insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

50+ Drama Korea Tentang Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa

Admin sendiri salah satu penikmat Film genre Kolosal tentang kerajaan masa lampau, Tabib, Selir, Menteri di Kerajaan dan Panglima Perang, sangat cocok dengan cerita Drama Korea tentang kerajaan. Drakor Genre kerajaan juga banyak penikmatnya.

Jika diminta untuk memilih negara yang mahir dalam membuat K-Drama Kerajaan berkualitas, maka Korea Selatan sudah pasti menjadi salah satunya. Drakor tidak hanya disukai oleh warga negara tersebut. Drama Korea juga memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Selain jalan ceritanya yang menarik, aktor dan aktris yang super tampat dan cantik juga menjadi daya tarik Drama Korea yang ditayangkan di Televisi maupun dari situs Streaming dan juga di download dari tempat lain untuk menonton episode demi episode.

Salah satu cerita yang banyak diangkat menjadi K-Drama adalah tentang kerajaan. Korea pada zaman dahulu memang pernah berbentuk kerajaan dengan berbagai dinasti, yaitu Joseon dan Goryeo. Ada juga kerajaan terkenal, seperti Goguryeo, Silla, Baekje, dan Gaya.

Selain Drakor sendiri masih ada produk Drama lainnya, seperti Drama Japan, Drama Thailand, Drama India hingga TV series Barat, bisa benua Eropa hingga Jajaran benua Amerika.

Berbagai cerita seputar zaman kerajaan disajikan untuk menjadi hiburan bagi penikmat setia Drama Korea. Berikut ini 50 Drakor tentang kerajaan terbaik yang pernah diproduksi hingga saat ini.

50. Drama Korea Tentang Kerajaan “My Sassy Girl” (2017)

my sassy girl

Drakor ini dibuat berdasarkan film “My Sassy Girl” pada tahun 2001, tapi dibuat dalam versi kerajaan. My Sassy Girl mengisahkan tentang Kyun Woo (Joo Won), seorang sarjana yang memiliki kepribadian dingin. Ia dikenal dengan julukan “harta nasional Joseon.”

Ia kemudian bertemu dengan Hye Myung (Oh Yeon Seo), seorang sassy princess di negeri tersebut. Meskipun saling benci, mereka pun mulai saling mencintai.

49. K-Drama Tentang Kerajaan “Hwarang – The Beginning” (2016)

hwarang the beginning

Drama Korea ini mengisahkan tentang grup Hwarang yang dibentuk oleh kerajaan sebagai tentara khusus kerajaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan Pangeran Sam Maek Jong (Park Hyung Shik) bisa menjadi Raja Jinheung selanjutnya yang akan memimpin kerajaan Silla.

Beberapa putra bangsawan dan pemuda terbaik di negeri tersebut terpilih menjadi anggota Hwarang. Mereka adalah Moo Myung (Park Seo Joon), Kim Soo Ho (Choi Min Ho), Park Ban Ryu (Do Ji Han), Suk Han Sung (Kim Tae Hyung @ V), dan beberapa pemuda lainnya.

Kisah juga berputar antara Moo Myung yang mengaku sebagai kakak dari Ah Ro (Go Ah Ra) yang kemudian saling jatuh cinta. Padahal Pangeran Sam Maek Jong juga menyukai Ah Ro.

48. Drakor Tentang Kerajaan “Scholar Who Walks the Night” (2015)

scholar who walks the night

Mengambil latar di Dinasti Joseon, Drama Korea ini mengisahkan tentang putri seorang bangsawan bernama Jo Yang Sun (Lee Yoo Bi). Ia harus berdandan seperti laki-laki dan menjadi penjual buku untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang sarjana tampan dan misterius bernama Kim Sung Yeol (Lee Joon Gi). Kim Seung Yeol adalah seorang vampir yang masih trauma dengan kematian cinta pertamanya Lee Myung Hee (Kim So Eun).

Disisi lain, di kerajaan ada seorang vampir lain bernama Gwi (Lee Soo Hyuk) yang melakukan berbagai taktik jahat untuk mencegah Putra Mahkota Lee Yun (Shim Chang Min) naik tahta.

47. K-Drama Tentang Kerajaan “Live Up To Your Name, Dr. Heo” (2017)

live up to your name dr heo

Heo Im (Kim Nam Gil) merupakan dokter terkenal dalam sejarah korea yang dikenal sebagai dokter oriental terbaik dalam bidang akupuntur dan moksibusi di era Joseon. Ia melakukan perjalanan 400 tahun ke masa depan.

Di masa depan ia bertemu dengan Choi Yeon Kyung (Kim Ah Joong) seorang dokter yang hanya percaya pada pengobatan modern. Drama Korea ini mengisahkan keduanya yang berpetualang melalui waktu ke masa depan dan ke masa lalu.

Perjalanan melintasi waktu terjadi jika keduanya mengalami peristiwa yang menyebabkan ia meninggal di masanya. Semuanya dilakukan untuk mengajarkan bahwa pengobatan tradisional dan modern sama-sama bermanfaat dan dibutuhkan.

46. Drama Korea Tentang Kerajaan “Splendid Politics” (2015)

splendid politics

Drama Korea 50 episode ini mengisahkan tentang Pangeran Gwanghae (Cha Seung Won) yang merupakan seorang putra selir dan bukan pewaris utama kerajaan. Ia berusaha merebut kekuasaan hingga mengusir saudara tirinya, Putri Jungmyung (Lee Yeon Hee) dari istana.

Suatu hari, Pangeran Gwanghee digulingkan dari kekuasaannya dan digantikan oleh Raja Injo (Kim Jae Won). Pangeran Gwanghee pun melakukan berbagai cara untuk mengembalikan posisinya. Salah satunya dengan mencari tahu keberadaan Putri Jungmyung.

45. Drakor Tentang Kerajaan “The King Loves” (2017)

the king loves

The King Loves mengisahkan tentang Wang Won (Im SHi Wan) yang merupakan seorang putra mahkota di Dinasti Goryeo. Ia memiliki potensi untuk melanjutkan tahta sang ayah. Namun, darah Cina yang dimilikinya membuatnya memiliki banyak penghalang.

Wang Won memiliki sahabat bernama Wang Rin (Hong Jong Hyun) yang selalu membantu dan menjaganya. Wang Rin adalah anak bangsawan dan juga berpotensi untuk menjadi raja berikutnya.

Suatu hari, mereka bertemu dengan Eun San (Im Yoon Ah), seorang pendekar dan putri bangsawan di negeri tersebut.

Mereka bertiga menjadi teman yang akrab. Akan tetapi, ternyata ada perasaan cinta di antara ketiganya. Apakah yang akan terjadi pada persahabatan mereka dan ambisi untuk meneruskan tahta kerajaan berikutnya?

44. K-Drama Tentang Kerajaan “Saimdang, Light’s Diary” (2017)

saimdang ligths diary

Drama Korea ini berkisah tentang Seo Jin Yoon (Lee Young Ae), seorang profesor Sejarah Kesenian Korea yang menafsirkan kembali cerita dari Shin Saimdang.

Shin Saimdang yang juga diperankan oleh Lee Young Ae merupakan seorang seniman yang terkenal pada masa dinasti Joseon.

K-Drama ini mengisahkan tentang masa muda Shin Saimdang yang bertemu dengan Lee Gyum (Song Seung Hun) yang merupakan cinta pertamanya dan kemudian menjalani kehidupan cinta bersama.

43. Drama Korea Tentang Kerajaan “Rebel: Thief Who Stole the People” (2017)

rebel thief who stole the people

Tokoh yang mencuri dari orang kaya dan memberikannya kepada orang miskin merupakan cerita yang cukup terkenal. Indonesia punya sosok si Pitung dan di dunia barat ada Robin Hood yang dikenal dengan aksi demikian.

Di Korea Selatan, ada sosok bernama Hong Gil Dong yang hidup di era Joseon dan memiliki kepribadian yang sama. Rebel: Thief Who Stole the People menceritakan tentang Hong Gil Dong (Yoon Kyun Sang) yang hidup di era Raja Yeonsangun (Kim Ji Suk).

Ia mencuri berbagai benda dari orang kaya dan membagikannya kepada orang miskin. Drama Korea ini juga menceritakan perjalanan Hong Gil Dong hingga menjadi aktivis revolusioner pertama di era Joseon.

42. Drakor Tentang Kerajaan “Mirror of the Witch” (2016)

mirror of the witch

Ratu Shim (Jang Hee Jin) yang tidak bisa hamil mendatangi dukun Hong Joo (Yum Jung Ah).

Dukun Hong Joo memberikan sihir hitam yang mampu membuat Ratu Shim melahirkan bayi kembar laki-laki dan perempuan yang bernama Soon Hwae (Yeo Hoe Hyun) dan Seo Ri (Kim Sae Ron).

Akan tetapi, sihir ini ternyata membuat Seo Ri mendapatkan kutukan. Ia tidak diakui oleh Ratu Shim dan kutukan ini juga membuat Ratu Shim meninggal. Seo Ri yang terusir dari kerajaan diselamatkan oleh Poong Yeon (Kwak Shi Yang). Poong Yeon membesarkan Seo Ri.

Seo Ri kemudian tumbuh menjadi penyihir di bawah asuhan Poong Yeon dan Choi Hyun Seo (Lee Sung Jae). Seo Ri juga berusaha untuk mencabut kutukan yang ada di dalam dirinya.

Suatu hari ia bertemu dengan Heo Jun (Yoon Shi Yoon) yang merupakan tabib istana. Ia berharap tabib ini bisa membantunya menyembuhkan kutukan ini.

43. K-Drama Tentang Kerajaan “Painter of the Wind” (2008)

painter of the wind

Drama Korea 20 episode ini mengisahkan tentang Shin Yun Bok (Moon Geun Young) yang merupakan seorang pelukis berbakat. Namun, demi mencari pembunuh sang ayah, ia menyamar menjadi seorang laki-laki.

Dalam penyamarannya ini, ia bertemu dengan Kim Hong Do (Park Shin Yang), seorang pelukis ulung yang juga berbakat. Kim Hong Do membimbing Shin Yun Bok untuk menjadi pelukis hebat dan ini membuat mereka menjadi sahabat yang dekat.

40. Drakor Tentang Kerajaan “Kim Su-ro, The Iron King” (2010)

kim su ro the iron king

Geumgwan Gaya merupakan negara-kota yang berkuasa dari konfederasi Gaya. Geumgwan Gaya sudah mendominasi perdagangan laut selama Periode Tiga Kerajaan (Three Kingdoms Period). Negara-kota ini didirikan oleh Kim Soo Roo.

The Iron King mengisahkan tentang hidup Kim Soo Roo (Ji Sung) yang berhasil mendirikan dan memimpin Geumgwan Gaya. Ia digambarkan sebagai seseorang yang tempramen, karismatik, dan cerdas.

Ia juga harus menghadapi persaingan dari saudara tirinya, Ijinashi (Go Joo Won) yang menginginkan kepemimpinannya.

39. Drama Korea Tentang Kerajaan “Joseon Gunman” (2014)

joseon gunman

Drama Korea ini mengambil latar pada abad ke-19 Dinasti Joseon. Seorang pemuda bernama Park Yoon Kang (Lee Joon Gi) merupakan pendekar pedang terbaik yang hidup di Joseon kala itu.

Suatu hari, ia mendapati ayah (Choi Jae Sung) dan adik perempuannya mati terbunuh. Demi membalaskan dendam, Park Yoon Kang berhenti menjadi pendekar. Ia beralih menggunakan senapan untuk melancarkan aksinya.

Selain Lee Joon Gi, K-Drama ini juga dibintangi oleh Nam Sang Mi sebagai Jung Soo In dan Yoo Oh Sung sebagai Choi Won Shin.

38. Drama Korea Tentang Kerajaan “The Princess’s Man” (2011)

the princesss man

The Princess’ Man merupakan Drama Korea 24 episode yang menceritakan tentang kisah cinta antara Lee Se Ryung (Moon Chae Won) dengan Kim Seung Yoo (Park Shi Hoo). Mereka harus menjalani kisah cinta yang tragis seperti Romeo dan Juliet.

Lee Se Ryung merupakan putri dari Pangeran Suyang yang kemudian menjadi Raja Sejo (Kim Young Chul). Sedangkan Kim Seung Yoo adalah putra dari lawan politik Raja Sejo, yaitu Kim Jong Seo (Lee Soon Jae).

Permusuhan kedua orang tua yang sudah berlangsung lama menjadi penghalang cinta Lee Se Ryung dan Kim Seung Yoo.

37. K-Drama Tentang Kerajaan “Moonlight Drawn by Clouds “(2016)

moonlight drawn by clouds

Drama Korea 18 episode ini mengisahkan tentang Hong Ra On (Kim Yoo Jung) yang menyamar menjadi laki-laki. Ia bekerja dengan menasihati para pria tentang cinta.

Suatu hari, ia menulis surat cinta dan secara tidak sengaja bertemu dengan Lee Yeong (Park Bo Gum) yang merupakan calon Putra Mahkota Hyomyeong.

Hong Ra On tidak menyadari bahwa Lee Yeong adalah calon putra mahkota dan Lee Yeong juga tidak menyadari bahwa Hong Ra On adalah wanita. Satu hal yang pasti, Lee Yeong tertarik dengan bakat yang dimiliki Hong Ra On.

Melihat hal ini, para kasim Lee Yeong berusaha menjadikan Hong Ra On menjadi salah satu kasim yang bekerja untuk Lee Yeong.

36. Drakor Tentang Kerajaan “Shine or Go Crazy” (2015)

shine or go crazy

Drama Korea ini mengisahkan tentang Pangeran Wang So (Jang Hyuk) yang bertemu dan menikah dengan belahan jiwanya, Shin Yool (Oh Yeon So).

Wang So merupakan pangeran pewaris tahta Goryeo dari sang ayah Wang Geon atau Raja Taejo. Wang So harus diasingkan sejak kecil karena sang ayah merasa ada banyak ancaman di kerajaan.

Ketika kembali ke kerajaan, ia dijodohkan dengan Putri Seo Won (Lee Ha Nui) yang memiliki tanda lahir berbentuk bintang. Disisi lain, di kerajaan Balhae sang putri mahkota Shin Yool dibuang dari kerajaan karena Khitan yang menguasai Balhae takut pada takdir Shin Yool.

Ia ditemukan oleh seorang pengasuh dan berhasil menjadi seorang pedagang sukses yang berasal dari China. Shin Yool pun memiliki tanda lahir berbentuk bintang.

35. Drakor Tentang Kerajaan “The King’s Face” (2014)

the kings face

Drama Korea ini mengisahkan tentang jalan berliku dan penuh rintangan yang harus dilalui oleh Putra Mahkota Kwanghee untuk menjadi raja. Kwanghee (Seo In Guk) merupakan putra selir dan ditunjuk sebagai putra mahkota karena keterpaksaan.

Kwanghee sangat sering bertengkar dengan sang ayah, Raja Seonjo (Lee Sung Jae). Mereka berdua saling bertarung demi mendapatkan Kim Ga Hee (Jo Yoon Hee).

Akan tetapi, Kwanghee berhasil melalui berbagai rintangan dan menjadi raja berikutnya menggantikan sang ayah. Untuk menjadi raja, Putra Mahkota Kwanghee mendapatkan bantuan dari seorang fisiogomis bernama Kim Do Chi (Shin Sung Rok).

34. K-Drama Tentang Kerajaan “Jang Yeong Sil” (2016)

jang yeong shil

Drama 24 episode ini mengisahkan tentang penemu, teknisi, dan ilmuwan terkenal era Joseon. Ia adalah Jang Yeong Sil (Song Il Gook). Bakat yang dimilikinya menarik perhatian Raja Sejong (Kim Sang Kyung).

Jang Yeong Sil dibawa oleh raja ke kerajaan dan menjadikannya ilmuwan kerajaan. Ia diberi kesempatan untuk menunjukan kemampuannya dengan menciptakan berbagai instrumen astronomi, mesin cetak besi, dan jam air.

33. Drama Korea Tentang Kerajaan “The Merchant: Gaekju 2015” (2015)

the merchant gaekju 2015

Drama Korea ini diambil dari novel berjudul Gaekju yang dikarang Kim Joo Young. The Merchant: Gaekju 2015 mengisahkan tentang pedagang yang di akhir era Dinasti Joseon.

Ia adalah Cheon Bong Sam (Jang Hyuk). Cheon Bong Sam merupakan keturunan pedagang dan mulai menjadi pedagang sejak usia dini. Dengan bakat berdagang yang dimilikinya, ia berhasil menjadi pedagang yang kaya raya.

32. Drakor Tentang Kerajaan “The Great Seer” (2012-2013)

the great seer

Drama Korea ini mengisahkan tentang Ji Sang (Ji Sung), seorang ‘seer‘ pada era Joseon. Ia memiliki kemampuan melihat masa lalu dan masa depan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Ia hidup di era akhir Goryeo dan menjadi seorang peramal, pembaca garis wajah, dan pekerjaan sejenis lainnya.

Suatu hari, ia memiliki kunci untuk menjadi seorang raja yang akan menggulingkan Goryeo dan membentuk Joseon. Ia membantu Jenderal Lee Sung Gye (Ji Jin Hee) menjadi raja pertama Dinasti Joseon.

Dalam melakukan pekerjaannya, Ji Sang memiliki lawan utama, yaitu Lee Jung Geun (Song Chang Ui).

31. K-Drama Tentang Kerajaan “The Royal Gambler” (2016)

the royal gambler

Drama Korea ini mengisahkan tentang pangeran yang dipaksa untuk hidup sebagai rakyat jelata. Ia kemudian menggunakan keterampilan judi yang dimilikinya untuk membalas dendam kepada raja.

Baek Dae Gil (Jang Geun Suk) merupakan seorang penjudi terbaik yang ada sepanjang era Joseon. Ia sangat keren, namun juga menyimpan dendam yang besar.

Disisi lain, raja yang bertahta yaitu Raja Yeongjo (Yeo Jin Goo) adalah seorang raja sombong yang tidak ingin menundukan kepalanya tanpa alasan yang jelas.

Ada juga Dam Seo (Im Ji Yun) yang memiliki ambisi besar untuk melakukan balas dendam terhadap sang raja.

30. Drakor Tentang Kerajaan “The Slave Hunters” (2010)

the slave hunters

Drama Korea ini mengisahkan tentang Lee Dae Gil (Jang Hyuk) yang menjadi pemburu budak.

Ia melakukan pekerjaan ini untuk mencari Won Ki Yoon (Yoon Gi Won), seorang budak yang sudah membakar rumahnya dan saudara perempuan Won Ki Yoon bernama Un Nyun (Lee Da Hae), cinta pertama Lee Dae Gil.

Suatu hari Lee Dae Gil mendapatkan tugas untuk menemukan Song Tae Ha (Oh Ji Ho), jenderal angkatan darat yang menjadi budak karena tuduhan palsu. Keduanya kemudian terjebak hubungan cinta segitiga dengan Un Nyun.

Menariknya, Un Nyun kini bukanlah seorang budak yang melarikan diri. Ia sudah menjadi seorang putri bangsawan bernama Kim Hye Won.

29. Drakor Tentang Kerajaan “Deep Rooted Tree” (2011)

deep rooted tree

Kang Chae Yoon (Jang Hyuk) diperintahkan untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang banyak terjadi pada masa pemerintahan Raja Sejong (Han Suk Kyu). Namun, setelah penyelidikan hampir berakhir, Kang Chae Yoon terlibat dalam sebuah konspirasi.

Konspirasi ini dilakukan oleh sekelompok orang-orang pintar yang tidak ingin kasus pembunuhan ini terungkap. Mereka bersedia melakukan apapun untuk mencapai tujuan hidupnya.

Menonton K-Drama ini akan semakin menarik jika kamu juga menyaksikan Drakor Six Flying Dragons dan Queen Seon Duk. Ketiga Drama Korea ini memiliki cerita yang saling berhubungan.

28. Drama Korea Tentang Kerajaan “Warrior Baek Dong-soo” (2011)

warrior baek dong soo

Drama Korea ini mengambil latar pada masa pemerintahan Raja Jeongjo (Jun Gook Hwan) di Dinasty Joseon. Putra Mahkota Sado (Oh Man Suk) melakukan konspirasi untuk menjatuhkan raja.

Seorang prajurit kerajaan bernama Baek Dong Soo (Ji Chang Wook) merupakan ahli seni bela diri di Joseon kala itu.

Ia dan kelompoknya berusaha untuk melawan organisasi pembunuh misterius bernama Heuk Sa Cho Rong yang dipimpin oleh Chun (Choi Min Soo) yang mengincar nyawa sang raja.

27. K-Drama Tentang Kerajaan “Six Flying Dragons” (2015)

six flying dragons

Six Flying Dragons mengisahkan tentang ambisi dan kisah enam orang di sekeliling Pangeran Lee Bang Won (Yoo Ah In).

Di dalam Drama Korea ini juga dikisahkan tentang konflik antara Pangeran Lee Bang Won dengan orang penting yang sudah membantu Raja Taejo (Chun Ho Jin) mendirikan Joseon, yaitu Jung Do Jeon (Kim Myung Min).

Jung Do Jeon menginginkan Joseon dipimpin oleh para menteri. Sedangkan, Pangeran Lee Bang Won menginginkan pemerintahan yang absolut oleh Raja.

Hingga pada akhirnya, Pangeran Lee Bang Won berhasil menjadi Raja Taejong yang merupakan raja ketiga dalam Dinasti Joseon.

26. K-Drama Tentang Kerajaan “Arang and the Magistrate” (2012)

arang and the magistrate

Kim Eun Oh (Lee Joon Gi) merupakan seorang bangsawan yang datang ke desa Miryang untuk menemukan ibunya. Ia memiliki kemampuan melihat arwah.

Meskipun begitu, Kim Eun Oh berpura-pura tidak memiliki kemampuan ini karena kesal dengan para arwah yang sering mengganggunya.

Suatu hari ia bertemu dengan Arang (Shin Min Ah). Arang adalah arwah penasaran yang tidak bisa tenang hingga mengetahui penyebab kematiannya. Ia mengalami lupa ingatan sejak menjadi arwah.

Arang meminta bantuan kepada Kim Eun Oh dengan syarat Arang akan membantu Kim Eun Oh untuk menemukan ibunya.

25. Drakor Tentang Kerajaan “Ruler: Master of the Mask” (2017)

ruler master of the mask

Mengambil latar pada abad ke-18 Dinasti Joseon, Drama Korea ini mengisahkan tentang putra mahkota bernama Lee Sun (Yoo Seung Ho).

Ia harus menggunakan topeng karena raja takut ia akan menjadi sasaran pengkhianat di kerajaan. Hal ini membuat tidak ada seorang pun yang pernah melihat wajahnya.

Ia harus berjuang melawan kelompok Pyunsoo-hwee yang mengendalikan negara dengan memonopoli pasokan air. Dalam menjalankan misinya ini, ia dibantu oleh Han Ga Eun (Kim So Hyun) yang dicintainya.

Namun, ia juga harus menghadapi Lee Sun (L @ Kim Myung Soo) yang juga mencintai Han Ga Eun. Lee Sun merupakan teman kecil Han Ga Eun yang merupakan seorang budak dan memiliki nama yang sama dengan putra mahkota.

24. Drakor Tentang Kerajaan “The Iron Empress” (2009)

the iron enpress

K-Drama 78 episode mengisahkan tentang Permaisuri Chun Chu (Chae Si Ra) yang menjadi permaisuri ketiga era Goryeo. Ia harus berperang melawan orang Tungus di Manchuria.

Hal ini dilakukan untuk merebut kembali tanah lama Goryeo yang sudah diambil oleh bangsa Tungus.

Selain Chae Si Ra, Drakor ini juga diramaikan oleh akting dari Choi Chul Ho sebagai Gyeong Jong atau Wang Yu yang merupakan suami Permaisuri Chun Chu. Lalu, ada juga Lee In sebagai Mok Jong yang merupakan anak Permaisuri Chun Chu.

23. Drama Korea Tentang Kerajaan “Yi San” (2007)

yi san

Yi San merupakan nama asli dari Raja Jeong Jo. Raja Jeong Jo (Lee Seo Jin) merupakan raja ke-22 era Joseon. Ia dikenal dalam sejarah Korea sebagai salah satu raja terbesar dalam dinasti Joseon.

Raja Jeong Jo sangat mencintai rakyat dan memperhatikan rakyat jelata di negeri yang dipimpinnya.

Drama Korea ini menceritakan kehidupan Yi San sebagai Raja Jeong Jo dan kehidupan pribadinya. Drakor ini juga menampilkan Han Ji Min sebagai Seong Song Yeon dan Park Eun Hye sebagai Ratu Hyo Eui.

22. K-Drakor Tentang Kerajaan “Queen for Seven Days” (2017)

queen for seven days

Queen for Seven Days merupakan drama yang mengisahkan tentang Raja Jungjong (Yun Woo Jin) dan Ratu Dangyeong (Park Min Young).

Mereka harus menjalani kehidupan cinta yang tragis setelah menjabat sebagai raja dan ratu. Sang ratu harus menerima kenyataan mahkotanya dicabut setelah 7 hari upacara penobatan.

Drama Korea ini diambil dari kisah nyata yang terjadi pada Pangeran Jinsung dan Lady Shin yang menikah pada tahun 1499. Pada tahun 1506, Pangeran Jinsung menjadi raja dan Lady Shin diangkat menjadi ratu.

Namun, 7 hari kemudian gelar ratu dicabut dari Lady Shin dan ia diasingkan dari kerajaan.

21. Drakor Tentang Kerajaan “Ballad of Seodong” (2005-2006)

ballad of seodong

Drama Korea yang terdiri dari 55 episode ini dibuat berdasarkan salah satu lagu tradisional korea. K-Drama ini mengisahkan tentang Suh Dong (Jo Hyun Jae), putra tidak sah dari kaisar Paekche.

Ia kemudian mendapatkan bantuan dari Putri Sun Hwa (Lee Bo Young) yang berasal dari kerajaan Shilla.

Dengan bantuak Putri Sun Hwa, Suh Dong berhasil menjadi raja Paekche selanjutnya. Mereka menghadapi berbagai rintangan hingga akhirnya bisa mencapai impian ini.

21. Drama Korea Tentang Kerajaan “Time Slip Dr. Jin” (2012)

time slip dr jin

Time Slip Dr. Jin merupakan Drama Korea yang mengangkat tentang perjalanan waktu.

Jin Hyuk (Song Seung Hun) merupakan seorang dokter bedah saraf yang pintar, dingin, dan memiliki kepribadian yang buruk karena terlalu mengejar kesempurnaan. Suatu hari, kekuatan misterius membawanya kembali pada tahun 1860.

Ia kembali ke zaman kerajaan Joseon memimpin Korea. Di sini, ia mulai merawat beberapa pasien. Namun, kurangnya peralatan medis membuat Jin Hyuk harus menemukan metode pengobatan lainnya.

Kemudian, semua pelajaran ini mengantarkannya menjadi dokter bedah saraf sesungguhnya.

19. Drakor Tentang Kerajaan “Damo” (2003)

damo

Damo (Ha Ji Won) merupakan seorang detektif berpangkat rendah yang terampil memainkan pedang. Ia harus memerangi kejahatan dan menghadapi perbedaan status sosial yang berlaku di Joseon. Damo sebenarnya seorang putri bangsawan bernama Jang Chae-Ok.

Ia harus terpisah dengan kakak laki-laki dan ayahnya karena sang ayah dituduh sebagai pengkhianat. Kakak laki-laki Damo bernama Jang Sung-Baek (Kim Min Joon) tumbuh menjadi seorang pemimpin pemberontak.

Jang Sung-Baek dan Damo berjuang untuk melawan berbagai ketidakadilan di masyarakat dan harus menjadi lawan karena memandang hukum dengan cara yang berbeda.

18. K-Drama Tentang Kerajaan “Iljimae” (2008)

iljimae

Iljimae (Lee Joon Gi) merupakan seorang gangster era Dinasti Joseon. Pada malam hari, ia merampok rumah pejabat-pejabat negara yang korup dan memberikan uangnya kepada rakyat miskin.

Seorang penipu dengan kemampuan seni bela diri bernama Bong Soon (Lee Young Ah) sangat mencintai Iljimae.

Suatu hari, Iljimae secara tidak sengaja bertemu dengan Eun Chae (Han Hyo Joo) yang merupakan putri seorang tabib kerajaan. Pertemuan ini membuat keduanya saling mencintai.

Namun, tidak hanya Iljimae yang menyukai Eun Chae. Seorang pengawal kekaisaran bernama Shi Hoo atau Ja Dol (Park Shi Hoo) juga memendam cinta kepada Eun Chae.

17. K-Drama Tentang Kerajaan “Faith” (2012)

faith

Drama Korea ini mengisahkan tentang Yoo Eun Soo (Kim Hee Sun), seorang dokter bedah dan Choi Young (Lee Min Ho), seorang prajurit perang.

Yoo Eun Soo memiliki mimpi untuk memiliki klinik sendiri dan kini bekerja sebagai dokter bedah plastik agar cepat mendapatkan uang.

Suatu hari, Choi Young yang datang dari Dinasti Goryeo menculik Yoo Eun Soo karena membutuhkan kemampuan medisnya. Hal ini membuat keduanya menjalani perjalanan waktu ke masa lalu dan ke masa depan.

Perasaan cinta juga mulai terbentuk di antara keduanya karena seringnya bertemu. Mereka pun harus menghadapi berbagai masalah yang terjadi karena perjalanan waktu yang mereka lakukan.

16. Drakor Tentang Kerajaan “Hwang Jin Yi” (2006)

hwang jin yi

Drama Korea ini mengisahkan tentang seorang gisaeng yang terkenal pada abad ke-16 bernama Myung Wol. Nama asli Gisaeng Myung Wol adalah Hwang Jin Yi (Ha Ji Won). Karena bakat menari dan kecantikan yang dimilikinya, Hwang Jin Yi dipilih untuk menjadi gisaeng,

Untuk menjadi gisaeng, Hwang Jin Yi dilatih oleh ibunya (Jun Mi Sun) yang merupakan seorang musisi berbakat, namun buta. K-Drama ini juga mengisahkan tentang hubungan cinta Hwang Jin Yi dengan siswa bangsawan yang cerdas, bernama Kim Jung Han (Kim Jae Won).

15. Drama Korea Tentang Kerajaan “Rooftop Prince” (2012)

rooftop prince

Korea merupakan negara yang sangat mempercayai adanya reinkarnasi orang yang sudah meninggal. Rooftop Prince merupakan salah satu K-Drama yang mengangkat tentang kisah ini.

Drakor ini mengambil latar di era Joseon 300 tahun yang lalu dan era modern di tahun 2012.

K-Drama ini mengisahkan tentang Putra Mahkota Lee Gak (Park Yoochun) yang datang ke masa depan secara tidak sengaja saat sedang menyelidiki kasus kematian istrinya.

Ia datang bersama dengan rombongannya, yaitu Song Man Bo (Lee Min Ho), Woo Yong Sul (Jung Suk Won) dan Do Chi San (Choi Woo Shik).

Mereka tiba di tahun 2012 di rumah Park Ha (Han Ji Min). Di kehidupan modern tersebut, Park Ha dekat dengan  Yong Tae Yong (Park Yoochun) yang merasakan ada hubungan dengan Park Ha.

16. Drama Korea Tentang Kerajaan “Empress Ki” (2013-2014)

empress ki

Drama Korea 51 episode ini mengisahkan tentang kehidupan Ki Seung Nyang (Ha Ji Won) untuk menjadi Permaisuri Ki/Empress Ki dari Goryeo.

Dari awal hingga akhir K-Drama akan dikisahkan bagaimana Ki Seung Nyang melatih kemampuannya untuk menjadi Permaisuri Ki dari Goryeo yang berpengaruh di Dinasti Yuan.

Selain itu, dikisahkan juga tentang perjalanan cinta Ki Seung Nyang dengan Ta Hwan (Ji Chang Wook). Ta Hwan merupakan penerus tahta Kaisar Huizong dari Yuan.

13. Drama Korea Tentang Kerajaan “Dong Yi” (2010)

dong yi

Drama Korea ini mengambil latar pada masa pemerintahan Raja Sukjong (Ji Jin Hee) di Dinasti Joseon. Choi Dong Yi (Han Hyo Joo) awalnya adalah pelayan yang mendapat kepercayaan dari Ratu Inhyeon (Park Ha Sun).

Dia kemudian menjadi pelayan yang membantu kesembuhan sang ratu. Dong Yi membantu ratu yang sedang dalam masa pengadilan karena masalah yang disebabkan oleh selir Jang Hee Bin (Lee So Yeon).

Kemampuan yang dimiliki oleh Dong Yi pada akhirnya membuat ia menjadi selir raja. Ia kemudian melahirkan anak yang nantinya menjadi raja ke-21 Dinasti Joseon, yaitu Yeongjo.

12. Drakor Tentang Kerajaan “Sungkyunkwan Scandal” (2010)

sungkyunkwan scandal

Sungkyunkwan Scandal mengambil latar di Sungkyunkwan University pada akhir era Joseon di masa pemerintahan Raja Jeongjo.

Drama Korea ini mengisahkan tentang Kim Yoon Hee (Park Min Young) yang menyamar menjadi laki-laki. Ia melakukan ini untuk bisa masuk ke Sungkyunkwan University  dan menghasilkan uang.

Di Sungkyunkwan University, Kim Yoon Hee bertemu dengan tiga pemuda yang menjadi temannya.

Mereka adalah Lee Sun Joon (Park Yoo Chun) yang cerdas dan jujur, Goo Yong Ha (Song Joong Ki) yang seorang playboy, dan Moon Jae Shin (Yoo Ah In) yang senang memberontak. Hubungan cinta yang rumit mulai terjadi diantara empat pemuda ini.

11. K-Drama Tentang Kerajaan “The Moon Embracing the Sun” (2012)

the moon that embracing the sun

Drama korea ini mengisahkan tentang kisah cinta Raja Lee Hwon (Kim Soo Hyun) dengan dukun perempuan bernama Wol (Han Ga In). Wol sebenarnya seorang putri bangsawan bernama Heo Yeon Woo yang berpotensi menjadi seorang putri mahkota.

Akan tetapi, ia terperangkap di suatu keadaan yang membuatnya terancam dihukum mati. Hal ini membuat Wol harus melepas identitas bangsawannya dan hidup sebagai dukun.

10. Drama Korea Tentang Kerajaan “100 Days My Prince” (2018)

100 days my prince

100 Days My Prince mengisahkan tentang Lee Yeol (D.O), seorang putra mahkota yang akan menggantikan ayahnya menjadi raja berikutnya. Ia dikenal sebagai putra mahkota berhati dingin karena kejadian masa kecil yang membuatnya trauma dan membenci sang ayah.

Suatu hari, Ia dikejar oleh pembunuh bayaran dan terjatuh dari tebing. Hal ini membuatnya lupa ingatan. Ia ditemukan oleh ayah Hong Sim (Jung Hae Kyun). Dalam 100 hari, ia hidup dengan nama dan kehidupan baru.

Ia terpaksa menjadi suami dari Hong Sim (Nam Ji Hyun) yang harus menikah karena aturan dari kerajaan. Ia harus membantu Hong Sim dalam menjalankan agen detektif pertama di Joseon yang bersedia melakukan apapun asal mendapatkan bayaran yang cukup.

9. Drakor Tentang Kerajaan “The Great Queen Seondeok” (2009)

the great queen seondeok

Raja Jinpyeong (Jo Min Ki) tidak memiliki putra yang bisa meneruskan tahta kerajaan. Hal ini membuatnya memilih putri tertuanya, Putri Duk Man (Lee Yo Won) untuk melanjutkan tahta menjadi penguasa kerajaan.

Drama Korea ini akan mengisahkan seputar Putri Duk Man yang kemudian menjadi Ratu Seon Duk. Ia menjadi ratu pertama yang ada di sejarah Kerajaan Silla.

8. Drama Korea Tentang Kerajaan “Jang Ok-jung, Living by Love” (2013)

jang ok jung living by love

Jika kamu menonton Drama Korea Dong Yi, kamu akan mengenal selir kerajaan paling terkenal dan jahat era Joseon bernama Jang Hee Bin. Jang Hee Bin (Kim Tae Hee) merupakan orang yang ada di belakang Raja Sook Jong (Yoo Ah In) karena raja sangat mencintainya.

Ia juga terus-terusan mengancam keberadaan Ratu In Hyun (Hong Soo Hyun), istri Raja Sook Jong. Tidak banyak Drakor dan film yang mengangkat kisah sebelum Jang Hee Bin menjadi selir.

Ia sebelumnya hidup dengan nama Jang Ok Jung dan menjadi seorang perancang busana serta pembuat kosmetik di Dinasti Joseon. Hingga akhirnya raja menyukainya dan menjadikannya salah satu selir kesayangan.

7. Drakor Tentang Kerajaan “The Legend” (2007)

the legend

The Legend atau The Story of the First King’s Four Gods mengisahkan tentang empat dewa yang membantu Jumong dalam mendirikan Goguryeo. Keempat dewa ini adalah Cheong-ryong (Naga Biru), Baek-ho (Macan Putih), Joo-jak (Phoenix), Hyeon-mu (kura-kura).

Kerajaan Goguryeo bersaudara dengan kerajaan Baekje yang didirikan oleh istri kedua Jumong. Namun, hubungan kedua kerajaan ini semakin memburuk karena peperangan yang terjadi. Keempat dewa ini mulai mencari tuan yang baru.

Mereka mempertimbangkan Dam Deok (Bae Yong Jun) sang ahli taktik dari Goguryeo atau Raja Ah-Shin dari Baekje yang berhati dingin.

Selain itu, Dam-deok juga berusaha untuk menjadi raja berikutnya dengan bantuan Seo Ki Ha/Kajin (Moon So Ri). Drama Korea ini juga mengisahkan Sujini (Lee Ji Ah) yang dicintai oleh Dam Deok.

6. K-Drama Tentang Kerajaan “Gu Family Book” (2013)

gu family book

Drama Korea ini mengisahkan tentang Choi Kang Chi (Lee Seung Gi) yang terlahir sebagai manusia setengah siluman. Ia harus ditinggal oleh ayahnya Gu Wal Ryung (Choi Jin Hyuk) dan ibunya Yoon Seo Hwa (Lee Yeon Hee) sejak masih kecil.

Choi Kang Chi berusaha hidup sebagai manusia di bawah asuhan keluarga Choi. Ia kemudian bertemu dengan Dam Yeo Wool (Bae Suzy) yang menjadi seorang instruktur seni bela diri.

Choi Kang Chi bertemu dengan Dam Yeo Wool dalam perjalanannya menemukan buku keluarga Gu yang dapat mengubahnya menjadi manusia seutuhnya.

5. K-Drama Tentang Kerajaan “Jumong – Prince of The Legend” (2006-2007)

jumong prince of the legend

Jumong (Song Il Gook) merupakan putra dari Lady Yoo Hwa (Oh Yun Soo) dan Jenderal Hae Mo Soo (Hu Joon Ho) dari Joseon. Sang ayah yang ditangkap oleh bangsa Ming membuat ibunya akhirnya menjadi istri kedua Raja Geum Wa (Jun Kwang Ryul) dan tinggal di istana.

Jumong tumbuh menjadi anak yang manja dan mendapatkan kebencian dari kedua kakak tirinya, yaitu Pangeran Dae Soo (Kim Seung Soo) dan Pangeran Yeong Po (Won Ki Joon). Mereka berdua selalu melakukan berbagai cara untuk membuat Jumong terusir dari istana.

Hal ini membuat Jumong akhirnya berusaha melawan. Ia kemudian bertemu dengan wanita bijaksana bernama Se Seo No (Han Hye Jin) dan mulai saling menyukai.

Namun, suatu keadaan membuat Jumong harus menikahi Ye So Ya (Song Ji Hyo). Hal ini membuat kehidupan Jumong makin berliku.

4. Drama Korea Tentang Kerajaan “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” (2016)

moon lovers

Drakor ini mengisahkan tentang  Hae Soo (IU), seorang gadis berusia 25 tahun yang hidup di era modern dan secara tidak sengaja ditarik kembali ke era Goryeo. Di zaman ini, ia terjebak di dalam pergumulan antara pangeran yang ada di Rumah Wang.

Para pengaran ini adalah Putra Mahkota Wang Mu (Kim San Ho), Pangeran Wang Yo (Hong Jong Hyun), Pangeran Wang So (Lee Joon Gi), Pangeran Wang Wook (Kang Ha Neul), Pangeran Wang Won (Yoon Sun Woo), Pangeran Wang Hyun (Byun Baek Hyun), Pangeran Wang Yoo (Nam Joo Hyuk), dan Pangeran Wang Jung (Ji Soo).

Di Goryeo, Hae Soo menemukan cintanya, yaitu Wang So, seorang pangeran yang mampu membuat orang lain gemetar ketakutan.

3. Drama Korea Tentang Kerajaan “King Sejong the Great” (2008)

king sejong the great

Drama Korea 86 episode ini mengisahkan tentang kehidupan Raja Sejong. Raja Sejong merupakan raja keempat dalam Dinasti Choson di Korea. Ia juga dikenal sebagai orang pertama yang menciptakan aksara Korea yang dipakai hingga saat ini, yaitu Hangul.

Drakor ini diperankan oleh Kim Sang Kyung sebagai Raja Sejong, Kim Young Chul sebagai Raja Taejong, Choi Myung Gil sebagai ibu Raja Sejong, yaitu Ratu Won Kyeong, dan Lee Yoon Ji sebagai Ratu So Hyun, istri Raja Sejong.

2. Drama Korea Tentang Kerajaan “Mr. Sunshine” (2018)

mr sunshine

K-Drama ini menjadi salah satu Drakor yang paling ditunggu di tahun 2018. Salah satu alasannya tentu karena penulis skenario Kim Eun Sook yang menangani K-Drama ini merupakan penulis skenario Drama Korea sukses Goblin dan Descendants of the Sun.

Selain itu, Drakor ini menjadi comeback Lee Byung Hun ke layar televisi setelah 9 tahun dan dihiasi banyak bintang terkenal, seperti Kim Tae Ri, Yoo Yun Suk, dan Kim Min Jung.

Mr. Sunshine mengisahkan tentang Choi Yoo Jin (Kim Kang Hoon) yang pergi ke Amerika pada tahun 1871 demi menyelamatkan diri. Beberapa puluh tahun kemudian, ia kembali ke Joseon sebagai Eugene Choi (Lee Byung Hun) yang sudah menjadi tentara Amerika.

Saat kembali ke Joseon, ia harus menghadapi dilema antara membantu Joseon, yang merupakan tanah kelahirannya yang sedang kacau balau atau bertahan sebagai orang Amerika yang sudah memberinya kehidupan.

Di Joseon juga, ia bertemu dengan cintanya, yaitu Go Ae Shin (Kim Tae Ri) yang merupakan cucu seorang bangsawan dan pejuang bawah tanah Joseon.

1. Drama Korea Tentang Kerajaan “Dae Jang Geum a.k.a Jewel in the Palace” (2003)

dae jang geum

Drama korea ini layak disebut sebagai salah satu Drakor terbaik yang pernah diproduksi oleh Korea Selatan. Jewel in the Palace mengambil latar pada masa Dinasti Joseon sekitar 500 tahun yang lalu.

Drama Korea ini mengisahkan kisah nyata seorang gadis yang menjadi dokter kerajaan wanita dengan posisi tertinggi pertama bernama Jang Geum (Lee Young Ae).

Perjuangannya menjadi dokter atau tabib istana tidaklah mudah. Pertama, ia berasal dari keluarga kelas bawah. Kedua, posisi tabib sejak dulu didominasi oleh kalangan pria.

Namun, ia akhirnya berhasil mengalahkan diskriminasi sosial dan gender hingga mendapat gelar “The Great Jang-Geum” dari raja.

Drakor ini mengisahkan tentang perjuangan Jang Geum hingga kisah cinta yang mengiringi perjalanan hidupnya meraih kesuksesan.

Itulah K-Drama tentang kerajaan terbaik dari negeri Gingseng, Korea Selatan. Selain beberapa Drama Korea tersebut, kamu juga bisa menonton drama-drama yang kini sedang tayang di Korea, seperti The Last Empress dan Haechi.

Selain bisa mendapatkan hiburan, kamu juga akan mendapatkan banyak pelajaran dari menonton Drama Korea sejarah Kerajaan ini. Sebagian besar cerita yang diangkat memang dibuat berdasarkan kisah nyata sejarah Korea pada zaman dahulu.

Category:
Korea