Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

5+ Cara Membuat Grup Di WhatsApp

Mau tahu cara membuat grup WhatsApp? Tapi kadang banyak yang kebingungan memilih nama grup, foto profil grup yang bagus.

Dan yang sulit lagi sepertinya menjaga keutuhan grup, diskusi pesan yang selalu membawa nilai positif dan tentunya ada rasa percaya diantara komunitas member.

Dalam sebuah grup sebuah informasi yang dilontarkan akan dikirim secara broadcast ke semua anggota dan bisa diterima dalam waktu yang hampir bersamaan.

Membuat satu, dua atau lebih grup dalam aplikasi WhatsApp di satu HP sangatlah mudah bahkan bagi orang awam sekalipun.

Materi Artikel Cara Membuat Grup Di WhatsApp Yang Akan Dibahas

Seperti yang admin tulis diatas, bahwasannya membuat grup WA tidaklah terlalu sulit bahkan cukup mudah dengan hanya 30 detik saja.

Berikut ini adalah poin-poin yang akan kita bahas dalam artikel ini:

  1. Apa Itu Grup WhatsApp
  2. Langkah-Langkah Cara Membuat Grup Di WhatsApp
  3. Konsep Membuat Grup WhatsApp Yang Kompak & Solid
  4. Cara Mengganti Nama Dan Foto Profil Grup WhatsApp
  5. Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp
  6. Cara Menambah Admin Grup WhatsApp
  7. Cara Sembunyikan Grup WhatsApp Dari Daftar Chat

Apa Itu Grup WhatsApp ?

Grup WhatsApp adalah kumpulan dari beberapa atau banyak orang yang berada dalam sebuah komunitas dan mempunyai visi misi yang sama (by admin).

Sebuah grup WhatsApp yang matang wajib memiliki sebuah visi, misi dan cara berpikir yang sama dan selaras, grup yang sukses ketika didalamnya selalu memunculkan sisi positif, motivasi dan info valid yang berkualitas bahkan diskusi panjang yang ada didalam grup WA tersebut.

Karena jika ada cara pandang berbeda antar anggota grup WhatsApp alih-alih untuk menambah anggota baru atau admin baru akan sia-sia apabila internal dalam grup masih belum solid dan kompak.

Yang pada akhirnya jika seperti ini akan ada anggota yang dikeluarkan bahkan admin pun dapat diblokir dan dikeluarkan dari grup.

Seperti pada tutorial ini Cara blokir Admin dan Grup WhatsApp jika grup yang sobat buat tidak adil dan membuat resah, malah anggota yang akan blokir sobat dan grup yang sobat buat.

Atau mereka akan keluar dari Grup WhatsApp kalian secara diam-diam.

Cara Membuat, Mengganti Nama / Foto & Menyembunyikan Grup Di WhatsApp (WA)

Dalam membuat Grup WA ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar keutuhan grup bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Ketika ide membuat grup tercetuskan, dengan visi dan misi yang sama maka tujuan dari sebuah grup akan tercapai dan berkembang.

Pada prakteknya jika sobat adalah seorang admin yang ingin membuat grup, maka akan dihadapkan pada kerumunan orang banyak.

Walaupun dalam satu grup biasanya terdiri lebih dari satu admin, mengurus anggota, menjaga diskusi agar terkontrol dan memfilter pesan, foto dan video adalah bagian dari komunitas sehari-hari.

Cara Membuat Grup Di WhatsApp

Untuk menambah anggota grup pun perlu diseleksi, begitupun saat menambah admin grup yang baru.

Biasanya kontrol terhadap diskusi cukup riskan terutama jika berbeda tujuan, maka pastikan semua memiliki tujuan yang sama.

Supaya nanti tidak ada yang dikeluarkan dari grup baik anggota member atau bahkan admin grup.

Untuk cara membuat grup di WhatsApp (WA) yang simple dan mudah, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi WA dan pilih icon Titik tiga di pojok kanan atas.

Cara Membuat Grup WhatsApp 1

2. Pilih opsi New Group.Cara Membuat Grup WhatsApp 2

3. Setelah “New Group” di pilih maka kamu akan dihadapkan pada antarmuka untuk menentukan anggota grup yang akan di buat.

Pilih beberapa anggota grup.Cara Membuat Grup WhatsApp 3

Pada kondisi ini kamu dihadapkan dua pilihan untuk mencari anggota yang akan di masukan ke dalam grup:

  • Sobat bisa melakukan scroll kebawah untuk mencari satu persatu calon anggota yang ada di kontak WA atau HP / Email.
  • Atau dengan langsung kamu pilih gambar icon search / pencarian dan tinggal kamu ketikan saja nama anggota yang dimaksud.

Jika calon anggota yang dicari sudah kamu dapati tinggal dipilih saja anggota tersebut dan otomatis akan ditampilkan pada bagian atas yang berarti orang tersebut sudah dimasukan ke dalam grup.

4. Setelah memilih beberapa anggota grup maka lanjut pilih icon Next yang berwarna hijau.

Cara Membuat Grup WhatsApp 4

Pada bagian atas yang admin berikan kotak merah adalah orang-orang yang sudah admin pilih sebagai anggota dari grup yang akan admin buat.

Pada langkah ini penting untuk tidak mengangkat admin WA secara sembarangan, karena kamu akan ribet sendiri pada akhirnya.

Jadi usahakan cukup satu admin grup saja pada awal pembentukan.

Noted: Jika dirasa pada waktunya kalian sudah tidak bisa menghandle semua sendiri, baru pada tahap ini kalian bisa menambahkan admin baru, cara ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dimasa yang akan datang.

Apabila sudah terlanjur maka bisa gunakan tutorial Mengeluarkan Admin Grup WhatsApp.

Sampai tahap ini kamu bisa pilih gambar yang di berikan kotak biru untuk lanjut ke tahap berikutnya.

5. Dalam tahap ini kita akan menentukan nama grup dan gambar grup.

Cara Membuat Grup WhatsApp 5

  • Sobat akan diminta untuk menentukan nama grup dan disini admin beri nama “Pemadam Flash”.
  • Sobat diminta untuk menentukan gambar dari grup, biasanya untuk gambar ini merupakan latar belakang dari nama grup tapi bisa juga berlawanan dari nama grup. Untuk bentuknya sendiri bebas dan tidak ada ketentuanya dari WA.

Nanti akan admin update, kumpulan nama-nama grup yang keren, lucu, nyeleneh haha.. kalo inget ya 😀

6. Ketika langkah kedua kamu pilih maka kamu akan dihadapkan dengan tiga pilihan.

Lihat gambar di bawah:Cara Membuat Grup WhatsApp 6

  • Pertama kamu bisa menggunakan gambar yang sudah dibuat dan tersimpan dalam Gallery.
  • Kedua kamu bisa menggunakan Camera untuk mengambil objek gambar yang sesuai dengan nama grup kamu.
  • Ketiga kamu bisa mengambil gambar melalu Search Web, pastikan koneksi internet lancar jika kamu memilih langkah ini.

7. Jika langkah di atas telah kamu lakukan maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini lalu pilih icon Centang.

Cara Membuat Grup WhatsApp 7

Gambar untuk grup sudah ada, nama grup juga sudah dibuat dan anggota grup juga sudah ada.

8. Berarti sudah lengkap dan selanjutnya kamu pilih gambar yang admin beri kotak merah untuk lanjut kelangkah selanjutnya.

Cara Membuat Grup WhatsApp 8

9. Finish, pembuatan grup whatsapp sudah selesei.

Pada kotak merah ada keterangan You create group “Pemadam Flash” artinya kamu telah berhasil membuat grup yang bernama pemadam flash.

Kondisi diatas juga di artikan bahwa kamu adalah admin pertama dari grup tersebut karena pada dasarnya kamu yang membuatnya.

Ketika grup telah selesei dibuat maka orang-orang yang kamu pilih menjadi anggota grup akan mendapatkan konfirmasi bahwa dia dimasukan kedalam sebuah grup.

Jika seandainya sobat ingin mengunci grup WA dan membuatnya secara private, sayangnya cara ini tidak ada.

Tapi untuk menyembunyikan grup WA ada, jika kalian ingin buat private grup bisa install Aplikasi Messenger Telegram.

[BACA: Cara Sadap WA]

Diawal berdirinya sebuah grup sebaiknya kamu membuat beberapa ketentuan yang bisa dibahas dan tidak boleh di bahas.

Hal ini dimaksudkan agar grup bisa berjalan sesuai visi misi awal grup di buat dan ketentuan tersebut harus di patuhi oleh semua anggota grup termasuk admin.

Jadi disini kami juga akan share konsep dan landasan berpikir ketika kalian ingin membuat sebuah grup WA agar tetap solid dan tidak ada niatan untuk Menghapus Grup WA tersebut.

Konsep Umum Membuat Grup WhatsApp Supaya Awet (Rukun, Tahan lama)

Jadi sebelum kalian ‘Create’ grup WA baru, mari perhatikan beberapa hal yang keliatan sepele namun bisa jadi pondasi dasar yang kuat untuk konsep perkemabangan grup kalian.

  1. Paling sedikit terdiri dari dua orang yaitu satu orang sebagai admin dan satu orang lagi sebagai anggota grup.
  2. Ada sebuah tujuan pasti kenapa sebuah grup dibuat agar kedepanya tidak disalahkan fungsinya.
  3. Terdapat sebuah logo/gambar yang difungsikan sebagai identitas dari grup yang dibuat.
  4. Pastikan dalam sebuah grup hanya berisikan anggota yang memang sejalan dengan visi misi grup tersebut dibuat.
  5. Buatlah peraturan sederhana agar anggota didalam grup mengetahui batasan-batasan yang harus dipatuhi.

Jika pada akhirnya sebuah grup WA sudah tidak kondusif dan tidak sejalan dengan konsep awal kalian bisa dengan mudah menghapus grup WA tersebut.

Akan kami jelaskan secara rinci setelah kalian selesai membuat grup WhatsApp apa saja dan bisanya yang orang-orang lakukan untuk mempertahankan grup WA nya dan membuatnya semakin solid.

Beberapa orang akan bingung setelah membuat grup lalu banyak pertanyaan lagi:

  • Bagaimana cara mengganti nama grup,
  • Bagaimana cara ganti profil foto,
  • Bagaimana cara menambah anggota,
  • Cara menambah admin grup, dan
  • Cara menyembunyikan grup WA di daftar chat sobat.

Semua akan admin jabarkan secara mendalam, maka perhatikam setiap langkah-langkahnya.

Cara Mengganti Nama & Foto Profil Grup WhatsApp

Jika sobat merupakan seorang Admin grup, maka ada sebuah kewajiban dasar yang perlu sobat lakukan yaitu menjaga Grup WhatsApp untuk selalu komunikatif dan membahas bahasan yang sesuai dengan Grup itu di buat.

Salah satunya adalah dengan merubah nama dan mengganti profil grup agar selalu terlihat menarik.

Dengan daya tarik yang bagus maka diharapkan semua anggota grup aktif dan saling memberi info, pendapat atau bisa membantu menyelesaikan masalah.

Untuk cara merubah nama dan foto profil grup WhatsApp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu masuk ke dalam Grup dimana sobat telah menjadi Admin.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 1

2. Selanjutnya pilih opsi Titik Tiga dipojok kanan atas.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 2

3. Pilih opsi Info Grup.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 3

4. Pertama kita ganti dulu Nama Grup dengan pilih opsi icon gambar Pulpen.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 4

5. Ketikan nama Grup yang baru lalu lanjut pilih opsi OKE.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 5

6. Setelah Nama Grup berhasil di ubah, sekarang saatnya mengganti Foto Profil Grup.

Silahkan sobat pilih Gambar Foto Profil Grup pada posisi mana pun, Admin mencontohkan memilih pada bagian tengah Foto Profil.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 6

7. Langkah selanjutnya pilih opsi icon gambar Pulpen di pojok kanan atas.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 7

8. Pilih opsi Icon Galery. Biasanya semua gambar di simpan pada Galery.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 8

9. Pilih Gambar yang sudah di siapkan sebelumnya.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 9

10. Pilih sekali lagi Gambar Foto Profil yang baru.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 10

11. Sesuaikan ukuran Gambar Foto Profil, jika sudah pilih opsi SELESAI.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 11

12. Berikut ini panampakan dari hasil perubahan Nama Grup dan Foto Profil yang baru.

Cara Mengganti Nama Foto Profil Grup WhatsApp 12

Bagaimana sobat, mudah sekali bukan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Siapkan saja terlebih dahulu gambar pengganti untuk Foto Profil yang lama lalu simpan di Galery.

Saran Admin untuk ukuranya jangan terlalu besar agar tidak banyak bagian yang harus di crop saat menyematkan Foto Profil yang baru.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp

Beberapa perubahan dapat kamu lakukan pada grup yang sudah dibuat.

Jika kalian sudah percaya dengan beberapa anggota lain, kalian juga bisa memberi mereka link khusus agar member tersebut bisa invite anggota baru.

Cara itu bisa dilihat pada artikel ini Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp Walau Bukan Admin.

Untuk cara menambah anggota Grup WhatsApp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu masuk ke Grup WhatsApp yang sobat miliki.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 1 1

2. Pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas.Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 2 1

3. Pilih opsi Info Grup.Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 3 1

4. Lakukan scroll kebawah lalu sobat pilih opsi Tambah peserta.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 4 1

5. Pilih satu atau beberapa peserta sekaligus juga bisa di lakukan.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 5 1

6. Selanjutnya pilih opsi icon tanda Centang di pojok kanan bawah.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 6 1

7. Nah berikut ini penampakan dari ditambahnya anggota grup.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 7 1

Sebelumnya anggota grup hanya berisikan tiga orang anggota saja dan sekarang sudah menjadi empat anggota.

Bagaimana sobat sangat mudah bukan cara menambah anggota baru grup WhatsApp.

Untuk sekarang ini jumlah anggota grup WhatsApp sudah tidak seperti waktu pertama kali hanya bisa maksimal puluhan anggota saja.

Karena penggunanya yang semakin banyak maka pihak WhatsApp telah mengembangkan sistem aplikasinya sehingga saat ini anggota grup WhatsApp bisa di atas 200 orang.

Sudah tidak akan seperti apa ramainya jika anggota grup bisa sebanyak itu, mungkin waktu kita hanya akan habis membaca informasi dan percakapan di grup WhatsApp.

Cara Menambah Admin Grup WhatsApp

Jumlah pengguna teknologi terus meningkat terutama pengguna hp sudah tidak lagi melihat batasan usia yang pada akhirnya juga membuat pengguna aplikasi WhatsApp meningkat tajam bersamaan dengan aplikasi lainya.

Pada akhirnya jumlah grup dan anggota grup WhatsApp juga ikut bertambah seiring waktu.

Dengan kondisi tersebut bisa di pastikan akan menjadi masalah di masa akan datang jika tidak di barengi dengan di tambahnya jumlah Admin grup.

Untuk cara mudah untuk menambah Admin grup WhatsApp, cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp milik sobat lalu masuk ke Grup yang sobat miliki.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 1

2. Selanjutnya pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 2

3. Pilih opsi Info Grup.Cara Menambah Admin Grup WhatsApp 3 kosong

4. Lakukan scroll ke bawah lalu pilih opsi Setelan grup.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 3

5. Setelah sobat masuk ke setelan grup, lanjut memilih opsi Edit admin grup.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 4

6. Pilih salah satu anggota grup yang akan di angkat menjadi seorang Admin grup.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 5

7. Selanjutnya pilih opsi Tanda Centang di pojok kanan bawah.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 6

8. Berikut ini penampakan dari anggota Grup bernama Zahfran yang telah diangkat menjadi Admin Grup.

Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp 7

Admin dalam grup WhatsApp jumlahnya bisa lebih dari tiga orang, semakin besar grup maka perlu penanganan khusus bukan.

Apalagi setiap kita memiliki kesibukan sendiri-sendiri jadi jika Admin grup sedang sibuk masih ada Admin grup lainya

Bahkan mungkin bisa di buat jadwal Admin grup A bertugas pada hari senin dan selasa, Admin grup atas nama B bertugas pada haru rabu dan jumat.

Silahkan sobat diskusikan dengan sesama Admin Grup.

Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp

Apakah ada satu atau dua buah grup yang sangat penting dan saking sangat pentingnya sampai-sampai sobat harus merahasiakanya.

Ada sebuah cara untuk menyembunyikan itu semua yaitu dengan meng Hide grup WhatsApp sobat.

Dengan cara seperti ini setidaknya kerahasiaan sobat bisa jauh lebih terjaga.

Untuk cara menyembunyikan grup WhatsApp , cobalah beberapa langkah berikut ini:

1. Jalankan aplikasi WhatsApp.Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp 1

2. Pilih dan tahan beberapa saat pada grup WhatsApp yang akan di sembunyikan hingga muncul menu baru di bagian atas WhatsApp.

Selanjutnya sobat pilih Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp 2

3. Pilih opsi Hide.Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp 3

4. Buat kode Pattern sebagai kunci akses untuk membuka grup WhatsApp yang di sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp 4

5. Berikut ini penampakan grup WhatsApp yang telah berhasil di sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Grup WhatsApp 5

Ada juga hal penting yang perlu sobat perhatikan jika memiliki grup yang memang sifatnya rahasia.

Yaitu dengan mengubah Nama dan Foto Profil grup yang dibuat untuk mengelabui jika mungkin suatu saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Ubah juga secara berkala password pada grup WhatsApp yang sobat miliki dan buat dengan memiliki tingkat kerumitan yang tinggi agar tidak mudah di bobol.

Itulah tadi beberapa cara membuat grup di WhatsApp dan beberapa cara tambahan lain yang mendukung.

Bagikan pengalaman kamu saat membuat grup WhatsApp di kolom komentar di bawah.

Semoga artikel Cara Membuat Grup Di WhatsApp ini dapat membantu sobat.

Silahkan juga share artikel ini ke media sosial yang kalian punya. Semoga berhasil!

Share This Post
Kategori:
WhatsApp

Comments are closed.