Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Rekomendasi Anime Supernatural Terbaik

Anime dengan genre Supernatural tidak berarti “sangat natural”, bahkan anime Supernatural bisa dikatakan genre anime yang diluar nalar, lebih condong pada kekuatan ghaib (supranatural?) diluar akal manusia pada umumnya.

Ost yang dibawakan terkadang nyeleneh dan tokoh karakter memiliki kemampuan unik serta kuat, lalu siapakah tohoh yang akan menjadi idola sobat pada genre ini?

Untuk kamu yang gemar menonton anime, tentu sudah tahu bahwa banyak sekali genre yang beredar di pasaran. Mulai dari anime supernatural, action, mecha, slice of life, romance, horror dan sebagainya.

Supernatural adalah sebuah genre anime yang berfokus pada fenomena diluar nalar manusia, namun tidak selalu harus berkaitan dengan hantu. That’s the point.. jadi bisa juga anime selain hantu yang dikatakan supernatural.

Biasanya, anime supernatural dikombinasikan juga dengan horror, psychology, thriller, drama, bahkan juga komedi. Anime supernatural terbaik seringkali meninggalkan kesan yang kuat, bahkan setelah kita selesai menontonnya.

Untuk kamu yang mencari rekomendasi anime supernatural terbaik, judul-judul di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan. Sudahkan kamu menonton deretan anime supernatural terbaik ini?

Anime supernatural begitu populer, karena ceritanya yang unik dan karakter yang keren! Lalu, apa saja anime supranatural yang harus kamu tonton? Berikut Daftar Rekomendasi Anime Supernatural Terbaik yang bisa sobat tonton.

30. Anime Supernatural “Nurarihyon No Mago (Nura: Rise Of The Yokai Clan)”

nurarihyon resizedAnime supernatural yang sering disingkat menjadi Nuramago ini rilis pertama kali pada tahun 2010 dan berasal dari manga berjudul sama.

Tokoh utama yang bernama Nura Rikuo, sama sekali tidak pernah berharap untuk dilahirkan sebagai penerus dari Klan Nura yang berwujud siluman.

Apalagi, dia hanya seperempat siluman, dan hanya bisa berubah ketika malam. Tapi kakeknya, Nurarihyon, telah bertitah.

Meskipun berkutat di kisah-kisah Yokai seperti anime-anime supernatural lainnya, Nuramago memiliki daya tarik tersendiri pada desain karakter yang unik serta permainan warna.

Nuramago juga bisa disebut sebagai salah satu anime supernatural terbaik karena telah ditayangkan hingga 2 season, dengan masing-masing season sebanyak 26 episode.

29. Anime Supernatural “Yu Yu Hakusho”

yuyu hakusho resized

Rekomendasi anime supernatural terbaik selanjutnya adalah Yu Yu Hakusho. Berasa dari manga berjudul sama karya Yoshihiro Togashi, Yu Yu Hakusho bercerita tentang Urameshi Yusuke.

Doi seorang remaja berandal yang mengalami kecelakaan dan sempat mati suri. Untungnya, dia diberi kesempatan untuk hidup lagi oleh Koenma, si anak raja Neraka.

Untuk mengisi kehidupan barunya, Yusuke diberi tugas menjadi detektif neraka dan menyelesaikan berbagai kasus yang berhubungan dengan mahluk-mahluk spiritual.

Dalam menjalankan tugas, Yusuke ditemani Kuwabara (rival yang akhirnya justru menjadi sahabat baiknya), Hiei dan Kurama.

Kelebihan Yu Yu Hakusho yang membuatnya bisa disebut sebagai anime supernatural terbaik adalah: meskipun banyak mengambil referensi spiritual agama Buddha.

Dalam penyajiannya dapat berpadu dengan apik sebagai Anime Action dan Genre Shounen, serta membahas banyak tentang Martial Arts.

28. Anime Supernatural “Saiki Kusuo No Psi Nan (The Disastrous Life Of Saiki Kusuo)”

saiki kusuo no psi nan resized

Mencari rekomendasi anime supernatural terbaik yang kocak abis? Kalian harus coba tonton Saiki Kusuo No Psi Nan.

Sesuai dengan judulnya, Anime bergenre supernatural-comedy-school life ini menceritakan soal Saiki dan hidupnya yang penuh disaster alias bencana.

Bayangkan saja, Kusuo sendiri berambut pink dan memiliki 2 antena di kepalanya. Sudah cukup aneh? Belum!..  Baca juga Rekomendasi Anime Comedy Action Terbaik.

Memiliki banyak kelebihan mulai dari telepati, psikokinesis, teleportasi hingga kemampuan tembus pandang, tidak lantas membuat kehidupan Kusuo menjadi lebih baik.

Sebaliknya, dia berusaha untuk menjalani hidup sebagai manusia normal, tidak menarik perhatian, dan ‘bersabar’ menghadapi kelakuan orang-orang di sekitarnya yang kadang jauh lebih absurd dari penampilan Kusuo.

Sebut saja orangtua Kusuo, Kuniharu dan Kurumi yang tampak biasa-biasa saja (atau boleh dibilang terlalu biasa) menghadapi anak mereka super serba bisa. Tidak berhenti sampai di situ, kakek dan neneknya juga tidak kalah konyol.

Si kakek sering bersikap tsundere, galak pada menantu, namun sangat ingin dekat dengan cucu-cucunya. Si nenek, hobi berdandan tidak sesuai umur dan bergaya bicara ala Gyaru.

Seolah belum lengkap, Kusuo punya kakak lelaki bernama Kusuke yang super jenius dan menciptakan alat “Telepath Canceler” agar pikirannya tidak bisa dibaca.

27. Anime Supernatural “Dororo”

dororo resized

Anime lawas yang mendapatkan adaptasi pada tahun 2019 ini menyedot perhatian penggemar karena latar belakang ceritanya yang tergolong gelap.

Jika gaya penggambaran karakter-karakter di Dororo mengingatkan kalian kepada Astro Boy, hal itu wajar saja karena keduanya merupakan karya mangaka yang sama, yaitu Osamu Tezuka.

Dororo adalah nama seorang anak yang lahir dalam kondisi yang mengenaskan. Akibat ayahnya membuat perjanjian dengan 48 iblis, Dororo lahir tanpa 48 organ tubuh dan dibuang ke sungai.

Beruntung, dia diselamatkan oleh Jukai Sensei yang memiliki kemampuan penyembuh serta memberinya organ-organ palsu. Ternyata penderitaan Dororo belum berakhir, dia diusir dari desa karena menarik perhatian goblin.

Selain itu, ada suara gaib yang memberitahu jika organ tubuh Dororo bisa kembali dengan cara membunuh iblis dan menukarnya. Semacam Anime Action Fantasy, fantasy yang sungguh mengerikan akan iblis.

Di tengah perjalanan, Dororo bertemu dengan Hyakkimaru, seorang Ronin yang telah membunuh banyak iblis. Mereka berdua pun melanjutkan perjalanan bersama.

26. Anime Supernatural “Code Geass”

code geass resized

Anime supernatural terbaik yang masuk dalam daftar ini selanjutnya adalah Code Geass. Untuk kalian yang suka dengan anime berlatar belakang pemerintahan dan intrik antar negara, tentu sudah tidak asing lagi dengan anime bertokoh utama Lelouch ini.

Lelouch vi Britannia adalah seorang pangeran yang hidup sebagai manusia biasa di Jepang setelah ibunya, Marianne vi Britannia, dibunuh dengan brutal di istana.

Adik perempuan Lelouch yang bernama Nunnally, mengalami trauma hebat hingga kedua matanya buta dan kakinya lumpuh. Penderitaan Lelouch dan adiknya masih terus berlanjut karena Jepang diserang dan dikalahkan oleh tentara Inggris.

Tujuh tahun kemudian, Lelouch yang mengganti nama belakang Lamperouge, terlibat dalam sebuah serangan teroris dan bertemu dengan C.C (dibaca C two), seorang gadis yang memberinya kekuatan Geass.

Dengan Geass ini, Lelouch bisa memerintah siapapun untuk melakukan apapun, hanya dengan kontak mata langsung. Perjanjian pun dibuat, karena Lelouch berniat untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan membalaskan dendam atas kematian ibunya.

24. Anime Supernatural “Yami Shibai: Japanese Ghost Stories”

yami shibai resized

Anime supernatural terbaik yang layak untuk diulas selanjutnya adalah Yami Shibai. Anime yang dirilis tahun 2013 ini mengambil format kumpulan cerita pendek berisi mitologi serta legenda masyarakat Jepang.

Setiap jam 5 sore, seorang laki-laki bertopeng datang dan mengajak anak-anak untuk mendengarkan kisah misteri. Pada setiap episodenya, cerita yang ditampilkan berbeda-beda dan tidak saling bersambungan.

Setiap akhir episode, topeng yang dikenakan oleh si narator menyanyikan lagu penutupan. Jumlah topeng itu terus bertambah, hingga pada episode terakhir, topeng tersebut dipakai oleh salah satu anak.

Plot serta penggambaran karakter realistis menjadi daya tarik utama Yami Shibai yang berhasil tayang hingga 6 season. Merchandisenya laris manis di pasaran, menjadikannya layak disebut sebagai salah satu anime supernatural terbaik.

23. Anime Supernatural “Jigoku Shoujo (Hell Girl)”

jigoku shoujo resized

“Apakah kamu memiliki kebencian mendalam terhadap seseorang dan rela melakukan apapun untuk mengirim orang tersebut ke Neraka?” Itulah ide awal dari anime supernatural terbaik berjudul Jigoku Shoujo ini.

Kemarahan, kedengkian, pembalasan dendam serta perasaan diperlakukan tidak adil membuat orang-orang pada anime Jigoku Shoujo memutuskan mau untuk menanggung konsekuensi bakal ikut masuk ke Neraka jika mati kelak.

Mereka menulis nama orang yang dibenci, lalu menunggu si Gadis Neraka mendatanginya. Sosok Enma Ai yang berpenampilan sebagai gadis muda dengan baju seragam sekolah dan bermata merah, tentu sudah tidak asing lagi bagi para peminat anime supernatural.

Sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 2006, manga karya Miyuki Eto ini telah diadaptasi menjadi anime berseri, OVA, hingga games.

Meskipun jarang sekali masuk anime harem, namun bagi penyuka harem bisa lihat disini Anime Action Harem Terbaik

22. Anime Supernatural “Corpse Party: Tortured Souls- Bougyakusareta Tamashii no Jukyou”

corpse party resized

Persiapkan diri kalian untuk “tersiksa” oleh terror yang dihadirkan oleh anime thriller ini.

Diangkat dari video game dan berjudul serupa, Corpse Party bercerita tentang sekelompok pelajar yang mempraktikkan sebuah ritual bernama “Sachiko Selamanya” agar persahabatan mereka terjaga.

Caranya adalah dengan menggunakan selembar kertas yang ditarik bersamaan. Saat kertas itu robek, tiba-tiba terjadi gempa yang menyebabkan lantai terbelah dan mereka terjun ke sebuah bangunan sekolah lama.

Terpisah satu sama lain dan dikejar oleh arwah-arwah penasaran, membuat anak-anak tersebut dilanda kepanikan. Apalagi, satu per satu dari mereka menemui kematiannya.

Selain “Corpse Party” kami sudah buatkan rangkuman Rekomendasi Anime Thriller Terkejam dan Terbaik.

21. Anime Supernatural “Jigoku Sensei Nube (Hell Teacher Nube)”

nube resized

Salah satu anime supernatural terbaik yang mengisi masa kecil generasi 90’an ini bercerita tentang Meisuke Nueno (Nube), seorang guru sekolah dasar yang memiliki tangan iblis.

Meskipun terlihat humoris dan agak genit jika berhadapan dengan wanita, pak guru Nube merupakan seorang pembasmi roh jahat yang handal.

Dengan kemampuannya, dia melindungi murid-murid SD Domori dari gangguan mahluk halus yang sering muncul.

Selain Nube dan murid-muridnya, karakter menarik yang muncul di anime ini antara lain Tamamo si siluman rubah, Yukime si gadis salju, serta Hayame, si putri duyung.

Anime yang tayang pada tahun 1996 ini diproduksi oleh Toei Animations dan memiliki 49 episode. Jika kalian mencari anime klasik untuk ditonton, Jigoku Sensei Nube bisa masuk ke dalam salah satu rekomendasi anime bergenre supernatural.

20. Anime Supernatural “Ghost At School”

ghost at school resized

Dengan gaya penceritaan yang ringan namun dramatis, Ghost At School pantas dinobatkan sebagai anime supernatural terbaik yang wajib ditonton.

Anime yang tayang tahun 2000-2001 sebanyak 20 episode ini berlatar belakang school life dan drama, dengan banyak pesan moral yang bisa diambil.

Bercerita tentang kakak beradik Satsuki dan Keiichiro Miyanoshita yang telah kehilangan ibunya dalam sebuah kecelakaan, lalu pindah ke desa tempat kakek nenek mereka berada.

Di hari pertama mereka masuk sekolah, Miyanoshita bersaudara bersama teman-teman barunya yaitu Aoyama, Momoko dan Leo, mendatangi gedung sekolah lama yang ditutup karena berhantu.

Saat menjelajah di dalamnya, Satsuki menemukan informasi baru bahwa almarhumah Ibunya memiliki kemampuan untuk mengurung arwah-arwah penasaran yang berada di gedung tersebut.

Petualangan Satsuki untuk menjadi pembasmi hantu pun dimulai, dan dia bertemu dengan Amanojaku, iblis jahat yang akhirnya disegel dalam tubuh Kaya, kucing hitam kesayangan Keiichiro.

19. Anime Supernatural “Tokyo Ghoul”

tokyo ghoul resized

Anime yang sangat booming pada tahun 2014 ini memadukan antara supernatural, action, serta thriller. Episode-episodenya terasa gore dan penuh darah.

Namun hal itu wajar saja, karena cerita berpusat kepada orang-orang yang berubah menjadi mahluk pemakan daging manusia.

Tokoh utama dari Tokyo Ghoul adalah Ken Kaneki, seorang remaja pendiam yang mengalami ‘kecelakaan’ hingga berubah menjadi setengah Ghoul.

Perjuangan Kaneki untuk beradaptasi dengan identitas barunya serta pertemuannya dengan para Ghoul di Anteiku Coffe Shop, merubah kehidupannya sebagai remaja biasa.

Selain itu, Kaneki mati-matian menyembunyikan status Ghoul dari Hideyoshi Nagachika, sahabat karibnya. Anime ini juga bisa masuk dalam Rekomendasi Anime Action Romance karena terdapat romansa cinta meski bergenre horor.

Kesuksesan Tokyo Ghoul yang berawal dari adaptasi manga ini, disusul dengan terbitnya Manga Tokyo Ghoul:Re, anime berjudul serupa dan beberapa produksi lainnya. Tidak salah jika karya ini masuk ke dalam daftar anime supernatural terbaik.

18. Anime Supernatural “Another”

another resized

Hati-hati jika kalian pindah ke sekolah baru dan bertemu seorang cewek yang misterius, bisa jadi… dia adalah “mahluk lain”.

Itulah awal mula konflik di anime supernatural terbaik besutan studio P.A Works ini. Another bercerita tentang Koichi Sakakibara, seorang pelajar berumur 15 tahun yang pindah sekolah dan sempat opname sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Di rumah sakit, dia bertemu seorang gadis misterius menggunakan penutup mata dan memakai seragam sekolah.

Ketika Koichi masuk sekolah, dia baru mengetahui bahwa Mei adalah teman sekelasnya. Sayangnya, Mei tampak tidak dipedulikan oleh teman-teman sekelas yang lain.

Konflik semakin intens ketika satu per satu teman sekelas mereka tewas karena kecelakaan. Hingga akhirnya Mei bercerita bahwa dia memiliki kemampuan untuk melihat siapa yang akan mati selanjutnya.

17. Anime Supernatural “Mob Psycho 100”

mob psycho 100 resized

Siapa bilang anime supernatural harus gelap dan bikin stress? Kalian bisa menikmati anime supernatural yang menghibur dan bikin ketawa di Mob Psycho. Apalagi, gambar animasinya sederhana dan alur ceritanya mudah dipahami.

Shigeo Kageyama yang sering dipanggil Mob, adalah siswa kelas 8 dengan kemampuan supernatural yang selama ini hanya digunakan untuk tebar pesona ke Tsubomi, gadis yang sudah lama dia taksir.

Sejak kecil, Mob menekan emosi karena takut akan semakin dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Sampai suatu hari, Mob bertemu Arataka Reigen yang memanfaatkan kemampuannya untuk mengusir mahluk halus. Seiring berjalannya waktu, Mob melatih emosinya agar bisa menjadi kekuatan yang sangat luar biasa ketika mencapai 100%.

16. Anime Supernatural “Ao No Exorcist (Blue Exorcist)”

ao no exorcist resized

Bagaimana rasanya setelah tahu kalau kalian ternyata anak setan dan orang yang kalian sayangi meninggal karena hal itu?

Tunggu, ini bukan kalimat kalimat hinaan, melainkan konsep cerita dari Ao No Exorcist. Anime yang tayang sebanyak 12 episode dan digarap oleh A-1 Pictures ini, berasal dari manga dengan judul yang sama.

Ao No Exorcist memiliki 2 tokoh utama, yaitu Rin dan Yukio Okumura yang merupakan anak dari Satan, raja tertinggi di dunia Iblis Gehenna.

Kedua bersaudara Okumura ini sejak kecil tumbuh di Assiah (Dunia Manusia) dan dibesarkan oleh Shiro Fujimoto, seorang pembasmi iblis handal yang dikejar oleh Satan. Setelah kematian Shiro terjadi, Rin bertekad untuk membalas dendam.

Kemampuan Rin adalah mengeluarkan api biru dan memiliki pedang Kurikara yang menjadi jembatan antara dua dunia.

15. Anime Supernatural “Kekkaishi (Barrier Master)”

kekkaishi resized

Animasi yang diputar pada tahun 2006-2008 ini, layak masuk ke dalam daftar anime supernatural terbaik untuk kalian yang ingin bernostalgia. Meskipun animenya telah berumur lebih dari 10 tahun lalu, masih banyak yang masih mengingat Kekkaishi.

Diadaptasi dari manga berjudul sama oleh Studio Sunrise, serial anime Kekkaishi berjumlah 52 episode dan tayang mulai tahun 2006-2008.

Di Jepang sendiri, Kekkaishi diputar secara rutin pada hari Senin pukul 7 malam yang merupakan Prime Time, hal ini membuktikan kualitasnya sebagai anime supernatural terbaik.

Tokoh utama dalam anime Kekkaishi bernama Yoshimori Sumimura dan Tokine Yukimura, penerus klan Hazama yang bertugas untuk menjaga tanah Karasumori.

Perjuangan mereka dalam menjadi Kekkaishi tidak mudah, karena banyak Ayakashi mengincar energi yang ada di Karasumori.

Seiring berjalannya cerita, mereka menemukan bukti baru bahwa yang diincar oleh para Ayakashi bukanlah tanah Karasumori, melainkan sesuatu yang ada di baliknya.

14. Anime Supernatural Card Captor Sakura

sakura resized

Judul anime supernatural terbaik yang dibuat oleh Clamp ini, rasanya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar animasi Jepang.

Saking populernya, anime yang rilis pertama kali tahun 1998 ini mendapat lanjutan bertajuk Cardcaptor Sakura: Clear Card yang tayang sebanyak 22 episode pada tahun 2018 silam.

Melalui kedua anime tersebut, kalian akan menikmati petualangan seru berbalut spiritual.

Cardcaptor Sakura (CCS) menceritakan tentang Sakura Kinomoto, seorang gadis remaja yang tidak sengaja melepaskan segel kartu-kartu ajaib pada sebuah buku di gudang rumahnya.

Setiap kartu tersebut memiliki kemampuan supernatural yang bisa menyebabkan kekacauan jika tidak dikendalikan. Ditemani oleh Cerberus (Kero) si penjaga kartu dan Tomoyo sahabatnya, Sakura berusaha mengumpulkan kembali kartu-kartu tersebut.

Suasana semakin kompleks ketika Sakura bertemu dengan Li Syaoran, keturunan dari Clow Reed, sang pencipta kartu-kartu ajaib tersebut.

13. Anime Supernatural “Shaman King”

shaman king resized

Anime ini bercerita tentang Yoh Asakura, seorang Shaman (dukun) yang menjadi perantara di antara dunia kehidupan dan kematian.

Yoh ingin menjadi Shaman King agar bisa berkomunikasi dengan Roh Besar, yang dapat mewujudkan keinginan untuk mengubah dunia sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk bisa menjadi Shaman King, Yoh harus mengikuti Shaman Fight, sebuah pertarungan antar Shaman yang hanya berlangsung dalam 500 tahun sekali.

Untuk dapat menggapai cita-citanya, Yoh bertemu dengan Anna Kyoyama, gadis ‘brutal’ dan sakti yang melatihnya agar jadi Shaman terbaik.

Selain Yoh dan Anna (yang kelak menjadi tunangannya), anime yang disiarkan pertama kali tahun 2001 ini juga menghadirkan karakter-karakter lain seperti Tao Ren, Ryu, Horohoro dan lainnya.

Shaman King merupaka Anime yang diadaptasi dari manga dan memiliki genre supernatural-action-shonen.

12. Anime Supernatural “XXXHolic”

xxxholic resized

Untuk kamu yang mencari anime supernatural terbaik garapan Clamp selanjutnya, jangan lewatkan XXXHolic. Anime besutan studio Production.

IG yang diangkat dari manga ini menceritakan tentang Watanuki Kimihiro, seorang remaja yang memiliki kemampuan melihat hantu.

Suatu hari, Watanuki melihat sebuah toko unik dibalik semak-semak. Si pemilik toko bernama Ichihara Yuuko, seorang wanita berambut hitam panjang yang mengatakan bahwa dia mampu mengabulkan keinginan para pengunjungnya.

Merasa kesal karena hidupnya terus dikelilingi mahluk-mahluk halus, Watanuki meminta agar kemampuan itu dihilangkan dari dirinya. Yuuko mengingatkan bahwa ada harga yang harus dibayar untuk setiap keinginan manusia.

Sebagai bayaran atas permintaan yang dibuat, Yuuko meminta Watanuki untuk bekerja part-time sebagai penjaga toko “Pengabul Keinginan”.

Seiring berjalannya waktu, banyak kejadian supernatural yang membuat Watanuki justru ragu untuk melepaskan kemampuannya.

11. Anime Supernatural “Mononoke”

mononoke resized

Rekomendasi anime supernatural yang layak untuk ditonton selanjutnya adalah Mononoke. Menurut arti katanya, Mononoke adalah roh yang akan mendiami tubuh manusia dengan emosi negatif.

Anime Mononoke sendiri menceritakan tentang seorang “Penjual Obat” (tidak disebutkan siapa nama aslinya) yang membasmi roh-roh negatif tersebut.

Metode yang digunakan oleh si penjual obat adalah mempelajari bentuk roh tersebut (Katachi), kebenaran (Makoto), dan alasan kemunculannya (Kotowari).

Hal yang membuat anime Mononoke menarik adalah karakter si Penjual Obat yang membawa pedang kemana-mana.

Mengambil setting jaman Edo, dimana sistem pengkastaan masih sangat ketat, melihat seorang pedagang (berkasta rendah) membawa pedang membuat orang-orang di sekitarnya keheranan.

10. Anime Supernatural “Death Note”

death note resized

Belum afdol rasanya jika berbicara tentang anime supernatural terbaik tanpa membahas tentang Death Note. Konsep “Menyingkirkan orang yang tidak kamu suka dari kehidupan dengan cara yang tidak biasa”, sepertinya masih menjadi tema yang seru untuk diangkat.

Berbeda dengan Jigoku Shoujo yang lebih menitikberatkan pada hubungan antar manusia, Death Note menghadirkan cerita supernatural yang dibungkus Action And Crime.

Pada permulaan, kita akan berkenalan dengan Light Yagami, seorang siswa jenius yang menemukan buku catatan bersampul hitam disertai aturan cara menggunakannya.

Light menganggap buku itu guyonan sampai akhirnya muncul Ryuuk, seorang God Of Death (Shinigami) yang mengaku sebagai pemilik asli buku Death Note.

Dengan kemampuan yang dia miliki, Light menggunakan nama samaran ‘Kira’ untuk menciptakan dunia tanpa kejahatan.

Rencana itu tidak berjalan mulus karena seorang detektif bernama L melakukan penyelidikan atas identitas aslinya. Kira yang awalnya ingin menjadi pahlawan, justru menjadi tokoh antagonis di kisahnya sendiri.

9. Anime Supernatural “Inuyasha”

inuyasha resized

Anime yang sempat tayang setiap Minggu pagi di salah satu stasiun televisi Indonesia ini, sepertinya tidak perlu diragukan lagi popularitasnya.

Bercerita tentang Higurashi Kagome, siswi berumur 15 tahun yang diserang oleh Siluman Lipan dan terlempar ke masa lalu. Di dunia tersebut, dia bertemu dengan Inuyasha, manusia setengah siluman anjing yang galak dan ketus.

Setelah ditelusuri, Kagome merupakan titisan dari Kikyo, seorang pendeta wanita bertugas menjaga Shikon No Tama (Kristal Jiwa) yang mampu mengabulkan keinginan pemiliknya.

Selain itu, ternyata ada hubungan khusus antara Kikyo dan Inuyasha di masa lalu. Cerita semakin seru setelah muncul Sesshomaru, kakak Inuyasha yang siluman murni, Sango sang pendeta wanita yang membalas dendam atas kematian adiknya, serta Miroku, pendeta dengan lubang hitam di tangan.

Inuyasha direkomendasikan untuk kalian yang menyukai anime supernatural berbalut romance, karena kisah cinta segitiga-lintas dimensi yang terjadi antara Kikyo-Inuyasha-Kagome bisa membuat penontonnya gregetan.

8. Anime Supernatural “Bakemonogatari”

bakemonogatari resized

Anime supernatural terbaik yang satu ini merupakan salah satu dari rangkaian Monogatari Series, Light Novel karya Nisio Isin dan ilustrator Taiwan Vofan.

Sebenarnya, Monogatari series terdiri dari 12 arc (yang setiap kisahnya sekitar 4-6 episode), namun bisa dimulai menonton dari Bakemonogatari terlebih dahulu.

Bakemonogatari bercerita tentang Araragi Koyomi, seorang pelajar SMA yang berhasil selamat dari serangan vampire setelah dibantu oleh Meme Oshino.

Setelah tragedi itu berlalu, kehidupan Araragi tidak bisa kembali menjadi normal seutuhnya, karena mahluk-mahluk halus masih sering mengikuti.

Untungnya, dia mendapat bantuan dari Tsubasa Hanekawa, si ketua kelas. Cerita makin runyam ketika Araragi menyelamatkan Hitagi Senjougahara, teman sekelasnya.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Araragi bertekad untuk membantu orang-orang yang memiliki “masalah supernatural”.

Jika sobat sedang mencari saudara dari vampire, cek link berikut, Daftar Nonton Anime Zombie Terbaik.

7. Anime Supernatural “Natsume Yuujinchou (Natsume’s Book Of Friends)”

natsume yuujinchou resized

Jika mencari rekomendasi anime supernatural yang ringan dan nggak bikin ketakutan, kalian wajib nonton Natsume Yuujinchou.

Alih-alih takut, kalian justru akan dibuat terkesan melihat perjalanan hidup Natsume, si tokoh utama hidup tanpa orang tua dan merasa kesepian. Sejak kecil, Natsume memiliki kemampuan untuk melihat mahluk halus.

Ternyata, kemampuan tersebut berasal dari neneknya yang memberi peninggalan buku bertajuk “Yuujinchou” (Book Of Friends). Buku itu berisi daftar roh-roh yang terikat kontrak dan dicatat oleh neneknya semasa beliau hidup.

Yuujinchou merupakan barang yang sangat diincar di dunia roh, sehingga baik roh jahat maupun roh baik, semuanya mengincar Natsume untuk bisa mendapatkannya.

Suatu hari, muncullah Madara, roh yang diam-diam berniat untuk menggunakan Yuujinchou untuk dirinya sendiri.

Namun, Madara justru makin terkesan dengan Natsume. Roh itu mengambil bentuk sebagai kucing putih dengan garis oranye-abu dan dipanggil Nyanko Sensei.

Ditemani oleh Nyanko Sensei, Natsume berusaha untuk membebaskan roh-roh tersebut dari ikatan kontraknya.

6. Anime Supernatural “Shiki”

shiki resized

Anime dengan judul singkat ini, ternyata tidak meninggalkan kesan yang cuma sekejap di hati para penontonnya. Saat diminta untuk menyebutkan rekomendasi anime supernatural terbaik, banyak komentar yang menyebutkan bahwa anime “Shiki” ini tidak boleh dilewatkan.

Bercerita tentang suasana desa Sotoba yang awalnya aman, nyaman, damai dan tentram, lalu berubah menjadi mencekam ketika banyak terjadi kematian tidak wajar.

Kedatangan keluarga Kirishiki ke desa tersebut, ternyata membawa sebuah bencana karena mereka adalah shiki, semacam vampire yang menggigit dan sulit untuk dibunuh.

Di anime ini, kalian akan menemui Natsuno Yuuki, seorang pelajar berumur 15 tahun yang tertutup dan pendiam. Ada juga Sunako Kirishiki, seorang Shiki berumur lebih dari 100 tahun dengan penampilan anak-anak.

Tokoh paling paling membuat perasaan penonton teraduk-aduk di anime ini tentu saja adalah Ooozaki Toshio, dokter desa yang awalnya terlihat biasa-biasa saja, namun seiring berjalannya waktu justru menunjukkan sifat aslinya.

Mau nonton anime vampire lainnya? ini kami Rekomendasikan Anime Vampire Terbaik.

5. Anime Supernatural “Noragami”

noragami resized

Sudah jadi dewa tapi masih miskin? Yap. Itulah nasib Yato. Dewa yang berpenampilan seperti remaja biasa ini berpetualang di dunia manusia dan membasmi roh-roh jahat agar dapat duit ditemani Ikki Hiyori.

Seorang gadis SMP yang punya ‘kebiasaan’ aneh yaitu roh tiba-tiba keluar dari tubuhnya.

Selain Yato dan Hiyori, kalian akan bertemu Nora, Yukine, Bishamon, Kazuma, dan banyak karakter lainnya. Perjuangan Yato untuk menjadi Dewa yang disegani membuat Noragami mendapatkan tempat tersendiri di hati para fans anime supernatural.

Saat melihat episode awal-awal, mungkin kalian akan mengira akan terjadi drama romantis antara Yato dengan Ikki Hiyori dan alur menjadi membosankan. Dugaan itu salah besar.

Hubungan antara para dewa dengan shikinya (roh yang bisa berubah menjadi senjata), justru lebih menarik dan menjadi titik berat anime ini.

Tidak hanya karakter Yato, karakter Bishamon pun dieksplor lebih dalam pada season ke-2 anime Noragami yang bertajuk Noragami: Aragoto.

Perkembangan karakter yang menarik, plot yang dramatis serta lagu-lagu catchy menjadi daya tarik anime garapan studio Bones ini.

Tidak hanya itu, Noragami termasuk kedalam daftar anime supernatural terbaik didukung oleh pengisi suara yang kelas atas.

Contohnya saja Yato yang berkarakter slenge’an, dibawakan dengan apik oleh Hiroshi Kamiya (Kamiyan). Sangat pas saat beradu dengan Hiyori (Maaya Uchida) yang manis namun kadang-kadang ceroboh.

4. Anime Supernatural “Kuroshitsuji (Black Butler)”

kuroshitsuji resized

“Im simply one hell of a butler,” adalah quotes yang tidak asing lagi bagi para penonton anime supernatural garapan Yana Toboso ini.

Berawal dari kisah tragedi yang dialami oleh Ciel Phantomhive, seorang bocah laki-laki dari keluarga bangsawan yang orangtua serta anjing kesayangannya dibunuh.

Ketika Ciel akan dijadikan persembahan bagi iblis, justru iblis tersebut menawarinya sebuah perjanjian dan menjadi pelayan setia hingga dendam bocah itu terbalaskan.

Mulai saat itu, Ciel dan Sebastian Michaelis -nama yang diberikan kepada pelayan tersebut- menjalani kehidupan sebagai pemimpin tertinggi di dunia bawah tanah Inggris dan memecahkan kasus-kasus aneh yang dilaporkan kepada mereka.

Penampilan Sebastian yang menawan dan terlihat sempurna serta serba bisa, membuat anime supernatural dengan desain karakter yang beragam ini mendapatkan banyak fans, terutama dari kaum hawa.

3. Anime Supernatural “Anohana: The Flower We Saw That Day”

anohana resized

Anime dengan judul asli “Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai” ini berhasil menguras air mata penonton. Diiringi dengan lagu Secret Base yang mendayu-dayu, Menma dan kawan-kawannya bakal membuat kalian gagal move on dan galau berkelanjutan.

Berkisah tentang sekelompok geng anak-anak bernama “Crime Busters” yang membubarkan diri setelah kematian salah satu anggotanya yaitu Meiko Honma (Menma).

Jinta Yadomi (Jintan) si ketua geng, memutuskan untuk mengurung diri setelah kejadian tersebut.

Keempat temannya yang lain juga berusaha untuk menerima kenyataan dan melanjutkan hidupnya. Hingga di suatu musim panas, Jintan didatangi oleh Menma yang telah menjadi hantu dan meminta bantuannya agar bisa menuju ke dunia roh.

Sayangnya, Menma sendiri lupa dengan permintaannya, sehingga Jintan harus mengumpulkan teman-temannya yaitu Anaru, Yukiatsu, Tsuruko dan Poppo, agar roh Menma tidak lagi penasaran.

Anohana memadukan antara genre supernatural dengan drama coming of age. Dimana para karakter yang beranjak dewasa belajar untuk mengenali diri mereka masing-masing dan menyelesaikan konflik batin dengan sekitarnya.

2. Anime Supernatural “Gegege No Kitaro”

kitaro resized

Pertama kali muncul sebagai anime pada tahun 1968 dan mendapatkan adaptasi anime ke-6 kalinya pada tahun 2018, membuat Ge Ge Ge No Kitaro layak disebut sebagai salah satu anime supernatural terbaik yang pernah ada.

Anime supernatural ini bercerita tentang petualangan Kitaro dan teman-temannya. Kemana-mana, Kitaro selalu ditemani oleh oleh Medama-Oyaji, mahluk halus yang berbentuk bola mata.

Ada juga Nezumi Otoko alias si manusia tikus, siluman licik yang selalu mencari cara untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri, meskipun pada akhirnya justru merepotkan bagi Kitaro.

Di anime Kitaro rilisan tahun 2018, karakter yang bisa dibilang mencuri perhatian adalah Neko Musume.

Siluman kucing ini ditampilkan lebih modern dan stylish. Sudah pasti membuat kalian yang sudah pernah menonton versi sebelumnya jadi gemas dengan si judes yang diam-diam selalu perhatian dengan Kitaro ini.

1. Anime Supernatural “Sen To Chihiro No Kamikakushi (Spirited Away)”

spirited away resized

Spirited Away bercerita tentang Chihiro, seorang bocah berumur 10 tahun yang tengah berlibur bersama kedua orang tuanya. Momen bahagia itu tidak berlangsung lama karena mereka tersesat ke dunia lain dan orang tua Chihiro berubah menjadi babi.

Chihiro yang seorang diri bertemu dengan Haku, mahluk spiritual yang memberi tahu bahwa dia harus cepat melakukan sesuatu sebelum terjebak di dunia arwah selamanya.

Untuk membebaskan orangtuanya, Chihiro bekerja di pemandian air panas Yubaba dan mendapat nama baru yaitu Sen.

Saat bekerja, Sen bertemu dengan No Face (Kaonashi) yang memberikan banyak hadiah, namun melahap orang-orang yang rakus. Sen yang tidak tertarik dengan hadiah dari Kaonashi, berhasil lolos dengan panduan dari Haku.

Anime garapan Studio Ghibli ini telah menyabet banyak penghargaan dan menjadi salah satu film paling sukses dalam sejarah perfilman Jepang.

Hayao Miyazaki sang sutradara, seolah menjadi jaminan mutu karena karya-karyanya yang berkualitas dan berkelas.

Nah, itu tadi adalah 30 anime supernatural terbaik yang berhasil dikumpulkan oleh penulis. Apakah anime favorit kalian sudah masuk ke dalam daftar tersebut?

Jika sobat suka dengan list Anime Supernatural Terbaik dari PonselSoak, jangan lupa untuk share link halaman ini ke teman kalian. Happy Watching Anime!

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.