorang psikiater yang memiliki kepribadian rumit. Karena sebuah talkshow, dia kemudian bertemu dengan Jang Jae-Yeol (Jo In-Sung) seorang penulis yang sangat terkenal.

Perkenalan mereka pada awalnya tidak berjalan dengan baik. Mereka sering sekali bertengkar dan berbeda pendapat. Namun seiring berjalannya waktu, Hae-Soo yang keras pun mulai terbuka dengan Jae-Yeol dan mulai menjalin kisah.

Jae-Yeol juga memiliki seorang penggemar bernama Kang-Woo (D.O EXO) yang selalu mengikuti kemanapun Jae-Yeol pergi. Namun, ada sesuatu dibalik masa lalu Jae-Yeol dan Kang-Woo. Hal tersebut membuat Jae-Yeol harus berpisah dengan Hae-Soo.

1. Drama Korea Bertema Dokter/Suster “Jewel in The Palace” (2003)

jewel in the palace

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang wanita bernama Dae Jang-Geum (Lee Young-Ae) yang merupakan dokter wanita pertama yang memiliki jabatan di istana.

Jang-Geum adalah anak seorang dayang yang orang tuanya harus mempertahankan hidup dengan keras akibat sebuah konflik di istana. Jang-Geum yang sering didiskriminasi oleh teman-temannya tumbuh menjadi wanita yang kuat dan sangat pintar.

Karena sebuah konflik yang direkayasa oleh Choi Geum-Yong (Hong Ri-Na)dan bibinya, Jang-Geum terpaksa keluar dari Istana. Namun dari situlah Jang-Geum belajar banyak dan menjadi dokter wanita yang sangat handal.

Itulah tadi daftar drama Korea tentang dunia medis terbaik yang pastinya juga layak tonton. Selain menyuguhkan kisah yang apik dan visual aktor yang cantik atau ganteng, drama dunia medis juga dapat menambah wawasan lho.

Yuk tunggu apa lagi? Segera streaming drama Korea medis yang jadi pilihan para sobat film semua!

Share This Post
Kategori:
Korea

Comments are closed.