Menu
insurance car insurance insurance companies car insurance quotes auto insurance car insurance companies insurance quotes cheap car insurance cheap insurance auto insurance companies auto insurance quotes liability insurance homeowners insurance cheap auto insurance the general insurance motorcycle insurance online insurance cheap insurance quotes car insurance rates automobile insurance sr22 insurance the general car insurance online auto insurance really cheap auto insurance cheap full coverage auto insurance car insurance estimator affordable car insurance cheapest insurance auto insurance quotes comparison motorcycle insurance quote cheap auto insurance quotes affordable auto insurance car insurance price comparison purchase auto insurance online low cost auto insurance collector car insurance instant auto insurance travel insurance short term health insurance dental insurance plans cheap renters insurance senior life insurance burial insurance renters insurance pet insurance dental insurance term life insurance quotes medical insurance quotes health insurance medical insurance plans dog insurance whole life insurance long term care insurance private health insurance boat insurance quote commercial vehicle insurance life insurance policy best life insurance medical insurance home insurance self employed health insurance health insurance plans for family life insurance the general auto insurance small business health insurance life insurance companies health insurance for children usa insurance annuity commercial insurance humana health insurance farm insurance mutual life insurance disability insurance new york life insurance accident insurance e insurance high risk car insurance best life insurance companies nationwide car insurance auto home insurance geico insurance

30+ Daftar Rekomendasi Anime Mistery Terbaik

Mau nonton rekomendasi Anime dengan genre Mistery Terbaik? Anime misteri memang cocok banget nih buat yang punya mental tinggi, semacam genre horor dan bahkan bisa saja misteri detektif

Anime dengan genre Misteri sangat mudah ditebak dengan alur cerita yang sering di identikan layaknya seorang detektif, jika dalam anime ada Conan sedangkan di eropa ada Sherlock Holmes.

Buat kalian yang suka menyelidiki hal sampai mendetail, menebak-nebak siapa pelaku dari sebuah kasus, serta menikmati sensasi penasaran saat film berakhir, daftar anime misteri terbaik ini tidak boleh dilewatkan.

Genre misteri, seringkali disandingkan dengan horror atau supranatural. Namun, racikan genre misteri dengan drama, sci-fi, bahkan school life, bisa jadi menarik juga lho.

Karena pada kernyataannya anime Thriller, Mistery dan Horor, memeliki alur cerita yang cukup berbeda, meskipun di beberapa part genre ini sering di satukan dalam sebuah manga atau anime.

Cerita Misteri begitu populer dalam beberapa tahun ini, lho, karena ceritanya yang unik dan karakter yang lovable!

Lalu, apa saja anime Misteri yang harus kamu tonton? Berikut Daftar Rekomendasi Anime Misteri Terbaik yang bisa sobat tonton.

30+ Rekomendasi Anime Misteri Terbaik

Jika sobat penasaran dengan Anime Mistery terbaik hingga saat ini, berikut tim Ponselsoak sudah merangkum dalam list dibawah ini.

1. Erased (Boku Dake Ga Inai Machi)

boku dake ga inai machi

Apa yang akan kalian lakukan jika memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu?

Mungkin kalian akan melakukan hal yang sama seperti Satoru Fujinuma, tokoh utama di anime garapan studio A-1 Pictures ini.

Satoru adalah pengarang komik (mangaka) yang memiliki kemampuan “Revival” dan bisa membawanya untuk menghindari sebuah bencana sebelum terjadi.

Ketika ibunya menjadi korban pembunuhan seorang penculik, skill Revival Satoru bangkit dan dia justru mundur hingga 18 tahun yang lalu, dimana terjadi pembunuhan kepada 2 orang teman SD nya yaitu Kayo dan Hiromi.

Satoru yang kembali menjadi anak kecil, berusaha menghindari musibah itu terjadi.

Ternyata, pelaku penculikan dan pembunuhan itu merupakan orang yang sama.

Namun, karena menggagalkan rencana si penculik, Satoru justru menjadi korban dan ditenggelamkan ke danau.

Beruntung, Satoru tidak kehilangan nyawanya. Namun dia mengalami koma dan saat terbangun, memori tentang si penculik telah hilang.

Teman-teman dan ibunya masih hidup, namun misteri tentang siapa penculik itu belum juga terjawab.

Selain rasa penasaran tentang si penculik, anime ini seringkali menimbulkan perdebatan diantara para anime fans.

Beberapa orang menganggap Satoru dan Kayo seharusnya “canon” alias jadi pasangan.

Namun ada juga yang menganggap Satoru menyelamatkan Kayo tanpa ada niatan menjalin hubungan.

Menurut kalian sendiri, bagaimana? Tonton sendiri ya.

2. Ranpo Kitan: Game Of Laplace

ranpo kitan

Anime misteri terbaik yang terinspirasi dari karya Edogawa Ranpo ini, relatif masih baru karena rilis pada tahun 2015 lalu.

Bercerita tentang Kogoro Akechi, siswa SMA berumur 17 tahun yang jenius mendapat lisensi dari kepolisian karena berhasil memecahkan berbagai kasus kriminal.

Suatu hari, terjadi kasus pembunuhan di sekolah Kobayashi Yoshio, seorang bocah laki-laki yang sering dikira perempuan (bahkan pengisi suaranya adalah Rie Takanashi, yang memang perempuan!).

Kobayashi yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan gurunya, mencari cara untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah.

Saat melihat kejeniusan Akechi, Kobayashi tertarik untuk menjadi asisten detektif itu.

Selain dua tokoh di atas, karakter penting lainnya adalah Hashiba, teman sekelas Kobayashi yang ikut serta dalam penyelidikan karena khawatir dengan sahabatnya itu.

3. Monster

monster 1

Selain judul-judul anime misteri terbaik yang telah disebutkan sebelumnya, anime Monster yang merupakan karya dari mangaka legendaris Urasawa Naoki juga tidak boleh dilewatkan.

Monster bercerita tentang Dokter Tenma, seorang ahli bedah yang memilih menyelamatkan seorang anak bernama Johan.

Setelah operasi dilakukan, Johan yang sempat mengalami tembakan di kepala dan saudara kembarnya, Anna, menghilang dari rumah sakit.

Sembilan tahun kemudian, Dokter Tenma mengurus seorang pasien yang terus bergumam soal “Monster”.

Pasien aneh tersebut juga tiba-tiba menghilang dari rumah sakit.

Dokter Tenma pun dicurigai oleh banyak pihak. Dan dia sendiri pun berusaha mencari maksud dari kata “Monster” tersebut.

4. Puella Magi Madoka Magica

madoka magica

Sebelum anime Psycho Pass, Gen Urobuchi telah banyak “dibenci” oleh anime fans karena tega menyiksa Homura Akemi, salah satu karakter dalam anime misteri terbaik berjudul Puella Magi Madoka Magica ini.

Puella Magi Madoka Magica bercerita tentang Madoka Kaname dan Sayaka Miki, seorang pelajar SMP yang menjalani hidup biasa.

Hidup Madoka berubah ketika dia bertemu dengan Kyubei, mahluk ajaib yang menawarinya menjadi Magical Girl.

Homura Akemi, seorang siswi baru yang datang ke sekolah Madoka, berusaha mencegah Madoka agar tidak menerima tawaran dari Kyubei.

Namun usaha Homura sia-sia, bahkan meskipun dia terpaksa mati dan berulang kali melakukan pembalikan waktu.

Anime Puella Magi Madoka Magica menghadirkan atmosfir misterius dan suram, sangat kontras dengan karakter-karakternya yang digambarkan imut dan bermata besar (moe).

Saking berkesannya anime ini, para fans bahkan menyebut Madoka dengan istilah Kami-sama, atau dewi Madoka.

Kalau penulis sih, lebih suka dengan Devihomu alias Homura.

Yang jelas, Madoka meninggalkan pesan bahwa jika ada yang menawarimu menjadi Magical Girl, lebih baik segera tolak saja sebelum suasana makin buruk.

5. Detective Conan

detective conan

Karakter ciptaan Aoyama Gosho ini sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya.

Dengan belasan anime (baik serial maupun movie), Detective Conan layak masuk daftar anime misteri terbaik yang wajib ditonton.

Detective Conan bercerita tentang Shinchi Kudo, pelajar SMA yang terlihat malas-malasan namun sebenarnya jenius.

Saking briliannya, dia bahkan telah menjadi seorang detektif.

Suatu malam, setelah berkencan dengan teman dekatnya (atau bisa dibilang pacarnya) Ran Mouri, Shinichi melihat sekelompok orang berjubah hitam sedang melakukan transaksi mencurigakan.

Naluri penyelidik Shinichi pun tergelitik.

Sialnya, kawanan jubah hitam itu memergoki Shinichi dan memberinya obat misterius dengan tujuan menghilangkan saksi mata.

Namun Shinichi tidak terbunuh, hanya tubuhnya kembali menjadi seukuran anak SD.

Dengan mengambil nama samaran Conan Edogawa, Shinichi menyelidiki siapa kawanan jubah hitam itu.

Dia pun tinggal di rumah Kogoro Mouri, seorang detektif sekaligus ayah dari Ran.

Bersama dengan Kogoro, tim detektif cilik, serta Profesor Agasa, Conan memecahkan berbagai kasus yang muncul di sekitarnya.

6. Ghost In The Shell

ghost in the shell

Sosok Motoko Kusanagi yang strong dan gagah, pasti sudah membekas di benak para anime fans tahun 90’an.

Bahkan, saat dibuat versi film dan dimainkan oleh Scarlet Johanson, banyak penggemar yang mengatakan bahwa anime Ghost in The Shell jauh lebih baik.

Memangnya, seperti apa sih anime misteri terbaik yang sering disingkat GITS ini? Sinopsis di bawah ini akan memberi penggambarannya.

GITS memadukan misteri dengan science fiction dan cyberpunk.

Sebuah konsep yang sangat brilian, mengingat anime ini pertama kali dibuat pada tahun 1995.

Pada tahun 2029, tubuh manusia bisa diganti dengan cyborg.

Bagian terpenting dari organ manusia, yaitu otak, juga dipadukan dengan cyberbrain yang membuat manusia bisa mengakses internet melalui pikirannya sendiri.

Hal ini sering disebut sebagai “ghost” didalam tubuh buatan (shell/cangkang).

Motoko Kusanagi adalah seorang anggota kepolisian Section 9.

Dia memiliki tubuh robot dengan otak manusia dipadukan dengan Cyberbrain, sehingga mampu berpindah-pindah (seperti hantu).

Suatu hari, Kusanagi ditugasi untuk menangani kasus cybercrime dengan nama samaran “Puppet Master”.

Sang Puppet Master yang tidak diketahui identitasnya ini, mengambil alih kendali Cyberbrain orang-orang dan menimbulkan kekacauan.

Selama menjalankan tugasnya, Major Kusanagi bekerjasama dengan Batou, salah satu petarung jarak dekat terbaik di Section 9.

Mereka berdua menyelidiki siapa… atau apakah Puppet Master itu? Apa tujuannya?

7. Shingeki No Kyojin (Attack On Titan)

attack on titan

Anime yang satu ini sangat booming sejak awal kemunculannya, menarik perhatian banyak pecinta animasi Jepang hingga dibuat berbagai movie serta live action.

SnK bercerita tentang Eren Jaeger, seorang anak yang hidup di balik dinding besar yang mengelilingi desanya.

Selama 100 tahun, kehidupan di desa tersebut tentram dan damai.

Eren dan Armin, sahabat masa kecilnya, memiliki cita-cita untuk bisa melihat dunia di balik dinding tersebut.

Hingga suatu hari, sesosok mahluk misterius yang muncul dari balik dinding dan menghancurkan kota.

Ibu Eren menjadi salah satu korban dan dimakan hidup-hidup oleh mahluk yang disebut Titan itu.

Sejak saat itu, Eren bertekad untuk menjadi pembasmi Titan dan mendaftarkan diri pada Survey Corps, sebuah pasukan yang dilatih khusus untuk mempertahankan peradaban manusia.

8. Bungou Stray Dog

bungou stray dog

Bercerita tentang para anggota Agensi Detektif yang namanya diambil dari tokoh-tokoh sastrawan legendaris, seperti Atsushi Nakajima, Osamu Dazai, Edogawa Ranpo, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, ada port mafia yang berisikan Ryonosuke Akutagawa, Chuya Nakahara, Ichiyo Higuchi, Motohiro Kaji, dan beberapa orang lain.

Anime misteri terbaik yang dibuat oleh studio Bones ini, bercerita tentang Nakajima Atsushi yang menemukan seseorang hanyut di sungai.

Orang tersebut adalah Dazai, manusia yang terobsesi untuk bunuh diri.

Dengan detektif nyentrik itu, mereka memecahkan misteri-misteri yang terjadi.

9. Un-Go

un go 1

Anime garapan studio Bones ini bercerita tentang Shinjiro Yuuki dan partnernya, Inga, yang menjalani hidup sebagai pemecah berbagai misteri.

Kasus yang mereka hadapi sangat beragam, mulai dari kasus pembunuhan, mahluk supernatural, hingga program komputer.

Inga adalah seorang Akuma yang memiliki kemampuan untuk menelan jiwa manusia.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah dia mampu membuat orang mengeluarkan jawaban sejujur-jujurnya.

10. Perfect Blue

perfect blue

Selain Paprika, anime misteri terbaik garapan Kon Satoshi lainnya adalah Perfect Blue.

Anime yang dirilis pada tahun 1997 ini bercerita tentang Mima Kirigoe, seorang eks-idol yang meninggalkan grupnya untuk meniti karir sebagai aktris film.

Alih-alih menemui kebahagiaan, Mima justru diteror oleh fans-fans yang tidak setuju dengan jalan hidup pilihan idolanya.

Belum lagi, muncul situs berjudul Mima’s Room yang berisi kehidupan pribadi mantan idol tersebut.

Alur cerita makin mencekam saat muncul seorang stalker yang menyebut dirinya sebagai Me-Mania, dan mengikuti kemanapun wanita itu pergi.

Di salah satu film, Mima mendapat peran sebagai korban pelecehan seksual.

Rumi Hidaka, si manajer, mengingatkan risiko yang mungkin terjadi dan meminta Mima menolak peran tersebut.

Namun, Mima tetap menerima tawaran yang diberikan dan hal yang dikhawatirkan pun terjadi.

Setelah mengalami musibah tersebut, Mima semakin tertekan dan tidak bisa membedakan kenyataan dengan khayalannya sendiri.

Penonton pun diajak menebak-nebak diantara batas realita dan halusinasi hingga akhir cerita.

11. Denno Coil (Coil- A Circle Of Children)

denno coil

Beberapa tahun belakangan, teknologi AR (Augmented Reality) memang sudah banyak digunakan.

Tapi, pernahkah kalian membayangkan menulis cerita tentang AR belasan tahun yang lalu, sebelum teknologi virtual to real ini diterapkan secara umum di dunia nyata?

Hal itulah yang dilakukan oleh Mitsuo Iso pada tahun 2007.

Anime berjudul Denno Coil ini bercerita tentang kota teknologi “Daikoku”, yang menggambarkan bagaimana interaksi manusia dengan dunia virtual di masa depan.

Megabaa adalah seorang pendiri Coil Denno Detective Agency, sebuah kelompok detektif yang bertugas menangani kasus-kasus tentang cybercrime.

Cucunya yang bernama Yuko Okonogi (Yasako), menjadi anggota ke 8 Coil Denno Detective Agency saat kembali datang ke desa Daikoku, setelah 7 tahun sebelumnya mendapat peninggalan berupa kacamata Denno dan peliharaan virtual bernama Densuke.

Keseruan menangani kasus dengan teknologi yang sangat maju, serta kisah persahabatan mewarnai anime yang telah meraih banyak penghargaan ini.

12. Durararara

durarara

Anime misteri terbaik yang layak masuk dalam Watchlist kalian selanjutnya adalah Durararara.

Dari judulnya yang aneh saja, sudah membuat penasaran, bukan?

Anime sebanyak 24 episode yang ditayangkan pada tahun 2010 ini, menceritakan tentang Distrik Ikebukuro-Tokyo dan orang-orang yang menghuninya.

Sebenarnya, lokasi tersebut adalah tempat para preman dan mafia.

Ryuugamine Mikado, seorang anak yang telah lama ingin hidup di kota, merasa sangat senang saat akhirnya berhasil ke Tokyo.

Meskipun begitu, sahabatnya yang bernama Masaomi Kida mengingatkan bahwa banyak orang berbahaya disekitar daerah itu.

Sebut saja Shizuo yang temperamen, Izaya yang licik, serta Geng Dollars.

Belum lagi, di hari pertama Mikado datang ke Ikebukuro, dia bertemu sesosok pengendara motor tanpa kepala.

Siapa sebenarnya pengendara motor itu? Atau mahluk apakah dia?

Sebenarnya, salah satu hal yang membuat penulis penasaran dengan anime ini adalah para pengisi suaranya yang bisa dibilang kelas atas.

Sebut saja Hiroshi Kamiya, Daisuke Ono, Sawashiro Miyuki, serta Kana Hanazawa yang mengisi suara Izaya, Shizuo, serta Celty.

Nama-nama besar di dunia seiyuu tersebut, seolah menjadi jaminan mutu bagi anime misteri terbaik yang berdasarkan dari manga garapan Ryohgo Narita ini.

13. Gosick

gosick

Awalnya, penulis mengira anime sepanjang 24 episode ini ada hubungannya dengan penyakit karena kata “sick” yang disandangnya.

Ternyata bukan, sobat.

Anime Gosick merupakan plesetan dari kata Gothic, yang mencerminkan gaya pakaian si tokoh utama.

Victorique De Blois yang memakai gaun hitam berenda-renda, dengan rambut panjang berwarna blonde dan bonette di kepalanya.

Victorique merupakan seorang detektif yang jenius dan menghabiskan waktu membaca tumpukan buku berbahasa asing.

Hingga suatu hari, Kazuya Kujo, seorang anak laki-laki yang sering disebut sebagai “Black Reaper”, menemuinya di perpustakaan.

Anime misteri yang satu ini dipadukan dengan romance antara Victorique-Kujo, serta kasus-kasus historis yang terjadi di sekitar mereka.

Cocok untuk kalian yang mencari anime misteri terbaik berisi karakter moe.

Cek juga rekomendasi Anime Detektif Terbaik dan juga Anime juga Anime Supernatural Terbaik.

14. Yakusoku No Neverland (Promised Neverland)

promised neverland

Daftar anime misteri terbaik di artikel ini hanya judul-judul lawas? Eits. Tunggu dulu.

Anime yang baru rilis bulan Januari 2019 ini juga masuk hitungan, karena episode 1 nya sudah cukup menarik.

Promised Neverland mengambil lokasi di Grace Field House, sebuah panti asuhan berisi 37 anak yang menjalani kehidupan bahagia meskipun tanpa orang tua.

Hal ini karena telah ada makanan, pakaian, tempat tidur yang nyaman, serta kasih sayang dari pengasuh mereka, Isabella.

Oh iya apakah sobat tertarik dengan Anime Sihir?

Para penghuni panti dibebaskan melakukan apapun yang mereka inginkan dan hanya diberi satu larangan, yaitu tidak boleh melewati gerbang yang mengelilingi bangunan tersebut.

Hingga suatu hari, 2 orang anak panti bernama Emma dan Norman menemukan alasan dibalik peraturan tersebut.

Panti asuhan mereka bukanlah tempat yang penuh kasih sayang, melainkan sebuah “peternakan” dimana mereka diasuh untuk suatu saat dijadikan persembahan untuk mahluk misterius di luar sana.

15. Paprika

paprika

Kesan pertama penulis saat menonton anime misteri terbaik ini adalah: pusing, tapi penasaran.

Paprika menghadirkan plot yang terkesan surreal, dimana kita harus menjelajah dari satu mimpi ke mimpi yang lain.

Belum lagi, permainan warna antar framenya sangat intens.

Judul anime ini diambil dari si tokoh utama, Paprika, yang merupakan identitas lain dari Chiba Atsuko.

Dokter Atsuko adalah seorang ilmuwan cerdas yang sedang mengembangkan DC Mini, sebuah metode penyembuhan pasien melalui mimpi.

Jika disalahgunakan, DC Mini bisa menjadi alat yang berbahaya.

Masalah muncul ketika DC Mini dicuri oleh pihak yang tidak diketahui jati dirinya.

Paprika pun mulai menjadi detektif di dunia mimpi untuk menemukan siapa pelaku dari tindak kejahatan tersebut.

Paprika merupakan karya dari Kon Satoshi, sutradara yang juga menangani anime Perfect Blue.

Paduan dari psychological drama dan misteri yang dihadirkan oleh Satoshi pada film Paprika, siap membawa kalian ke dunia mimpi yang penuh kejutan.

16. Darker Than Black

darker than black

Anime misteri terbaik yang kental dengan balutan supernatural ini mengambil setting setelah terjadinya kejadian besar di dunia.

Di Amerika, terdapat sebuah lubang yang disebut dengan “Heavens Gate”, dan di saat yang sama, terbuka sebuah lubang “Hell’s Gate” di Tokyo.

Kemunculan lubang-lubang itu, disusul oleh orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan khusus dan diberi nama “Contractor”.

Mereka adalah individu yang seringkali tidak menunjukkan emosi dan sering disewa oleh berbagai negara untuk dijadikan mata-mata atau agen rahasia.

Salah satu dari Contractor itu adalah Hei, si tokoh utama dari Darker Than Black.

Hei dan partnernya, Yin, menjalankan tugas yang diberikan oleh sebuah organisasi misterius bernama Syndicate.

Selain menjalankan tugasnya sebagai Contractor, Hei juga bertujuan untuk mencari kakaknya yang bernama Pai, salah satu Contractor awal yang tiba-tiba menghilang.

Darker Than Black menyuguhkan plot yang intens, mengenai konflik antar negara dan misteri tentang fenomena Hells Gate dan Heaven’s Gate.

Anime buatan studio Bones ini rilis pada tahun 2007 silam, dengan durasi total 25 episode.

17. Ajin: Demi Human

ajin

Kehadiran mahluk abadi di dunia manusia, selalu menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Karena itu, mahluk abadi yang disebut dengan Ajin ini diisolasi agar tidak melakukan hal-hal yang mengkhawatirkan.

Kei Nagai adalah seorang anak SMA yang sangat ingin menjadi dokter. Di sekolah, murid-murid diajarkan bahwa Ajin bukanlah manusia.

Suatu hari, sebuah kejadian merubah hidupnya dan Kei harus menerima kenyataan bahwa dirinya ternyata seorang Ajin.

Pemerintah pun memburunya. Kei mau tidak mau terpaksa kabur dan ditolong oleh para Ajin yang lain.

18. Mouryo No Hako (Box Of Goblin)

mouryo no hako

Terjadi kasus pembunuhan dimana korbannya adalah siswi-siswi SMA. Para gadis malang ini dimutilasi dan dimasukkan ke dalam kotak.

Seorang penulis cerita misteri bernama Sekiguchi dan seorang editor kantor berita bernama Toriguchi, tertarik untuk menyelidiki apa yang terjadi.

Di anime ini kalian juga akan bertemu dengan Akihiko Chuzenji, seorang onmyouji (semacam guru spiritual) yang membantu kedua orang tersebut mencari tahu siapa pelaku dari pembunuhan dan motif dibalik aksinya.

Seiring berjalannya cerita, bermunculan juga tokoh-tokoh yang dicurigai sebagai pelaku kejahatan.

Anime misteri terbaik yang rilis pada tahun 2008 ini, menghadirkan cerita misteri yang dipadukan dengan supernatural.

19. The File Of Young Kindaichi (Kindaichi Shonen no Jikenbo)

kindaichi

Anime misteri terbaik yang berdasarkan dari manga ini, sempat tayang di salah satu film lokal Indonesia dan lebih sering disebut dengan nama Detektif Kindaichi.

Bercerita tentang Hajime Kindaichi, seorang pelajar SMA yang suka berlaku konyol, namun berubah menjadi sangat serius saat menemui sebuah kasus baik itu pembunuhan, pencurian, dan lain sebagainya.

Memecahkan teka-teki pembunuhan di ruang tertutup adalah keahlian utamanya, dan bakat itu diperoleh dari sang kakek, Kosuka Kindaichi, yang juga seorang detektif handal.

20. Gyo: Tokyo Fish Attack

gyo

Meskipun kalian tidak memiliki ketakutan terhadap ikan, anime misteri terbaik berjudul Gyo ini bakal tetap terasa mencekam karena ikan-ikan yang muncul disini memiliki kaki seperti robot, gesit, dan bisa menjadi parasit di tubuh manusia.

Kisah Gyo diawali dengan fenomena tumpukan bangkai ikan yang terdampar di pinggiran laut Okinawa.

Disusul dengan kejadian sekelompok anak muda yang sedang berlibur, tiba-tiba diserang oleh ikan hiu yang masuk ke dalam rumah.

Ya, ikan hiu tersebut bisa bergerak di daratan karena di tubuh mereka terpasang semacam alat gerak mekanik.

Kaori Sawahara, tokoh utama di anime Gyo memiliki hidung yang sangat sensitif dengan bau.

Dia sangat tersiksa dengan bau ikan-ikan tersebut, dan mengajak Tadashi, tunangannya untuk menyelamatkan diri.

Namun usaha mereka untuk kabur dari serangan ikan-ikan mekanik ini tidak mudah.

Seperti karya Junji Ito yang lain, anime Gyo meninggalkan penasaran dan kesal di hati penontonnya.

Plot tentang seorang manusia biasa yang mengalami hal misterius, tidak tahu apa penyebabnya, siapa yang memulai dan bagaimana harus diakhiri, adalah resep utama dari cerita-cerita yang dia buat.

21. Serial Experimental Lain

serial experimental lain

Bagaimana jika seorang teman sekolah kalian yang meninggal bunuh diri, meninggalkan pesan bahwa dia tidak benar-benar mati dan hanya berpindah dimensi?

Tentu kalian akan bingung apa maksudnya, dan berusaha mencari tahu.

Hal itulah yang terjadi pada Lain Iwakura, karakter utama dari anime misteri terbaik rilisan tahun 1998 ini.

Lain yang merupakan anak pemalu dan tertutup, membuka komputer dan menemukan Wired, sebuah dunia virtual yang asing.

Alih-alih hanya mengetahui informasi tentang teman sekolah yang bunuh diri, Lain justru dihadapkan dengan sebuah tanggung jawab besar.

Kini dia bisa berpindah antara 2 dimensi.

22. Colorful

colorful

Anime misteri terbaik berdurasi 2 jam ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi penulis.

Misteri yang dihadirkan bukan berasal dari tumpahan darah maupun pembantaian, melainkan dari pertanyaan-pertanyaan mendasar sebagai manusia.

Untuk apa kamu dilahirkan? Apa tujuan hidupmu?

Sudahkah kamu melakukan sesuatu yang berarti? Apa kesalahan terbesar yang pernah kamu lakukan?

Colorful mengajak kita bertemu dengan tokoh utama, seorang roh yang akan menyebrang ke alam baka namun batal.

Sesosok anak kecil bernama Purapura mengatakan bahwa dia akan dikirimkan ke tubuh Makoto Kobayashi, seorang pelajar SMP berumur 14 tahun yang mengalami mati suri.

Purapura mengatakan, jika si roh mengingat apa kesalahan yang dia buat selama hidupnya, maka dia akan mendapatkan kesempatan untuk hidup kembali.

Meskipun keberatan, si roh akhirnya terpaksa menjalani hidup sebagai Makoto.

Roh tanpa nama ini mulai belajar mengenali keluarga Makoto, teman-temannya, serta masalah-masalah yang dialaminya.

Sepanjang cerita, kita akan dibuat penasaran dengan siapa sebenarnya jati diri roh tanpa nama ini, dan kesalahan terbesar yang membuatnya terhadang di dunia arwah.

23. Ousama Game (King Game)

ousama game

Pernahkah kalian menerima pesan di ponsel dengan kalimat akhir, “Lakukan perintah ini, jika tidak… kamu bakal sial”?

Selama ini, kita pasti merasa itu kerjaan orang iseng dan tidak perlu memperdulikannya.

Begitu juga yang ada di pikiran Nobuaki Kanazawa dan ke-32 teman sekelasnya ketika menerima pesan singkat dari “King”.

Awalnya, perintah dari sang Raja terkesan biasa dan hanya candaan.

Namun perintah itu semakin lama semakin ekstrem dan mengancam nyawa para penerima pesan.

Kanazawa pun mulai menyelidiki siapa yang bersembunyi di balik identitas “King” dan bertekad menghentikan terror di sekolahnya.

24. Ergo Proxy

ergo proxy 1

Kota Romdo yang merupakan salah satu peradaban manusia terakhir di bumi, menciptakan “AutoReivs”, robot yang bertujuan untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Masalah muncul ketika AutoReivs dijangkiti virus “Cogito” yang membuat mereka memiliki kesadaran sendiri.

Tokoh utama pada anime misteri terbaik ini bernama Re-I Mayer, cucu dari penguasa Romdo.

Bersama dengan partnernya Iggy (seorang AutoReivs), wanita ini menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi.

Isu tentang AI (artificial intelligent) yang memiliki kesadaran selalu menjadi bahasan yang menarik, dan seringkali dikombinasikan dengan genre misteri.

Meskipun telah banyak anime yang menghadirkan ide sama, Ergo Proxy berhasil menghadirkannya dengan berbeda.

25. Psycho Pass

psycho pass 2

Di masa depan, manusia diawasi oleh Sybil System, sebuah program komputer yang mencatat kondisi mental setiap individu dan mengukur kadar kejahatan mereka.

Standar dari ukuran tersebut, disebut dengan istilah Psycho-Pass.

Jika indikator Psycho Pass sesorang telah melebihi batas normal, maka orang tersebut akan menjalani rehabilitasi.

Atau bahkan yang lebih buruk, dapat dieksekusi karena dianggap sebagai kriminal.

Akane Tsunemori, tokoh utama dalam anime Psycho Pass, adalah seorang polisi muda yang naif dan idealis.

Dia dipasangkan dengan Shinya Kogami, seorang detektif berkarakter dingin dan tertutup.

Pada awalnya, Akane mempercayai bahwa Sibyl System dan Psycho Pass adalah sarana yang tepat untuk menjaga keamanan dan keteraturan masyarakat.

Namun seiring berjalannya waktu, Akane mulai mempertanyakan apakah hal-hal yang selama ini dia percayai telah benar.

Sibyl System menyimpan misteri yang gelap dan lebih kompleks dari perkiraannya.

Perkembangan karakter Akane yang sangat dinamis, membuat banyak penonton (termasuk penulis) merasa terkesan.

Klik juga artikel ini rekomendasi Anime Overpower Terbaik dan Anime Super Power Terbaik.

Meskipun kikuk, Akane menunjukkan bahwa dia gadis yang sangat kuat, karena bisa mengendalikan Psycho-Pass nya tetap stabil meskipun menghadapi banyak peristiwa traumatis.

Anime sepanjang 22 episode ini digarap oleh Urobuchi Gen, atau lebih dikenal sebagai Uro-Butcher (Tukang Jagal) oleh para anime fans, karena “tega” membunuh karakter-karakter yang telah mendapat tempat di hati penontonnya.

26. Hyouka

hyouka

Dibandingkan mengisi masa SMA nya dengan hal-hal seru, Houtarou Oreki adalah seorang anak yang lebih memilih untuk “menghemat tenaga”.

Dia tidak ingin melakukan olahraga apapun, berkencan, ataupun memiliki kesibukan. Singkat kata: Datar.

Sepucuk surat dari kakaknya yang menyuruh dia untuk masuk ke Classic Club di sekolah (agar klub itu tidak dibubarkan), tak disangka telah mengubah kehidupan SMA Oreki.

Di klub tersebut, dia bertemu Chitanda Eru, seorang anak perempuan yang ceria dan selalu penasaran.

Ada juga Satoshi Fukube, anak jenius dengan daya ingat super kuat, serta Mayaka Ibara yang mandiri.

Ternyata, klub mereka menemukan sebuah misteri yang sangat menarik untuk dipecahkan. 45 tahun yang lalu, terjadi sebuah kasus yang petunjuknya tersimpan di buku anthology berjudul Hyoka, diterbitkan oleh Classic Club pada tahun 1960’an.

Anime garapan KyoAni (Kyoto Animation) selalu menghadirkan desain yang khas.

Untuk kalian yang pernah menonton anime Free!, K-On, atau Tamako Market, Hyouka akan menghadirkan sensasi berbeda karena genre misteri yang ditampilkannya.

27. Deadman Wonderland

deadman wonderland

Igarashi Ganta hanyalah seorang murid biasa yang duduk di dalam kelas, ketika sesosok manusia berjubah merah menghancurkan sekolah dan hanya menyisakan dirinya.

Ganta yang tidak ingat dengan apapun yang terjadi, justru dituduh sebagai pelaku pembantaian dan dikirim ke Deadman Wonderland, sebuah penjara berkonsep taman hiburan.

Deadman Wonderland tidak menyajikan hiburan biasa, melainkan sebuah survival game dimana para narapidananya harus tetap bertahan hidup.

Di sana, Ganta bertemu dengan Shiro, seorang gadis ceria yang tidak diketahui asal-usulnya.

Genre misteri memang paling cocok dipadukan dengan survival dan gore.

Ramuan itulah yang digunakan pada anime misteri terbaik garapan Manglobe ini.

Sayangnya, studio Manglobe telah bangkrut pada tahun 2015 silam.

Jadi kalian harus puas dengan 12 episode anime Deadman Wonderland, dan melanjutkan membaca manganya agar tahu kelanjutan cerita Ganta.

Jika sobat menyuka anime genre lebih horor bisa mencoba juga Anime Zombie dan juga Anime Vampire.

28. Higurashi No Naku Koro (When The Cicadas Cry)

higurashi no naku ko O6Rt7

Untuk kalian suka mengikuti anime misteri terbaik yang memiliki banyak seri, Higurashi adalah tontonan yang cocok.

Anime yang dirilis pada tahun 2006 ini, jumlah totalnya mencapai 61 episode, ditutup dengan versi movie pada tahun 2013.

Agar tidak bingung, kita mulai bahas anime Higurashi yang awal ya.

Tokoh utamanya bernama Keiichi Maebara, seorang pendatang baru di desa Hinamizawa.

Di kota ini, Keiichi bertemu 4 orang anak perempuan yaitu: Rena Ryugu, Mion Sonozaki, Rika Furude, dan Satoko Hojo.

Cek juga sob Rekomendasi mimin untuk Anime Thriller Terbaik dan juga Anime Horor Terbaik.

Kehidupan Keiichi yang biasa-biasa saja, berubah ketika seorang lelaki bernama Tomitake bercerita tentang pembunuhan yang pernah terjadi di desanya.

Penasaran, Keiichi pun menanyakannya pada Rena dan Mion. Namun, 2 orang tersebut justru terkesan menutupi sesuatu.

Sebenarnya, apa yang sedang terjadi di desa Hinamizawa? Benarkah pembunuhan itu adalah sebuah bagian dari ritual bagi dewa?

Penonton pun diajak untuk menemukan jawabannya bersama Keiichi.

29. Danganronpa: The Animation

danganronpa

Boneka beruang memang sepertinya lucu, tapi tidak dengan boneka beruang di anime misteri terbaik berjudul Danganronpa ini.

Monokuma, si boneka beruang sekaligus “kepala sekolah” di Hopes Peak Academy, adalah sosok misterius yang licik dan sangat suka mempermainkan emosi orang lain.

Danganronpa mengambil lokasi cerita di Hope’s Peak Academy, sebuah sekolah dengan 14 murid berkemampuan spesial.

Namun, bukannya menjalani sekolah seperti biasa, mereka justru dihadapkan dengan kasus-kasus aneh serta kematian sadis yang didalangi oleh Monokuma.

Tokoh utama anime ini bernama Naegi Makoto, seorang bocah lelaki yang kelebihannya tidak disebutkan pada episode-episode awal.

Di Hope’s Peak Academy, dia bertemu dengan Kyoko Kirigiri, Aoi Asahina, Fujisaki Chihiro, Togami Byakuya, Enoshima Junko, dan beberapa murid lainnya.

Konflik semakin seru ketika si Monokuma ternyata merupakan salah satu di antara mereka.

Berhasilkah mereka keluar hidup-hidup? Siapakah sosok di balik Monokuma? Temukan sendiri jawabannya ya.

Yang jelas, Danganronpa akan membuat kalian terus menebak-nebak hingga episode terakhir.

Selain itu, hukuman-hukuman yang dijatuhkan Monokuma sangat tidak manusiawi, namun malah ditampilkan dalam warna yang ceria dan bermotif neon.

30. Un-Go

un go

Anime garapan studio Bones ini bercerita tentang Shinjiro Yuuki dan partnernya, Inga, yang menjalani hidup sebagai pemecah berbagai misteri.

Kasus yang mereka hadapi sangat beragam, mulai dari kasus pembunuhan, mahluk supernatural, hingga program komputer.

Inga adalah seorang Akuma yang memiliki kemampuan untuk menelan jiwa manusia.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah dia mampu membuat orang mengeluarkan jawaban sejujur-jujurnya.

Itulah Rekomendasi Anime Mistery yang dapat sobat tonton yang kami rangkum dari tahun 2000 an, hingga 2018, 2019 namun belum kami update untuk tahun 2020.

Jika sobat suka dengan list Anime Misteri Terbaik dari Ponsel Soak, jangan lupa untuk share link halaman ini ke teman kalian. Happy Watching Anime!

Share This Post
Kategori:
Anime

Comments are closed.