Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Rekomendasi Anime Comedy Terbaik

Mau nonton anime dengan genre comedy lucu terbaik? Genre anime komedi seperti tak lekang oleh waktu. Anime comedy sudah pasti lucu, seru kocak dan memang genre komedu ini jago dengan perubahan ekspresi tokoh yang konyol bikin ngakak.

Ada cukup berapa genre Komedi dari mulai yang murni Comedy slice of life, Comedy romance, Comedy school, Comedy ecchi hingga Komedi Action. Otaku/wibu Indonesia paling demen Komedi Ecchi atau Comedy Harem Romance :v

Genre komedi terbaik menyuguhkan kamu kekonyolan tiada batas ini mengajak siapapun yang menontonnya untuk tertawa terbahak-bahak. Tingkah laku tokoh utama yang lucu maupun tokoh lain sudah pasti ada dalam anime model ini.

Mulai dari rekomendasi komedi dengan premis sederhana, sampai yang di-blend dengan premis berat, elemen comedy seakan jadi nilai tambah untuk menunjang cerita yang sudah dibangun atau untuk produksi yang memang memfokuskan diri pada genre ini.

Comedy adalah magnet utama untuk menarik penonton. Kamu lagi nyari bahan buat ngakak? atau sekedar mengobati mood jelekmu? Kami sudah merangkum anime comedy apa saja yang patut kamu lirik dan pastinya kamu tonton.

Perhatikan kondisi perutmu karena beberapa judul dibawah kami gak tanggung akibatnya kalau perutmu sakit gara-gara kebanyakan tertawa, ya!

Cerita comedy sangat populer seakan tidak surut fans, genre komedi sangat menghibur dan karakter yang lovable! Lalu, apa saja anime komedi yang harus kamu tonton? Berikut Daftar Rekomendasi Anime Comedy Terbaik yang bisa sobat tonton.

30. Anime Comedy “Osake wa Fuufu ni Natte Kara”

Osake wa fuufu ni Natte karaAnime comedy diposisi ujung, ada Osake wa fuufu ni Natte kara. Anime dengan durasi singkat yang membawa premise cenderung enteng. Cocok buat kamu yang butuh tontonan comedy ringan diselingi elemen slice of life.

Menceritakan Chisato Mizusawa, seorang asisten manager yang tidak menyukai alkohol jika berada di luar rumah. Tapi jika sudah di rumah, kamu bakal nemuin sosok 180 derajat berbeda dari si Chisato ini karena ia bakal bertingkah konyol kalau sudah mabuk!

Adalah suaminya, Sora yang juga seorang bartender mendoktrin Chisato dengan minuman beralkohol kreasinya yang nampak selalu disukai Chisato. Dan dimulailah pertualangan kegilaan dan kekonyolan Chisato terhadap alkohol.

Meskipun jarang dibicarakan orang, Osake wa fuufu ni Natte kara lumayan layak untuk kamu tonton karena slice of life dan comedy-nya digambarkan dengan cukup natural disini.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6/10

29. Anime Komedi “Takunomi”

Takunomi

Menganut premis yang sama dengan Osake wa fuufu ni Natte kara, rekomendasi anime komedi terbaik ini bercerita tentang pengalaman menikmati sake.

Takunomi adalah nomor kesekian dari anime yang juga jarang dibicarakan tapi layak untuk kamu tonton, terutama kamu yang butuh tontonan chill and relaxing dengan comedy ringan

Michiru Amatsuka baru saja memulai kehidupan barunya di Tokyo dimana inilah kali pertama ia menginjakkan kaki di ibukota Jepang tersebut. Ia dipertemukan dengan teman-teman dengan usia dan pekerjaan beraneka-ragam dalam sebuah rumah kos.

Selanjutnya, episode bergulir dengan keasyikan girl time mereka; menyantap makanan enak didampingi sake. Menonton Takunomi jangan berharap bakal nemuin komedi konyol, karena ceritanya ringan dan lebih menonjolkan slice of life.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,2/10

28. Anime Comedy “Sket Dance”

Sket DanceLanjut ke nomor berikutnya, berbeda dari dua judul sebelumnya, Sket Dance hadir dengan membawa cerita ala-ala anak sekolahan. Seperti apakah comedy-nya yang coba mereka suguhkan?

SKET Brigade adalah sebuah klub sekolah yang diprakasai oleh Kayuyoshi “Switch” Usui, seorang otaku yang sangat geeky terhadap gadget.

Bersama teman-temannya, SKET Brigade dibentuk dengan tujuan membantu orang-orang disekitar mereka dengan cara yang sangat konyol. Banyak yang beranggapan klub ini adalah klub aneh.

Penasaran kayak apa lucunya? yuk, meluncur segera ke SKET Dance. Anime yang cukup jadul ini punya pondasi yang lumayan kokoh untuk menghadirkan lawakan yang menghibur.

Tak perlu khawatir jika sisi lucunya dirasa kurang, karena SKET Dance punya 77 episode. Saran kami, tontonlah ramai-ramai!

Jumlah episode: 77

Skor kami: 6.3/10

27. Anime Komedi “Prison School”

Prison School

Melihat dari visualnya, pasti kamu mengira ini adalah anime bergenre action atau sejenis dengan tema gelap. Jangan terkecoh dulu. Prison School adalah salah satu anime comedy yang harus ada di list kamu, kalau kamu oke-oke aja dengan konten rated.

Ceritanya sendiri bersetting pada suatu sekolah khusus wanita yang pada suatu saat menerima siswa pria yang jumlah berbanding terbalik dengan jumlah siswa wanita. Ya, Kiyoshi, Gakuto, Shingo, Andre, adalah Jo kelima siswa tersebut.

Merasa menjadi kaum minoritas yang sulit atau bahkan tidak bisa berkomunikasi dengan gadis-gadis disana, kelima merencanakan suatu aksi kotor (khas anak sekolahan banget!). Selanjutnya kamu saksiin sendiri bakal kemana arah ceritanya.

Satu yang harus dicatat, anime ini bukanlah tontonan untuk semua kalangan terlebih jika kamu baru banget nyoba anime, coba untuk telisik lebih dalam tentang Prison School, ya!

Tingkah konyol mereka memang sudah cukup mesum, anime ini menurut kami sudah masuk ke ecchi (tidak direkomendasikan untuk kamu yang masih dibawah umur)

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,3/10

26. Anime Comedy “Gakuen Babysitter”

Gakuen Babysitter

Balita sebagai tokoh sentral dalam anime? kenapa tidak? Gakuen Babysitter gak perlu usaha lebih untuk menciptakan comedy yang bikin penikmatnya ngakak.

Ini karena anak-anak yang tergabung dalam klub penitipan anak sudah lebih dari cukup bikin mood kamu balik.

Buat kamu yang butuh tontonan moe yang ceritanya mengedepankan hubungan antar saudara, bisa banget nih Gakuen Babysitten masuk ke dalam list kamu.

Premisnya awalnya lumayan berat pada awalnya. Malah Gakuen Babysitter terasa seperti drama keluarga dengan konflik cukup dalam. Tapi tenang saja, anime ini gak akan terlalu mengangkat premis ini. Artnya lucu sekali, lho!

Jumlah episode:

Skor kami: 6,4/10

25. Anime Comedy “Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge”

Tanaka kun wa Itsumo Kedaruge

Tokoh utama di anime komedi terbaik ini kayaknya mereflekasikan kamu banget nih! Tak butuh waktu lama buat kamu untuk jatuh hati pada Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge karena itu dia, si tokoh utamanya.

Tanaka, siswa SMA yang kalau kamu jadi temannya pasti bakal gregetan banget. Kenapa? karena Tanaka ini mager-nya itu kebangetan, sama sekali gak punya gairah untuk hidup, LOL!

Yang kami suka dari anime ini adalah karena ceritanya yang sederhana dan selalu menghadirkan karakter-karakter konyol yang saling berhubungan dengan Tanaka.

Kami salut dengan bagaimana ceritanya tetap hidup dengan menjadikan tokoh utama sebagai jembatan saja.

Jumlah Episode: 12

Skor kami: 6,5/10

24. Anime Komedi “Keppeki Danshi! Aoyama-kun”

Keppeki Danshi Aoyama kun

Setipe dan seperti saudara kandung dengan Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge. Keppeki Danshi! Aoyama-kun juga menjadikan tokoh utama sebagai jembatan agar cerita terus berjalan.

Apa jadinya kalau kamu punya teman yang maniak kebersihan yang gak mau sedikit pun kotor? terdengar konyol dan aneh tapi itulah Aoyama.

Siswa paling populer di sekolahnya yang benar-benar penganut hidup tanpa kuman dan bersentuhan dengan orang lain itu haram baginya.

Bergabung dengan klub sepakbola dan menjadi pemain terfavorit, jangan heran kalau ceritanya seakan mirip-mirip anime sport.

Sekali lihat anime ini pasti kamu bakal sadar apa yang unik darinya, Ya, visualnya yang konsisten menampilkan warna biru sebagai latarnya.

Menonton Keppeki Danshi! Aoyama-kun menghadirkan sensasi yang memanjakan mata karena itu tadi, artnya yang bisa kami bilang unik.

keppeki Danshi Aoyama Kun juga masuk kedalam list Rekomendasi Anime Genre Sepak Bola Favorit kami.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,5/10

23. Anime Comedy “Saiki Kusou no Psi nan”

Saiki Kusou no Psi nan

Anime dengan perpanduan shounen (remaja pria) dan comedy terbaik seringkali memborbardir kita dengan hal-hal yang tak masuk akal. Kesan ini yang kami dapatkan ketika menonton Saiki Kusou no Psi nan.

Ditambah narasinya yang khas anime shounen banget. Polanya mirip dengan Tanaka-kun dan Aoyama-kun (bahkan judul ketiganya menggunakan nama tokoh sebagai awalan).

Saiki adalah siswa SMA dengan perawakan unik yang punya kemampuan diri diluar nalar. Seperti Anime Sihir Terbaik dan kocak sebagai Anime Comedy Action Terbaik.

Kamu penikmat comedy super konyol yang jumlahnya seakan gak ada jedanya? Saiki Kosou no Psi nan adalah contohnya. Siapin perut kamu, ya!

Kami sendiri tidak terlalu bisa masuk dengan ceritanya karena narasinya itu kelewat padat. Mungkin pengalaman kamu saat menontonnya akan bertolak belakang dengan kami. Silahkan tonton sendiri, ya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,6/10

22. Anime Comedy “Sakamoto Desu ga?”

Sakamoto Desu ga

Lagi-lagi rekomendasi anime comedy terbaik serupa dengan posisi yang berurutan. Sakamoto Desu ga? seperti kebanyakan anime yang sudah disebutkan diatas.

Sakamoto Desu ga menampikan tokoh utama pria yang diilustrikan sebagai tokoh yang memenuhi kriteria untuk diidam-idamkan para gadis satu sekolah.

Kerena dan sangat pintar, itu lah Sakamoto. Lantas bagaimana ceritanya berjalan? Silahkan kamu tebak sendiri. Yang pasti kami bisa menjamin kamu kalau kadar comedy-nya bakal tumpah ruah! Kalian para shounen, cocok banget sama anime ini.

Sakamoto Desu ga? adalah satu dari anime comedy berpola klise yang nampaknya ada untuk mereka yang butuh tontonan tanpa plot berarti. Kamu salah satunya?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,6/10

21. Anime Comedy “Working!!”

Working

Lupakan sejenak anime komedi yang isinya muda-mudi SMA karena Working!! yang jika diartikan menjadi Bekerja, kamu bisa tebak pastinya bakal tentang apa ceritanya?

Souta Takanashi tidak bisa menolak tawaran teman moenya, Popura Taneshi untuk bekerja di sebuah restoran keluarga. Souta tidak pernah membayangkan bahwa rekan-rekan kerjanya nanti adalah kumpulan orang-orang dengan kepribadian nyentrik.

Mulai dari bos yang pemalas seperti tidak ada kerjanya sampai teman yang phobia terhadap laki-laki dan selalu menghajar mereka dengan brutal, semua bisa kamu dapatkan di dalam Working!!

Kami pribadi sih bakal senang kalau bisa bekerja dengan orang-orang seperti mereka, hehehe. Working!! bagus untuk kamu yang butuh referensi anime bersetting lingkungan kerja.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,7/10

20. Anime Comedy “Non Non Biyori”

Non Non Biyori

Lupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan kota, saatnya kembali ke kampung halaman tapi dalam versi digital karena Non Non Biyori punya setting tempat yang bikin mata adem.

Tak banyak yang bisa dibicarakan tentang Non Non Biyori selain kelucuan kelima karakter utamanya yang hadir dengan jarak umur berbeda-beda. Cerita bergulir menggambarkan kelimanya menjalani keseharian di desa bernama Asahigaoka.

Butuh tontonan comedy yang cukup chill, Non Non Biyori adalah jawabannya. Tak butuh waktu lama untuk memfavoritkannya kalau kamu tipe penonton yang mengedepankan visual.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,7/10

19. Anime Comedy “Bokura wa Minna Kawai-sou”

Bokura wa Minna Kawai sou

Anime komedi dengan karakter-karakter unik bin ajaib yang pastinya bikin kamu ngajak bisa kamu temuin di Bokura wa Minna Kawai-sou yang mengambil setting utama di rumah kos yang diisi mereka-mereka yang perilakunya eksentrik.

Siswa baru yang memulai kehidupan mandiri di kota yang asing, Kazunari Usa memutuskan untung tinggal di share-house dimana dirinya tak pernah nyangka akan mendapatkan keluarga baru yang membuat geleng-geleng kepala.

Mulai dari teman mesum sampai pecandu alkohol yang kehidupan percintaannya selalu gagal, Bokura wa Minna Kawai-sou mencampur-adukkan semuanya. Disana pula ia menaruh hati pada salah satu penghuni kamar yang asosial.

Cerita selanjutnya dibumbui oleh adegan romansa klise selain elemen komedi dengan karakterisasi unik tadi. Bokura wa Minna Kawai-sou adalah tontonan manis yang lumayan bikin ngakak.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,8/10

18. Anime Comedy “Servant x Service”

Servant x Service

Rekomendasi anime comedy dengan setting perkantoran mungkin masih bisa dihitung jari.

Servant x Service melangkah 2 kali lebih maju dengan membawa setting ini ditambahkan dengan kantor pelayanan masyarakat sebagai setting utamanya. Klise kah? sama sekali tidak.

Bagaimana kehidupan para tokohnya sebagai pegawai kantor pelayanan masyarakat? Tidak terduga.

Cerita berpusat pada Yutaka Hasebe, pria dengan gaya slengehan dan Saya Miyoshi yang baru pertama kalinya bekerja dimana Hasebe ini selalu menggoda Miyoshi. Terdengar seperti anime romance?

Yang membuat ceritanya menarik bukanlah datang dari keberagaman tokohnya, melainkan terletak pada setting tempat yang kami rasa sangat membantu jalannya cerita.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,8/10

17. Anime Comedy “Nichijou”

Nichijou

Nichijou adalah contoh lain dari anime komedi yang isinya para karakter unik dengan kesehariannya. Kami rekomedasiin kamu buat nonton ini karena kadar komedinya lumayan buat ngembaliin mood-mu.

Nichijou berfokus pada kehidupan sehari-hari tokoh sentralnya yang sudah bersahabat sejak kecil. Adalah Mio Naganohara, Yuuko Aioi and Mai Minakami yang selanjutkan cerita bergulir dengan kehadiran robot kucing yang menemani ketiganya.

Nichijou cukup layak untuk kamu tonton karena tema dan plotnya yang versatile dan masih aman untuk ditonton siapapun. Masukkan ini ke dalam listmu untuk tontonan anime comedy yang bikin self-calm.

Hampir mirip Doraemon jika dilihat dari sama-sama ‘Robot Kucing’, oh iya cek juga tulisan kami Rekomendasi Anime Mecha Robot Terbaik.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 6,8/10

16. Anime Comedy “Handa-kun!”

Handa kun

Handa-kun adalah prekuel dari anime bengenre sama yang nantinya akan kami masukkan ke dalam list ini. Mungkin sebagian kamu sudah tahu siapakah Handa yang kita bicarakan disini.

Membawa premis yang setipe dengan Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge, Keppeki Danshi! Aoyama-kun, Saiki Kusou no Psi nan, dan Sakamoto Desu ga?, Handa-kun! adalah yang paling kami favoritkan.

Handa-kun datang dengan kekuatan ceritanya yang harus diakui kalah jauh dari pendahulunya namun dengan kadar komedi yang muncul lebih konstan.

Selain amunisi comedy yang hadir cukup intens, Handa-kun! membawa pesan psikologi tentang self-anxiety and insecurities yang sangat relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Hal ini menjadi poin tersendiri mengapa kami memfavoritkan Handa-kun selain comedy yang mereka coba tawarkan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,9/10

15. Anime Comedy “Kobayashi-san Chi no Maid Dragon”

Kobayashi san Chi no Maid Dragon

Kuat dengan visual yang memikat, membuat Kobayashi-san Chi no Maid Dragon kami rasa layak untuk direkomendasikan ke kamu. Siapa sih yang gak jatuh cinta sama art-nya?

Kobayashi tak pernah membayangkan akan hidup satu atap dengan siluman naga yang merangkap menjadi pelayannya dengan cuma-cuma.

Semua berawal saat insiden dimana dirinya mabuk dan mengajak seekor naga untuk tinggal bersamanya dalam kondisi setengah sadar.

Tooru, sang naga tidak punya tempat kembali dan menganggap Kobayashi adalah dewa penyelamatnya. Dimulailah kehidupan keduanya sebagai majikan dan pelayan yang dipenuhi kejadian-kejadian konyol.

Banyak karakter yang sangat eyecatching dalam Kobayashi-san Chi no Maid Dragon. setiap adegannya layak untuk kamu screen capture dan kami tak ragu melakukannya.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7/10

14. Anime Comedy “Zombieland Saga”

Zombieland Saga

Anime yang masih hangat, belum lama tamat, Zombieland Saga hadir dengan cerita tentang idol yang ternyata bukan manusia. Cocok buat kamu yang butuh tontonan fresh yang jangka rilisnya tidak terlalu jauh.

Pada 2008, saat perjalanan menuju audio untuk menjadi idol, Sakura Minamoto malangnya harus merenggut nyawa karena kecelakaan hebat. Kok bisa ya tema seperti ini malah menggiring kamu ke comedy?

10 tahun kemudian, dia menemukan dirinya dipersatukan dengan idol legend lainnya dari penjuru jepang yang sudah meninggal. Kok malah creppy ya?

Well, silahkan kamu saksiin sendiri. Menurut kami Zombieland Saga adalah angin segar yang mampu mengeksekusi anime comedy dengan rasa berbeda dari yang sudah-sudah. Setujukah kamu dengan kami setelah menontonnya?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7/10

13. Anime Comedy “Ouran Koukou Host Club”

Ouran Koukou Host Club

Mundur jauh ke 2006 silam, bicara tentang anime comedy yang identik dengan shoujo (remaja wanita) tak lain dan tak bukan datang dari Ouran Koukou Host Club yang juga termasuk dalam Rekomendasi Anime Romance School.

Susah untuk tidak memasukkan Ouran Koukou Host Club sejak comedy yang dihasilkan selalu berhasil. Karakternya saling hidup tanpa menitik-beratkan salah satu pihak.

Terlebih, banyak fanservice di dalamnya juga. Tak perlu pikir panjang untuk mencoba menontonnya. Seperti daftar list rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik.

Ouran Koukou Host Club adalah salah satu maestro dari genre ini. Kami berharap di masa yang akan datang, ada studio animasi yang membuat remakenya seperti Fruit Basket.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 7,2/10

12. Anime Comedy “Hinamatsuri”

Hinamatsuri

Belum lama tamat, Hinamatsuri tampil ibarat kuda hitam yang tidak pernah kami sangka akan memberikan suguhan comedy yang cukup ciamik disamping pesan moral yang mereka sampaikan.

Mengisahkan hubungan tanpa ikatan darah yang terjadi secara kebetulan. Adalah Nitta, salah satu anggota yakuza yang menemukan telur misterius di dalam apartemennya yang kemudian membawanya pada pertemuan dengan Hina (asal-usulnya belum jelas).

Kehidupan keduanya berjalan layaknya ayah dan anak yang pastinya tidak akan biasa-biasa saja. Yang mencuri perhatian dari anime ini adalah tokoh teman Hina bernama Anzu yang membawa pesan moral tentang perjuangan hidup.

Ibarat sekali kayuh dua pulau terlampaui, Hinamatsuri menghidangkan comedy yang diselingi dengan pelajaran hidup yang pastinya bagus banget buat ditonton.

Melihat dari scene akhirnya, kami memprediksi bakal ada season kelanjutannya di masa yang akan datang.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,5/10

11. Anime Comedy “Hataraku Saibou”

Hataraku Saibou

Hataraku Saibou sempat menjadi pembicaraan hangat karena tema yang diusungnya. Anime yang mengedukasi? Belajar lewat anime? Hataraku Saibou mencoba menjawab pertanyaan ini dan berhasil.

Cerita berpusat pada penggambaran sel-sel di dalam tubuh kita yang kerennya Hataraku Saibou sajikan dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikannya.

Tim produksi benar-benar memperhatikan setiap detailnya dengan cermat sehingga ceritanya terasa sangat kokoh dan selalu fokus dijalannya.

Jangan lupakan juga bagaimana mereka mengintrepretasikan sisi comedy-nya melalui keberagaman karakternya. Favorit kami tentu saja tokoh sel darah merah dan sel darah putih.

Hataraku Saibou adalah tontonan wajib buat kamu untuk ditonton tahun ini. Kami setuju dengan impresi baik yang orang-orang berikan kepadanya.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7,6/10

10. Anime Comedy “Wotaku ni Koi wa Muzukashii”

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Rekomendasi anime comedy with office life lainnya yang harus jadi pilihan kamu datang dari Wotaku ni Koi wa Muzukashii yang kami jamin ceritanya bakal bikin kamu senyam-senyum sendiri.

Menceritakan pertemuan kembali Narumi Momose dengan teman masa kecilnya Nifuji Hirotaka, membuat keduanya berakhir menjadi sepasang kekasih.

Cinta yang didasarkan pada kepentingan masing-masing terhadap game konsol (Anime Genre Game) pada awalnya namun berakhir menjadi cinta sungguhan.

Dengan premis diatas, kamu pasti bakal ngira kalau ini anime romance. Tidak salah memang karena pondasi awal Wotaku ni Koi wa Muzukashii adalah romance. Coba cermati lebih dalam, kamu bakal nemuin banyak comedy disana.

Tokoh yang menghidupkan dan berperan penting untuk membangun sisi comedy-nya datang dari Hanako dengan segala fantasi gilanya akan pria. Wotakoi adalah tontonan manis yang gak boleh kamu lewatkan.

Jumlah episode: 11

Skor kami: 7,8/10

9. Anime Comedy “Chio-chan no Tsuugakuro”

Chio chan no Tsuugakuro

Tokoh wanita penuh dengan kekonyolan dan ide-ide anehnya bisa kamu temuin di Chio-chan no Tsuugakuro.

Anime comedy terbaik yang tayang tahun lalu ini punya segudang adegan kocak yang sebenarnya sederhana namun dapat dieksekusi dengan baik. Mengisahkan tentang tentu saya tokoh wanita yang ada di judulnya, Chio.

Seperti layaknya siswa SMA biasa, tidak ada yang spesial dari karakterisasi dan latar belakang tokoh ini selain kalau dia adalah otaku akut yang hobi banget begadang buat nge-game.

Lalu dimana letak kekuatan anime ini? Premis adalah nilai utama mereka. Dimana keseluruhan isi Chio-chan no Tsuugakuro mengajak kita untuk melihat apa saja sih hal-hal aneh bin ajaib yang ia lakukan selama perjalanannya ke sekolah.

Membaca sinopsis ini sebelum menonton, tak perlu waktu lama bagi kami untuk menikmatinya.

Terlebih ceritanya penuh aksi konyol dengan pendekatan adegan aksi yang ditunjang oleh Chio-chan, sahabat dekatnya, dan bahkan orang-orang yang ditemuinya saat menuju sekolah. Sedikit spoiler, adegan toilet umum adalah favorit kami.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,9/10

8. Anime Comedy “Gaikotsu Shotenin Honda-san”

Gaikotsu Shotenin Honda san

Sama seperti Hinamatsuri, Gaikotsu Shotenin Honda-san ibarat kuda hitam yang melebihi ekspektasi kami. Visualnya saat pertama kami lirik, sangat menjanjikan walaupun durasi per-episodenya cukup singkat.

Terlebih Gaikotsu Shotenin Honda-san  dibuat berdasarkan kisah nyata mangakanya. Cerita bertutur tentang Honda-san, manusia setengah tengkorak dengan kesehariannya bekerja di toko buku dan harus dihadapkan dengan tugas-tugas dan kadang pembeli aneh.

Yang lucu, setiap karakter pegawai toko buku tersebut digambarkan memiliki bentuk kepala yang aneh bin ajaib. Malah terlihat seperti sedang cosplay!

Kalau kamu pecinta anime comedy yang gak bertele-tele dengan narasi cerita dan straight to the point, Gaikotsu Shotenin Honda-san bisa banget kamu masukin list. Anime ini baru saja tamat Desember lalu, masih fresh dong pastinya.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8/10

7. Anime Comedy “Back Street Girls”

Back Street Girls

Saat melihat previewnya, kami langsung menjadikan Back Street Girls dalam list tontonan kami.

Apa yang disajikan Back Street Girls dalam sinopsisnya saja sudah membuktikan kalau anime ini adalah salah satu anime bodor yang ceritanya kreatif tapi absurd parah.

Apa jadinya jika tiga anggota yakuza yang aslinya terlihat garang harus dipaksa untuk menjalani operasi plastik untuk menjadi wanita cantik.

Serta yang kemudian mau tidak mau menuruti kemauan bos mereka untuk pindah haluan menjadi idol karena kesalahan yang mereka buat?

Premis awal dicampur dengan kebodohan ketiganya yang harus merelakan hidup mereka menyajikan Back Street Girls sebagai tontonan comedy yang ibarat gak bisa buat kamu berhenti ketawa karena itu tadi, tema transgender yang dibawanya.

Berhasil dieksekusi dengan baik? tentu. Visualnya yang tebal sudah memenuhi kriteria sebagai anime comedy yang tujuannya untuk membuat kamu gabisa nahan kamu buat ketawa.

Jangan ragu buat nonton Back Street Girl, dijamin kamu bakal ngakak banget. Kamu bisa tonton ini melalui Netflix, lho. Nah selain ini masih ada Rekomendasi Anime Gangster yang layak untuk ditonton.

Jumlah episode: 10

Skor kami: 8,1/10

6. Anime Comedy “Barakamon”

Barakamon

Tadi kami sempat menjanjikan kamu untuk memasukkan anime komedi yang mengilhami munculnya Handa-kun kan? Nah ini dia. Barakamon adalah judul besar yang pastinya harus ada dalam list rekomendasi anime comedy. Kami percaya itu.

Mengisahkan Seishuu Handa, seorang kaligrafer Jepang tampan dan pastinya berbakat yang harus diasingkan ke pulau yang jauh dari kota sebagai hukuman atas tindakan emosionalnya.

Hukuman ini ditujukan agar dirinya dapat menemukan kembali dirinya sembari menemukan inspirasi. Bagaimana kelanjutannya?

Didasari oleh premis ini, Barakamon hadir sebagai anime comedy yang berjalan menggabung Genre Slice Of Life dan comedy. Kamu bisa dapet banyak pelajaran berharga lewat Barakamon. Ditambah tokoh pendukungnya berhasil menghidupakan cerita.

Barakamon berhasil membuktikan kalau jarak umur bukanlah penghalang untuk berteman dengan siapa saja.

Anime ini adalah perjalanan Seishuu Handa untuk menemukan jati dirinya bersama Naru Kotoishi, siswa SD dengan kelakuan kocaknya yang siap bikin kamu cengengesan sendiri.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,5/10

5. Anime Comedy “Mob Pyscho”

Mob Psycho

Satu lagi anime yang menggambarkan si tokoh utama dengan kekuatan hebatnya, Mob Psycho adalah nomor kesekian dari anime bertipe serupa tapi ada satu yang membuat kami betah berlama-lama dengan Mob Psycho. Apa kira-kira?

Kageyama “Mob” adalah anak SMP dengan kekuatan super dahsyat Supernatural. Ia mampu mengalahkan berbagai macam hantu tanpa pandang bulu, tanpa memedulikan seberapa besar kekuatan dan kelas hantu tersebut.

Kamu yang sudah atau sedang nonton One Punch Man, Mob Psycho ibarat adik tingkatnya yang memiliki vibe serupa. Visual yang aneh merupakan poin lebih yang dimiliki Mob Psycho.

Jika kamu butuh tontonan yang sedikit out of the box, bisa banget nih Mob Psycho kamu jadiin referensi. Kami sendiri suka sekali dengan visual dimana para karakter digambarkan bermacam-macam rupanya.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,5/10

4. Anime Comedy “Gintama”

Gintama

Gintama ada salah satu nomor wahid dalam rekomendasi anime bergenre komedi terbaik. Tidak memasukkan Gintama ke dalam list rekomendasi ini adalah haram hukumnya.

Gintama punya fans garis keras yang membuktikan kalau anime ini punya nama besar yang wajib banget kamu lirik kalau kamu belum menontonnya.

Mengisahkan perjalanan Gintoki Sakata, samurai bodor dengan segala perilaku konyolnya. Bersama dengan kedua sahabatnya, Shinpachi Shimura dan kagura mereka berkelana untuk melunasi biaya sewa bulanan.

Gintama seringkali menhadirkan cameo dan parodi dari anime lain. Contohnya adalah Kuroko no Basket, salah satu anime maestro dari Anime Genre Sport.

Hal ini yang menjadikan Gintama punya kekuatan tersendiri. Tak heran ratingnya mencapai 9 di My Anime List. Disini jangan harap kamu bakal mendapatkan alur yang jelas.

Alurnya gak jelas, parah. Gintama mencampur-adukkan elemen alien dan samurai dan lainnya.

Gintama punya amunisi segudang untuk bikin kamu ngakak sampai sakit perut. Saran kami, coba tonton Gintama kalau kamu lagi badmood.

Jumlah episode: 201

Skor kami: 8,8/10

3. Anime Comedy “Aho Girl” Dengan Karakter Cewek Yang Bodohnya Natural

Aho Girl

Mengerucut ke posisi 3 besar, pilihan kami semakin menggila. Aho Girl, contohnya dimana isi ceritanya adalah representasi dari kegilaan tadi. Aho Girl, sesuai judulnya, menceritakan tentang gadis yang luar biasa bodohnya.

Yoshiko Hanabatake adalah refleksi dari gadis yang hidup semau gue, bodo amatan, dan tanpa otak.

Ia terobsesi pada teman sekolah sekaligus tetangga sebelah rumahnya, Akutsu “A-kun” dimana si A-kun ini satu-satunya orang yang tahan menangani kelakuan bodoh bin gila Yoshiko (meskipun sepertinya terpaksa, sih)

Selain terobsesi pada A-kunnya ini, Yoshiko si biang onar juga punya obsesi tersendiri pada pisang. Kami gak ngerti lagi maksud anime ini apa, sih?

Kemudian cerita bergulir dengan memunculkan karakter-karakter lainnya. Dari ibu si Yoshiko yang sama gilanya sampai cewek penggila A-kun. Penuh tawa.

Kamu gak butuh plot yang jelas buat nonton Aho Girl. Kelakuan si Yoshiko sendiri lah yang menjadi penggerak utama animenya. Mau liat kebodohan Yoshiko tanpa batas? Silahkan meluncur ke Aho Girl.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9/10

2. Anime Comedy “Grand Blue”

Grand Blue

Pada menit awal episode pertamanya, kami mengira ini adalah Anime Shoujo karena visual karakternya yang tipikal shoujo banget. Tapi tunggu sampai pertengahan cerita dan kamu bakal temuin betapa ngakaknya si Grand Blue ini.

Mengisahkan Iori Kitahara yang baru saja memulai kehidupan kuliahnya di sebuah pulau dimana ia menetap di rumah pamannya yang merupakan toko perlengkapan selam mirip kakeknya sekaligus merangkap sebagai basecamp klub selam kampusnya.

Dihadapkan pada keterpaksaan untuk ikut bergabung menjadi anggota klub selam tersebut dimana isinya adalah orang-orang sakit yang hobi banget mabuk sambil telanjang.

Dimulailah cerita sesungguhnya dengan segala kekonyolan Iori dan teman-temannya yang merefleksikan kebodohan mereka. Grand Blue adalah nomor baru dari jajaran atas anime bergenre comedy. Lawakan yang dihadirkan sangat intens.

Lihat saja bagaimana visualnya berubah ketika dihadapkan pada adegan konyol. Jangan harapkan cerita tentang menyelam lewat Grand Blue, karena itu hanya filler sesaat. Masterpiece!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,3/10

1. Anime Comedy “Asobi Asobase”

Asobi Asobase

Asobi Asobase pintar sekali mengecoh siapapun yang belum pernah menontonnya. Impresi apa yang kamu dapat ketika pertama kali melihat posternya? Anime soft yang isinya paling sekedar berputar pada pertemanan dan having crush? Anggapan kamu salah.

Asobi Asobase malah hadir sebagai anime comedy yang punya amunisi lawakan kuat lewat jajaran tokoh-tokohnya yang tampil extremely hilarious dan out of the box unlike other typical school girls di luar sana.

Coba bayangkan kalau kamu punya teman seperti mereka. Poin menarik pertama Asobi Asobase adalah kehadiran tokoh bernama Olivia yang merupakan siswi pindahan dari Amerika yang ngakunya pintar menggunakan bahasa ibunya tapi ternyata tidak.

Cerita berlanjut mengenalkan dua tokoh berikutnya, Hanako dan Kamu dimana ketiga dari mereka punya kepribadian aneh. Visual ala watercolor jadi nilai tambah Asobi Asobase disampai kadar comedy-nya yang membuncah.

Jangan harap kamu bakal nemuin cewek normal disini karena semuanya baik tokoh utama atau pendukung sama-sama bodornya. Asobi Asobase layak menduduki peringkat terdepan. Semoga kamu pun setuju!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,4/10

Itu dia 30 Rekomendasi Anime Comedy Terbaik Yang Siap Mengocok Perutmu. Anime comedy hadir dengan beraneka-ragam premis mulai dari yang ringan sampai berat.

Anime bengenre ini dan apa yang kami tulis diatas punya kadar amunisinya masing-masing. Tingkat seseorang menentukan lucu tidaknya suatu anime didasari oleh rasa dan selera orang tersebut.

Disini kami mencoba untuk memberi gambaran singkat mengenai anime komedi terbaik yang kami anggap layak buat kamu tonton. Perbedaan pasti ada, kami harap kamu terbantu dengan list diatas.

Saran kami, bacalah dengan seksama sinopsis anime tersebut sebelum kamu menontonnya karena banyak anime comedy yang menampilkan adegan atau plot eksplisit sebagai sajian utama mereka.

Jika sobat suka dengan list Anime Comedy Terbaik dari PonselSoak, jangan lupa untuk share link halaman ini ke teman kalian. Happy Watching Anime!

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.