Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Daftar Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik

Mau nonton anime dengan genre Slice of Life terbaik? Genre slice of life merupakan salah satu genre yang banyak difavoritkan para penikmatnya terutama para wanita, cerita yang seringkali berhubungan dengan dunia nyata pada umumnya.

Anime sehari-hari jika ditelaah bisa menjadi sebuah kode, jika kita berada pada kondisi yang sama dalam kehidupan nyata, sehingga kita bisa tahu harus berbuat apa. Nah sesuai namanya Slice of Life, potongan kisah dari kehidupan.

Makannya dalam anime Slice of Life seringkali menampilkan latar belakang tempat, penokohan yang sama seperti keadaan real, seperti layak’a drama korea, bedanya ini dalam bentuk animasi.

Cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, konflik yang kerap kali mengundang simpati, dan penokohan yang selaras dengan apa yang biasa kita temui di kehidupan nyata menjadi faktor utama mengapa genre ini cukup digandrungi.

Dibawah ini, kami merangkum anime slice of life apa saja yang menurut kami layak kamu tonton untuk mengisi hari-harimu. Pilihan didasarkan pada kesinambungan plot yang disajikan dengan tema slice of life itu sendiri. Simak baik-baik, ya!

Anime slice of life cuku disukai wanita, karena ceritanya real dekat dengan kehidupan sehari-hari dan karakter yang lovable! Lalu, apa saja anime sehari-hari yang harus kamu tonton? Berikut Daftar Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik yang bisa sobat tonton.

30. Anime Slice of Life “Takunomi”

Takunomi

Takunomi mengisahkan tentang sekelompok wanita dengan latar belakang, umur, dan perkerjaan berbeda-beda yang menempati sebuah share-house di kota Tokyo.

Premis utamanya sederhana. Menceritakan tentang berkumpul menikmati makanan dan minuman bersama-sama sembari membicarakan pengalaman masing-masing. Girl’s talk time.

Anime ini hadir nyaris tanpa konflik. Hanya sekedar bersenang-senang bersama girl squad. Kenapa kami bilang bersenang-senang? Karena keseluruhan ceritanya hanya menampilkan para tokohnya terlibat dalam percakapan yang biasa dibilang klise.

Butuh anime yang berjalan santai, pelan bahkan cenderung lambat, Takunomi bisa jadi pilihanmu karena kesederhanaan cerita yang mereka tawarkan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6/10

29. Anime Slice of Life “Sanrio Danshi”

Sanrio Danshi

Apa jadinya jika para pria di anime ini merupakan penggemar berat karakter-karakter dalam Sanrio yang notabene berkaitan kuat dengan wanita?

Sanrio Danshi bercerita tentang Kouta Hasegama, seorang pecinta karakter Sanrio dan sekumpulan temannya yang memiliki hasrat sama akan kecintaan terhadap karakter Sanrio.

Sanrio Danshi adalah perjalanan untuk membuang jauh-jauh rasa malu terhadap apa yang ia dan teman-temannya sukai.

Anime ini membawa pesan tersirat bahwa gender dan apa yang kita sukai tidak ada hubungannya. Tidak masalah jika kita menjadi minoritas, melawan arus dari stereotipe masyarakat serta stigma negatif mereka.

Sanrio Danshi adalah anime yang diisi cowok-cowok kawaii dengan bumbu slice of life ringan.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,1/10

28. Anime Slice of Life “Ramen Daisuki Koizumi-san”

Ramen Daisuki Koizumi san 1

Anime slice of life tentang makanan punya penggemarnya sendiri. Kamu salah satunya? Kalau iya, Ramen Daisuki Koizumi-san bisa kamu jadiin referensi.

Bercerita tentang Koizumi, tokoh sentral dari anime ini. Si Koizumi yang agak misterius ini, jarang sekali atau bahkan tidak pernah berinteraksi di kelas dan sepertinya tidak tertarik untuk berteman dengan siapa-pun.

Ia hanya tertarik pada satu hal, yaitu ramen. Ya, Koizumi adalah seorang maniak ramen.

Melalui Ramen Daisuki Koizumi-san, kamu bakal diajak untuk jalan-jalan mencari restoran yang menyajikan berbagai macam ramen bersama Koizumi dan temannya yang selalu minta banget diajak, LOL.

Bersiaplah untuk ngiler saat kamu nonton Ramen Daisuki Koizumi-san, ya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,3/10

27. Anime Slice of Life “Blend S”

Blend S

Blend S datang dengan premis aneh pada awalnya. Tapi selanjutkan kamu akan disuguhkan tontonan yang mengedepankan working life dan bumbu-bumbu komedi.

Dengan ekspresi banyak gloomy dan sadisnya, Maika Sakuranomiya kesulitan untuk menemukan kerja paruh waktu untuknya hingga suatu hari secara tak sengaja ia bertemu dengan seorang bule Italia.

Ddengan perilaku konyolnya yang merupakan pemilik sebuah cafe bernama Stile. Stile adalah kafe dengan konsep untuk. Para pelayannya diberikan peran masing-masing untuk melayani pelanggannya.

Maika dengan ekspresi wajah yang mendukung berhasil mendapatkan kerja paruh waktu pertamanya di Stile sebagai pelayan yang harus berperan sebagai seorang sadistik.

Cerita berlanjut menampilkan keseharian para pekerjanya dan tentu saja di bule Italia ini dan Maika yang hubungannya maju mundur. Kehidupan part-timer digambarkan cukup baik disini dengan tentu saja menambahkan bumbu komedi.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,3/10

26. Anime Slice of Life “Silver Spoon”

Silver SpoonButuh tontonan anime slice of life mengedukasi? Silver Spoon bisa jadi pilihanmu karena kamu akan diajak menyelami kehidupan sekolah asrama yang berkonsentasi pada peternakan dan segala kegiatan seru yang berhubungan dengan peternakan dan seisi-isinya.

Mengisahkan Yuugo Hachiken, mahasiswa baru yang datang dari kegusarannya terhadap orang tua yang mengekangnya. Kesal, Hachiken memutuskan untuk bersekolah di tempat yang jauh agar terlepas dari orang tuanya.

Dipilih lah sekolah peternakan ini dimana ia akan menemukan hal-hal baru. Premis yang cukup unik dimana di dalam Silver Spoon banyak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil.

Mulai dari bagaimana merawat hewan ternak, mengolahnya hingga menjadi produk, hingga menyelasaikan intrik dengan orang tua. Silver Spoon punya amunisi slice of life yang kuat.

Jumlah episode: 22

Skor kami: 6,3/10

25. Anime Slice of Life “Izakaya Nobu”

Izakaya Nobu

Jangan terkecoh dengan isekai yang mereka gunakan sebagai setting utama. Meski berbau fantasy, Izakaya Nobu bukan merupakan anime isekai pada umumnya bahkan hanya memiliki secuil korelasi dengan isekai. Ia datang dengan premis sederhana.

Ya, sederhana. Izakaya Nobu tak lebih dari sebuah anime yang isinya tentang memperkenalkan apa saja sih makanan Jepang. Bikin lapar? tentu.

Kamu akan dibawa ke sebuah kedai makanan ala Jepang melalui Izakaya Nobu. Banyak makanan enak yang nantinya bakal kamu lihat melalui anime ini.

Jangan langsung cut di setiap akhir episodenya karena bakal ada tutorial memasak yang bisa kamu jadiin referensi. Format yang unik menurut kami. Kalau kamu butuh tontonan asyik tentang memasak, Izakaya Nobu bisa masuk list kamu.

Selain ini refrensi genre iekai bisa dilihat pada artikel Anime Isekai Terbaik, Anime Isekai Overpower, Anime Isekai Harem, serta Anime Isekai Romance.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 6,4/10

24. Anime Slice of Life “Emiya-san Chi no Kyou no Gohan”

Emiya san

Emiya-san Chi Kyou no Gohan adalah contoh lain dari anime dengan format unik. Kalau kamu pecinta Fate, maka gak ada salahnya kalau kamu nonton ini yang merupakan spin-off dari si Fate tadi.

Tanpa plot kuat, Emiya-san Chi Kyou  no Gohan menampilkan kegiatan masak-masak yang dilakukan oleh Fifth Holy Grail War, dimana Shirou Emiya adalah peramu masakan-masakan yang ada di Emiya-san Chi Kyou no Gohan.

Terdengar seperti anime rumahan, ya! Kenapa kami bilang unik? karena per-episode dalam anime ini tayang satu bulan sekali, lho. Jangan harapkan plot megah yang sebelumnya disajikan Fate.

Bagaimana pun ini adalah spin-off selingan. anime ini hanyalah sekedar tontonan ringan tentang kehidupan sehari-hari.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,4/10

23. Anime Slice of Life “Dagashi Kashi”

Dagashi Kashi

Dagashi Kashi adalah salah satu contoh rekomendasi anime slice of life yang membuat kami ingin langsung mengoperi pakaian, memesan tiket, dan terbang ke Jepang untuk mendatangi setting tempat yang ada di Dagashi Kashi.

Dagashi Kashi memberikan kamu pengetahuan tentang apa saja sih makanan ringan atau cemilan yang ada di Jepang secara cuma-cuma. Disini kamu bakal nemuin beberapa produk cemilan yang sempat ada di Indonesia juga lho. Ah, nostalgia sekali.

Setting utama tempat menggunakan warung jajanan ringan milik Shikada Dagashi. Dimana keluarga Shikada sudah lama menjalankan bisnis ini.

Kehadiran karakter aneh bin konyol bernama Hotaru Shidare, maniak cemilan memberikan kamu pengetahuan baru dan warna segar pada anime ini, lho.

Walau tanpa konflik berarti, hanya berisi menikmati cemilan, Dagashi Kashi bisa memenuhi keingintahuan kamu tentang makanan-makanan Jepang. Menonton Dagashi Kashi jangan lupa menyediakan cemilan juga biar vibe-nya serasa sama, LOL.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,5/10

22. Anime Slice of Life “Udon no Kuni no Kiniro Kemari”

Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Banyak yang bilang Udon no Kuni no Kiniro Kemari adalah versi duplikat dari anime yang sudah punya nama besar, Barakamon.

Terlepas dari kemiripan keduanya, gak bisa dibilang juga kalau ini adalah versi duplikat karena apa yang tertampil kalau kamu nonton sampai akhir, sangat jauh berbeda.

Cerita dimulai dengan Souta Tawara, seorang web designer yang memutuskan untuk mudik ke kampung halamannya.

Berniat untuk menjual rumah beserta kedai udon (mie jepang) peninggalan orang tuanya, Souta tak sengaja menemukan anak kecil misterius yang bersembunyi di dalam kedai udonnya.

Hubungan ayah dan anak tanpa ikatan darah bakal kamu temuin lewat anime ini. Ditambah dengan atmosfir ala slice of life yang menitik-beratkan hubungan keluarga menjadi sajian utamnya.

Kalau kamu cukup sensitif dengan anak kecil dan cerita yang bisa kami bilang melankolis, ini cocok banget.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,6/10

21. Anime Slice of Life “Amaama to Inazuma”

Amaama to Inazuma

Nomor lain dari anime yang mengedepankan hubungan ayah dan anak adalah Amaama to Inazuma. Dibangun diatas premis tentang makanan, Amaama to Inazauma menggabungkan keduanya menjadi sajian unik dan menarik.

Adalah Kouhei Inuzuka yang harus menjadi single parent untuk Tsumugi sepeninggal istrinya. Kesibukannya sebagai guru, terlebih ia tidak bisa memasak, menimbulkan kekhawatiran akan nutrisi yang diperoleh Tsumugi.

Sampai suatu hari murid Kouhoei mengajak keduanya makan malam bersama. Dimulailah pertualangan ketiganya yang sama-sama amatir dalam hal memasak seperti pada Anime Memasak Terbaik.

Keseluruhan episode Amaama to Inazuma diisi dengan kegiatan memasak mereka. Jangan lewatkan intrik keluarga yang bikin kamu melting apalagi dengan kelucuan si Tsumugi ini.  Sangat menarik untuk ditonton.

Hubungan ayah dan anak digambarkan dengan baik disini dan merefleksikan apa yang biasa terjadi di masyarakat. Amaama to Inazuma adalah bentuk lain dari anime bertemakan makanan dengan cerita segar.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,6/10

20. Anime Slice of Life “Working!!”

Working

Tema lingkungan kerja adalah salah satu tema yang umum digunakan dalam anime bergenre slice of life. Tak terkecuali dengan Working!!

Setting tempat yang mayoritas menampilkan sebuah restoran keluarga ini punya cerita asyik dan lucu untuk kamu ikuti.

Cerita berpusat tentang bagaimana para pekerja restoran keluarga ini melakukan aktivitas sehari-hari yang asyiiknya diselingi dengan bumbu-bumbu komedi.

Working!! hadir sebanyak 3 season dimana di setiap seasonnya menghadirkan karakter baru dengan tetap berfokus pada setting utamanya. Buat kamu yang penasaran seperti apa rasanya bekerja, jadikan Working!! sebagai tontonanmu, ya!

Jumlah episode: 13

Skor kami: 6,7/10

19. Anime Slice of Life “Sakura Quest”

Sakura Quest

Satu hal yang pasti dari anime slice of life adalah keselarasannya dengan dunia nyata. Hal ini tentu tak luput dari Sakura Quest, anime yang bercerita tentang dunia kerja dan lika-likunya.

Sakura Quest membawa premis yang kami yakin seringkali terjadi di dunia saat ini; mencari pekerjaan di kota amatlah sulit.

Didasari pernyataan tadi, Yoshino yang akhirnya mendapatkan pekerjaan namun bukan di kota besar, melainkan desa, berusaha keras untuk mengemban tugasnya dengan baik.

Tugas besarnya adalah mengembalikan kejayaan suatu desa agar menjadi destinasi wisata yang dilirik wisatawan, banyak cara yang dilaluinya bersama teman-temannya.

Sakura Quest memuat banyak sekali motivasi buat kamu agar tidak mudah menyerah dan terus berusaha dalam pekerjaanmu.

Skor kami: 6,8/10

18. Anime Slice of Life “Rokuhoudou Yotsuiro Biyori”

Rokuhoudou Yotsuiro Biyori

Bagaimana rasanya mengelola kafe dan melayani pelanggan dengan latar belakang berbeda-beda? Rokuhoudou Yatsuiro Biyori menghadirkan cerita yang heart-warming dengan bumbu intrik internal keluarga yang sayang kalau kamu lewatkan.

Mengisahkan sekelompok pria yang mengelola sebuah kafe bernama Rokuhoudou, dimana kafe ini merupakan peninggalan dari kakek salah satu tokoh. Pelayanan ramah, menu yang memikat dan lezat jadi adalah apa yang disajikan Rokuhoudou.

Garis besar cerita mengambil para pelanggan dari kafe ini sebagai penggerak cerita. Disini kamu diajak untuk mendengarkan curhatan para pelanggan Rokuhoudo.

Hubungan antar saudara jadi benang merah  Rokuhoudou Yotsuiro Biyori. Tanpa perlu banyak ba,bi,bu, langsung tonton saja, ya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,8/10

17. Anime Slice of Life “Tamako Market”

Tamako Market

Anime dengan tema makanan seakan tak ada habisnya. Selanjutnya datang dari Tamako Market.

Tercipta dari salah satu studio anime favorit kami, Kyoto Animation (Kyoani), kamu gak perlu ragu dengan visual yang bakal dihadirkan Tamako Market. Objek makanan yang dipakai kali ini adalah mochi.

Premis awalnya terdengar ibarat cerita fantasy dimana menceritakan seekor burung yang sedang dalam perjalanan mencari calon istri untuk pangerannya tapi malah nyasar ke sebuah distrik pertokoan Usagiyama dan bertemu dengan si tokoh utama anime ini.

Cerita kemudian menggiring kamu kedalam keseharian Tamako yang keluarganya menjalanankan bisnis mochi dan keseruannya bersama pedagang-pedagang di distrik tersebut. Kamu wajib nonton ini kalau kamu pecinta anime bervisual aduhai.

Seperti pada beberapa anime yang memiliki genre mirip seperti pada daftar rekomendasi Anime Fantasy Romance Terbaik.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 6,9/10

16. Anime Slice of Life “Wotaku ni Koi wa Muzukashii”

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Kalau kamu adalah seorang otaku atau penasaran seperti apa sih otaku itu, kok bisa ya para otaku bisa tetap on fokus sama pekerjaannya, Wotaku ni Koi wa Muzukashii adalah jawaban dari semua pertanyaan kamu.

Anime yang didasari pada kecintaan para tokohnya terhadap hal-hal berbau Jepang seperti manga dan game konsol ini menghadirkan cerita lucu tentang dunia perkantornya yang sebenarnya bisa kami bilang cuma sebatas kamuflase dan filler saja.

Tapi percayalah, apa yang dibawa Wotaku ni Koi wa Muzukashii cukup relate dengan apa yang terjadi di masyarakat, khusunya Jepang ya. Contohnya bisa dilihat bagaimana sulitnya menemukan pacar jika kamu adalah seorang fujoshi.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii memberikan kamu sajian hangat dan lucu tentang percintaan di dunia kantor. Poin plus ada pada pemilihan lagu opening dan closingnya yang kami rasa cocok dengan atmosfir animenya. Kamu wajib nonton!

Jumlah episode: 11

Skor kami: 7/10

15. Anime Slice of Life “Hyouka”

Hyouka

Datang dari Kyoto Animation, Hyouka memasukkan elemen mystery selain slice of life. Hyouka adalah salah satu anime yang banyak dibicarakan dan difavoritkan orang dan kami tak ragu untuk memasukkannya ke dalam list.

Faktor utama mengapa Hyouka bisa digandrungi adalah karena tokoh utamanya sendiri. Oreki Houtaru adalah siswa SMA seperti kebanyakan.

Yang membuatnya menarik adalah kemampuannya untuk memecahkan misteri meskipun si Houtaru ini malesnya kebangetan, lho.

Pemecahan misteri-misteri yang kemudian akan diceritakan, berawal dari pertemuannya dengan gadis penuh rasa kepo akan misteri bernama Chitanda Eru. Nah, si Chitanda ini selain Hotaru tadi, berhasil memberikan warna yang menarik pada cerita.

Kamu tipikal penyuka anime dengan tema detektif? Selain Detective Conan yang sudah melegenda itu, pastiin kamu nonton Hyouka juga, ya!

Jumlah episode: 22

Skor kami: 7,1/10

14. Anime Slice of Life “Tada-kun wa Koi wo Shinai”

Tada kun wa Koi wo Shinai

Selain dikategorikan sebagai anime romance, Tada-kun wa Koi wo Shinai yang judulnya diambil dari nama tokoh utamanya, cukup versatile lho untuk dikategorikan sebagai anime slice of life juga.

Mungkin ada beberapa part yang menurut kamu agak halu, tapi percayalah, kalau kamu nyari tontonan yang mengambil premis tentang kehidupan anak sekolah, Tada-kun wa Koi wo Shinai punya amunisi penuh buat memenuhi ekspektasi kamu.

Mengisahkan Tada, yang belum pernah sekalipun merasakan cinta, tanpa sengaja memotret wanite bule yang kemudian menjadi anak baru di kelasnya. Cukup klise? benar.

Tapi dari ke-klise-an ini, kamu akan diajak untuk menemukan arti cinta dan pertemanan yang sesungguhnya.

Garis besar Tada-ku wa Koi wo Shinai menceritakan keseharian Tada, si bule tadi dan teman-temannya yang tergabung dalam klub fotografi.

Menarik untuk disimak apalagi ketika kamu sudah sampai di penghujung ceritanya yang bikin kamu, tipikal penyuka bumbu romance jadi melting.

Tidak hanya ini saja untuk genre romance juga mimin punya rekomendasi seperti Anime Romance School Terbaik dan pastinya Nonton Anime Romance Comedy bisa jadi tontonan yang tepat untuk bersantai.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,2/10

13. Anime Slice of Life “Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge”

Tanaka kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka dan Hotarou dalam Hyouka ibarat saudara kandung dengan kepribadian sama. Ya, sama malasnya, LOL! yang membedakan mungkin kadar kemalasan Tanaka yang lebih akut.

he seems like not interest with anything in life, though! tapi kehadiran si Tanaka ini lah yang bikin ceritanya menarik. cek juga daftar untuk Anime School Terbaik yang bisa dijadikan tontonan dikala senggang.

Disamping kemalasan si Tanaka, anime yang meminjam namanya sebagai judul ini punya eksekusi baik dalam menampilkan sisi slice of life yang kami rasa sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Apa yang dirasakan dan bagaimana Tanaka memandang arti hidupnya cukup relate dengan kebanyakan dari kita, lho. Cukup saksikan Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge dengan santai dan coba lihat kembali dirimu, mirip gak Tanaka sama kamu?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 7,3/10

12. Anime Slice of Life “Servant x Service”

Servant x Service 1

Penasaran bagaimana kehidupan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tempat kerjanya? Lewat Servant x Service kamu bakal diajak nih buat mengamati bagaimana cara mereka melayani masyarakat.

Membaca sinopsis awalnya, pasti terasa membosankan. Tapi tunggu dulu. Servant x Service punya banyak scene yang memperlihatkan kamu tentang bagaimana dunia kerja disana ditambah adegan-adegan konyol yang berhasil diciptakan para tokohnya.

Stigma dunia perkerjaan yang membosankan masih kah melekat? Servant x Service hadir sama sekali tidak membosakankan, kok.

Yang jadi favorit kami adalah tokoh-tokohnya pendukungnya apalagi si nenek yang hobi banget ngomong tanpa henti dan pede banget jodohin cucunya. Ooops! a little spoiler won’t hurt anybody!

Jumlah episode: 13

Skor kami: 7,5/10

11. Anime Slice of Life “Shirobako”

Shirobako

Anime slice of life terbaik satu ini jangan sampai kamu lewatkan, ya! apalagi buat kamu yang penasaran bagaimana rasanya berkecimpung dalam produksi anime.

Seperti apa ya proses pembuatan anime dari awal sampai akhirnya bisa kita saksikan? Shirobako hadir untuk menjawab pertanyaan kamu diatas.

Mengisahkan impian kelima sohib yang baru lulus SMA beranggotakan Midori Imai, Yasuhara Ema, Miyamori Aoi, Shizuka Sakaki, dan Misa Toudou untuk bekerja di sebuah studio anime dan membuat anime bersama-sama.

Premis menarik ditunjang dengan karakterisasi yang kuat dan tentunya visual menarik jadi nilai jual Shirobako dalam menghadirkan sajian tentang apa yang terjadi dan bagaimana proses pembuatan anime yang nampaknya jarang diperlihatkan.

Menonton ini, kamu  bisa dapet hiburan dan pengetahuan sekaligus.

Jumlah episode: 24

Skor kami: 7,7/10

10. Anime Slice of Life “Yuru Camp”

Yuru Camp

Kamu pecinta alam? Selalu memimpikan untuk pergi camping dan menikmati pemandangan gunung sambil menyeruput segelas kopi hangat ditemani cahaya api unggun?

Gak perlu usaha lebih untuk mewujudkan itu karena melalui Yuru Camp, kamu bisa nikmatin itu semua secara cuma-cuma.

Hadir sebagai nomor slice of life yang tamat awal 2018 lalu, Yuru Camp memanjakan kamu dengan visual ciamiknya yang menampilkan aktivitas camping para tokohnya.

Kesan heart-relaxing akan langsung kamu dapatkan tatkala kamu mulai menontonnya. Another self-calming anime no one can hate!

Sulit bagi kamu untuk tidak jatuh cinta dengan tokoh-tokoh di dalamnya. Yuru Camp memang tak punya konflik yang berarti, bahkan cenderut flat aja.

Satu yang jadi kekuatan anime ini datang dari visual dan atmosfir yang bikin kamu serasa benar-benar lagi ada disitu.

Yuru Camp adalah kandidat oke untuk jadi anime slice of life favoritmu. Menonton Yuru Camp ibarat berlibur dalam versi virtual secara gratis dan pastinya memanjakan mata.

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8/10

9. Anime Slice of Life “Tsurune”

Tsurune

Lagi-lagi datang dari Kyoto Animation, tak heran jika Tsurune tampil sebagai anime sport berbumbu slice of life setelah suksesor sebelumnya, franchise besar Free!! berhasil mengeksekusi baik dari segi sport maupun slice of life-nya dengan apik.

Terlepas dari genre sport yang dibawanya, Tsurune tak luput dari elemen kehidupan sehari-hari. Bahkan kami berani bilang, kadar sport yang jadi sajian utama mereka tak lebih banyak dari slice of life-nya.

Disini kamu akan dibawa untuk menyaksikan perjalanan Minato, seorang mantan atlit panahan yang mempunyai sindrom bernama target panik.

Cerita bergulir menampilkan tokoh bernama Masa-san yang membantunya menemukan kembali arti panahan dah tentu saja tokoh pendukung lainnya.

Setipe dengan Free!!, konflik pergulatan batin dan persahabatan adalah apa yang akan kamu temukan juga pada Tsurune. Anime ini masih fresh banget, lho.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,2/10

8. Anime Slice of Life “Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue”

Doukyonin wa Hiza Tokidoki Atama no Ue

Anime yang baru saja menetas, Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue adalah angin segar buat kamu pencari anime slice of life yang baru banget menetas alias tayang.

Mengisahkan partnership antara manusia dan kucing. Pecinta kucing mana suaranya? Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue (Well, abaikan judul panjangnya!) hadir dengan cerita persahabatan mengharu-biru, lho.

Subaru Mikazaki adalah seorang novelis misteri yang tidak dapat bersosialisasi dengan baik dengan manusia.

Menemukan apa arti persahabatan dengan seekor kucing liar yang ditemuinya saat sedang berdoa di makam orang-tuanya, ia merawat dan kemudian menamai kucing itu Haru.

Dengan menggunakan dua sudut padang antara Subaru dang si kucing dalam berutur, Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue layak kamu perhitungan untuk jadi tontonan selanjutnya.

Tak perlu ditanya lagi mengenai porsi slice of life-nya. Kamu penikmat anime mingguan? Silahkan ikuti anime ini, ya!

Jumlah episode: 12

Skor kami: 8,3/10

7. Anime Slice of Life “Hinamatsuri”

Hinamatsuri

Lewat Hinamatsuri ada pesan yang mengajarkanmu tentang bagaimana caranya survive dari kehidupan yang kejam ini.

Ibarat kuda hitam, Hinamatsuri yang awalnya kami kira hanya akan berfokus pada komedinya saja, ternyata melangkah lebih jauh dari ekspektasi kami.

Mencampur-adukkan elemen comedy, slice of life, dan sedikit bumbu fantasy, Hinamatsuri membungkus ketiganya menjadi sajian yang menarik.

Disini banyak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil. Mulai dari cara membangun kepercayaan orang lain, bekerja di usia muda, sampai bekerja keras demi menyambung hidup.

Kamu akan diajarkan akan pentingnya memaknai pundi-pundi uang yang kamu hasilkan. Belum lama tamat, tentu Hinamatsuri jauh dari kata jadul dan usang. Dengan pelajaran moralitas diatas, Hinamatsuri adalah tontonan sehat bagi para penikmatnya.

Cek juga rekomendasi untuk Anime Comedy Terbaik serta untuk yang suka romance ada Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 8,5/10

6. Anime Slice of Life “Hanasaku Iroha”

Hanasaku Iroha

Hanasaku Iroha memoles ke-kompleksitas-an hubungan ibu dan anak dengan sangat apik. Plot yang ia bangun kuat bahkan kamu baru akan menyadari benang merah dari Hanasaku Iroha setelah melangkah cukup jauh ke dalam animenya.

Berpusat pada si tokoh utama, Ohana yang dikirim oleh ibunya untuk tinggal bersama sang nenek.

Neneknya merupakan pemilik penginapan air panas bernama Kussui dimana si nenek ini sangat strict lho, tidak seperti apa yang dibayangkan Ohana sebelumnya. Alih-alih dimanja, Ohana malah dijadikan pekerja di penginapan tersebut.

Cerita berlanjutan dengan keseharian Ohana dan rekan-rekannya dimana pada pertengahan ceritanya nanti, kamu akan digiring ke sesuatu yang deep. Tenang, kami gak akan spoiler, kok.

Jumlah episode: 26

Skor kami: 8,7/10

5. Anime Slice of Life “Usagi Drop”

Usagi Drop

Usagi Drop mengangkat tema berat sebagai pondasi cerita mereka. Yang akan menjadi fokus utama disini adalah bagaimana kehidupan seorang single parent dan anak yang bukan anak kandungnya. Bisa kah mereka survive?

Mengisahkan tentang Kawachi Daikichi, seorang karyawan pada umumnya, tidak ada yang spesial darinya.

Dihadapkan pada kenyataan bahwa sang kakek yang baru saja meninggal ternyata mempunyai anak diam-diam bernama Rin. Sanak keluarganya mengganggap anak itu adalah aib.

Merasa tak ada satupun yang akan mengadopsi anak itu, tak tega jika nasib Rin harus berakhir di panti asuhan, Kawachi memutuskan untuk mengasuhkan walaupun ia tak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Menilik dari polanya, Usagi Drop bisa disejajarkan dengan Barakamon dan Udon no Kuni no Kiniro Kemari.

Dengan premis yang kuat, Usagi Drop menghadirkan drama keluarga yang penuh intrik dan menggetarkan jiwa. Pecinta anime bertipe melankolis silahkan merapat.

Jumlah episode: 11

Skor kami: 9/10

4. Anime Slice of Life “Nana”

NanaDua orang Nana tapi dengan kepribadian berbeda tapi dengan satu tujuan. Yang satu mencari popularitas dan pengakuan, sementara Nana yang lain mencari kebahagian dan royalitas. Nana mana yang akan kamu dukung?

Jika dirasa Usagi Drop belum cukup dramatis, yang satu ini bisa jadi pilihanmu selanjutnya. Nana adalah satu dari sekian anime slice of life dengan konflik terbaik dimana kamu diajak untuk bersimpati pada apa yang dialami tokohnya.

Meski tayang lebih dari 1 dekade lalu, Nana masih punya tameng kuat sebagai anime yang menyajikan cerita kompleks nan dramatis. Tak heran My Anime List menempatkannya dalam daftar 100 Anime Terbaik.

Buat kamu yang butuh cerita epik dan gak peduli dengan tahun tayang sebuah anime, Nana adalah salah satu maestro di genre ini yang wajib kamu tonton.

Jumlah episode: 47

Skor kami: 9,2/10

3. Anime Slice of Life “Orange”

Orange

Tak butuh banyak berpikir untuk menjatuhkan posisi 3 besar pertama ke Orange. Anime yang mampu memompa dan menaik-turunkan perasaan para penontonnya ini, memposisikan diri sebagai anime slice of life dengan tema dramastis dan berat.

Agar menghindarimu dari spoiler, kami gak akan memberikan sinopsisnya. Tapi tenang saja, disini kami akan memaparkan Orange secara garis besar.

Orange membawa tema cukup kelam tentang depresi yang berkemungkinan besar akan membawa siapapun yang merasakannya ke hal yang berbahaya.

Sepanjang Orange, kamu akan diajak untuk menebak-nebak berhasilkah upaya yang dilakukan tokoh-tokoh pendukungnya.

Nilai persahabatan yang sangat kuat adalah nilai lebih Orange. Didasari kekuatan dari segi cerita dan penokohannya, menjadikan Orange layak menduduki posisi ini.

Jangan berlarut-larut dalam kesedihan ya setelah menontonnya! Orange punya alternative ending, lho.

Jumlah episode: 13

Skor kami: 9,3/10

2. Anime Slice of Life “Barakamon”

Barakamon

Barakamon adalah nama besar yang wajib hukumnya dimasukkan kedalam list 30 Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik.

Semua elemen didalamnya mewakilki apa yang harus ada dalam suatu produksi anime slice of life (tentu saja untuk kamu pecinta anime yang jauh dari kata mellow).

Menghadirkan cerita persabahatan lintas usia dan latar belakang, Barakamon mengesampingkan sejenak hiruk-pikuk kota dengan mengambil penempatan sebuah pulau sebagai setting tempat utamanya.

Seishuu Handa, seorang kaligrafer muda, tampan, dan tentu saja berbakat, harus menerima nasib dirinya yang diasingkan ke sebuah pulau akibat tindakan barbar yang ia lakukan terhadap direkturnya.

Pengasingan ditujukan agar ia mampu menemukan kembali jati dirinya sebagai seorang kaligrafer.

Hari-hari Handa selanjutnya dilalui dengan beragam aksi konyol ditemani teman-teman barunya. Naru, contohnya. Bocah SD dengan tingkah polosnya.

Barakamon menyajikan kehidupan dan atmosfir khas penduduk pedesaan yang bikin hati adem. Setuju kah kamu?

Jumlah episode: 12

Skor kami: 9,4/10

1. Anime Slice of Life “Natsume Yuujinchou”

Natsume Yuujinchou

Natsume Yuujinchou adalah franchise hebat yang sudah beranak-pinak menjadi beberapa rilisan lain yang saling berhubungan sejak 2008 silam hingga saat ini.

Eksistensinya bukan tanpa sebab. Natsume Yuujinchou memantapkan diri sebagai salah satu legend dalam genre slice of life.

Bukan murni slice of life, Natsume Yuujinchou menggunakan pendekatan dunia supernatural sebagai polesan untuk menunjukkan tamengnya sebagai anime slice of life yang memakai setting tempat sebagai kekuatan utama.

Menceritakan Takashi Natsume, yang hidupnya harus dioper kesana kemari karena kemampuan melihat makhluk tak kasat mata yang dimilikinya sehingga tak ada sanak keluarganya yang tahan mengadopsinya.

Menemukan keluarga angkat yang akhirnya menerimanya dengan baik, Dimulailah pertualangan Takashi dalam mengembalikan makhluk-makhluk astral tadi ke alamnya dengan ragam cara.

Natsume Yuujinchou menyajikan visual hangat yang everlasting didampingi plot yang konsisten di jalurnya.

Jumlah episode: 13 (season 1)

Skor kami: 9,5/10

Demikianlah beberapa rekomendasi anime yang kami rangkum dalam 30 Anime Slice of Life terbaik yang wajib kamu tonton untuk memberimu motivasi, pelajaran hidup, atau sekedar mengisi waktu luang.

Anime slice of life identik dengan pemaparan cerita yang logis dan merefeksikan kehidupan sehari-hari. Bahkan dengan premis ringan minim konflik, anime slice of life bisa sukses besar dengan menggaet banyak penggemar.

Contohnya: Yuru Camp. Namun, tak menutup kemungkinan anime bergenre slice of life bisa melompat lebih dalam menyajikan konflik yang besar. Contohnya: Usagi Drop dan Nana.

Menonton anime slice of life ibarat kamu sedang merefleksikan diri kamu. Banyak tokoh yang digambarkan mewakili apa yang dirasakan orang-orang saat ini.

Sebagai contoh, hal tersebut bisa kamu dapetin melalui Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge. Kami yakin banget anime tersebut relevan dengan banyak orang.

Anime slice of life sarat akan nilai moral yang pastinya berguna banget buat kamu. Silahkan sebarkan poin-poin positif yang terkandung di dalam anime-anime di atas ke orang-orang terdekatmu, ya!

Jika sobat suka dengan list Anime Slice of Life Terbaik dari Ponsel Soak, jangan lupa untuk share link halaman ini ke teman kalian. Happy Watching Anime!

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.